• 10 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2020)

Rambut rontok merupakan hal yang tidak disukai oleh semua orang karena bisa mengarah pada kebotakan jika rontoknya parah. Vitamin rambut dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kerontokan pada rambut Anda. Namun, bagaimana cara memilih vitamin rambut terbaik untuk rambut rontok?


Berbagai merek vitamin rambut, seperti Ellips, Makarizo, Natur, dan Neril sudah banyak Anda temui di pasaran. Masing-masing merek memiliki kandungan nutrisi yang beragam. Agar Anda tidak salah memilih, kami akan memberikan tips memilih vitamin rambut yang sesuai beserta dengan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 13 November 2020
  • 23.238 Views
Daftar isi

Rambut rontok, apa penyebabnya?

Rambut rontok, apa penyebabnya?

Merupakan hal yang normal jika rambut Anda rontok sekitar 50-100 helai per harinya. Hal tersebut dikarenakan adanya siklus pergantian sel lama dengan yang baru. Untuk rambut yang rontok secara alami, ada 3 fase yang terjadi, yaitu anagen, katagen, dan telogen


Fase anagen adalah fase di mana rambut bertumbuh secara maksimal, sekitar 1 cm per per bulan. Fase ini umumnya berlangsung selama 2-6 tahun. Berikutnya adalah fase katagen. Katagen adalah fase transisi yang terjadi selama 2-3 minggu. Pada fase ini, rambut berhenti bertumbuh dan akar rambut mulai menyusut. Dari keseluruhan rambut Anda, biasanya hanya sekitar 3% yang berada dalam fase ini secara berbarengan. Terakhir adalah fase telogen atau fase istirahat. Pada fase ini, terjadi kerontokan sekitar 6-8% dari jumlah rambut Anda. Folikel kulit kepala akan tidak aktif sampai kurang lebih 3 bulan. Setelah itu, rambut memasuki fase anagen kembali.


Namun, rambut Anda bisa saja mengalami kerontokan yang lebih parah. Untuk mengetahuinya, Anda dapat memeriksanya ketika baru bangun tidur. Jika Anda sangat jarang mendapati helaian rambut pada bantal, hanya sekitar 8-10 helai saja, hal tersebut adalah wajar. Sebaliknya, apabila Anda mendapati lebih banyak helaian rambut pada bantal, bisa jadi Anda sudah mengalami kerontokan yang parah. Begitu pula jika ada banyak rambut yang rontok ketika disisir dengan tangan.


Wanita yang baru saja melahirkan juga biasanya mengalami rambut rontok. Penyebabnya adalah menurunnya kadar hormon estrogen sehingga rambut memasuki fase telogen. Bila Anda mengalaminya, tak perlu khawatir. Rambut Anda akan tumbuh kembali dalam waktu 6 bulan setelah melahirkan. Namun, jika dalam waktu 12 bulan rambut tidak kunjung tumbuh, segera periksakan ke dokter.


Kerontokan dapat menjadi salah satu penanda kondisi serius pada tubuh Anda, seperti stres fisik atau psikis, anemia, bahkan hipotiroid. Selain itu, konsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan kerontokan rambut, salah satunya adalah konsumsi vitamin A secara berlebih.


Hair styling, serta faktor keturunan juga dapat menjadi penyebab kerontokan rambut yang parah, bahkan mengarah pada kebotakan. Agar tidak makin parah, Anda dapat menggunakan vitamin rambut. Vitamin rambut bermanfaat untuk menguatkan akar rambut dan setiap helai rambut Anda.

Cara memilih vitamin untuk rambut rontok

Banyak produk yang menawarkan vitamin untuk rambut rontok. Simak tips kami untuk memilih produk yang tepat bagi Anda.

Kandungan bahan alami untuk kebaikan rambut

Hampir setiap produk perawatan rambut menggunakan bahan-bahan alami dalam formulanya. Bahan alami memang sudah terbukti dapat membantu menjaga rambut Anda dari kerontokan, juga mempercepat pertumbuhan rambut. Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang terkandung dalam produk perawatan rambut yang terbukti bisa menjaga rambut dari kerontokan.

Aloe vera, kaya akan vitamin penting

Aloe vera, kaya akan vitamin penting

Aloe vera atau lidah buaya sudah lama dipercaya dapat mempercepat pertumbuhan rambut sekaligus membuat rambut tumbuh lebat. Jika ingin menggunakannya secara langsung, Anda dapat mengoleskannya pada kulit kepala dan batang rambut.


Bahan ini kaya akan vitamin A, C, D, E, dan zat besi yang berperan dalam pergantian dan pertumbuhan sel, termasuk sel-sel rambut. Kandungan vitamin B12 dan asam folat di dalam lidah buaya dapat membantu mencegah kerontokan rambut. 


Lidah buaya juga mengandung enzim proteolitik untuk memperbaiki sel-sel mati pada kulit kepala sehingga bisa terus beregenerasi. Dengan demikian, rambut akan tumbuh dengan lebih cepat.

Ginseng, memperkuat akan rambut

Ginseng, memperkuat akan rambut

Tidak hanya untuk meningkatkan stamina, herba asal Korea ini juga dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala Anda. Penelitian menyatakan bahwa kandungan ginsenoside pada ginseng terlibat dalam siklus pertumbuhan rambut. Kandungan tersebut akan menginduksi fase anagen dan menunda fase katagen.


Ginseng juga berperan sebagai antioksidan yang menjaga agar sel-sel kulit kepala tetap menjadi baru. Dengan demikian, siklus sel tetap berjalan dengan normal. Selain mempercepat pertumbuhan rambut, ginseng dapat membuat akar rambut menjadi lebih kuat.

Minyak kemiri dan minyak kelapa, penuhi kebutuhan asam amino

Minyak kemiri dan minyak kelapa, penuhi kebutuhan asam amino

Minyak kemiri, dikenal juga dengan nama candlenut atau kukuinut oil, dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Tanaman ini kaya akan asam lemak dan asam amino yang dapat membantu menutrisi kulit kepala agar kebutuhannya terpenuhi. Nutrisi yang terpenuhi membuat sel-sel rambut dapat kembali beregenerasi sehingga rambut cepat tumbuh.


Minyak kemiri juga dipercaya dapat membuat rambut menjadi lebih halus dan hitam. Linoleic acid di dalam minyak kemiri dapat melapisi rambut, serta memperbaiki rambut yang bercabang.


Sementara itu, minyak kelapa mengandung banyak protein dan asam lemak yang juga bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi rambut. Minyak kelapa juga sanggup masuk ke dalam helai rambut dan memperbaiki strukturnya. Hasilnya, setiap helai rambut akan menjadi lebih tebal.

Pilih kemasan yang mudah digunakan

Pilih kemasan yang mudah digunakan

Vitamin untuk rambut hadir dalam berbagai bentuk. Anda dapat menemui vitamin rambut yang dikemas dalam bentuk kapsul bulat. Bentuk ini sangat praktis dibawa karena ukurannya yang kecil. Selain itu, Anda tidak perlu repot menakar ukuran yang pas. Anda hanya perlu membaca instruksi pemakaiannya untuk mengetahui berapa kapsul yang harus digunakan dalam setiap pemakaian.


Selain itu, ada vitamin rambut yang dikemas dalam bentuk spray. Botol spray yang berukuran besar terkadang dirasa memberatkan jika dibawa ke luar rumah. Namun, penggunaannya lebih efisien. Anda cukup menyemprotkan dari jarak 10-15 cm, kemudian meratakannya pada kulit kepala atau helaian rambut Anda.


Di samping kedua kemasan tersebut, ada juga kemasan botol tetes atau botol biasa dengan lubang kecil. Ukuran botol biasanya cukup besar. Untuk menggunakannya, Anda harus meneteskannya ke kulit kepala, kemudian menggosok atau memijatnya.

Perhatikan cara penggunaannya

Perhatikan cara penggunaannya

Penjelasan mengenai cara penggunaan sering kali dilewatkan oleh pembeli. Padahal, cara pengunaan vitamin untuk rambut berbeda-beda. Ada vitamin yang cukup dioleskan pada batang rambut, ada juga yang harus dioleskan pada kulit kepala dan diberi sedikit pijatan agar meresap.


Anda perlu membaca cara penggunaannya agar efeknya lebih maksimal. Waktu penggunaannya pun juga menjadi penting. Perhatikanlah, apakah sebelum menggunakannya Anda perlu keramas terlebih dahulu atau tidak? Selain itu, akan lebih baik jika Anda menggunakan rangkaian produk perawatan dari merek yang sama.


Dengan cara-cara tersebut, produk yang Anda gunakan bakal memberi manfaat yang optimal.

10 Rekomendasi vitamin terbaik untuk rambut rontok

Produk-produk vitamin rambut terbaik untuk rambut rontok kami rangkum dalam segmen berikut ini. Jangan sampai ada yang terlewatkan.

10
KemasanKapsul
Bahan utamaMoroccan oil, ginseng, honey oil, pro vitamin B5, vitamin A, vitamin E
9
KemasanKapsul
Bahan utamaVitamin A, C, E, pro vitamin B5, silk protein, argan oil
8
KemasanSpray
Bahan utamaKukui nut, moroccan argan oil, multivitamin
7
KemasanBotol tetes
Bahan utamaGrape seed oil, zinc sulfate
6
KemasanSpray
Bahan utamaGinseng
5
KemasanSpray
Bahan utamaAminexil, vitamin PP, arginine, gluco-lipid GL
4
KemasanBotol tetes
Bahan utamaCoconut oil, palm oil, aleuritas moulccana seed oil, lawsonia inermis extract, eclipta alba leaf extract, castor oil, cananga odorata flower oil, jasmine flower oil
3
KemasanBotol tetes
Bahan utamaNettle, chamomile, birch, wheat, horsetail, vitamin kompleks, protein, menthol
2
KemasanBotol tetes
Bahan utamaCastor oil, menthol, amino acid, chamomile flower extract
1
KemasanBotol tetes
Bahan utamaSophora root extract, tripeptide complex, soybeans protein, hydrolyzed sricin

Tabel perbandingan produk vitamin terbaik untuk rambut rontok

Gambar produk
1
Rudy Hadisuwarno Cosmetics Hair Growth Serum 1

Rudy Hadisuwarno Cosmetics

2
NR Reactive Tonic 1

NR

3
Garnier Neril Anti-Loss Guard Cool & Fresh Tonic 1

Garnier

4
Mustika Ratu Hair Oil Cem Ceman 1

Mustika Ratu

5
Kérastase  Stimuliste Spécifique 1

Kérastase

6
Natur Hair Tonic Ginseng Extract 1

Natur

7
Dove Intensive Hair Fall Treatment Tonic 1

Dove

8
Miranda Hair Vitamin Kukui Nut 1

Miranda

9
Makarizo Hair Vitamin Capsules Long & Strong 1

Makarizo

10
Ellips Hair Vitality 1

Ellips

Nama produk

Hair Growth Serum

Reactive Tonic

Neril Anti-Loss Guard Cool & Fresh Tonic

Hair Oil Cem Ceman

Stimuliste Spécifique

Hair Tonic Ginseng Extract

Intensive Hair Fall Treatment Tonic

Hair Vitamin Kukui Nut

Hair Vitamin Capsules Long & Strong

Hair Vitality

Keunggulan

Paket komplet dari Rudy Hadisuwarno

Kulit kepala sehat, bebas kering, bebas minyak

Teteskan, lalu kulit kepala akan terasa lebih segar

Ramuan asli Indonesia ciptakan rambut kuat dan berkilau

Hindari premature aging, hindari kebotakan dini

Manfaat herba untuk rambut dan relaksasi

Kibaskan rambut kuat bebas patah

Menguatkan akar rambut sekaligus melembutkan tiap helainya

Kembalikan kilau sehat rambut yang mulai rusak

Sampai jumpa, rambut kaku!

HargaRp 113.900,00Rp 98.000,00Rp 99.000,00Rp 27.200,00Rp 350.000,00Rp 42.000,00Rp 45.000,00Rp 46.880,00Rp 71.000,00Rp 107.700,00
KemasanBotol tetesBotol tetesBotol tetesBotol tetesSpraySprayBotol tetesSprayKapsulKapsul
Bahan utamaSophora root extract, tripeptide complex, soybeans protein, hydrolyzed sricinCastor oil, menthol, amino acid, chamomile flower extractNettle, chamomile, birch, wheat, horsetail, vitamin kompleks, protein, mentholCoconut oil, palm oil, aleuritas moulccana seed oil, lawsonia inermis extract, eclipta alba leaf extract, castor oil, cananga odorata flower oil, jasmine flower oilAminexil, vitamin PP, arginine, gluco-lipid GLGinsengGrape seed oil, zinc sulfateKukui nut, moroccan argan oil, multivitaminVitamin A, C, E, pro vitamin B5, silk protein, argan oilMoroccan oil, ginseng, honey oil, pro vitamin B5, vitamin A, vitamin E
Tautan produk

Jangan hanya dari luar, cukupkan kebutuhan nutrisi rambut dari dalam juga

Jangan hanya dari luar, cukupkan kebutuhan nutrisi rambut dari dalam juga

Selain menggunakan vitamin rambut, asupan nutrisi menjadi hal penting untuk menjaga kesehatan rambut Anda. Jangan sampai Anda kekurangan nutrisi sehingga rambut menjadi makin rontok dan tidak terawat.


Protein merupakan nutrisi terpenting untuk proses pertumbuhan rambut, serta menjaga struktur helai rambut. Agar kerontokan segera berhenti dan pertumbuhan cepat berlangsung, konsumsilah asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 membuat kulit kepala lebih sehat dan rambut lebih berkilau.


Metil sulfonyl metana atau MSM, zat yang terkandung di dalam susu, tomat, dan jagung, membantu memproduksi keratin rambut. Anda akan merasakan manfaatnya dalam jangka waktu 6 bulan. Manfaat tersebut antara lain berkurangnya kerontokan dan menebalnya rambut. MSM juga tersedia dalam bentuk suplemen agar Anda lebih mudah mengonsumsinya.


Vitamin B kompleks, C, E, dan zat besi juga merupakan nutrisi penting untuk mencegah kerontokan rambut. Vitamin dan zat besi membantu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala, meningkatkan kolagen dan keratin, serta mencegah rambut patah.


Selain dari sayur, buah, daging, telur, dan susu, Anda dapat mengonsumsi nutrisi tersebut dari suplemen. Apabila Anda ingin mengonsumsi suplemen, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar Anda mendapatkan manfaat yang maksimal.

Baca juga rekomendasi vitamin untuk rambut kering di sini

Di samping untuk rambut rontok, tersedia juga vitamin untuk rambut kering. Dapatkan kembali kelembapan rambut dengan menggunakan vitamin yang pas untuk Anda. Info lebih lanjutnya dapat Anda temui pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Rambut rontok yang tidak segera diatasi akan mengarah pada kebotakan. Segera atasi rambut rontok Anda dengan memberikan nutrisi yang tepat pada kulit kepala. Produk yang tepat disertai dengan penggunaan yang benar akan membuat efeknya lebih maksimal. Selanjutnya, ingatlah bahwa nutrisi tidak hanya dari luar, tetapi juga dari dalam. Konsumsilah makanan yang sehat untuk mengembalikan pertumbuhan rambut Anda.


Sekian artikel dari kami. Selamat mendapatkan rambut lebat bebas rontok!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Hair tonic berguna untuk membantu mengatasi masalah rambut rontok, berketombe, gatal, dan sebagainya. Pemakaian hair tonic juga disarankan untuk menjadikan rambut lebih kuat, sehat, dan segar. Namun, banyaknya hair tonic yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih hair tonic kepada Anda. Tak ketinggalan, kami pun akan merekomendasikan sepuluh produk hair tonic yang dapat Anda jadikan referensi. Merek perawatan rambut terkenal, seperti Kerastase, Makarizo, dan lainnya termasuk di dalam daftar. Mari simak terus artikel ini!
    Perawatan rambut
    209.605 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Rambut (Hair Mask) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Rambut (Hair Mask) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sadarkah Anda jika penggunaan alat styling dan bahan kimia akan memperburuk kondisi rambut? Untuk menjaga kesehatan rambut, masker rambut merupakan produk perawatan yang wajib digunakan. Banyaknya produk hair mask bermerek terkenal yang beredar di pasaran mungkin akan membuat Anda bingung menentukan pilihan. Untuk memudahkan Anda dalam memilih yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilih masker rambut kepada Anda. Setelah itu, kami pun sudah menyiapkan rekomendasi produk terbaik dari berbagai merek ternama, seperti Makarizo, Pantene, Kérastase, dan lainnya untuk Anda. Mari temukan masker rambut yang dapat memperindah rambut Anda!
    Perawatan rambut
    178.496 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Obat Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Adakalanya Anda ingin meluruskan rambut, tetapi tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke salon. Untuk lebih menghemat waktu dan biaya, Anda dapat meluruskan rambut sendiri di rumah menggunakan obat pelurus rambut. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan rambut lurus nan indah di tengah-tengah kesibukan Anda.Terdapat banyak jenis dan merek obat pelurus rambut yang dijual secara bebas, seperti Makarizo, Matrix, dan L’Oreal. Agar mudah menemukan produk yang tepat, simak cara memilih dan rekomendasi obat pelurus rambut terbaik berikut ini. Selamat membaca!
    Perawatan rambut
    208.164 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Anti Ketombe Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Shampo Anti Ketombe Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Munculnya ketombe bisa disebabkan oleh kulit kepala yang kering, sekresi sebum yang berlebih, atau lainnya. Jika Anda merasa kulit kepala sudah bersih, tetapi masih muncul ketombe, mungkin Anda perlu meninjau kembali sampo yang digunakan. Namun, saat ini tersedia banyak merek sampo antiketombe di pasaran dengan berbagai keunggulan masing-masing.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana caranya menemukan sampo yang efektif menghilangkan ketombe berdasarkan gejala yang Anda rasakan atau kandungan dalam suatu produk. Kami juga akan merekomendasikan produk yang dapat Anda beli di toko-toko terdekat maupun secara online. Temukan sampo antiketombe yang tepat untuk mendapatkan manfaat menyeluruh!
    Perawatan rambut
    112.893 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Memperbaiki Rambut Rusak (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Memperbaiki Rambut Rusak (Terbaru Tahun 2020)
    Rambut yang bermasalah sering menjadi keluhan banyak orang. Salah satu cara untuk memperbaiki rambut rusak adalah dengan mengganti sampo. Sudah banyak produsen sampo yang mengeluarkan produk untuk merawat rambut rusak, seperti Pantene, Natur, dan Dove.Pada artikel ini, kami akan menjabarkan cara memilih sampo perawatan rambut rusak untuk mengatasi permasalahan rambut Anda. Kami juga merekomendasikan sampo terbaik untuk memperbaiki rambut rusak. Produk-produk tersebut bisa Anda bandingkan dari segi harga, bahan kandungannya, serta manfaat yang akan Anda dapatkan.
    Perawatan rambut
    109.930 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Mengatasi Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Mengatasi Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2020)
    Rambut rontok merupakan masalah serius yang bisa terjadi pada pria maupun wanita. Salah satu cara untuk memperbaiki atau mencegah terjadinya rambut rontok adalah dengan memakai sampo yang tepat. Namun, banyaknya jenis sampo yang diklaim mampu mencegah dan mengobati rambut rontok mungkin membuat Anda bingung dalam memilih.Untuk membantu Anda, kali ini kami akan memberikan tips cara memilih sampo terbaik untuk mengatasi rambut rontok. Kami juga menyertakan sepuluh rekomendasi produk terbaik, seperti L'oreal Paris, Kérastase, hingga Pantene. Simak artikel ini sampai akhir dan temukan produk yang sesuai dengan kondisi Anda!
    Perawatan rambut
    128.299 Views
  • 10 Rekomendasi Tonik Rambut Terbaik untuk Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tonik Rambut Terbaik untuk Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2020)
    Beberapa di antara Anda mungkin pernah berhadapan dengan masalah rambut rontok. Untuk mengatasinya, biasanya dibutuhkan perawatan khusus dengan menggunakan tonik rambut. Beberapa merek produk perawatan rambut terkenal, seperti Makarizo, Neril, dan Natur memiliki produk tonik rambut.Namun, dari banyaknya pilihan yang tersedia, bagaimana caranya memilih produk yang tepat? Nah, pada artikel ini, Anda dapat menyimak tips memilih tonik rambut untuk rambut rontok tersebut. Tak hanya itu, kami juga memberikan rekomendasi produknya agar Anda makin mudah dalam memilih. Selamat membaca!
    Perawatan rambut
    104 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori