1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Musik
  6. >
  7. 10 Cajon Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Cajon Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Cajon Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Cajon Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Cajon Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Cajon Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Cajon Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023)

Cajon merupakan instrumen perkusi yang biasa digunakan untuk mengiringi musik akustik. Banyak orang kagum dengan instrumen ini karena keunikan dan kepraktisannya. Ada banyak produk cajon dengan beragam material, ukuran, hingga harga. Karena itu, memilih cajon yang sesuai mungkin sulit bagi seorang pemula.


Sekarang, kami akan menjelaskan cara memilih cajon yang bagus dan tepat untuk pemula. Kami juga akan memberikan rekomendasi berbagai produk cajon, seperti merek Pearl, MEINL Percussion, Latin Percussion, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Jadi, simak sampai habis, ya!

Diperbaharui 10-27-2022
Pakar
Music educator dan music producer
Satriyo Arwanto

Satriyo adalah seorang pendidik sekaligus produser musik lulusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Terjun di dunia pendidikan musik formal selama lima tahun membuatnya yakin untuk mendirikan kursus musik. Kursus musik yang ia dirikan diberi nama Bless Music Wonosobo. Selain melahirkan calon-calon musisi, Satriyo juga menggarap jingle, mars, himne, dan aransemen. Akhir-akhir ini ia mulai fokus menggarap lagu-lagu anak.

Profil Satriyo Arwanto
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Mengenal instrumen cajon

Cajon mulai bermunculan di televisi dan sebagainya, tetapi banyak yang belum mengetahui apa itu cajon. Sebelum mengulas tentang cara memilih cajon, mari kenali instrumen perkusi ini lebih dalam terlebih dahulu.

Cajon, folk instrument yang berasal dari Peru!

Cajon, folk instrument yang berasal dari Peru!

Jika berbicara tentang folk instrument, pasti banyak orang yang membayangkan perkusi yang terlihat pada bagian kiri gambar. Padahal, cajon yang berbentuk kotak juga merupakan folk instrument yang berasal dari Peru.


Hingga pertengahan 1900-an, cajon menjadi alat musik yang dimainkan secara eksklusif di Amerika Latin. Kemudian, sekitar tahun 1970, seorang gitaris Spanyol yang menyukai suara cajon mulai memakainya untuk memainkan lagu-lagu barat. Saat ini, cajon menjadi salah satu instrumen dengan suara yang disukai orang-orang di berbagai penjuru dunia.

Menghasilkan suara yang bervariasi, dapat dimainkan tanpa listrik dan tempat luas

Menghasilkan suara yang bervariasi, dapat dimainkan tanpa listrik dan tempat luas

Seperti tampak pada gambar, pemain cajon duduk di atas cajon dan memainkan cajon dengan cara memukulnya. Dengan begitu, cajon tidak membutuhkan ruang yang luas seperti drum set. Cajon juga tidak membutuhkan daya listrik sehingga praktis digunakan bila Anda hendak melakukan pertunjukan di jalanan.


Instrumen cajon dapat mengeluarkan bunyi yang bervariasi. Jika Anda memukul bagian tengahnya, Anda akan mendapatkan suara rendah seperti bass drum. Kemudian, saat Anda memukul bagian pinggirnya, akan keluar suara tinggi seperti snare disertai hi-hat cymbal.


Cajon merupakan instrumen padat yang dapat dimainkan dengan tempo yang beragam sehingga dikenal sebagai instrumen yang atraktif. Maka dari itu, cajon dapat dimainkan oleh pemain dari beragam genre musik.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih cajon untuk pemula

Selanjutnya, kami akan menjelaskan bagaimana memilih cajon yang mudah dimainkan untuk pemula berdasarkan beberapa poin. Jangan lupa mengecek setiap poin dengan saksama sehingga Anda dapat menemukan cajon yang nyaman untuk dimainkan, ya!

① Utamakan memilih cajon yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil

Utamakan memilih cajon yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil

Ada beragam ukuran cajon, mulai dari ukuran kecil yang dapat diapit paha hingga berukuran paling besar yang disebut base cajon. Jika Anda seorang pemula, sebaiknya memilih cajon berukuran standar. Untuk ukurannya sendiri, kami merekomendasikan cajon dengan tinggi sekitar 45–50 cm, lebar 30 cm, dan panjang 30 cm.


Cajon yang berukuran kecil terlihat mudah dimainkan. Namun, cajon berukuran kecil memiliki permukaan kecil pula sehingga sebenarnya malah akan menyulitkan pemula. Permukaan cajon yang kecil juga akan menghasilkan suara tinggi sehingga kurang mampu menghasilkan jenis suara yang beragam. Padahal, variasi suara merupakan ciri khas dari cajon.


Di sisi lain, cajon berukuran besar membutuhkan ketangkasan untuk memainkannya dengan benar. Jadi, Anda mungkin memerlukan waktu untuk dapat membiasakan diri. Karena itu, sebaiknya Anda memainkan cajon berukuran standar. Selain mudah dimainkan oleh pemula, Anda juga dapat menikmati variasi bunyi cajon dengan cepat.

② Pilihlah jenis snappy cajon yang memiliki banyak variasi suara

Pilihlah jenis snappy cajon yang memiliki banyak variasi suara

Ada dua jenis cajon, yaitu wire cajon dan snappy cajon. Wire cajon menggunakan senar gitar di dalamnya, sedangkan snappy cajon yang menggunakan pegas logam seperti snare drum. Tiap-tiap cajon memiliki jenis suara yang berbeda.


Untuk pemula, kami merekomendasikan snappy cajon karena dapat memberikan beragam jenis suara yang menyerupai drum set. Selain itu, dibandingkan dengan wire cajon, jenis snappy lebih mudah dirawat dan dimainkan oleh pemula.


Di sisi lain, wire cajon cocok memainkan lagu-lagu bergenre flamenco, musik ala Spanyol. Jika Anda sudah tangkas memainkan snappy cajon, Anda mungkin ingin mencoba jenis suara dari wire cajon.

③ Pertimbangkan cajon elektrik jika ingin suara lebih besar

Pertimbangkan cajon elektrik jika ingin suara lebih besar

Cajon biasanya dimainkan di dalam area yang lebih kecil karena suara yang dihasilkannya juga tidak terlalu besar. Hal itu akan membatasi penggunaan cajon bagi sebagian orang. Namun, lahirnya cajon elektrik menjadikan hal tersebut tidak menjadi persoalan lagi. Cajon elektrik memungkinkan musisi untuk memainkan cajon dalam suara yang lebih jelas dan besar.


Meski namanya electric cajon, Anda tetap bisa memainkannya secara akustik. Di samping itu, ada produk cajon elektrik yang diberi tambahan fitur suara, misalnya terdapat suara tamborin, shaker, atau lainnya. Anda jadi bisa lebih berkreasi dengan suara yang dihasilkan!

④ Ketahui material cajon berdasarkan suara dan penampilannya

Ketika memilih cajon, cara terbaik untuk menemukan cajon dengan material yang tepat adalah dengan memainkannya. Namun, Anda tidak dapat melakukan hal tersebut jika Anda membeli secara online. Pada bagian ini, kami akan memperkenalkan jenis material, penampilan permukaan, dan suara dari cajon.

Beech: Menghasilkan suara riang dengan suara bass dan treble yang seimbang

Beech: Menghasilkan suara riang dengan suara bass dan treble yang seimbang

Nama beech mungkin tidak terlalu dikenal di kalangan banyak orang. Kayu beech memiliki kualitas yang bagus dan tahan lama dengan warna cerah yang natural. Di sisi lain, kayu ini mampu menghasilkan suara rendah hingga tinggi yang stabil. Jika Anda bingung memilih cajon, pilih produk berbahan beech karena bisa dipakai untuk memainkan beragam jenis lagu.


Namun, jangan memainkan cajon jenis ini dekat pemanas atau perapian karena panas dapat membuat kayu ini melengkung. Anda juga harus menghindari tempat lembap saat menyimpannya karena jenis kayu ini rentan terkena rayap.

Ebony: Menghasilkan suara yang solid dengan tekstur kayu hitam elegan

Ebony merupakan jenis kayu yang dicirikan dengan warna hitam yang indah dan elegan. Bila Anda menginginkan cajon dengan tampilan anti-mainstream, sebaiknya memilih cajon dari kayu ini. Jenis kayu ini dikenal berkualitas tinggi sehingga sering digunakan sebagai material furniture dan beragam alat musik. Salah satu contohnya adalah tuts hitam pada piano. Berikut ciri khas lainnya.


  • Nada yang keluar terdengar besar dan rendah dengan volume nyaring yang tegas.
  • Cajon dengan bahan ini tidak cocok dimainkan di ruang kecil karena suaranya yang keras. 
  • Warna hitam dari kayu ebony adalah warna khas yang tidak dimiliki oleh kayu jenis lain.

Birch: Berwarna putih dan tahan lama, memiliki suara bass seperti pada bass drum

Banyak orang mengenal kayu birch karena warna putihnya yang khas. Permukaan kayunya memiliki warna putih yang sedikit tidak rata. Anda dapat memainkan cajon dengan percaya diri karena permukaannya yang padat dan tahan lama dengan sedikit lengkungan. Warna putih pada kayu ini tidak berubah meskipun Anda sering memainkannya. 


Suara yang dihasilkan dari cajon jenis ini lebih cenderung ke bass dengan bunyi yang tebal. Jika Anda menginginkan cajon dengan suara sekeras dan setebal mungkin, cajon ini menjadi pilihan yang baik.

Maple: Menghasilkan suara lembut dengan warna permukaan yang berubah seiring berjalannya waktu

Maple: Menghasilkan suara lembut dengan warna permukaan yang berubah seiring berjalannya waktu

Maple adalah pohon dari daun maple yang akrab dengan musim gugur. Kayu ini biasa digunakan sebagai bahan pembuat gitar dan stick drum. Ini dia karakteristik kayu maple yang bisa Anda jadikan acuan.


  • Kayu maple dicirikan dengan tekstur yang kompleks dan memiliki pola yang indah.
  • Selain kuat terhadap goncangan dan gesekan, bobotnya pun lebih ringan. Alhasil, cajon dari kayu ini mudah dibawa ke mana-mana.
  • Warna kayunya pun berubah seiring berjalannya waktu. Pada awalnya kayu maple berwarna terang seperti susu, kemudian akan berubah seperti warna permen. 
  • Mengenai warna nadanya sendiri, volume cajon dari kayu maple sulit untuk keluar, bahkan suaranya cenderung lembut. Karena suaranya tidak keras, cajon ini direkomendasikan untuk Anda yang suka berlatih dan bermain di dalam ruangan.

Mahoni: Berkarakter cokelat kemerahan indah dan suara bass yang dalam

Mahoni: Berkarakter cokelat kemerahan indah dan suara bass yang dalam

Mahogany atau kayu mahoni adalah salah satu dari tiga kayu terbaik di dunia. Sayangnya, penggunaan kayu mahoni telah menurun dalam beberapa tahun terakhir karena nilainya yang tinggi. Berikut beberapa ciri khas bahan ini.


  • Karakter kayunya identik dengan warna cokelat kemerahan dan telah dikenal lama sebagai kayu berkualitas tinggi. Warna coklat kemerahan pada kayu mahoni ini akan makin gelap bila Anda sering memainkannya. Sifat unik kayu ini akan meningkat seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, perubahan warna kayu menunjukkan tingkat keakraban dengan penggunanya.

  • Dengan cajon dari mahoni, Anda bisa menikmati suara yang hangat dan dalam. Hal ini karena suara bass-nya yang terdengar kuat dan volumenya keras. Kayu mahoni cocok ketika Anda hendak membuat suara beresonansi jauh saat live performance atau pertunjukan di jalanan.

Ash: Memiliki motif eksotis dengan suara yang jernih

Ash: Memiliki motif eksotis dengan suara yang jernih

Kayu ash memiliki tekstur permukaan dan pola yang bening. Permukaan kayu jenis ini lebih mudah diingat dibandingkan jenis kayu lainnya. Kayu ini juga memberikan kesan eksotis bagi siapa pun yang melihatnya. Ciri-ciri lain ini umum Anda temukan pada kayu ash.


  • Kayu ini dikenal solid dan tahan lama sehingga sering menjadi material pemukul baseball.
  • Karena tingkat kepadatannya yang tinggi, cajon yang terbuat dari jenis kayu ini memiliki bobot lebih berat.
  • Merupakan jenis kayu keras sehingga suara yang keluar saat dipukul pun terdengar jelas. Suara bass dan treble-nya juga sangat kuat sehingga Anda dapat bermain dengan nyaman.

10 Rekomendasi cajon terbaik untuk pemula

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cajon terbaik untuk pemula yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Satriyo Arwanto.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Cowboy

Cajon Mini

Cowboy Cajon Mini 1枚目

Ukuran mini dan sangat ringkas, cocok untuk travel

2

JazziePro

Cajon Akustik Custom

JazziePro Cajon Akustik Custom 1枚目

Warna dan desainnya bisa di-custom sesuka Anda!

3

Mandalika

Cajon Akustik

Mandalika Cajon Akustik 1枚目

Tidak mudah baret berkat finishing kulit sintetis

4

Pearl

Cajon Trapesium Akustik Elektrik

Pearl Cajon Trapesium Akustik Elektrik 1枚目

Bentuk trapesium yang unik, siap jadi pusat perhatian di pertunjukan musik

5

JazziePro

Cajon Akustik Electric

JazziePro Cajon Akustik Electric 1枚目

6

Pearl

Jingle Cajon

Pearl  Jingle Cajon 1枚目

Mainkan variasi empat jenis suara dengan cajon ini

7

Meinl Percussion

Jam Series Cajon

Meinl Percussion Jam Series Cajon 1枚目

Ringan dan bass-nya clear untuk pertunjukan akustik Anda

8

Kyre

Cajon Ebony

Kyre  Cajon Ebony 1枚目

Suara bass dan snare yang seimbang untuk memainkan beragam genre

9

Koning Percussion

Beatrix

Koning Percussion Beatrix  1枚目

Sentuhan tradisional dan modern dengan permukaan yang autentik

10

Latin Percussion

LP BONGO CAJON

Latin Percussion LP BONGO CAJON 1枚目

Cajon ala Bongo dengan dua nada rendah dan dua nada tinggi

Perincian produk
Close
No.1

Ukuran mini dan sangat ringkas, cocok untuk travel

Kelebihan:

  • Ukuran sangat ringkas dan portabel, bisa dibawa tanpa membebani tas

Kekurangan:

  • Lebih cocok untuk penggunaan di rumah, bukan untuk pertunjukan

Cajon pada dasarnya memang digunakan untuk alat musik jalanan. Oleh karena itu, wajar saja banyak orang yang ingin membawa cajon saat sedang traveling bersama teman-teman. Nah, agar Anda tidak terbebani dan memakan terlalu banyak space di dalam tas, pilih saja cajon mini ini. Ukurannya yang mini hanya membutuhkan sedikit area di dalam tas Anda. Tetap bisa having fun di perjalanan, deh!

No.2

JazzieProCajon Akustik Custom

Mulai dari Rp388.669,00

Warna dan desainnya bisa di-custom sesuka Anda!

Kelebihan:

  • Desain bisa custom sesuka hati

Kekurangan:

  • Bagi sebagian orang material plywood mungkin terasa kurang kokoh

Jika ingin mencari cajon yang berbeda dari cajon lainnya, pertimbangkanlah cajon yang bisa di-custom seperti produk satu ini. Anda bebas memilih warna dan gambar cajon, jadi terasa eksklusif milik Anda sendiri! Di samping itu, Anda juga bisa menghadiahkan cajon ini untuk teman musisi Anda. Sesuaikan saja warna dan gambar yang cocok dengan kepribadian rekan Anda tersebut.

No.3

MandalikaCajon Akustik

Mulai dari Rp480.000,00

Tidak mudah baret berkat finishing kulit sintetis

Kelebihan:

  • Reviewer mengatakan suaranya bagus dan memuaskan

Kekurangan:

  • Ada review mengatakan bautnya terlalu menonjol sehingga harus lebih berhati-hati saat memainkannya

Untuk Anda yang mencari cajon tidak mudah baret, agaknya produk ini tepat untuk Anda miliki. Finishing dari produk ini menggunakan bahan kulit sintetis sehingga menjaga bodi cajon Anda tetap awet dan minim baret. Selain itu, penggunaan kaki berbahan karet menjadikan produk ini terasa stabil saat diduduki.

No.4

PearlCajon Trapesium Akustik Elektrik

Mulai dari Rp590.000,00

Bentuk trapesium yang unik, siap jadi pusat perhatian di pertunjukan musik

Kelebihan:

  • Tuning snappy bisa diatur sesuai keinginan
  • Desain unik, cocok untuk pertunjukan seni

Kekurangan:

  • Ukurannya cukup besar, kurang cocok dibawa bepergian

Cajon berbentuk trapesium tergolong jarang ditemukan. Karena desainnya yang unik, produk ini pas untuk digunakan saat pertunjukan musik. Selain itu, sisi miringnya akan memudahkan Anda untuk memukul dan menghasilkan suara. Untuk suara lebih menggelegar, jadikan cajon ini ke versi elektrik. Dengan begitu, suara cajon-nya akan terdengar jelas meski di venue berukuran besar.

No.5

JazzieProCajon Akustik ElectricTCEM-23

Mulai dari Rp162.733,00

Kelebihan:

  • Suara yang dihasilkan tegas dan bright, suasana jadi makin hidup

Kekurangan:

  • Karakter bass middle membuatnya kurang cocok untuk lagu ballad


Finishing clear semi-gloss membuat cajon ini tampak elegan saat Anda gunakan. Selain itu, cajon electric ini juga sepaket dengan kabel sepanjang tiga meter, makin hemat dana! Memiliki karakter high treble, produk ini mampu menonjolkan kesan bright saat dimainkan. Wajib dipertimbangkan jika Anda lebih dominan memainkan lagu-lagu ceria.

No.6

Pearl Jingle CajonPCJ-629

Mulai dari Rp3.598.000,00

Mainkan variasi empat jenis suara dengan cajon ini

Kelebihan:

  • Dapat menghasilkan suara jingle ala Brazil

Kekurangan:

  • Harganya tergolong pricey untuk pemula

Untuk Anda suka dengan jenis suara yang bervariasi, kami merekomendasikan produk ini ini. Anda dapat membuat suara jingle ala Brazil dengan memutar platinela yang ada di depan. Jenis suara lainnya adalah musik ala rebana yang bisa terdengar bila Anda memutar bagian lainnya. 


Fitur lain yang terdapat pada cajon ini adalah bodinya yang terbuat dari perpaduan fiberglass dan hardwood. Bahan-bahan tersebut dikenal kuat dan tahan lama. Selain itu, di dalamnya terdapat sistem snare yang responsif sehingga cajon ini memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi.

No.7

Meinl PercussionJam Series CajonJC50AB

Mulai dari Rp1.179.000,00

Ringan dan bass-nya clear untuk pertunjukan akustik Anda

Kelebihan:

  • Dual snare-nya jelas dan crisp, makin asyik didengar

Kekurangan:

  • Steel snare bersifat fixed, tidak bisa Anda ubah

Produk yang satu ini direkomendasikan untuk Anda yang gemar melakukan pertunjukan akustik. Dibuat menggunakan kayu almond birch, cajon ini mempunyai suara bass yang bagus saat dipukul dekat bagian tengahnya. Bobotnya juga ringan sehingga mudah dibawa.


Tidak hanya itu, saat Anda memukul pada bagian atas cajon, suara dual snare-nya dapat terdengar dengan jelas. Perpaduan suara tersebut menghasilkan irama yang sempurna saat Anda mengiringi pertunjukan musik akustik dengan menggunakan cajon ini.

No.8

Suara bass dan snare yang seimbang untuk memainkan beragam genre

Kelebihan:

  • Versatile karena komposisi bass dan snare-nya balance

Kekurangan:

  • Ebony rentan akan rayap dan air

Bila Anda ingin berlatih dan memainkan beragam genre dengan banyak jenis lagu, kami merekomendasikan produk ini. Kyre Cajon Ebony ini memiliki suara bass dan high yang seimbang, membuatnya cocok untuk semua jenis musik. Selain itu, cajon ini dapat memberikan efek suara echo dengan respon sensitif pada piringan bagian depannya.

No.9

Koning PercussionBeatrix 202

Mulai dari Rp1.250.000,00

Sentuhan tradisional dan modern dengan permukaan yang autentik

Kelebihan:

  • Ada snare strainer, mempermudah Anda menemukan suara yang diinginkan

Kekurangan:

  • Kayu ebony rentan penyok jika terbentur keras

Anda mencari cajon dengan tampilan desain perpaduan modern dan tradisional? Produk ini tepat untuk Anda. Beatrix 202 ini terbuat dari kayu ebony asal Makassar yang khas. Detail permukaannya terlihat sangat autentik. Dilengkapi dengan snare strainer, Anda pun dapat menyesuaikan senar di dalamnya untuk menghasilkan suara yang diinginkan.

No.10

Latin PercussionLP BONGO CAJONLP1429

Mulai dari Rp500.000,00

Cajon ala Bongo dengan dua nada rendah dan dua nada tinggi

Kelebihan:

  • Bisa dimainkan selayaknya cajon atau bongo

Kekurangan:

  • Jika dijepit terlalu lama bisa membuat kaki cepat lelah

Bila cajon dimainkan dengan cara diduduki dan dipukul, bongo cajon ini sedikit berbeda. Cajon ini dimainkan dengan cara dijepit menggunakan paha seperti alat musik bongo. Maka dari itu, Anda tidak hanya bisa memainkan cajon, tetapi juga bongo.


Selain itu, cajon ini memiliki dua nada tinggi dan dua nada rendah. Dengan begitu, Anda bisa memainkan cajon seperti bongo atau cajon dua suara. Partner terbaik untuk Anda yang suka melakukan improvisasi nada dan teknik memukul.

Baca juga rekomendasi peralatan musik lainnya di sini

Selain cajon, kami juga telah mengulas beberapa peralatan musik lainnya seperti gitar, bass, piano digital, dan lainnya. Bila Anda membutuhkan artikel ulasannya, silakan membaca link di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah mengulas rekomendasi cajon terbaik untuk Anda yang ingin berlatih memainkan cajon. Bila Anda tipe orang yang simpel dan menyukai instrumen akustik, cajon menjadi pilihan alat musik yang tepat. Untuk seorang pemula, memainkan cajon tidak sesulit instrumen lainnya.


Mencari dan memilih alat musik yang sesuai memang tidak mudah karena ada beragam pertimbangan yang harus dipikirkan. Semoga ulasan ini bisa membantu dan Anda menemukan cajon yang nyaman dimainkan. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer