• 10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)

Menggunakan lip balm barangkali masih terasa asing untuk pria. Padahal lip balm dapat mengatasi bibir hitam, kering, dan iritasi. Anda dapat mengembalikan kelembutan serta kekenyalan bibir Anda menggunakan lip balm. Mulai dari lip balm tak berwarna hingga yang berbahan natural dan aman digunakan tiap hari ada di pasaran. 


Mungkin Anda bingung produk lip balm mana yang bagus untuk pria. Tenang saja, karena kami akan memberikan tips memilih lip balm untuk Anda. Kami juga akan memberikan berbagai rekomendasi produk lip balm terbaik untuk pria, seperti dari merek Vaseline, L'Occitane, dan Nivea.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih lip balm untuk pria

Memilih produk perawatan kulit merupakan hal yang paling jarang dilakukan para pria. Karena itu, kami akan membantu Anda dalam memilih lip balm yang pas. Berikut ini adalah berbagai tips dari kami agar Anda mendapatkan produk yang sesuai.

Perhatikan kandungan dalam lip balm

Lip balm tidak hanya memberikan kelembapan pada bibir, tetapi juga dapat melindungi serta meredakan iritasi. Tentang bahan-bahan tersebut akan kami jelaskan pada poin di bawah ini.

Bahan pelembap: Menghidrasi bibir agar tidak kering dan pecah-pecah

Bahan pelembap: Menghidrasi bibir agar tidak kering dan pecah-pecah

Lip balm memang dirancang untuk memberikan kelembapan pada bibir. Namun, memeriksa kandungan bahannya juga merupakan hal yang penting. Jika bibir Anda cenderung sangat kering, pilihlah lip balm yang kaya akan kandungan pelembap. Hal tersebut dapat menolong mengembalikan kelembapan bibir Anda.


Shea butter, avocado oil, canola seed oil, almond oil, dan Aloe vera merupakan bahan yang lazim ditemui dalam lip balm. Bahan-bahan alami tersebut memang berkhasiat untuk mengembalikan kelembapan bibir Anda. Selain bahan tersebut, petroleum jelly juga merupakan pilihan yang baik. Petroleum jelly juga cocok digunakan bagi pemilik bibir sensitif.

Bahan pencerah: Membantu menangani masalah warna bibir yang gelap

Bahan pencerah: Membantu menangani masalah warna bibir yang gelap

Bibir yang menghitam atau berwarna gelap disebabkan oleh pigmentasi berlebihan pada kulit area bibir. Merokok dan minuman beralkohol kerap dijadikan tersangka atas bibir yang menggelap. Padahal, sering terpapar sinar matahari, konsumsi kafein, dan kulit yang dehidrasi juga menjadi biang kerok bibir berwarna hitam.


Anda dapat mengatasi masalah ini dengan memilih lip balm berkandungan vitamin C. Vitamin ini membantu meningkatkan sirkulasi darah menuju kulit sehingga merangsang regenerasi kulit. Selain itu, vitamin E juga membantu menampilkan bibir yang cerah dan sehat dengan menutrisinya.

SPF atau tabir surya: Melindungi bibir dari paparan sinar UV

SPF atau tabir surya: Melindungi bibir dari paparan sinar UV

Selain bahan-bahan yang melembapkan, Anda dapat mempertimbangkan kandungan tabir surya atau SPF dalam lip balm. Paparan sinar UV membuat bibir cepat keriput, bahkan menggelap. Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya pilihlah lip balm yang mengandung SPF. 


Di samping SPF, Anda pun dapat memilih lip balm yang mengandung vitamin E. Selain menutrisi, vitamin E juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi bibir dari paparan radikal bebas.

Anti-irritant: Membantu menenangkan iritasi pada bibir

Anti-irritant: Membantu menenangkan iritasi pada bibir

Tidak hanya kering, Anda bisa saja mengalami iritasi pada bibir. Kandungan champor dalam lip balm dapat membantu menenangkan bibir yang iritasi. Selain champor, menthol juga dapat membuat bibir sejuk sehingga meredam rasa sakit maupun gatal.


Anda juga dapat memilih kandungan cocoa butter dan petroleum jelly untuk mengatasi iritasi pada bibir. Terutama untuk petroleum jelly, pilihlah kandungan tanpa campuran atau semurni mungkin agar tidak memperparah iritasi.

Pastikan lip balm memiliki warna natural

Pastikan lip balm memiliki warna natural

Kebanyakan pria tidak ingin terlihat seperti menggunakan kosmetik. Apakah Anda salah satunya? Kalau begitu, pilihlah lip balm yang colorless agar Anda tidak tampak menggunakan riasan. Ada banyak lip balm tanpa warna yang dapat Anda temui di pasaran untuk melembapkan bibir Anda.


Namun, jika Anda menginginkan sedikit warna agar tampak lebih fresh, pilihlah warna yang natural. Warna coral atau pink dapat Anda pilih untuk bibir yang tampak lebih sehat dan segar. Pilihan warna ini cocok digunakan jika Anda memiliki warna bibir yang cenderung gelap.


Lip balm yang bermanfaat untuk melembapkan sering kali membuat tampilan bibir lebih berkilau atau glossy. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan hasil akhir tersebut, Anda dapat memilih lip balm yang tidak menimbulkan efek glossy. Bibir Anda akan tetap terjaga kelembapannya tanpa efek berkilau.

Tentukan bentuk lip balm yang praktis Anda gunakan

Tentukan bentuk lip balm yang praktis Anda gunakan

Kepraktisan merupakan hal yang tidak boleh dilupakan ketika memilih lip balm. Di pasaran, kemungkinan Anda akan menjumpai lip balm dalam tiga bentuk atau kemasan berikut.


  • Stick
Lip balm dalam bentuk stick berukuran kecil dan ramping sehingga mudah diselipkan ke tas atau saku celana Anda. Bentuk ini pun lebih higienis karena Anda tidak akan membutuhkan aplikator untuk menggunakannya. Meski begitu, karena kemasannya, barangkali Anda akan kesulitan untuk menggunakannya hingga olesan terakhir.

  • Jar 
Lip balm dalam kemasan jar umumnya memiliki isi yang lebih banyak dan bisa digunakan hingga olesan terakhir. Namun, lip balm bentuk ini kurang praktis untuk digunakan karena Anda harus mengoleskannya menggunakan jari atau aplikator lainnya. Anda dapat menggunakan tipe yang satu ini ketika sedang di rumah.

  • Tube 
Lip balm dalam kemasan tube mungkin baru-baru ini muncul di pasaran. Tipe ini tidak membutuhkan aplikator karena biasanya ujung kemasan tube berupa media untuk meratakan isinya. Kemasan tube memiliki kepraktisan seperti kemasan stick. Ditambah lagi, isinya bertekstur lebih lembut sehingga lebih mudah diratakan. Anda pun bisa menggunakannya hingga olesan terakhir.

Perhatikan keamanan produknya

Perhatikan keamanan produknya

Anda tentu tidak ingin membeli produk sembarangan dan berujung dengan bibir yang menjadi rusak. Anda perlu memperhatikan keamanan produk tersebut. Memeriksa bahwa produk tersebut telah terdaftar pada situs BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) cukup menjamin keamanannya. Produk tersebut sudah teruji aman digunakan dan tidak mengandung bahan yang berbahaya.


Namun, ada beberapa produk impor yang belum terdaftar di BPOM. JIka Anda berniat membeli produk tersebut, pastikan produknya berasal dari produsen yang sudah tepercaya. Bacalah ulasan produk tersebut terlebih dahulu agar Anda terhindar dari bahan yang berbahaya.

10 Rekomendasi lip balm terbaik untuk pria

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lip balm terbaik untuk pria yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Jack BlackIntense Therapy Lip Balm SPF 25

Natural Mint & Shea Butter

Mulai dari Rp 114.778,00

BahanAvobenzone, octinoxate, petrolatum, shea butter, avocado oil, vitamin E, green tea
Isi7 gram
BPOM×
9

Palmer'sCocoa Butter Formula Products Original Ultra Moisturizing Lip Balm

Mulai dari Rp 79.900,00

BahanCocoa butter, vitamin E, SPF 15
Isi4 gram
BPOM
8

Kiehl'sFacial Fuel No-Shine Moisturizing Lip Balm

Mulai dari Rp 143.622,00

BahanShea butter, squalane
Isi4,2 gram
BPOM
7

RohtoMentholatum Medicated Lip Stick XD

Mulai dari Rp 30.000,00

BahanMenthol, petrolatum
Isi4,5 gram
BPOM×
6

L'OccitaneShea Butter Ultra Rich Lip Balm

Mulai dari Rp 179.527,00

BahanOrganic shea butter, sunflower oil, beeswax, vitamin E, castor oil
Isi12 ml
BPOM
5

Carma LabsCarmex Classic Lip Balm Medicated

Original Stick

Mulai dari Rp 50.900,00

BahanOctinoxate, oxybenzone, white petrolatum, lanolin, Theobroma cacao seed butter, Euphorbia cerifera wax, beeswax, camphor, menthol, dan lain-lain
Isi4,25 gram
BPOM×
4
BahanCanola honey, canola seed oil, petrolatum, sweet almond oil, vitamin E, dan lain-lain
Isi3,5 gram
BPOM
3
BahanShea butter, minyak almon, panthenol
Isi4,8 gram
BPOM
2
BahanAloe vera, petroleum jelly, vitamin E
Isi4,8 gram
BPOM
1
BahanPetroleum jelly
Isi7 gram
BPOM

Tabel perbandingan produk lip balm terbaik untuk pria

Gambar produk
1
Vaseline Lip Therapy Rosy Mini 1

Vaseline

2
Vaseline Lip Therapy Aloe Vera Stick 1

Vaseline

3
NIVEA Original Care 1

NIVEA

4
Innisfree Canola Honey Lip Balm 1

Innisfree

5
Carma Labs Carmex Classic Lip Balm Medicated 1

Carma Labs

6
L'Occitane Shea Butter Ultra Rich Lip Balm 1

L'Occitane

7
Rohto Mentholatum Medicated Lip Stick XD 1

Rohto

8
Kiehl's Facial Fuel No-Shine Moisturizing Lip Balm 1

Kiehl's

9
Palmer's Cocoa Butter Formula Products Original Ultra Moisturizing Lip Balm 1

Palmer's

10
Jack Black Intense Therapy Lip Balm SPF 25 1

Jack Black

Nama produk

Lip Therapy Rosy Mini

Lip Therapy Aloe Vera Stick

Original Care

Canola Honey Lip Balm

Carmex Classic Lip Balm Medicated

Shea Butter Ultra Rich Lip Balm

Mentholatum Medicated Lip Stick XD

Facial Fuel No-Shine Moisturizing Lip Balm

Cocoa Butter Formula Products Original Ultra Moisturizing Lip Balm

Intense Therapy Lip Balm SPF 25

Keunggulan

Petroleum murni ramah di bibir sensitif

Lindungi bibir, jangan tunggu sampai kering!

Melembapkan lebih lama, tak perlu sering oles-oles

Atasi bibir gelap agar bibir tampak lebih sehat!

Meredakan iritasi, melembapkan, dan melindungi bibir dengan Triple Force Formula

Kembalikan kelembapan bibir ekstra kering dengan maksimal

Bibir sejuk dan aman dari terpaan angin

Bebas kilap, bibir tetap terjaga kelembapannya

Cocoa butter jadikan bibir lembut dan harum

Perlindungan ekstra untuk menangkal radikal bebas

Harga mulai dariRp 36.000,00Rp 25.000,00Rp 17.000,00Rp 90.000,00Rp 50.900,00Rp 179.527,00Rp 30.000,00Rp 143.622,00Rp 79.900,00Rp 114.778,00
BahanPetroleum jellyAloe vera, petroleum jelly, vitamin EShea butter, minyak almon, panthenolCanola honey, canola seed oil, petrolatum, sweet almond oil, vitamin E, dan lain-lainOctinoxate, oxybenzone, white petrolatum, lanolin, Theobroma cacao seed butter, Euphorbia cerifera wax, beeswax, camphor, menthol, dan lain-lainOrganic shea butter, sunflower oil, beeswax, vitamin E, castor oilMenthol, petrolatumShea butter, squalaneCocoa butter, vitamin E, SPF 15Avobenzone, octinoxate, petrolatum, shea butter, avocado oil, vitamin E, green tea
Isi7 gram4,8 gram4,8 gram3,5 gram4,25 gram12 ml4,5 gram4,2 gram4 gram7 gram
BPOM×××
Tautan produk

Cara menggunakan lip balm agar efeknya lebih maksimal

Cara menggunakan lip balm agar efeknya lebih maksimal

Mungkin Anda berpikir bahwa menggunakan lip balm adalah seperti menggunakan lipstik yaitu mengoleskannya secara horizontal. Sebagian orang bahkan asal-asalan mengoleskannya sehingga manfaat lip balm menjadi tidak optimal. Berikut tips agar bibir Anda selalu lembap dan terawat dengan menggunakan lip balm.


  • Oleskan lip balm dengan mengikuti garis bibir secara vertikal secara lembut. Pastikan tiap olesan mengikuti garis bibir, lalu biarkan formulanya menyerap dengan sempurna.
  • Lakukan eksfoliasi secara rutin 1–2 kali seminggu agar bibir Anda bersih dari kulit mati. Setelah itu, Anda dapat menggunakan lip balm untuk melembapkan bibir Anda. Manfaatnya akan jauh lebih optimal.

Selain menggunakan lip balm, konsumsilah air mineral secara rutin. Kelembapan bibir Anda akan senantiasa terjaga jika kebutuhan cairan tubuh tercukupi dengan baik. Sebisa mungkin, hindari merokok dan minum minuman beralkohol. Hal tersebut akan membuat bibir dehidrasi, bahkan berujung pada bibir yang menggelap dan tampak tidak sehat.

Baca juga rekomendasi lip balm lainnya di sini!

Ada berbagai lip balm lainnya yang beredar di pasaran. Tidak hanya colorless, lip balm juga memiliki berbagai pilihan warna. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui berbagai produk lip balm lainnya.

Kesimpulan

Merawat bibir bukan hanya berlaku untuk para wanita, tetapi juga untuk pria. Bibir yang tidak sehat menunjukkan kondisi tubuh yang tidak prima. Rawatlah bibir Anda dengan lip balm agar lebih lembap dan sehat. 


Pilihlah warna dan finishing yang tepat agar bibir terlihat lebih natural. Selain itu, pilih juga kandungan yang dapat memberikan kelembapan sesuai kebutuhan Anda. Semoga Anda merasa terbantu dengan artikel kali ini. Selamat mendapatkan bibir sehat kembali!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Serum Bibir Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Bibir Terbaik - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Serum bibir atau lip serum adalah produk perawatan bibir yang populer akhir-akhir ini. Serum dapat membuat bibir lebih kenyal, memperbaiki tekstur, serta memudarkan kerutan di bibir. Beberapa serum juga bisa digunakan sebagai pewarna bibir serta efektif melindungi bibir dari sinar UV.Di sini kami akan menjelaskan cara memilih serum bibir yang bagus. Baca juga tips memilihnya dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Temukan rekomendasi serum bibir terbaik dari merk lokal dan luar negeri, seperti Emina, Clarins, Dior, Ms. Glow, dan lainnya. Selamat tinggal bibir hitam!
    Lip color & lip care
  • 10 Lipstik Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lipstik Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Lipstik waterproof cukup diminati oleh orang Indonesia. Lipstik ini memudahkan Anda agar tidak perlu melakukan touch up dalam waktu beberapa jam. Bahkan, ada produk yang tahan lama dan tidak luntur meski dipakai saat makan. Lipstik waterproof hadir dalam berbagai tipe, baik cream, stick, maupun liquid.Jika Anda tertarik untuk membeli lipstik waterproof yang bagus, simaklah tips dari kami. Temukan tips tambahan dari makeup artist, Renata Aprianti. Jangan ketinggalan juga untuk membaca rekomendasi lipstik waterproof terbaik. Anda akan menemukan merek Maybelline, Revlon, serta merek lokal, seperti Wardah dan Emina. Selamat membaca!
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bibir yang tampak lembap dan cerah akan membuat penampilan Anda makin segar. Namun, gaya hidup dan paparan sinar ultraviolet dapat mengakibatkan bibir gelap dan kering. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan pelembap bibir untuk mengatasi bibir gelap dan kering.Pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan tips memilih lip balm yang bagus dan ber-BPOM. Berbagai merk lip balm mancanegara, seperti Nivea, dan Vaseline telah kami siapkan. Kami juga akan mengulas lip balm lokal, seperti Wardah, Emina, dan Tiff Body. So, jangan lewatkan ulasan kami, ya!
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Kulit Sawo Matang (Terbaru Tahun 2022)
    Warna kulit sawo matang merupakan salah satu warna kulit asli orang Indonesia. Ada banyak produk lipstik yang akan mempercantik tampilan Anda yang kulitnya sawo matang atau memiliki bibir hitam. Namun, salah pilih warna lipstik akan berisiko membuat kulit Anda jadi terlihat kusam dan tidak menarik.Kali ini, kami akan membantu Anda memilih warna lipstik untuk kulit sawo matang agar wajah terlihat fresh. Kami juga akan mengulas tips memilih serta rekomendasi produk yang bagus. Berbagai merek, mulai dari Y.O.U, Implora, Maybelline, Hanasui, hingga Purbasari, dapat Anda temukan dalam daftar rekomendasi kami.
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lip Tint Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lip Tint Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lip tint merupakan produk pewarna bibir dari Korea yang diklaim tahan lama. Penggunaan lip tint bahkan tidak membuat bibir hitam dan bibir kering. Karena formulanya yang unik, lip tint cocok untuk semua orang, termasuk untuk remaja.Kini telah banyak merk ternama seperti Etude House, Innisfree, Tony Moly hingga Emina yang mengeluarkan lip tint. Ada produk yang dilengkapi Aloe vera, ada pula yang bersifat waterproof. Namun, produk manakah yang bagus? Kali ini kami akan menjabarkan cara memilih sekaligus memperkenalkan rekomendasi lip tint terbaik. Untuk lebih lengkapnya, bacalah artikel ini hingga selesai!
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lipstik Ombre Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lipstik Ombre Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Riasan bibir ombre berasal dari Korea Selatan dan mendapat sambutan baik di Indonesia. Gaya riasan ini memberikan gradasi warna yang indah pada bibir. Untuk menciptakan efek ombre dengan cara mudah, Anda bisa menggunakan lipstik ombre ataupun lip tint. Namun, lipstik ombre seperti apa yang cocok untuk Anda?Laneige yang berasal dari Korea Selatan menjadi salah satu merek lipstik ombre yang bagus. Produsen lokal seperti Madame Gie juga memiliki paket lipstik ombre cantik. Tidak perlu bingung memilih lipstik ombre yang pas untuk Anda karena kami akan memberikan tips cara memilihnya.
    Lip color & lip care
  • 10 Rekomendasi Lip Gloss Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lip Gloss Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kosmetik lokal makin mendapatkan tempat di hati konsumen Indonesia. Selain harganya lebih terjangkau, kualitasnya tidak kalah dengan kosmetik mancanegara. Setelah lipstik matte sukses membanjiri pasar, kini giliran lip gloss yang menjadi tren. Sudah ada banyak review lip gloss lokal yang bagus untuk Anda gunakan.Jika Anda tertarik memiliki lip gloss lokal yang berkualitas, simak tips dari kami dalam artikel ini. Anda dapat menemukan merek lokal terbaik, seperti Secondate, Rollover Reaction, Sorcha Cosmetics, Madame Gie, dan Emina. Ada juga lip gloss yang tahan lama dan cocok untuk remaja. Selamat membaca!
    Lip color & lip care
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori