• 10 Vitamin Terbaik untuk Rambut Rontok - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Rambut Rontok - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Rambut Rontok - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Rambut Rontok - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Rambut Rontok - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Vitamin Terbaik untuk Rambut Rontok - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)

Rambut rontok merupakan hal yang tidak disukai oleh semua orang karena bisa mengarah pada kebotakan jika rontoknya parah. Vitamin rambut dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kerontokan pada rambut. Namun, bagaimana cara memilih vitamin rambut untuk rambut rontok?


Berbagai merek vitamin rambut yang bagus, seperti Ellips, Makarizo, Natur, dan Neril sudah banyak Anda temui di pasaran. Masing-masing merek memiliki kandungan nutrisi beragam. Kami akan memberikan tips memilih vitamin rambut yang sesuai beserta rekomendasi produk terbaik. Ada juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Prawindra Irawan
  • Pembaharuan terakhir: 26 Agustus 2021
  • 53.082 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan, SpKK, MKes, FINSDV

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan, SpKK, MKes, FINSDV

dr. Irawan berpengalaman di bidang ilmu kesehatan kulit dan kelamin selama 11 tahun. Beliau pernah menjadi pembicara dan trainer di beberapa seminar. Beliau menjadi juara satu nasional lomba PERDOSKI Got Talent 2021 kategori kelompok.


dr. Irawan aktif sebagai peneliti dan dosen luar biasa di Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha dari 2010 hingga sekarang. Beliau juga salah satu staf bagian Kulit Kelamin RS Immanuel Bandung dan Erha Derma Center Bandung.

Rambut rontok, apa penyebabnya?

Rambut rontok, apa penyebabnya?

Merupakan hal yang normal jika rambut Anda rontok sekitar 50-100 helai per harinya. Hal tersebut disebabkan oleh adanya siklus pergantian sel lama dengan yang baru. Untuk rambut yang rontok secara alami, ada 3 fase yang terjadi, yaitu anagen, katagen, dan telogen. 


Fase anagen adalah fase di mana rambut bertumbuh secara maksimal, sekitar 1 cm per per bulan. Fase ini umumnya berlangsung selama 2-6 tahun. Berikutnya adalah fase katagen. Katagen adalah fase transisi yang terjadi selama 2-3 minggu.


Pada fase ini, rambut berhenti bertumbuh dan akar rambut mulai menyusut. Dari keseluruhan rambut Anda, biasanya hanya sekitar 3% yang berada dalam fase ini secara berbarengan. Terakhir adalah fase telogen atau fase istirahat. Pada fase ini, terjadi kerontokan sekitar 6-8% dari jumlah rambut Anda. Folikel kulit kepala akan tidak aktif sampai kurang lebih 3 bulan. Setelah itu, rambut memasuki fase anagen kembali.


Namun, rambut Anda bisa saja mengalami kerontokan yang lebih parah. Untuk mengetahuinya, Anda dapat memeriksanya ketika baru bangun tidur. Jika Anda sangat jarang mendapati helaian rambut pada bantal, hanya sekitar 8-10 helai saja, hal tersebut adalah wajar.


Sebaliknya, apabila Anda mendapati lebih banyak helaian rambut pada bantal, bisa jadi Anda sudah mengalami kerontokan yang parah. Begitu pula jika ada banyak rambut yang rontok ketika disisir dengan tangan.


Wanita yang baru saja melahirkan juga biasanya mengalami rambut rontok. Penyebabnya adalah menurunnya kadar hormon estrogen sehingga rambut memasuki fase telogen. Bila Anda mengalaminya, tak perlu khawatir. Rambut Anda akan tumbuh kembali dalam waktu 6 bulan setelah melahirkan. Namun, jika dalam waktu 12 bulan rambut tidak kunjung tumbuh, segera periksakan ke dokter.


Kerontokan dapat menjadi salah satu penanda kondisi serius pada tubuh Anda, seperti stres fisik atau psikis, anemia, bahkan hipotiroid. Selain itu, konsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan kerontokan rambut, salah satunya adalah konsumsi vitamin A secara berlebih.


Hair styling, serta faktor keturunan juga dapat menjadi penyebab kerontokan rambut yang parah, bahkan mengarah pada kebotakan. Agar tidak makin parah, Anda dapat menggunakan vitamin rambut. Vitamin rambut bermanfaat untuk menguatkan akar rambut dan setiap helai rambut Anda.

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Berikut ini adalah beberapa penyebab rambut rontok:

  1. Infeksi jamur. Kita mengenal infeksi jamur dengan nama tinea kapitis. Infeksi ini lebih sering terjadi pada anak. Infeksi ini ditandai oleh adanya kerontokan atau kebotakan di bagian kulit kepala berambut.
  2. Ketombe.
  3. Faktor genetik.
  4. Stres secara emosional, misalnya kehilangan pekerjaan, sedang menjalani proses perceraian, keluarga sakit parah, dan lain-lain.
  5. Kebiasaan mengecat rambut, mengikat rambut terlalu kencang, dan keramas menggunakan air panas.
  6. Stres fisik yang intensif, seperti beban pekerjaan yang tinggi atau melahirkan
  7. Adanya perubahan hormonal, seperti pada wanita hamil.
  8. Berat badan turun 9 kg atau lebih.
  9. Baru sembuh dari sakit.
  10. Penggunaan produk perawatan rambut berbahan keras, seperti cat rambut, bleaching rambut, atau kebiasaan menggunakan pemanas rambut.
  11. Anemia.
  12. Mengalami demam tinggi.
  13. Kekurangan gizi seperti protein dan zat besi, misalnya pada penderita gangguan makan.
  14. Menderita penyakit tertentu, seperti penyakit kelenjar tiroid, autoimun, atau sifilis.
  15. Efek samping obat-obatan, seperti pil KB, vitamin A dosis tinggi, obat antidepresan, dan obat hormonal.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih vitamin untuk rambut rontok

Banyak produk yang menawarkan vitamin untuk rambut rontok. Simak tips kami untuk memilih produk yang tepat bagi Anda.

Kandungan bahan alami untuk kebaikan rambut

Hampir setiap produk perawatan rambut menggunakan bahan-bahan alami dalam formulanya. Bahan alami memang sudah terbukti dapat membantu menjaga rambut Anda dari kerontokan, juga mempercepat pertumbuhan rambut. Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang terkandung dalam produk perawatan rambut yang terbukti bisa menjaga rambut dari kerontokan.

Aloe vera, kaya akan vitamin penting

Aloe vera, kaya akan vitamin penting

Aloe vera atau lidah buaya sudah lama dipercaya dapat mempercepat pertumbuhan rambut sekaligus membuat rambut tumbuh lebat. Jika ingin menggunakannya secara langsung, Anda dapat mengoleskannya pada kulit kepala dan batang rambut.


Bahan ini kaya akan vitamin A, C, D, E, dan zat besi yang berperan dalam pergantian dan pertumbuhan sel, termasuk sel-sel rambut. Kandungan vitamin B12 dan asam folat di dalam lidah buaya dapat membantu mencegah kerontokan rambut. 


Lidah buaya juga mengandung enzim proteolitik untuk memperbaiki sel-sel mati pada kulit kepala sehingga bisa terus beregenerasi. Dengan demikian, rambut akan tumbuh dengan lebih cepat.

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Aloe vera bermanfaat untuk melembapkan rambut dan mencegah rambut rontok. Untuk memperoleh rambut sehat, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan berprotein, seperti telur, susu, ikan, unggas, dan daging.


Selain itu, disarankan juga mengonsumsi yang mengandung zat besi, seperti kacang-kacangan, kerang, tiram, biji labu, dan bayam. Makanan yang mengandung omega-3, seperti salmon, sarden, keju, dan yoghurt, juga sangat disarankan.  

Ginseng, memperkuat akan rambut

Ginseng, memperkuat akan rambut

Tidak hanya untuk meningkatkan stamina, herba asal Korea ini juga dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala Anda. Penelitian menyatakan bahwa kandungan ginsenoside pada ginseng terlibat dalam siklus pertumbuhan rambut. Kandungan tersebut akan menginduksi fase anagen dan menunda fase katagen.


Ginseng juga berperan sebagai antioksidan yang menjaga agar sel-sel kulit kepala tetap menjadi baru. Dengan demikian, siklus sel tetap berjalan dengan normal. Selain mempercepat pertumbuhan rambut, ginseng dapat membuat akar rambut menjadi lebih kuat.

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Selain memperkuat akar rambut, ginseng juga dapat membersihkan kulit kepala dari bakteri serta dapat mengembalikan kutikula rambut yang telah rusak. Rambut rontok sebanyak 50–100 helai setiap hari masih dianggap wajar. Hal tersebut seharusnya tidak menimbulkan masalah karena rambut baru akan tumbuh menggantikan rambut yang rontok.


Rambut rontok berlebihan, yaitu lebih dari 100 helai per hari, secara medis disebut telogen effluvium. Kerontokan ini terjadi secara menyeluruh pada bagian kepala sehingga tidak menyebabkan kebotakan pada satu area saja.

Minyak kemiri dan minyak kelapa, penuhi kebutuhan asam amino

Minyak kemiri dan minyak kelapa, penuhi kebutuhan asam amino

Minyak kemiri, dikenal juga dengan nama candlenut atau kukuinut oil, dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Tanaman ini kaya akan asam lemak dan asam amino yang dapat membantu menutrisi kulit kepala agar kebutuhannya terpenuhi. Nutrisi yang terpenuhi membuat sel-sel rambut dapat kembali beregenerasi sehingga rambut cepat tumbuh.


Minyak kemiri juga dipercaya dapat membuat rambut menjadi lebih halus dan hitam. Linoleic acid di dalam minyak kemiri dapat melapisi rambut, serta memperbaiki rambut yang bercabang.


Sementara itu, minyak kelapa mengandung banyak protein dan asam lemak yang juga bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi rambut. Minyak kelapa juga sanggup masuk ke dalam helai rambut dan memperbaiki strukturnya. Hasilnya, setiap helai rambut akan menjadi lebih tebal.

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Minyak kemiri bermanfaat untuk menumbuhkan rambut, mengatasi rambut rontok, memperkuat akar rambut, dan menghitamkan rambut. Sementara itu, minyak kelapa bermanfaat untuk melembapkan rambut, memperbaiki rambut rusak, membuat rambut lebih panjang, dan mencegah kerontokan. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki manfaat untuk menangani ketombe dan mencegah kutu pada rambut.


Dalam beberapa kasus, rambut rontok berlebihan tidak memerlukan perawatan khusus. Rambut Anda bisa tumbuh kembali dan tebal dalam beberapa bulan kemudian jika penyebab rambut rontok sudah teratasi.


Pada sebagian kasus lain, ada juga yang perlu perawatan khusus. Jika hal ini terjadi, segeralah berkonsultasi ke dokter kulit dan kelamin untuk mendiagnosis penyebabnya. Dokter akan merekomendasikan obat-obat penumbuh rambut (sampo, hair tonic, dan gel) yang dikombinasikan dengan tindakan, seperti laser dan lain sebagianya. 

Pilih kemasan yang mudah digunakan

Pilih kemasan yang mudah digunakan

Vitamin untuk rambut hadir dalam berbagai bentuk. Anda dapat menemui vitamin rambut yang dikemas dalam bentuk kapsul bulat. Bentuk ini sangat praktis dibawa karena ukurannya yang kecil. Selain itu, Anda tidak perlu repot menakar ukuran yang pas. Anda hanya perlu membaca instruksi pemakaiannya untuk mengetahui berapa kapsul yang harus digunakan dalam setiap pemakaian.


Selain itu, ada vitamin rambut yang dikemas dalam bentuk spray. Botol spray yang berukuran besar terkadang dirasa memberatkan jika dibawa ke luar rumah. Namun, penggunaannya lebih efisien. Anda cukup menyemprotkan dari jarak 10–15 cm, kemudian meratakannya pada kulit kepala atau helaian rambut Anda.


Di samping kedua kemasan tersebut, ada juga kemasan botol tetes atau botol biasa dengan lubang kecil. Ukuran botol biasanya cukup besar. Untuk menggunakannya, Anda harus meneteskannya ke kulit kepala, kemudian menggosok atau memijatnya.

Perhatikan cara penggunaannya

Perhatikan cara penggunaannya

Penjelasan mengenai cara penggunaan sering kali dilewatkan oleh pembeli. Padahal, cara penggunaan vitamin untuk rambut berbeda-beda. Ada vitamin yang cukup dioleskan pada batang rambut, ada juga yang harus dioleskan pada kulit kepala dan diberi sedikit pijatan agar meresap.


Anda perlu membaca cara penggunaannya agar efeknya lebih maksimal. Waktu penggunaannya pun juga menjadi penting. Perhatikanlah, apakah sebelum menggunakannya Anda perlu keramas terlebih dahulu atau tidak? Selain itu, akan lebih baik jika Anda menggunakan rangkaian produk perawatan dari merek yang sama.


Dengan cara-cara tersebut, produk yang Anda gunakan bakal memberi manfaat yang optimal.

10 Rekomendasi vitamin terbaik untuk rambut rontok

Produk-produk vitamin rambut terbaik untuk rambut rontok kami rangkum dalam segmen berikut ini. Jangan sampai ada yang terlewatkan. Produk-produk berikut ini adalah produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari dr. Prawindra Irawan.

10
KemasanKapsul
Bahan utamaMoroccan oil, ginseng, honey oil, pro vitamin B5, vitamin A, vitamin E
9

MakarizoHair Vitamin Capsules Long & Strong

Mulai dari Rp 71.000,00

KemasanKapsul
Bahan utamaVitamin A, C, E, pro vitamin B5, silk protein, argan oil
8
KemasanSpray
Bahan utamaKukui nut, moroccan argan oil, multivitamin
7

DoveIntensive Hair Fall Treatment Tonic

Mulai dari Rp 45.000,00

KemasanBotol tetes
Bahan utamaGrape seed oil, zinc sulfate
6
KemasanSpray
Bahan utamaGinseng
5
KemasanSpray
Bahan utamaAminexil, vitamin PP, arginine, gluco-lipid GL
4
KemasanBotol tetes
Bahan utamaCoconut oil, palm oil, aleuritas moulccana seed oil, lawsonia inermis extract, eclipta alba leaf extract, castor oil, cananga odorata flower oil, jasmine flower oil
3

GarnierNeril Anti-Loss Guard Cool & Fresh Tonic

Mulai dari Rp 99.000,00

KemasanBotol tetes
Bahan utamaNettle, chamomile, birch, wheat, horsetail, vitamin kompleks, protein, menthol
2
KemasanBotol tetes
Bahan utamaCastor oil, menthol, amino acid, chamomile flower extract
1

Rudy Hadisuwarno CosmeticsHair Growth Serum

Mulai dari Rp 113.900,00

KemasanBotol tetes
Bahan utamaSophora root extract, tripeptide complex, soybeans protein, hydrolyzed sricin

Tabel perbandingan produk vitamin terbaik untuk rambut rontok

Gambar produk
1
Rudy Hadisuwarno Cosmetics Hair Growth Serum 1

Rudy Hadisuwarno Cosmetics

2
NR Reactive Tonic 1

NR

3
Garnier Neril Anti-Loss Guard Cool & Fresh Tonic 1

Garnier

4
Mustika Ratu Hair Oil Cem Ceman 1

Mustika Ratu

5
Kérastase  Stimuliste Spécifique 1

Kérastase

6
Natur Hair Tonic Ginseng Extract 1

Natur

7
Dove Intensive Hair Fall Treatment Tonic 1

Dove

8
Miranda Hair Vitamin Kukui Nut 1

Miranda

9
Makarizo Hair Vitamin Capsules Long & Strong 1

Makarizo

10
Ellips Hair Vitality 1

Ellips

Nama produk

Hair Growth Serum

Reactive Tonic

Neril Anti-Loss Guard Cool & Fresh Tonic

Hair Oil Cem Ceman

Stimuliste Spécifique

Hair Tonic Ginseng Extract

Intensive Hair Fall Treatment Tonic

Hair Vitamin Kukui Nut

Hair Vitamin Capsules Long & Strong

Hair Vitality

Keunggulan

Paket komplet dari Rudy Hadisuwarno

Kulit kepala sehat, bebas kering, bebas minyak

Teteskan, lalu kulit kepala akan terasa lebih segar

Ramuan asli Indonesia ciptakan rambut kuat dan berkilau

Hindari premature aging, hindari kebotakan dini

Manfaat herba untuk rambut dan relaksasi

Kibaskan rambut kuat bebas patah

Menguatkan akar rambut sekaligus melembutkan tiap helainya

Kembalikan kilau sehat rambut yang mulai rusak

Sampai jumpa, rambut kaku!

Harga mulai dariRp 113.900,00Rp 98.000,00Rp 99.000,00Rp 27.200,00Rp 350.000,00Rp 42.000,00Rp 45.000,00Rp 46.880,00Rp 71.000,00Rp 107.700,00
KemasanBotol tetesBotol tetesBotol tetesBotol tetesSpraySprayBotol tetesSprayKapsulKapsul
Bahan utamaSophora root extract, tripeptide complex, soybeans protein, hydrolyzed sricinCastor oil, menthol, amino acid, chamomile flower extractNettle, chamomile, birch, wheat, horsetail, vitamin kompleks, protein, mentholCoconut oil, palm oil, aleuritas moulccana seed oil, lawsonia inermis extract, eclipta alba leaf extract, castor oil, cananga odorata flower oil, jasmine flower oilAminexil, vitamin PP, arginine, gluco-lipid GLGinsengGrape seed oil, zinc sulfateKukui nut, moroccan argan oil, multivitaminVitamin A, C, E, pro vitamin B5, silk protein, argan oilMoroccan oil, ginseng, honey oil, pro vitamin B5, vitamin A, vitamin E
Tautan produk

Jangan hanya dari luar, cukupkan kebutuhan nutrisi rambut dari dalam juga

Jangan hanya dari luar, cukupkan kebutuhan nutrisi rambut dari dalam juga

Selain menggunakan vitamin rambut, asupan nutrisi menjadi hal penting untuk menjaga kesehatan rambut Anda. Jangan sampai Anda kekurangan nutrisi sehingga rambut menjadi makin rontok dan tidak terawat.


Protein merupakan nutrisi terpenting untuk proses pertumbuhan rambut, serta menjaga struktur helai rambut. Agar kerontokan segera berhenti dan pertumbuhan cepat berlangsung, konsumsilah asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 membuat kulit kepala lebih sehat dan rambut lebih berkilau.


Metil sulfonyl metana atau MSM, zat yang terkandung di dalam susu, tomat, dan jagung, membantu memproduksi keratin rambut. Anda akan merasakan manfaatnya dalam jangka waktu 6 bulan. Manfaat tersebut antara lain berkurangnya kerontokan dan menebalnya rambut. MSM juga tersedia dalam bentuk suplemen agar Anda lebih mudah mengonsumsinya.


Vitamin B kompleks, C, E, dan zat besi juga merupakan nutrisi penting untuk mencegah kerontokan rambut. Vitamin dan zat besi membantu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala, meningkatkan kolagen dan keratin, serta mencegah rambut patah.


Selain dari sayur, buah, daging, telur, dan susu, Anda dapat mengonsumsi nutrisi tersebut dari suplemen. Apabila Anda ingin mengonsumsi suplemen, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar Anda mendapatkan manfaat yang maksimal.

dr. Prawindra Irawan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Prawindra Irawan

Selain obat oles yang terdiri dari tonik dan sampo penumbuh rambut, untuk hasil maksimal harus dikombinasikan dengan obat oral penumbuh rambut. Penanganan rambut rontok dapat dibantu dengan konsumsi obat, suplemen, dan dengan operasi, antara lain

  • operasi transplantasi rambut,
  • terapi laser, dan
  • pengobatan lain seperti pil kontrasepsi pada wanita.

Baca juga rekomendasi vitamin untuk rambut kering di sini

Di samping untuk rambut rontok, tersedia juga vitamin untuk rambut kering. Dapatkan kembali kelembapan rambut dengan menggunakan vitamin yang pas untuk Anda. Info lebih lanjutnya dapat Anda temui pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Rambut rontok yang tidak segera diatasi akan mengarah pada kebotakan. Segera atasi rambut rontok Anda dengan memberikan nutrisi yang tepat pada kulit kepala. Produk yang tepat disertai dengan penggunaan yang benar akan membuat efeknya lebih maksimal. Selanjutnya, ingatlah bahwa nutrisi tidak hanya dari luar, tetapi juga dari dalam. Konsumsilah makanan yang sehat untuk mengembalikan pertumbuhan rambut Anda.


Sekian artikel dari kami. Selamat mendapatkan rambut lebat bebas rontok!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Hair Tonic Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Masalah kerontokan, ketombe, kulit kepala gatal, dan beragam masalah rambut lainnya memerlukan lebih dari sekadar shampo. Menambahkan hair tonic yang bagus akan mengoptimalkan perawatan yang Anda butuhkan. Pemakaian hair tonic yang tepat menjadikan rambut lebih kuat, sehat, dan berkilau. Namun, dengan banyaknya merek hair tonic saat ini, manakah produk yang tepat untuk mengatasi masalah rambut Anda? Kali ini, kami akan berbagi tips memilih hair tonic terbaik untuk Anda. Beragam review hair tonic dari merek ternama, seperti ERHA, Natur, dan Dove ada di sini. Penasaran dengan ulasan lengkapnya? Simak artikel ini!
    Perawatan rambut
    338.755 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Mengatasi Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Mengatasi Rambut Rontok (Terbaru Tahun 2021)
    Rambut rontok berlebih merupakan masalah yang bisa terjadi baik pada pria maupun wanita. Salah satu cara mengatasi rambut rontok adalah dengan memakai sampo yang tepat. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih sampo terbaik yang bagus untuk mengatasi rambut rontok.Mulai dari sampo yang menguatkan rambut dari akar, sampai sampo yang mengatasi kerontokan disertai ketombe akan kami bahas. Simak juga sepuluh rekomendasi sampo antirontok terbaik mulai dari merk L'oreal Paris, Kérastase, hingga Pantene. Mari pelajari penyebab rambut rontok berlebih dan temukan produk yang sesuai dengan kondisi Anda!
    Perawatan rambut
    223.493 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shampo Penumbuh Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menggunakan sampo dengan formula penumbuh rambut merupakan solusi terbaik untuk mengatasi masalah rambut tipis dan rontok. Saat ini, ada banyak sampo penumbuh rambut yang dijual di marketplace. Banyaknya produk dengan kualitas baik yang dijual terkadang membuat Anda bingung menentukan pilihan.Untuk memudahkan Anda, kami akan memberi informasi cara memilih sampo penumbuh rambut. Selain itu, kami juga telah menyiapkan rekomendasi sampo penumbuh rambut terbaik dari merek terkenal, seperti shampo Metal, Kelaya, Pura D'or, Erhair, dan shampo kuda, Mane 'n Tail. Simak ulasan kami sampai akhir, ya!
    Perawatan rambut
    138.752 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Anti Ketombe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shampo Anti Ketombe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Keberadaan ketombe dapat memunculkan masalah lain pada rambut, misalnya gatal dan rambut rontok. Ketombe sendiri bisa muncul karena kulit kepala yang kering, sekresi sebum berlebih, atau hal lainnya. Untungnya, sekarang telah banyak merek shampo anti ketombe di pasaran, seperti Pantene, Dove, hingga CLEAR. Jenisnya pun makin beragam, mulai dari shampo medicated, shampo khusus untuk hijab, dan lainnya.Supaya Anda tidak kebingungan, kali ini kami akan menjelaskan cara menemukan shampo terbaik untuk menghilangkan ketombe. Kami juga akan merekomendasikan produk terbaik yang dapat dibeli secara online. Yuk, baca artikelnya hingga selesai!
    Perawatan rambut
    196.028 Views
  • 10 Shampo Terbaik untuk Rambut Rusak - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Shampo Terbaik untuk Rambut Rusak - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    Ciri-ciri rambut rusak biasanya adalah rambut kering, mengembang, dan rontok. Salah satu cara untuk memperbaiki rambut rusak adalah dengan mengganti shampo. Sudah banyak merk shampo untuk perawatan rambut rusak, seperti Pantene, Natur, dan Dove.Di artikel ini kami akan membagikan cara memilih shampoo terbaik untuk rambut rusak. Anda juga bisa menemukan tips memilihnya dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Mengatasi masalah rambut rontok, mengembang, dan kering memang memerlukan waktu. Agar bisa mendapatkan rekomendasi produk shampo yang bagus, ayo baca review-nya di artikel ini!
    Perawatan rambut
    172.192 Views
  • 10 Rekomendasi Serum Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Serum Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Rambut sehat yang berkilau merupakan dambaan semua orang. Untuk mendapatkannya, tentu Anda harus merawat rambut dengan baik. Salah satu produk perawatan rambut yang dapat Anda gunakan adalah serum rambut. Serum rambut yang bagus akan melindungi rambut Anda sehingga tak mudah patah, serta bebas kusam.Tenang saja jika Anda masih tergolong baru dalam menggunakan serum rambut karena kami akan memberikan tips mudah untuk memilihnya. Tidak ketinggalan, kami juga akan memberi rekomendasi produk serum rambut terbaik, seperti merk L'Oreal, Kérastase, Kiehl's, dan lainnya. Yuk, segera simak pembahasan kami berikut ini!
    Perawatan rambut
    63.266 Views
  • 10 Rekomendasi Hair Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Hair Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Hair oil adalah produk perawatan rambut yang digunakan setelah keramas. Selain memberikan aroma harum pada rambut, hair oil bisa membuat rambut yang kasar dan berantakan menjadi halus. Kali ini, kami akan membagikan tips memilih beserta rekomendasi hair oil terbaik untuk Anda.Berbagai merek hair oil terbaik, seperti Nutrishe, Tumbuh Lab, dan review hair oil lainnya akan turut kami ulas. Apa saja oil yang bagus untuk rambut? Bagaimana cara memakai hair oil yang tepat? Temukan beragam hair oil terbaik untuk rambut rontok, berketombe, dan vitamin oil untuk rambut lainnya di sini!
    Perawatan rambut
    71.433 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori