• 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Sebelum halaman belakang Anda bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Dewasa ini, mesin potong rumput tersedia dalam berbagai tipe seperti manual dan elektrik. Untuk mata pisaunya juga berbeda tergantung pada tujuan penggunaan. 


Dengan banyaknya pilihan, Anda pun memiliki lebih banyak opsi dan bisa mencari produk terbaik dari yang terbaik. Silakan mempertimbangkan merek Tasco, Krisbow, dan BOSCH yang sudah terbukti performanya. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan dan harga. Jangan sampai sudah ngebet ingin membeli, tetapi tidak ada bujet lagi! Untuk itu, simaklah artikel ini!

  • Pembaharuan terakhir: 30 Maret 2020
  • 5.410 Views
Daftar isi

Cara memilih mesin potong rumput

Untuk menjaga agar taman atau halaman tetap cantik terawat, Anda harus memotong rumput secara berkala. Mesin potong rumput pun sangat diperlukan agar kebersihan kebun selalu terjaga. Namun, kini mesin potong rumput tersedia dalam banyak model. Oleh karena itu, silakan menyimak artikel ini sampai habis agar Anda dapat memilih mesin potong rumput terbaik di pasaran. 

Perhatikan seberapa luas halaman yang akan dibersihkan

Mesin potong rumput dibedakan menjadi tiga tipe, yaitu manual, elektrik, dan mesin. Spesial untuk tipe mesin, tipe ini biasanya dipakai di wilayah yang luasnya sekitar 330,6 meter persegi atau lebih. Tipe ini sangat jarang dipakai di rumah karena harga dan perawatannya yang mahal. Oleh karena itu, kami akan lebih fokus pada tipe manual dan elektrik saja. 

Untuk keperluan sehari-hari, pilih tipe manual

Apakah Anda membutuhkan mesin potong rumput untuk di rumah? Kami rekomendasikan tipe manual. Mengingat tipe ini membutuhkan tenaga manusia untuk mengoperasikannya, Anda harus memiliki kekuatan fisik yang bagus. Selain itu, tipe ini juga cocok untuk Anda yang tinggal di rumah dengan luas 9,917-33,06 meter persegi karena sangat mudah disimpan. Anda bisa mengoperasikannya dengan mudah karena bobotnya ringan. 


Lalu, bagaimana jika Anda tinggal di rumah dengan luas di bawah 9 meter persegi? Anda dapat mempertimbangkan tipe hair clipper yang berukuran kecil dan mudah disimpan di tempat sempit. 

Untuk kebun yang luas, pilih tipe elektrik

Untuk kebun yang luas, pilih tipe elektrik

Jika Anda memiliki kebun dengan luas sekitar 33,06 meter persegi sampai 99,17 meter persegi, silakan memakai tipe elektrik. Pasalnya, daya jangkau tipe manual sangatlah terbatas. Meskipun lebih berat dan tak bisa dioperasikan sembarang orang, tipe elektrik mampu memotong rumput dengan mudah. Anda dapat memilih mesin potong rumput dengan motor yang ringan agar mudah bermanuver dan mampu memotong rumput dengan baik. 

Perhatikan juga tipe mata pisaunya

Mesin potong rumput diklasifikasikan menjadi tipe reel dan rotary berdasarkan jenis mata pisau yang digunakan. Meski mesin potong rumput yang dioperasikan dengan tangan hanya memakai tipe rotary, untuk tipe listrik Anda harus memperhatikan jenis mata pisaunya. 

Ciptakan halaman yang indah dengan tipe reel

Ciptakan halaman yang indah dengan tipe reel

Ciri khas utama dari tipe reel adalah mata pisau berbentuk silinder yang berputar ke arah vertikal. Mata pisau yang berputar akan bergesekan dengan mata pisau tetap sehingga rumput yang terjepit dapat terpotong. Cara kerjanya serupa dengan gunting. Konon, hasil potongan dari tipe ini lebih rapi dibandingkan tipe rotary


Sayangnya, tipe ini kurang ideal untuk memotong rumput yang panjang. Jika ingin memakai mata pisau tipe reel, Anda harus memberikan perhatian ekstra pada perawatan rumput tersebut. Jika Anda ingin menjaga agar halaman rumah selalu bersih, kami rekomendasikan tipe reel

Untuk rumput yang panjang, gunakan tipe rotary

Berkebalikan dengan tipe reel, tipe rotary memiliki blade berbentuk seperti disc yang berputar secara horizontal saat memotong rumput. Jika tipe reel seperti gunting, tipe rotary lebih mirip seperti pisau. Tipe ini lebih mudah dipakai untuk memotong rumput panjang yang sulit dilakukan oleh tipe reel


Spesial untuk Anda yang tak punya banyak waktu untuk memangkas rumput secara berkala, tipe ini sangat direkomendasikan. Sebagai tambahan, tipe ini lebih unggul dari segi perawatan mata pisaunya karena mudah untuk dilepas dibandingkan tipe reel

Perhatikan jangkauan lebar dan tinggi pemotongan mesin

Istilah cutting width (lebar pemotongan) dipakai untuk menyebut lebar jangkauan rumput yang bisa dipotong dalam satu waktu dengan mesin potong rumput. Makin luas cutting width-nya, makin banyak jumlah rumput yang bisa dipotong dalam satu waktu. Dengan demikian, aktivitas memotong rumput Anda akan lebih efisien. 


Kekurangan dari mesin potong rumput dengan cutting width lebar adalah sulit untuk melakukan manuver kecil. Pasalnya, mesin dengan cutting width lebar akan memiliki ukuran bodi yang lebar pula dan harganya sedikit lebih mahal. Kembali lagi, apakah Anda lebih fokus pada produk yang efisien atau lebih mudah dioperasikan? Silakan memilih mesin potong rumput yang lebar atau ramping dengan pertimbangan ini. 


Sebagai info tambahan, mesin potong rumput memiliki batas tinggi pemotongan yang sudah fixed untuk setiap produknya. Tergantung pada jenis rumput, mesin potong rumput memiliki batas tinggi dan efek yang berbeda-beda saat menyentuh tanah. 


Sementara itu, batas maksimal dari ketinggian rumput yang bisa dipotong dengan mesin potong rumput disebut dengan cutting height (tinggi pemotongan). Tinggi pemotongan ini dapat disesuaikan, tetapi biasanya setiap produk memiliki batasan pengaturan yang berbeda-beda. Jika Anda memilih produk dengan jangkauan tinggi dan lebar yang dapat disesuaikan, tentunya lebih praktis karena dapat memotong rumput dengan berbagai cara. 

10 Rekomendasi mesin potong rumput terbaik

Mulai dari sini, kami akan memberikan rekomendasi sepuluh mesin potong rumput terbaik. Silakan untuk memilih tipe manual atau elektrik sesuai dengan bujet dan keperluan Anda. 

10

Mollar Electric Grass Trimmer Mollar

ᴍʟʀ-ɢᴛ400ʀ

Rp 349.900,00

Tipe mata pisauRotary
Lebar pemotongan300 mm
Tinggi pemotonganTidak diketahui
9
Tipe mata pisauRotary
Lebar pemotongan457,2 mm
Tinggi pemotonganTidak diketahui
8
Tipe mata pisauReel
Lebar pemotongan355,6 mm
Tinggi pemotonganTidak diketahui
7
Tipe mata pisauRotary
Lebar pemotongan250 mm
Tinggi pemotonganTidak diketahui
6

BLACK+DECKERMower with Ergonomic Handle Design

BEMW451BH

Rp 1.390.000,00

Tipe mata pisauRotary
Lebar pemotongan320 mm
Tinggi pemotongan20 mm - 60 mm
5
Tipe mata pisauRotary
Lebar pemotongan160 mm
Tinggi pemotonganTidak diketahui
4

KrisbowLawn Mower 15in Hand Push Type

10135152

Rp 1.097.800,00

Tipe mata pisauReel
Lebar pemotongan380 mm
Tinggi pemotongan14 mm - 47 mm
3
Tipe mata pisauRotary
Lebar pemotongan380 mm
Tinggi pemotongan25 mm - 75 mm
2
Tipe mata pisauRotary
Lebar pemotonganTidak diketahui
Tinggi pemotonganTidak diketahui
1
Tipe mata pisauReel
Lebar pemotongan300 mm
Tinggi pemotongan12 mm – 40 mm

Tabel perbandingan produk mesin potong rumput terbaik

Gambar produk
1
BOSCH Hand Mower 1

BOSCH

2
Tasco Lawn Mowers 1

Tasco

3
Makita Cordless Lawn Mower  1

Makita

4
Krisbow Lawn Mower 15in Hand Push Type 1

Krisbow

5
INDOgreen Mesin Pemotong Rumput Listrik 1

INDOgreen

6
BLACK+DECKER Mower with Ergonomic Handle Design 1

BLACK+DECKER

7
Total Tools Grass Trimmer 350W 1

Total Tools

8
Ez Tools 14 Reel Mower 1

Ez Tools

9
Tasco Lawn Mowers 1

Tasco

10
Mollar  Electric Grass Trimmer Mollar  1

Mollar

Nama produk

Hand Mower

Lawn Mowers

Cordless Lawn Mower

Lawn Mower 15in Hand Push Type

Mesin Pemotong Rumput Listrik

Mower with Ergonomic Handle Design

Grass Trimmer 350W

14 Reel Mower

Lawn Mowers

Electric Grass Trimmer Mollar

KeunggulanBantai rumput membandel den...Bebas bermanuver dengan mes...Bekerja makin produktif den...Bersih-bersih dalam senyap!Bye bye encok dan tagihan l...Desain compact dan mudah di...Suami ultah? Hadiahkan prod...Lapangan golf makin rapi da...Tinggi handel bisa diatur s...Motong rumput bebas cupet! ...
HargaRp 1.800.000,00Rp 1.375.000,00Rp 8.120.000,00Rp 1.097.800,00Rp 395.000,00Rp 1.390.000,00Rp 399.000,00Rp 600.000,00Rp 3.500.000,00Rp 349.900,00
Tipe mata pisauReelRotaryRotaryReelRotaryRotaryRotary ReelRotaryRotary
Lebar pemotongan300 mmTidak diketahui380 mm 380 mm 160 mm320 mm250 mm 355,6 mm457,2 mm 300 mm
Tinggi pemotongan12 mm – 40 mmTidak diketahui25 mm - 75 mm14 mm - 47 mmTidak diketahui20 mm - 60 mmTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahui
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk lainnya di sini

Salah satu item penting untuk Anda yang hobi berkebun adalah sprayer! Tak sembarang sprayer, membeli item yang satu ini pun ada tekniknya. Selain memiliki fungsi utama untuk menyiram tanaman, sprayer pilihan dari kami ini juga bisa mempercantik interior kebun atau rumah Anda. Apa saja pilihan sprayer tersebut? Silakan baca informasinya berikut ini. 

Kesimpulan

Kami telah memilih sepuluh produk mesin potong rumput manual dan elektrik yang bisa Anda pilih. Setiap tipe mesin potong rumput pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semua produk di atas pun memiliki fitur berbeda-beda yang menyesuaikan kebutuhan Anda.


Semoga saja dengan adanya ulasan ini, Anda tidak bingung lagi dalam menjatuhkan pilihan. Dengan mesin potong rumput yang tepat, Anda bisa memiliki backyard garden yang cantik terawat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bor listrik saat ini bukanlah merupakan perkakas khusus untuk tukang saja. Mesin bor merupakan alat yang sangat berguna untuk memasang lukisan, pigura, atau dekorasi lain di rumah Anda. Alat ini juga penting bagi Anda yang suka mengerjakan kerajinan tangan atau proyek Do It Yourself (DIY).Ada berbagai merek bor listrik di pasaran: Bosch, Makita, Black & Decker, dan banyak lainnya. Ada bor listrik untuk profesional dan ada juga untuk pemula. Artikel ini akan sangat berguna bagi Anda untuk memilih bor listrik. Selain itu, kami juga memberi 10 rekomendasi bor listrik terbaik untuk Anda. Mari disimak!
    DIY & tools
    91.830 Views
  • 10 Rekomendasi Impact Wrench (Pembuka Baut) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Impact Wrench (Pembuka Baut) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Impact wrench atau pembuka baut digunakan untuk mengencangkan mur dan baut serta untuk mengganti roda. Anda akan menemukan impact wrench keluaran Bosch, Hitachi, Stanley, dan sebagainya yang berbeda spesifikasi dan harga. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan 10 rekomendasi impact wrench terbaik.Sebenarnya ada juga impact wrench yang dapat Anda hubungkan dengan kompresor. Namun, kali ini kami akan membatasi hanya pada tipe pembuka baut elektrik saja. Tidak ada salahnya Anda membeli impact wrench karena alat ini akan sangat memudahkan pekerjaan Anda, lho!
    DIY & tools
    24.916 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Terbaik untuk Logam (Terbaru Tahun 2020)
    Lem untuk logam digunakan untuk merekatkan benda yang terbuat dari logam. Bila Anda menggunakan lem lain, logam mungkin dapat melekat, tetapi mungkin kurang kuat dibanding memakai lem logam. Pada saat membeli, Anda mungkin bingung memilih di antara banyaknya merek. Masing-masing produk memiliki karakteristik tersendiri, misalnya tahan panas, tahan air, dan tahan guncangan.Melalui artikel ini, kami akan membahas mengenai cara memilih lem untuk logam dan juga memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih. Merek yang sudah populer seperti Aica-Aibon, UHU, Loctite, dan Dextone pun ada, lho. Selamat membaca!
    DIY & tools
    69.464 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika Anda menyekrup bagian yang tebal saat merangkai produk furnitur, Anda akan kesulitan melakukannya bila hanya menggunakan obeng. Pada saat itulah sebaiknya Anda gunakan mesin bor beton atau biasa disebut impact drill. Banyaknya merek impact drill seperti Makita, Bosch, Hitachi, atau DeWALT di pasaran bisa saja membuat Anda bingung memilih.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi mesin bor beton terbaik. Terdapat berbagai jenis produk dengan spesifikasi, fitur, dan harga yang berbeda satu sama lain. Kami harap Anda dapat menemukan mesin bor beton yang akan membantu pekerjaan Anda melalui artikel ini. Selamat membaca!
    DIY & tools
    39.588 Views
  • 10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lem Kuat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lem kuat atau lem super dapat melekatkan berbagai permukaan benda dengan erat. Lem ini adalah sahabat bagi Anda yang gemar membuat kerajinan tangan DIY (do-it-yourself) atau sekadar untuk memperbaiki bagian barang. Namun, terdapat banyak merek dan tipe lem kuat di pasaran. Tahukah Anda produk seperti apa yang berkualitas?Kami telah mengumpulkan informasi mengenai lem kuat dengan performa baik dan ramah di kantong. Kami juga akan memaparkan tips menggunakannya. Terdapat berbagai merek, seperti UHU dan Aica-Aibon. Temukan produk yang paling pas dengan tujuan penggunaan Anda!
    DIY & tools
    14.609 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Gergaji Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Gergaji Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mesin gergaji atau saw machine adalah gergaji yang bekerja secara otomatis sehingga lebih praktis dibandingkan dengan gergaji manual. Mesin gergaji tersedia dalam berbagai merek, seperti Bosch, Hitachi, dan Stanley Steel yang masing-masing punya karakteristik tersendiri sehingga seringkali membuat bingung saat ingin membelinya.Pada artikel kali ini kami akan membantu Anda dengan memberi tips mengenai hal-hal yang perlu diketahui saat memilih mesin gergaji. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    DIY & tools
    25.622 Views
  • 10 Rekomendasi Bantalan Jarum Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bantalan Jarum Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bantalan jarum adalah salah satu peralatan yang sering digunakan pada saat menjahit. Saat ini, terdapat banyak sekali variasi bantalan jarum yang dijual di pasaran. Ada produk yang dapat dipakai pada pergelangan tangan layaknya gelang, ada juga yang berbahan magnet untuk mempermudah pengumpulan jarum.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan bantalan jarum yang dapat Anda pilih untuk menemani kegiatan Anda menjahit. Anda bisa memilih produk yang nyaman digunakan, fungsional, berbentuk unik atau lucu, memiliki magnet, dan sebagainya. Ayo temukan bantalan jarum terbaik favorit Anda!
    DIY & tools
    1.423 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori