• 10 Rekomendasi Dongkrak Mobil Terbaik untuk Penggunaan Sendiri (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Dongkrak Mobil Terbaik untuk Penggunaan Sendiri (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Dongkrak Mobil Terbaik untuk Penggunaan Sendiri (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Dongkrak Mobil Terbaik untuk Penggunaan Sendiri (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Dongkrak Mobil Terbaik untuk Penggunaan Sendiri (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Dongkrak Mobil Terbaik untuk Penggunaan Sendiri (Terbaru Tahun 2021)

Ketika ban mobil bocor di tengah-tengah perjalanan, Anda pasti panik tak keruan. Kecuali, Anda sudah menyiapkan dongkrak mobil di dalam bagasi yang bisa dipakai setiap saat. Hal ini membuktikan betapa vitalnya dongkrak mobil bagi para pemilik mobil.  


Dongkrak mobil sendiri tersedia dalam dua tipe yaitu dongkrak jembatan dan dongkrak buaya yang masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan. Untuk lebih lengkapnya, mari kita cek review produk dongkrak mobil dari Kenmaster, Tekiro, dan merek lainnya di sini. Semoga ada yang Anda cari!

  • Pembaharuan terakhir: 15 Januari 2021
  • 6.401 Views
Daftar isi

Cara memilih dongkrak mobil terbaik untuk penggunaan sendiri

Apakah Anda penasaran bagaimana cara memilih dongkrak mobil terbaik? Jadikan artikel ini sebagai panduan untuk memilih dongkrak mobil yang tak hanya berkualitas, tetapi juga mudah digunakan. 

Pelajari karakteristik setiap jenis dongkrak mobil

Dongkrak mobil memiliki beberapa tipe yang karakteristiknya berbeda-beda. Oleh karena itu, silakan memilih tipe yang sesuai dengan kondisi. Sebenarnya, masih ada tipe dongkrak mobil lainnya. Namun, kami akan membahas tipe dongkrak mobil yang paling cocok untuk penggunaan sendiri. 

Pilih dongkrak jembatan yang compact dan mudah disimpan

Pilih dongkrak jembatan yang compact dan mudah disimpan

Scissors jack atau dongkrak jembatan memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan tipe dongkrak mobil lainnya. Selain itu, tipe ini juga memiliki bentuk compact dan mudah disimpan. Jika Anda berencana untuk membawa dongkrak mobil saat bepergian, kami rekomendasikan tipe dongkrak jembatan. Dongkrak jembatan juga disebut dengan hydraulic pantograph jack karena menggunakan tekanan hidraulis dalam pengoperasiannya. 


Tipe ini dilengkapi tuas dan mekanisme pengangkatan beban dengan menggerakkannya ke atas dan bawah. Walaupun begitu, tipe dengan ukuran compact ini memiliki batas maksimal muatan yang rendah. Dengan demikian, tipe ini tidak bisa dipakai untuk kendaraan besar dan berat. 

Pilih dongkrak buaya yang besar dan tahan lama

Pilih dongkrak buaya yang besar dan tahan lama

Jika Anda mengincar stabilitas, pilihlah tipe floor jack atau dongkrak buaya. Dongkrak tipe ini memiliki batas maksimal muatan yang lebih tinggi daripada tipe dongkrak jembatan. Dengan kondisi ini, dongkrak buaya pun sanggup mengangkat kendaraan berukuran besar. Pada dasarnya, dongkrak ini dipakai di ruangan laiknya garage jack. Lalu, tipe ini bersifat hidraulis sehingga Anda dapat mudah mengangkat beban hanya dengan menggerakkan tuas ke atas dan bawah. 


Meskipun dongkrak buaya lebih berat dan besar dibandingkan tipe dongkrak jembatan, tipe ini mudah digeser karena dilengkapi roda. Sebagai tambahan informasi, dongkrak buaya juga dijual dalam ukuran yang lebih kecil dan bisa dimasukkan ke dalam mobil. Namun, sebanding dengan ukurannya yang mini, batas maksimal muatannya pun tidak setinggi dongkrak buaya pada umumnya. 

Perhatikan batas maksimal muatan dongkrak

Perhatikan batas maksimal muatan dongkrak

Andai kata mobil Anda memiliki berat 2 ton, silakan memilih dongkrak mobil dengan batas maksimal muatan sekitar 2,5 ton sampai 3 ton. Untuk bisa menemukan dongkrak yang tepat, Anda harus mengetahui berat mobil Anda. Biasanya, informasi berat mobil tercantum di sertifikat inspeksi mobil. Makanya, Anda harus mengeceknya sebelum membeli dongkrak mobil. 


Untuk lebih amannya, hindari membeli produk dengan harga yang terlalu murah. Meskipun batas muatan maksimal sudah tertulis, kenyataannya batas maksimal muatan lebih rendah daripada yang tertulis. Banyak kecelakaan fatal terjadi karena dongkrak gagal menahan berat mobil. Oleh karena itu, pastikan Anda membeli produk dari produsen tepercaya. 

Cek tinggi maksimum dongkrak

Cek tinggi maksimum dongkrak

Dongkrak mobil setidaknya harus memiliki tinggi sekitar 400 mm agar bisa dipakai untuk sebagian besar jenis mobil. Umumnya, tinggi dongkrak akan tercantum di kolom kinerja dongkrak. Usahakan untuk selalu mengeceknya sebelum melakukan pembelian. 


Mohon untuk diingat, jika tinggi dongkrak terlalu pendek, dongkrak tidak akan mampu untuk mengangkat ban. Dengan begitu, Anda pun tidak akan dapat bekerja. Satu lagi, tinggi minimal juga perlu diperhatikan. Seandainya Anda memiliki mobil ceper, mungkin dongkrak mobil dengan tinggi standar tidak dapat dimasukkan. 

Ingin dipasang di mobil? Cari yang ringan!

Ingin dipasang di mobil? Cari yang ringan!

Jika Anda berpikiran untuk memasang dongkrak di mobil seperti saat mengganti ban yang bocor, Anda harus memilih yang bobotnya ringan. Mengingat beban maksimal muatan sangatlah penting, pilihlah objek dengan bobot ringan saat berusaha menahan bebannya. Pada dasarnya, setiap mobil dilengkapi dengan dongkrak untuk keadaan darurat. Namun, hindari memakainya karena sering kali dongkrak bawaan tersebut kurang stabil dan bisa membuat Anda merasa was-was saat menggunakannya. 


Selain itu, sebagian besar dongkrak tersebut tidak hidraulis dan mengubah tingginya pun memakan waktu. Dengan demikian, kami sarankan untuk memakai dongkrak mobil dari pabrikan tepercaya. Kini, dongkrak buaya yang biasanya berukuran besar pun ada versi mininya dengan berat 12 kg. Gunakanlah tipe ini karena konon lebih aman dipakai pada saat mendesak. 

Pertimbangkan dongkrak dengan double piston yang mudah digunakan

Pertimbangkan dongkrak dengan double piston yang mudah digunakan

Tipe hidraulis dapat diubah ketinggiannya dengan menggerakkan tuas ke atas dan bawah. Kerennya lagi, apabila Anda memakai dongkrak dengan double piston, mengganti ketinggiannya pun menjadi lebih cepat. Anda dapat meningkatkan ketinggian dongkrak ke level tertinggi hanya dengan usaha minimal. Tipe ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin pekerjaan berjalan dengan lancar. 


Sebenarnya, double piston ini lebih sering digunakan oleh para profesional. Namun, dewasa ini produk dengan double piston bisa Anda dapatkan dengan merogoh kantong sekitar dua jutaan rupiah. Meskipun pilihannya sedikit karena belum banyak yang menjualnya, Anda dapat bekerja dengan nyaman saat memakai dongkrak tipe ini. 

Pilih produk dengan review yang bagus

Pilih produk dengan review yang bagus

Saat memilih dongkrak mobil, Anda dapat mempertimbangkan produk lokal dan impor yang terbukti memiliki performa jempolan. Jika tidak ingin salah pilih, silakan baca review produk sebanyak-banyaknya, lalu cari produk yang memiliki banyak review dan terpopuler. 


Jika Anda ragu dengan suatu produk, bisa saja produk tersebut aslinya memang memiliki batas maksimal muatan di bawah beban yang tertulis di kolom kinerja dongkrak. Produk tersebut tentu saja akan mudah rusak dan Anda harus segera membeli yang baru lagi. Makanya, pastikan untuk mengecek review produk sebelum membeli. 

10 Rekomendasi dongkrak mobil terbaik untuk penggunaan sendiri

Kami sudah menyusun rekomendasi dongkrak mobil tipe jembatan dan buaya yang dapat Anda pilih. Semua tipe ini diproduksi oleh pabrikan terpercaya sehingga Anda tidak perlu ragu lagi dengan kualitasnya. Setelah mengecek berat mobil, silakan untuk mencari dongkrak mobil yang sesuai dengan kondisi Anda di bawah ini. 

10

Kenmaster Dongkrak Jembatan 1 Ton KM 85 330mm - Merah

Rp 152.500,00

Ukuran 35 cm
Kapasitas maksimum1000 kg
Tinggi8,5 cm - 33 cm
Berat 25 kg
9
Ukuran 44 cm x 20 cm x 13,5 cm
Daya angkat maksimum2000 kg
Tinggi12,3 cm - 34,2 cm
Berat 10 kg
8

Kennedy1-Tonne Sccissor Jack

KEN5035920K

Rp 495.000,00

Ukuran 15 cm x 9 cm
Kapasitas maksimum1000 kg
Tinggi8,8 cm - 38,3 cm
Berat 2,8 kg
7
Ukuran Tidak diketahui
Kapasitas maksimum2000 kg
TinggiTidak diketahui
Berat 5,50 kg
6

Tokuniku Automatic Electric Car Jack - Dongkrak Mobil Elektrik

Rp 820.000,00

Ukuran Tidak diketahui
Kapasitas maksimum2000 kg
Tinggi12,7 cm - 35,56 cm
Berat 6 kg
5
Ukuran Tidak diketahui
Kapasitas maksimum2700 kg
Tinggi7,5 cm - 50 cm
Berat 38 kg
4
Ukuran Tidak diketahui
Kapasitas maksimum2000 kg
Tinggi10,5 cm - 38 cm
Berat 3 kg
3
Ukuran Tidak diketahui
Kapasitas maksimum2000 kg
Tinggi Tidak diketahui
BeratTidak diketahui
2

MollarElectric Jack Wrench

MLR-EJW300

Rp 1.260.000,00

Ukuran 38,5 cm x 15,5 cm x 14 cm
Kapasitas maksimum1000 kg - 3000 kg
Tinggi14 cm - 42 cm
Berat 4,5 kg
1

Krisbow Hydraulic Jack 3.5 TON

KW0500040

Rp 2.212.210,00

Ukuran 68,5 cm x 18 cm x 34,6 cm
Kapasitas maksimum3500 kg
Tinggi16 cm - 56 cm
Berat 39 kg

Tabel perbandingan produk dongkrak mobil terbaik untuk penggunaan sendiri

Gambar produk
1
Krisbow  Hydraulic Jack 3.5 TON 1

Krisbow

2
Mollar Electric Jack Wrench  1

Mollar

3
Bestguard Hydraulic Floor Jack  1

Bestguard

4
HASSTON Dongkrak Jembatan 2 Ton 1

HASSTON

5
American Tool  Low Profile Body Jack 1

American Tool

6
Tokuniku  Automatic Electric Car Jack - Dongkrak Mobil Elektrik 1

Tokuniku

7
Nankai  Dongkrak Buaya 2 Ton 1

Nankai

8
Kennedy 1-Tonne Sccissor Jack  1

Kennedy

9
Tekiro Dongkrak Buaya 02 Ton Rotary 1

Tekiro

10
Kenmaster  Dongkrak Jembatan 1 Ton KM 85 330mm - Merah 1

Kenmaster

Nama produk

Hydraulic Jack 3.5 TON

Electric Jack Wrench

Hydraulic Floor Jack

Dongkrak Jembatan 2 Ton

Low Profile Body Jack

Automatic Electric Car Jack - Dongkrak Mobil Elektrik

Dongkrak Buaya 2 Ton

1-Tonne Sccissor Jack

Dongkrak Buaya 02 Ton Rotary

Dongkrak Jembatan 1 Ton KM 85 330mm - Merah

Keunggulan

Kapasitas beban muatannya mencapai 3,5 ton!

Produk made in Germany dengan desain yang berkelas!

Solusi jitu untuk mobil ceper dengan ground clearance rendah

Harganya boleh ekonomis, tetapi kualitasnya tetap terjamin!

Si ramping dari American Tool untuk kolektor mobil sport

Bisa dioperasikan oleh semua kalangan

Kerja makin aman dengan tuas dongkrak yang panjang

Berukuran compact dan bobotnya ringan

Canggih abis! Handel bisa diputar 360 derajat!

Mengangkat mobil sedan hanya dengan memutar sekrup

HargaRp 2.212.210,00Rp 1.260.000,00Rp 288.000,00Rp 175.000,00Rp 2.366.000,00Rp 820.000,00Rp 279.000,00Rp 495.000,00Rp 637.200,00Rp 152.500,00
Ukuran 68,5 cm x 18 cm x 34,6 cm 38,5 cm x 15,5 cm x 14 cm Tidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahui15 cm x 9 cm 44 cm x 20 cm x 13,5 cm35 cm
Kapasitas maksimum3500 kg1000 kg - 3000 kg2000 kg 2000 kg2700 kg2000 kg2000 kg1000 kg2000 kg1000 kg
Tinggi16 cm - 56 cm14 cm - 42 cm Tidak diketahui 10,5 cm - 38 cm 7,5 cm - 50 cm12,7 cm - 35,56 cmTidak diketahui8,8 cm - 38,3 cm12,3 cm - 34,2 cm 8,5 cm - 33 cm
Berat 39 kg4,5 kgTidak diketahui3 kg38 kg6 kg5,50 kg2,8 kg10 kg25 kg
Tautan produk

Cegah kecelakan dengan memakai dongkrak berdiri (stand jack)

Cegah kecelakan dengan memakai dongkrak berdiri (stand jack)

Sebagian besar kecelakaan yang dilaporkan setiap tahunnya terjadi karena dongkrak selip dan membuatnya gagal menahan bodi mobil. Khususnya untuk Anda yang bekerja sendiri, pertimbangkan jack stand karena Anda tidak dapat segera meminta pertolongan apabila hal buruk terjadi. Jack stand dipakai berpasangan seperti gambar di atas dan mampu menopang bodi mobil saat terjadi hal yang tidak diinginkan. 


Jack stand dijual dengan harga terjangkau sekitar 200 ribu rupiah per set. Hanya dengan mengeluarkan sedikit uang, Anda dapat mencegah terjadinya kecelakaan. 

Baca juga rekomendasi produk kunci torsi lainnya di sini

Kunci torsi merupakan item penting yang harus dimiliki oleh para pemilik mobil. Dengan adanya kunci torsi, Anda dapat memasang ban dengan tepat dan mudah tanpa takut akan merusak mur atau baut. Anda pun bisa melanjutkan perjalanan dengan aman tanpa ada gangguan yang berarti. Tertarik untuk membeli? Ini dia pilihannya. 

Kesimpulan

Kami telah mengulas sepuluh rekomendasi dongkrak mobil tipe buaya dan jembatan. Kini, Anda bisa menemukan dongkrak berkualitas dan harga terjangkau dengan mudah. Satu lagi, Anda juga perlu memperhatikan faktor keselamatan untuk mewujudkan zero accident selama memakai dongkrak. Meski harus mengganti ban secara mendadak di jalan, Anda pun bisa bekerja bebas was-was. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Vapor atau rokok elektronik, merupakan sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk orang yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS. Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan sebagainya. Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan merekomendasikan jenis vapor yang sebaiknya Anda beli sekaligus cara memilihnya. Selamat membaca!
    Hand tools
    289.373 Views
  • 10 Rekomendasi Gas Torch Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gas Torch Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Gas torch adalah sejenis alat pemantik api yang biasa digunakan saat berkemah, memasak, dan mengelas besi. Dalam situasi outdoor, alat ini sangat berguna ketika Anda memerlukan api. Banyak sekali berbagai merek dan tipe gas torch di pasaran. Hal ini mungkin membuat Anda bingung memilih gas torch yang paling sesuai untuk keperluan Anda. Karena itu, kali ini kami akan membahas mengenai cara memilih gas torch yang paling pas dengan kebutuhan Anda. Lalu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk gas torch terbaik. Mari simak artikel berikut!
    Hand tools
    12.226 Views
  • 10 Rekomendasi Tool Kit Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tool Kit Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Perkakas, seperti obeng, tang, sampai palu, sangat lekat dengan kegiatan pertukangan. Namun sebenarnya, alat-alat tersebut juga bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Anda tak perlu repot-repot membeli peralatan tersebut secara satuan karena ada tool kit. Tool kit adalah set perkakas yang dikemas dalam boks.Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan informasi tentang cara memilih tool kit. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk tool kit terbaik untuk kebutuhan Anda. Berbagai brand tool kit terbaik, seperti Krisbow, Kenmaster, Bosch, sampai Tokiro ada dalam rekomendasi kami. Baca terus artikel ini, ya!
    Hand tools
    945 Views
  • 10 Rekomendasi Tang Potong Kabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tang Potong Kabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tang potong kabel merupakan alat yang dirancang untuk memudahkan Anda memotong kabel. Dengan alat ini, Anda akan mendapatkan potongan kabel yang rapi. Ada tiga tipe tang potong kabel yang diproduksi oleh berbagai manufaktur. Beberapa merek yang dikenal di antaranya adalah Krisbow, Tekiro, dan Nankai.Bagaimana cara memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda mendapatkan produk yang sesuai, simaklah poin-poin berikut ini. Setelah itu, simak juga rekomendasi produk tang potong kabel terbaik yang telah kami susun untuk Anda. Selamat membaca!
    Hand tools
    13.732 Views
  • 10 Rekomendasi Jangka Sorong Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Jangka Sorong Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jangka sorong adalah alat untuk mengukur ketebalan benda dan diameter lubang, dengan akurasi hingga 0,01 milimeter. Alat ini digunakan untuk survei lapangan, hobi merakit model, serta aktivitas DIY (do it yourself). Ada tiga jenis jangka sorong di pasaran, yaitu analog, digital, dan dial.Meskipun hanya ada tiga model jangka sorong, terkadang sulit memilih produk yang sesuai untuk Anda. Karena itu, kali ini kami akan mengulas poin yang harus diperhatikan saat memilih jangka sorong. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Mari simak artikel berikut!
    Hand tools
    4.462 Views
  • 10 Rekomendasi Alat untuk Mengukur Kecepatan Angin/Anemometer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Alat untuk Mengukur Kecepatan Angin/Anemometer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anemometer digunakan untuk mengukur angin. Mengingat belakangan makin banyak orang yang menggunakan drone atau memainkan helikopter radio kontrol, kebutuhan akan anemometer pun meningkat. Anemometer sendiri tersedia dalam beberapa tipe yang masing-masing memiliki keunggulan tersendiri.Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami akan menjelaskan cara memilihnya Kami juga akan memberikan rekomendasi anemometer terbaik keluaran Lutron, Extech, Benetech, dan sebagainya dalam artikel ini. Kenali kebutuhan Anda dan pilihlah produk yang paling tepat!
    Hand tools
    4.140 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori