• 10 Rekomendasi Sarung Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sarung Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sarung Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sarung Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sarung Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sarung Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Sarung motor merupakan benda yang wajib dimiliki untuk melindungi kendaraan berharga Anda. Tidak hanya untuk melindungi motor dari hujan, sarung motor juga dapat mencegah terjadinya kejahatan terhadap motor kesayangan. Berbagai tipe cover motor ditawarkan dengan keunggulan yang beragam di pasaran.


Guna membantu Anda menemukan cover motor yang bagus, kami akan memberikan tips memilih sarung motor terlebih dahulu. Selain itu, produk-produk rekomendasi terbaik dari merek Urban dan Fusion akan kami ulas untuk Anda. Silakan simak artikel berikut dan temukan sarung motor yang Anda butuhkan. 

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih sarung motor

Pertama, kami akan memberikan panduan memilih sarung motor yang bagus untuk Anda. Simak poin-poin berikut dan jadikan acuan saat akan membeli sarung motor. 

Periksa spesifikasi sarung motor untuk memastikan perlindungan maksimal

Sarung motor bukan hanya kain biasa yang menjamin keamanan motor. Agar bisa melindungi motor dengan lebih maksimal, silakan simak poin penting di bawah ini.

Bahan waterproof, untuk perlindungan ekstra

Bahan waterproof, untuk perlindungan ekstra

Performa dasar yang harus dimiliki sarung motor adalah tingkat ketahanannya terhadap air (waterproof). Motor yang sering terguyur hujan dan basah bisa membuatnya berkarat hingga mengurangi performa motor. Oleh karena itu, pertimbangkanlah produk dengan tingkat ketahanan terhadap air yang tinggi. Dengan demikian, motor Anda tetap aman meski cuaca sedang tidak menentu.


Poin penting lainnya adalah mengecek kemampuan produk dalam menolak air (fitur water-repellent). Jika Anda ingin memberikan perlindungan ekstra untuk motor, periksa juga jahitan di bagian cover motor. 


Beberapa jahitan bersifat waterproof, tetapi beberapa produk lain adalah single piece tanpa jahitan. Sarung motor berbentuk single piece tanpa jahitan ini mampu mengurangi rembesan air hujan. Harganya yang sedikit mahal mungkin tidak masalah bagi Anda yang memprioritaskan fitur tersebut.

Permukaan breathable, untuk sirkulasi udara yang baik

Permukaan breathable, untuk sirkulasi udara yang baik

Poin selanjutnya yang perlu dicek adalah fitur breathability atau kemampuan produk untuk mengalirkan udara panas dari dalam. Anda harus benar-benar mengecek poin ini jika Anda sering memarkir motor dalam waktu yang lama.


Bagian dalam cover motor akan lembap setelah kehujanan dan selama terpapar air hujan. Udara yang lembap tentu kurang baik untuk mesin motor. Anda tidak perlu khawatir akan hal ini jika Anda selalu membuka sarung motor yang diparkir ketika akan berangkat bekerja. Namun, jika Anda tidak melakukannya, pilihlah bahan sarung motor yang memiliki lubang jaring-jaring. 

Pastikan bagian dalamnya tidak berisiko menimbulkan goresan

Pastikan bagian dalamnya tidak berisiko menimbulkan goresan

Saat melepas dan memasang sarung motor pastilah terjadi gesekan. Gesekan ini dapat menyebabkan goresan yang merusak bodi motor. Anda mungkin tidak bisa mencegahnya, tetapi Anda bisa meminimalkan kemungkinan terjadi kerusakan pada motor. 


Beberapa orang menjaga bodi motor dari goresan dengan melapisi kain terlebih dahulu sebelum ditutup sarung motor. Beberapa orang lainnya juga mencoba sepelan mungkin saat melepas atau memasang sarung. Namun, jika hal ini dilakukan setiap hari, tentulah sangat merepotkan.


Bagi pencinta motor, banyak produsen yang menjual sarung dengan bahan bagian dalam khusus yang aman untuk motor. Jika Anda tidak ingin terjadi goresan pada motor berharga Anda, pastikan Anda memperhatikan poin ini. 

Perhatikan keunggulan tambahan yang ditawarkan

Seperti yang sudah kami jabarkan sebelumnya, memasang dan melepas sarung motor merupakan hal penting yang tidak boleh diabaikan. Jika Anda tidak ingin repot, perhatikan keunggulan tambahan pada produk incaran Anda. 

Mudah digunakan dan terpasang kencang, kian fungsional digunakan

Mudah digunakan dan terpasang kencang, kian fungsional digunakan

Karena digunakan setiap hari, Anda perlu memastikan sarung motor yang Anda beli dapat terpasang dengan erat. Anda dapat memilih sarung motor yang mudah dipakai dan mampu bertahan kukuh dari terpaan angin


Ada juga produk yang dilengkapi dengan tali pengikat sehingga mampu mengikat bagian bawah sarung. Lalu, ada juga sarung motor yang bisa memilih sabuk yang dapat tertutup rapat dalam sekali sentuh


Kemudahan pemakaian juga bisa dilihat dari adanya tanda atau warna di bagian depan dan belakang sarung motor. Jika Anda melihat tanda ini, Anda akan tahu jika bagian depan atau belakang cover masih belum tertutup secara kencang. 

Hindari risiko terbakar dengan cover motor tahan panas

Hindari risiko terbakar dengan cover motor tahan panas

Jika Anda langsung menutup motor dengan sarung setelah mesin dimatikan, dikhawatirkan cover dapat meleleh terbakar. Sarung yang meleleh dikhawatirkan menempel dan merusak bodi motor. Untuk menghindari hal di atas, perhatikan juga daya tahan panas sarung motor terhadap mesin setelah dimatikan. 


Beberapa produk memiliki daya tahan panas tinggi hanya di bagian sarung yang menempel langsung dengan mesin. Jika Anda khawatir cover terselip akibat embusan angin dan menyentuh mesin, pilihlah produk yang tahan panas di seluruh bagiannya. 


Selain itu, periksalah perlindungan produk terhadap api untuk melindungi motor dari kerusakan. Jika sarung motor yang Anda beli tahan api, produk tidak akan mudah terbakar sehingga bisa mengurangi kerusakan pada motor. Meski begitu, produk seperti ini tergolong langka ditemukan di Indonesia

Cek kompatibel tidaknya sarung dengan motor Anda

Cek kompatibel tidaknya sarung dengan motor Anda

Berbeda merek motor, tentu berbeda pula ukurannya. Karena itu, periksalah apakah sarung motor yang Anda beli bisa pas dipasang pada motor Anda. Jika size sarung yang Anda beli terlalu kecil, tentu Anda akan sulit memasangnya dan bahkan berisiko robek. 


Sebaliknya, bila Anda membeli ukuran sarung yang terlalu besar, motor Anda jadi tidak dapat terlindungi dengan baik. Anda dapat menemukan sarung untuk motor Nmax, Beat, PCX, Vario, Scoopy, Aerox, dan sebagainya

Cari bahan cover yang awet dan tahan lama

Cari bahan cover yang awet dan tahan lama

Sarung motor merupakan barang yang selalu terpapar sinar matahari, hujan, dan juga angin. Karena rentan rusak, periksalah bahan dan tingkat daya tahan sarung motor agar bisa digunakan selama mungkin. Bahan berikut adalah paling sering digunakan dalam pembuatan sarung motor: 


  • Poliester

Poliester merupakan bahan yang biasa digunakan untuk membuat pakaian. Namun, saat dijadikan sarung motor, bahan ini biasanya dilengkapi lapisan antiair sehingga dapat melindungi motor Anda


  • Karet

Sementara itu, ada juga sarung motor bahan karet. Bahan ini tidak menyerap air sama sekali dan memiliki karakteristik elastis. Dengan begitu, cover jadi lebih mudah dipasang pada motor. 


  • PVC

Kemudian, ada juga sarung motor yang terbuat dari bahan plastik PVC. Bahan ini memiliki karakteristik ringan dan transparan. Biasanya, bagian bawah sarung motor berbahan plastik dilengkapi dengan karet sehingga mudah dipaskan dengan bodi motor. 

Cek adanya lubang pengunci untuk membantu mencegah pencurian

Cek adanya lubang pengunci untuk membantu mencegah pencurian

Selain melindungi dari hujan dan angin, sarung motor berfungsi untuk melindungi motor dari tindak kejahatan seperti pencurian. Maling memang memiliki segudang akal untuk melakukan tindak kejahatannya, tetapi Anda bisa mencegahnya. 


Anda dapat memilih sarung motor yang telah dilengkapi dengan lubang di bagian rantai penguncinya. Jika rantai pengunci yang masuk ke dalam lubang terlihat, bisa menghindari dari kejahatan yang tidak terduga. Akan lebih baik jika lubang rantai pengunci tersebut terdapat di kedua sisi sarung motor

Agar mudah dibawa, pilih yang dilengkapi kantong

Agar mudah dibawa, pilih yang dilengkapi kantong

Jika Anda ingin menggunakan sarung saat memarkir motor di kantor, kampus, atau tempat wisata, pastikan produk tersebut mudah untuk dibawa. Untuk itu, pilihlah cover motor yang dilengkapi dengan kantong. Dengan begitu, Anda langsung memiliki wadah khusus untuk menyimpan sarung motor Anda

10 Rekomendasi sarung motor terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sarung motor terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
10
BahanPoliester WP grade A+
Kelebihan tambahanWaterproof, breathable, mudah dicuci & disetrika, tahan panas
Motor yang kompatibelSemua tipe motor
9
BahanPoliester
Kelebihan tambahanTidak disebutkan
Motor yang kompatibelVespa Sprint, Xmax, Nmax, CBR, Suzuki Nex, dan sebagainya
8
BahanPoliester WP
Kelebihan tambahanWaterproof, terdapat kantong
Motor yang kompatibelAstrea, Legenda, Karisma, Beat, Vario 110, dan sebagainya
7
BahanPoliester
Kelebihan tambahanWaterproof, dilengkapi kantong, perawatan mudah, tahan panas
Motor yang kompatibelFazzio, Beat, Vario, Scoopy, Mio, dan sebagainya
6
BahanTidak disebutkan
Kelebihan tambahanTidak disebutkan
Motor yang kompatibelNmax, Aerox, Lexi, Ninja CBR, R15, dan sebagainya
5

AvarobMotorcycle Cover with Padlock Hole

Mulai dari Rp 100.000,00

Bahan Polyester PVC Parasut
Kelebihan tambahanWaterproof, UV protection, padlock hole
Motor yang kompatibelBeat, Vario, Scoopy, Supra X, Genio, dan sebagainya
4

Parachute Polyester Waterproof Motorcycle Cover

Mulai dari Rp 24.000,00

BahanParasut Poliester
Kelebihan tambahanWaterproof
Motor yang kompatibelNmax, Aerox, Lexi, Vespa, Mio, dan sebagainya
3
BahanTaslan
Kelebihan tambahanWaterproof, terdapat kantong
Motor yang kompatibelNmax, PCX, Aerox, Vixion, Fusion R, CBR, dan sebagainya
2
BahanPlastik
Kelebihan tambahanWaterproof
Motor yang kompatibelBeat, Vario, Ninja 250, Satria FU, Harley, dan sebagainya
1
BahanKaret PVC
Kelebihan tambahanWaterproof, terdapat kantong
Motor yang kompatibelHonda, Yamaha, Vespa, Suzuki, dan sebagainya

Tabel perbandingan produk sarung motor terbaik

Gambar produk
1
Urban Motorcycle Cover 1

Urban

2
Luxury Cover Motor Transparan 1

Luxury

3
Fusion R Cover Motor Jumbo 1

Fusion R

4
Parachute Polyester Waterproof Motorcycle Cover 1

5
Avarob Motorcycle Cover with Padlock Hole 1

Avarob

6
DSM Cover Motor Indoor 1

DSM

7
Mantroll Cover Motor 1

Mantroll

8
Funcover Cover Motor Premium 1

Funcover

9
Durable Cover Motor Premium  1

Durable

10
Cover Super Cover Motor 1

Cover Super

Nama produk

Motorcycle Cover

Cover Motor Transparan

Cover Motor Jumbo

Parachute Polyester Waterproof Motorcycle Cover

Motorcycle Cover with Padlock Hole

Cover Motor Indoor

Cover Motor

Cover Motor Premium

Cover Motor Premium

Cover Motor

Keunggulan

Si ekonomis berteknologi Jepang!

Pilihan ukurannya banyak, mudah disesuaikan dengan beragam motor

Jumbo dan ampuh menghalau hujan deras

Sarung dengan efek daun talas, air pun minggat

Dilengkapi padlock, maling pun sulit mencuri motor Anda

Diciptakan khusus untuk indoor, pilihan warnanya variatif pula

Siap digunakan bahkan hingga 3 tahun

Bisa dilipat kecil dan tak makan tempat

Siap lindungi motor dalam cuaca ekstrem

Tahan panas knalpot atau besi, super awet

Harga mulai dariRp 65.000,00Rp 28.300,00Rp 78.000,00Rp 24.000,00Rp 100.000,00Rp 39.900,00Rp 119.500,00Rp 94.990,00Rp 165.000,00Rp 130.000,00
BahanKaret PVCPlastikTaslanParasut Poliester Polyester PVC ParasutTidak disebutkanPoliester Poliester WPPoliesterPoliester WP grade A+
Kelebihan tambahanWaterproof, terdapat kantongWaterproofWaterproof, terdapat kantongWaterproofWaterproof, UV protection, padlock holeTidak disebutkanWaterproof, dilengkapi kantong, perawatan mudah, tahan panasWaterproof, terdapat kantong Tidak disebutkanWaterproof, breathable, mudah dicuci & disetrika, tahan panas
Motor yang kompatibelHonda, Yamaha, Vespa, Suzuki, dan sebagainyaBeat, Vario, Ninja 250, Satria FU, Harley, dan sebagainyaNmax, PCX, Aerox, Vixion, Fusion R, CBR, dan sebagainyaNmax, Aerox, Lexi, Vespa, Mio, dan sebagainyaBeat, Vario, Scoopy, Supra X, Genio, dan sebagainyaNmax, Aerox, Lexi, Ninja CBR, R15, dan sebagainyaFazzio, Beat, Vario, Scoopy, Mio, dan sebagainya Astrea, Legenda, Karisma, Beat, Vario 110, dan sebagainyaVespa Sprint, Xmax, Nmax, CBR, Suzuki Nex, dan sebagainyaSemua tipe motor
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk cover mobil lainnya di sini

Selain motor, kendaraan lain yang harus Anda lindungi menggunakan cover adalah mobil. Cover untuk kedua kendaraan berharga ini sudah banyak dijual di pasaran. Jika Anda bingung harus memilih cover mobil yang mana, sebaiknya Anda membuka tautan dari kami di bawah ini. Kami telah mengulas produk-produk cover mobil terbaik yang bisa Anda jadikan referensi!

Kesimpulan

Sarung motor berfungsi untuk melindungi motor dari hujan, debu, angin, dan lainnya. Fungsi lain dari sarung motor juga untuk melindungi motor dari pencurian. Produk-produk yang sudah kami ulas di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 


Pilihlah sarung motor berdasarkan bahan yang digunakan, daya tahan terhadap panasnya, kemudahan pemasangan, dan juga keamanannya. Semoga produk yang kami rekomendasikan ada yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Helm Full Face Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Helm Full Face Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat Anda bepergian menggunakan sepeda motor, helm menjadi perlengkapan wajib yang harus dikenakan. Selain dapat melindungi kepala dari benturan, helm juga berfungsi untuk melindungi mata dari debu dan kotoran. Untuk itu, helm yang sesuai dengan standar keselamatan haruslah dilengkapi dengan kaca atau visor.Salah satu jenis helm yang cukup digemari pengguna sepeda motor adalah jenis full face. KYT, INK, dan MDS adalah contoh merek yang bagus dan kerap menghadirkan helm terbaru yang ringan dipakai. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan tips memilih helm full face terbaik. Simak sampai tuntas, ya!
    Aksesori motor
  • 10 Helm Motor Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Helm Motor Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Saat memilih helm, sesuaikanlah modelnya dengan jenis motor yang Anda kendarai. Anda bisa memilih helm motor trail, sport, matic, bahkan motor klasik. Ada juga helm yang cocok untuk motor tertentu, seperti Ninja, Scoopy, KLX, hingga Beat.Kali ini kami akan mengulas tentang cara memilih helm yang bagus. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek helm terbaik di Indonesia, seperti KYT, NHK, dan Cargloss. Artikel ini sudah ditinjau oleh travel blogger kami, Rijal Fahmi Mohamadi. Yuk, temukan rekomendasi helm motor terbaik yang ringan, nyaman, dan aman untuk Anda!
    Aksesori motor
  • 10 Rekomendasi Helm Half Face Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Helm Half Face Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Helm wajib dikenakan setiap pengguna sepeda motor. Kini, helm bukan hanya untuk melindungi kepala saja, melainkan juga untuk menunjang penampilan saat berkendara. Salah satu jenis helm yang paling diminati adalah helm half face karena ringan dan keren. Ada banyak merek helm half face yang bagus dan menawarkan kualitas terbaik. Harga helm half face pun bervariasi tergantung merek dan jenis materialnya. Kami akan menjelaskan tips memilih helm half face terbaik untuk Anda. Temukanlah rekomendasi helm half face terbaru dan terbaik merek NHK, INK, Zeus, Nolan, KYT, dan lainnya dalam artikel ini. 
    Aksesori motor
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik Untuk Naik Motor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jas Hujan Terbaik Untuk Naik Motor (Terbaru Tahun 2022)
    Jas hujan adalah barang wajib bagi Anda yang mengendarai motor ataupun sering naik motor. Produk ini dijual dengan model, warna, dan bahan yang berbeda-beda. Anda bisa memilih jas hujan setelan ataupun jas hujan ponco yang lebar dengan warna-warna terang ataupun warna gelap.Kali ini kami akan berbagi tips memilih jas hujan yang aman dan sesuai untuk naik motor. Beberapa merek jas hujan yang bagus, seperti Axio, Tiger Head, Elmondo, Plevia, dan Respiro, ada dalam rekomendasi kami. Anda dapat memilih jas hujan untuk mengendarai motor sehari-hari sampai untuk touring. Selamat membaca!
    Aksesori motor
  • 10 Velg Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    10 Velg Motor Terbaik - Ditinjau oleh Guru Teknik Otomotif (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi pencinta motor, Anda pasti paham kalau pemilihan velg tidak bisa sembarangan. Di samping untuk estetika, velg motor yang tepat mampu memberikan performa serta keamanan ekstra. Kebutuhan velg masing-masing motor, seperti motor matic, bebek, dan racing juga berbeda.Anda akan mendapati velg ring 14 dan 17 di artikel ini. Sebelumnya, kami akan berbagi tips memilih velg motor yang tepat untuk Anda berdasarkan jenis, ukuran, dan materialnya. Simak juga rekomendasi beragam merek velg motor yang bagus, misalnya TDR dan Equinox. Artikel ini sudah ditinjau oleh guru teknik otomotif kami, Ardanto Sigit.
    Aksesori motor
  • 10 Rekomendasi GPS Tracker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi GPS Tracker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pernahkah Anda merasa khawatir saat mobil atau motor Anda dipinjam oleh orang lain? Jika ya, Anda membutuhkan GPS tracker untuk memantau kendaraan Anda. Alat tersebut digunakan untuk melacak keberadaan objek tertentu dengan akurat. GPS tracker membuat objek tetap dalam jangkauan pengawasan, meski dari kejauhan.Apabila saat ini Anda mempertimbangkan untuk membeli GPS tracker, Anda sedang membaca artikel yang tepat. Kali ini kami akan memberikan tips memilih GPS tracker serta merekomendasikan sepuluh produk yang bagus. GPS tracker keluaran Apple dan Samsung juga akan kami bahas, lho. Yuk, langsung simak artikelnya! 
    Aksesori motor
  • 10 Sarung Tangan Motor Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sarung Tangan Motor Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Sarung tangan motor menjadi barang penting saat berkendaraan karena dapat melindungi tangan jika terjadi kecelakaan. Banyak produk berbahan kulit dan polyester yang bisa Anda temukan di pasaran. Ada juga tipe full cover dan half cover yang bisa Anda pilih.Kami akan membantu Anda dengan merekomendasikan produk dari merek sarung tangan motor terbaik, seperti Eiger, Respiro, dan Northy. Simak tips cara memilih untuk mengetahui tipe yang bagus untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh travel blogger kami, Rijal Fahmi Mohamadi. Bacalah artikel sampai selesai dan temukan sarung tangan terbaik Anda!
    Aksesori motor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori