• 10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Kulkas merupakan alat rumah tangga yang selalu dinyalakan 24 jam setiap hari. Jadi, penggunaan listriknya perlu diperhitungkan. Anda tak perlu khawatir, sekarang sudah banyak produk kulkas hemat listrik bermunculan. Dengan menggunakan kulkas low watt, Anda bisa mengurangi biaya pemakaian listrik.


Jika Anda sedang beralih memilih kulkas watt kecil, simaklah tips ini. Kami akan memberikan rekomendasi kulkas hemat listrik yang bagus dari beberapa merek, seperti LG, Toshiba, Sharp, dan lainnya. Anda pun akan menemukan kulkas terbaik dari berbagai model, baik kulkas hemat listrik 1 pintu maupun 2 pintu. Yuk, simak selengkapnya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 21 Agustus 2022
Daftar isi

Cara memilih kulkas hemat listrik

Kulkas memang sudah menjadi barang yang umum Anda temui. Namun, untuk memilih kulkas yang hemat listrik, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut kami berikan tipsnya untuk Anda.

Perhatikan daya yang dibutuhkan kulkas

Perhatikan daya yang dibutuhkan kulkas

Biasanya, kulkas hemat listrik diberi label "Energy Star" atau "Energy Saver" agar Anda dapat memilihnya dengan mudah. Namun, ada baiknya Anda juga memperhatikan daya listrik yang dibutuhkan kulkas tersebut.


Sesuaikan daya kulkas tersebut dengan kapasitas listrik di tempat tinggal Anda. Jika Anda memiliki kapasitas listrik 900 VA dan 1.300 VA, pilihlah kulkas dengan daya 100–115 watt. Apabila rumah Anda cukup besar dengan kapasitas listrik di atas 3.500 VA, kulkas berdaya 115 watt lebih bisa dipertimbangkan. Tentunya besaran daya kulkas ini bergantung pada kapasitasnya juga.

Kenali fitur-fitur penghemat daya

Selanjutnya, berikut ini merupakan fitur-fitur yang banyak terdapat dalam kulkas hemat listrik. Kami akan menjelaskannya untuk Anda.

Kompresor inverter: Dinginkan kulkas lebih cepat dan tidak bising

Kompresor inverter: Dinginkan kulkas lebih cepat dan tidak bising

Kompresor merupakan bagian terpenting pada kulkas. Fungsi kompresor adalah menarik udara panas dari dalam kulkas dan membuangnya ke luar dengan bantuan sensor suhu thermocouple.


Kompresor inverter bekerja dengan sistem akselerasi. Jika dibutuhkan dengan cepat, kerjanya akan makin cepat. Inverter berfungsi ketika terjadi ketidakstabilan suhu di dalam kulkas akibat pintunya dibuka-tutup terlalu sering. Ketika kondisi ini terjadi, kompresor inverter akan bekerja secara maksimal mengambil daya listrik agar suhu kulkas kembali normal.


Kompresor inverter tidak akan selalu bekerja. Saat Anda tidak sering membuka-tutup kulkas atau saat suhu di luar kulkas lebih rendah, kompresor inverter tidak akan bekerja. Dengan demikian, tentu akan lebih hemat daya. Selain menghemat daya, kompresor inverter juga membuat kulkas lebih tidak bising.

Teknologi multi air flow: Dinginkan kulkas secara merata

Teknologi multi air flow merupakan teknologi paling umum yang dapat Anda temui pada kulkas hemat listrik. Multi air flow memastikan tiap kompartemen di dalam kulkas mempunyai suhu yang sama. Apabila tidak ada teknologi ini, suhu dingin dari kulkas bergantung pada dinginnya freezer. Akibatnya, kulkas membutuhkan daya lebih untuk mengalirkan dingin.

Hindari kulkas dengan fitur yang membutuhkan daya besar

Hindari kulkas dengan fitur yang membutuhkan daya besar

Beberapa kulkas berukuran besar telah dilengkapi dengan dispenser. Sebagian orang mungkin menganggap fitur ini memiliki nilai lebih. Sayangnya, keberadaan dispenser dapat memakan daya lebih besar daripada kulkas yang tanpa dispenser.

 

Keberadaan dispenser membuat kulkas membutuhkan daya tambahan untuk mendaur ulang air. Terlebih lagi jika dispenser ditambah dengan fitur air panas dan dingin. Selain itu, fitur ice maker untuk menghasilkan crush ice ataupun cube ice juga membuat kulkas butuh energi lebih besar.


Tambahan lagi, Anda bisa melakukan kebiasaan ini supaya kebutuhan daya listrik kulkas tidak membengkak.

  1. Hindari membuka tutup kulkas terlalu sering jika tidak diperlukan.
  2. Memastikan kulkas selalu tertutup rapat.
  3. Tidak mengisi kulkas berlebihan.
  4. Mengatur suhu kulkas seperlunya.
  5. Membersihkan kulkas secara teratur.
  6. Tidak memasukkan makanan atau minuman bersuhu panas.

Pilih kapasitas sesuai jumlah orang

Makin besar kapasitas kulkas, makin besar pula daya listrik yang dibutuhkan. Dalam hal ini, pemilihan kulkas yang kapasitasnya sesuai dengan jumlah pengguna bisa membantu mengoptimalkan penggunaan daya listrik.

Mini refrigerator kapasitas 200 L: Cukup untuk Anda yang tinggal sendiri

Kapasitas kulkas di bawah 100 L atau biasa disebut dengan mini refrigerator sangat pas bagi Anda yang tinggal sendiri. Kulkas yang kapasitasnya di bawah 100 L akan cukup Anda gunakan untuk menyimpan minuman dan beberapa makanan. 


Sementara itu, bagi Anda yang tinggal sendiri dan suka memasak, kulkas yang berkapasitas 100–200 L sudah tergolong cukup. Jenis kulkas yang memiliki kapasitas ini biasanya adalah kulkas 1 pintu. Karena itu, saat menentukan kapasitas kulkas, pertimbangkan juga mengenai banyaknya makanan yang akan Anda simpan di dalamnya.


Nah, bila saat ini Anda sedang mencari kulkas mini, bacalah juga tautan di bawah ini. Siapa tahu, salah satu produknya sesuai dengan kriteria yang Anda cari.

Kapasitas 200–400 L: Sesuai untuk keluarga kecil

Jika Anda tinggal berdua atau berempat, kulkas tipe satu pintu mungkin sudah tidak cukup lagi. Dalam hal ini, pilihlah kulkas dua pintu dengan kapasitas sekitar 200–400 L.


Kulkas dengan kapasitas 200–400 L memiliki lebih banyak ruang penyimpanan untuk makanan milik lebih banyak orang. Letak freezer dan refrigerator yang terpisah juga membantu menjaga aroma makanan agar tidak bercampur. Kapasitas ini merupakan pilihan terbaik untuk keluarga kecil.

Kapasitas 400–600 L: Ukuran lebih besar untuk keluarga besar

Keluarga yang jumlah anggotanya lebih dari empat orang tentu membutuhkan tempat penyimpanan yang lebih luas. Karena itu, kulkas dengan kapasitas 200–400 L mungkin sudah tidak cukup lagi untuk Anda.


Supaya makanan yang memerlukan pendingin dapat masuk kulkas, beralihlah ke kulkas lebih besar yang kapasitasnya antara 400–600 L. Kulkas dengan kapasitas 400–600 L tergolong sangat luas. Setiap orang dapat menyimpan makanan dan minuman favoritnya tanpa harus berebut tempat.


Selanjutnya, kami juga sudah mengulas beberapa rekomendasi kulkas besar. Bacalah tautan di bawah ini dan temukan kulkas besar yang dibutuhkan untuk rumah Anda.

Sesuaikan ukuran kulkas dengan lokasi penempatan

Sesuaikan ukuran kulkas dengan lokasi penempatan

Pemilihan ukuran kulkas juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Sesuaikan ukuran kulkas dengan tempat Anda akan meletakkannya. Jangan sampai Anda membeli kulkas yang terlalu besar sehingga tidak dapat ditempatkan dengan pas. Kulkas akan mengeluarkan panas saat beroperasi. Karena itu, atur jarak kulkas dengan tembok agar terdapat ruang untuk sirkulasi udara.


Selain itu, perhatikan juga arah bukaan pintu kulkas, terutama jika Anda menempatkan kulkas berdekatan dengan tembok atau barang lainnya. Bukaan pintu kulkas sebaiknya mengarah ke dinding. Jadi, bila tembok berada di sebelah kanan, kulkas yang pintunya dibuka ke arah kanan adalah pilihan tepat. Begitu pula sebaliknya. Hal ini akan memudahkan Anda dalam memasukkan dan mengeluarkan makanan di kulkas.

10 Rekomendasi kulkas hemat listrik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kulkas hemat listrik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Gambar produk
1
LG Kulkas 2 Pintu 1

LG

2
Samsung Kulkas 2 Pintu 1

Samsung

3
Sharp Shine Magneglas Series 1

Sharp

4
Polytron New Belleza 1

Polytron

5
Sanken Kulkas 2 Pintu 1

Sanken

6
Hisense Single Door Refrigerator 1

Hisense

7
Toshiba Kulkas 1 Pintu 1

Toshiba

8
AQUA Kulkas 2 Pintu Freezer Atas 1

AQUA

9
Electrolux Kulkas Freezer Atas UltimateTaste 1

Electrolux

10
Panasonic Two Doors Refrigerator 1

Panasonic

Nama produk

Kulkas 2 Pintu

Kulkas 2 Pintu

Shine Magneglas Series

New Belleza

Kulkas 2 Pintu

Single Door Refrigerator

Kulkas 1 Pintu

Kulkas 2 Pintu Freezer Atas

Kulkas Freezer Atas UltimateTaste

Two Doors Refrigerator

Keunggulan

Boks sayur dan buah lebih besar

Kulkas hemat listrik tanpa bunga es untuk kenyamanan Anda

Kulkas bebas bau berkat AG+ Nano Deodorizer

Dipermanis dengan desain bunga yang elegan

Mati listrik? Isi kulkas tetap aman, dong!

Tampilan minimalis untuk mempercantik dapur Anda

Fleksibel, ubah arah bukaan pintu sesuai kebutuhan

Terdapat boks untuk simpan obat dan kosmetik

Menjamin kesegaran buah dan sayur lebih lama

Fitur-fiturnya bisa jaga kesegaran daging dan tentunya tetap hemat listrik

Harga mulai dariRp 3.429.900,00Rp 3.970.000,00Rp 2.755.000,00Rp 2.279.000,00Rp 4.450.000,00Rp 2.279.000,00Rp 1.999.000,00Rp 4.299.000,00Rp 9.850.000,00Rp 6.229.000,00
Daya70 watt100 watt100 watt80 watt116 watt80 W75 W50 watt100 watt60–130 watt
Tipe2 pintu2 pintu2 pintu1 pintu2 pintu1 pintu1 pintu2 pintu2 pintu2 pintu
Bukaan pintuKananKananKananKananKananKananKanan atau kiri (reversible door)KananKananKanan
Kapasitas187 L203 L187 L180 L58 L (freezer)/172 L157 L50 L220 L431 L248 L
Dimensi55,5 cm x 58,5 cm x 140 cm55,5 cm x 63,7 cm x 144,5 cm58,8 cm x 54,5 cm x 138 cm53 cm x 52,8 cm x 158,5 cm54,4 cm x 59 cm x 146,4 cm51,9 cm x 53,7 cm x 113 cm51 cm x 46 cm x 49,5 cm54 cm x 65,5 cm x 153 cm72,3 cm x 69,9 cm x 172,5 cm55,5 cm x 62,4 cm x 163,6 cm
Fitur penghemat dayaSmart inverter compressor, multi air flowDigital inverterLow voltage, low wattageLow watt, full insulationSuper hemat A+, 4D air flowLow wattEnergy savingInverter, full insulationNutrifresh inverterEconavi, inverter
Tautan produk
10

PanasonicTwo Doors Refrigerator

NR-BB271Q-S/PK

Mulai dari Rp 6.229.000,00

Daya60–130 watt
Tipe2 pintu
Bukaan pintuKanan
Kapasitas248 L
Dimensi55,5 cm x 62,4 cm x 163,6 cm
Fitur penghemat dayaEconavi, inverter
9

ElectroluxKulkas Freezer Atas UltimateTaste

ETB4600B-H/A

Mulai dari Rp 9.850.000,00

Daya100 watt
Tipe2 pintu
Bukaan pintuKanan
Kapasitas431 L
Dimensi72,3 cm x 69,9 cm x 172,5 cm
Fitur penghemat dayaNutrifresh inverter
8

AQUAKulkas 2 Pintu Freezer Atas

AQR-D275R

Mulai dari Rp 4.299.000,00

Daya50 watt
Tipe2 pintu
Bukaan pintuKanan
Kapasitas220 L
Dimensi54 cm x 65,5 cm x 153 cm
Fitur penghemat dayaInverter, full insulation
7
Daya75 W
Tipe1 pintu
Bukaan pintuKanan atau kiri (reversible door)
Kapasitas50 L
Dimensi51 cm x 46 cm x 49,5 cm
Fitur penghemat dayaEnergy saving
6

HisenseSingle Door Refrigerator

RR195-D4IBN/D4IGN

Mulai dari Rp 2.279.000,00

Daya80 W
Tipe1 pintu
Bukaan pintuKanan
Kapasitas157 L
Dimensi51,9 cm x 53,7 cm x 113 cm
Fitur penghemat dayaLow watt
5
Daya116 watt
Tipe2 pintu
Bukaan pintuKanan
Kapasitas58 L (freezer)/172 L
Dimensi54,4 cm x 59 cm x 146,4 cm
Fitur penghemat dayaSuper hemat A+, 4D air flow
4
Daya80 watt
Tipe1 pintu
Bukaan pintuKanan
Kapasitas180 L
Dimensi53 cm x 52,8 cm x 158,5 cm
Fitur penghemat dayaLow watt, full insulation
3

SharpShine Magneglas Series

SJ-236MG-GB/GR

Mulai dari Rp 2.755.000,00

Daya100 watt
Tipe2 pintu
Bukaan pintuKanan
Kapasitas187 L
Dimensi58,8 cm x 54,5 cm x 138 cm
Fitur penghemat dayaLow voltage, low wattage
2

SamsungKulkas 2 Pintu

RT19M300BGS/SE

Mulai dari Rp 3.970.000,00

Daya100 watt
Tipe2 pintu
Bukaan pintuKanan
Kapasitas203 L
Dimensi55,5 cm x 63,7 cm x 144,5 cm
Fitur penghemat dayaDigital inverter
1
Daya70 watt
Tipe2 pintu
Bukaan pintuKanan
Kapasitas187 L
Dimensi55,5 cm x 58,5 cm x 140 cm
Fitur penghemat dayaSmart inverter compressor, multi air flow

Baca juga rekomendasi kulkas lainnya di sini

Selain fitur hemat energi, kulkas memiliki berbagai fitur lainnya. Pemilihannya pun berbeda antara Anda yang tinggal sendiri dengan yang sudah berkeluarga. Dalam tautan di bawah ini, temukan berbagai kulkas terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Jangan ragu untuk beralih ke kulkas hemat listrik. Agar pemakaiannya optimal, pilihlah kulkas hemat listrik dengan fitur yang mumpuni. Tentukan juga kapasitas kulkas agar sesuai dengan jumlah penggunanya. 


Selain itu, jangan lupakan untuk memilih produk yang memiliki garansi resmi. Sesuaikan juga anggaran Anda dengan kulkas yang akan dipilih, ya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Selamat memilih kulkas terbaik yang hemat listrik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kulkas 1 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kulkas 1 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari sekian banyak model kulkas, kulkas satu pintu tetap menjadi primadona bagi sebagian orang. Jangan salah, kulkas satu pintu memiliki keunggulan yang tidak dimiliki model lain. Ukuran kecil serta daya listrik yang cenderung lebih rendah adalah beberapa contohnya. Ada banyak merek kulkas satu pintu yang bagus di pasaran, seperti Polytron, Sharp, LG, dan AQUA. Untuk Anda yang kini tengah mencari rekomendasi kulkas satu pintu, jangan lewatkan artikel kami. Kami akan mengulas kulkas satu pintu terbaik yang hemat listrik dan tanpa bunga es. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Low Carbo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Low Carbo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Diet low carbo atau rendah karbohidrat diperlukan oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengontrol gula darah. Di lain sisi, nasi memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Padahal, nasi adalah makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari. Nah, sekarang sudah ada teknologi baru, yaitu rice cooker low carbo.Berkat rice cooker ini, Anda bisa menanak nasi rendah karbohidrat sehingga kesehatan senantiasa terjaga. Di artikel ini, kami akan mengulas rekomendasi rice cooker low carbo yang bagus dari berbagai merek, seperti Signora, LocknLock, dan Ecohome. Bacalah hingga selesai dan dapatkan produk terbaik Anda!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kulkas Showcase Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kulkas Showcase Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kulkas showcase adalah kulkas yang tidak memiliki freezer dan hanya dapat digunakan untuk mendinginkan makanan atau minuman saja. Biasanya, kulkas showcase sering ditemui di toko atau supermarket yang menjual minuman atau makanan dingin. Ada banyak merek yang menawarkan kulkas showcase, seperti GEA, Polytron, MODENA, dan lainnya. Banyaknya produk ini mungkin dapat membuat Anda bingung dalam memilih.Untuk membantu Anda, kali ini kami akan membahas cara memilih kulkas showcase yang bagus dan merekomendasikan sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Silakan simak sampai akhir dan temukan kulkas showcase yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apabila Anda tertarik dengan gaya hidup sehat, Anda dapat memulainya dengan membeli peranti elektronik slow juicer. Dengan alat ini, Anda bisa membuat jus murni tanpa campuran air sehingga kandungan gizi yang diperoleh lebih banyak. Beberapa produk slow juicer juga bisa digunakan untuk membuat smoothie, es krim, dan minuman dingin lainnya.Untuk membantu Anda, kami telah menyiapkan rekomendasi merek slow juicer yang bagus, seperti Philips, ECOHOME, Panasonic, dan Sharp. Sebelum itu, kami juga akan menjelaskan tips memilihnya untuk Anda. Silakan simak penjelasan lengkapnya melalui artikel ini!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dispenser adalah peralatan rumah tangga yang memudahkan Anda dalam menyajikan air minum. Keberadaan dispenser tentunya sangat membantu ketika ingin menyeduh kopi, susu, teh, atau yang ingin air dingin. Saat ini ada berbagai macam dispenser air di pasaran termasuk yang tipe low watt untuk menghemat energi.Untuk itu, kami menyajikan cara memilih dispenser yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami juga merekomendasikan berbagai merek dispenser terbaik, seperti SHARP, Miyako, Sanken, Cosmos, dan banyak lagi. Simak penjelasan kami berikut ini, ya!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Blender Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Blender Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Blender merupakan peralatan dapur yang dapat digunakan untuk beragam hal, mulai dari membuat jus hingga menggiling bumbu. Blender identik dengan wadah berbentuk gelas dengan mata pisau di bagian bawahnya. Sebelum digunakan, Anda harus menghubungkan wadah tersebut dengan mesin yang tersambung pada sumber daya listrik.Ternyata, ada blender yang lebih praktis digunakan, namanya blender tangan (hand blender). Merek eletronik rumah tangga, seperti Philips, Oxone, dan Panasonic mengeluarkan blender tangan dengan keunggulan masing-masing. Silakan simak tips memilih hand blender yang bagus dari kami di bawah ini. Selamat menemukan hand blender terbaik!
    Elektronik dapur
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori