• 10 Rekomendasi Cajon Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Cajon Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Cajon Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Cajon Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Cajon Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Cajon Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)

Cajon merupakan instrumen perkusi berbentuk kotak yang biasa digunakan untuk mengiringi musik akustik. Banyak orang yang kagum dengan instrumen ini karena keunikan dan kepraktisannya. Ada banyak produk cajon dengan beragam material, ukuran, hingga harga. Karena itu, memilih cajon yang sesuai mungkin sedikit sulit bagi seorang pemula.


Jadi, kali ini kami akan memberitahukan kepada Anda cara memilih cajon yang tepat untuk pemula. Setelah itu, kami akan memberikan beberapa rekomendasi produk cajon seperti Pearl, MEINL Percussion, Latin Percussion, dan lainnya. Silakan simak dan pilih cajon yang sesuai dengan keinginan Anda.

  • Pembaharuan terakhir: 31 Maret 2020
  • 2.739 Views
Daftar isi

Mengenal instrumen cajon

Cajon mulai bermunculan di televisi dan sebagainya, tetapi banyak yang belum mengetahui apa itu cajon. Sebelum mengulas tentang cara memilih cajon, mari kenali instrumen perkusi ini lebih dalam terlebih dahulu.

Cajon, folk instrument yang berasal dari Peru!

Cajon, folk instrument yang berasal dari Peru!

Jika berbicara tentang folk instrument, pasti banyak orang yang membayangkan perkusi yang terlihat pada bagian kiri gambar. Padahal, cajon yang berbentuk kotak juga merupakan folk instrument yang berasal dari Peru.


Hingga pertengahan 1900-an, cajon menjadi alat musik yang dimainkan secara ekslusif di Amerika Latin. Kemudian, sekitar tahun 1970, seorang gitaris Spanyol yang menyukai suara cajon mulai menggunakannya untuk memainkan lagu-lagu barat. Saat ini, cajon menjadi salah satu instrumen dengan suara yang disukai orang-orang di berbagai penjuru dunia.

Menghasilkan suara yang bervariasi, dapat dimainkan tanpa listrik dan tempat luas

Menghasilkan suara yang bervariasi, dapat dimainkan tanpa listrik dan tempat luas

Seperti tampak pada gambar, pemain cajon duduk di atas cajon dan memainkan cajon dengan cara memukulnya. Dengan begitu, cajon tidak membutuhkan ruang yang luas seperti drum set. Cajon juga tidak membutuhkan daya listrik sehingga praktis digunakan bila Anda hendak melakukan pertunjukan di jalanan.


Instrumen cajon dapat mengeluarkan bunyi yang bervariasi. Jika Anda memukul bagian tengahnya, maka akan mendapatkan suara rendah seperti bass drum. Kemudian, saat Anda memukul bagian pinggirnya, akan keluar suara tinggi seperti hi-hat cymbal. Cajon merupakan instrumen padat yang dapat dimainkan dengan tempo yang beragam sehingga dikenal sebagai instrumen yang atraktif. Maka dari itu, cajon dapat dimainkan oleh pemain dari beragam genre musik.

Cara memilih cajon untuk pemula

Selanjutnya, kami akan menjelaskan bagaimana memilih cajon yang mudah dimainkan untuk pemula berdasarkan beberapa poin. Jangan lupa mengecek setiap poin dengan saksama sehingga Anda dapat menemukan cajon yang nyaman untuk dimainkan, ya!

Pilihlah cajon yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil

Pilihlah cajon yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil

Ada beragam ukuran cajon, mulai dari yang kecil yang dapat diapit paha hingga berukuran paling besar yang disebut base cajon. Jika Anda seorang pemula, sebaiknya memilih cajon berukuran standar. Untuk ukurannya sendiri, kami merekomendasikan cajon dengan tinggi mulai 45 hingga 50 cm, lebar 30 cm, dan panjang 30 cm.


Cajon yang berukuran kecil terlihat mudah dimainkan. Namun, cajon berukuran kecil memiliki permukaan kecil pula sehingga sebenarnya malah akan menyulitkan pemula. Permukaan cajon yang kecil juga akan menghasilkan suara tinggi sehingga kurang mampu menghasilkan jenis suara yang beragam. Padahal, variasi suara merupakan ciri khas dari cajon.


Di sisi lain, cajon berukuran besar membutuhkan ketangkasan untuk memainkannya dengan benar. Jadi, Anda mungkin memerlukan waktu untuk dapat membiasakan diri. Karena itu, sebaiknya Anda memainkan cajon berukuran standar. Selain mudah dimainkan oleh pemula, Anda juga dapat menikmati variasi bunyi cajon dengan cepat.

Pilihlah jenis snappy cajon yang memiliki banyak variasi suara

Pilihlah jenis snappy cajon yang memiliki banyak variasi suara

Ada dua jenis cajon yaitu wire cajon dan snappy cajon. Wire cajon menggunakan senar gitar di dalamnya, sedangkan snappy cajon yang menggunakan pegas logam seperti snare drum. Masing-masing cajon memiliki jenis suara yang berbeda.


Untuk pemula, kami merekomendasikan snappy cajon karena dapat memberikan beragam jenis suara yang menyerupai drum set. Selain itu, dibandingkan dengan wire cajon, jenis snappy lebih mudah dirawat dan dimainkan oleh pemula.


Di sisi lain, wire cajon cocok memainkan lagu-lagu bergenre flamenco, musik ala Spanyol. Jika Anda sudah tangkas memainkan snappy cajon, Anda mungkin ingin mencoba jenis suara dari wire cajon.

Pilih material cajon berdasarkan suara dan penampilannya

Ketika memilih cajon, cara terbaik untuk menemukan cajon dengan material yang tepat adalah dengan memainkannya. Namun, Anda tidak dapat melakukan hal tersebut jika Anda membeli secara online. Pada bagian ini, kami akan memperkenalkan jenis material, penampilan permukaan, dan suara dari cajon.

Beech : Menghasilkan suara riang dengan suara bass dan treble yang seimbang

Nama beech mungkin tidak terlalu dikenal di kalangan banyak orang. Kayu beech memiliki kualitas yang bagus dan tahan lama dengan warna cerah yang natural. Di sisi lain, kayu ini mampu menghasilkan suara rendah hingga tinggi yang stabil. Jika Anda bingung memilih cajon, pilih produk berbahan ini karena bisa dipakai untuk memainkan beragam jenis lagu. Namun, jangan memainkan cajon jenis ini dekat pemanas atau perapian karena panas dapat membuat kayu ini melengkung.

Ebony : Menghasilkan suara yang solid dengan tekstur kayu hitam elegan

Ebony merupakan jenis kayu yang dicirikan dengan warna hitam yang indah dan elegan. Jenis kayu ini dikenal berkualitas tinggi sehingga sering digunakan sebagai material furniture dan beragam alat musik. Salah satu contohnya adalah tuts hitam pada piano.


Nada yang keluar terdengar besar dan rendah dengan volume nyaring yang tegas. Cajon dengan bahan ini tidak cocok dimainkan di ruang kecil karena suaranya yang keras. Selain itu, warna hitam dari kayu ebony adalah warna khas yang tidak dimiliki oleh kayu jenis lain. Jadi, bila Anda yang menginginkan cajon dengan tampilan anti-mainstream sebaiknya memilih cajon dari kayu ini.

Birch : Berwarna putih dan tahan lama, memiliki suara bass seperti pada bass drum

Banyak orang mengenal kayu birch karena warna putihnya yang khas. Permukaan kayunya memiliki warna putih yang sedikit tidak rata. Anda dapat memainkan cajon dengan percaya diri karena permukaannya yang padat dan tahan lama dengan sedikit lengkungan. Warna putih pada kayu ini tidak berubah meskipun Anda sering memainkannya. 


Suara yang dihasilkan dari cajon jenis ini lebih cenderung ke bass dengan bunyi yang tebal. Jika Anda menginginkan cajon dengan suara sekeras dan setebal mungkin, cajon ini menjadi pilihan yang baik.

Maple : Menghasilkan suara lembut dengan warna permukaan yang berubah seiring berjalannya waktu

Maple adalah pohon dari daun maple yang akrab dengan musim gugur. Kayu ini biasa digunakan sebagai bahan pembuat gitar dan stick drum.


Kayu maple dicirikan dengan tekstur yang kompleks dengan pola yang indah. Selain kuat terhadap goncangan dan gesekan, bobotnya pun lebih ringan. Alhasil, cajon dari kayu ini mudah dibawa ke mana-mana. Warna kayunya pun berubah seiring berjalannya waktu. Pada awalnya kayu maple berwarna terang seperti susu, kemudian akan berubah seperti warna permen. 


Mengenai warna nadanya sendiri, volume cajon ini sulit untuk keluar, bahkan suaranya cenderung lembut. Karena suaranya tidak keras, cajon ini direkomendasikan untuk Anda yang suka berlatih dan bermain di dalam ruangan.

Mahoni : Berkarakter cokelat kemerahan indah dan suara bass yang dalam

Mahogany atau kayu mahoni adalah salah satu dari tiga kayu terbaik di dunia. Karakter kayunya identik dengan warna cokelat kemerahan dan telah dikenal lama sebagai kayu berkualitas tinggi. Sayangnya, penggunaan kayu mahoni telah menurun dalam beberapa tahun terakhir karena nilainya yang tinggi.


Warna coklat kemerahan pada kayu mahoni ini akan semakin gelap bila Anda sering memainkannya. Sifat unik kayu ini akan meningkat seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, perubahan warna kayu menunjukkan tingkat keakraban dengan penggunanya.


Dengan cajon dari mahoni, Anda bisa menikmati suara yang hangat dan dalam. Hal ini karena suara bass-nya yang terdengar kuat dan volumenya keras. Kayu mahoni cocok ketika Anda hendak membuat suara beresonansi jauh saat live performance atau pertunjukan di jalanan.

Ash : Memiliki motif eksotis dengan suara yang jernih

Kayu ash memiliki tekstur permukaan dan pola yang bening. Permukaan kayu jenis ini lebih mudah diingat dibandingkan jenis kayu lainnya. Kayu ini juga memberikan kesan eksotis bagi siapa pun yang melihatnya.


Selain itu, kayu ini dikenal solid dan tahan lama sehingga sering menjadi material pemukul baseball. Karena tingkat kepadatannya yang tinggi, cajon yang terbuat dari jenis kayu ini memiliki bobot lebih berat. Karena merupakan jenis kayu keras, suara yang keluar saat dipukul pun terdengar jelas. Suara bass dan treble-nya juga sangat kuat sehingga Anda dapat bermain dengan nyaman.

10 Rekomendasi cajon terbaik untuk pemula

Berikut ini, kami akan memberikan rekomendasi pilihan produk cajon terbaik untuk pemula sebagai referensi. Bacalah ulasan produk dengan teliti agar Anda dapat menemukan cajon yang tepat.

10
Dimensi39 x 20 x 18 cm
Jenis cajonTidak disebutkan
Material kayuTidak disebutkan
9
Dimensi29,84 x 29,84 x 3,81 cm
Jenis cajonWires snare cajon
Material kayuSiam Oak
8
Dimensi30 x 30 x 50 cm
Jenis cajonSnappy snare cajon
Material kayuEboni Makassar
7
Dimensi22 x 22 x 38 cm
Jenis cajonWires snare cajon
Material kayuTidak disebutkan
6
Dimensi35 x 45 x 52 cm
Jenis cajonTidak disebutkan
Material kayuAsh wood
5

Meinl PercussionJam Series Cajon

JC50AB

Rp 900.000,00

Dimensi26,67 x 26 x 38,1 cm
Jenis cajonSnare wires cajon
Material kayuAlmond birch
4
Dimensi22 x 22 x 40 cm
Jenis cajonWires snare cajon
Material kayuAsian hardwood
3
Dimensi 30 x 30 x 50 cm
Jenis cajonSnare wires cajon
Material kayuPhilippine mahogany
2
DimensiTidak disebutkan
Jenis cajonTidak disebutkan
Material kayuFiberglass dan hardwood
1

Schlagwerk Cajon La Peru Black Eyes CP54017

Rp 4.790.000,00

Dimensi30 x 30 x 50 cm
Jenis cajonSnappy cajon
Material kayuAlder

Tabel perbandingan produk cajon terbaik untuk pemula

Gambar produk
1
Cajon Schlagwerk  Cajon La Peru Black Eyes CP54017 1

Schlagwerk

2
Cajon Pearl  Jingle Cajon 1

Pearl

3
Cajon Koning Percussion Vanperu 105 1

Koning Percussion

4
Cajon Tycoon 24 Series Cajon 1

Tycoon

5
Cajon Meinl Percussion Jam Series Cajon 1

Meinl Percussion

6
Cajon Kyre  Cajon Ebony 1

Kyre

7
Cajon Latin Percussion LP Aspire Junior Cajon 1

Latin Percussion

8
Cajon Koning Percussion Beatrix 202 1

Koning Percussion

9
Cajon Meinl Percussion Travel Series Cajon 1

Meinl Percussion

10
Cajon Latin Percussion LP BONGO CAJON 1

Latin Percussion

Nama produk

Cajon La Peru Black Eyes CP54017

Jingle Cajon

Vanperu 105

24 Series Cajon

Jam Series Cajon

Cajon Ebony

LP Aspire Junior Cajon

Beatrix 202

Travel Series Cajon

LP BONGO CAJON

Keunggulan

Cajon buatan Jerman dengan kualitas material premium, nyaman dimainkan

Mainkan variasi empat jenis suara dengan cajon ini

Desain serba hitam dengan kesan elegan

Dibuat secara hand-made dengan kualitas tak diragukan

Pilihan yang tepat untuk pertunjukan akustik Anda

Suara bass dan snare yang seimbang untuk memainkan beragam genre

Dimensi lebih kecil, bisa dimainkan anak-anak juga

Sentuhan tradisional dan modern dengan permukaan yang autentik

Bentuk slim, bisa berlatih di mana pun dan kapan pun

Cajon ala Bongo dengan dua nada rendah dan dua nada tinggi

HargaRp 4.790.000,00Rp 2.795.000,00Rp 975.000,00Rp 1.950.000,00Rp 900.000,00Rp 935.000,00Rp 1.685.000,00Rp 1.200.000,00Rp 778.700,00Rp 925.000,00
Dimensi30 x 30 x 50 cmTidak disebutkan 30 x 30 x 50 cm22 x 22 x 40 cm26,67 x 26 x 38,1 cm35 x 45 x 52 cm22 x 22 x 38 cm30 x 30 x 50 cm29,84 x 29,84 x 3,81 cm39 x 20 x 18 cm
Jenis cajonSnappy cajonTidak disebutkanSnare wires cajonWires snare cajonSnare wires cajonTidak disebutkanWires snare cajonSnappy snare cajonWires snare cajonTidak disebutkan
Material kayuAlderFiberglass dan hardwoodPhilippine mahoganyAsian hardwoodAlmond birchAsh woodTidak disebutkanEboni MakassarSiam OakTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi peralatan musik lainnya di sini

Selain cajon, kami juga telah mengulas beberapa peralatan musik lainnya seperti gitar, bass, piano digital, dan lainnya. Bila Anda membutuhkan artikel ulasannya, silakan membaca link di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah mengulas rekomendasi cajon terbaik untuk Anda yang ingin berlatih memainkan cajon. Bila Anda tipe orang yang simpel dan menyukai instrumen akustik, cajon menjadi pilihan alat musik yang tepat. Untuk seorang pemula, memainkan cajon tidak sesulit instrumen lainnya.


Mencari dan memilih alat musik yang sesuai memang tidak mudah karena ada beragam pertimbangan yang harus dipikirkan. Semoga ulasan ini bisa membantu dan Anda menemukan cajon yang nyaman dimainkan. Selamat memilih!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Piano digital cocok untuk Anda yang suka bermain atau berlatih piano pada malam hari. Anda bisa menggunakan headphone sehingga tidak perlu takut suara piano mengganggu anggota keluarga yang sedang beristirahat. Piano digital juga cocok untuk anak-anak yang baru belajar piano, karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan piano akustik. Piano digital pun cocok untuk Anda yang suka mengeksplor berbagai genre musik.Terdapat beberapa produsen piano digital yang terkenal, seperti Yamaha, Kawai, Casio, Roland, dan Korg. Masing-masing dari piano digital tersebut mempunyai karakteristik dan fungsi yang bervariasi. Apa yang menjadi kelebihan dan keunggulan masing-masing produk? Yuk, simak penjelasan berikut.
    Musik
    40.131 Views
  • 10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai alat musik, ukulele dikenal lebih mudah dimainkan dengan suaranya yang tak kalah merdu daripada gitar. Biasanya, para pemusik pemula menggunakan ukulele jenis sopran. Namun, bila Anda belajar di tingkat lanjutan, Anda bisa memilih jenis concert, tenor, atau bariton. Ukulele juga memiliki jenis yang beragam dan dibedakan berdasarkan material, jenis senar, hingga pegs-nya.Untuk membantu Anda, kini kami akan memperkenalkan cara memilih ukulele dengan mempertimbangkan jenis nada hingga material pembuatnya. Sebagai referensi, kami juga memberikan rekomendasi produk yang ada di pasaran seperti Grande, Cowboy, Fender, dan lainnya. Selamat membaca!
    Musik
    53.414 Views
  • 10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Harmonika Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Harmonika merupakan alat musik tiup berukuran kecil, tetapi bersuara impresif. Meski bentuknya sederhana, harmonika menghasilkan nada yang kaya sehingga banyak digunakan di berbagai genre musik. Bagi Anda yang pemula, Anda mungkin masih bingung dalam mencari harmonika yang tepat.Karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih harmonika terbaik dan merekomendasikan beberapa produknya. Di antaranya adalah Hohner, Seydel, Suzuki dan sebagainya. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Musik
    14.620 Views
  • 10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Recorder adalah alat musik yang biasanya mulai diperkenalkan pada siswa di tingkat sekolah dasar. Namun, beberapa orang mungkin menganggap alat ini kuno serta tidak menarik untuk dimainkan. Jika memang demikian, tentu musisi seperti Paul McCartney dan John Paul Jones tidak akan menggunakan recorder dalam lagu mereka.Meski begitu, jangan terburu-buru membeli bila saat ini ada produk yang menarik minat Anda. Simak dulu penjelasan cara memilih dan sepuluh rekomendasi recorder dari merek terkenal seperti Yamaha dan Aulos berikut ini. Pastikan Anda menyimak hingga akhir agar mendapatkan informasi yang jelas. Selamat membaca!
    Musik
    8.640 Views
  • 10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2020)
    Pick gitar adalah sebuah benda kecil yang digunakan untuk memetik gitar. Ada berbagai jenis pick gitar yang dijual di pasaran dengan bermacam varian bahan dan tingkat ketebalan yang menghasilkan suara berbeda. Anda perlu memilih pick sesuai hasil suara yang Anda inginkan. Namun, pick seperti apa yang cocok untuk Anda, ya? Kali ini, kami akan memperkenalkan pick dengan desain unik dari berbagai merek, seperti D’Addario, Jim Dunlop, dan Pickboy. Kami pun akan menjelaskan cara memilih pick gitar terbaik untuk Anda. Selamat menemukan pick gitar dengan desain yang unik.
    Musik
    1.797 Views
  • 10 Rekomendasi Bass Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bass Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Instrumen gitar bass merupakan alat musik yang menghasilkan nada rendah pada band dan grup musik. Ada berbagai pabrikan bass dengan berbagai tipe seperti Fender, Ibanez, Yamaha, dan sebagainya. Banyaknya jenis dan karakteristik mungkin akan membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan Anda.Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips mendapatkan bass terbaik untuk Anda. Tidak lupa kami juga akan memberikan beberapa produk rekomendasi gitar bass terbaik untuk Anda. Jadi, sudah siapkah Anda untuk berburu bass yang sesuai untuk Anda?
    Musik
    7.578 Views
  • 10 Rekomendasi Gitar Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gitar Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Gitar mini memiliki ukuran lebih compact dan lebih mudah dimainkan daripada gitar biasa. Sangat cocok digunakan oleh anak-anak atau wanita yang umumnya memiliki tangan berukuran kecil. Ada berbagai gitar mini akustik, elektrik, dan akustik elektrik dengan jumlah fret, ukuran neck, dan desain berbeda.Tidak hanya itu, gitar mini dengan merek berkualitas seperti Yamaha, Fender, Cort, Ibanez juga tersedia di pasaran. Anda bisa saja kebingungan saat memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi gitar mini terbaik. Selamat membaca dan memilih gitar mini favorit Anda!
    Musik
    26.318 Views
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Biola adalah alat musik gesek yang cenderung kurang diminati karena dipandang sulit untuk dikuasai. Apalagi, harganya juga cukup tinggi. Meski sulit dipelajari, Anda belum terlambat untuk mempelajarinya mulai sekarang! Dengan biola yang tepat untuk pemula, Anda bisa mulai berlatih dengan menyenangkan.Di pasaran, terdapat biola dengan berbagai ukuran dan rentang harga, seperti dari Cremona, Karl Höfner, Skylark, dan Makoa. Jika Anda bingung memilih, kami akan membantu Anda melalui artikel ini. Kami tidak hanya memberikan rekomendasi produk terbaik, tetapi juga cara memilih supaya Anda menemukan produk yang benar-benar pas.
    Musik
    39.594 Views
  • 10 Rekomendasi Tas Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tas Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tas gitar diperlukan untuk melindungi gitar dari debu dan kotoran. Terdapat case yang khusus dibuat untuk tipe gitar tertentu seperti electric guitar dan acoustic guitar. Di sisi lain, case gitar pun memiliki beragam kemasan, seperti hard, semi-hard, serta soft. Sebaiknya pilih yang mana, ya?Untuk membantu Anda menetapkan pilihan, kami akan menjelaskan cara memilih tas gitar yang sesuai, sekaligus memberikan daftar rekomendasi tas gitar terbaik dari merek seperti Perrygord dan Dr. Case. Pilih tas yang sesuai dengan kebutuhan dan yang dapat melindungi gitar Anda. Selamat membaca!
    Musik
    4.779 Views
  • 10 Rekomendasi Pianika Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pianika Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pianika adalah jenis alat musik tiup yang biasanya digunakan oleh siswa TK hingga SMP. Sebagai alat musik yang cukup mudah dimainkan, pianika merupakan pilihan tepat bagi Anda yang baru mulai belajar bermain alat musik. Namun, bervariasinya produk pianika tidak jarang membuat orang bingung dalam memilih. Kali ini, kami akan membahas dengan saksama cara memilih pianika yang baik. Selain itu, kami juga akan merekomendasi produk pianika terbaik bagi Anda. Berbagai merek terkenal seperti Yamaha dan Suzuki akan kami hadirkan di sini. Tetaplah membaca dan temukan pianika yang paling pas untuk anak Anda!
    Musik
    8.499 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Cort, dan sebagainya.Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik Anda!
    Musik
    146.678 Views
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Biola adalah alat musik gesek yang cenderung kurang diminati karena dipandang sulit untuk dikuasai. Apalagi, harganya juga cukup tinggi. Meski sulit dipelajari, Anda belum terlambat untuk mempelajarinya mulai sekarang! Dengan biola yang tepat untuk pemula, Anda bisa mulai berlatih dengan menyenangkan.Di pasaran, terdapat biola dengan berbagai ukuran dan rentang harga, seperti dari Cremona, Karl Höfner, Skylark, dan Makoa. Jika Anda bingung memilih, kami akan membantu Anda melalui artikel ini. Kami tidak hanya memberikan rekomendasi produk terbaik, tetapi juga cara memilih supaya Anda menemukan produk yang benar-benar pas.
    Musik
    39.594 Views
  • 10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai alat musik, ukulele dikenal lebih mudah dimainkan dengan suaranya yang tak kalah merdu daripada gitar. Biasanya, para pemusik pemula menggunakan ukulele jenis sopran. Namun, bila Anda belajar di tingkat lanjutan, Anda bisa memilih jenis concert, tenor, atau bariton. Ukulele juga memiliki jenis yang beragam dan dibedakan berdasarkan material, jenis senar, hingga pegs-nya.Untuk membantu Anda, kini kami akan memperkenalkan cara memilih ukulele dengan mempertimbangkan jenis nada hingga material pembuatnya. Sebagai referensi, kami juga memberikan rekomendasi produk yang ada di pasaran seperti Grande, Cowboy, Fender, dan lainnya. Selamat membaca!
    Musik
    53.414 Views
  • 10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Piano digital cocok untuk Anda yang suka bermain atau berlatih piano pada malam hari. Anda bisa menggunakan headphone sehingga tidak perlu takut suara piano mengganggu anggota keluarga yang sedang beristirahat. Piano digital juga cocok untuk anak-anak yang baru belajar piano, karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan piano akustik. Piano digital pun cocok untuk Anda yang suka mengeksplor berbagai genre musik.Terdapat beberapa produsen piano digital yang terkenal, seperti Yamaha, Kawai, Casio, Roland, dan Korg. Masing-masing dari piano digital tersebut mempunyai karakteristik dan fungsi yang bervariasi. Apa yang menjadi kelebihan dan keunggulan masing-masing produk? Yuk, simak penjelasan berikut.
    Musik
    40.131 Views
  • 10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berbeda dengan senar akustik yang terbuat dari metal, senar pada gitar klasik memiliki karakter menghasilkan nada yang halus dan lembut. Genre musik yang cocok dimainkan dengan gitar klasik yang dapat menghasilkan musik asyik pun beragam, di antaranya bossa nova dan jazz.Senar gitar klasik tersedia dalam bermacam jenis sehingga mungkin sulit untuk mengetahui karakter senar dari kemasannya saja. Pada artikel ini kami akan membagikan tips cara memilih senar gitar klasik yang tepat, sekaligus merekomendasikan beberapa merek terbaiknya, seperti D’Addario, Augustine, dan Savarez. Check it out!
    Musik
    35.549 Views
  • 10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jika Anda bercita-cita menjadi seorang musisi terutama gitaris, Anda tentunya membutuhkan perlengkapan musik yang memadai. Salah satu benda yang sangat penting saat bermain gitar adalah amplifier. Amplifier merupakan peralatan untuk memperkuat sinyal sehingga hasil suara lebih baik dan lebih keras.Ada beberapa merek amplifier yang terkenal seperti Marshall, Roland, dan Fender. Akan tetapi, untuk Anda yang seorang pemula tentunya akan sulit untuk menemukan amplifier yang terbaik. Oleh karena itu, kali ini kami memberikan Anda tips memilih amplifier terbaik serta merekomendasikan beberapa produk untuk Anda. Simak artikel kami berikut ini!
    Musik
    31.183 Views
  • 10 Rekomendasi Drum Elektrik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Drum Elektrik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Drum elektrik menjadi pilihan yang tepat untuk seorang drummer pemula. Hal ini karena Anda dapat mengatur volume suara yang dikeluarkan sehingga bisa berlatih tanpa mengganggu. Drum elektrik juga menjadi alat latihan yang sempurna karena tidak membutuhkan ruang luas untuk dimainkan. Kali ini, kami akan memperkenalkan kepada Anda hal yang harus diperhatikan saat memilih drum elektrik. Kami juga mengulas rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda temukan dari Yamaha, NUX, Roland, Alesis, dan lainnya. Bacalah dan temukan drum elektrik yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan Anda.
    Musik
    3.809 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori