1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Dekorasi ruangan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Gorden Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Gorden Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Gorden Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Gorden Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Gorden Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Gorden Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Gorden Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Gorden atau tirai jendela berperan penting untuk menjadikan ruangan makin menawan dan terjaga privasinya. Tidak hanya itu, gorden juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah masuknya cahaya ke dalam ruangan. Selain warna dan model gorden yang beragam, transparansinya pun berbeda satu sama lain.


Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus memberikan rekomendasi gorden terbaik. Anda akan menemukan rekomendasi gorden yang bagus dalam artikel ini, termasuk produk merek IKEA dan Informa. Mari simak penjelasan berikut ini dan dapatkan gorden yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Diperbaharui 07-26-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih gorden

Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan saat hendak membeli gorden. Kemampuan gorden menghalau cahaya, tipe pemasangan, fitur soundproof, dan dekorasi ruangan adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Kami akan menjelaskannya secara detail satu per satu.

① Ketahui kemampuan gorden dalam menghalau cahaya

Pada umumnya, gorden dibagi menjadi tiga tipe berdasarkan kemampuannya dalam menghalau cahaya atau transparansinya. Ketahui kelebihan dari masing-masing tipe dan pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Vitrase, sinar bisa tembus dengan mudah

Vitrase, sinar bisa tembus dengan mudah

Gorden tipe ini merupakan gorden tipis dan sangat tembus cahaya. Hal tersebut membuat tipe vitrase sering dijadikan pelapis atau dipadukan bersama tirai tipe lainnya.


Meski begitu, Anda tetap bisa menggunakannya sebagai dekorasi jika digunakan tanpa pelapis apapun. Karakteristiknya yang tembus cahaya membuat vitrase pas untuk ruang yang tidak terlalu membutuhkan privasi, misalnya ruang tamu.

Semi-blackout, memiliki transparansi medium

Semi-blackout, memiliki transparansi medium

Tipe kedua adalah gorden semi-blackout. Dari segi transparasi, gorden semi-blackout berada di antara tipe vitrase dan blackout. Meski sama-sama tipis, tipe ini mampu menghalau cahaya lebih baik dibandingkan dengan vitrase.


Saat jendela ditutup, tirai semi-blackout akan membuat cahaya matahari masuk samar-samar ke dalam ruangan. Itulah sebabnya gorden semi-blackout tepat untuk Anda yang ingin mengurangi intensitas cahaya dari luar.

Blackout, mampu menghalau cahaya secara maksimal

Blackout, mampu menghalau cahaya secara maksimal

Gorden jendela tipe blackout wajib Anda pilih bila menginginkan privasi maksimal dalam ruangan. Saat dipasang, tirai blackout akan mencegah tembusnya cahaya dari dalam ataupun luar ruangan. Selain menjaga privasi dengan baik, gorden blackout juga mampu menghalau panas dari luar sehingga ruangan akan tetap sejuk.


Kamar tidur, ruang kerja, dan berbagai ruang lainnya bisa dilengkapi dengan tirai blackout. Digunakan bersama vitrase atau pun tidak, tirai blackout tetap sangat bisa diandalkan!

② Pastikan ukuran gorden sesuai

Pastikan ukuran gorden sesuai

Gorden sudah tentu akan dipasang di dekat jendela. Nah, tirai yang ukurannya terlalu kecil atau terlalu besar akan kurang enak dipandang. Karena itu, sebelum membeli, Anda perlu mengecek terlebih dahulu ukuran jendela yang akan dipasangi tirai.


Lebar tirai sebaiknya berukuran sedikit lebih besar daripada jendela. Sementara itu, untuk panjang tirai, Anda perlu menyesuaikannya dengan posisi pemasangan batang tirai. Sebagai contoh, bila Anda hendak memasang batang 3 cm di atas jendela, panjang tirai perlu ditambahkan sekitar 3–4 cm.


Bagaimana bila Anda ingin gorden menjuntai sampai ke lantai? Jika demikian, tambahkan saja lagi jarak antara sisi bawah jendela dengan lantai. Jika jarak antara sisi bawah jendela dengan lantai adalah 25 cm, Anda perlu menambahkan panjang tirai sekitar 25 cm.

③ Pilih berdasarkan tipe pemasangannya

Pilih berdasarkan tipe pemasangannya

Di pasaran, Anda akan menemukan berbagai macam gorden dengan beragam tipe pemasangan. Berikut ini beberapa tipe pemasangan yang umum dijumpai di pasaran:


  • Ring, memerlukan batang tirai untuk jalur lubang gorden. Kain gorden bagian atas dilubangi dan dilapisi cincin yang terbuat dari besi atau stainless steel sebagai jalur tiang gorden. Pada tipe pemasangan ini, gorden akan membentuk gelombang yang cantik.

  • Plisket, memerlukan batang tirai jenis rel atau track sebagai jalur pengait gorden. Gorden tipe pemasangan ini biasanya berbetuk plisket atau lipatan yang dikaitkan dengan pengait pada batang rel. Ketika dibuka, gorden akan membentuk lipatan zig-zag yang rapi.

  • Velcro, sangat praktis, cepat, dan mudah karena hanya menempelkan gorden dengan velcro atau perekat kain. Anda tidak perlu paku, bor, bahkan tongkat gorden. Anda hanya perlu menempelkan perekat ke atas jendela dan gorden pun siap ditempel.

④ Pertimbangkan gorden dengan fitur soundproof

Pertimbangkan gorden dengan fitur soundproof

Agar Anda terbebas dari kebisingan dan menjaga agar suara Anda tidak terdengar di luar ruangan, sebaiknya pertimbangkan fitur soundproof. Fitur soundproof ini hadir pada gorden yang terbuat dari bahan kain blackout.

Karakeristik kain blackout sangat tebal sehingga mampu meredam suara dari luar ruangan. Selain itu, kain blackout juga dapat mencegah suara Anda terdengar di luar ruangan.

⑤ Sesuaikan gorden dengan interior ruangan

Sesuaikan gorden dengan interior ruangan

Poin penting lainnya dalam memilih gorden adalah memastikan pilihan Anda pas dengan gaya interior ruangan. Anda bisa memilih gorden berwarna cerah untuk ruang bermain anak atau ruang makan. Namun, bila hendak menjadikan gorden sebagai daya tarik utama ruangan, pilihlah yang warnanya kontras dengan dinding.


Gorden berwarna cokelat bisa dijadikan pilihan untuk ruangan bergaya vintage. Untuk kesan netral yang tidak mendominasi, gorden berwarna gelap cocok dipilih. Sementara itu, gorden jendela berwarna pastel pas untuk kesan hangat dalam ruangan.


Kemudian, bagi Anda yang hendak membeli tirai jendela bermotif, pastikan motifnya sesuai dengan interior ruangan. Sebagai contoh, tirai bermotif bunga untuk Anda yang menginginkan kesan feminin. Ada juga motif simpel untuk gaya minimalis, dan sebagainya. Silakan kombinasikan warna dan motif tirai dengan interior ruangan untuk menghadirkan nuansa yang Anda suka.

10 Rekomendasi gorden terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gorden terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Gorden Blackout Polos Glossy Embos

 Gorden Blackout Polos Glossy Embos 1枚目

Turunkan tingkat cahaya matahari hingga 95% dengan gorden blackout ini

2

Bintang Gorden

Gorden Polos Embos Pintu dan Jendela Smokering

Bintang Gorden Gorden Polos Embos Pintu dan Jendela Smokering 1枚目

Gorden produksi lokal dengan beragam pilihan warna

3

Bright Crown

Tirai Velcro

Bright Crown Tirai Velcro 1枚目

Tak perlu paku dan bor, pasang gorden lebih praktis dengan perekat

4

Gorden Minimalis Motif Premium Montero Amanda Piramid Satin

 Gorden Minimalis Motif Premium Montero Amanda Piramid Satin 1枚目

Gorden minimalis dengan beragam pilihan motif

5

Gorden Polos Blackout Doff Benneta Minimalis

 Gorden Polos Blackout Doff Benneta Minimalis 1枚目

Terbuat dari bahan premium yang tidak kaku sehingga mudah diatur

6

Gorden Plisket Model Cantolan Kawat S

 Gorden Plisket Model Cantolan Kawat S 1枚目

Gorden plisket model cantolan dengan motif kotak-kotak yang aesthetic

7

IKEA

Alvine Spets

IKEA Alvine Spets 1枚目

Dapat digantung langsung di batang gorden, praktis!

8

Xxmake

Tirai Velcro Bebas Pukulan

Xxmake Tirai Velcro Bebas Pukulan 1枚目

Pemasangannya sangat mudah, cukup tempel di dinding atau kusen jendela

9

Informa

Gorden 140x250 Cm Set 2 Pcs Motif Daun

Informa Gorden 140x250 Cm Set 2 Pcs Motif Daun 1枚目

Motif daun untuk tampilan ruangan yang lebih menarik

10

Lincurt

Gorden Jendela Minimalis Blackout Model Smokring 12 Lubang 6 Gelembung

Lincurt Gorden Jendela Minimalis Blackout Model Smokring 12 Lubang 6 Gelembung 1枚目

Jaga privasi Anda dengan gorden yang tidak menerawang

Perincian produk
Close
No.1

Gorden Blackout Polos Glossy Embos

Mulai dari Rp62.500,00

Turunkan tingkat cahaya matahari hingga 95% dengan gorden blackout ini

Kelebihan:

  • Bahan dari kain blackout impor berkualitas
  • Terdapat corak emboss timbul
  • Bonus pengikat tassel rumbay

Kekurangan:

  • Jahitan kain kurang rapi
  • Ring mudah copot
  • Tidak cocok dicuci dengan mesin cuci

Ingin menurunkan tingkat cahaya matahari di ruangan Anda hingga 95%? Anda bisa memasang gorden ini. Bahan kain blackout impornya dijamin akan membantu menahan panasnya sinar matahari masuk ke dalam ruangan.


Tak hanya itu, kain blackout-nya juga mampu meminimalisasi tingkat kebisingan dari luar ruangan. Hal tersebut akan membuat Anda betah berada di dalam ruangan Anda.

No.2

Bintang GordenGorden Polos Embos Pintu dan Jendela Smokering

Mulai dari Rp42.000,00

Gorden produksi lokal dengan beragam pilihan warna

Kelebihan:

  • Tersedia dalam pilihan warna yang beragam
  • Merupakan gorden produksi lokal

Kekurangan:

  • Ring mudah copot
  • Kain tergolong tipis sehingga agak menerawang
  • Jahitan kurang rapi

Ingin gorden home made berkualitas? Pertimbangkanlah gorden yang satu ini. Gorden ini merupakan produk lokal sehingga ketersediaan stok dan pengiriman produk dijamin cepat.


Bahannya terbuat dari kain katun micro-emboss dengan dua ukuran, yakni 10 ring dan 12 ring.  Gorden home made ini tersedia dalam berbagai pilihan warna yang akan membuat Anda lebih leluasa memilihnya.

No.3

Bright CrownTirai Velcro

Mulai dari Rp188.000,00

Tak perlu paku dan bor, pasang gorden lebih praktis dengan perekat

Kelebihan:

  • Pemasangan sangat mudah, tinggal tempel
  • Bonus perekat dan tali pengikat
  • Terbuat dari bahan polister yang kuat, lembut, dan tidak mudah kusut

Kekurangan:

  • Kain tergolong tipis sehingga agak menerawang

Jika di rumah Anda tidak ada bor dan paku, Anda bisa memilih gorden tempel ini. Pemasangannya sangat mudah dan praktis, yakni tinggal tempelkan saja di dinding atau kusen jendela dengan perekat. Gorden pun sudah bisa langsung terpasang tanpa instalasi yang merepotkan.


Pilihan motifnya pun lucu-lucu, begitu pula pilihan warnanya. Anda bisa memasang gorden ini untuk ruangan si kecil atau ruangan lainnya. Bahan polisternya dijamin kuat, halus, lembut, dan tidak mudah kusut.

No.4

Gorden Minimalis Motif Premium Montero Amanda Piramid Satin

Mulai dari Rp82.000,00

Gorden minimalis dengan beragam pilihan motif

Kelebihan:

  • Terbuat dari bahan CVC yang tidak mudah kusut
  • Tersedia dalam berbagai motif yang keren

Kekurangan:

  • Kain tergolong tipis sehingga agak menerawang
  • Ring mudah copot
  • Jahitan kurang rapi

Anda ingin memasang gorden untuk ruangan minimalis? Produk yang satu ini akan menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, Pasalnya, gorden ini memiliki pilihan warna dan model yang simpel. Produk ini sangat cocok untuk lebar kusen 40 cm hingga 100 cm.


Bahannya terbuat dari CVC yang diklaim membuat gorden tidak mudah kusut. Terdapat pilihan motif yang beragam yang bisa Anda pilih sesuai karakter ruangan Anda, seperti kotak-kotak dan polkadot.

No.5

Gorden Polos Blackout Doff Benneta Minimalis

Mulai dari Rp70.000,00

Terbuat dari bahan premium yang tidak kaku sehingga mudah diatur

Kelebihan:

  • Bahan blackout yang tebal dan tidak tembus cahaya
  • Bonus hook trisula dan tali pengikat

Kekurangan:

  • Jahitan kain kurang rapi
  • Terkadang terdapat bercak atau noda

Bagi Anda yang sedang mencari gorden dengan bahan yang halus dan diklaim tidak tembus cahaya, pilihlah gorden blackout ini. Gorden ini terbuat dari bahan premium yang tidak kaku sehingga akan mudah diatur.


Gorden ini tersedia dalam berbagai ukuran yang bisa Anda sesuaikan dengan ukuran jendela Anda. Jika lebar jendela Anda lebih dari 90 cm, disarankan memakai dua lembar gorden agar terlihat bagus gelombangnya.

No.6

Gorden Plisket Model Cantolan Kawat S

Mulai dari Rp15.999,00

Gorden plisket model cantolan dengan motif kotak-kotak yang aesthetic

Kelebihan:

  • Terbuat dari bahan katun mikro yang tebal, lembut, dan halus

Kekurangan:

  • Motif kotak-kotaknya terkadang kurang presisi

Bagi Anda yang menginginkan gorden model lipat dengan pengait, Anda sedang berada direkomendasi yang tepat. Gorden ini bisa dikaitkan ke tiang dengan pengait berupa cantolan kawat berbentuk huruf S.


Gorden ini didesain untuk menutupi jendela rumah pada malam hari agar tidak tembus pandang dari luar. Kain gorden ini terbuat dari bahan katun mikro yang tebal, lembut, dan halus. Anda pun bisa memilih motif kotak-kotak yang aesthetic untuk menghias ruangan Anda.

No.7

Dapat digantung langsung di batang gorden, praktis!

Kelebihan:

  • Dapat dicuci dengan mesin cuci

Kekurangan:

  • Tidak bisa dikeringkan dengan mesin

Produk IKEA yang satu ini menawarkan kemudahan pemasangan dengan adanya celah di bagian atas tirai. Dengan begitu, Anda hanya perlu menggantungnya langsung di batang gorden.


Tirai ini 100% terbuat dari bahan polister sehingga dapat dicuci dengan mesin cuci. Namun, sebaiknya Anda tidak menggunakan pemutih saat mencucinya dan tidak mengeringkannya dengan mesin untuk menjaga keawetan tirai.

No.8

XxmakeTirai Velcro Bebas Pukulan

Mulai dari Rp172.000,00

Pemasangannya sangat mudah, cukup tempel di dinding atau kusen jendela

Kelebihan:

  • Pemasangan praktis, tinggal tempel
  • Dilengkapi lapisan yang tahan sinar UV
  • Dapat dicuci dengan mesin cuci

Kekurangan:

  • Potongan/jahitan kainnya kurang rapi

Apakah Anda memiliki masalah dalam pemasangan gorden, seperti khawatir kerusakan pada dinding atau tidak ada alat instalasi? Tenang, serahkan semuanya pada produk gorden yang satu ini.


Dengan gorden velcro ini, Anda tidak lagi membutuhkan paku untuk melubangi dinding. Anda tinggal menempelkan gorden ini di tembok atau kusen jendela. Desain uniknya, membuat Anda bisa memandang hiasan bintang-bintang di ruangan Anda.

No.9

InformaGorden 140x250 Cm Set 2 Pcs Motif Daun

Mulai dari Rp490.000,00

Motif daun untuk tampilan ruangan yang lebih menarik

Kelebihan:

  • Terbuat dari bahan polister berkualitas

Kekurangan:

  • Bahan tergolong tipis, sehingga agak menerawang
  • Gorden hanya tersedia dalam satu ukuran

Buat ruangan Anda terkesan lebih sejuk dengan gorden dari Informa ini. Gorden ini terbuat dari bahan polister yang berkualitas. Gorden berwarna netral ini tentu akan sangat cocok menghiasi kamar tidur, ruang tamu, atau ruang keluarga Anda.


Di samping itu, gorden ini juga memiliki motif daun yang menarik. Oh iya, dalam satu set produk ini terdiri atas 2 pcs gorden berukuran 140 cm x 250 cm.

No.10

LincurtGorden Jendela Minimalis Blackout Model Smokring 12 Lubang 6 Gelembung

Mulai dari Rp78.000,00

Jaga privasi Anda dengan gorden yang tidak menerawang

Kelebihan:

  • Bahan tergolong tebal dan lembut
  • Terbuat dari bahan blackout sehingga tidak menerawang
  • Ukuran bisa di-custom

Kekurangan:

  • Tidak cocok dicuci dengan mesin cuci
  • Perlu dibersihkan secara rutin untuk menghindari tumpukan debu

Bagi Anda yang menginginkan privasi dalam ruangan Anda, sebaiknya memilih gorden yang satu ini. Pasalnya, gorden ini terbuat dari kain blackout yang kedap suara. Tak hanya itu, bahan blackout ini juga mampu mencegah panas dari luar masuk ruangan Anda.


Bahan gorden juga tergolong tebal dan tidak menerawang sehingga aktivitas Anda di dalam ruangan tidak akan terlihat dari luar. Selain itu, Anda bisa pesan ukuran yang sesuai dengan jendela ruangan Anda karena ukuran gorden ini bisa di-custom.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk dekorasi ruangan di sini

Selain gorden, kami juga memiliki beberapa rekomendasi produk untuk dekorasi ruangan, yakni dekorasi bunga, hiasan dinding, dan partisi ruangan. Silakan simak tautan di bawah ini untuk mendapatkan produk terbaik!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, Anda pasti sudah menemukan gorden terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ruangan dengan gorden yang tepat akan terlihat menawan. Baik tipe blackout, semi-blackout, maupun vitrase, semua dapat Anda pilih sesuai keinginan. Hanya saja, pastikan ukurannya sesuai dengan jendela Anda.

Selain itu, pertimbangkan juga kecocokannya dengan interior ruangan. Apakah warna dan desainnya sudah sesuai dengan gaya ruangan Anda? Nah, selamat memilih dan sampai bertemu di artikel lainnya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer