• 10 Rekomendasi Suplemen Peninggi Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Suplemen Peninggi Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Suplemen Peninggi Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Suplemen Peninggi Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Suplemen Peninggi Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Suplemen Peninggi Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Memiliki tubuh tinggi semampai adalah dambaan sebagian besar orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh tinggi memberi keuntungan tersendiri. Orang yang bertubuh tinggi umumnya lebih percaya diri. Selain itu, tubuh tinggi juga bisa meminimalisasi risiko penyakit jantung dan demensia.


Di pasaran terdapat beberapa suplemen peninggi badan yang bisa dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun remaja. Beberapa rekomendasi merk suplemen peninggi badan tersebut adalah Zevit Grow, Blackmores, Scott's Emulsion, dan lain-lain. Untuk membantu Anda memilih dengan tepat, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya di bawah ini. 

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Mochammad Rizal
  • Pembaharuan terakhir: 16 Agustus 2021
  • 144.957 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan ahli gizi Mochammad Rizal

Berkolaborasi dengan ahli gizi Mochammad Rizal

Mochammad Rizal adalah ahli gizi yang memiliki minat dalam bidang gizi olahraga, kebugaran, serta pencegahan dan penanganan obesitas. Rizal aktif mengedukasi masyarakat terkait diet dan gizi melalui media sosial, seminar, buku, dan media lainnya. Dalam hal keorganisasian, Rizal merupakan pengurus Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA), yaitu organisasi profesi gizi dalam bidang olahraga dan kebugaran.

Faktor yang memengaruhi tinggi badan

Faktor yang memengaruhi tinggi badan

Pertumbuhan tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor genetika memang dominan, tetapi sifatnya tidaklah mutlak. Genetik hanya menentukan sekitar 60–80% tinggi badan seseorang, sedangkan sisanya ditentukan faktor-faktor yang lain.


Salah satu faktor penting untuk pertumbuhan badan adalah nutrisi. Agar tulang bertumbuh dengan baik, Anda membutuhkan asupan vitamin D, kalsium, fosfor, protein hewani, dan protein nabati. Untuk memastikan kebutuhan nutrisi terpenuhi, kami merekomendasikan agar Anda mengonsumsi suplemen. Akan tetapi, pastikan suplemen tersebut mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang.


Selain nutrisi, aktivitas olahraga juga akan memengaruhi tinggi badan seseorang. Beberapa olahraga yang dapat merangsang pertumbuhan tulang antara lain basket, badminton, dan juga renang.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Tinggi badan dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu lingkungan dan genetik. Keluarga, ras, suku bangsa, jenis kelamin, serta kelainan genetik dan kromosom termasuk dalam faktor genetik. Faktor-faktor ini sifatnya tidak bisa diubah. 


Berbeda dengan itu, faktor lingkungan dipengaruhi oleh kondisi ibu selama masa kehamilan dan persalinan. Selain itu, kecukupan gizi anak selama masa pertumbuhan, hormon pertumbuhan, dan kebersihan lingkungan juga ikut berpengaruh. Faktor-faktor ini dapat dimodifikasi dan diatur untuk mendukung pertumbuhan.

Cara memilih suplemen peninggi badan

Untuk mendapatkan pertumbuhan yang optimal, Anda dapat mengonsumsi suplemen peninggi badan. Namun, kebutuhan suplemen tiap orang berbeda tergantung pada usia dan kondisi fisiknya. Kami akan menjelaskannya dengan lebih detail berikut ini.

Perhatikan kandungan nutrisi di dalamnya

Sebelum membeli suplemen, pastikan Anda membaca dahulu kandungan nutrisi di dalamnya. Nutrisi yang paling dibutuhkan untuk meninggikan badan adalah vitamin D dan kalsium. 

Vitamin D, nutrisi penting untuk pembentukan tulang

Vitamin D, nutrisi penting untuk pembentukan tulang

Vitamin D sangat penting dalam pembentukan tulang, di samping bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, otak, dan otot. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan tulang lunak atau osteomalasia. Sementara untuk anak-anak, defisiensi vitamin D bisa menyebabkan rakitis yaitu keadaan tulang yang melemah atau melunak. Keadaan ini berisiko menimbulkan kelainan bentuk tulang.


Secara alami, vitamin D bisa didapat dari sinar matahari langsung. Selain itu, vitamin ini juga terkandung dalam beberapa jenis makanan, seperti ikan, jamur, kuning telur, dan cereal. Namun, jika Anda ragu dengan kecukupan asupan vitamin D yang diterima tubuh, Anda dapat mengonsumsi suplemen.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Peran vitamin D dapat ditemui melalui mekanisme homeostasis dan metabolisme kalsium yang akan berdampak langsung pada kesehatan tulang. Kekurangan vitamin D dalam tubuh akan menyebabkan rendahnya kadar kalsium dan fosfat. Kondisi ini dapat menimbulkan penyakit rakitis pada anak-anak dan osteomalasia pada orang dewasa.

Kalsium, mineral wajib yang dapat memadatkan struktur tulang

Kalsium, mineral wajib yang dapat memadatkan struktur tulang

Kalsium adalah mineral pembentuk struktur tulang agar tumbuh lebih panjang dan sehat. Hampir seluruh kalsium dalam tubuh tersimpan dalam tulang dan gigi. Hanya satu persen yang tersimpan di dalam darah, sel otot, dan jaringan tubuh lainnya. Karena itu, kalsium penting sekali untuk pertumbuhan tulang, gigi, dan peredaran darah.


Umumnya, sumber kalsium didapat dari susu dan produk turunannya. Selain itu, mineral ini juga bisa diperoleh dari sarden, salmon, brokoli, bayam, tahu, dan kacang merah. Akan tetapi, bila asupan kalsium dari makanan dirasa kurang, gunakanlah suplemen untuk mencukupi kebutuhan kalsium tubuh.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Kalsium merupakan mineral terbanyak dalam tubuh yang dapat ditemukan pada jaringan keras berbentuk hidroksiapatit. Jaringan keras tersebut bisa ditemukan pada tulang dan gigi dan sedikit pada plasma dan cairan.


Mineral ini diperlukan untuk elastisitas jaringan, kekuatan, dan kepadatan tulang yang nantinya bermanfaat untuk gerakan tubuh dan olahraga. Kalsium sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang pada masa pertumbuhan supaya massa tulang dan pertumbuhan tinggi badan bisa optimal. 


Selain kalsium, fosfor dan magnesium juga termasuk jenis mineral yang bermanfaat untuk tulang. Fosfor berperan dalam proses mineralisasi tulang, terutama pada periode percepatan pertumbuhan (growth spurt), yaitu pada masa remaja.

Pilih yang sesuai dengan masa pertumbuhan

Pertumbuhan fisik seseorang biasanya berhenti pada usia 18–20 tahun untuk laki-laki dan 15–16 tahun untuk perempuan. Jadi, penting sekali untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada usia anak-anak dan remaja. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Cegah stunting sejak usia anak-anak

Cegah stunting sejak usia anak-anak

Usia anak-anak adalah periode emas pertumbuhan badan. Karena itu, tinggi badan menjadi salah satu indikator penting dalam menilai pemenuhan nutrisi anak. Jika dalam periode ini kebutuhan nutrisi tidak terpenuhi, anak dapat mengalami stunting. Stunting adalah gagal pertumbuhan pada anak akibat kekurangan gizi dalam waktu lama.


Secara umum, kebutuhan vitamin D pada anak usia 0–12 bulan adalah sebesar 400 IU/hari. Kemudian, untuk anak di atas usia 1 tahun, kebutuhannya adalah sebesar 600 IU/hari.


Sementara untuk kebutuhan kalsium adalah sebagai berikut:

  • Anak usia 0-6 bulan membutuhkan 200 mg/hari
  • Usia 7-11 bulan membutuhkan 250 mg/hari
  • Usia 1-3 tahun membutuhkan 650 mg/hari
  • Usia 4 tahun ke atas membutuhkan 1000 mg/hari

Nutrisi tersebut dapat diperoleh dari susu, makanan, dan suplemen tambahan. Nah, pastikan suplemen yang dikonsumsi anak memiliki nutrisi memadai untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Stunting merupakan kondisi malnutrisi pada anak yang sering ditemui. Hambatan pertumbuhan pada anak ini sering kali terjadi pada masa kehamilan dan berlanjut pada kehidupan dua tahun pertama anak. 


Stunting menjadi faktor risiko kondisi lainnya. Kondisi yang dimaksud seperti hilangnya pertumbuhan fisik yang normal dan penurunan fungsi perkembangan sistem saraf dan kognitif. Selain itu, stunting juga menjadi faktor meningkatnya angka kematian dan penyakit kronis pada masa dewasa. 


Stunting dapat dicegah dengan cara perencanaan gizi yang baik sejak masa kehamilan, kelahiran, dan menyusui. Selain itu, kondisi lingkungan, sanitasi, dan penyediaan air yang cukup di rumah juga sangat berperan dalam pencegahan stunting

Penuhi kebutuhan nutrisi masa pubertas pada usia remaja

Penuhi kebutuhan nutrisi masa pubertas pada usia remaja

Usia remaja adalah usia seseorang mengalami tahap pubertas. Karena pengaruh hormon, pada masa tersebut terjadi percepatan pertumbuhan badan (growth spurt). Umumnya, periode growth spurt anak perempuan adalah usia 8–13 tahun, sedangkan anak laki-laki usia 10–15 tahun.


Kebutuhan vitamin D pada remaja usia 10–18 tahun adalah 600 IU/hari, sedangkan kalsium dibutuhkan sekitar 1200–1300 mg/hari. Selain untuk pertumbuhan, vitamin D juga penting untuk mencegah diabetes tipe 1 pada anak dan remaja.


Karena remaja sedang mengalami tahap pertumbuhan yang cepat, pemberian suplemen peninggi badan akan sangat dibutuhkan. Jadi, pastikan nutrisinya terpenuhi agar para remaja dapat mencapai tinggi badan yang optimal.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Periode penting penentuan tinggi badan individu adalah pada masa kehamilan hingga anak berusia 2 tahun. Selain itu, periode penting kedua adalah saat anak mencapai masa pubertas. Kecukupan zat gizi merupakan hal esensial untuk pertumbuhan pada periode ini.


Kebutuhan energi dipengaruhi oleh tingkat aktivitas fisik, tingkat metabolisme tubuh, dan kebutuhan tambahan yang mendukung pertumbuhan. Zat gizi makro, seperti karbohidrat, lemak, dan protein sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan energi ini.


Karbohidrat berperan menjadi sumber energi utama. Sementara itu, lemak berguna sebagai pengatur sistem hormon estrogen dan struktur sel tubuh. Terakhir, protein berguna sebagai pembentuk massa otot selama masa pertumbuhan.


Tidak hanya itu, zat gizi mikro seperti kalsium, zat besi, dan asam folat juga tidak boleh dilewatkan. Kalsium membantu tubuh untuk mendapatkan kepadatan tulang dan mencapai pertumbuhan tulang yang optimal. Sumber kalsium terbanyak terdapat pada susu dan olahannya, seperti keju, es krim, yoghurt, dan pada kacang-kacangan. 


Zat besi berperan dalam pematangan sel dan pertumbuhan. Daging dan serealia merupakan sumber utama zat besi. Lalu, ada asam folat yang berperan dalam proses pembentukan protein serta sintesis DNA dan RNA yang penting untuk masa pubertas. Sereal siap makan, roti, susu, dan kacang-kacangan merupakan sumber dari asam folat.

Sesuaikan bentuk suplemen dengan preferensi Anda

Sesuaikan bentuk suplemen dengan preferensi Anda

Suplemen peninggi badan tersedia dalam bentuk yang berbeda-beda. Ada yang berbentuk tablet, gummy, sirop, dan serbuk. Anak-anak biasanya lebih menyukai bentuk gummy karena memiliki rasa yang lebih enak.


Jika kesulitan mengonsumsi tablet, Anda dapat memilih suplemen berbentuk sirop atau serbuk yang dilarutkan. Pilihlah bentuk yang paling Anda sukai agar tidak merasa terbeban mengonsumsinya secara rutin.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Suplemen dikemas dalam beberapa bentuk. Bentuk tablet dan kapsul adalah yang paling banyak ditemui. Keduanya memiliki peran yang sama yaitu memenuhi kebutuhan obat dan suplemen makanan melalui saluran pencernaan. Untuk memilihnya, Anda perlu mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan tiap-tiap bentuk suplemen.


Tablet terbuat dari bahan bubuk berupa obat atau suplemen makanan yang dikompres menjadi pil yang padat. Tablet akan terurai di saluran pencernaan. Meskipun begitu, proses pencernaannya lebih lama dan bahkan bisa meninggalkan rasa yang kurang enak. 


Sebaliknya, kapsul bisa dipilih apabila Anda mencari yang bisa dicerna lebih cepat dan tidak meninggalkan rasa tidak enak. Obat yang terkandung pada kapsul biasanya dibungkus dalam cangkang yang akan dipecah di saluran pencernaan.


Jika dilihat dari kandungannya, tablet cenderung lebih memiliki banyak kandungan dibandingkan kapsul. Karena itu, tablet lebih mungkin menimbulkan alergi. Namun, perlu diketahui juga bahwa kapsul cenderung mengandung zat pangan tambahan. Walaupun demikian, jika dibandingkan dengan kapsul bercangkang lunak, kapsul bercangkang keras mengandung lebih sedikit bahan tambahan.

Cari tahu manfaat lainnya

Cari tahu manfaat lainnya

Beberapa suplemen peninggi badan tidak hanya bermanfaat untuk menunjang tinggi badan saja. Ada suplemen yang diberi kandungan curcuma sehingga bisa menambah nafsu makan. Ada pula yang mengandung minyak ikan untuk meningkatkan kinerja otak. Di samping itu, ada suplemen yang sekaligus bisa mengatur kadar gula dalam darah.


Untuk itu, jangan lupa mencari tahu manfaat lain di dalam suplemen peninggi badan yang akan Anda konsumsi. Selanjutnya, pilihlah suplemen yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

10 Rekomendasi suplemen peninggi badan terbaik

Kini, saatnya kami merekomendasikan sepuluh produk suplemen peninggi badan terbaik. Semoga Anda menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

10
BentukGummy
Target konsumenUsia di atas 3 tahun
KandunganVitamin D, kalsium
Isi64 gram (4 bungkus @16 gram)
9
BentukKapsul
Target konsumenUsia di atas 12 tahun
KandunganVitamin D3, calcium, zinc, spinach, gaba
Isi60 buah
8

Natural NusantaraCalsea Plus Natural High Calcium

Mulai dari Rp 145.000,00

BentukSerbuk
Target konsumenAnak-anak, remaja, dewasa
KandunganKalsium kerang laut, vitamin D, vitamin E
Isi96 gram (12 saset @8 gram)
7

Soho Global HealthCurcuma Plus Grow Emulsion

400 ml

Mulai dari Rp 39.996,00

BentukSirop
Target konsumen6 bulan–12 tahun
KandunganTemulawak organik, minyak ikan, kalsium, vitamin D
Isi200 ml, 400 ml
6

NuBestInnovative Height Growth Supplement for Children (10+) & Teens Who Drink Milk Daily

Mulai dari Rp 1.199.000,00

BentukKapsul
Target konsumenUsia di atas 10 tahun
KandunganProprietary herbal blend, calcium, hydrolyzed collagen, vitamin D3, vitamin K2
Isi60 buah
5

Tempo Scan PasificZevit Grow

8 kaplet

Mulai dari Rp 135.000,00

BentukKaplet
Target konsumenRemaja
KandunganVitamin B complex, kalsium, nicotinamide, vitamin C, vitamin E, tembaga, zinc
Isi4 buah, 8 buah
4

Suryaprana NutrisindoNutrimax Teen Mx

30 tablet

Mulai dari Rp 240.000,00

BentukTablet
Target konsumenRemaja
KandunganKalsium, vitamin D, magnesium, zinc, vitamin B kompleks, DHA, glutamine, ginkgo biloba extract
Isi30 buah, 60 buah
3
BentukTablet
Target konsumenUsia di atas 9 tahun
KandunganKalsium, vitamin D3, magnesium, vitamin K1
Isi60 buah
2

Ultratrend Biotech IndonesiaTianshi Calcium Powder for Children

Mulai dari Rp 312.000,00

BentukSerbuk
Target konsumen2–12 tahun
KandunganWhole milk powder, zmolytic bone calcium powder, non-dairy creamer, egg yolk powder, calcium acetate, vitamin D, vitamin C, lacti-zinc
Isi10 saset @10 gram
1
BentukSirop
Target konsumenUsia di atas 1 tahun
KandunganAsam lemak omega-3, vitamin A, vitamin D, kalsium
Isi200 ml, 400 ml

Tabel perbandingan produk suplemen peninggi badan terbaik

Gambar produk
1
GSK Scott's Emulsion Vita Orange 1

GSK

2
Ultratrend Biotech Indonesia Tianshi Calcium Powder for Children 1

Ultratrend Biotech Indonesia

3
Blackmores Calcimag Multi 1

Blackmores

4
Suryaprana Nutrisindo Nutrimax Teen Mx 1

Suryaprana Nutrisindo

5
Tempo Scan Pasific Zevit Grow 1

Tempo Scan Pasific

6
NuBest Innovative Height Growth Supplement for Children (10+) & Teens Who Drink Milk Daily 1

NuBest

7
Soho Global Health Curcuma Plus Grow Emulsion 1

Soho Global Health

8
Natural Nusantara Calsea Plus Natural High Calcium 1

Natural Nusantara

9
Silver Peaks Height Growth Maximizer 1

Silver Peaks

10
Soho Global Health Fitkom Gummy Calcium 1

Soho Global Health

Nama produk

Scott's Emulsion Vita Orange

Tianshi Calcium Powder for Children

Calcimag Multi

Nutrimax Teen Mx

Zevit Grow

Innovative Height Growth Supplement for Children (10+) & Teens Who Drink Milk Daily

Curcuma Plus Grow Emulsion

Calsea Plus Natural High Calcium

Height Growth Maximizer

Fitkom Gummy Calcium

Keunggulan

Dukungan terbaik pertumbuhan buah hati Anda

Anak Anda mudah sakit? Kini, tidak lagi!

Menjaga kesehatan tulang sekaligus otot dan saraf pada remaja yang aktif

Kombinasi glutamine dan ginkgo biloba meningkatkan daya ingat serta kecerdasan

Tinggi badan bertambah, daya tahan tubuh pun meningkat

Diperkaya dengan campuran bahan herbal yang eksklusif

Rasa buahnya disukai anak-anak, nafsu makannya juga akan meningkat

Kalsium kerang laut yang bisa dikonsumsi seluruh anggota keluarga

Tidak mengandung gula dan gluten, tinggi badan pun bertumbuh optimal

Suplemen gummy bentuk dinosaurus yang rasanya manis

Harga mulai dariRp 74.600,00Rp 312.000,00Rp 125.089,00Rp 240.000,00Rp 135.000,00Rp 1.199.000,00Rp 39.996,00Rp 145.000,00Rp 400.000,00Rp 23.500,00
BentukSiropSerbukTabletTabletKapletKapsulSiropSerbukKapsulGummy
Target konsumenUsia di atas 1 tahun2–12 tahunUsia di atas 9 tahun RemajaRemajaUsia di atas 10 tahun6 bulan–12 tahunAnak-anak, remaja, dewasaUsia di atas 12 tahunUsia di atas 3 tahun
KandunganAsam lemak omega-3, vitamin A, vitamin D, kalsiumWhole milk powder, zmolytic bone calcium powder, non-dairy creamer, egg yolk powder, calcium acetate, vitamin D, vitamin C, lacti-zincKalsium, vitamin D3, magnesium, vitamin K1Kalsium, vitamin D, magnesium, zinc, vitamin B kompleks, DHA, glutamine, ginkgo biloba extractVitamin B complex, kalsium, nicotinamide, vitamin C, vitamin E, tembaga, zincProprietary herbal blend, calcium, hydrolyzed collagen, vitamin D3, vitamin K2Temulawak organik, minyak ikan, kalsium, vitamin DKalsium kerang laut, vitamin D, vitamin EVitamin D3, calcium, zinc, spinach, gabaVitamin D, kalsium
Isi200 ml, 400 ml10 saset @10 gram60 buah30 buah, 60 buah4 buah, 8 buah60 buah200 ml, 400 ml96 gram (12 saset @8 gram)60 buah64 gram (4 bungkus @16 gram)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi suplemen lainnya di sini

Tubuh yang tinggi memang akan mendukung produktivitas hidup, tetapi Anda tetap harus menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Menjaga kesehatan adalah hal yang mutlak dilakukan. Selain dari asupan makanan sehat dan aktivitas fisik, mungkin Anda juga membutuhkan dukungan suplemen lainnya. Jika Anda sedang mencari suplemen untuk kesehatan keluarga, beberapa artikel ini bisa membantu Anda.  

Kesimpulan

Peningkatan tinggi badan bisa menjadi indikator pemenuhan nutrisi tubuh. Agar tinggi badan optimal, pastikan suplemen memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan. Di samping itu, pilihlah bentuk suplemen yang Anda sukai.


Demikian tips memilih suplemen peninggi badan dan rekomendasi produk yang bisa kami berikan. Silakan gunakan poin-poin dalam artikel ini untuk menemukan suplemen peninggi badan yang sesuai dan selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, manusia juga membutuhkan kolagen untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring dengan bertambahnya usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen kolagen bila ingin kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merk suplemen collagen terbaik, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood bisa menjadi pilihan. Namun, suplemen kolagen seperti apakah yang bagus untuk Anda? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk suplemen kolagen yang akan kami ulas berikut ini.
    Vitamin & suplemen
    331.043 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021)
    Otak adalah organ penting yang bertugas mengoordinasikan segala hal yang terjadi di dalam tubuh. Beberapa fungsi otak antara lain mengatur gerakan, perilaku, tekanan darah, dan suhu tubuh. Karena fungsinya yang sangat vital, mengonsumsi suplemen untuk kecerdasan otak cukup disarankan, baik untuk orang dewasa, anak-anak, maupun bayi. Saat ini, banyak dijual suplemen untuk kecerdasan otak, seperti Blackmores Ginkgo Action, Cerebrovit X-Cel, atau Appeton Taurine Syrup. Agar Anda tidak bingung, kami akan mengulas tips memilihnya, serta memberi rekomendasi produk terbaik. Jadi, tetaplah membaca!
    Vitamin & suplemen
    116.611 Views
  • 10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Di samping itu, Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen.Di pasaran, ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang bagus, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
    133.702 Views
  • 10 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak mulai dari trimester 1 hingga trimester 3. Selain makanan, suplemen juga dibutuhkan oleh ibu hamil agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan sempurna. Nutrisi tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu, serta proses tumbuh kembang calon bayi.Jika Anda sedang mencari produk vitamin yang bagus untuk ibu hamil, simaklah artikel ini. Kami akan mengulas cara memilih suplemen serta produk rekomendasi dari Blackmores, Folamil Genio, dan merk terkenal lainnya. Tidak lupa, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, jangan sampai terlewatkan!
    Vitamin & suplemen
    111.497 Views
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021)
    Gaya hidup dan nutrisi yang seimbang turut andil dalam menjaga kesehatan kulit. Namun, terkadang asupan yang berasal dari makanan saja tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan Anda. Untuk itu, Anda perlu menambahkan suplemen kulit.Ada banyak produk suplemen terbaik untuk kulit yang beredar di pasaran, seperti suplemen untuk kulit berjerawat hingga antiaging. Bagaimana memilih suplemen kecantikan yang tepat? Kami akan menghadirkan tips dan rekomendasi suplemen kecantikan terbaik untuk Anda. Berbagai merek suplemen kulit yang bagus, seperti NourishSkin, Blackmores, dan YOUVIT ada di sini. Jadi, simak seluruh ulasan kami, ya!
    Vitamin & suplemen
    332.363 Views
  • 10 Suplemen Pembentuk Otot Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru tahun 2021)
    10 Suplemen Pembentuk Otot Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru tahun 2021)
    Apakah Anda ingin mendapatkan tubuh atletis, tetapi latihan yang Anda lakukan belum menunjukkan hasil maksimal? Salah satu solusinya, Anda bisa mengonsumsi suplemen pembentuk otot. Kini suplemen pembentuk dan penambah massa otot tidak hanya digunakan oleh atlet, tetapi juga masyarakat umum.Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih suplemen pembentuk otot yang bagus. Kami juga membagikan rekomendasi produk terbaik dari merek terkenal, seperti BPI Sport, Twinlab, dan Ultimate Nutrition. Jangan lewatkan juga komentar dari injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy di bawah ini.
    Vitamin & suplemen
    65.304 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori