1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Sepatu wanita
  6. >
  7. 10 Merk Sepatu Kulit Lokal Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Merk Sepatu Kulit Lokal Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Merk Sepatu Kulit Lokal Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Merk Sepatu Kulit Lokal Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Merk Sepatu Kulit Lokal Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Merk Sepatu Kulit Lokal Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Merk Sepatu Kulit Lokal Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023)

Sepatu kulit merupakan salah satu fashion item yang populer, terutama untuk kalangan wanita. Saat ini sudah ada banyak produsen lokal yang mampu menciptakan sepatu kulit untuk wanita yang bagus. Secara kualitas dan desain, sepatu kulit lokal tidak kalah dari merek luar negeri.


Agar Anda mudah menentukan pilihan, kami akan membahas dan membagikan tips memilih sepatu kulit untuk wanita. Kami juga telah mengulas merek sepatu kulit wanita yang terkenal. Anda akan menemukan produk keluaran Buccheri, Cevany, dan Berrybenka. Untuk mendapatkan sepatu kulit lokal berkualitas, baca artikel ini sampai selesai!

Diperbaharui 01-11-2023
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Halida Fatha

Halida Fatha Arrifa atau sering dipanggil Halida adalah mahasiswi S2 Kajian Pariwisata di Universitas Gadjah Mada. Karena kesukaannya dengan budaya Jepang, pada tahun 2016 hingga 2018 ia pun pernah hijrah ke Jepang untuk belajar bahasa Jepang. Bukan hanya gemar traveling dan belajar bahasa, Halida juga senang mengikuti perkembangan fashion mode di Jepang. Tak heran jika saat ini ia pun menjadi seorang fashion enthusiast dan kreator di mybest yang sering mengulas mengenai busana wanita.

Profil Halida Fatha
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih sepatu kulit lokal untuk wanita

Untuk memperoleh sepatu kulit lokal yang paling sesuai, Anda harus memperhatikan bahan dan modelnya. Nah, berikut ini akan kami jelaskan secara detail cara memilih yang tepat.

① Kenali jenis bahan yang kulit yang dipakai

Ada dua jenis kulit yang lazim digunakan untuk dijadikan sepatu, yakni kulit asli dan kulit sintetis. Setiap jenisnya tentu memiliki keunggulan dan kelemahannya tersendiri.

Kulit asli, tahan lama dan warnanya awet

Kulit asli, tahan lama dan warnanya awet

Jika Anda berencana menggunakan sepatu kulit untuk jangka panjang, sepatu kulit asli adalah pilihannya. Kulit asli atau genuine leather memiliki daya tahan tinggi. Dengan pemakaian normal, ketahanannya bisa mencapai 5 tahun. Dipadukan dengan warna yang tidak cepat pudar, sepatu kulit asli akan tetap menawan meski telah digunakan bertahun-tahun.


Kenyamanannya pun tak perlu diragukan, sepatu kulit asli tidak menyimpan panas sehingga sangat nyaman digunakan. Alasan-alasan tersebut membuat sepatu ini dijual dengan harga yang cukup tinggi. Terlepas dari harga, sepatu kulit asli tepat dimiliki oleh Anda yang mengutamakan kualitas di atas segalanya.

Kulit sintetis, perawatannya mudah dan harganya bersahabat

Kulit sintetis, perawatannya mudah dan harganya bersahabat

Dibandingkan sepatu kulit asli, sepatu berbahan kulit sintetis memiliki harga lebih terjangkau. Meskipun begitu, tampilannya tetap menawan, kok. Selain itu, sepatu kulit sintetis juga mudah dirawat. Jika penggunaannya normal, sepatu kulit sintetis bisa bertahan sekitar 2 tahun


Memang keawetan dan kenyamanannya masih di bawah sepatu genuine leather. Namun, hal tersebut juga berbanding lurus dengan harganya. Toh, sepatu kulit sintetis masih cukup nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Sepatu ini cocok untuk Anda yang ingin memiliki sepatu kulit keren dengan harga ekonomis dan perawatan mudah.

Suede, tampil beda dengan tekstur lembut

Suede, tampil beda dengan tekstur lembut

Bahan suede sangat unggul dalam hal kelembutan tekstur. Bahan ini diperoleh dari sisi dalam genuine leather. Dibandingkan bahan kulit lembut lainnya, suede memiliki daya tahan yang lebih baik. Harganya juga tergolong bersahabat di kantong. Akan tetapi, suede cenderung tipis dan kalah awet dibandingkan genuine leather.


Secara tampilan, sepatu berbahan suede umumnya terkesan kasual. Jadi, Anda bisa menggunakannya untuk kegiatan outdoor, jalan-jalan ke mal, dan sebagainya. Mungkin sepatu berbahan genuine leather ataupun kulit sintetis terlihat kuno bagi sebagian orang. Karena itu, bahan suede dapat menjadi pilihan karena terlihat lebih stylish.

② Pilih model yang menunjang penampilan

Saat ini, ada banyak model sepatu kulit untuk wanita. Anda tentu akan merasa lebih nyaman dan percaya diri mengenakan sepatu yang disuka, bukan? Mari lihat lebih jauh jenis-jenisnya berikut ini.

Flat shoes: Nyaman dan praktis digunakan sehari-hari

Flat shoes: Nyaman dan praktis digunakan sehari-hari

Ciri utama dari flat shoes terletak pada bagian sol yang berbentuk datar dan cenderung tipis. Sepatu model ini juga terkenal memiliki bobot yang ringan. Dari segi tampilan, umumnya flat shoes memiliki desain yang cenderung lebih ringkas. Alhasil, model ini mudah disesuaikan dengan bermacam gaya berpakaian.


Berdasarkan desainnya, flat shoes sendiri memiliki banyak jenis. Salah satu yang paling banyak digemari adalah flat shoes jenis ballerina. Umumnya, semua jenis flat shoes memiliki desain slip-ons atau tanpa tali. Hal itu membuatnya mudah dipakai dan dilepas. Dari segi kepraktisan dan kenyamanan, model flat shoes adalah juaranya.

Heels dan wedges: Desainnya yang estetis berikan kesan anggun

Heels dan wedges: Desainnya yang estetis berikan kesan anggun

Heels dan wedges merupakan jenis sepatu wanita dengan ciri khas sol belakang yang tinggi. Saat memakai heels atau wedges, punggung kaki akan terekspos sehingga penampilan terkesan lebih anggun. Selain itu, kedua model sepatu ini juga dapat meningkatkan postur tubuh sehingga badan terlihat lebih jenjang.


Lalu, apa perbedaan dari kedua jenis tersebut? Simak penjelasan kami di bawah ini, ya.


  • Heels

Heels memiliki alas sol belakang yang cenderung lebih ramping atau meruncing. Desainnya yang elegan cocok untuk acara formal ataupun informal. Sayangnya, sepatu ini kurang nyaman jika dikenakan terlalu lama, risiko cedera saat memakainya pun cukup tinggi.


  • Wedges

Berbeda dengan heels, sepatu wedges memiliki sol lebih tebal dengan alas bagian belakang dan depan yang sama rata. Hal itu membuat sepatu wedges lebih seimbang dan nyaman saat dipakai. Namun, desain sepatu wedges memberikan kesan santai sehingga kurang cocok untuk acara formal.

Pantofel: Tampilannya berkelas, cocok untuk melengkapi gaya formal

Pantofel: Tampilannya berkelas, cocok untuk melengkapi gaya formal

Sepatu pantofel dikenal juga sebagai sepatu kerja. Pasalnya, pantofel memiliki desain yang tegas sehingga terlihat formal. Karena itu, model sepatu ini paling cocok digunakan untuk acara formal.


Pantofel umumnya memiliki upper berjenis low-cut yang tingginya sebatas mata kaki dengan tambahan tali atau gesper. Selain itu, ada juga sepatu yang desainnya mirip dengan pantofel, yaitu loafers. Bedanya, sepatu loafers memiliki desain yang semiformal dan berjenis slip-ons. Loafers juga hadir dalam hiasan dan warna yang lebih beragam.

Boots: Pilihan untuk Anda yang ingin tampil trendi

Boots: Pilihan untuk Anda yang ingin tampil trendi

Upper dari boots dikenal memiliki desain high-cut atau di atas mata kaki. Sepatu ini biasanya dibuat dengan bahan yang tebal karena pada dasarnya boots dibuat untuk melindungi kaki. Dalam dunia fashion, sepatu boots sangat populer untuk memberikan kesan edgy dan trendi.


Jenis sepatu boots yang paling populer untuk kalangan wanita adalah chelsea boots. Boots jenis ini memiliki desain slip-ons yang terlihat lebih simpel. Desain tersebut membuatnya fleksibel untuk berbagai jenis kegiatan.

③ Sesuaikan warna sepatu dengan gaya busana

Sesuaikan warna sepatu dengan gaya busana

Selain model yang beragam, sepatu kulit juga hadir dalam pilihan warna yang sangat variatif. Sepatu genuine leather biasanya berwarna hitam, cokelat muda, cokelat tua, dan warna netral lainnya. 


Sementara itu, sepatu kulit sintetis ada yang dibuat dengan warna mencolok, misalnya merah, pink, biru muda, dan sebagainya. Sepatu suede sintetis atau dari kulit asli juga memiliki varian warna yang banyak. Dengan memilih sepatu yang warnanya sesuai gaya busana, tentu Anda akan terlihat makin memukau.

10 Rekomendasi sepatu kulit lokal terbaik untuk wanita

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu kulit lokal terbaik untuk wanita yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Yongki Komaladi

Balerina

Yongki Komaladi Balerina 1枚目

Tidak mencolok dan sederhana, tetapi tetap manis

2

Berrybenka

Sofia Fello Emblished Loafer

Berrybenka  Sofia Fello Emblished Loafer  1枚目

Ayo tampil lebih classy dengan sepatu ini!

3

Pluvia

NIKITA Sepatu Flat Shoes Wanita

Pluvia NIKITA Sepatu Flat Shoes Wanita  1枚目

Pancarkan kesan anggun sekaligus berwibawa

4

Dr. Kevin Shoes

Sepatu Pantofel Wanita

Dr. Kevin Shoes Sepatu Pantofel Wanita 1枚目

Tampilan formal membuat Anda terlihat lebih profesional

5

LOVA

Tera Sepatu Docmart Wanita

LOVA Tera Sepatu Docmart Wanita  1枚目

Sepatu docmart lokal yang sempurna untuk gaya klasik

6

Cevany

Sepatu Kerja Wanita Flat Formal Kulit Asli Geovani S

Cevany  Sepatu Kerja Wanita Flat Formal Kulit Asli Geovani S  1枚目

Sentuhan homemade berikan kesan eksklusif

7

ShopAtBlow

Vila Crystal Hees

ShopAtBlow Vila Crystal Hees 1枚目

Kilau hiasannya yang menawan akan mempercantik penampilan

8

Catenzo

Sepatu Boots Wanita

Catenzo Sepatu Boots Wanita 1枚目

Ingin tampil beda? Ayo pakai sepatu ini!

9

Buccheri

Weyna

Buccheri Weyna 1枚目

Desain vintage untuk berbagai acara

10

Golfer

Sepatu Formal Boot Wanita

Golfer Sepatu Formal Boot Wanita 1枚目

Hadirkan kesan wanita tangguh dan percaya diri

Perincian produk
Close
No.1

Yongki KomaladiBalerina OL-EJM-802

Mulai dari Rp499.000,00

Tidak mencolok dan sederhana, tetapi tetap manis

Kelebihan:

  • Pilihan ukurannya terbilang beragam sehingga tak perlu khawatir size-nya tidak pas


Kekurangan:

  • Terdapat pembeli yang mengatakan bahwa bagian belakang sepatu mudah membuat lecet jika dipakai terlalu lama


Anda yang tidak menyukai sepatu dengan desain mencolok dapat mempertimbangkan produk ini. Ya, sepatu keluaran Yongki Komaladi ini memiliki desain yang terbilang cukup simpel. Karena itu, Anda akan lebih mudah memadukannya dengan berbagai gaya kasual dan semiformal. Modelnya yang dilengkapi dengan aksen pita juga membuatnya terlihat manis dan terkesan feminin.

No.2

Berrybenka Sofia Fello Emblished Loafer

Mulai dari Rp159.000,00

Ayo tampil lebih classy dengan sepatu ini!

Kelebihan:

  • Pembeli puas karena sepatunya empuk dan tidak mudah bikin lecet kaki
  • Tawarkan dua pilihan warna bernuansa earth tone yang mudah dipadu padankan


Kekurangan:

  • Jahitannya kurang rapi menurut pembeli


Suka dengan tampilan yang berkelas? Kalau begitu, Sophie Fello Emblished Loafer dari Berrybenka layak untuk dimasukkan ke dalam koleksi Anda. Sepatu ini memiliki desain yang lembut dan elegan sehingga terlihat begitu premium. Ornamen strap berwarna gold di punggungnya juga menambah kesan mewah. Loafers ini akan melengkapi gaya classy Anda saat acara santai ataupun semiformal.

No.3

PluviaNIKITA Sepatu Flat Shoes Wanita

Mulai dari Rp250.000,00

Pancarkan kesan anggun sekaligus berwibawa

Kelebihan:

  • Cukup banyak pembeli yang puas karena sepatunya empuk dan nyaman dipakai
  • Bahan sepatunya halus dan sepatunya cukup kokoh menurut reviewer

Kekurangan:

  • Bagian depannya didesain lancip sehingga pemilik kaki lebar mungkin kurang nyaman memakainya

Pluvia merupakan salah satu brand lokal yang yang menawarkan beragam sepatu cantik untuk wanita. Salah satunya dapat Anda lihat dari flat shoes ini. Sepatu ini hadir dengan bahan kulit bertekstur beludru yang lembut. 


Ada juga ornamen berbentuk pita yang dapat menjadi highlight penampilan Anda. Desain sepatu ini memadukan unsur semiformal dan estetis. Anda yang ingin tampil anggun dan berwibawa bisa menjadikannya sebagai pilihan.

No.4

Dr. Kevin ShoesSepatu Pantofel Wanita531-016

Mulai dari Rp599.900,00

Tampilan formal membuat Anda terlihat lebih profesional

Kelebihan:

  • Terdapat dengan pengait yang direkatkan sehingga lebih kokoh saat dipakai berjalan
  • Menurut pembeli, sepatunya ringan sehingga kaki tidak mudah lelah

Kekurangan:

  • Ulasan mengatakan bahwa saat dipakai sepatunya cukup kaku

Jika Anda mencari sepatu untuk kegiatan formal, sepatu pantofel dari Dr. Kevin Shoes ini bisa dilirik. Sepatu ini memiliki desain yang terlihat profesional, cocok untuk digunakan ke kantor atau menghadiri interview kerja.


Produk ini memiliki desain round toe yang tidak akan membuat sesak saat dipakai. Jadi, sepatu ini nyaman dipakai berjalan atau berdiri dalam waktu yang lama. Hak model wedges-nya juga akan menambah kesan elegan pada penampilan Anda.

No.5

LOVATera Sepatu Docmart Wanita

Mulai dari Rp152.000,00

Sepatu docmart lokal yang sempurna untuk gaya klasik

Kelebihan:

  • Pembeli puas berkat sepatunya yang ringan
  • Nuansa glossy-nya beri kesan lebih mewah

Kekurangan:

  • Menurut ulasan, terdapat sisa benang dan lem yang tidak rapi

Dr. Martens atau docmart adalah merek sepatu dari Inggris yang sangat populer dengan gaya klasiknya. Apakah Anda ingin memilikinya, tetapi terhalang budget? Mengapa tidak mencoba memilih sepatu docmart lokal? Sepatu dari LOVA ini dapat menjadi pilihan. Produk ini merupakan buatan lokal dengan desain yang terinspirasi dari sepatu Dr. Martens. Anda penggemar gaya klasik wajib memilikinya!

No.6

Cevany Sepatu Kerja Wanita Flat Formal Kulit Asli Geovani S PP01

Mulai dari Rp275.000,00

Sentuhan homemade berikan kesan eksklusif

Kelebihan:

  • Terdapat delapan pilihan warna trendi yang dapat Anda pilih sesuai selera
  • Dibuat dengan insole yang empuk, nyaman digunakan dalam waktu lama
  • Bisa ditukar jika ukuran kebesaran atau kekecilan

Kekurangan:

  • Ada ulasan yang mengatakan bahwa bahan yang dipakai cukup keras dan kaku

Siapa bilang barang homemade kualitasnya kurang bagus? Nyatanya sepatu kulit dari Cevany ini memiliki tampilan yang sangat eksklusif dengan kualitas yang top. Siapa sangka, sepatu yang cantik ini 100% homemade, lho! Detail bahan dan lekukannya begitu rapi mirip buatan pabrik. Anda yang menyukai tekstur kulit sapi asli akan menyukai sepatu ini karena teksturnya sangat khas.

No.7

ShopAtBlowVila Crystal Hees BLJIHE 0014

Mulai dari Rp597.000,00

Kilau hiasannya yang menawan akan mempercantik penampilan

Kelebihan:

  • Memberikan kesan makin jenjang berkat tinggi heels yang mencapai 2,5 cm
  • Solnya diklaim antilicin

Kekurangan:

  • Didesain dengan bentuk lancip, pemilik kaki lebar perlu memilih ukuran yang lebih besar

Saat pertama kali melihatnya, Anda akan terpukau dengan kecantikan dari sepatu keluaran ShopAtBlow yang memiliki tagline #SepatuKebanggaanWanitaIndonesia ini. Sepatu model high heels ini memiliki sentuhan hiasan di bagian depan yang berkilauan. 


Dengan begitu, penampilan Anda pun menjadi lebih stand out saat memakainya! Sepatu kulit ini sangat cocok Anda gunakan saat menemui klien bahkan untuk acara pesta.

No.8

CatenzoSepatu Boots WanitaYE 091

Mulai dari Rp139.000,00

Ingin tampil beda? Ayo pakai sepatu ini!

Kelebihan:

  • Memiliki garansi 100% refund dengan syarat yang tidak ribet

  • Detail ritsleting mempermudah Anda ketika memakai atau melepasnya


Kekurangan:

  • Ulasan mengatakan Anda perlu menambah satu nomer size agar tidak kesempitan

Sepatu lokal yang satu ini memiliki desain yang fashionable dan up-to-date. Ketika memakainya, gaya Anda akan terlihat kekinian. Mau dipadukan dengan rok atau celana panjang, semuanya pasti modis! Produk dari Catenzo ini sempurna untuk Anda yang ingin tampil beda dari yang lain.


Sepatu ini dibuat dari bahan yang lembut. Bahannya yang tidak kaku akan memudahkan pergerakan kaki sehingga Anda dapat bergerak dengan lebih leluasa. Anda yang memiliki mobilitas tinggi tentu akan senang memilikinya.

No.9

BuccheriWeyna

Mulai dari Rp709.000,00

Desain vintage untuk berbagai acara

Kelebihan:

  • Memiliki hak setinggi 2 cm sehingga menambah kesan jenjang
  • Karena memiliki ujung yang bulat, sepatu ini nyaman dipakai oleh pemilik kaki lebar

Kekurangan:

  • Tidak ada informasi ukuran dalam satuan sentimeter sehingga beberapa pembeli salah memilih ukuran

 

Adanya ornamen di bagian upper membuat sepatu dari Buccheri ini terkesan makin manis. Baik warna blue maupun tan, keduanya pas Anda gunakan saat acara formal. Desainnya pun klasik, kombinasi tepat untuk dipasangkan dengan pakaian kantor atau vintage dress.


Insole-nya berbahan cow skin yang empuk sehingga kenyamanannya tak perlu diragukan. Dipadukan dengan modelnya yang slip-ons, produk ini tentunya makin nyaman dipakai. Produk ini merupakan jawaban bagi Anda yang mencari sepatu bergaya retro dengan kenyamanan mumpuni!

No.10

GolferSepatu Formal Boot WanitaGLF-GF-7305

Mulai dari Rp231.000,00

Hadirkan kesan wanita tangguh dan percaya diri

Kelebihan:

  • Outsole-nya dibuat dari bahan thermo plastic rubber (TPR) dengan daya cengkeram yang tinggi dan antiselip
  • Ada hiasan berbentuk bunga di sisi samping yang membuat look-nya tampak lebih manis

Kekurangan:

  • Pilihan warnanya terbatas

Sepatu ini hadir dengan memadukan dua konsep model, yaitu chelsea boots dan wedges. Hasilnya, sepatu yang tampilannya unik pun Anda dapatkan. Anda yang percaya diri tentu bisa memakai produk ini tanpa ragu.


Kombinasi kedua model tersebut juga membuat produk ini terkesan sangat tough. Jika Anda berkepribadian serius, berkarakter kuat, dan dominan, tentu sepatu ini ideal dijadikan teman sehari-hari.

Tips merawat sepatu kulit

Tips merawat sepatu kulit

Secara umum, sepatu genuine leather dan kulit sintetis memiliki cara perawatan yang samaAnda perlu melindunginya dari air dan kelembapan agar kulit tidak pecah atau retak. Saat kotor, Anda cukup menyikat dan mengelapnya dengan lap basah. Setelah itu, pastikan sepatu kering sempurna. Menyimpannya pun jangan di plastik karena bisa membuat sepatu lembap. 


Di sisi lain, bahan suede cenderung mudah kotor sehingga perlu perawatan ekstra. Sebagai perlindungan pertama, Anda bisa menggunakan spray atau benda sejenis untuk melindungi lapisan luarnya. Bila ada bercak kotoran, pastikan Anda menggunakan sikat khusus bahan suede.


Kemudian, sikatlah sepatu secara keseluruhan dengan sikat tersebut dan sedikit air. Jika nodanya membandel, Anda bisa mencoba mengatasi dengan cuka atau tepung maizena. Saat terkena air, jangan jemur langsung sepatu di bawah terik matahari. Cukup angin-anginkan sepatu Anda hingga kering.

Baca juga rekomendasi sepatu lainnya untuk wanita di sini

Selain sepatu kulit, kami juga memiliki banyak artikel lain yang membahas sepatu wanita. Ada berbagai jenis sepatu yang telah kami bahas, mulai dari flat shoes, slip-ons, hingga high heels. Jika penasaran, langsung saja klik link di bawah ini. 

Kesimpulan

Membayangkan diri sendiri terlihat makin menawan dengan sepatu kulit yang tepat rasanya menyenangkan, bukan? Namun, pastikan untuk mengecek dahulu bahan yang digunakan.


Selain warna, tentu Anda perlu memilih sepatu kulit yang modelnya paling disuka. Memiliki lebih dari satu model sepatu pun tidak ada salahnya jika Anda sudah menyediakan dana. Yuk, miliki segera sepatu kulit favorit Anda dan tampil kece setiap saat!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer