• 10 Rekomendasi Smart Lamp Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Smart Lamp Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Smart Lamp Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Smart Lamp Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Smart Lamp Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Smart Lamp Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Smart lamp atau lampu pintar merupakan peralatan rumah tangga berbasis IoT (internet of things) yang membuat ruangan Anda makin berwarna. Produk ini dilengkapi teknologi wireless sehingga dapat dikontrol menggunakan smartphone, seperti iPhone dan Android. Melalui ponsel, Anda bisa mengatur waktu pemakaian dan tingkat kecerahannya.


Agar tak salah pilih, kami akan menjelaskan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan saat membeli lampu pintar. Selain itu, kami juga telah merangkum rekomendasi merek smart lamp yang bagus, seperti Xiaomi, Philips, dan Bardi. Baca terus sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 21 Agustus 2022
Daftar isi

Apa itu smart lamp?

Apa itu smart lamp?

Smart lamp adalah sebuah lampu LED (led emitting diode) yang bisa dioperasikan dengan berbagai cara menggunakan smartphone. Dilansir dari sejumlah situs, lampu LED yang dioperasikan menggunakan remote control juga dapat dikategorikan sebagai smart lamp. Namun, kali ini kami hanya akan memperkenalkan produk yang dioperasikan menggunakan smartphone saja.

Fitur yang paling umum ditemukan pada smart lamp ialah Anda bisa mengatur tingkat kecerahan dan mengubah warnanya. Pada produk berkualitas tinggi, biasanya dilengkapi fitur pengatur waktu dan bisa terhubung ke musik. Nah, fitur-fitur inilah yang membedakan lampu pintar dengan lampu atau bohlam biasa.

Cara memilih smart lamp

Smart lamp memiliki banyak daya tarik yang membedakannya dengan lampu LED konvensional. Pada bagian ini, kami akan menjelaskan beberapa poin penting yang perlu diingat ketika memilih lampu pintar. 

Perhatikan fungsi yang dimilikinya

Terdapat berbagai fungsi yang dimiliki smart lamp tergantung jenis produknya. Oleh karena itu, bayangkanlah fungsi apa yang Anda butuhkan untuk memutuskan produk mana yang paling sesuai.

Timer interlocking, untuk mengatur kecerahan dan warna lampu

Timer interlocking, untuk mengatur kecerahan dan warna lampu

Fungsi timer interlocking memungkinkan Anda untuk mengatur kecerahan lampu dan mengubah warnanya dari waktu ke waktu. Anda bisa mengatur alarm untuk menandai kapan lampu harus menyala, mati, hingga berubah warna. Sebagai contoh, warna smart lamp akan berubah menjadi redup dan kekuningan saat waktu tidur. 


Lalu, lampu akan menyala terang kembali ketika waktunya Anda bangun. Berkat pengaturan tersebut, Anda akan terbangun dengan pencahayaan yang tampak alami. Fitur ini juga memungkinkan Anda untuk mengatur lampunya agar mati secara otomatis sehingga lebih hemat listrik.

Music interlocking, sesuaikan mood dengan musik yang dimainkan

Music interlocking, sesuaikan mood dengan musik yang dimainkan

Music interlocking adalah fungsi yang memungkinkan penyesuaian tingkat kecerahan lampu dengan musik yang sedang dimainkan. Smart lamp dengan fungsi ini sangat cocok untuk merayakan pesta di rumah dengan musik yang meriah. Di samping itu, ada pula produk yang bisa menyesuaikan tingkat kecerahan lampu dengan musik yang menenangkan.


Selain itu, beberapa produk smart bulb menawarkan pengaturan pencahayaan berdasarkan mood Anda. Untuk mengaktifkannya, Anda tinggal mengunjungi tabel menu yang terdapat pada aplikasi pengontrol smart lamp

Built-in speaker, dilengkapi speaker bawaan untuk memutar musik

Built-in speaker, dilengkapi speaker bawaan untuk memutar musik

Sesuai namanya, smart lamp dengan built-in speaker dilengkapi speaker bawaan di dalamnya. Cara pemasangan smart lamp ini sama dengan bohlam biasa pada umumnya. Speaker tersebut terpasang pada lampu sehingga tidak memerlukan kabel dan pengisian daya secara khusus. Saat fungsinya dinyalakan, Anda bisa menikmati alunan musik yang mengalir keluar dari langit-langit rumah Anda.


Ukurannya memang kecil sehingga kualitas suaranya mungkin belum bisa memenuhi kebutuhan Anda. Namun, Anda bisa memasang beberapa smart lamp ini dan menghubungkannya untuk mendapatkan suara yang diinginkan. Sayangnya, smart lamp yang dilengkapi speaker masih sangat sulit ditemukan di pasaran Indonesia pada saat ini.

Ketahui kecerahan lampu LED berdasarkan jumlah lumennya

Ketahui kecerahan lampu LED berdasarkan jumlah lumennya

Kecerahan lampu pijar dan fluorescent lamp (lampu TL) biasanya ditunjukkan dalam satuan watt. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk smart lamp LED. Pasalnya, lampu LED mengeluarkan cahaya yang tidak menyebar secara menyeluruh dan hanya menerangi area di bawahnya saja. 


Oleh karena itu, sering terjadi kasus di mana bagian sudut ruangan masih terlihat gelap. Dengan kata lain, besaran watt pada lampu LED dianggap kurang efektif untuk menunjukkan tingkat kecerahannya. Untuk itu, smart lamp LED menggunakan satuan yang disebut lumen (lm).


Lumen sendiri adalah satuan yang menyatakan jumlah cahaya yang disebut fluks cahaya total (total luminous flux). Satuan ini menunjukkan berapa banyak cahaya yang dipancarkan dari seluruh bagian lampu. Makin banyak jumlah lumennya, makin terang pula cahaya yang dikeluarkan oleh smart lamp. Karena itu, pilihlah lampu dengan jumlah lumen yang sesuai untuk kebutuhan Anda.

Gunakan smart lamp berdaya 800 lumen ke atas sebagai sumber pencahayaan utama

Gunakan smart lamp berdaya 800 lumen ke atas sebagai sumber pencahayaan utama

Jika Anda menggunakan smart lamp sebagai pencahayaan utama, pilihlah lampu yang memiliki 800 lumen ke atas. Karena sifat LED yang tidak menerangi seluruh ruangan, satu lampu saja mungkin belum cukup. Oleh karena itu, pertimbangkanlah untuk memasang beberapa smart lamp LED secara bersamaan. Sementara itu, smart lamp dengan 200 lumen ideal digunakan sebagai penerangan tambahan di samping tempat tidur Anda.


Meski telah ada contohnya, Anda mungkin masih belum mengetahui kecerahan lampu hanya dengan melihat jumlah lumennya saja. Agar makin yakin saat memilih smart lamp, gunakanlah perbandingan besaran watt dan lumen berikut ini sebagai acuan Anda.


  • 40 watt = 450 lumen
  • 60 watt = 800 lumen
  • 75 watt = 1100 lumen
  • 100 watt = 1600 lumen
  • 150 watt = 2600 lumen

Periksa perangkat yang kompatibel

Periksa perangkat yang kompatibel

Umumnya, lampu pintar sudah kompatibel dengan sistem operasi (OS) Android dan iOS. Meski begitu, beberapa produk mungkin hanya mendukung sistem operasi tertentu saja dan tidak cocok dengan OS lain.


Ada kalanya, beberapa fungsi tidak dapat digunakan lagi setelah Anda mengganti smartphone. Jadi, pastikan untuk memeriksa kompatibilitas produk smart bulb dengan smartphone yang Anda miliki sebelum membelinya.

Pertimbangkan pula bobot lampu dan ukuran sekrup ulirnya

Pertimbangkan pula bobot lampu dan ukuran sekrup ulirnya

Smart LED memiliki ukuran dan bobot yang berbeda dengan lampu pijar. Apalagi jika lampu tersebut memiliki built-in speaker, mungkin ukuran sekrup ulir lampu dan soketnya tidak cocok. Selain itu, lampu LED cenderung lebih berat daripada lampu pijar sehingga dibutuhkan soket yang kuat. Jadi, jangan lupa memeriksa kedua poin ini saat memilih lampu pintar yang akan dibeli.


Lebih lanjut, kompatibilitas dari ukuran sekrup ulir dan soket lampu sangat penting untuk diperhatikan. Jika ukurannya tidak sesuai, lampu mungkin tidak bisa Anda pasang. Meski telah terpasang, fungsi dari smart lamp Anda juga bisa saja tidak bekerja secara maksimal. Adapun ukuran sekrup ulir atau base lampu yang umum dipakai adalah E27.

10 Rekomendasi smart lamp terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk smart lamp terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Gambar produk
1
BARDI Solusi Otomasi Smart Light Bulb 12W – RGBWW 1

BARDI Solusi Otomasi

2
Philips Smart WiFi LED 8W With Bluetooth - Tunable White 1

Philips

3
Hannochs Smart LED WiFi - Futura RGB (14 watt) 1

Hannochs

4
Dings Lampu Pintar Smart Home - Smart Bulb 9 Watt RGBCW 1

Dings

5
ARBIT Smart WiFi LED Bulb 1

ARBIT

6
Xiaomi Yeelight 1S Smart Color Light Bulb 1

Xiaomi

7
Bosman Smart LED Strip RGBWW 1

Bosman

8
TP-Link Tapo Smart Wi-Fi Light Bulb - Multicolor 1

TP-Link

9
SEYVEN Smart Downlight 1

SEYVEN

10
Afto Smart Bulb 8W with Music Sync 1

Afto

Nama produk

Smart Light Bulb 12W – RGBWW

Smart WiFi LED 8W With Bluetooth - Tunable White

Smart LED WiFi - Futura RGB (14 watt)

Lampu Pintar Smart Home - Smart Bulb 9 Watt RGBCW

Smart WiFi LED Bulb

Yeelight 1S Smart Color Light Bulb

Smart LED Strip RGBWW

Tapo Smart Wi-Fi Light Bulb - Multicolor

Smart Downlight

Smart Bulb 8W with Music Sync

Keunggulan

Dapat dikombinasikan dengan perangkat smart home lainnya

Cahaya hangat dan dingin yang pas untuk rumah minimalis

Jumlah lumennya banyak untuk menerangi ruangan yang besar

Siap mewarnai rumah Anda dengan enam belas juta warna!

Mendukung kontrol jarak jauh, tak perlu khawatir saat lupa mematikan lampu

Pilih warna dari benda di sekitar Anda dengan fitur Color Picker

Ubah kamar menjadi aesthetic dengan smart LED berbentuk strip

Rumah tetap aman saat ditinggal mudik

Model downlight yang bisa dipasang tersembunyi di plafon

Smart bulb yang bisa diatur lewat HP dan suara

Harga mulai dariRp 129.000,00Rp 159.500,00Rp 266.500,00Rp 119.000,00Rp 289.000,00Rp 229.000,00Rp 160.000,00Rp 350.000,00Rp 300.000,00Rp 117.000,00
Tingkat kecerahan1.300 lumen atau 12 watt806 lumen atau 8 watt1.400 lumen atau 14 watt950 lumen atau 9 watt950 lumen atau 9 watt800 lumen350 lumen atau 3 watt per meter806 lumen1.200 lumen atau 15 watt900 lumen atau 8 watt
Sistem operasiAndroid, iOSAndroid, iOSAndroid, iOSAndroid, iOSAndroid, iOSAndroid, iOSAndroid, iOSAndroid, iOSAndroid, iOSAndroid, iOS
Ukuran ulirE27E27E27E27E27E27Tidak memerlukan baseE27Tidak disebutkanE27
Bobot180 gramTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan200 gram230 gram (gross)Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Timer interlocking
Music interlocking-×-
Tautan produk
10

AftoSmart Bulb 8W with Music Sync

Mulai dari Rp 117.000,00

Tingkat kecerahan900 lumen atau 8 watt
Sistem operasiAndroid, iOS
Ukuran ulirE27
BobotTidak disebutkan
Timer interlocking
Music interlocking
9
Tingkat kecerahan1.200 lumen atau 15 watt
Sistem operasiAndroid, iOS
Ukuran ulirTidak disebutkan
BobotTidak disebutkan
Timer interlocking
Music interlocking
8

TP-LinkTapo Smart Wi-Fi Light Bulb - Multicolor

L530E

Mulai dari Rp 350.000,00

Tingkat kecerahan806 lumen
Sistem operasiAndroid, iOS
Ukuran ulirE27
BobotTidak disebutkan
Timer interlocking
Music interlocking-
7
Tingkat kecerahan350 lumen atau 3 watt per meter
Sistem operasiAndroid, iOS
Ukuran ulirTidak memerlukan base
BobotTidak disebutkan
Timer interlocking
Music interlocking
6

XiaomiYeelight 1S Smart Color Light Bulb

Mulai dari Rp 229.000,00

Tingkat kecerahan800 lumen
Sistem operasiAndroid, iOS
Ukuran ulirE27
Bobot230 gram (gross)
Timer interlocking
Music interlocking
5
Tingkat kecerahan950 lumen atau 9 watt
Sistem operasiAndroid, iOS
Ukuran ulirE27
Bobot200 gram
Timer interlocking
Music interlocking
4

DingsLampu Pintar Smart Home - Smart Bulb 9 Watt RGBCW

Mulai dari Rp 119.000,00

Tingkat kecerahan950 lumen atau 9 watt
Sistem operasiAndroid, iOS
Ukuran ulirE27
BobotTidak disebutkan
Timer interlocking
Music interlocking
3

HannochsSmart LED WiFi - Futura RGB (14 watt)

Mulai dari Rp 266.500,00

Tingkat kecerahan1.400 lumen atau 14 watt
Sistem operasiAndroid, iOS
Ukuran ulirE27
BobotTidak disebutkan
Timer interlocking
Music interlocking×
2

PhilipsSmart WiFi LED 8W With Bluetooth - Tunable White

Mulai dari Rp 159.500,00

Tingkat kecerahan806 lumen atau 8 watt
Sistem operasiAndroid, iOS
Ukuran ulirE27
BobotTidak disebutkan
Timer interlocking
Music interlocking-
1

BARDI Solusi OtomasiSmart Light Bulb 12W – RGBWW

Mulai dari Rp 129.000,00

Tingkat kecerahan1.300 lumen atau 12 watt
Sistem operasiAndroid, iOS
Ukuran ulirE27
Bobot180 gram
Timer interlocking
Music interlocking

Baca juga rekomendasi lampu LED lainnya di sini

Di atas, kami sudah memperkenalkan produk smart lamp untuk Anda. Jika Anda mencari perlengkapan pencahayaan LED lainnya, kami memiliki deretan artikel menarik untuk Anda. Silakan gunakan rujukan ini untuk mencari produk yang Anda inginkan.

Kesimpulan

Melalui artikel ini, kami telah memperkenalkan tips memilih dan review smart lamp untuk Anda. Bagaimana pendapat Anda tentang rekomendasi yang telah kami berikan?


Karena masih sedikit orang yang menggunakan smart lamp, Anda mungkin akan kesulitan membayangkannya. Jika Anda ingin merasakan pengalaman baru, tak ada salahnya untuk mencoba. Mari gunakan lampu pintar dan jadikan rumah Anda menjadi smart home yang modern!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Lampu Plafon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lampu Plafon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pencahayaan memegang peran penting dalam desain sebuah ruangan. Tak hanya membuat ruangan menjadi terang, pencahayaan yang tepat dapat menonjolkan kesan tertentu pada sebuah ruangan. Ada beragam jenis lampu yang dapat memberikan pencahayaan di dalam ruangan, salah satunya lampu plafon.  Anda dapat menemukan berbagai model dan merek lampu plafon yang bagus di pasaran. Agar tak bingung memilih, kami sudah menyiapkan tips memilih lampu plafon terbaik. Anda juga dapat menemukan rekomendasi produk lampu plafon dari in-Lite, Phillips, juga berbagai merek ternama lainnya dalam artikel ini. Baca sampai selesai, ya.
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Lampu Philips Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lampu Philips Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lampu adalah barang esensial yang diperlukan, khususnya saat malam hari atau keadaan minim cahaya. Lampu membantu menerangi suatu area atau ruangan tertentu. Agar lampu berfungsi maksimal, pilihlah lampu yang jelas kualitasnya. Untuk itu, jatuhkanlah pilihan Anda pada lampu Philips yang sudah terkenal akan kualitasnya.Lampu merek Philips memiliki beragam tipe dan varian. Lalu, jenis lampu Philips mana yang tepat untuk kebutuhan Anda? Untuk menjawabnya, silakan simak ulasan lengkap mengenai lampu Philips di sini. Kami akan memberikan tips memilih lampu Philips yang bagus serta ulasan sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Selamat membaca!
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Senter LED Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Senter LED Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Senter merupakan alat penerangan yang dapat digunakan saat malam hari dan keadaan darurat. Salah satu jenis senter yang cukup populer adalah senter LED. Harga senter ini beragam, tergantung pada merek dan fitur yang ditawarkan. Kali ini kami akan memberikan tips memilih lampu senter LED terbaik untuk Anda. Kami juga akan membagikan rekomendasi senter LED yang bagus dan awet, seperti merek Fenix, Naturehike, dan Eiger. Anda bisa menemukan senter LED superterang di produk rekomendasi kami. Yuk, baca artikel ini hingga tuntas dan temukan senter LED terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Lampu Tenaga Surya Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lampu Tenaga Surya Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah global warming, banyak orang mulai menggunakan energi alternatif. Salah satu energi alternatif yang populer ialah tenaga surya atau sinar matahari. Kini Anda bisa menghemat pengeluaran listrik dengan membeli lampu bertenaga surya atau lampu solar cell.Namun, beberapa dari Anda mungkin kurang familier dengan lampu ini. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara kerja lampu tenaga surya serta tips memilihnya untuk Anda. Ada juga rekomendasi merek lampu tenaga surya yang bagus, seperti Philips, Luci, dan Perfin. Jadi, silakan baca ulasan lengkapnya di bawah ini!
    Lampu
  • 10 Saklar Lampu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saklar Lampu Rumah Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Saklar adalah alat yang digunakan untuk mengatur hidup dan matinya lampu. Meski fungsinya sederhana, jenis saklar lampu rumah sangatlah banyak. Anda bisa menemukan beragam saklar lampu rumah, mulai dari yang minimalis hingga yang mewah sekalipun. Kali ini kami akan memberikan rekomendasi merek saklar lampu rumah terbaik untuk Anda. Produk saklar lampu rumah dari merek Broco, Panasonic, atau Swimseivs mungkin akan Anda sukai. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Rio Maximilian. Jadi, simak tips dari kami dahulu agar Anda bisa lebih mudah menemukan produk yang bagus!
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Lampu Senter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lampu Senter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lampu senter adalah alat yang diperlukan ketika melakukan aktivitas atau pekerjaan di tempat gelap. Lampu senter sangat berguna sebagai persiapan menghadapi kondisi darurat, bahkan bencana. Karena itu, alat penerang ini wajib tersedia di setiap rumah.Di pasaran, Anda akan menemui lampu senter LED atau pijar dalam ukuran dan tingkat pencahayaan yang berbeda-beda. Anda mungkin akan bingung saat memilihnya. Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih lampu senter yang bagus. Produk senter terbaik dari merek Krisbow, Olight, dan Luby ada dalam rekomendasi kami. Baca artikel ini sampai habis, ya!
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Philips Hue Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Philips Hue Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Philips merupakan salah satu merek lampu yang sudah memiliki kredibilitas baik di industri tata cahaya. Perusahaan yang berasal dari Belanda ini terus melakukan inovasi untuk menghasilkan lampu terbaiknya. Salah satu seri terbaik yang dikeluarkan oleh Philips adalah Philips Hue.Sampai saat ini, Philips Hue telah memiliki beragam tipe, seperti Muscari, Lightstrip, dan Go. Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa rekomendasi Philips Hue terbaik. Selain itu, kami juga memberikan panduan mudah untuk menentukan Philips Hue yang bagus untuk ruangan Anda.
    Lampu
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori