1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Pakaian wanita muslim
  6. >
  7. 10 Merk Kerudung Segi Empat Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Merk Kerudung Segi Empat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Merk Kerudung Segi Empat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Merk Kerudung Segi Empat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Merk Kerudung Segi Empat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Merk Kerudung Segi Empat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Merk Kerudung Segi Empat Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Kerudung segi empat merupakan salah satu jilbab favorit para wanita muslim. Namun, seiring berkembangnya zaman, model dan motif dari kerudung segi empat pun makin beragam. Banyak jenis yang ditawarkan, seperti kerudung polos, bermotif, rawis, bordir, dan kerudung berdesain bolak-balik.


Nah, dengan banyaknya pilihan yang ada, Anda mungkin bingung harus memilih yang mana. Karena itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi kerudung segi empat yang bagus. Ada merek hijab Lesti Kejora, Rabbani, Elzatta, dan Zoya. Tak hanya cocok dipakai untuk jalan-jalan, jilbab segi empat juga bisa dipakai untuk sekolah! 

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Kelebihan kerudung segi empat

Kelebihan kerudung segi empat
Sumber: rabbani.id

Kerudung segi empat memang memiliki model yang tak lekang oleh waktu. Tak hanya orang tua, anak muda pun gemar memakainya. Bagaimana tidak, hijab dengan bentuk segi empat ini memiliki desain yang simpel. Alhasil, hijab ini cocok dipakai untuk berbagai aktivitas, mulai dari acara santai hingga acara formal. 


Anda pemilik wajah bulat pun cocok memakainya karena jilbab model ini pas untuk semua bentuk wajah. Selain itu, Anda tak perlu mengenakan inner hijab karena kebanyakan kerudung segi empat tidak licin sehingga tidak mudah bergeser. Jadi, sudah siap untuk mengoleksi kerudung segi empat?

Cara memilih kerudung segi empat

Apa saja poin yang perlu diperhatikan dalam memilih kerudung segi empat? Kami akan menjelaskannya untuk Anda. Simak baik-baik, ya!

① Tentukan jenis yang diinginkan

Ada beberapa jenis kerudung segi empat yang populer. Empat di antaranya adalah jilbab polos, motif, rawis, dan bordir. Setiap jenis kerudung ini tentu memiliki kelebihan masing-masing. Untuk lebih jelasnya, silakan simak poin-poin di bawah ini.

Polos: Sederhana untuk dikenakan dalam berbagai kesempatan

Polos: Sederhana untuk dikenakan dalam berbagai kesempatan
Sumber: zoya.co.id

Kerudung sederhana ini barangkali merupakan jenis yang paling banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Pilihan warna yang beragam membuatnya mudah dipadupadankan dengan bermacam-macam style pakaian. Anda pun dapat mengenakannya dalam berbagai gaya, mulai dari yang simpel hingga rumit.


Selain sebagai kerudung sehari-hari, kerudung polos sering kali digunakan sebagai outfit kuliah atau untuk sekolah. Ditilik dari segi harga, kerudung polos umumnya memiliki harga yang bervariasi, mulai dari yang terjangkau hingga yang tinggi harganya.

Printing/bermotif: Memberikan kesan eksklusif dan modis

Printing/bermotif: Memberikan kesan eksklusif dan modis
Sumber: zoya.co.id

Di Indonesia, kerudung printing alias kerudung bermotif adalah salah satu jenis kerudung yang mulai banyak diminati. Pada umumnya, kerudung di pasaran memiliki motif atau corak sesuai kain yang digunakan. Namun, kerudung printing memiliki motif yang didesain secara khusus menggunakan printer digital textile.


Karena itu, banyak produsen yang menawarkan kerudung berdesain eksklusif. Motif floral dan monogram adalah contoh-contoh desain yang dimiliki oleh kerudung printing. Dengan desain yang menarik dan menawan seperti ini, Anda pun dapat tampil lebih percaya diri, bukan?

Rawis: Simpel serta banyak pilihan warnanya

Rawis: Simpel serta banyak pilihan warnanya

Kerudung segi empat rawis didesain dengan tepian yang tidak dijahit, melainkan bagian ujungnya dibiarkan terurai menyerupai rumbai. Pada umumnya, bahan yang digunakan lebih halus, tidak tebal, nyaman, dan sangat mudah digunakan. Alhasil, kerudung segi empat rawis ini paling banyak diminati oleh kalangan anak muda hingga ibu-ibu.


Pilihan warna kerudung segi empat rawis juga beragam, mulai dari warna cerah hingga warna gelap. Tentunya, Anda akan lebih mudah memilih warna sesuai outfit favorit. Namun, kekurangan dari kerudung ini adalah serat benangnya yang mudah lepas dan kusut. Karena itu, Anda perlu memastikan kualitas bahan dari kerudung segi empat rawis sebelum membelinya.

Bordir: Coraknya indah dan beragam, cocok untuk kasual ataupun formal

Bordir: Coraknya indah dan beragam, cocok untuk kasual ataupun formal

Bordir merupakan hiasan di atas kain yang dibuat menggunakan benang dan jarum jahit. Benang yang digunakan biasanya terbuat dari wol, sutra, linen, rayon, atau katun. Motif bordir yang diaplikasikan pada kerudung segi empat pun beragam. 


Anda bisa menemukan kerudung segi empat dengan aplikasi bordir pinggir, bordir motif bunga, buah, dan lainnya. Keindahan motif bordir tersebut membuat kerudung segi empat ini cocok digunakan saat menghadiri acara formal ataupun semiformal. Namun, jangan lupa untuk berhati-hati saat mencuci agar bordir tidak rusak, ya!

Kerudung instan, reversible, dan lainnya: Untuk Anda yang ingin lebih praktis

Kerudung instan, reversible, dan lainnya: Untuk Anda yang ingin lebih praktis
Sumber: kaladza.com

Selain jenis rawis, printing, dan bordir, masih banyak jenis kerudung segi empat yang dapat dijumpai di pasaran. Nah, di antaranya terdapat kerudung segi empat instan. Anda tidak lagi membutuhkan jarum pentol, peniti, atau bros untuk mengancingkan kerudung ini. Pastinya, tipe kerudung ini lebih praktis dan dapat menghemat waktu. 


Kemudian, ada juga hijab reversible yang memiliki dua sisi warna berbeda alias bisa dibolak-balik. Anda yang menyukai mix and match pakaian dan jilbab akan sangat diuntungkan dengan jenis bolak-balik ini. Pasalnya, Anda dapat mengenakan kedua sisi kerudung sesuai dengan keperluan.

② Pilih bahan jilbab segi empat yang nyaman dan mudah dibentuk

Pilih bahan jilbab segi empat yang nyaman dan mudah dibentuk

Polycotton, voal, dan diamond merupakan bahan kain yang umumnya digunakan untuk membuat kerudung segi empat. Kerudung yang terbuat dari ketiga bahan tersebut lebih mudah dibentuk. Namun, apa saja karakteristik lain yang membedakannya? 


  • Polycotton

Bahan ini merupakan campuran dari polyester dan cotton yang memiliki tekstur lembut. Selain dapat menyerap keringat dengan baik, kerudung berbahan polycotton juga tidak mudah kusut. Dengan demikian, Anda pun bisa beraktivitas dengan nyaman dan rapi seharian.


  • Voal

Banyak orang yang jatuh hati dengan jilbab segi empat berbahan voal. Alasannya karena bahan ini dibuat dari 100% serat alami yang adem dan ringan. Dengan demikian, Anda yang memiliki kulit sensitif pun akan nyaman memakainya. 


  • Diamond
Dibanding dengan dua bahan lainnya, diamond memiliki sifat yang lebih elastis karena dibuat dari benang sintetis. Seratnya pun mampu memantulkan cahaya sehingga tampilannya terlihat lebih berkilau dan elegan. Karena memiliki tekstur seperti kulit jeruk, kerudung berbahan diamond juga terlihat unik.

③ Sesuaikan ukurannya dengan kebutuhan Anda

Ukuran suatu kerudung merupakan poin penting saat memilih jilbab segi empat. Ada yang memiliki ukuran standar, bahkan banyak juga yang memiliki ukuran jumbo. Nah, agar dapat menyesuaikan ukuran kerudung dengan kebutuhan Anda, mari simak penjelasan di bawah ini.

Ukuran standar yang simpel dan banyak dipilih

Ukuran standar yang simpel dan banyak dipilih
Sumber: elzatta.com

Kerudung segi empat dengan kisaran ukuran 110 cm x 110 cm merupakan ukuran standar yang banyak digunakan oleh hijaber. Meskipun tidak begitu lebar, Anda tetap dapat berkreasi dengan leluasa sesuai style Anda. Kerudung ini juga umumnya cukup simpel dan sangat mudah digunakan. Anda dapat memadukannya dengan busana kasual saat hangout bersama teman-teman.

Ukuran jumbo yang dapat menutupi dada dengan sempurna

Ukuran jumbo yang dapat menutupi dada dengan sempurna
Sumber: elzatta.com

Pilihlah kerudung segi empat dengan ukuran yang lebih besar jika Anda ingin menutup dada dengan sempurna. Ukuran 130 cm x 130 cm hingga 150 cm x 150 cm adalah ukuran yang disarankan. Anda tak perlu khawatir kerudung akan tersingkap karena ukurannya tergolong lebar. Terlebih lagi, banyak jilbab segi empat ukuran jumbo berdesain menarik sehingga Anda dapat tampil syar'i dan tetap stylish!

10 Rekomendasi kerudung segi empat terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kerudung segi empat terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Maula Hijab

Kerudung Segi Empat Syari Jilbab Segiempat

Maula Hijab Kerudung Segi Empat Syari Jilbab Segiempat 1枚目

Bahannya tebal dengan tekstur yang unik

2

Umama Scarf

Kerudung Polos Segi Empat Bella Square

Umama Scarf Kerudung Polos Segi Empat Bella Square 1枚目

Hadir dengan banyak pilihan warna menarik!

3

Ansania

Saudia Rawis Grande

Ansania Saudia Rawis Grande 1枚目

Tampil syar'i dengan nyaman dan tidak pakai panas!

4

Nafisa

Scarf Allura Segiempat

Nafisa Scarf Allura Segiempat 1枚目

Pilihan warnanya netral, cocok dipakai untuk ke sekolah!

5

Elzatta

Kanara Raissa Scarf

Elzatta Kanara Raissa Scarf 1枚目

Motif monogram yang mudah dipadupadankan

6

Zoya

Kerudung Hijab Segiempat Qieran

Zoya Kerudung Hijab Segiempat Qieran 1枚目

Corak artistik untuk Anda yang ingin tampil antimainstream

7

Kaladza Hijab

Instant zinia

Kaladza Hijab Instant zinia 1枚目

Lebih praktis! Langsung rapi tanpa jarum pentul

8

Rabbani

Kerudung Instan Zanan Fatiya R1

Rabbani Kerudung Instan Zanan Fatiya R1 1枚目

Antibosan dengan satu kerudung untuk dua penampilan!

9

Lestidaily

Hijab Segi Empat Print

Lestidaily Hijab Segi Empat Print 1枚目

Hadirkan merek hijab Lesti Kejora dengan corak yang fresh

10

Shafira

Eileen Navy Embroidery

Shafira Eileen Navy Embroidery 1枚目

Sentuhan bordirnya buat tampilan lebih menggemaskan

Perincian produk
Close
No.1

Maula HijabKerudung Segi Empat Syari Jilbab Segiempat

Mulai dari Rp79.400,00

Bahannya tebal dengan tekstur yang unik

Mantapkan pilihan Anda pada produk ini jika membutuhkan hijab dengan ukuran 130 cm x 130 cm yang tebal dan stretchy. Produk keluaran Maula Hijab ini dibuat dari bahan diamond yang tidak transparan serta teksturnya seperti kulit jeruk. 


Selain itu, bahannya pun cukup lentur sehingga nyaman dan leluasa dipakai oleh Anda yang aktif. Ukuran yang ditawarkan juga tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil sehingga aurat Anda dapat tertutupi dengan baik.

No.2

Umama ScarfKerudung Polos Segi Empat Bella Square

Mulai dari Rp35.000,00

Hadir dengan banyak pilihan warna menarik!

Apakah Anda sedang mencari hijab segi empat yang memiliki banyak pilihan warna? Kalau begitu, pilih saja produk dari Umama Scarf ini. Kerudung Polos Segi Empat Bella Square hadir dengan 37 pilihan warna, mulai dari cerah, gelap, soft, hingga mencolok. Dengan demikian, Anda pun dapat leluasa memilih warna favorit. Karena harganya terjangkau, Anda pun tak perlu ragu untuk memborongnya!

No.3

AnsaniaSaudia Rawis GrandeANS0363

Mulai dari Rp40.000,00

Tampil syar'i dengan nyaman dan tidak pakai panas!

Jika Anda terbiasa mengenakan kerudung syar'i, produk ini pantas menjadi pilihan. Saudi Rawis Grande memiliki ukuran yang pas untuk menutup bagian dada hingga perut serta bagian punggung. Selain itu, bahan kainnya gampang dibentuk dan tidak licin. 


Inilah kerudung segi empat dari Ansania yang tak akan membuat Anda struggling saat mengenakannya. Tak perlu khawatir kegerahan karena kainnya diklaim adem dan nyaman. Kain yang tidak menerawang pun akan membuat Anda memakainya dengan yakin. 

No.4

NafisaScarf Allura Segiempat

Mulai dari Rp29.000,00

Pilihan warnanya netral, cocok dipakai untuk ke sekolah!

Nafisa mengeluarkan jilbab segi empat dengan tiga pilihan ukuran, yakni M, L, dan XL. Didesain polos dengan pilihan-pilihan warna yang netral, Anda pun bisa memakainya saat ke sekolah atau ke kampus. 


Kerudung warna cokelat bisa Anda padukan dengan seragam pramuka, sedangkan warna putih bisa dipadukan dengan seragam hari Senin. Memiliki bahan yang halus, ringan, dan tidak licin, tentu hijab ini sangat nyaman dipakai seharian.

No.5

ElzattaKanara Raissa Scarf

Mulai dari Rp99.000,00

Motif monogram yang mudah dipadupadankan

Tidak semua orang merasa percaya diri tampil dengan kerudung bermotif. Apabila Anda salah satunya, cobalah produk dari Elzatta yang satu ini. Motifnya berupa monogram yang mudah dipadupadankan dan jauh dari kata plain. Sementara itu, bahannya lembut dan mudah dibentuk. Ragam warna yang bervariasi membuatnya mudah untuk dipilih. Inilah kerudung yang dijamin antigagal dalam menyempurnakan penampilan Anda!

No.6

ZoyaKerudung Hijab Segiempat Qieran

Mulai dari Rp169.000,00

Corak artistik untuk Anda yang ingin tampil antimainstream

Kerudung Hijab Segiempat Qieran ini cocok untuk Anda yang ingin memiliki kerudung antimainstream. Produk ini memiliki motif yang terinspirasi dari keindahan laut dengan gambar abstrak terumbu karang, ganggang laut dan plankton. Paduan warnanya pun menonjolkan kesan yang cantik dan artistik pada penampilan Anda. Produk dari Zoya ini cocok Anda padukan dengan gamis atau pakaian berwarna polos!

No.7

Kaladza HijabInstant zinia

Mulai dari Rp50.000,00

Lebih praktis! Langsung rapi tanpa jarum pentul

Apakah Anda ingin menghemat waktu saat memakai kerudung? Produk dari Kaladza Hijab ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda tak perlu menggunakan jarum lagi karena sudah ada jahitan di bagian leher. Sekali pasang langsung rapi! 


Ukuran kerudung ini juga cukup lebar sehingga dapat menjuntai hingga menutupi dada. Tampilan Anda akan terlihat paripurna karena kerudung ini diklaim antimleyot sehingga tegak dan rapi. Detail pita rendanya pun akan mempermanis tampilan hijab segi empat ini.

No.8

RabbaniKerudung Instan Zanan Fatiya R1

Mulai dari Rp109.800,00

Antibosan dengan satu kerudung untuk dua penampilan!

Bosan dengan kerudung segi empat satu warna? Coba saja menggunakan Kerudung Instan Zanan Fatiya R1 dari Rabbani ini. Tidak hanya memiliki dua sisi dengan warna berbeda, polanya pun berbeda yaitu polos dan bermotif. Ada empat warna yang bisa Anda pilih, yakni pink, putih, olive, dan dusty pink. Tinggal dibalik, warna dan tampilannya langsung berbeda. Selamat mencoba!

No.9

LestidailyHijab Segi Empat Print

Mulai dari Rp150.000,00

Hadirkan merek hijab Lesti Kejora dengan corak yang fresh

Tak mau kalah dengan artis lainnya, pedangdut Lesti Kejora juga meluncurkan brand busana muslim bernama Lestidaily. Brand ini menawarkan kerudung segi empat printing dengan tema penuh warna, ada corak floral dan pola garis. Nah, apabila Anda gemar mengenakan kerudung dengan nuansa yang fresh serta colorful, produk ini bisa dijadikan pilihan terbaik.

No.10

ShafiraEileen Navy Embroidery

Mulai dari Rp199.000,00

Sentuhan bordirnya buat tampilan lebih menggemaskan

Produk dari SHAFIRA berikut ini dibuat dengan bahan voal berkualitas yang mudah diatur dalam berbagai gaya. Selain itu, produk ini didesain dengan detail embroidery fruits pattern berwarna merah.​ Alhasil, paduan bordir dan warna dasarnya membuat kerudung ini terlihat menarik hati. Anda yang ingin memakai jilbab segi empat dengan sentuhan cute, tentu produk ini layak dipertimbangkan.

Cara mudah memakai kerudung segi empat

Cara mudah memakai kerudung segi empat

Apabila telah terbiasa, mengenakan kerudung segi empat dapat Anda lakukan dengan mudah. Bagi Anda yang baru pertama kali mengenakan kerudung jenis ini, sebaiknya mulailah dengan cara pakai yang paling sederhana. Kami akan membagikan tipsnya berikut ini!


  1. Kenakan ciput atau inner kerudung apabila perlu.
  2. Lipat kerudung secara diagonal menjadi dua bagian. Hasilnya, kerudung menjadi bentuk segi tiga.
  3. Pasang kerudung di kepala dengan kedua ujung yang sejajar di bawah dagu.
  4. Sematkan peniti, jarum pentul, atau bros agar kerudung terpasang dengan baik di kepala.
  5. Berikutnya, Anda bisa melipat, melilitkan, atau menambahkan bros pada bagian kerudung yang menjuntai di bawah dagu.

Baca juga rekomendasi kerudung dan perlengkapan berhijab di sini

Jika Anda mengenakan hijab dalam keseharian, mempunyai satu kerudung saja tentu tidaklah cukup. Karena itu, kami telah menyiapkan beberapa artikel terkait kerudung dan perlengkapan berhijab lainnya. Selamat membaca!

Kesimpulan

Kami sudah memberikan sepuluh rekomendasi kerudung segi empat terbaik untuk Anda. Mulai dari kerudung polos, bermotif, rawis, bordir hingga yang berdesain bolak-balik. Apakah Anda sudah menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan? 


Tidak hanya pilihan warna saja, model dan motif kerudung pun makin beragam mengikuti trend. Apa pun pilihannya, Anda harus tetap memperhatikan fungsi utama dari kerudung yaitu untuk dapat menutup rambut dengan sempurna. Semoga pilihan Anda tepat dan bermanfaat, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer