• 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Sebelum halaman belakang Anda bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Anda dapat memilih mesin potong rumput tipe dorong ataupun gendong. Selain itu, ada mesin yang berbahan bakar listrik, baterai, hingga bensin 4 tak dan 2 tak. Mata pisaunya pun berbeda tergantung pada tujuan penggunaan. 


Kami akan berbagi tips membeli dan merekomendasikan mesin potong rumput yang bagus untuk Anda. Ada merk Krisbow, BOSCH, Tasco, hingga Black Decker yang sudah terbukti performanya. Kami juga mencantumkan harga supaya Anda bisa memilih sesuai budget. Jadi, simaklah artikelnya sampai tuntas!

  • Pembaharuan terakhir: 28 April 2021
Daftar isi

Cara memilih mesin potong rumput

Untuk menjaga agar taman atau halaman tetap cantik terawat, Anda harus memotong rumput secara berkala. Mesin potong rumput pun sangat diperlukan agar kebersihan kebun selalu terjaga. Namun, kini mesin potong rumput tersedia dalam banyak model. Oleh karena itu, silakan menyimak tips membeli di artikel ini agar Anda dapat memilih mesin potong rumput terbaik di pasaran. 

Cari tahu bahan bakar yang dibutuhkan terlebih dahulu

Mesin potong rumput sangat beragam, tetapi Anda dapat mengelompokkan mesin potong rumput berdasarkan bahan bakar yang digunakan. Perbedaan bahan bakar tersebut membuat performa tiap-tiap mesin berbeda. Jadi, pastikan Anda memilih mesin dengan bahan bakar yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, ya!

Listrik, tinggal sambungkan ke sumber daya

Listrik, tinggal sambungkan ke sumber daya

Listrik merupakan salah satu sumber energi yang bisa didapatkan dengan mudah. Jadi, Anda jangan heran saat menemukan berbagai jenis peralatan yang harus dihubungkan dengan sumber listrik, contohnya mesin potong rumput. Untuk menggunakan mesin potong rumput elektrik, Anda hanya menghubungkan kabel ke sumber daya listrik dan mesin pun siap digunakan.


Akan tetapi, kabel yang menghubungkan mesin dengan sumber daya listrik mungkin akan menghalangi kegiatan Anda memotong rumput. Anda juga harus menggunakan kabel ekstensi pada saat membersihkan area yang lebih jauh. Oleh sebab itu, mesin potong rumput jenis ini lebih disarankan untuk Anda yang memiliki halaman kecil.


Anda yang menyukai kepraktisan juga bisa mempertimbangkan mesin potong rumput listrik karena Anda bisa menggunakannya kapan pun (selama ada listrik), Di pihak lain, Anda juga tidak akan direpotkan dengan kegiatan membeli bensin dan mengganti busi serta filter bahan bakar.

Baterai, mampu menjangkau area yang jauh

Baterai, mampu menjangkau area yang jauh

Sebenarnya, mesin potong rumput bertenaga baterai mirip dengan mesin potong rumput listrik. Namun, daya listriknya berasal dari baterai. Jadi, Anda tidak perlu menyambungkannya ke sumber daya dengan kabel. Hal tersebut membuat proses memotong rumput jadi lebih simple.


Meskipun demikian, mesin potong rumput jenis ini tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama karena daya baterainya terbatas. Alhasil, Anda harus berhenti terlebih dahulu dari kegiatan memotong rumput apabila baterainya sudah habis. Kekurangan tersebut juga membuat alat ini tidak cocok digunakan untuk memotong rumput di halaman yang luas. Anda juga tidak bisa memotong semua jenis rumput dengan alat ini.


Alat potong rumput ini memang memiliki beberapa kekurangan, tetapi beberapa orang tetap memilih alat ini karena beberapa alasan. Pertama, ukuran mesin potong rumput jenis ini cenderung kecil karena tidak ada tangki bahan bakar. Kedua, bobotnya ringan sehingga mudah untuk digunakan dan digerakkan dengan mudah. 

Bensin, kekuatannya besar dan kecepatan memotongnya tinggi

Bensin, kekuatannya besar dan kecepatan memotongnya tinggi

Halaman berumput yang luas memang terlihat indah, tetapi Anda harus memberikan waktu ekstra untuk membersihkannya. Namun, Anda tak perlu mengkhawatirkan hal tersebut jika memiliki mesin potong rumput berbahan bakar bensin. Alat ini memang lebih berat jika dibandingkan mesin potong rumput jenis lainnya. Meskipun begitu, Alat ini tetap disukai karena mampu memangkas rumput yang tinggi sekalipun. 


Mesin potong rumput berbahan bakar bensin juga memiliki tenaga yang besar. Daya jangkaunya lebih luas dan waktu pemakaiannya pun lebih lama. Oleh sebab itu, mesin potong rumput jenis ini sering dijadikan andalan oleh para tukang kebun profesional. Para landscaping juga kerap menggunakan alat potong rumput berbahan bakar bensin.


Apabila Anda berencana untuk memiliki mesin potong rumput berbahan bakar bensin, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Anda harus mengisi bensin dan melakukan perawatan agar mesin dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Manual atau mesin potong rumput dorong, tidak menghasilkan emisi dan suara bising

Manual atau mesin potong rumput dorong, tidak menghasilkan emisi dan suara bising

Mesin potong rumput ini cocok untuk Anda yang tinggal di daerah perumahan dengan halaman yang mungil. Untuk menggunakan alat ini, Anda hanya perlu mendorongnya secara manual dan mesin pun akan memotong rumput secara perlahan. Jadi, Anda tak memerlukan listrik atau bensin untuk menghidupkan alat ini karena sumber tenaganya adalah dorongan Anda sendiri.


Kegiatan tersebut memang terlihat melelahkan, apalagi jika dilakukan di halaman yang luas. Barangkali Anda juga akan mengalami kesulitan ketika memotong rumput yang sudah tumbuh tinggi. Akan tetapi, alat ini tidak mengeluarkan emisi dan tidak pula menghasilkan polusi suara sehingga lebih ramah bagi lingkungan. 


Hal lain yang membuat mesin potong rumput ini unggul adalah hasil potongannya lebih rapi sehingga baik untuk kesehatan rumput. Selain itu, kalori di dalam tubuh Anda juga akan ikut terbakar ketika menggunakan alat ini. Halaman jadi rapi dan tubuh pun jadi lebih sehat.

Perhatikan juga tipe mata pisaunya

Mesin potong rumput diklasifikasikan menjadi tipe reel dan rotary berdasarkan jenis mata pisau yang digunakan. Meski mesin potong rumput yang dioperasikan dengan tangan hanya memakai tipe rotary, untuk tipe listrik Anda harus memperhatikan jenis mata pisaunya. 

Reel, ciptakan halaman yang indah

Reel, ciptakan halaman yang indah

Ciri khas utama dari tipe reel adalah mata pisau berbentuk silinder yang berputar ke arah vertikal. Mata pisau yang berputar akan bergesekan dengan mata pisau tetap sehingga rumput yang terjepit dapat terpotong. Cara kerjanya serupa dengan gunting sehingga hasil potongan dari tipe ini lebih rapi dibandingkan tipe rotary


Akan tetapi, tipe ini kurang ideal untuk memotong rumput yang panjang. Jika ingin memakai mata pisau tipe reel, Anda juga harus memberikan perhatian ekstra pada perawatan rumput tersebut. Bagi Anda yang ingin menjaga agar halaman rumah selalu bersih, kami rekomendasikan tipe reel

Rotary, cocok untuk memotong rumput yang panjang

Rotary, cocok untuk memotong rumput yang panjang

Tipe rotary memiliki blade mirip seperti disc yang berputar secara horizontal saat memotong rumput. Jika tipe reel seperti gunting, tipe rotary lebih mirip seperti pisau. Tipe ini lebih mudah dipakai untuk memotong rumput panjang yang sulit dilakukan oleh tipe reel


Spesial untuk Anda yang tak punya banyak waktu untuk memangkas rumput secara berkala, tipe ini sangat direkomendasikan. Sebagai tambahan, tipe ini lebih unggul dari segi perawatan mata pisaunya karena mudah untuk dilepas dibandingkan tipe reel

Ketahui jangkauan lebar dan tinggi pemotongan dari mesin potong rumput

Ketahui jangkauan lebar dan tinggi pemotongan dari mesin potong rumput

Istilah cutting width (lebar pemotongan) dipakai untuk menyebut lebar jangkauan rumput yang bisa dipotong dalam satu waktu dengan mesin potong rumput. Makin luas cutting width-nya, makin banyak jumlah rumput yang bisa dipotong dalam satu waktu. Dengan demikian, aktivitas memotong rumput Anda akan lebih efisien. 


Kekurangan dari mesin potong rumput dengan cutting width lebar adalah sulit untuk melakukan manuver kecil karena ukuran bodinya lebar. Selain itu, harganya pun sedikit lebih mahal. Sebagai info tambahan, mesin potong rumput memiliki batas tinggi pemotongan yang sudah fixed untuk setiap produknya. Tergantung pada jenis rumput, mesin potong rumput memiliki batas tinggi dan efek yang berbeda-beda saat menyentuh tanah. 


Sementara itu, batas maksimal dari ketinggian rumput yang bisa dipotong dengan mesin potong rumput disebut dengan cutting height (tinggi pemotongan). Tinggi pemotongan ini dapat disesuaikan, tetapi biasanya setiap produk memiliki batasan pengaturan yang berbeda-beda. Jika Anda memilih produk dengan jangkauan tinggi dan lebar yang dapat disesuaikan, tentunya lebih praktis karena dapat memotong rumput dengan berbagai cara. 

Pertimbangkan mesin potong rumput yang dilengkapi kotak rumput

Pertimbangkan mesin potong rumput yang dilengkapi kotak rumput

Beberapa mesin potong rumput dilengkapi dengan kotak untuk menampung rumput yang sudah dipotong. Anda tidak perlu repot menyapu rumput yang telah dipotong karena semuanya telah dimasukkan ke dalam kotak. Akan tetapi, Anda harus berhenti melakukan proses pemotongan apabila kotaknya telah penuh. Hal tersebut akan membuat proses pemotongan rumput menjadi lebih lama.


Mesin yang tidak dilengkapi dengan kotak penampung akan membuat potongan rumput tercecer di halaman. Hal itu akan membuat halaman tampak berantakan. Namun, potongan rumput tersebut akan berubah menjadi kompos dalam beberapa hari. Rumput dan tanaman yang ada di halaman akan mendapatkan makanan dari kompos tersebut. 

10 Rekomendasi mesin potong rumput terbaik

Poin-poin cara memilih mesin potong rumput telah kami jabarkan. Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi sepuluh mesin potong rumput yang bagus dan terbaik. Silakan lihat produknya satu per satu dan pilih yang sesuai dengan bujet serta keperluan Anda. 

10

Mollar Electric Grass Trimmer Mollar

MLR-GT400ʀ

Mulai dari Rp 825.000,00

Bahan bakarListrik
Tipe mata pisauRotary
Lebar pemotongan300 mm
Tinggi pemotonganTidak diketahui
Kotak rumputTidak ada
9
Bahan bakarBensin
Tipe mata pisauRotary
Lebar pemotongan457,2 mm
Tinggi pemotonganTidak diketahui
Kotak rumputAda
8
Bahan bakarTidak ada (manual)
Tipe mata pisauReel
Lebar pemotongan355,6 mm
Tinggi pemotonganTidak diketahui
Kotak rumputAda
7
Bahan bakarListrik
Tipe mata pisauRotary
Lebar pemotongan250 mm
Tinggi pemotonganTidak diketahui
Kotak rumputTidak ada
6

BLACK+DECKERMower with Ergonomic Handle Design

BEMW451BH

Mulai dari Rp 1.290.000,00

Bahan bakarListrik
Tipe mata pisauRotary
Lebar pemotongan320 mm
Tinggi pemotongan20–60 mm
Kotak rumputAda
5

INDOgreenMesin Pemotong Rumput Listrik

Mulai dari Rp 395.000,00

Bahan bakarListrik
Tipe mata pisauRotary
Lebar pemotongan160 mm
Tinggi pemotonganTidak diketahui
Kotak rumputTidak ada
4

KrisbowLawn Mower 15in Hand Push Type

10135152

Mulai dari Rp 1.262.800,00

Bahan bakarTidak ada (Manual)
Tipe mata pisauReel
Lebar pemotongan380 mm
Tinggi pemotongan14–47 mm
Kotak rumputAda
3

MakitaCordless Lawn Mower

DLM380RM2

Mulai dari Rp 6.789.800,00

Bahan bakarBaterai
Tipe mata pisauRotary
Lebar pemotongan380 mm
Tinggi pemotongan25–75 mm
Kotak rumputAda
2
Bahan bakarTidak diketahui
Tipe mata pisauRotary
Lebar pemotonganTidak diketahui
Tinggi pemotonganTidak diketahui
Kotak rumputTidak ada
1
Bahan bakarTidak ada (manual)
Tipe mata pisauReel
Lebar pemotongan300 mm
Tinggi pemotongan12–40 mm
Kotak rumputTidak ada

Tabel perbandingan produk mesin potong rumput terbaik

Gambar produk
1
BOSCH Hand Mower 1

BOSCH

2
Tasco Lawn Mowers 1

Tasco

3
Makita Cordless Lawn Mower  1

Makita

4
Krisbow Lawn Mower 15in Hand Push Type 1

Krisbow

5
INDOgreen Mesin Pemotong Rumput Listrik 1

INDOgreen

6
BLACK+DECKER Mower with Ergonomic Handle Design 1

BLACK+DECKER

7
Total Tools Grass Trimmer 350W 1

Total Tools

8
Tasco Ez Tools 14 Reel Mower 1

Tasco

9
Tasco Lawn Mowers 1

Tasco

10
Mollar  Electric Grass Trimmer Mollar  1

Mollar

Nama produk

Hand Mower

Lawn Mowers

Cordless Lawn Mower

Lawn Mower 15in Hand Push Type

Mesin Pemotong Rumput Listrik

Mower with Ergonomic Handle Design

Grass Trimmer 350W

Ez Tools 14 Reel Mower

Lawn Mowers

Electric Grass Trimmer Mollar

Keunggulan

Bantai rumput membandel berkat mata pisau yang bagus dan super tajam!

Bebas bermanuver dengan mesin potong rumput gendong rotary dua roda

Bekerja makin produktif dengan collection box 40 L

Bersih-bersih dalam senyap agar tidak mengganggu tetangga? Bisa!

Bye bye encok dan tagihan listrik yang membengkak!

Mesin potong rumput dorong yang compact dan mudah disimpan

Suami ultah? Hadiahkan mesin simpel nan elegan ini!

Lapangan golf makin rapi dan indah terawat

Tinggi handel bisa diatur sesuai tinggi pengguna

Memotong rumput bebas cupet! Panjang kabelnya saja 32 meter!

Harga mulai dariRp 2.248.000,00Rp 2.100.000,00Rp 6.789.800,00Rp 1.262.800,00Rp 395.000,00Rp 1.290.000,00Rp 399.000,00Rp 770.000,00Rp 3.600.000,00Rp 825.000,00
Bahan bakarTidak ada (manual)Tidak diketahuiBateraiTidak ada (Manual)ListrikListrikListrikTidak ada (manual)BensinListrik
Tipe mata pisauReelRotaryRotaryReelRotaryRotaryRotary ReelRotaryRotary
Lebar pemotongan300 mmTidak diketahui380 mm 380 mm 160 mm320 mm250 mm 355,6 mm457,2 mm 300 mm
Tinggi pemotongan12–40 mmTidak diketahui25–75 mm14–47 mmTidak diketahui20–60 mmTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahui
Kotak rumputTidak adaTidak adaAdaAdaTidak adaAdaTidak adaAdaAdaTidak ada
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk dan peralatan untuk berkebun di sini

Salah satu item penting untuk Anda yang hobi berkebun adalah sprayer! Selain memiliki fungsi utama untuk menyiram tanaman, sprayer juga bisa membuat interior kebun lebih cantik. Untuk itu, kami menyiapkan artikelnya di bawah. Kami juga menyediakan artikel pupuk untuk bunga, bibit bunga, dan beragam jenis tanaman yang bisa membuat kebun jadi tambah asri, lho!

Kesimpulan

Kami telah memilih sepuluh produk mesin potong rumput yang bagus. Setiap tipe mesin potong rumput pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semua produk di atas pun memiliki fitur berbeda-beda yang menyesuaikan kebutuhan Anda.


Semoga saja dengan adanya tips membeli dari kami, Anda tidak bingung lagi dalam menjatuhkan pilihan. Dengan mesin potong rumput yang tepat, Anda bisa memiliki backyard garden yang cantik terawat! Selamat memilih dan menentukan pilihan. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memelihara ikan di kolam idealnya harus memikirkan tentang pompa kolam yang baik dan tepat. Memberikan arus dan mengalirkan air ke filter adalah sejumlah tugas utama pompa kolam. Dengan begitu, kolam ikan Anda tetap jernih dan ikan tidak cepat mati. Terlebih apabila Anda memelihara ikan hias, seperti ikan koi atau ikan mas koki.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek pompa kolam ikan terbaik, seperti Sunsun, Resun, dan Wasser. Pastikan Anda juga membaca cara memilihnya agar dapat menemukan pompa kolam ikan yang bagus dan tepat. Simak ulasannya sampai selesai ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Benih Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Benih Jagung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak ditemui di Indonesia. Pemanfaatannya di industri peternakan juga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan petani. Apabila Anda ingin menanam jagung, entah secara profesional ataupun hobi, Anda harus tahu cara memilih benih jagung yang bagus.Kami akan menyodorkan ke hadapan Anda cara memilih dan rekomendasi benih jagung terbaik. Akan Anda temukan jagung manis, jagung ketan, hingga jagung mutiara dari merek Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, serta merek lainnya. Informasi lebih jelas silakan Anda baca artikel ini sampai tuntas dan dapatkan benih jagung terbaik.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar antara 500 liter, 1000 liter, 5000 liter, hingga puluhan ribu liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air terbaik. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merk ternama, seperti Profil Tank, Penyu, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan toren air yang tepat untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Benih Padi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Indonesia meraih peringkat ketiga penghasil padi terbanyak di dunia. Hal ini tidak terlepas dari berbagai penelitian yang dilakukan untuk menciptakan varietas padi berkualitas. Benih padi unggul ini diharapkan dapat memberikan peningkatan hasil panen yang signifikan. Namun, banyaknya varietas benih padi di pasaran mungkin dapat membuat Anda bingung menentukan merek benih yang bagus. Kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga akan merekomendasikan benih padi terbaik, seperti jenis INPARA, INPARI, HIPA, dan lainnya. Simak sampai habis, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Media tanam adalah campuran bahan organik dan anorganik yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan sebuah tanaman. Selain menutrisi, media tanam juga membantu formasi akar serta menampung udara dan air di dalamnya. Anda bisa meraciknya sendiri ataupun membeli produk media tanam siap pakai.Pemilihan media tanam penting karena produk yang salah dapat membuat tanaman cepat busuk atau gagal berbuah. Kami akan memberi tips cara memilih media tanam yang bagus. Kami juga merekomendasikan produk dari merek terkenal, seperti Klasmann, Trubus, dan Hydrofarm. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Selain cahaya dan air yang cukup, tanaman juga butuh pupuk untuk bisa tumbuh sehat. Pupuk organik bisa dibilang paling aman untuk tanaman dan lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan alami. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih pupuk organik, misalnya tujuan, jenis, dan bentuknya. Kami akan mengulas pupuk organik mulai dari perbedaannya dengan pupuk kimia buatan, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti EM4, Nasa, Petroganik, dan Eco Farming, kami rekomendasikan untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pot Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pot Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Saat mendekor kebun, Anda perlu memikirkan bentuk dan ukuran pot yang Anda butuhkan. Pot bunga memiliki jenis yang bermacam-macam. Ada pot simpel dengan harga murah dan ada juga pot artistik dengan harga tinggi. Bahan pot juga beragam, mulai dari plastik, kayu, hingga keramik. Pada artikel ini, kami akan membantu Anda memilih pot bunga yang menarik. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk yang bagus, seperti dari merek IKEA dan Mendekor. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Simak selengkapnya di bawah ini!
    Kebun & luar ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori