• 10 Alat Gym Terbaik untuk di Rumah - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Alat Gym Terbaik untuk di Rumah - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Alat Gym Terbaik untuk di Rumah - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Alat Gym Terbaik untuk di Rumah - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Alat Gym Terbaik untuk di Rumah - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Alat Gym Terbaik untuk di Rumah - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2021)

Ingin mengecilkan lengan, perut, atau paha, tetapi tidak sempat pergi ke gym karena sibuk? Tenang saja! Anda tetap bisa workout atau olahraga di rumah dengan berbagai alat fitness. Namun, bagaimana cara memilih alat workout yang bagus untuk di rumah? Temukan jawabannya di sini!


Kami akan memberikan tips memilih alat fitness rumahan untuk olahraga lari, sepeda, dan melatih seluruh otot. Injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT, turut memberikan komentarnya, lho. Kemudian, ada rekomendasi alat fitness home gym serbaguna dari merk Happyfit, OB Fit, Kettler, Bowflex, dan lainnya. Baca, yuk!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Dr. Andy Widjaja
  • Pembaharuan terakhir: 22 September 2021
Daftar isi

Profil pakar: Injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT

Profil pakar: Injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT

Physiotherapist ini mendapatkan gelar Doctor of Physiotherapy (DPT) di Australia. Sebagai injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy menangani segala macam kondisi dan masalah yang berhubungan dengan pergerakan manusia.


Strength and performance coach ini juga aktif melatih orang-orang yang ingin bertambah kuat dan ingin meningkatkan kapasitas gerak mereka. Di waktu luangnya, ia aktif memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat tentang exercise, injury, dan rehabilitasi melalui akun Instagram-nya yaitu @theindophysio.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih alat gym untuk di rumah

Sekarang ini sudah mulai banyak orang yang membuat home gym supaya lebih praktis untuk berolahraga. Ada banyak alat fitness atau alat olahraga yang dapat digunakan untuk berolahraga di rumah dan juga sudah dijual di pasaran. Agar tidak salah memilih, simak tips dari kami untuk menemukan alat gym yang tepat.

Pertimbangkan kemudahan penyimpanan alat gym

Pertimbangkan kemudahan penyimpanan alat gym

Sebagian orang mungkin sudah menyiapkan ruangan khusus untuk berolahraga di rumah. Namun, tidak semua orang memiliki ruang khusus sehingga harus lebih teliti dalam memilih alat. Pilihlah alat gym yang mudah disimpan agar tidak memakan ruang terlalu banyak.


Hal ini berlaku jika Anda membeli alat treadmill, spinning bike, cross trainer, atau alat berukuran besar lainnya. Alat yang dapat dilipat tentu akan memudahkan Anda dalam menyimpannya, serta lebih menghemat ruang.


Bagi Anda yang berniat membeli exercise ball, pilihlah yang dapat dipompa dan dikempiskan kembali. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah menyimpannya.


Ukuran alat juga penting jika Anda memiliki ruang yang terbatas untuk berolahraga. Dumbbell, barbell, kettle bell, dan exercise ball merupakan pilihan terbaik apabila ruangan Anda sangat terbatas.

Perhatikan fungsi alat-alat fitness

Setiap alat olahraga memiliki fungsi yang berbeda. Oleh karena itu, pemilihan alat home gym tentu menjadi poin yang penting. Sesuaikanlah alat fitness untuk di rumah dengan latihan yang ingin Anda lakukan. Berikut kami jelaskan fungsi dari beberapa alat fitness.

Dumbbell: Mengencangkan otot bicep dan tricep

Dumbbell: Mengencangkan otot bicep dan tricep

Tangan bergelambir tentu sangat tidak elok untuk dilihat. Bagi Anda yang ingin mengencangkan otot bicep dan tricep, Anda dapat memilih dumbbell. Tidak hanya untuk lengan, beberapa gerakan latihan menggunakan dumbbell juga bermanfaat untuk melatih otot dada, bahu, serta punggung.


Umumnya, tangan kanan dan kiri manusia memiliki kekuatan yang berbeda. Menggunakan dumbbell dapat melatih kekuatan tangan Anda supaya tidak ada yang lebih dominan. Agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal, sesuaikan ukuran dumbbell dengan kekuatan Anda.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Kunci penting yang harus diperhatikan ketika ingin mengencangkan dan membangun otot adalah intensitas dan berat beban yang digunakan ketika latihan. Pastikan beban yang digunakan tidak terlalu enteng dan tidak terlalu berat.


Beban yang optimal untuk mengencangkan otot adalah beban yang dapat Anda angkat sekitar 8–12 repetisi. Jika Anda hanya bisa mengangkat 4 repetisi, bebannya terlalu berat. Jadi, Anda harus mengurangi bebannya sampai Anda bisa mengangkat minimal 8 repetisi.


Jika Anda bisa mengangkat hingga 20 repetisi, bebannya terlalu enteng. Anda harus menambahkan bebannya sampai Anda bisa mengangkat maksimal 12 repetisi.

Exercise ball: Melatih full body

Exercise ball: Melatih full body

Exercise ball atau disebut juga gym ball merupakan bola besar dengan berbagai ukuran. Bola ini dapat Anda gunakan untuk melakukan pemanasan sampai gerakan inti. Namun, ingatlah untuk memilih ukuran exercise ball yang sesuai dengan tinggi Anda. Berikut ini adalah panduannya : 


  • Diameter 55 cm untuk tinggi badan 150-162 cm
  • Diameter 65 cm untuk tinggi badan 162-180 cm
  • Diameter 75 cm untuk tinggi badan lebih dari 180 cm

Alat yang satu ini memang banyak manfaatnya. Berbagai gerakan dapat dilakukan dengan exercise ball, mulai dari melatih otot lengan sampai otot paha. Kombinasikan exercise ball dengan dumbbell untuk melatih beberapa otot, seperti punggung, dada, dan lengan. Pastikan juga exercise ball Anda dalam kondisi tidak kempis agar latihan lebih maksimal.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Salah satu manfaat dari exercise ball adalah melatih stabilitas dan balance dari tubuh. Ketika berlatih dengan exercise ball, Anda harus menjaga tubuh agar tidak terjatuh sambil mengontrol pergerakan dari tangan dan kaki.


Aspek ketidakseimbangan dari exercise ball ini sangat bermanfaat untuk melatih stabilitas. Makin stabil suatu gedung atau bangunan, tentu saja bangunan tersebut akan makin kukuh dan tidak mudah roboh. Tubuh Anda pun demikian. Makin stabil tubuh, makin kecil risiko cedera ketika beraktivitas dan berolahraga.

Treadmill, static bike, dan elliptical training: Olahraga cardio dengan cara praktis

Treadmill, static bike, dan elliptical training: Olahraga cardio dengan cara praktis

Anda tidak mau repot-repot mengikuti gerakan dance atau zumba sebagai olahraga cardio? Anda dapat mencoba ketiga alat ini. Treadmill, static bike, dan elliptical training bermanfaat untuk meningkatkan heart rate dan membakar lebih banyak kalori dalam sekali latihan. Untuk membakar kalori lebih banyak lagi, Anda dapat menaikkan intensitasnya.


Ketiga alat home gym tersebut biasanya juga digunakan sebagai alat rehabilitasi bagi Anda yang mengalami cedera pada otot kaki. Dengan kata lain, alat-alat ini baik untuk menjaga persendian pada kaki Anda.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Selain membakar kalori yang cukup banyak, efek positif lain dari olahraga cardio adalah menjaga dan menguatkan otot jantung. Ketika heart rate Anda naik saat cardio, otot jantung akan dipaksa untuk bekerja dengan lebih keras. Dengan begitu, otot jantung akan beradaptasi untuk menjadi lebih kuat dan lebih efisien dalam memompa darah.

Perhatikan kelengkapan alat olahraga untuk home gym

Perhatikan kelengkapan alat olahraga untuk home gym

Berolahraga di rumah bukan berarti Anda tidak menggunakan peralatan yang lengkap. Anda tetap membutuhkan kelengkapan yang baik untuk menghindari cedera saat berolahraga.


Sepatu merupakan perlengkapan yang tidak boleh dilupakan ketika berolahraga di rumah. Tidak berbeda dengan berolahraga di gym, Anda membutuhkan alas kaki yang pas, terutama ketika menggunakan treadmill. Sepatu yang tepat akan mencegah kaki Anda mengalami cedera.


Selain sepatu, perlengkapan lainnya, seperti matras dan gloves, juga tidak boleh dilupakan. Gunakan matras ketika Anda sedang melakukan yoga atau berolahraga dengan exercise ball. Sementara itu, gloves akan melindungi telapak tangan Anda ketika menggunakan dumbbell.


Bagi Anda yang memiliki cedera, jangan lupakan supporter, baik untuk lutut, siku, maupun bagian tubuh lainnya. Penggunaan supporter adalah untuk menjaga persendian Anda dari pergeseran ketika melakukan gerakan.

10 Rekomendasi alat gym terbaik untuk di rumah

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk alat gym untuk di rumah terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Andy Wijaja.

10

Total Health GymSepeda Fitness

TL-8215

Mulai dari Rp 1.100.000,00

Dimensi/bobotDimensi: 129 cm x 41 cm x 97 cm・Bobot: 10 kg
Otot yang terlatihKaki
9
Dimensi/bobotTidak disebutkan
Otot yang terlatihTangan, kaki, perut
8

HappyfitResistance Latex Toning Tube Set (5 in 1)

Mulai dari Rp 350.000,00

Dimensi/bobotBobot: 0,5 kg
Otot yang terlatihFull body
7
Dimensi/bobotDiameter: 29 cm
Otot yang terlatihPerut, pinggang, pinggul, paha
6
Dimensi/bobot4 kg, 6 kg, 8 kg, 10 kg, 12 kg, 14 kg, 16 kg
Otot yang terlatihPinggang, tangan
5
Dimensi/bobot0,5 kg, 1kg, 1,5 kg
Otot yang terlatihBicep, tricep
4
Dimensi/bobotDiameter: 55 cm, 65 cm, 75 cm
Otot yang terlatihFull body
3
Dimensi/bobot2–24 kg
Otot yang terlatihBicep, tricep, kaki, dada, punggung, perut, bahu
2

XiaomiKingsmith R1 Pro Foldable Treadmill

Mulai dari Rp 7.990.000,00

Dimensi/bobotDimensi: 98,2 cm x 72,2 cm x 15,7 cm・Bobot: 33 kg
Otot yang terlatihKaki
1

SpeedsPower Tower Pull Up Bar

042-26

Mulai dari Rp 1.656.000,00

Dimensi/bobotDimensi: 120 cm x 93 cm x 225 cm・Bobot: 20 kg
Otot yang terlatihUpper body

Tabel perbandingan produk alat gym terbaik untuk di rumah

Gambar produk
1
Speeds Power Tower Pull Up Bar  1

Speeds

2
Xiaomi Kingsmith R1 Pro Foldable Treadmill 1

Xiaomi

3
Bowflex SelectTech 552i Dumbbells 1

Bowflex

4
Happyfit Anti Burst Gym Ball 1

Happyfit

5
Kettler Aerobic Dumbbells 1

Kettler

6
Bfit Rubber Kettlebell 1

Bfit

7
Kettler Deluxe Figure Trimmer 1

Kettler

8
Happyfit Resistance Latex Toning Tube Set (5 in 1) 1

Happyfit

9
Revoflex Extreme Alat Fitness Portable 1

Revoflex Extreme

10
Total Health Gym Sepeda Fitness 1

Total Health Gym

Nama produk

Power Tower Pull Up Bar

Kingsmith R1 Pro Foldable Treadmill

SelectTech 552i Dumbbells

Anti Burst Gym Ball

Aerobic Dumbbells

Rubber Kettlebell

Deluxe Figure Trimmer

Resistance Latex Toning Tube Set (5 in 1)

Alat Fitness Portable

Sepeda Fitness

Keunggulan

Latih upper body lebih maksimal dengan alat home gym ini

Treadmill praktis, tetap fit selama di rumah

Satu set dumbbell untuk berbagai tingkatan beban

Anti ledakan, alat fitness yang aman digunakan

Bahan halus bikin kulit tidak kapalan

Latih pinggang dengan kettlebell, jadi lebih luwes

Putar ke kiri, putar ke kanan, dan dapatkan perut indah

Alat gym dengan 5 level berbeda, sanggup berikan challenge untuk Anda

Ruang terbatas bukan batasan dalam berolahraga!

Kayuh sepeda dari rumah? Tetap seru!

Harga mulai dariRp 1.656.000,00Rp 7.990.000,00Rp 1.800.000,00Rp 155.000,00Rp 99.000,00Rp 280.000,00Rp 249.000,00Rp 350.000,00Rp 70.000,00Rp 1.100.000,00
Dimensi/bobotDimensi: 120 cm x 93 cm x 225 cm・Bobot: 20 kgDimensi: 98,2 cm x 72,2 cm x 15,7 cm・Bobot: 33 kg2–24 kgDiameter: 55 cm, 65 cm, 75 cm0,5 kg, 1kg, 1,5 kg4 kg, 6 kg, 8 kg, 10 kg, 12 kg, 14 kg, 16 kgDiameter: 29 cmBobot: 0,5 kgTidak disebutkanDimensi: 129 cm x 41 cm x 97 cm・Bobot: 10 kg
Otot yang terlatihUpper bodyKakiBicep, tricep, kaki, dada, punggung, perut, bahuFull bodyBicep, tricepPinggang, tanganPerut, pinggang, pinggul, pahaFull bodyTangan, kaki, perutKaki
Tautan produk

Tips agar olahraga di rumah tetap menyenangkan

Tips agar olahraga di rumah tetap menyenangkan

Anda bisa saja merasa bosan dan jenuh ketika berolahraga di rumah. Agar tetap semangat, ajaklah anggota keluarga lain untuk ikut berolahraga bersama. Berolahraga bersama tentu akan lebih menyenangkan. Anda bisa melihat tingkah lucu si kecil ketika diajari suatu gerakan. Jika Anda tinggal sendiri, ajaklah tetangga atau teman terbaik Anda untuk berolahraga bersama.


Jangan lupa juga untuk memutar musik favorit Anda. Pemilihan musik yang tepat akan membuat Anda makin bersemangat. Anda juga disarankan menggunakan pakaian olahraga favorit Anda untuk membangun mood. Ketika Anda mulai merasa bosan, ingat kembali target Anda untuk berolahraga di rumah.


Di samping itu, sekarang sudah ada banyak kelas olahraga online. Jadi, Anda tak perlu kebingungan mengatur menu olahraga Anda. Anda tinggal mengikuti instruksi secara online. Jangan lupa memberikan variasi olahraga Anda, seperti yoga, pilates, weight training, dan kardio.


Anda memang bisa fleksibel memilih waktu untuk berolahraga di rumah. Namun, menggunakan jadwal yang rutin akan membuat Anda lebih teratur dalam berolahraga. Anda bisa meluangkan waktu khusus sehingga tidak terburu-buru.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Olahraga dapat memengaruhi produksi "feel-good hormone" seperti serotonin, dopamin, dan noradrenalin dalam tubuh manusia. Ini adalah salah satu efek positif dari berolahraga yang belum banyak diketahui orang. 


Sehabis olahraga, produksi hormon-hormon ini akan meningkat dan akan membuat Anda menjadi lebih segar dan lebih semangat. Alhasil, mood Anda pun akan menjadi lebih baik.

Tips berolahraga yang efektif dari injury and rehabilitation specialist kami, Dr. Andy Widjaja, DPT

Tips berolahraga yang efektif dari injury and rehabilitation specialist kami, Dr. Andy Widjaja, DPT

Ada dua hal utama yang harus diperhatikan untuk mencegah cedera ketika berolahraga di rumah. Pertama-tama, pastikan Anda melakukan pemanasan yang cukup sebelum berolahraga. Kebanyakan orang tidak melakukan pemanasan dan langsung melakukan latihan intensif ketika berolahraga di rumah. Hal ini tentunya tidak optimal karena dapat meningkatkan risiko cedera.


Ada berbagai macam cara pemanasan. Kuncinya adalah Anda ingin meningkatkan sedikit heart rate Anda (dengan cardio). Anda juga perlu menggerakkan tubuh Anda ke segala arah supaya badan tidak kaku dan siap untuk berolahraga.


Kedua, pastikan Anda meningkatkan volume dan intensitas olahraga Anda secara perlahan. Yang biasanya terjadi adalah, ketika seseorang lagi niat memulai olahraga, mereka bisa olahraga setiap hari tanpa istirahat yang cukup. 


Ketika Anda sudah biasa olahraga, tentu saja olahraga tiap hari tidak masalah. Namun, jika Anda baru memulai program latihan dan olahraga, pastikan mulai dengan pelan-pelan dan perlahan.

Baca juga alat fitness lainnya yang bisa digunakan di rumah di sini

Sebenarnya, masih ada banyak alat fitness yang bisa Anda gunakan untuk berolahraga di rumah. Anda bisa mengetahuinya dari artikel kami yang lainnya. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui beragam alat olahraga yang bisa Anda gunakan di rumah.

Kesimpulan

Olahraga di rumah tidak kalah menyenangkan dibandingkan di gym. Anda dapat menghindari kemacetan dan tidak perlu berbagi alat dengan orang lain ketika berolahraga di rumah. Pilihlah alat fitness yang praktis dan tidak memakan terlalu banyak tempat. 


Perhatikan juga fungsi alat gym agar sesuai dengan kebutuhan latihan Anda. Supaya lebih ekonomis, Anda bisa memilih alat olahraga yang multifungsi. Semoga Anda menemukan alat fitness yang sesuai. Stay fit, stay healthy!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Treadmill Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Treadmill Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2021)
    Anda ingin bugar atau mungkin ingin menurunkan berat badan? Anda bisa berolahraga jalan cepat, berlari, ataupun jogging dengan alat treadmill kapan pun Anda mau tanpa harus ke gym. Meski bukan produk yang murah, membeli treadmill bisa menjadi investasi yang baik untuk Anda.Kali ini kami akan berbagi pengetahuan tentang cara memilih treadmill yang bagus. Kami menyediakan rekomendasi treadmill dari merek Idachi, OB FIT, Jaco, Total Fitness, dan lainnya yang bisa Anda miliki di rumah. Simak juga komentar dari ahli injury and rehabilitation kami, Dr. Andy, untuk menambah wawasan Anda.
    Gym & fitness
  • 10 Matras Yoga Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2021)
    10 Matras Yoga Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Yoga Instructor (Terbaru Tahun 2021)
    Saat akan memulai berlatih yoga, hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah matras yoga. Merek peralatan olahraga ternama, seperti Nike, adidas, Reebok, atau Lululemon telah memproduksi matras yoga andalan mereka. Bahkan, sekarang sudah banyak produsen yang menjual matras yoga dengan harga terjangkau.Kami akan memperkenalkan cara memilih matras yoga bagi pemula dan memberikan rekomendasi produk yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh yoga instructor kami, Kalyana. Silakan gunakan artikel ini sebagai referensi dalam memilih matras yoga yang paling nyaman bagi Anda!
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Running Watch Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lari merupakan salah satu olahraga cardio yang banyak digemari. Apabila ingin menekuni olahraga ini, gunakanlah peralatan yang menunjang. Salah satu peralatan yang perlu dipertimbangkan adalah jam tangan lari atau running watch. Pastikan fitur-fitur yang ada pada running watch mendukung kegiatan berlari Anda, misalnya GPS yang akurat dan pemutar musik. Untuk membantu Anda, kali ini kami akan memberikan tips memilih running watch. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek running watch yang bagus, seperti Garmin, SUUNTO, dan Polar. Temukan produk yang paling sesuai untuk menemani kegiatan jogging rutin ataupun profesional Anda!
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Fitness Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam memilih sepatu fitness? Berbagai merek terkenal, seperti ASICS, PUMA, atau Nike memang bisa membuat Anda bingung ketika memilihnya. Ditambah lagi, ada banyak produk dengan desain dan warna menarik yang mudah Anda jumpai di berbagai gerai online.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih sepatu fitness yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Kami juga akan memperkenalkan rekomendasi sepatu fitness yang bagus dan berkolaborasi dengan fitness coach kami, Akbar Kharisma. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Legging Olahraga Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Legging Olahraga Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021)
    Olahraga menjadi aktivitas yang makin banyak diminati sejak pandemi. Aktivitas olahraga tentu sangat baik untuk kesehatan. Untuk itu, Anda membutuhkan sportswear yang nyaman. Nah, kali ini kami akan berbagi informasi tentang cara memilih celana legging olahraga yang bagus untuk wanita.Agar makin mempermudah Anda, kami akan merekomendasikan berbagai legging olahraga dari merek ternama, seperti Puma, Nike, dan adidas. Tak ketinggalan ada berbagai merek lokal yang bagus, yakni Miniletics, CoreNation, dan Aum Apparel. Pastikan juga Anda memilih celana legging olahraga wanita yang modis dan harganya cocok di kantong.
    Gym & fitness
  • 10 Rekomendasi Dumbbell Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Dumbbell Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dumbbell memiliki banyak manfaat untuk digunakan sebagai rekan workout Anda. Anda bisa memakainya untuk membentuk otot abdomen serta back, diet, dan bahkan olahraga bagi lansia. Namun, banyaknya varian produk yang beredar mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih dumbbell yang bagus dan dapat digunakan oleh pemula hingga ahli. Di antara banyaknya produk dumbbell, kami pun akan memperkenalkan produk merk Reebok, KETTLER, Speeds, dan sebagainya. Ada komentar dari fitness coach kami, Akbar Kharisma juga, lho! Tak perlu menunggu lama, silakan disimak ulasan berikut ini!
    Gym & fitness
  • 10 Kettlebell Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kettlebell Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    Kettlebell memang memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Meski begitu, manfaatnya dalam membentuk tubuh tidak perlu diragukan. Ada banyak jenis latihan yang dapat Anda lakukan menggunakan kettlebell, mulai dari olahraga kardio hingga membentuk otot. Dengan segala keunggulannya, wajar jika Anda tertarik membeli kettlebell.Dalam artikel ini kami akan membahas mengenai cara memilih kettlebell yang bagus dan memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Ada kettlebell berkualitas keluaran merek ternama, seperti Decathlon, Bfit, Happyfit, GENETIX, iReborn, Kettler, dan sebagainya. Agar tidak salah pilih, simak juga komentar dari ahli injury and rehabilitation kami, Dr. Andy.
    Gym & fitness
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori