1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Sepeda
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Jaket Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Jaket Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Jaket Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Jaket Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Jaket Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Jaket Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Jaket Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Jaket dapat melindungi Anda dari angin dan dinginnya udara ketika bersepeda. Jaket sepeda yang memiliki keunggulan windbreaker dan waterproof dapat menjaga tubuh Anda tetap kering dan hangat. Kini, terdapat banyak desain jaket sepeda yang bagus di pasaran. Sudah tahukah Anda jaket mana yang sesuai dengan kebutuhan?


Kali ini kami akan membantu Anda memilih jaket sepeda terbaik dengan memberikan tips-tipsnya. Tak ketinggalan, kami juga akan merekomendasikan jaket dengan mempertimbangkan review pada marketplace. Sejumlah merek terkenal, seperti Ereste269, Rockbros, dan Screamous pun ada, lho. Temukan jaket yang akan membuat bersepeda makin nyaman!

Diperbaharui 10-09-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Manfaat memakai jaket sepeda

Manfaat memakai jaket sepeda

Saat bersepeda dengan kecepatan tinggi, Anda dapat merasa kedinginan karena angin yang menerpa tubuh. Apalagi bila Anda gemar bersepeda ke dataran tinggi seperti bukit dan gunung, cuaca di tempat demikian bisa jadi sangat dingin. Dengan menggunakan jaket, Anda dapat merasa nyaman saat bersepeda pada cuaca yang dingin dan berangin tersebut.


Jaket sepeda windbreaker dapat menghalau angin agar tidak masuk ke tubuh. Dengan begitu, temperatur tubuh Anda tetap terjaga. Lalu, jika tubuh sudah terasa hangat, Anda bisa menanggalkan jaket untuk mendinginkan tubuh kembali. Anda dapat dengan mudah menyesuaikan temperatur tubuh saat bersepeda.


Kini tersedia juga model compact sehingga Anda dapat mudah membawa jaket ke mana pun. Bahan yang water-repellent pun ada. Karena itu, menggunakan jaket akan sangat menguntungkan bila Anda hobi bersepeda atau berkegiatan di luar ruangan.

Cara memilih jaket sepeda

Sebelum melirik produk rekomendasinya, ada baiknya Anda mengetahui cara memilih jaket sepeda yang tepat. Jadikan tips-tips di bawah ini sebagai referensi, ya!

① Pilih ukuran yang pas

Pilih ukuran yang pas

Kami merekomendasikan jaket sepeda yang pas di tubuh Anda. Jaket yang terlalu besar tidak baik karena memiliki resistansi tinggi terhadap udara. Akibatnya, Anda jadi lebih mudah lelah dan sepeda sulit melaju. Sebaliknya, Anda akan sulit bergerak dan mengayuh sepeda dengan leluasa jika jaket terlalu kecil. Bila resistansi udara tinggi dan Anda menjadi kesulitan mengayuh sepeda, risiko terjatuh pun ada.


Lalu, ukuran jaket M dan L bisa saja berbeda tergantung pada mereknya. Jadi, berhati-hatilah saat memilih jaket, terutama jika Anda membeli secara online.


Anda dapat melihat ukuran jaket dari size chart yang tersedia. Size chart biasanya menyediakan informasi ukuran lingkar dada atau lebar jaket, serta panjang jaket dalam sentimeter. Selain itu, perhatikan juga review dan ulasan konsumen lain agar lebih yakin, ya!

② Tentukan dari bahan yang digunakan

Tentukan dari bahan yang digunakan

Jaket yang dikenakan saat bersepeda sebaiknya ringan dan breathable. Untuk itu, Anda disarankan untuk memperhatikan juga bahan yang digunakan pada jaket. Beberapa contoh bahan jaket sepeda yang sering dijumpai di Indonesia adalah sebagai berikut:


  • Poliester. Bahan poliester memiliki karakteristik yang tahan lama, cepat kering dan tidak mudah berkerut. Selain itu, bahan ini memiliki sifat yang ringan, tetapi tetap kuat dan lentur. Karena sifat tersebut, poliester lebih banyak digunakan untuk produk yang didesain aerodinamis dan slim fit.
  • Spandeks atau likra. Bahan spandeks atau likra merupakan satu bahan yang sama. Bahan ini memiliki karakteristik yang kuat dan sangat elastis. Meskipun memiliki sifat yang ketat, bahan spandeks tidak akan mengurangi pergerakan pengunanya.
  • Nilon. Bahan nilon memiliki karakteristik yang ringan dan kuat. Selain itu, bahan ini tidak menyerap air atau bersifat water-repellent. Karena sifat lightweight dan water-repellent, bahan ini banyak digunakan sebagai bahan untuk jaket sepeda.

Sebagai tambahan, ada baiknya Anda memilih jaket sepeda dengan fungsi water resistant atau waterproof. Untuk jaket waterproof dan water resistant, bahan yang digunakan adalah bahan yang benar-benar tahan terhadap air. Jaket waterproof menggunakan seal dan seam tape untuk menutup jahitan, serta lapisan double water-repellent coating agar dapat lebih lama menahan hujan.

③ Cari yang bisa dilipat agar lebih praktis

Cari yang bisa dilipat agar lebih praktis

Jaket sepeda yang bisa dilipat sangat direkomendasikan. Tergantung pada kondisi cuaca, Anda akan sering melepas dan memakai jaket. Jadi, pilihlah jaket yang compact foldable atau dapat dilipat se-compact mungkin sehingga Anda tidak repot saat jaket tidak dipakai.


Beberapa produk dapat dilipat sampai seukuran pocket size. Ukurannya kira-kira hanya selebar telapak tangan. Anda dapat menyimpannya di dalam tas. Pilihlah produk yang demikian agar tidak memberatkan barang bawaan Anda.

④ Cek keunggulan lainnya

Jaket sepeda sudah mengalami banyak perkembangan. Tidak hanya untuk menghangatkan, beberapa jaket sepeda juga memiliki berbagai keunggulan lainnya. Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Breathable, tetap nyaman dipakai meski berkeringat

Breathable, tetap nyaman dipakai meski berkeringat

Ketika bersepeda, tubuh sering kali berkeringat untuk menurunkan temperaturnya. Akibatnya, jaket akan terasa pengap. Supaya Anda bisa tetap nyaman memakainya, pastikan Anda memilih jaket yang menggunakan bahan breathable. Jaket dengan bahan breathable tidak memerangkap kelembapan. Jaket yang terbuat dari bahan seperti ini lebih nyaman karena tidak pengap.

Water-repellent, bahan tahan air untuk bersepeda pada musim hujan

Water-repellent, bahan tahan air untuk bersepeda pada musim hujan

Agar tahan terhadap hujan rintik-rintik atau gerimis, pilihlah jaket yang water-repellent. Jaket water-repellent memiliki sifat hidropobik sehingga dapat tahan terhadap air. Namun, jaket seperti ini bukanlah jas hujan sehingga air tetap dapat merembes ke dalam jaket ketika hujan deras.


Selain itu, jaket yang dilengkapi tudung juga baik untuk persiapan apabila hujan turun. Akan tetapi, jaket bertudung kurang cocok untuk bersepeda kecepatan tinggi atau jarak jauh.

Memantulkan cahaya, agar tetap aman bersepeda pada malam hari

Memantulkan cahaya, agar tetap aman bersepeda pada malam hari

Untuk bersepeda pada malam hari, lebih baik pilih jaket dengan bahan yang mampu memantulkan cahaya. Bahan ini mampu membiaskan cahaya dari lampu kendaraan sehingga pengendara lain dapat melihat Anda. Dengan begitu, risiko kecelakaan bisa diminimalisir.


Di samping itu, ada juga jaket yang beberapa bagiannya terbuat dari bahan phosphorescent. Bahan ini dapat menyala dalam gelap. Tinggal pilih jaket yang bahan dan desainnya sesuai dengan selera Anda!

Windbreaker, pas untuk bersepeda di jalanan pegunungan

Windbreaker, pas untuk bersepeda di jalanan pegunungan

Salah satu keunggulan jaket sepeda yang harus Anda pertimbangkan adalah windbreaker. Jaket dengan fungsi windbreaker dirancang untuk dapat mengantisipasi angin dingin dan hujan ringan. Jaket ini cocok digunakan untuk bersepeda pada malam hari ataupun di daerah yang berangin. Tubuh Anda akan tetap hangat meskipun bersepeda di tempat berangin dan memiliki hawa yang dingin.

10 Rekomendasi jaket sepeda terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk jaket sepeda terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih diatas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Ereste269

Jaket Sanders

Ereste269 Jaket Sanders 1枚目

Pilihan warnanya banyak, bahannya tahan air

2

Screamous

Pullover Anorak Jacket Clayton Black

Screamous Pullover Anorak Jacket Clayton Black 1枚目

Ingin tampil modis? Pilih jaket sepeda pullover ini!

3

Fitwear

Border Thumb Jacket

Fitwear Border Thumb Jacket 1枚目

Desain slim fit yang memberi kesan ramping pada tubuh

4

Rockbros

Removable Cycling Jacket

Rockbros Removable Cycling Jacket  1枚目

Reflective design, tetap aman bersepeda di malam hari

5

Santic

Jaket Pria Santic Fluoresensi

Santic Jaket Pria Santic Fluoresensi 1枚目

Kombinasi bahannya yang unik menjamin tubuh Anda tetap hangat dan kering

6

Pinnacle

Pinnacle Windflo

Pinnacle Pinnacle Windflo 1枚目

Jaket superringan dan nyaman dikenakan

7

Hikemore

Flexzone Ori

Hikemore Flexzone Ori 1枚目

Handphone tetap aman karena adanya kantong ber-zipper

8

Decathlon

Van Rysel Men's Long-Sleeved Road Cycling Rain Jacket Racer Ultralight - Black

Decathlon Van Rysel Men's Long-Sleeved Road Cycling Rain Jacket Racer Ultralight - Black 1枚目

Compact design, lebih praktis dan mudah untuk dibawa ke mana pun

9

Monton

Mens Lightweight Cycling Jacket CJattack

Monton Mens Lightweight Cycling Jacket CJattack  1枚目

Silicon gripper di pinggang membuat Anda lebih nyaman dan bebas bermanuver

10

Racmmer

Black And Red Racmmer Original Cycling Jacket Road Bike Windbreaker

Racmmer Black And Red Racmmer Original Cycling Jacket Road Bike Windbreaker  1枚目

Tak takut kulit menggelap berkat perlindungan dari sinar UV

Perincian produk
Close
No.1

Ereste269Jaket Sanders

Mulai dari Rp169.000,00

Pilihan warnanya banyak, bahannya tahan air

Kelebihan:

  • Terdapat karet pada bagian tudung kepala sehingga tudung mudah disesuaikan
  • Menggunakan bahan yang water-repellent

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan ritsleting kurang rapi, tetapi tetap dapat digunakan
  • Beberapa review menyebutkan bahwa ukuran lebih kecil dari size pada umumnya

Tersedia dalam sepuluh warna, Anda dapat memilih jaket ini sesuai dengan warna favorit. Warna-warninya pun mencolok sehingga membuat Anda mudah terlihat oleh pengendara lain di jalan.


Meskipun tampak bulky, jaket ini sebenarnya sangat ringan karena terbuat dari kain nilon. Ia juga sangat mudah dilipat ke dalam ukuran yang compact. Anda tak akan salah memilih jaket ini jika jalur bersepeda Anda adalah area perkotaan tanpa jalur khusus sepeda.

No.2

ScreamousPullover Anorak Jacket Clayton Black

Mulai dari Rp465.000,00

Ingin tampil modis? Pilih jaket sepeda pullover ini!

Kelebihan:

  • Menggunakan 100% bahan poliester dengan cotton lining sehingga jaket terasa ringan saat digunakan
  • Tersedia dalam tiga varian warna

Kekurangan:

  • Beberapa review menyebutkan bagian lengan terlalu besar

Apakah Anda mencari jaket yang nyaman, tetapi tetap dapat tampil kekinian? Jika iya, masukan produk ini dalam daftar belanja Anda. Pullover Jacket dari Screamous ini, akan membuat Anda tetap dapat tampil kekinian saat bersepeda. Ada tiga pilihan warna yang bisa Anda pilih sesuai dengan style dan kepribadian Anda.

No.3

FitwearBorder Thumb Jacket

Mulai dari Rp149.000,00

Desain slim fit yang memberi kesan ramping pada tubuh

Kelebihan:

  • Memiliki kantong pada bagian kanan dan kiri
  • Dapat melebar hingga 20 cm dari ukuran sebenarnya

Kekurangan:

  • Desainnya mungkin kurang cocok bagi yang suka jaket longgar sehingga disarankan untuk menaikkan satu size saat membeli

Desain slim fit pada jaket ini akan memberikan tampilan yang ramping pada tubuh Anda. Namun, Anda tetap dapat menyesuaikannya dengan tubuh karena jaket ini dapat melebar hingga 20 cm dari ukuran aslinya. Hal ini akan memudahkan pergerakan Anda saat bersepeda. Cocok untuk Anda yang menginginkan tampilan yang ramping, tetapi tetap nyaman bergerak.

No.4

RockbrosRemovable Cycling Jacket YPW032

Mulai dari Rp549.000,00

Reflective design, tetap aman bersepeda di malam hari

Kelebihan:

  • Dapat digunakan sebagai jaket, rompi, atau hanya penutup kepala
  • Memiliki satu kantong di belakang dan di bagian kanan dan kiri

Kekurangan:

  • Bagian bawah dan pergelangan tangan menggunakan karet elastis sehingga dapat mengganggu kenyamanan bagi sebagian orang

Karena kesibukan, malam hari mungkin menjadi satu-satunya waktu Anda untuk menyalurkan hobi bersepeda. Demi menjaga keamanan Anda saat bersepeda di malam hari, jaket ini layak untuk dipilih. Bahan reflective-nya mampu memantulkan cahaya lampu sehingga Anda pun lebih mudah dilihat oleh pengendara lain.


Istimewanya lagi, jaket ini bisa Anda kenakan dalam tiga model berbeda. Anda bisa memakainya sebagai jaket biasa, vest atau rompi, juga tudung kepala dan pelindung tangan saja. Hal ini karena bagian-bagiannya detachable sehingga bisa Anda lepas pasang sesuka hati.

No.5

SanticJaket Pria Santic FluoresensiM5C07015VS

Mulai dari Rp345.000,00

Kombinasi bahannya yang unik menjamin tubuh Anda tetap hangat dan kering

Kelebihan:

  • Detail reflektif yang membuat Anda dapat terlihat di tempat yang kurang cahaya
  • Kain tahan air yang cepat kering

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan bahwa lengan cukup sempit untuk orang yang memiliki otot lengan

Jaket ini dibuat menggunakan 100% poliester sehingga tubuh Anda akan tetap hangat di tengah udara dingin. Selain itu, produk ini dirancang untuk membuat Anda tetap kering meskipun bersepeda saat cuaca buruk. 


Kombinasi unik dari teknologi kain Santic dan membran yang tahan air memungkinkan Anda tetap terlindungi saat bersepeda. Untuk menghadapi hujan tiba-tiba di musim pancaroba, jaket ini bisa menjadi partner yang pas bagi Anda.

No.6

PinnaclePinnacle Windflo

Mulai dari Rp225.000,00

Jaket superringan dan nyaman dikenakan

Kelebihan:

  • Desain slim fit sehingga nyaman ketika digunakan
  • Terdapat kantong pada bagian dada

Kekurangan:

  • Dilengkapi tudung yang tidak bisa dilepas sehingga kurang cocok untuk bersepeda dengan kecepatan yang tinggi

Masukkan jaket ini ke shopping cart jika Anda menginginkan jaket sepeda yang superringan! Jaket ini didesain slim fit dengan berat hanya 72 gram saja. Dengan begitu, jaket akan mampu menempel dengan sempurna di tubuh saat dikenakan. Anda pun bisa bermanuver dengan bebas ketika bersepeda. Selain untuk bersepeda, jaket ini juga nyaman dikenakan saat joging atau olahraga lainnya, lho.

No.7

Handphone tetap aman karena adanya kantong ber-zipper

Kelebihan:

  • Dapat dilipat sehingga dapat digunakan untuk travelling
  • Menggunakan bahan yang bersifat water-repellent

Kekurangan:

  • Ukuran terkecil yang tersedia adalah M, kurang pas untuk yang bertubuh mungil

Dilengkapi dengan kantong pada bagian kiri dan kanan, Anda dapat dengan mudah membawa handphone saat bersepeda. Anda tidak perlu khawatir handphone akan terjatuh ketika mengayuh sepeda karena kantong pada jaket ini dilengkapi zipper.


Anda yang suka mendengarkan musik dari handphone sambil bersepeda pasti akan menyukai jaket ini. Selain aman untuk membawa handphone, warnanya yang cerah juga akan mampu menambah vibes ceria untuk Anda.

No.8

DecathlonVan Rysel Men's Long-Sleeved Road Cycling Rain Jacket Racer Ultralight - BlackR900

Mulai dari Rp550.000,00

Compact design, lebih praktis dan mudah untuk dibawa ke mana pun

Kelebihan:

  • Menggunakan bahan yang ringan
  • Dapat dilipat hingga ukuran saku

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan bahwa produk ini kurang breathable dibandingkan dengan produk lain

Apakah Anda mencari jaket sepeda yang mudah dilipat? Produk ini dapat menjadi pilihan. Dengan desain yang compact foldable, jaket ini dapat dilipat hingga ukuran saku. Hal ini akan memudahkan Anda membawa jaket ke mana pun dan dapat menyesuaikan penggunaannya dengan kebutuhan. Anda juga tidak akan kesulitan membawanya karena produk ini menggunakan bahan yang ringan.

No.9

MontonMens Lightweight Cycling Jacket CJattack

Mulai dari Rp1.250.000,00

Silicon gripper di pinggang membuat Anda lebih nyaman dan bebas bermanuver

Kelebihan:

  • Kantong belakang dilengkapi dengan ritsleting
  • Terbuat dari bahan yang breathable dan windproof

Kekurangan:

  • Harga yang tidak murah bagi sebagian orang

Dilengkapi dengan silicon gripper pada bagian pinggang membuat jaket ini tidak mudah bergerak pada saat digunakan. Anda dapat dengan nyaman bersepeda tanpa kesulitan karena jaket yang berkibar. Selain itu, silicon gripper ini menjaga supaya angin tidak masuk ke dalam jaket.


Produk ini juga dilengkapi kantong pada bagian belakang yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan barang bawaan. Anda dapat mempertimbangkan jaket ini apabila Anda mencari jaket yang tidak ketat, tetapi tetap hangat saat bersepeda.

No.10

RacmmerBlack And Red Racmmer Original Cycling Jacket Road Bike Windbreaker 03

Mulai dari Rp350.000,00

Tak takut kulit menggelap berkat perlindungan dari sinar UV

Kelebihan:

  • Dilengkapi UPF 50 sunburn protection
  • Dilengkapi silicone gripper pada pinggul

Kekurangan:

  • Seri jaket ini tidak dilengkapi dengan kantong sehingga Anda membutuhkan kantong tambahan untuk membawa handphone atau dompet

Bersepeda di bawah terik matahari bisa berbahaya bagi kulit. Jika Anda hanya memiliki waktu siang hari untuk bersepeda, pertimbangkanlah untuk memilih produk ini. Memiliki perlindungan UPF 50, produk ini dapat menghalangi hingga 98% sinar matahari yang mengenai kulit. Anda pun dapat bersepeda dengan tenang karena jaket ini mampu melindungi dari paparan sinar UV dengan optimal.

Baca juga rekomendasi jaket motor dan jaket windbreaker lainnya di sini

Selain untuk sepeda, masih ada tipe jaket windbreaker lainnya. Dapatkan model jaket lainnya untuk menambah jajaran koleksi jaket outdoor Anda! Ada juga artikel rekomendasi jaket motor untuk Anda yang hobi riding, lho. Silakan cek artikel-artikel tersebut pada rekomendasi di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda berhasil menemukan jaket sepeda yang pas di hati? Dalam memilih jaket, pastikan bahannya sesuai dengan penggunaan Anda. Selain itu, lebih baik Anda memilih jaket yang bisa menyala dalam gelap bila suka bersepeda di malam hari.


Terakhir, sesuaikan juga desain jaket dengan selera Anda. Model jaket yang keren pasti membuat Anda lebih percaya diri saat memakainya. Dengan jaket sepeda, bersepeda makin nyaman sekaligus stylish!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer