• 10 Rekomendasi Gaun Bridesmaid Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Gaun Bridesmaid Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Gaun Bridesmaid Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Gaun Bridesmaid Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Gaun Bridesmaid Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Gaun Bridesmaid Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Bridesmaid adalah orang mendampingi pengantin wanita saat acara pernikahan. Oleh karena itu, tentu bridesmaid harus mengenakan gaun yang menawan, tetapi tidak terkesan berlebihan. Saat hendak membeli gaun bridesmaid, Anda akan menyadari ada begitu banyak model gaun beredar di pasaran.


Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami akan menjelaskan cara memilihnya. Tidak lupa, kami juga akan menyertakan sepuluh rekomendasi gaun bridesmaid terbaik yang layak untuk Anda pertimbangkan. Merek dress bridesmaid yang bagus, seperti Monomolly, Velvet House, dan Kiyorawears juga akan kami bahas. Pilih produk yang tepat dan jadikan momen pernikahan makin berkesan!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Novitania
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Seberapa penting peran bridesmaid?

Seberapa penting peran bridesmaid?

Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, bridesmaid adalah orang yang mendampingi pengantin wanita saat acara pernikahan. Namun, pada hakikatnya, peran bridesmaid jauh lebih banyak karena bridesmaid juga mendampingi pengantin wanita selama persiapan pernikahan


Persiapan pernikahan yang dimaksud adalah seperti pemilihan vendor-vendor serta penyusunan acara. Walaupun sekarang ini peran tersebut biasa digantikan oleh wedding organizer, tetapi bridesmaid diharapkan tetap dapat memberikan dukungan emosional. 


Masa-masa mempersiapkan pernikahan bisa saja membebani pengantin wanita dan membuatnya stres. Nah, para bridesmaid dapat menjadi teman curhat dan menghiburnya. Tak jarang, para bridesmaid juga bertugas untuk mengadakan bridal shower untuk sang calon pengantin

Cara memilih gaun bridesmaid

Sebenarnya, memilih gaun bridesmaid tidaklah sulit. Anda hanya perlu memperhatikan poin-poin yang akan kami jelaskan berikut ini.

Sesuaikan gaun dengan tema pernikahan Anda

Sesuaikan gaun dengan tema pernikahan Anda

Tergantung pada preferensi sang pengantin, tema pesta pernikahan bisa berbeda satu dengan yang lainnya. Ada yang temanya didasarkan pada karakteristik tertentu, misalnya ethnic, rustic, romantic, garden party dan sebagainya. Sangat baik bila Anda memilih gaun sesuai dengan karakteristik tema tersebut. 


  • Ethnic

Tidak bisa dimungkiri, Indonesia sebagai negara multikultural memiliki banyak tradisi dan adat tersendiri, termasuk soal pernikahan. Nah, jika Anda memilih tema ethnic, misalnya pernikahan adat Jawa, Anda bisa menyesuaikan busana bridesmaid-nya dengan menggunakan kebaya. Begitu pula halnya dengan adat budaya lainnya. 


  • Rustic

Tema pernikahan rustic ditandai dengan kentalnya unsur kayu. Selanjutnya biasa ditambah sedikit kesan vintage dengan warna-warna yang tidak terlalu mencolok, seperti putih, beige, dan pastel. Nah, untuk busana bridesmaid, Anda bisa menyesuaikannya dengan nuansa natural tersebut. Pilihlah dress minimalis dengan warna-warna yang tidak terlalu mencolok. 


  • Classic romance

Classic romance mengusung warna putih sebagai warna utama. Terkadang juga ditambahkan beberapa warna soft lainnya, seperti peach, ivory, atau sedikit nunsa keemasan. Nah, Anda juga bisa memilih warna-warna tersebut untuk warna dress bridesmaid Anda. 


  • Garden party

Sesuai namanya, garden party biasanya dilakukan di taman atau area terbuka (outdoor). Jika dilakukan pada siang hari, dekorasinya banyak berfokus pada bunga-bunga. Sementara itu, jika dilakukan pada malam hari, permainan lampu-lampu akan menjadi dekorasi utamanya. 


Karena lokasi wedding yang berada di outdoor, gaun bridesmaid, sebaiknya dipilih yang bahannya sejuk dan nyaman. Anda bisa memilih bahan yang breathable, seperti rayon. 

Pilih ukuran gaun yang pas untuk bridesmaid Anda

Pilih ukuran gaun yang pas untuk bridesmaid Anda

Jika Anda membeli gaun yang sudah jadi, tentu penting untuk memastikan gaun tersebut bisa dipakai oleh bridesmaid Anda. Untuk itu, pastikan Anda memilih ukuran gaun yang tepat untuk setiap bridesmaid Anda. Dalam memilih ukuran gaun bridesmaid, silakan perhatikan hal-hal berikut ini. 


  • Size

Ukuran tiap gaun yang dijual di pasaran tentu akan berbeda-beda. Size S untuk dress yang satu belum tentu sama dengan ukuran S pada dress yang lain. Jadi, pastikan Anda melihat detail ukurannya dengan saksama, misalnya lebar dada dan panjang gaun. 


  • Ada karet pengencangnya atau tidak

Beberapa model gaun bridesmaid ada yang menggunakan karet pada bagian punggungnya. Karet ini berfungsi untuk memberikan toleransi ukuran yang sedikit lebih besar.


  • Sistem korset 

Seperti pada gambar, sistem korset juga bisa membantu memberikan toleransi ukuran seperti karet. Namun, sistem korset mampu memberikan toleransi ukuran jauh lebih besar. Gaun tersebut bisa dikecilkan atau dilebarkan dengan lebih fleksibel sesuai kebutuhan. 

Hindari desain yang terlalu menonjol

Hindari desain yang terlalu menonjol

Anda memang bisa memilih gaun sesuai tema pernikahan dengan ukuran yang tepat. Warna dan modelnya pun tentu bisa disesuaikan. Meski begitu, jangan sampai gaun bridesmaid malah lebih mencolok dibandingkan gaun pengantin wanita sendiri.


Momen pernikahan sangatlah spesial bagi pengantin. Oleh karena itu, sudah sepantasnya pengantin wanitalah yang menjadi pusat perhatian dengan gaun megahnya. Hindari gaun bridesmaid yang terlalu lebar, panjang, penuh ornamen, dan sebagainya. Hal tersebut bisa membuat gaun bridesmaid malah lebih menonjol daripada gaun sang pengantin wanita. 


Kebanyakan gaun bridesmaid memang didesain simpel dan hanya diberi sedikit hiasan. Meski begitu, ada juga produk yang dilengkapi ornamen kecil. Anda bisa saja memilih gaun bridesmaid yang memiliki ornamen bawaan. Meski begitu, pastikan bahwa gaun pilihan Anda tidak membuat pusat perhatian teralih ke Anda yang berperan sebagai bridesmaid, ya!

Pertimbangkan jenis bahannya

Pertimbangkan jenis bahannya

Jenis bahan untuk gaun bridesmaid ada bermacam-macam. Namun, yang cukup sering digunakan adalah satin, scuba, dan rayon. Mari simak pembahasannya berikut ini. 


  • Satin

Bahan ini ditandai dengan permukaan yang mengilap dan terasa sangat lembut. Bahan satin cenderung mengikuti bentuk tubuh dan memberikan kesan mewah bagi penggunanya. 


  • Scuba

Scuba merupakan kain berserat lembut dan bersifat lentur. Selain itu, scuba juga tidak mudah kusut. Walaupun bahan ini cukup tebal, tetapi kain ini tetap adem saat digunakan. 


  • Rayon

Rayon adalah bahan yang cukup digemari karena teksturnya halus dan licin sepert satin, tetapi tidak mudah kusut seperti scuba. Bahan rayon juga dinilai adem dan sangat nyaman digunakan. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi gaun bridesmaid terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gaun bridesmaid terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

RAMUNEClaire Maxi Dress

Mulai dari Rp 339.000,00

Varian warnaLilac, beige, sage
DesainDress tanpa lengan dengan model fit and flare skirt
BahanKatun rayon
SizeLingkar dada : 98–120 cm Panjang dress : 125 cm
9

KiyorawearsRika Halter Neck

Mulai dari Rp 199.000,00

Varian warnaIvory, black, sage green, teal blue, choco
DesainDress panjang tanpa lengan dengan model leher halter
BahanSifon
SizeLingkar dada: 78–92 cm Panjang dress: 138–140 cm
8

Peach Champagne Cowl Neck Satin Dress

C616

Mulai dari Rp 229.000,00

Varian warnaOrange
DesainBodycone, tanpa lengan
BahanSatin
SizeLingkar dada:76–84 cm Panjang gaun: 133–135 cm
7
Varian warnaGold dan red
DesainCheongsam long dress
BahanTidak ada keterangan
SizeLingkar dada: 81–120 cm Panjang gaun: 125–138 cm
6

Set Kutubaru Floral dan Rok Plisket

Mulai dari Rp 172.500,00

Varian warnaPutih, hijau, pink, biru, dan lain sebagainya
DesainKutubaru lengan panjang dengan motif floral
BahanKatun
SizeLingkar dada: 95–105 cm
5
Varian warnaDusty, silver, rosegold, mocca, navy, maroon, lilac
DesainDress dengan lengan, tunik dress, satu set dengan celana
BahanBrokat
SizeLingkar dada: 100–140
4

MonomollyLily Wrap Dress

Mulai dari Rp 299.000,00

Varian warnaMustard, olive, hazelnut, black, mauve, brick
DesainDress lengan pendek dengan potongan di pinggang
BahanCrinkle
SizeLingkar dada: 104–118 cm Panjang gaun: 110-118 cm
3

WeddingkuDress Bridesmaid Multiway

Mulai dari Rp 119.900,00

Varian warnaDark navy, hitam, ungu, maron, dan lain sebagainya
DesainMultiway dress dengan kemben
BahanSpandex
SizeLingkar dada: 50–100 cm Panjang gaun: 110 cm dari pinggang
2

Zakiyyah GalleryBridesmaid Mermaid Gown

Mulai dari Rp 175.000,00

Varian warnaMerah, biru, pink, dan sebagainya
DesainMermaid
BahanRoberto cavali + brokat
SizeLingkar dada: 92–110 cm Panjang gaun : 137–140 cm
1

Velvet HousePremium Twisted Dress

V104

Mulai dari Rp 148.000,00

Varian warnaBlack, white, maroon, baby pink, hijau botol, peach, beige, dan lain sebagainya
DesainMidi dress dengan off shoulders
BahanScuba
SizeLingkar dada: 80–110 cm Panjang dress: 105–110 cm

Tabel perbandingan produk gaun bridesmaid terbaik

Gambar produk
1
Velvet House Premium Twisted Dress 1

Velvet House

2
Zakiyyah Gallery Bridesmaid Mermaid Gown 1

Zakiyyah Gallery

3
Weddingku Dress Bridesmaid Multiway 1

Weddingku

4
Monomolly Lily Wrap Dress 1

Monomolly

5
Emely Set Tunik Dress 1

6
Set Kutubaru Floral dan Rok Plisket 1

7
Qipao Long Dress Dragon Phoenix 1

8
Peach Champagne Cowl Neck Satin Dress 1

9
Kiyorawears Rika Halter Neck 1

Kiyorawears

10
RAMUNE Claire Maxi Dress 1

RAMUNE

Nama produk

Premium Twisted Dress

Bridesmaid Mermaid Gown

Dress Bridesmaid Multiway

Lily Wrap Dress

Emely Set Tunik Dress

Set Kutubaru Floral dan Rok Plisket

Qipao Long Dress Dragon Phoenix

Peach Champagne Cowl Neck Satin Dress

Rika Halter Neck

Claire Maxi Dress

Keunggulan

Tampilkan kesan manis dengan midi dress off shoulders

Seragam braidsmaid yang cocok untuk Anda yang berhijab

Cara penggunaannya beragam, ekonomis pula!

Dress lengan pendek dengan pilihan warna kekinian

Dengan bawahan celana, bridesmaid bisa lebih sigap membantu pengantin

Setelan kutubaru yang nyaman untuk pernikahan ethnic

Cantik maksimal untuk tema oriental

Tampil ramping dengan dress bodycon berbahan satin

Memberikan kesan berbeda dengan desain hatler

Dress simpel untuk garden party wedding

Harga mulai dariRp 148.000,00Rp 175.000,00Rp 119.900,00Rp 299.000,00Rp 145.000,00Rp 172.500,00Rp 295.000,00Rp 229.000,00Rp 199.000,00Rp 339.000,00
Varian warnaBlack, white, maroon, baby pink, hijau botol, peach, beige, dan lain sebagainyaMerah, biru, pink, dan sebagainyaDark navy, hitam, ungu, maron, dan lain sebagainyaMustard, olive, hazelnut, black, mauve, brickDusty, silver, rosegold, mocca, navy, maroon, lilacPutih, hijau, pink, biru, dan lain sebagainyaGold dan redOrangeIvory, black, sage green, teal blue, chocoLilac, beige, sage
DesainMidi dress dengan off shouldersMermaidMultiway dress dengan kembenDress lengan pendek dengan potongan di pinggangDress dengan lengan, tunik dress, satu set dengan celanaKutubaru lengan panjang dengan motif floralCheongsam long dressBodycone, tanpa lenganDress panjang tanpa lengan dengan model leher halterDress tanpa lengan dengan model fit and flare skirt
BahanScubaRoberto cavali + brokatSpandexCrinkleBrokatKatunTidak ada keterangan SatinSifonKatun rayon
SizeLingkar dada: 80–110 cm Panjang dress: 105–110 cmLingkar dada: 92–110 cm Panjang gaun : 137–140 cmLingkar dada: 50–100 cm Panjang gaun: 110 cm dari pinggangLingkar dada: 104–118 cm Panjang gaun: 110-118 cmLingkar dada: 100–140Lingkar dada: 95–105 cmLingkar dada: 81–120 cm Panjang gaun: 125–138 cmLingkar dada:76–84 cm Panjang gaun: 133–135 cmLingkar dada: 78–92 cm Panjang dress: 138–140 cmLingkar dada : 98–120 cm Panjang dress : 125 cm
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar bridesmaid

Pertanyaan umum seputar bridesmaid

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produk, kami juga sudah mengumpulkan pertanyaan populer seputar bridesmaid. Jika Anda penasaran, silakan simak jawabannya berikut ini. 

Apa saja isi paket bridesmaid?

Paket bridesmaid merupakan hadiah dari pengantin untuk bridesmaid-nya, jadi isinya tentu bisa sangat beragam. Namun, kebanyakan isi paket bridesmaid adalah barang-barang kebutuhan wanita, seperti toiletries atau paket kecantikan dalam ukuran travel size. Ada juga yang memberikan parfum, set piyama, voucher salon, mug cantik, bahkan gelang atau kalung sebagai kenang-kenangan.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk pernikahan di sini

Selain gaun bridesmaid, ada beberapa hal lainnya yang perlu disiapkan menjelang pernikahan, misalnya cincin pernikahan, sepatu, ataupun undangan. Nah, silakan klik tautan berikut ini untuk mendapatkan informasi lengkapnya. Selamat membaca.

Kesimpulan

Ternyata, memilih gaun bridesmaid tidak bisa sembarangan, ya! Memang model yang tersedia di pasaran sangatlah banyak. Namun, Anda perlu memilih gaun sesuai tema pernikahan.


Selain itu, ukuran dan bahan kainnya pun perlu diperhatikan. Hindari juga memilih gaun yang tampilannya terlalu menyita perhatian. Pilihlah gaun sesuai dana yang Anda miliki dan nikmati momen bahagia dalam pesta pernikahan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Gamis Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gamis Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak wanita bertubuh gemuk yang masih takut untuk menggunakan gamis karena akan terlihat lebih berisi. Apakah Anda salah satunya? Jangan khawatir atau minder dahulu! Saat ini, banyak gamis dengan ukuran jumbo yang bisa Anda kenakan. Kemudian, ada juga beberapa model gamis yang bahkan membuat tubuh terlihat lebih langsing.Untuk itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi gamis yang bagus untuk wanita gemuk khusus untuk Anda. Beberapa merek gamis ternama seperti Agnes Fashion dan Nibras dapat Anda temukan. Baca hingga tuntas dan pilih gamis big size terbaik Anda!
    Pakaian wanita
  • 10 Baju Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    10 Baju Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki badan besar terkadang membuat wanita menjadi tidak percaya diri dalam berbusana. Terutama karena faktor sulitnya menemukan model baju wanita gemuk terkini di pasaran. Alhasil, baju yang dikenakan asal besar dan cenderung tidak enak dipandang. Meski begitu, kini sudah banyak produk pakaian untuk wanita gemuk yang dapat dipadukan sehingga terlihat trendi dan stylish. Kali ini, kami akan membagikan tips memilih baju untuk wanita gemuk. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk yang bagus dari beberapa merek terkenal, seperti Bodybigsize, Bibigsize, Bigssimo, dan lainnya. Simak artikel ini hingga tuntas, ya!
    Pakaian wanita
  • 10 Rekomendasi Dress Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Dress Terbaik untuk Wanita Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    Pemilik tubuh berukuran plus sering kali tidak percaya diri mengenakan dress. Sebetulnya, mengenakan dress yang sesuai akan membuat tampilan Anda makin menarik. Kini sudah ada berbagai merek yang khusus menyediakan pakaian berukuran besar, seperti Body Big Size, Bigissimo, My Size, dan Curva Fabulous.Agar Anda dapat menemukan dress yang tepat untuk wanita gemuk, simaklah tips dari kami. Kami juga akan merekomendasikan berbagai model dress yang bagus untuk orang gemuk. Midi dress sampai maxi dress jumbo untuk acara kasual, formal, dan pesta ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Pakaian wanita
  • 10 Merk Celana Kulot Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Celana Kulot Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sejak sekitar tahun 2016, dunia fashion mulai diramaikan oleh tren celana kulot. Karena lebar dan nyaman digunakan, celana ini makin digemari sampai sekarang. Celana kulot sendiri memiliki banyak jenis, seperti kulot polos, kulot plisket, dan lain-lain. Anda mungkin jadi bingung dalam memilih.Untuk itu, kami akan berbagi tips memilih celana kulot yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi celana kulot terbaik dengan beragam model dan bahan. Ada pelbagai merek kenamaan yang bisa Anda pilih, seperti MFMW, Simplicity, dan Cammomile. Jadi, apakah sudah siap tampil modis dengan celana kulot pilihan Anda?
    Pakaian wanita
  • 10 Kebaya Terbaik untuk Orang Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kebaya Terbaik untuk Orang Gemuk (Terbaru Tahun 2022)
    Tampil cantik dengan kebaya merupakan idaman sebagian besar wanita Indonesia. Memiliki tubuh berisi bukan berarti tidak bisa terlihat ayu saat mengenakan kebaya, lho! Di pasaran kini terdapat banyak kebaya untuk orang gemuk. Model, warna, dan detailnya pun bervariasi. Anda bisa memilih kebaya yang cutting dan detailnya sesuai dengan bentuk tubuh. Untuk membantu Anda, kami akan memberikan tips memilih, serta membagikan rekomendasi kebaya yang bagus untuk Anda yang gemuk. Sejumlah merek, seperti My Size, Benangsari, dan SEINDONESIA memiliki koleksi kebaya untuk orang gemuk. Yuk, pilih yang sesuai kebutuhan Anda!
    Pakaian wanita
  • 10 Merk Daster Kekinian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Daster Kekinian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dahulu, banyak wanita enggan memakai daster karena kesannya yang kuno. Namun, saat ini sudah banyak daster kekinian dengan beragam motif yang menarik. Bahkan, kini daster bukan hanya cocok dipakai sebagai baju tidur saja, melainkan juga bisa dipakai hangout!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih daster yang bagus dan merekomendasikan berbagai daster menyusui, batik, hingga daster jumbo. Beragam merek daster premium, seperti Lunaci, Nyonya Piyama, dan Mama's Choice ada di sini. Jika Anda masih ragu menggunakan daster, simak dulu artikel ini!
    Pakaian wanita
  • 10 Sweater Warna Kuning Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sweater Warna Kuning Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Sweater adalah salah satu baju hangat yang cocok digunakan sebagai outfit yang fashionable. Untuk memberi kesan ceria dan menarik, Anda bisa mencoba memakai sweater wanita warna kuning. Saat ini, pilihan warna sweater kuning pun cukup beragam, mulai dari kuning kunyit, kuning mustard, hingga kombinasi kuning hitam.Sekarang kami akan membantu Anda memilih sweater warna kuning yang bagus untuk dikenakan. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek sweater wanita warna kuning seperti Vintage House dan Nara. Ada yang polos, berbahan rajut, hingga berbentuk hoodie. Harganya pun tergolong murah. Jadi, mari disimak!
    Pakaian wanita
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori