• 10 Cajon Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Cajon Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Cajon Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Cajon Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Cajon Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Cajon Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)

Cajon merupakan instrumen perkusi yang biasa digunakan untuk mengiringi musik akustik. Banyak orang kagum dengan instrumen ini karena keunikan dan kepraktisannya. Ada banyak produk cajon dengan beragam material, ukuran, hingga harga. Karena itu, memilih cajon yang sesuai mungkin sulit bagi seorang pemula.


Sekarang, kami akan menjelaskan cara memilih cajon yang bagus dan tepat untuk pemula. Kami juga akan memberikan rekomendasi berbagai produk cajon, seperti merek Pearl, MEINL Percussion, Latin Percussion, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Jadi, simak sampai habis, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Satriyo Arwanto
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 01 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Pendidik dan produser musik, Satriyo Arwanto

Profil pakar: Pendidik dan produser musik, Satriyo Arwanto
Satriyo Arwanto
Music educator dan music producer
Satriyo Arwanto

Satriyo adalah seorang pendidik sekaligus produser musik lulusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Terjun di dunia pendidikan musik formal selama lima tahun membuatnya yakin untuk mendirikan kursus musik.


Kursus musik yang ia dirikan diberi nama Bless Music Wonosobo. Selain melahirkan calon-calon musisi, Satriyo juga menggarap jingle, mars, himne, dan aransemen. Akhir-akhir ini ia mulai fokus menggarap lagu-lagu anak.

Mengenal instrumen cajon

Cajon mulai bermunculan di televisi dan sebagainya, tetapi banyak yang belum mengetahui apa itu cajon. Sebelum mengulas tentang cara memilih cajon, mari kenali instrumen perkusi ini lebih dalam terlebih dahulu.

Cajon, folk instrument yang berasal dari Peru!

Cajon, folk instrument yang berasal dari Peru!

Jika berbicara tentang folk instrument, pasti banyak orang yang membayangkan perkusi yang terlihat pada bagian kiri gambar. Padahal, cajon yang berbentuk kotak juga merupakan folk instrument yang berasal dari Peru.


Hingga pertengahan 1900-an, cajon menjadi alat musik yang dimainkan secara eksklusif di Amerika Latin. Kemudian, sekitar tahun 1970, seorang gitaris Spanyol yang menyukai suara cajon mulai memakainya untuk memainkan lagu-lagu barat. Saat ini, cajon menjadi salah satu instrumen dengan suara yang disukai orang-orang di berbagai penjuru dunia.

Menghasilkan suara yang bervariasi, dapat dimainkan tanpa listrik dan tempat luas

Menghasilkan suara yang bervariasi, dapat dimainkan tanpa listrik dan tempat luas

Seperti tampak pada gambar, pemain cajon duduk di atas cajon dan memainkan cajon dengan cara memukulnya. Dengan begitu, cajon tidak membutuhkan ruang yang luas seperti drum set. Cajon juga tidak membutuhkan daya listrik sehingga praktis digunakan bila Anda hendak melakukan pertunjukan di jalanan.


Instrumen cajon dapat mengeluarkan bunyi yang bervariasi. Jika Anda memukul bagian tengahnya, Anda akan mendapatkan suara rendah seperti bass drum. Kemudian, saat Anda memukul bagian pinggirnya, akan keluar suara tinggi seperti snare disertai hi-hat cymbal.


Cajon merupakan instrumen padat yang dapat dimainkan dengan tempo yang beragam sehingga dikenal sebagai instrumen yang atraktif. Maka dari itu, cajon dapat dimainkan oleh pemain dari beragam genre musik.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih cajon untuk pemula

Selanjutnya, kami akan menjelaskan bagaimana memilih cajon yang mudah dimainkan untuk pemula berdasarkan beberapa poin. Jangan lupa mengecek setiap poin dengan saksama sehingga Anda dapat menemukan cajon yang nyaman untuk dimainkan, ya!

Utamakan memilih cajon yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil

Utamakan memilih cajon yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil

Ada beragam ukuran cajon, mulai dari ukuran kecil yang dapat diapit paha hingga berukuran paling besar yang disebut base cajon. Jika Anda seorang pemula, sebaiknya memilih cajon berukuran standar. Untuk ukurannya sendiri, kami merekomendasikan cajon dengan tinggi sekitar 45–50 cm, lebar 30 cm, dan panjang 30 cm.


Cajon yang berukuran kecil terlihat mudah dimainkan. Namun, cajon berukuran kecil memiliki permukaan kecil pula sehingga sebenarnya malah akan menyulitkan pemula. Permukaan cajon yang kecil juga akan menghasilkan suara tinggi sehingga kurang mampu menghasilkan jenis suara yang beragam. Padahal, variasi suara merupakan ciri khas dari cajon.


Di sisi lain, cajon berukuran besar membutuhkan ketangkasan untuk memainkannya dengan benar. Jadi, Anda mungkin memerlukan waktu untuk dapat membiasakan diri. Karena itu, sebaiknya Anda memainkan cajon berukuran standar. Selain mudah dimainkan oleh pemula, Anda juga dapat menikmati variasi bunyi cajon dengan cepat.

Pilihlah jenis snappy cajon yang memiliki banyak variasi suara

Pilihlah jenis snappy cajon yang memiliki banyak variasi suara

Ada dua jenis cajon, yaitu wire cajon dan snappy cajon. Wire cajon menggunakan senar gitar di dalamnya, sedangkan snappy cajon yang menggunakan pegas logam seperti snare drum. Masing-masing cajon memiliki jenis suara yang berbeda.


Untuk pemula, kami merekomendasikan snappy cajon karena dapat memberikan beragam jenis suara yang menyerupai drum set. Selain itu, dibandingkan dengan wire cajon, jenis snappy lebih mudah dirawat dan dimainkan oleh pemula.


Di sisi lain, wire cajon cocok memainkan lagu-lagu bergenre flamenco, musik ala Spanyol. Jika Anda sudah tangkas memainkan snappy cajon, Anda mungkin ingin mencoba jenis suara dari wire cajon.

Pertimbangkan cajon elektrik jika ingin suara lebih besar

Pertimbangkan cajon elektrik jika ingin suara lebih besar

Cajon biasanya dimainkan di dalam area yang lebih kecil karena suara yang dihasilkannya juga tidak terlalu besar. Hal itu akan membatasi penggunaan cajon bagi sebagian orang. Namun, lahirnya cajon elektrik menjadikan hal tersebut tidak menjadi persoalan lagi. Cajon elektrik memungkinkan musisi untuk memainkan cajon dalam suara yang lebih jelas dan besar.


Meski namanya electric cajon, Anda tetap bisa memainkannya secara akustik. Di samping itu, ada produk cajon elektrik yang diberi tambahan fitur suara, misalnya terdapat suara tamborin, shaker, atau lainnya. Anda jadi bisa lebih berkreasi dengan suara yang dihasilkan!

Ketahui material cajon berdasarkan suara dan penampilannya

Ketika memilih cajon, cara terbaik untuk menemukan cajon dengan material yang tepat adalah dengan memainkannya. Namun, Anda tidak dapat melakukan hal tersebut jika Anda membeli secara online. Pada bagian ini, kami akan memperkenalkan jenis material, penampilan permukaan, dan suara dari cajon.

Beech: Menghasilkan suara riang dengan suara bass dan treble yang seimbang

Beech: Menghasilkan suara riang dengan suara bass dan treble yang seimbang

Nama beech mungkin tidak terlalu dikenal di kalangan banyak orang. Kayu beech memiliki kualitas yang bagus dan tahan lama dengan warna cerah yang natural. Di sisi lain, kayu ini mampu menghasilkan suara rendah hingga tinggi yang stabil. Jika Anda bingung memilih cajon, pilih produk berbahan beech karena bisa dipakai untuk memainkan beragam jenis lagu.


Namun, jangan memainkan cajon jenis ini dekat pemanas atau perapian karena panas dapat membuat kayu ini melengkung. Anda juga harus menghindari tempat lembap saat menyimpannya karena jenis kayu ini rentan terkena rayap.

Ebony: Menghasilkan suara yang solid dengan tekstur kayu hitam elegan

Ebony merupakan jenis kayu yang dicirikan dengan warna hitam yang indah dan elegan. Bila Anda menginginkan cajon dengan tampilan anti-mainstream, sebaiknya memilih cajon dari kayu ini. Jenis kayu ini dikenal berkualitas tinggi sehingga sering digunakan sebagai material furniture dan beragam alat musik. Salah satu contohnya adalah tuts hitam pada piano. Berikut ciri khas lainnya.


  • Nada yang keluar terdengar besar dan rendah dengan volume nyaring yang tegas.
  • Cajon dengan bahan ini tidak cocok dimainkan di ruang kecil karena suaranya yang keras. 
  • Warna hitam dari kayu ebony adalah warna khas yang tidak dimiliki oleh kayu jenis lain.

Birch: Berwarna putih dan tahan lama, memiliki suara bass seperti pada bass drum

Banyak orang mengenal kayu birch karena warna putihnya yang khas. Permukaan kayunya memiliki warna putih yang sedikit tidak rata. Anda dapat memainkan cajon dengan percaya diri karena permukaannya yang padat dan tahan lama dengan sedikit lengkungan. Warna putih pada kayu ini tidak berubah meskipun Anda sering memainkannya. 


Suara yang dihasilkan dari cajon jenis ini lebih cenderung ke bass dengan bunyi yang tebal. Jika Anda menginginkan cajon dengan suara sekeras dan setebal mungkin, cajon ini menjadi pilihan yang baik.

Maple: Menghasilkan suara lembut dengan warna permukaan yang berubah seiring berjalannya waktu

Maple: Menghasilkan suara lembut dengan warna permukaan yang berubah seiring berjalannya waktu

Maple adalah pohon dari daun maple yang akrab dengan musim gugur. Kayu ini biasa digunakan sebagai bahan pembuat gitar dan stick drum. Ini dia karakteristik kayu maple yang bisa Anda jadikan acuan.


  • Kayu maple dicirikan dengan tekstur yang kompleks dan memiliki pola yang indah.
  • Selain kuat terhadap goncangan dan gesekan, bobotnya pun lebih ringan. Alhasil, cajon dari kayu ini mudah dibawa ke mana-mana.
  • Warna kayunya pun berubah seiring berjalannya waktu. Pada awalnya kayu maple berwarna terang seperti susu, kemudian akan berubah seperti warna permen. 
  • Mengenai warna nadanya sendiri, volume cajon dari kayu maple sulit untuk keluar, bahkan suaranya cenderung lembut. Karena suaranya tidak keras, cajon ini direkomendasikan untuk Anda yang suka berlatih dan bermain di dalam ruangan.

Mahoni: Berkarakter cokelat kemerahan indah dan suara bass yang dalam

Mahoni: Berkarakter cokelat kemerahan indah dan suara bass yang dalam

Mahogany atau kayu mahoni adalah salah satu dari tiga kayu terbaik di dunia. Sayangnya, penggunaan kayu mahoni telah menurun dalam beberapa tahun terakhir karena nilainya yang tinggi. Berikut beberapa ciri khas bahan ini.


  • Karakter kayunya identik dengan warna cokelat kemerahan dan telah dikenal lama sebagai kayu berkualitas tinggi. Warna coklat kemerahan pada kayu mahoni ini akan makin gelap bila Anda sering memainkannya. Sifat unik kayu ini akan meningkat seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, perubahan warna kayu menunjukkan tingkat keakraban dengan penggunanya.

  • Dengan cajon dari mahoni, Anda bisa menikmati suara yang hangat dan dalam. Hal ini karena suara bass-nya yang terdengar kuat dan volumenya keras. Kayu mahoni cocok ketika Anda hendak membuat suara beresonansi jauh saat live performance atau pertunjukan di jalanan.

Ash: Memiliki motif eksotis dengan suara yang jernih

Ash: Memiliki motif eksotis dengan suara yang jernih

Kayu ash memiliki tekstur permukaan dan pola yang bening. Permukaan kayu jenis ini lebih mudah diingat dibandingkan jenis kayu lainnya. Kayu ini juga memberikan kesan eksotis bagi siapa pun yang melihatnya. Ciri-ciri lain ini umum Anda temukan pada kayu ash.


  • Kayu ini dikenal solid dan tahan lama sehingga sering menjadi material pemukul baseball.
  • Karena tingkat kepadatannya yang tinggi, cajon yang terbuat dari jenis kayu ini memiliki bobot lebih berat.
  • Merupakan jenis kayu keras sehingga suara yang keluar saat dipukul pun terdengar jelas. Suara bass dan treble-nya juga sangat kuat sehingga Anda dapat bermain dengan nyaman.

10 Rekomendasi cajon terbaik untuk pemula

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cajon terbaik untuk pemula yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 31 Juli 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Cowboy Cajon Mini memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Pearl Jingle Cajon PCJ-629 yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 6 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.


Disclaimer: Delapan produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Satriyo Arwanto.

10
Dimensi39 cm x 20 cm x 18 cm
Jenis cajonTidak disebutkan
Material kayuTidak disebutkan
9

Koning PercussionBeatrix

202

Mulai dari Rp 1.250.000,00

Dimensi30 cm x 30 cm x 50 cm
Jenis cajonSnappy snare cajon
Material kayuEbony Makassar
8
Dimensi35 cm x 45 cm x 52 cm
Jenis cajonTidak disebutkan
Material kayuEbony
7

Meinl PercussionJam Series Cajon

JC50AB

Mulai dari Rp 1.179.000,00

Dimensi26,67 cm x 26 cm x 38,1 cm
Jenis cajonSnare wires cajon
Material kayuAlmond birch
6
Dimensi47,6 cm x 31,8 cm x 31,8 cm
Jenis cajonTidak disebutkan
Material kayuFiberglass dan hardwood
5
Dimensi30 cm x 20 cm x 5 cm
Jenis cajonWires snare cajon (elektrik)
Material kayuMahoni
4

PearlCajon Trapesium Akustik Elektrik

Mulai dari Rp 590.000,00

Dimensi45 cm x 40 cm x 35 cm
Jenis cajonSnappy snare cajon
Material kayuMahoni
3
Dimensi30 cm x 30 cm x 52 cm
Jenis cajonSnappy snare cajon
Material kayuMahoni
2
Dimensi 30 cm x 30 cm x 48 cm
Jenis cajonSnappy snare cajon
Material kayuPlywood
1
DimensiTidak disebutkan
Jenis cajonSnapy snare cajon
Material kayuTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk cajon terbaik untuk pemula

Gambar produk
1
Cajon Cowboy Cajon Mini 1

Cowboy

2
Cajon JazziePro Cajon Akustik Custom 1

JazziePro

3
Cajon Mandalika Cajon Akustik 1

Mandalika

4
Cajon Pearl Cajon Trapesium Akustik Elektrik 1

Pearl

5
Cajon JazziePro Cajon Akustik Electric 1

JazziePro

6
Cajon Pearl  Jingle Cajon 1

Pearl

7
Cajon Meinl Percussion Jam Series Cajon 1

Meinl Percussion

8
Cajon Kyre  Cajon Ebony 1

Kyre

9
Cajon Koning Percussion Beatrix  1

Koning Percussion

10
Cajon Latin Percussion LP BONGO CAJON 1

Latin Percussion

Nama produk

Cajon Mini

Cajon Akustik Custom

Cajon Akustik

Cajon Trapesium Akustik Elektrik

Cajon Akustik Electric

Jingle Cajon

Jam Series Cajon

Cajon Ebony

Beatrix

LP BONGO CAJON

Keunggulan

Ukuran mini dan sangat ringkas, cocok untuk travel

Warna dan desainnya bisa di-custom sesuka Anda!

Tidak mudah baret berkat finishing kulit sintetis

Bentuk trapesium yang unik, siap jadi pusat perhatian di pertunjukan musik

Mainkan variasi empat jenis suara dengan cajon ini

Ringan dan bass-nya clear untuk pertunjukan akustik Anda

Suara bass dan snare yang seimbang untuk memainkan beragam genre

Sentuhan tradisional dan modern dengan permukaan yang autentik

Cajon ala Bongo dengan dua nada rendah dan dua nada tinggi

Harga mulai dariRp 65.000,00Rp 388.669,00Rp 480.000,00Rp 590.000,00Rp 162.733,00Rp 3.598.000,00Rp 1.179.000,00Rp 1.288.600,00Rp 1.250.000,00Rp 500.000,00
DimensiTidak disebutkan 30 cm x 30 cm x 48 cm30 cm x 30 cm x 52 cm 45 cm x 40 cm x 35 cm30 cm x 20 cm x 5 cm47,6 cm x 31,8 cm x 31,8 cm26,67 cm x 26 cm x 38,1 cm35 cm x 45 cm x 52 cm30 cm x 30 cm x 50 cm39 cm x 20 cm x 18 cm
Jenis cajonSnapy snare cajonSnappy snare cajonSnappy snare cajonSnappy snare cajonWires snare cajon (elektrik)Tidak disebutkanSnare wires cajonTidak disebutkanSnappy snare cajonTidak disebutkan
Material kayuTidak disebutkanPlywoodMahoniMahoniMahoniFiberglass dan hardwoodAlmond birchEbonyEbony MakassarTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi peralatan musik lainnya di sini

Selain cajon, kami juga telah mengulas beberapa peralatan musik lainnya seperti gitar, bass, piano digital, dan lainnya. Bila Anda membutuhkan artikel ulasannya, silakan membaca link di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah mengulas rekomendasi cajon terbaik untuk Anda yang ingin berlatih memainkan cajon. Bila Anda tipe orang yang simpel dan menyukai instrumen akustik, cajon menjadi pilihan alat musik yang tepat. Untuk seorang pemula, memainkan cajon tidak sesulit instrumen lainnya.


Mencari dan memilih alat musik yang sesuai memang tidak mudah karena ada beragam pertimbangan yang harus dipikirkan. Semoga ulasan ini bisa membantu dan Anda menemukan cajon yang nyaman dimainkan. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    Biola adalah alat musik gesek dengan suara yang cukup nyaring. Apakah Anda berminat untuk berlatih biola dari awal? Ada banyak pilihan biola untuk pemula yang dapat Anda pilih. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Semua tergantung pada kualitas kayunya.Skylark, Cremona, dan Pearl River adalah beberapa merek biola yang bagus untuk para pemula. Sebelum membeli biola, simak dahulu tips dari kami, ya. Kami akan berbagi tips memilih biola yang tepat untuk para pemula. Selain harga, masih ada poin penting yang harus Anda pertimbangkan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Gitar Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gitar Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    Terdapat beberapa merek gitar listrik yang bagus di pasaran, seperti Ibanez, Yamaha, Fender, CORT, dan lainnya. Tergantung pada merek dan kualitasnya, harga gitar listrik yang ori ini bervariasi, mulai dari yang murah hingga mahal.Anda sedang mencari gitar listrik? Untuk seorang pemula, memilih gitar listrik yang tepat tentu sedikit membingungkan. Karena itu, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih gitar listrik. Kami juga memberikan sederet produk rekomendasi. Jadikanlah artikel ini sebagai panduan sebelum Anda membeli. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto.
    Musik
  • 10 Rekomendasi Mic Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mic Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Karaoke merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Selain di tempat hiburan seperti studio musik, karaoke bisa dilakukan di rumah, bahkan saat melakukan perjalanan di dalam mobil. Supaya suara Anda terdengar makin keras dan bagus, siapkanlah mic karaoke. Nah, mic merek apa yang bagus untuk karaoke? Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih mic yang bagus untuk karaoke, baik tipe wireless, Bluetooth, maupun kabel. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk mic karaoke terbaik yang dijual secara online, seperti Advance, Shure, dan Sony. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Pianika Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pianika Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2022)
    Pianika adalah jenis alat musik tiup yang biasanya digunakan oleh siswa TK hingga SMP. Sebagai alat musik yang mudah dimainkan, pianika merupakan pilihan tepat bagi Anda yang baru mulai belajar bermain alat musik. Kali ini, kami akan membahas cara memilih pianika yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasi produk pianika terbaik bagi Anda. Berbagai merek terkenal seperti Yamaha dan Suzuki akan kami hadirkan di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Tetaplah membaca dan temukan pianika yang paling pas untuk anak Anda!
    Musik
  • 10 Microphone Terbaik Tipe Dynamic - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Microphone Terbaik Tipe Dynamic - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Pernah mendengar tentang mikrofon dinamik? Mikrofon ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik yang bagus untuk Anda. Dalam artikel ini terdapat juga komentar dari Dennis Novriandi yang merupakan seorang sound engineer. Kami juga mempunyai rekomendasi produk-produk dari merek terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan produk yang tepat!
    Musik
  • 10 Keyboard Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Keyboard Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2022)
    Selain piano, pilihan alat musik yang paling banyak diminati saat ini adalah keyboard. Alat musik ini menggabungkan model permainan piano dengan teknologi. Yamaha merupakan merek alat musik top of mind ketika Anda mencari keyboard. Anda mungkin bingung memilihnya dari segi style, fitur, dan harga.Oleh karena itu, kami akan memberikan poin-poin cara memilih keyboard Yamaha. Simak rekomendasi keyboard Yamaha yang bagus sebagai referensi Anda. Berbagai keyboard Yamaha dari seri PSR-E, PSR-SX, dan Genios juga ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh music composer kami, Joshua Pandu. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Rekomendasi MP3 Player Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi MP3 Player Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda pencinta musik, Anda pasti pernah terpikir untuk memiliki MP3 player. Ada banyak merk MP3 player yang bagus beredar di pasaran, seperti Sony, HIDIZS, dan Pioneer. Anda tentu menginginkan MP3 player yang kualitas suaranya mumpuni, baterainya tahan lama, dan kapasitasnya besar, bukan? Kira-kira, Anda akan membeli MP3 Bluetooth atau MP3 dengan tipe koneksi yang lain?Untuk membantu Anda, kali ini kami memperkenalkan cara memilih dan merekomendasikan sepuluh produk MP3 player. Kami akan mengulas produk dari segi fitur, harga, dan yang lainnya. Simak dan temukan MP3 player terbaik idaman Anda!
    Musik
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori