• 10 Rekomendasi Bola Voli Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Bola Voli Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Bola Voli Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Bola Voli Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Bola Voli Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Bola Voli Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Voli adalah salah satu permainan bola yang populer. Banyak orang menikmati permainan tersebut sebagai pertandingan, rekreasi, maupun hobi bersama teman kantor atau masyarakat setempat. Ukuran, bahan, dan jenis bola voli sangat beragam. Dahulu, bola voli hanya putih polos, tetapi sekarang lebih berwarna dan hadir dalam berbagai merek, seperti Mikasa dan Molten. 


Melalui artikel ini, kami akan memperkenalkan cara memilih bola voli sesuai dengan tujuan penggunaan dan merekomendasikan produk terbaik untuk Anda. Jika bisa menemukan bola voli yang tepat, bermain voli pasti akan lebih menyenangkan!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Rivan Nurmulki
Dio Zulfikri
  • Pembaharuan terakhir: 08 Januari 2021
  • 19.044 Views
Daftar isi

Cara memilih bola voli

Memilih bola voli sebaiknya tidak sembarangan karena harus mempertimbangkan tujuan penggunaan. Di samping itu, hal-hal apa sajakah yang patut menjadi pertimbangan? Sebelum membeli, mari kita lihat cara memilih bola voli di bawah ini!

Pilih ukuran sesuai dengan pemain

Permainan voli menggunakan jenis bola yang berbeda tergantung pada usia pemain. Bola yang digunakan pun akan berbeda tergantung dari jenis permainan, yaitu latihan atau pertandingan. Perhatikanlah poin-poin tersebut untuk menentukan bola voli yang tepat.

Lightweight volleyball size 4 untuk anak sekolah dasar

Untuk voli anak usia sekolah dasar, pilihlah jenis lightweight volleyball size 4. Jenis ini berbobot 200-220 gram, atau 50 gram lebih ringan daripada volleyball size 4 ukuran reguler. Bola voli lightweight terbuat dari bahan yang lembut, seperti karet dan busa khusus jenis EVA (ethylene vinyl acetate). Bahan-bahan tersebut tidak memberikan dampak benturan pada anak. Lightweight volleyball size 4 yang digunakan untuk permainan di sekolah dasar ini umumnya terbuat dari kulit sintetis. Struktur keras dari bahan dasar kulit sintetis tersebut ditutupi menggunakan lapisan bantalan.


Meski begitu, lightweight volleyball size 4 masih sulit ditemukan di pasaran Indonesia. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan bola voli berbahan karet yang lembut. Salah satu produknya pun ada dalam rekomendasi produk kami. Jadi, simak sampai habis, ya.

Volleyball size 4 untuk anak usia sekolah menengah pertama dan ibu-ibu

Untuk anak usia sekolah menengah dan ibu-ibu, bola yang direkomendasikan volleyball size 4. Jenis berbobot rata-rata 240-260 gram ini memang memiliki kemiripan dengan lightweight volleyball size 4. Meski begitu, bobot dan struktur kulitnya berbeda. Kalau Anda hendak membeli bola voli untuk perlengkapan rekreasi, jenis ini pun merupakan pilihan yang tepat.

Volleyball size 5 untuk anak usia sekolah menengah atas atau lebih

Volleyball size 5 direkomendasikan untuk pria dan wanita di usia sekolah menengah atas atau lebih. Tidak seperti dua jenis bola voli yang dibahas sebelumnya, jenis ini hampir seluruhnya terbuat dari bahan kulit. Bobotnya 260-280 gram, atau lebih berat dari dua tipe bola lainnya. Volleyball size 5 ini adalah bola yang umum digunakan dalam pertandingan nasional maupun internasional. 

Pilih bahan dan cara pembuatan yang sesuai dengan penggunaan

Bahan pembuat bola voli ada yang lunak dan keras. Selain itu, cara pembuatannya pun berbeda-beda. Untuk itu, pilihlah sesuai dengan pemain dan penggunaannya.

Bahan EVA dan vinil untuk latihan bagi pemula dan anak sekolah dasar

Bola voli berbahan EVA memiliki tingkat kelunakan yang tak jauh berbeda dengan bola voli berbahan kulit sintetis dan soft volleyball. Bahan tersebut memiliki elastisitas yang baik dan mudah dikendalikan. Anak-anak usia sekolah dasar umumnya belum mampu mengontrol bola yang keras. Karena itu, bola yang empuk lebih direkomendasikan. Selain itu, bola berbahan EVA juga cocok untuk latihan bagi pemula. Jenis bahan ini pun ideal untuk rekreasi bagi anak-anak usia sekolah menengah pertama ke atas dan orang dewasa.

Bahan karet untuk rekreasi anak

Soft volleyball berbahan karet bersifat lentur sehingga cocok untuk perlengkapan rekreasi anak. Meskipun memiliki daya pantul yang baik, bola karet cenderung mudah kelebihan angin saat dipompa. Untuk itu, saat memompanya, Anda harus selalu berpatokan pada ukuran yang seharusnya. Selain itu, Anda juga perlu berhati-hati agar permukaannya tidak bersentuhan dengan cairan bensol atau pelarut. Hal tersebut dapat merusak permukaan bola.

Untuk latihan pertandingan, pilih tekstur panel yang diproses khusus

Pada intinya, pilihlah bola dengan performa tinggi bila hendak digunakan untuk latihan pertandingan. Bola dengan permukaan berpola annular seperti yang ditunjukkan gambar di atas, lebih direkomendasikan. Pola tersebut memudahkan permukaan bola melekat pada tangan dan ujung jari.


Sebagai tambahan, untuk memperkuat receive, periksalah bahan bantalan yang ada di bawah lapisan kulit bola. Pilihlah bahan bantalan yang empuk dan tebal. Secara umum, bola yang lapisan panel kulitnya dijahit akan lebih empuk dibandingkan dengan yang ditempel memakai lem. Gunakanlah panduan ini untuk memilih bola voli yang tepat untuk Anda. 

Tingkatkan visibilitas dengan memilih desain panel dan warna

Bola voli yang memiliki corak panel ramping direkomendasikan bagi Anda yang ingin memperkuat serve receive. Rotasi bola akan terlihat lebih luwes dan lebih mudah untuk ditangkap. Dibandingkan dengan bola satu warna, bola dengan dua atau tiga warna lebih baik untuk dipilih. Kelebihan bola dengan banyak warna adalah rotasinya yang mudah dibaca.


Dahulu, umumnya bola voli hanya berwarna putih dengan enam panel. Namun, sekarang sudah banyak bola yang diproduksi dengan lebih inovatif. Pilihlah bola dengan kombinasi warna atau bentuk panel yang beragam untuk memperjelas penglihatan pemain terhadap bola.

Untuk latihan pertandingan, gunakan bola tersertifikasi

Ada tiga jenis bola voli, yaitu bola tersertifikasi, bola resmi, dan bola latihan. Bola tersertifikasi adalah bola yang memenuhi standar dalam hal warna, ukuran, dan tekanan angin. Dalam aktivitas klub, ada baiknya memakai bola tersertifikasi daripada bola latihan. Bola tersertifikasi membuat Anda seakan-akan sedang bermain dalam pertandingan yang sebenarnya. Sementara itu, Bola resmi adalah bola yang diakui oleh penyelenggara turnamen seperti PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) dan FIVB (Fédération Internationale de Volleyball / International Volleyball Federation). Bola ini memiliki tanda khusus.


Jenis yang terakhir, yaitu bola latihan, merupakan bola yang tidak lolos uji. Namun, bukan berarti jenis ini memiliki kualitas yang buruk. Hanya saja, lebih baik digunakan untuk rekreasi atau untuk latihan. Lalu, bola latihan juga tidak bisa dipakai dalam pertandingan resmi.

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi bola voli terbaik

Jadi, bola voli seperti apa yang sebenarnya Anda butuhkan? Di bawah ini, kami akan memperkenalkan sepuluh produk bola voli terpopuler yang recommended untuk Anda.

10
TargetUntuk anak-anak, anak sekolah, dan rekreasi
Ukuran62-64 cm
Bobot230-320 gram
BahanPolyurethane foam double coated
JenisBola latihan
9
TargetUntuk anak sekolah menengah atas atau lebih
Ukuran5
BobotTidak disebutkan
BahanCover material : PU leather・Bladder : butyl
JenisBola tersertifikasi
8
TargetUntuk anak sekolah, umum, pertandingan nonformal
Ukuran4 dan 5
BobotTidak disebutkan
BahanCover material : PVC leather・Bladder : butyl
JenisBola tersertifikasi
7
TargetUntuk anak sekolah menengah atas atau lebih, umum, pertandingan
Ukuran5
BobotTidak disebutkan
BahanCover material : PU leather・Bladder : butyl
JenisBola tersertifikasi
6
TargetUntuk anak sekolah, umum, pertandingan nonformal
Ukuran4 dan 5
BobotTidak disebutkan
BahanCover material : PU Japan・Bladder : butyl
JenisBola tersertifikasi
5
TargetUntuk anak sekolah, umum, pertandingan
Ukuran4 dan 5
BobotTidak disebutkan
BahanCover material : PU Japan・Bladder : butyl
JenisBola tersertifikasi
4
TargetUntuk umum, pertandingan resmi
Ukuran5
BobotTidak disebutkan
BahanCover material : PU leather・Bladder : rubber
JenisBola tersertifikasi, bola resmi
3
Target Untuk umum, pertandingan resmi
Ukuran5
Bobot260-280 gram
BahanCover material : high grade synthetic leather ・Bladder : nylon wound
JenisBola tersertifikasi, bola resmi
2
TargetUntuk umum, pertandingan resmi
Ukuran5
BobotTidak disebutkan
BahanCover material : PU leather・Bladder : rubber
JenisBola tersertifikasi, bola resmi
1
TargetUntuk umum, pertandingan resmi
Ukuran5
Bobot260-280 gram
BahanOriginal microfiber + PU leather (super composite cover)
JenisBola tersertifikasi, bola resmi

Tabel perbandingan produk bola voli terbaik

Gambar produk
1
Mikasa MVA300 1

Mikasa

2
Molten V5M5000 1

Molten

3
Mikasa MVA330 1

Mikasa

4
Mikasa MV2200 Super Gold 1

Mikasa

5
Proteam Excellence Biru Kuning Putih 1

Proteam

6
Proteam Excellence Putih 1

Proteam

7
Molten V5M4200 1

Molten

8
Proteam Elegance Biru Kuning Putih 1

Proteam

9
Molten V5M3500 1

Molten

10
Proteam Bola Voli Penjas 1

Proteam

Nama produk

MVA300

V5M5000

MVA330

MV2200 Super Gold

Excellence Biru Kuning Putih

Excellence Putih

V5M4200

Elegance Biru Kuning Putih

V5M3500

Bola Voli Penjas

Keunggulan

Alami permainan voli seperti pertandingan yang sesungguhnya!

Bola dengan performa yang luar biasa!

Bola voli ikonik dengan delapan panel cantik

Modern dan berkualitas hasilkan daya pantul yang kuat!

Ideal untuk latihan persiapan pertandingan

Desain klasik yang tidak membosankan

Bola waterproof berstandar resmi, pilihan ideal untuk latihan di tempat basah

Harga terjangkau, tetapi sudah memenuhi standar resmi pertandingan!

Ideal untuk permainan voli dalam ruangan

Bola voli lembut dan lentur, lebih aman bagi anak-anak!

HargaRp 648.000,00Rp 418.000,00Rp 375.000,00Rp 552.900,00Rp 224.349,00Rp 224.349,00Rp 310.000,00Rp 139.950,00Rp 285.000,00Rp 159.000,00
TargetUntuk umum, pertandingan resmiUntuk umum, pertandingan resmiUntuk umum, pertandingan resmiUntuk umum, pertandingan resmiUntuk anak sekolah, umum, pertandinganUntuk anak sekolah, umum, pertandingan nonformalUntuk anak sekolah menengah atas atau lebih, umum, pertandinganUntuk anak sekolah, umum, pertandingan nonformalUntuk anak sekolah menengah atas atau lebihUntuk anak-anak, anak sekolah, dan rekreasi
Ukuran55554 dan 5 4 dan 554 dan 5562-64 cm
Bobot260-280 gramTidak disebutkan260-280 gramTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan230-320 gram
BahanOriginal microfiber + PU leather (super composite cover)Cover material : PU leather・Bladder : rubberCover material : high grade synthetic leather ・Bladder : nylon woundCover material : PU leather・Bladder : rubberCover material : PU Japan・Bladder : butylCover material : PU Japan・Bladder : butylCover material : PU leather・Bladder : butylCover material : PVC leather・Bladder : butylCover material : PU leather・Bladder : butylPolyurethane foam double coated
JenisBola tersertifikasi, bola resmiBola tersertifikasi, bola resmiBola tersertifikasi, bola resmiBola tersertifikasi, bola resmiBola tersertifikasiBola tersertifikasiBola tersertifikasiBola tersertifikasiBola tersertifikasiBola latihan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi berbagai jenis bola lainnya di sini!

Selain voli, ada banyak permainan bola lainnya yang dimainkan secara beregu maupun individu. Berbeda permainan bola, maka berbeda pula jenis bola yang digunakan. Untuk mengetahui bola terbaik yang sesuai dengan hobi Anda, baca juga rekomendasi jenis bola lainnya di sini!!

Kesimpulan

Melalui artikel ini, kami telah memperkenalkan kepada Anda cara memilih dan produk-produk bola voli terbaik. Bagaimana menurut Anda? Tentu Anda sudah mengetahui bahwa ada banyak jenis bola voli yang dibedakan dari bobot, ukuran, dan tujuan penggunaannya. Agar dapat permainan bola voli lebih optimal, sangat disarankan untuk memilih bola voli yang tepat guna. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda lipat adalah sepeda yang dapat dilipat dan disimpan dalam bentuk yang ringkas. Banyak produsen sepeda lipat terkenal, seperti Polygon, United Bike, hingga Dahon yang menawarkan beragam model sepeda lipat. Masing-masing produk tentu saja memiliki karakter yang berbeda-beda.Nah, agar Anda tidak salah pilih, kami akan membahas cara memilih sepeda lipat yang tepat. Simak juga rekomendasi produknya dan temukan sepeda lipat yang sesuai kebutuhan Anda. Daripada berdiam diri saja di rumah, marilah bersepeda untuk jiwa dan raga yang lebih sehat!
    Sepeda
    534.032 Views
  • 10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Olahraga bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang digemari banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, semua memainkannya. Raket menjadi hal yang sangat penting dalam olahraga ini. Untuk mendukung permainan yang berkualitas, dibutuhkan raket yang bagus dan nyaman digunakan.Kali ini kami akan menjelaskan poin-poin yang harus diperhatikan dalam memilih raket bulu tangkis, baik untuk pemula maupun profesional. Kami juga akan memperkenalkan produk raket bulu tangkis terbaik, seperti Yonex, Adidas, Li-Ning, dan sebagainya. Tidak ketinggalan, mantan atlet bulu tangkis, Debby Susanto, juga ikut memberikan komentar mengenai cara memilihnya. Silakan disimak!
    Badminton
    246.599 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda gunung dapat digunakan untuk berbagai macam medan. Mulai dari jalanan kota yang mulus sampai jalanan pegunungan yang tidak rata bisa Anda tempuh. Ketika memilih sepeda gunung untuk pertama kali, Anda pasti bingung karena terdapat banyak jenis sepeda gunung di pasaran.Produsen ternama seperti United, Polygon, Viva Cycle, dan berbagai produsen sepeda lainnya juga banyak mengeluarkan produk sepeda gunung. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan sepuluh sepeda gunung terbaik untuk pemula. Pilihlah yang paling Anda sukai dan sesuai dengan kebutuhan!
    Sepeda
    474.092 Views
  • 10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepeda Balap (Road Bike) Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Sepeda balap atau road bike merupakan moda transportasi yang banyak disukai karena murah, menyehatkan, dan ramah lingkungan. Road bike yang saat ini beredar di pasaran tersedia dalam berbagai tipe. Sebut saja keluaran merk-merk ternama, seperti Polygon, United, Pacific, Element, dan sebagainya. Komponennya pun tergolong banyak sehingga acap kali membuat bingung, khususnya bagi para pemula.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih road bike. Kemudian, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan bersepeda Anda. Simak informasinya dan temukan road bike favorit Anda di sini!
    Sepeda
    257.904 Views
  • 10 Rekomendasi Treadmill Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Treadmill Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda ingin bugar dengan berolahraga setiap hari? Atau mungkin Anda ingin menurunkan berat badan? Tidak perlu pergi ke gym, Anda bisa berolahraga jalan cepat, berlari, ataupun jogging dengan alat treadmill kapan pun Anda mau.Meski bukan merupakan alat olahraga yang murah, membeli treadmill bisa menjadi investasi yang baik untuk Anda. Kali ini kami akan berbagi pengetahuan tentang cara memilih treadmill terbaik. Lalu, kami juga memberikan rekomendasi treadmill dari merek Idachi, OB FIT, Jaco, Total Fitness, dan lainnya yang bisa Anda miliki di rumah.
    Gym & fitness
    119.734 Views
  • 10 Rekomendasi Ice Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Ice Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ice pack adalah pengganti es batu yang bermanfaat untuk Anda yang sering menyimpan sesuatu pada cooler bag atau cooler box. Terdapat beragam merek ice pack, mulai dari Gabag, Rubbermaid, Coleman, dan lainnya yang beredar di pasaran. Hal ini tentunya akan membuat Anda bingung dalam memilih, bukan?Untuk Anda yang sedang mencari produk ice pack, artikel ini jangan sampai Anda lewatkan. Simak cara memilih ice pack yang tepat dan rekomendasi produknya di bawah ini. Gunakanlah artikel ini sebagai referensi untuk menemukan ice pack yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Perlengkapan outdoor
    21.571 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori