1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Pakaian wanita muslim
  6. >
  7. 10 Merk Gamis Syar'i Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Merk Gamis Syar'i Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Merk Gamis Syar'i Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Merk Gamis Syar'i Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Merk Gamis Syar'i Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Merk Gamis Syar'i Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Merk Gamis Syar'i Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Ingin berpenampilan islami, tetapi tetap stylish? Gamis syar'i jawabannya! Ya, gamis syar'i  kini tidak lagi identik dengan bajunya ibu-ibu. Bahkan, cukup banyak gamis syar'i remaja yang dapat Anda temukan dengan mudah di online shop. Ditambah lagi, brand-brand lokal juga banyak merilis baju gamis syar'i yang kekinian.


Agar Anda tidak bingung menentukan pilihan, simaklah tips memilih gamis syar'i yang sudah kami susun untuk Anda. Berbagai merek gamis branded, seperti Rabbani, Zoya, Elzatta, dan HijabChic juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Yuk, temukan gamis syar'i yang bagus untuk Anda di sini!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa itu gamis syar'i?

Apa itu gamis syar'i?
Sumber: zmnow.id

Gamis syar'i merupakan busana muslim yang menutupi aurat wanita. Bahan yang digunakan untuk busana muslim ini tidak menerawang atau tembus pandang. Model gamis syar'i juga cenderung longgar karena tidak boleh memperlihatkan lekuk tubuh.


Seiring perkembangan, pilihan warna, material, aksen, hingga desain dari gamis syar'i pun makin beragam. Beberapa tahun belakangan ini, gamis syar'i bahkan menjadi busana muslim yang menduduki posisi atas dalam tren fashion Indonesia.


Itu sebabnya banyak desainer tanah air mengeluarkan koleksi gamis syar'i yang modern dan modis. Meskipun begitu, prinsip dasar gamis syar'i tetap sama, yaitu harus menutupi seluruh bagian tubuh, termasuk dada dan leher.

Cara memilih gamis syar'i

Meski memiliki banyak model, pemilihan gamis syar'i harus disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari pemilihan bahan hingga desain. Yuk, perhatikan poin-poin berikut ini agar mendapatkan produk yang paling pas untuk Anda!

① Pilih model gamis syar’i sesuai bentuk tubuh Anda

Salah satu hal penting dalam memilih gamis syar'i adalah menentukan desain baju sesuai bentuk tubuh. Dengan model gamis yang sesuai, Anda akan tampak lebih modis dan percaya diri. Mari simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Untuk tubuh kurus, pilih gamis dengan aksen ruffle

Untuk tubuh kurus, pilih gamis dengan aksen ruffle
Sumber: elzatta.com

Jika Anda memiliki tubuh kurus, Anda dapat menyiasatinya dengan mengenakan gamis syar'i beraksen ruffle atau yang memiliki layer. Volume yang tercipta dari ruffle dan layer akan membuat tubuh terlihat lebih berisi, seperti pada gambar di atas.


Alternatif lainnya, Anda dapat memilih gamis syar'i berpotongan loose yang disertai dengan motif ramai. Potongan longgar dengan motif ramai dapat menyamarkan ukuran tubuh sehingga Anda pun bisa tampil penuh percaya diri. Tak perlu pusing lagi, bukan?

Untuk tubuh gemuk, pilih gamis dengan bagian bawah yang melebar

Untuk tubuh gemuk, pilih gamis dengan bagian bawah yang melebar
Sumber: zmnow.id

Jika Anda memiliki tubuh yang berisi, gunakanlah gamis dengan model A-line, peplum, atau empire waist. Ketiga model ini sama-sama melebar di bagian pinggang ke bawah sehingga akan memberi kesan ramping ketika dipakai.


Jika bosan dengan gamis polos, Anda dapat mencoba gamis dengan pattern vertikal. Gamis dengan motif mungil berwarna gelap seperti pada gambar di atas juga bisa Anda pilih. Pattern vertikal, motif mungil, dan warna-warna gelap dapat membuat tubuh terlihat lebih langsing, lho.

Untuk tubuh pendek, kenakan gamis dengan cutting di pinggang

Untuk tubuh pendek, kenakan gamis dengan cutting di pinggang
Sumber: jilbrave.com

Bagi Anda yang bertubuh pendek, Anda dapat memakai gamis yang dapat memberikan kesan lebih jenjang dan semampai. Model gamis yang cocok untuk Anda adalah gamis dengan cutting di pinggang. Selain potongan di pinggang, gamis dengan kerutan di bagian perut atau gamis plisket juga akan memberikan kesan tinggi.


Namun, sebaiknya hindari gamis dengan aksen ruffle agar tubuh tidak terkesan "tenggelam" dalam balutan gamis. Selain itu, untuk lebih menunjang penampilan, Anda dapat memadukan gamis syar'i dengan high heels atau wedges.

Untuk tubuh tinggi, berbagai model dapat Anda kenakan

Untuk tubuh tinggi, berbagai model dapat Anda kenakan
Sumber: zoya.co.id

Jika Anda bertubuh tinggi, Anda tidak perlu bingung dalam memilih model. Beragam model gamis syar'i aman untuk Anda kenakan, mulai dari model A-line, empire waist hingga layer. Gamis syar'i dengan cutting asimetris juga bisa menjadi alternatif pilihan yang tak kalah bagus untuk Anda. 


Hanya saja, hindari gamis bermotif vertikal atau beraksen plisket agar tinggi tubuh tidak makin terekspos. Sementara itu, untuk pilihan warna gamis yang pas, Anda dapat menyesuaikannya dengan skin tone Anda. Gamis syar'i polos atau gamis bermotif, silakan tentukan yang sesuai dengan style Anda, ya.

② Cermati ukuran dan panjang gamis syar’i

Cermati ukuran dan panjang gamis syar’i

Saat memilih gamis syar'i, ukuran adalah hal terpenting yang harus diperhatikan. Pada umumnya, gamis syar'i memiliki size S hingga XXL. Akan tetapi, ada beberapa produk yang memiliki ukuran free size. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan terlebih dahulu ukurannya. Apabila Anda khawatir gamis tersebut kurang longgar, Anda bisa memilih satu size lebih besar dari ukuran badan Anda.


Selain size gamis, Anda juga perlu memeriksa panjang gamis yang akan dipilih. Jangan sampai gamis terlalu panjang hingga menjuntai ke lantai atau malah terlalu pendek sehingga aurat terlihat. Sebagai panduan, gamis dengan panjang kurang dari 136 cm pas untuk Anda yang memiliki tinggi badan di bawah 160 cm. Jika tinggi Anda di atas itu, gamis dengan panjang 138 cm atau lebih bisa Anda pilih.

③ Kenali kualitas dan jenis kainnya

Memilih gamis syar'i yang tidak ketat memang penting. Namun, Anda perlu mengetahui kualitas bahannya terlebih dahulu. Ketika membeli baju melalui online shop, mungkin Anda kesulitan mengetahui kualitas bahan yang dipakai. Jadi, penting untuk mengenali karakteristik kain agar lebih mantap ketika membeli. Yuk, kenali bahan gamis syar'i yang akan Anda gunakan.

Woolpeach atau polyester, bersifat lentur dan tidak mudah kusut

Woolpeach atau polyester, bersifat lentur dan tidak mudah kusut

Jika Anda mencari gamis yang tidak kaku, silakan pertimbangkan gamis berbahan woolpeach atau yang lebih dikenal dengan wolfis. Bahan ini terbuat dari serat sintetis poliester sehingga tidak mudah kusut. Sangat cocok untuk Anda yang tidak ingin kerepotan menyetrika gamis, bukan?


Secara keseluruhan, cara perawatan bahan wolfis cukup mudah karena kain ini tahan terhadap jamur dan bakteri. Selain itu, bahan ini juga ringan sehingga memudahkan Anda saat bergerak dan memberikan kesan flowy pada baju Anda. 

Crepe, ringan dan stretchy untuk sehari-hari ataupun acara resmi

Crepe, ringan dan stretchy untuk sehari-hari ataupun acara resmi
Sumber: elzatta.com

Bahan kain crepe memiliki sifat stretchy dengan tekstur seperti kulit jeruk, tetapi jika dipegang akan terasa lembut. Moscrepe dan ceruty adalah beberapa contoh bahan yang termasuk dalam jenis kain crepe. Jenis kain ini banyak digunakan dalam pembuatan gamis karena seratnya cukup rapat dan tebal sehingga tidak menerawang


Ketika digunakan, bahan ini pun terasa ringan, adem, dan nyaman. Itu sebabnya gamis berbahan crepe cocok untuk menemani aktivitas Anda sehari-hari. Namun, ada juga gamis berbahan crepe yang cocok dipakai untuk acara resmi bahkan pesta, lho. Anda hanya perlu menyesuaikan model dan detail gamis dengan acara yang akan dihadiri.

Brokat, elegan dan cocok dipakai di acara formal

Brokat, elegan dan cocok dipakai di acara formal

Brokat merupakan jenis kain yang tidak mudah kusut dan bertekstur sedikit kasar. Brokat menjadi salah satu bahan favorit para wanita karena memiliki banyak motif yang cantik. Keindahan motif inilah yang menjadikan brokat tampak elegan dan mewah ketika dipakai. Oleh karena itu, jenis kain ini cocok dipakai untuk acara-acara formal atau untuk menghadiri pesta.


Terlepas dari kelebihannya, tekstur brokat kurang nyaman ketika bersentuhan dengan kulit. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Gamis berbahan brokat selalu dilapisi dengan furing atau kain tambahan di bagian sebelah dalam. Satin, sifon, dan katun adalah bahan-bahan yang biasanya dipakai sebagai pelapis kain brokat. Dengan adanya pelapis, Anda akan tetap merasa nyaman ketika memakai gamis brokat.

Katun, nyaman dikenakan dan cocok untuk kulit sensitif

Kain katun merupakan bahan alami yang terbuat dari serat kapas. Bahan ini nyaman dipakai oleh Anda yang memiliki kulit sensitif. Dengan menggunakan gamis berbahan katun, kulit Anda akan terhindar dari iritasi. Selain ramah di kulit, bahan ini juga kuat dan warnanya tidak gampang memudar.


Namun, katun cenderung mudah kusut sehingga hadirlah bahan polycotton yang merupakan perpaduan dari poliester dan katun. Karena merupakan gabungan dari kedua bahan tersebut, bahan polycotton tidak mudah kusut meski daya serapnya belum sebaik katun.

④ Pertimbangkan set gamis dan hijab syar’i untuk tampilan yang senada

Pertimbangkan set gamis dan hijab syar’i untuk tampilan yang senada
Sumber: shabiyan.com

Penggunaan gamis syar'i harus dipadukan dengan hijab syar'i agar lebih padu dan sesuai fungsinya. Pada umumnya, gamis dan hijab syar'i menggunakan bahan kain yang lebih banyak daripada pakaian biasa. Tak jarang, banyak gamis dan hijab syar'i yang berbahan bagus memiliki harga cukup tinggi. 


Namun, jika Anda membeli satu set gamis dengan hijab syar'i, otomatis harganya pun lebih hemat. Warna gamis dan hijabnya pun didesain lebih matching. Tentunya, Anda tak perlu repot mencari warna atau motif gamis yang senada dengan hijab. Praktis dan ekonomis, bukan?

10 Rekomendasi gamis syar'i terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gamis syar'i terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

ZMNow.id

Luny Dark Grey Dress - Jelita Indonesia - Edisi Maluku

ZMNow.id Luny Dark Grey Dress - Jelita Indonesia - Edisi Maluku 1枚目

Gamis indah bertema Maluku yang pas untuk Lebaran

2

SHABIYAN

Gamis Remaja Moscrepe

SHABIYAN Gamis Remaja Moscrepe 1枚目

Sudah 1 set dengan khimar, praktis untuk anak remaja

3

Agnes

Baju Gamis Hitam

Agnes Baju Gamis Hitam 1枚目

Bahan brokatnya buat tampilan lebih anggun

4

Rabbani

Gamis Dresslim Muslim Wanita Marsa

Rabbani Gamis Dresslim Muslim Wanita Marsa 1枚目

Desain bunganya bikin look lebih fresh

5

Jilbrave

Lucia Dress

Jilbrave Lucia Dress 1枚目

Terdapat zipper depan yang busui friendly

6

HijabChic

Haima Dusty Pink Gingham Dress

HijabChic Haima Dusty Pink Gingham Dress 1枚目

Tampil feminin dengan ruffle yang manis

7

Zoya

Kagumi

Zoya Kagumi 1枚目

Perpaduan warna hitam putihnya berikan kesan simpel nan elegan

8

Luma Dawa

Atiya Dress / Emerald

Luma Dawa  Atiya Dress / Emerald 1枚目

Warna gelapnya berikan ilusi tubuh lebih langsing

9

Havana

Set Gamis

Havana Set Gamis  1枚目

Gamis jumbo size! Gamis set dengan pilihan ukuran hingga 5L

10

Elzatta

Gamis Margia

Elzatta Gamis Margia 1枚目

Potongan A-line elegan dengan kombinasi bahan menawan

Perincian produk
Close
No.1

ZMNow.idLuny Dark Grey Dress - Jelita Indonesia - Edisi Maluku

Mulai dari Rp479.000,00

Gamis indah bertema Maluku yang pas untuk Lebaran

Baju dari ZMNow.id ini didesain dengan motif Maluku yang begitu menawan. Keunggulan produk ini adalah adanya ritsleting di bagian depan yang membuatnya nyaman dipakai oleh ibu menyusui. Selain itu, bahannya juga adem dan tidak melekat di badan sehingga tidak membuat lekuk tubuh terlihat. Sangat pas Anda pakai saat Lebaran untuk bersilaturahmi ke tempat kerabat, bukan? 

No.2

SHABIYANGamis Remaja MoscrepeSH 368

Mulai dari Rp185.000,00

Sudah 1 set dengan khimar, praktis untuk anak remaja

Gamis keluaran Shabiyan ini menghadirkan busana syar'i yang trendi dan nyaman dipakai oleh para remaja. Gamis ini sudah satu set dengan khimar yang lebar dan panjang sehingga Anda tidak perlu repot mencari padanannya. Bukan hanya itu, bahan yang  digunakan juga adem dan lembut, lho. Anak Anda pasti betah memakainya.

No.3

AgnesBaju Gamis Hitam4020

Mulai dari Rp450.000,00

Bahan brokatnya buat tampilan lebih anggun

Busana gamis dari Agnes ini cocok untuk Anda yang sedang mencari outfit untuk pergi ke pesta. Pasalnya, kesan anggun dan elegan otomatis terpancar ketika Anda mengenakan gamis berbahan brokat ini.


Selain menutupi lekuk tubuh, gamis bernuansa hitam ini juga menawarkan dua pilihan motif yang cantik. Selain itu, cutting gamis yang berbentuk melebar di bagian bawah akan membuat langkah Anda lebih leluasa.

No.4

RabbaniGamis Dresslim Muslim Wanita Marsa

Mulai dari Rp334.800,00

Desain bunganya bikin look lebih fresh

Apabila Anda ingin munculkan kesan fresh dari gamis yang Anda kenakan, produk dari Rabbani layak untuk dipilih. Hal ini karena desainnya bercorak bunga yang terlihat menyegarkan. Terdapat lima pilihan warna menarik yang siap mempercantik look Anda. Sebagai tambahan, bagian ujung lengan yang rapat juga dapat mengurangi masuknya debu.

No.5

Terdapat zipper depan yang busui friendly

Apakah Anda sedang mencari gamis yang busui friendly? Lucia Dress dari Jilbrave ini bisa menjadi pilihan Anda. Produk ini memiliki ritsleting di bagian depan yang memudahkan Anda untuk menyusui. Lalu, ujung lengan baju ini juga dilengkapi kancing sehingga praktis saat Anda hendak berwudu. 


Di samping itu, gamis ini memiliki layer motif garis di bagian bawah. Dengan aksen tersebut, produk ini terlihat lebih chic dalam balutan warna dual tone yang cantik.

No.6

HijabChicHaima Dusty Pink Gingham Dress

Mulai dari Rp449.000,00

Tampil feminin dengan ruffle yang manis

Jika Anda mencari gamis syar'i dengan pola yang manis, silakan lihat gamis dari HijabChic yang satu ini. Selain pattern yang cantik, gamis ini juga dibuat menggunakan kain katun yang lembut, ringan, dan menyerap keringat. 


Ketika dikenakan, gamis ini akan tampak flowy berkat bahan katun yang dipadukan dengan ruffle di bagian bawah. Ditambah lagi, frills di area bahu dan tali di bagian perut akan membuat look Anda terlihat makin chic dan fresh.

No.7

Perpaduan warna hitam putihnya berikan kesan simpel nan elegan

Berbahan polycotton yang jatuh dan tidak gerah ketika dipakai membuat gamis syar'i ini nyaman dikenakan meski cuaca sedang panas. Meski berdesain simpel, layer di bagian bawah dan di ujung lengan akan menambah kesan anggun pada penampilan Anda. 


Dengan demikian, Anda pun bisa mengenakannya untuk menghadiri acara semiformal maupun formal. Gamis dari Zoya ini merupakan pilihan pas bagi Anda yang menginginkan tampilan simpel, tetapi elegan.

No.8

Luma Dawa Atiya Dress / Emerald

Mulai dari Rp299.000,00

Warna gelapnya berikan ilusi tubuh lebih langsing

Ini dia gamis syar'i yang cocok dikenakan oleh pemilik tubuh berisi. Hadir dengan warna gelap, gamis dari Luma Dawa ini akan membuat tubuh Anda terlihat lebih ramping. Potongan bagian bawahnya yang melebar juga akan menyamarkan bentuk perut Anda


Aksen ruffle dari bagian pinggang hingga ke bawah pastinya akan membuat Anda terlihat cantik saat mengenakan gamis ini. Tak hanya itu, ujung lengan gamis dilengkapi karet elastis dengan model kerut. Dengan begitu, Anda bisa leluasa bergerak tanpa takut aurat tangan tersingkap.

No.9

Gamis jumbo size! Gamis set dengan pilihan ukuran hingga 5L

Jika kebanyakan gamis memiliki rentang ukuran mulai dari S hingga XL, tidak demikian dengan gamis yang satu ini. Gamis syar'i ini terdiri dari ukuran S sampai 5L. Jika Anda sedang mencari gamis berukuran besar, silakan pertimbangkan produk ini.


Gamis ini terbuat dari kain ceruty yang halus dan flowy. Bahan ceruty memang memiliki karakteristik sedikit menerawang. Namun, Anda tak perlu khawatir sebab gamis ini berdesain triple layer sehingga tidak tembus pandang. 

No.10

Potongan A-line elegan dengan kombinasi bahan menawan

Apakah Anda mencari gamis syar'i polos dengan model yang tidak monoton? Coba tengok gamis A-line dari Elzatta ini. Gamis ini seluruhnya berwarna putih, cocok sekali untuk momen Lebaran, haji, umrah, dan acara lainnya. 


Keistimewaan gamis ini terletak pada aksen frill pada bagian bawahnya. Aksen tumpuk tesebut merupakan kombinasi kain brokat yang cantik dan chiffon crepe yang menawan. Ketika mengenakan baju ini, kesan anggun dan effortless beauty akan terpancar dari diri Anda!

Baca juga rekomendasi gamis lainnya di sini

Selain gamis syar'i di atas, masih ada beberapa jenis gamis lainnya yang sayang untuk Anda lewatkan. Jika Anda mencari baju gamis dari berbagai merek dan model, silakan baca artikelnya pada tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Kami sudah memberikan sepuluh rekomendasi gamis syar'i terbaik untuk Anda. Apakah Anda sudah menemukan gamis syar'i terfavorit? Ada banyak pilihan warna dan motif yang ditawarkan. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!


Gamis syar'i memang dapat menunjang penampilan Anda. Namun, pastikan gamis pilihan Anda tidak menerawang dan tidak menunjukkan lekuk badan agar aurat dapat tertutupi dengan maksimal. Semoga bermanfaat!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer