1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Makanan kecil & snack
  6. >
  7. 10 Biskuit Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Biskuit Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Biskuit Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Biskuit Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Biskuit Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Biskuit Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Biskuit Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)

Menjalankan program diet bukan berarti Anda tidak boleh ngemil. Anda bisa ngemil, hanya saja tidak boleh sembarangan. Jika ingin menikmati camilan, konsumsilah biskuit diet rendah kalori. Biskuit diet memiliki kadar kalori serta kandungan gula yang rendah sehingga tidak akan menambah berat badan.


Ada banyak produk biskuit untuk diet yang enak, seperti merek WRP, Tropicana Slim, atau Ladang Lima. Pada artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi produk terpopuler dan membahas tentang biskuit untuk diet. Tidak lupa, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga memberikan komentarnya di sini. Yuk, baca sampai selesai!

Diperbaharui 12-20-2022
Pakar
Nutritionist
Mochammad Rizal

Mochammad Rizal adalah seorang ahli gizi yang sedang menempuh pendidikan Master di Nutritional Science di Cornell University, Amerika Serikat. Rizal memiliki minat dalam bidang gizi olahraga, kebugaran, serta pencegahan dan penanganan obesitas. Ia juga aktif mengedukasi masyarakat terkait diet, gizi, dan kesehatan melalui media sosial, seminar, buku, dan berbagai media lainnya. Dalam hal keorganisasian, Rizal merupakan Ketua Divisi Gizi Kebugaran di Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA). Organisasi profesi gizi ini bergerak di bidang olahraga dan kebugaran.

Profil Mochammad Rizal
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih biskuit untuk diet

Kira-kira biskuit seperti apa yang bagus untuk diet? Supaya Anda tidak bingung, kami akan menjelaskan tentang hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat hendak memilih biskuit untuk program diet. Simak penjelasan kami di bawah ini dengan saksama!

① Cek bahan dasarnya, gandum, oat, atau tepung terigu?

Cek bahan dasarnya, gandum, oat, atau tepung terigu?

Biskuit merupakan kue kering yang tipis dan renyah yang dibuat dengan cara dipanggang. Kue jenis ini dibuat tanpa peragian dan memiliki kandungan air yang rendah. Bahan baku pembuatan biskuit biasanya berasal dari tepung terigu. Namun, selain dari tepung terigu, biskuit juga bisa dibuat dari gandum utuh, oat, quinoa, dan bahan-bahan lainnya.


Saat Anda hendak memilih biskuit untuk diet, sebaiknya Anda perhatikan bahan utamanya. Oat dan gandum merupakan bahan yang sangat baik untuk biskuit diet. Keduanya memiliki kandungan serat, protein, vitamin, serta mineral yang jauh lebih tinggi dibandingkan tepung terigu. Mengonsumsi oat dan gandum akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Bahan utama pembuatan biskuit adalah tepung, gula, dan lemak yang bersumber dari mentega ataupun margarin. Bahan utama tepung ini dapat diganti sesuai dengan selera dan tujuan. Beberapa jenis bahan serealia seperti oat dan gandum juga dapat digunakan untuk biskuit.

 

Penggunaan oat sebagai bahan biskuit dapat memberikan tekstur yang unik karena oat dapat dimakan dalam bentuk utuh. Sementara itu, gandum merupakan bahan mentah yang harus melalui proses pengolahan agar dapat dikonsumsi dalam bentuk tepung, mi, atau pasta.

② Pastikan biskuitnya rendah kalori

Pastikan biskuitnya rendah kalori

Kalori merupakan sumber tenaga bagi manusia. Kebutuhan kalori tiap orang berbeda-beda tergantung jenis kegiatan sehari-hari. Meski begitu, ada rata-rata harian yang bisa dijadikan patokan, untuk lelaki dewasa 2.500 kkal, sedangkan perempuan dewasa 2.000 kkal. Jika Anda sedang diet, jumlah kalori yang masuk tidak boleh lebih banyak dari jumlah kalori yang dibutuhkan.


Saat hendak menikmati snack di luar jam makan, jumlah kalori harus menjadi hal yang Anda perhatikan. Pilihlah biskuit rendah kalori, idealnya di bawah 200 kkal. Jangan mengonsumsi biskuit dengan jumlah kalori di atas 200 kkal per takaran saji karena bisa meningkatkan konsumi kalori harian.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Biskuit cenderung memiliki nilai kalori tinggi karena mengandung banyak lemak dan gula. Karena itu, bahan pengganti gula yang berserat tinggi bisa menjadi salah satu alternatif. Penambahan sumber makanan tinggi serat atau yoghurt rendah lemak juga baik karena dapat menambah nilai gizi. Selain itu, jumlah kalori biskuit menjadi tidak terlalu banyak.

③ Pilihlah biskuit yang kaya serat

Pilihlah biskuit yang kaya serat

Salah satu cara paling efektif untuk menurunkan berat badan saat diet adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya serat. Selain bisa melancarkan pencernaan, serat membuat Anda merasa mudah kenyang meski tidak memakan banyak kalori. Sistem kerjanya adalah serat merangsang reseptor yang memberitahu ke otak bahwa sudah waktunya berhenti makan.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Biskuit tinggi serat bisa dilihat melalui bahan dasar pembuatan biskuitnya. Biskuit yang berbahan dasar tepung gandum, oat, atau campuran keduanya cenderung memiliki kandungan serat yang tinggi. Begitu pula dengan isiannya. Biskuit dengan isian dan campuran buah-buahan kering atau sayuran cenderung mengandung serat lebih tinggi.

④ Cari yang kandungan gulanya rendah, sugar-free jauh lebih baik

Cari yang kandungan gulanya rendah, sugar-free jauh lebih baik

Riset menunjukkan bahwa gula menjadi salah satu faktor yang mempercepat kenaikan berat badan seseorang. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai konsumsi gula.


  • Saat mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula, tubuh akan memproduksi insulin secara berlebih. Insulin memiliki fungsi lain sebagai penyimpan lemak sehingga makin banyak produksi insulin, lemak tubuh pun makin meningkat.


  • Konsumsi gula yang berlebihan juga akan menghambat hormon leptin untuk menyampaikan sinyal ke otak bahwa tubuh sudah kenyang. Saat sinyal terganggu, Anda akan merasa lapar terus-menerus dan enggan berhenti mengunyah makanan. Selisih jumlah kalori masuk dan kalori keluar akan disimpan dalam bentuk lemak tubuh yang menyebabkan badan menjadi gemuk.


  • Seandainya dalam sehari Anda makan tiga kali dan ngemil dua kali, jumlah maksimal gula dalam sekali makan adalah 10 gram. Berdasarkan perhitungan kasar tersebut, sebaiknya Anda mencari biskuit diet dengan jumlah gula di bawah 10 gram per takaran saji. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi, pertimbangkanlah biskuit tanpa gula alias sugar-free.


Jika Anda ingin tetap ngemil, carilah biskuit dengan kandungan gula yang rendah. Dikutip dari website Kementerian Kesehatan, anjuran konsumsi gula harian ialah 50 gram per hari. Hal tersebut sudah tertuang dalam Permenkes Nomor 30 Tahun 2013. Konsumsi 50 gram gula per hari ini berasal dari berbagai sumber, mulai dari karbohidrat, buah, sayuran, hingga minuman manis.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Gula adalah bahan dasar pembuatan biskuit. Tidak hanya memberikan rasa manis, gula juga memberikan tekstur yang lezat dan warna kecokelatan yang menarik. Meskipun begitu, biskuit bisa dibuat tanpa gula atau sugar-free. 


Caranya adalah dengan mengganti bahan gula dengan bahan lainnya, seperti pisang, mangga, atau nanas. Anda juga bisa menggantinya dengan sayuran seperti wortel dan lobak yang sekaligus bisa menambah kandungan serat. 

⑤ Pertimbangkan biskuit dengan kandungan buah atau kacang-kacangan

Pertimbangkan biskuit dengan kandungan buah atau kacang-kacangan

Ada banyak biskuit berkalori rendah yang rasanya hambar. Hal ini karena biskuit tersebut memiliki komposisi gula yang rendah. Untuk menyiasatinya, Anda bisa memilih biskuit yang dicampur dengan bahan tambahan, seperti aneka buah atau kacang-kacangan. Keberadaan kacang almond, kacang hazel, atau kuaci bisa menjadikan biskuit terasa gurih dan lebih crunchy.


Ingin yang rasanya sedikit manis? Anda bisa memilih biskuit dengan tambahan cokelat. Untuk mendapatkan sensasi manis segar dan chewy, carilah biskuit dengan potongan buah kering, seperti stroberi, kismis, jeruk, hingga wortel. Rasanya dijamin unik dan tidak membosankan!

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Tidak hanya sayur atau buah, kacang-kacangan juga merupakan pilihan tepat untuk dijadikan isian biskuit. Selain itu, bahan kacang-kacangan cukup bagus, terutama bagi vegetarian. Bahan kacang-kacangan, seperti kacang polong, kedelai, almond, atau mete akan menambah kandungan protein pada biskuit.

10 Rekomendasi biskuit terbaik untuk diet

Kami akan merekomendasikan sepuluh produk biskuit terbaik untuk diet yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Nutrifood

Tropicana Slim Cookies

Nutrifood Tropicana Slim Cookies 1枚目

Biskuit diet bebas gula, kabar baik bagi penderita diabetes

2

Ladang Lima

Healthy Cookies

Ladang Lima Healthy Cookies 1枚目

Gluten free, dairy free, egg free! Sahabat terbaik bagi para vegan

3

Mayora Indah

Roma Sari Gandum Family Pack

Mayora Indah Roma Sari Gandum Family Pack 1枚目

Cemilan untuk diet dari gandum utuh dan susu yang kaya vitamin B

4

Wajah Rejuvenasi Perempuan

WRP Everyday Cookies

Wajah Rejuvenasi Perempuan WRP Everyday Cookies 1枚目

Kudapan kaya serat dengan kalori terkontrol

5

Agel Langgeng

Oatbits

Agel Langgeng Oatbits 1枚目

Lengkap dengan potongan buah kering, siapa yang bisa menolak godaannya?

6

Kalbe

Slim & Fit Cookies

Kalbe Slim & Fit Cookies  1枚目

Mengandung quinoa yang merupakan "world's most popular health food"

7

Julie's

Oat 25

Julie's Oat 25 1枚目

Alternatif bagi Anda yang tidak menyukai oatmeal

8

Munchy's

Oat Krunch

Munchy's Oat Krunch 1枚目

Yummy! Biskuit crunchy dengan campuran buah dan kacang-kacangan

9

Instaboost Life

Insta CookieBoost

Instaboost Life Insta CookieBoost 1枚目

Ngemil cookies tanpa rasa bersalah meski sedang diet

10

Nude Bake

Premium Matcha Almond Cookies

Nude Bake Premium Matcha Almond Cookies 1枚目

Diet lancar sambil menikmati cookies rasa matcha Jepang

Perincian produk
Close
No.1

NutrifoodTropicana Slim Cookies

Mulai dari Rp23.100,00

Biskuit diet bebas gula, kabar baik bagi penderita diabetes

Ada banyak alasan mengapa orang melakukan diet. Selain ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, ada juga yang dikarenakan menderita diabetes. Nah, jika Anda masuk dalam golongan terakhir, biskuit yang satu ini sangat tepat untuk Anda. 


Tropicana Slim Cookies dibuat tanpa gula alias sugar free sehingga tak akan menaikkan kadar gula dalam darah. Butuh snack sehat untuk penderita diabetes yang bebas gula? Ya Tropicana Slim Cookies pilihannya!

No.2

Ladang LimaHealthy Cookies

Mulai dari Rp7.000,00

Gluten free, dairy free, egg free! Sahabat terbaik bagi para vegan

Apakah Anda seorang yang menjalankan gaya hidup vegan dan sedang melakukan diet? Jika iya, produk yang satu ini akan sesuai untuk Anda. Ladang Lima Healthy Cookies dibuat tanpa telur atau bahan olahan susu (dairy) sehingga cocok dengan gaya hidup vegan Anda. 


Tak hanya itu, biskuit ini juga gluten free sehingga pas dikonsumsi oleh orang-orang yang alergi terhadap gluten. Meski bebas telur dan olahan susu, rasa biskuit ini tetap enak, lho! 

No.3

Mayora IndahRoma Sari Gandum Family Pack

Mulai dari Rp14.300,00

Cemilan untuk diet dari gandum utuh dan susu yang kaya vitamin B

Biskuit berikut ini dibuat dari gandum utuh dan susu skim bubuk yang rendah lemak. Kandungan seratnya yang cukup tinggi membuat biskuit Roma Sari Gandum bagus untuk diet dan mudah dicerna. Rasa snack ini juga tidak terlalu manis, bahkan cenderung gurih. Pilihan tepat jika Anda sedang mencari camilan untuk diet dengan rasa yang netral. 


Selain bisa mengenyangkan, biskuit Sari Gandum untuk diet ini pun kaya manfaat berkat kandungan vitamin B1, B2, B6, dan B12. Saat Anda sedang belajar atau nongkrong bersama kawan-kawan, biskuit ini bisa dijadikan camilan tanpa khawatir kenaikan berat badan berlebih. 

No.4

Wajah Rejuvenasi PerempuanWRP Everyday Cookies

Mulai dari Rp5.950,00

Kudapan kaya serat dengan kalori terkontrol

Perut Anda tiba-tiba merasa lapar di sore hari jelang jam pulang kantor? Jangan buru-buru pesan makanan berat, coba saja menikmati WRP Everyday Cookies.


Snack yang kaya akan serat ini juga makin terasa nikmat plus mampu menyehatkan saluran pencernaan. Selain tersedia dalam kemasan sachet yang praktis dibawa ke mana-mana, WRP Cookies juga tersedia dalam kemasan box.

No.5

Lengkap dengan potongan buah kering, siapa yang bisa menolak godaannya?

Bosan dengan biskuit diet yang rasanya monoton? Mungkin Anda perlu mencoba Oatbits. Sebagai biskuit oat pertama di Indonesia, biskuit yang satu ini menambahkan potongan buah kering asli dalam biskuitnya. Mulai dari jeruk, kismis, strawberry, hingga pisang, semuanya bisa Anda nikmati dalam varian rasa Oatbits.


Tak hanya itu, guna menambah citarasanya, Oatbits juga mencampur buah-buahan tersebut dengan bahan lain, seperti yoghurt dan cokelat. Anda bisa membayangkan rasanya seenak apa, bukan? Meski sedang diet, ngemil enak pun bisa jalan terus.

No.6

KalbeSlim & Fit Cookies

Mulai dari Rp49.000,00

Mengandung quinoa yang merupakan "world's most popular health food"

Setelah target berat badan tercapai, mempertahankannya agar tetap berada di angka ideal biasanya cukup sulit. Namun, Anda tak perlu khawatir! Saat keinginan untuk ngemil muncul, konsumsi saja Slim & Fit Cookies. Snack keluaran Kalbe ini mampu menjaga tubuh dan berat badan Anda tetap ideal tanpa perlu tersiksa.


Cookies ini terbuat dari campuran oat, gandum, dan quinoa. Quinoa sendiri dikenal sebagai "world's most popular health food" karena mengandung protein dan serat yang sangat tinggi. Alhasil, setelah mengonsumsi cookies ini, Anda akan kenyang dalam waktu lama dan nafsu ngemil jadi berkurang.

No.7

Alternatif bagi Anda yang tidak menyukai oatmeal

Oatmeal merupakan makanan sehat yang kaya akan serat sehingga baik untuk Anda yang sedang diet. Sayangnya tidak semua orang bisa menikmati rasa oatmeal yang hambar. Jika Anda tidak suka oatmeal, tetapi ingin mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mencicipi biskuit yang satu ini.


Camilan yang satu ini terbuat dari 25% Australian rolled oat yang dicampur dengan gandum, buah kering, serta biji-bijian. Rasa oat plain tersamarkan oleh rasa strawberry segar, biji-bijian yang gurih, serta crunchy-nya hazelnut.

No.8

Yummy! Biskuit crunchy dengan campuran buah dan kacang-kacangan

Bayangkan nikmatnya biskuit oat yang crunchy berpadu dengan potongan buah, choco chip, dan kacang-kacangan yang gurih, pasti yummy. Saat semuanya melebur di lidah akan tercipta kelezatan rasa yang lengkap. Siapa bilang diet tidak bisa sambil ngemil enak?


Selain terdapat kemasan yang berbeda, kandungan gula dan kalorinya juga berbeda tergantung dari rasanya. Namun, tenang saja! Semua masih dalam hitungan yang rendah dan cocok untuk diet.

No.9

Instaboost LifeInsta CookieBoost

Mulai dari Rp109.000,00

Ngemil cookies tanpa rasa bersalah meski sedang diet

Apakah Anda sering ingin ngemil saat bekerja atau beraktivitas, tetapi tak ingin merasa bersalah karena sedang diet? Jadikan biskuit ini sebagai pilihan untuk mendukung diet Anda tetap lancar. 


Dengan bahan-bahan yang diet-friendly, cookies ini dapat dikonsumsi tanpa membuat Anda khawatir. Saat Anda mengonsumsinya, biskuit ini dapat memberi rasa kenyang tanpa perlu makan secara berlebih.

No.10

Nude BakePremium Matcha Almond Cookies

Mulai dari Rp89.000,00

Diet lancar sambil menikmati cookies rasa matcha Jepang

Kami merekomendasikan cookies dari Nude Bake untuk Anda yang menyukai rasa matcha. Terlebih lagi, jika Anda sedang menjalani program diet, produk ini tidak boleh dilewatkan. Rasakan nikmatnya aroma matcha Jepang saat Anda menggigit beberapa keping cookies ini.


Selain rendah kalori, biskuit ini juga tidak mengandung gluten dan telur. Karena tidak mengandung telur, produk ini juga cocok dikonsumsi oleh para vegan. Anda pun bisa menjadikan produk ini sebagai surprise untuk teman atau kolega yang sedang diet.

Baca juga rekomendasi makanan atau minuman untuk diet lainnya di sini

Selain biskuit untuk diet, kami juga mengulas produk-produk lain yang bisa membantu program diet Anda. Sebelum membelinya, Anda bisa membaca ulasan kami di bawah ini guna mendapatkan informasi lebih lanjut!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang rekomendasi sepuluh biskuit terbaik untuk diet yang sudah kami sampaikan di atas? Apakah Anda merasa terbantu dan sudah menemukan biskuit yang cocok?


Saat memilih biskuit untuk diet, pastikan Anda memperhatikan komposisinya. Biskuit diet harus rendah kalori, rendah gula, tetapi kaya akan serat dan protein. Supaya diet Anda berjalan dengan baik, jangan lupa juga untuk berolahraga secara rutin. Selamat berjuang untuk mendapatkan tubuh sehat dan ideal!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer