mybest
Audio

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Aksesori komputer & laptop
  4. 10 Surround Headset Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Surround Headset Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Surround Headset Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Surround Headset Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Surround Headset Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Surround Headset Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Surround Headset Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2024)

Surround headset adalah perangkat audio yang membuat Anda mendengar suara dari sumber tertentu terasa dari berbagai arah. Suasana saat gaming, menonton film, atau mendengarkan musik dengan surround headset pun jadi lebih dalam. Terlebih jika Anda menggunakan headset 7.1 channel dengan teknologi Dolby Atmos. 


Logitech, SONY, dan Razer adalah sebagian merek surround headset yang bagus. Headset ini memiliki koneksi yang berbeda-beda, ada headset untuk handphone, PC, komputer dan laptop. Ada juga tipe khusus untuk main PS5 atau Xbox. Dalam artikel ini, kami membagikan tips memilih dan rekomendasi surround headset. Selamat membaca!

Diperbaharui 14/07/2023
Joshua Pandu
Pakar
Music composer dan tech & audio enthusiast
Joshua Pandu

Joshua mulai bermain piano klasik sejak usia 6 tahun. Ia berpengalaman kerja mengajar piano di Yamaha sebelum melanjutkan studi bidang music composing and arranging di Jepang. Joshua sudah mengenal dan merakit komputer pertamanya ketika masih di bangku SD secara otodidak. Ia juga mempunyai hobi overclocking dan jual beli parts komputer di waktu senggangnya. Pria yang merupakan seorang tech enthusiast ini juga hobi mengikuti perkembangan teknologi, mulai dari smartphone hingga VR.

Profil Joshua Pandu
Lanjut membaca
Gigih Prayitno
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Gigih Prayitno

Gigih Prayitno merupakan lulusan Program Studi Jepang, Universitas Diponegoro. Sejak kuliah, outdoor enthusiast ini suka naik gunung, city walking, dan solo traveling. Setelah lulus, ia bekerja sebagai travel reporter di salah satu kantor berita online di Indonesia selama dua tahun. Tidak hanya menyukai dunia traveling, Gigih juga seorang tech savvy. Ia senang sekali mencari update tentang peralatan elektronik, khususnya handphone, komputer, serta aksesorinya. Kini ia banyak menulis dengan niche teknologi, perlengkapan outdoor, dan perlengkapan sport di website mybest Indonesia.

Profil Gigih Prayitno
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa itu surround headset?

Apa itu surround headset?

Surround headset adalah jenis headset yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan suara surround atau suara lingkungan 3D. Oleh karena itu, efek suara dari headset ini lebih realistis dan immersiveHeadset ini biasanya dilengkapi beberapa speaker atau driver audio yang ditempatkan di sekitar atau di dalam ear cup sehingga menciptakan efek suara 3D. 


Beberapa jenis surround headset juga dilengkapi dengan teknologi audio khusus, seperti Dolby Atmos atau DTS Headphone:X. Teknologi ini mengoptimalkan suara surround dan meningkatkan kualitas audio secara keseluruhan. Tak heran jika surround headset populer di kalangan gamers karena dapat meningkatkan pengalaman bermain game dengan suara yang lebih jelas dan mendalam. 


Selain itu, surround headset juga berguna untuk mendengarkan musik atau menonton film dengan kualitas audio yang baik. Beberapa model surround headset juga dilengkapi dengan mikrofon yang berguna untuk berkomunikasi dengan pemain lain dalam permainan online. Mikrofonnya juga berguna untuk Anda yang sering mengikuti pertemuan virtual seperti webinar atau online meeting lainnya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih surround headset

Mengingat surround headset memiliki harga yang cukup mahal, pastikan Anda memilih produk yang tepat. Kami akan memberikan tips memilih surround headset yang bagus untuk Anda. Mulai dari jenis channel, ukuran, kabel, serta kenyamanannya. Mari disimak!

1

Pilih headset 7.1 channel untuk sensasi 3D saat menonton dan gaming

Channel adalah istilah yang menunjukkan asal bunyi suara dari headset . Ada dua jenis channel pada surround headset, yakni 5.1 channel dan 7.1 channel. Makin tinggi jumlah channel-nya, makin besar jarak antara sumber suara dan makin kuat pula suara yang dihasilkan.

Headset 5.1 channel: Untuk main game PlayStation dan menonton film DVD

Headset 5.1 channel: Untuk main game PlayStation dan menonton film DVD

DVD dan game pada konsol permainan PlayStation biasanya dibuat sesuai untuk tipe 5.1 channel. Oleh karena itu, surround headset tipe 5.1 channel sudah cukup untuk menemani Anda bermain game. Saat bermain game, Anda akan dapat merasakan pergerakan musuh dan getarannya dengan lebih realistis. Anda pasti akan sangat menyukai suara yang dihasilkan dan menyatu dengan game yang Anda mainkan. Sayangnya, tipe surround headset 5.1 channel ini sudah sulit ditemukan di pasaran.

Headset 7.1 channel: Untuk menonton Blu-ray Disc dan video 3D

Headset 7.1 channel: Untuk menonton Blu-ray Disc dan video 3D

Bila Anda suka menonton dengan Blu-ray Disc dan bermain game grafik 3D, kami sarankan headset 7.1 channel untuk Anda. Dengan surround headset 7.1 channel, Anda dapat merasakan suara tiga dimensi dari berbagai arah dan juga sensasi bermain game yang lebih seru lagi.


Namun, bila Anda memainkan game yang memerlukan komunikasi audio dengan kawan atau lawan, pertimbangkan juga headset surround. Sebagai informasi tambahan, headset adalah perangkat pelantang yang juga dilengkapi microphone. Sementara itu, headphone umumnya tidak ditambahkan microphone.

2

Utamakan headset yang dilengkapi teknologi Dolby Atmos

Utamakan headset yang dilengkapi teknologi Dolby Atmos
Sumber: dolby.com

Salah satu hal tambahan yang perlu dipertimbangkan adalah teknologi yang disematkan ke dalam headset. Bagi yang mencari efek suara surround, cek apakah pelantangnya sudah mendukung teknologi seperti Dolby Atmos. Sebagai informasi, Dolby Atmos adalah teknologi surround sound yang membawakan pengalaman sinematik 3D untuk Anda.


Saat ini sudah ada headset ataupun earphone yang sudah mendukung musik, film, atau game yang diperkaya teknologi Dolby Atmos. Sayangnya, earphone Dolby Atmos belum beredar di pasaran. Meski ada ponsel cerdas dengan Dolby Atmos dan bisa didengar dengan earphone, tetap lebih mantap menggunakan headset Dolby Atmos.

3

Pertimbangkan headset kabel yang bebas delay atau wireless headset yang fleksibel

Hal selanjutnya yang harus dipertimbangkan adalah apakah Anda ingin menggunakan headset dengan kabel penghubung atau nirkabel. Pilihlah yang menurut Anda lebih mudah digunakan dengan mempertimbangkan waktu dan tempat Anda akan menggunakannya.

Headset kabel, kualitas audio bagus dan tidak menggunakan baterai

Headset kabel, kualitas audio bagus dan tidak menggunakan baterai

Bila Anda mencari headset dengan kualitas suara yang baik dan minim gangguan, kami rekomendasikan headset kabel. Akan tetapi, Anda harus memperhatikan panjang kabel headset-nya. Headset dengan kabel yang terlalu panjang sering tersangkut. Sementara itu, kabel yang terlalu pendek mungkin akan mengganggu kenyamanan penggunaannya.


Namun, dengan adanya kabel penghubung, Anda tidak perlu takut daya pada headset habis. Kenyamanan Anda pun tidak terganggu saat menggunakannya. Anda tinggal menghubungkan kabel penghubung headset pada soket perangkat, setelah itu sudah dapat langsung digunakan.


Oleh karena tidak memerlukan tambahan daya ketika menggunakannya, headset dengan kabel penghubung dapat digunakan di berbagai perangkat Anda. Jadi, bila memiliki banyak perangkat, seperti televisi, smartphone, komputer, dan lainnya, Anda tidak perlu mengganti headset dengan yang lain.

Wireless headset, lebih mudah dan praktis digunakan

Wireless headset, lebih mudah dan praktis digunakan

Salah satu alasan penting memilih headset wireless adalah kepraktisannya karena tidak menggunakan kabel. Ini merupakan tipe headset yang dapat disambungkan lewat Bluetooth atau receiver. Headset dengan receiver ini biasanya untuk disambungkan ke PlayStation atau Xbox.


Jenis headset nirkabel ini rentan pada gangguan suara. Namun, bila perangkat yang Anda gunakan sudah mengadopsi metode nirkabel dual band, Anda dapat mengurangi kemungkinan gangguan suara tersebut. Agar suara audionya tidak delay, pilihlah wireless headset dengan tingkat latensi yang rendah.


Satu hal yang harus Anda cermati ketika memilih headset nirkabel adalah pengisian dayanya. Karena pengisiannya menggunakan baterai, Anda sebaiknya memilih headset yang bisa digunakan dalam waktu yang lama setelah dayanya terisi penuh.

4

Sesuaikan tipe ear cups yang cocok: Open-back dan closed-back headset

Selanjutnya, periksa jenis tutupan telinga pada headset yang Anda inginkan. Ada dua jenis tipe tutupan telinga pada headset yakni open-back dan closed-back. Pilihlah yang tepat sehingga Anda dapat menikmati suara yang dihasilkan dengan maksimal.

Open-back headset, telinga tidak lelah saat memakai headset lama

Open-back headset, telinga tidak lelah saat memakai headset lama

Jenis ear cups terbuka atau open-back headset direkomendasikan bila Anda ingin menikmati soundstage yang lebih lebar. Headset yang terbuka akan mengurangi ketegangan pada telinga sehingga pengguna cenderung tidak mudah lelah sekalipun menggunakannya lama. Banyak yang bilang jika menggunakan headset jenis terbuka telinga Anda tidak akan mudah lelah dan tidak terlalu merasakan tekanan.


Di sisi lain, headset tipe open-back ini sering mengalami bocor suara dan menghasilkan suara bass yang lemah. Jenis ini lebih cocok digunakan di dalam ruangan dan tidak cocok bila digunakan di dalam kereta atau di perjalanan.


Isolasi suara yang rendah ternyata ada untungnya juga, lho! Anda jadi tidak ketinggalan pengumuman penting seperti dering telepon atau bel rumah yang berbunyi. Kekurangan jenis terbuka ini adalah perawatannya yang cenderung lebih rentan terhadap kerusakan.

Closed-back headset, mendengarkan musik tanpa distraksi suara sekitar

Closed-back headset, mendengarkan musik tanpa distraksi suara sekitar

Meskipun sudah menggunakan headset, terkadang Anda masih harus mengingatkan orang di sekitar untuk tidak berisik. Untuk Anda yang sering seperti itu, kami merekomendasikan closed-back headset yang akan membuat Anda tidak merasa terganggu oleh sekitar.


Jenis ini direkomendasikan bagi yang ingin menikmati adegan aksi atau dengan suara kuat serta bass berat. Anda dapat menikmati dunia sendiri tanpa khawatir kebocoran suara sehingga sangat cocok untuk teman bepergian.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi surround headset terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk surround headset terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Konektivitas
Bit depth/sample rate
Input
Output
OS yang kompatibel
Jarak
Codec
Versi Bluetooth
Kompatibilitas
Profil Bluetooth
Jumlah koneksi
Sumber daya
Durasi penggunaan
Channel
Jenis
Penutup telinga
Durasi baterai
Seri
Respons frekuensi
Impedance
Sensitivitas
Panjang kabel
Fitur tambahan
Bobot
Tipe
Earcup/tipe headset
Koneksi ke PC
Kompatibel dengan SD card
Format rekaman
Housing
Audio resolusi tinggi
Noise cancelling
Material
Baterai
Kapasitas baterai
Dimensi
Software yang kompatibel
Jenis sound card
Teknologi
Diameter driver
Tipe terminal
Arah penerimaan suara
Jenis microphone
1

Logitech

G435 Ultra-Lightweight Gaming Wireless Headset

Logitech G435 Ultra-Lightweight Gaming Wireless Headset 1

Rp2.499.000

Menengah

Headset gaming yang colorful dan powerfull

USB 2.0

Tidak diketahui

USB C

USB A

Windows® 7 ke atas, macOS X 10.12 ke atas

20 meter

Tidak diketahui

Tidak diketahui

PC, PC VR, PS5, PS4, Nintendo®️ Switch, Apple®️, Mobile

Tidak diketahui

1

Baterai

20 – 29 jam

7.1 channel

Nirkabel

Tertutup

Tidak diketahui

G733

20 Hz – 20 kHz

39 Ω (pasif), 5k Ω (aktif)

87,5 dB

Tidak diketahui

Light ‘Em Up

278 gram

Portable headphone

Over-ear

Tidak diketahui

Closed-back

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

G Hub Gaming

Tidak diketahui

DTS Headphone:X 2.0

40 mm

Jack 3.5 mm

Surround sound

External

2

HyperX

Cloud Alpha S - Gaming Headset

HyperX  Cloud Alpha S - Gaming Headset 1

Rp1.392.000

Agak Murah

Praktis! Kabel dan mik headset bisa dilepas

USB 2.0

16 bit

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

PC, PS4™, Mobile

Tidak diketahui

1

Listrik

Tidak diketahui

7.1 channel

Kabel, Nirkabel

Tertutup

Tidak diketahui

Cloud Alpha S

10 Hz – 23 kHz

65 Ω

38 dB

Tidak diketahui

Tidak diketahui

308 gram

Portable headphone

Over-ear

Tidak diketahui

Closed-back

Aluminium, leather

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

HyperX's Ngenuity

Tidak diketahui

Tidak diketahui

50 mm

Tidak diketahui

Surround sound

External

3

SONY

WH-1000XM5

SONY WH-1000XM5  1

Rp5.999.000

Lebih Mahal

Tawarkan kualitas audio terbaik untuk mendengarkan musik

USB-C

44,1 kHz

USB C

USB A

Windows 10 dan 11

10 meter

SBC, AAC, LDAC

5.2

PC, Mobile

A2DP, AVRCP, HFP, HSP

1

Baterai isi ulang

30 jam

7.1 channel

Kabel, Nirkabel

Tertutup

Tidak diketahui

WH-1000XM5

4 Hz – 40 kHz

48 Ω (pasif), 16 Ω (aktif)

102 dB

1,2 meter

Auto NC Optimizer, DSEE Extreme™

250 gram

Portable headphone

Over-ear

Tidak diketahui

Closed-back

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Auto NC Optimizer

30 mm

Jack 3.5 mm

360 Reality Audio

Internal

4

JBL

Quantum 400

JBL  Quantum 400 1

Rp1.999.000

Menengah

Suara miknya jelas untuk jadi leader dalam tim

USB-C

Tidak diketahui

USB C

USB A

Windows

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

PC, VR, Mac, PlayStation, Xbox, Nintento Switch, Mobile

Tidak diketahui

-

Listrik

Tidak diketahui

5.1 channel

Kabel

Terbuka

Tidak diketahui

Quantum 400

20 Hz – 20 kHz

32 Ω

98 dB

3 meter

JBL QuantumSOUND Signature

274

Portable headphone

Over-ear

Tidak diketahui

Open-back

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

JBL QuantumENGINE

Tidak diketahui

Tidak diketahui

50 mm

Jack 3.5 mm

JBL QuantumSURROUND™

External

5

ASUS

TUF Gaming H3

ASUS TUF Gaming H3  1

Rp799.000

Agak Murah

Telinga tetap adem saat bermain game lama

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

PC, Mac, Nintendo Switch, Xbox

Tidak diketahui

1

Listrik

Tidak diketahui

7.1 channel

Kabel

Terbuka

Tidak diketahui

Tidak diketahui

20 Hz – 20 kHz

32 Ω

40 dB

1,3 meter

Tidak diketahui

294 gram

Portable headphone

Over-ear

Tidak diketahui

Open-back

Stainless steel, leather

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

50 mm

Jack 3.5 mm

Surround sound

External

6

Edifier

G2 II 7.1 Surround Sound USB Gaming Headset

Edifier  G2 II 7.1 Surround Sound USB Gaming Headset 1

Rp449.000

Lebih Murah

Headset hemat harga untuk gamers pemula

USB 2.0

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

1

Listrik

Tidak diketahui

7.1 channel

Kabel

Terbuka

Tidak diketahui

G2 II

20 Hz – 20 kHz

32 Ω

98 dB

Tidak diketahui

RGB Light

266 gram

Portable headphone

Over-ear

Tidak diketahui

Open-back

Leather

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

50 mm

Tidak diketahui

Surround sound

External

7

Steelseries

Arctis Nova Pro

Steelseries  Arctis Nova Pro 1

Rp3.695.000

Agak Mahal

Setting audio lebih praktis berkat GameDAC

USB-C

24 bit kHz

USB C

USB A

Windows 8.1 ke atas, Mac OS 10.13 ke atas

PC, Mac, PlayStation, Nintendo Switch

Terbuka

10 Hz – 40 kHz

38 Ω

93 dB

1,5 meter

Nova Pro Acoustic System

Tidak diketahui

Portable headphone

Over-ear

Tidak diketahui

Closed-back

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Sonar Software

Tidak diketahui

Tidak diketahui

40 mm

Jack 3.5 mm

Surround sound

Internal

8

1MORE

Spearhead VRX Gaming HeadphonesH1005

1MORE  Spearhead VRX Gaming Headphones 1

Rp1.234.050

Agak Murah

Desainnya eye-catching dengan LED lighting

USB 2.0

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

1

Listrik

Tidak diketahui

7.1 channel

Kabel

Terbuka

Tidak diketahui

H1005

20 Hz – 20 kHz

32 Ω

Tidak diketahui

1,3 meter

Wave Nx Head Tracking Technology, ENC Dual Microphones

304 gram

Portable headphone

On-ear

Tidak diketahui

Open-back

Stainless steel

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

50 mm

Jack 3.5 mm

Surround sound

External

9

Corsair

HS80 RGB Wireless

Corsair  HS80 RGB Wireless 1

Rp2.599.000

Menengah

Main game seharian cukup sekali charging

USB-C

24 bit kHz

USB C

USB A

Windows, Mac

18 meter

Tidak diketahui

Tidak diketahui

PC, Mac, PlayStation 4/5

Tidak diketahui

1

Listrik, Baterai isi ulang

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Kabel, Nirkabel

Tertutup

20 jam

HS80

20 Hz – 40 kHz

32 Ω

116 dB

Tidak diketahui

Lighting RGB

368 gram

Portable headphone

Over-ear

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

CORSAIR iCUE

Tidak diketahui

Tidak diketahui

50 mm

Tidak diketahui

Surround sound

External

10

Razer

Thresher Ultimate

Razer  Thresher Ultimate 1

Rp3.723.003

Agak Mahal

Main PS4 dan Xbox jadi lebih leluasa dan tanpa delay

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

12 meter

Tidak diketahui

Tidak diketahui

PC, PlayStation 4

Tidak diketahui

1

Baterai

Tidak diketahui

7.1 channel

Nirkabel

Terbuka

16 jam

Tidak diketahui

100 Hz – 10 kHz

32 Ω

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

402 gram

Portable headphone

On-ear

Tidak diketahui

Open-back

Stainless steel, leather

Tidak diketahui

Tidak diketahui

196 mm x 214 mm x 104,8 mm

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

50 mm

Tidak diketahui

Surround sound

External

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

LogitechG435 Ultra-Lightweight Gaming Wireless Headset

G435 Ultra-Lightweight Gaming Wireless Headset 1
G435 Ultra-Lightweight Gaming Wireless Headset 2
Sumber: shopee.co.id
G435 Ultra-Lightweight Gaming Wireless Headset 3
Sumber: shopee.co.id
G435 Ultra-Lightweight Gaming Wireless Headset 4
Sumber: shopee.co.id
G435 Ultra-Lightweight Gaming Wireless Headset 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp2.499.000
Menengah
Harga referensi
Rp2.499.000
Menengah

Headset gaming yang colorful dan powerfull

Kelebihan:

  • Ringan sehingga nyaman untuk anak-anak sekalipun
  • Kualitas audio yang keluar bagus

Kekurangan:

  • Ada reviewer menyebutkan jika kualitas miknya tidak terlalu bagus
  • Konstruksi headset terkesan ringkih dan murahan

Logitech G435 Ultra-Lightweight ini direkomendasikan bila Anda mencari headset yang colorfull dengan kualitas yang bagus. Ada empat pilihan warna yang ditawarkan Logitech yakni hitam, putih, lilac, dan biru. Jika Anda suka headset dengan warna yang nyentrik, pertimbangkanlah warna biru atau lilac.


Produk ini juga memiliki bobot yang ringan sehingga nyaman saat Anda bermain game berjam-jam. Untuk kualitasnya sendiri, headset dilengkapi dengan driver PRO-G sehingga mampu mengeluarkan audio yang presisi dan full-range. Ada juga teknologi DTS Headphone: X 2.0 suround sound terbaru yang membuat Anda masuk dalam permainan dari game tersebut.

KonektivitasUSB 2.0
Bit depth/sample rateTidak diketahui
InputUSB C
OutputUSB A
OS yang kompatibelWindows® 7 ke atas, macOS X 10.12 ke atas
Jarak20 meter
CodecTidak diketahui
Versi BluetoothTidak diketahui
KompatibilitasPC, PC VR, PS5, PS4, Nintendo®️ Switch, Apple®️, Mobile
Profil BluetoothTidak diketahui
Jumlah koneksi1
Sumber dayaBaterai
Durasi penggunaan20 – 29 jam
Channel7.1 channel
JenisNirkabel
Penutup telingaTertutup
Durasi bateraiTidak diketahui
SeriG733
Respons frekuensi20 Hz – 20 kHz
Impedance39 Ω (pasif), 5k Ω (aktif)
Sensitivitas87,5 dB
Panjang kabelTidak diketahui
Fitur tambahanLight ‘Em Up
Bobot278 gram
TipePortable headphone
Earcup/tipe headsetOver-ear
Koneksi ke PC
Kompatibel dengan SD card
Format rekamanTidak diketahui
HousingClosed-back
Audio resolusi tinggi
Noise cancelling
MaterialTidak diketahui
BateraiTidak diketahui
Kapasitas bateraiTidak diketahui
DimensiTidak diketahui
Software yang kompatibelG Hub Gaming
Jenis sound cardTidak diketahui
TeknologiDTS Headphone:X 2.0
Diameter driver40 mm
Tipe terminalJack 3.5 mm
Arah penerimaan suaraSurround sound
Jenis microphoneExternal
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

HyperX Cloud Alpha S - Gaming Headset

Harga referensi
Rp1.392.000
Agak Murah

Praktis! Kabel dan mik headset bisa dilepas

Kelebihan:

  • Bisa atur daya suara bass sendiri
  • Rangka terbuat dari aluminium yang tahan lama

Kekurangan:

  • Tidak ada kontrol in-line untuk game konsol

Sering kali menyimpan headset jadi kurang rapi karena ada kabel dan mik yang membuatnya terlihat kusut. Nah, Cloud Alpha S dari HyperX ini menjadi jawaban untuk Anda yang ingin menjaga desk PC agar tidak berantakan. Pasalnya, mikrofon dan kabel dari headset ini bisa dilepas-pasang. Karena miknya bisa dilepas, mendengarkan musik pun bebas dari perasaan tidak nyaman.


Keunggulan lainnya, headset ini memiliki fitur bass adjustment. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur tingkat kekuatan suara bass dari musik yang Anda dengarkan. Memutar lagu-lagu kesukaan pun jadi lebih menyenangkan.

KonektivitasUSB 2.0
Bit depth/sample rate16 bit
InputTidak diketahui
OutputTidak diketahui
OS yang kompatibelTidak diketahui
JarakTidak diketahui
CodecTidak diketahui
Versi BluetoothTidak diketahui
KompatibilitasPC, PS4™, Mobile
Profil BluetoothTidak diketahui
Jumlah koneksi1
Sumber dayaListrik
Durasi penggunaanTidak diketahui
Channel7.1 channel
JenisKabel, Nirkabel
Penutup telingaTertutup
Durasi bateraiTidak diketahui
SeriCloud Alpha S
Respons frekuensi10 Hz – 23 kHz
Impedance65 Ω
Sensitivitas38 dB
Panjang kabelTidak diketahui
Fitur tambahanTidak diketahui
Bobot308 gram
TipePortable headphone
Earcup/tipe headsetOver-ear
Koneksi ke PC
Kompatibel dengan SD card
Format rekamanTidak diketahui
HousingClosed-back
Audio resolusi tinggi
Noise cancelling
MaterialAluminium, leather
BateraiTidak diketahui
Kapasitas bateraiTidak diketahui
DimensiTidak diketahui
Software yang kompatibelHyperX's Ngenuity
Jenis sound cardTidak diketahui
TeknologiTidak diketahui
Diameter driver50 mm
Tipe terminalTidak diketahui
Arah penerimaan suaraSurround sound
Jenis microphoneExternal
View all
No.3

SONYWH-1000XM5

Harga referensi
Rp5.999.000
Lebih Mahal

Tawarkan kualitas audio terbaik untuk mendengarkan musik

Kelebihan:

  • Sudah memiliki sertifikasi Hi-Res Audio

  • Wireless headset, bisa tersambung secara nirkabel

  • Performa noise cancellation-nya sangat bagus


Kekurangan:

  • Sebagai headset traveling, headset tidak water resistance


Headset buatan SONY sudah dikenal memiliki kualitas audio yang sangat baik untuk mendengarkan musik. Jika Anda mencari salah satu produknya, kami merekomendasikan SONY WH-1000XM5. Ini merupakan headset yang punya sistem noise cancellation terbaik sehingga mampu membendung suara yang ada dari luar headset


SONY menggunakan unit driver khusus 30 mm yang dilengkapi dengan soft edge yang membantu Anda menikmati musik secara presisi tanpa suara ambient. Head set ini juga sudah memiliki sertifikasi Hi-Res Audio sehingga Anda bisa memutar musik dengan resolusi tinggi. Sertifikasi ini lah yang membuat sensasi mendengarkan lagu kesukaan jadi makin asyik.

KonektivitasUSB-C
Bit depth/sample rate44,1 kHz
InputUSB C
OutputUSB A
OS yang kompatibelWindows 10 dan 11
Jarak10 meter
CodecSBC, AAC, LDAC
Versi Bluetooth5.2
KompatibilitasPC, Mobile
Profil BluetoothA2DP, AVRCP, HFP, HSP
Jumlah koneksi1
Sumber dayaBaterai isi ulang
Durasi penggunaan30 jam
Channel7.1 channel
JenisKabel, Nirkabel
Penutup telingaTertutup
Durasi bateraiTidak diketahui
SeriWH-1000XM5
Respons frekuensi 4 Hz – 40 kHz
Impedance48 Ω (pasif), 16 Ω (aktif)
Sensitivitas102 dB
Panjang kabel1,2 meter
Fitur tambahanAuto NC Optimizer, DSEE Extreme™
Bobot250 gram
TipePortable headphone
Earcup/tipe headsetOver-ear
Koneksi ke PC
Kompatibel dengan SD card
Format rekamanTidak diketahui
HousingClosed-back
Audio resolusi tinggi
Noise cancelling
MaterialTidak diketahui
BateraiTidak diketahui
Kapasitas bateraiTidak diketahui
DimensiTidak diketahui
Software yang kompatibelTidak diketahui
Jenis sound cardTidak diketahui
TeknologiAuto NC Optimizer
Diameter driver30 mm
Tipe terminalJack 3.5 mm
Arah penerimaan suara360 Reality Audio
Jenis microphoneInternal
View all
No.4

JBL Quantum 400

Harga referensi
Rp1.999.000
Menengah

Suara miknya jelas untuk jadi leader dalam tim

Kelebihan:

  • Ear cups-nya nyaman dan kualitas audionya bagus
  • RGB lighting-nya bisa diatur sesuai keinginan

Kekurangan:

  • Software headset-nya hanya kompatibel dengan OS Windows
  • Mik headset hanya bisa dinaikkan dan diturunkan, tidak bisa dilepas

Produk dari JBL ini cocok untuk Anda yang sering bermain game MOBA atau game berbasis tim lainnya. Mikrofon boom pada headset ini dilengkapi dengan fitur flip-up direksional yang berfokus pada kualitas suaranya. Suara Anda pun bisa terdengar lantang oleh rekan tim saat memberikan komando untuk mengarahkan pasukan dan menghalau musuh. Kemudian, ada juga fitur tombol game-chat yang tersertifikasi oleh Discord untuk komunikasi bebas gangguan.

KonektivitasUSB-C
Bit depth/sample rateTidak diketahui
InputUSB C
OutputUSB A
OS yang kompatibelWindows
JarakTidak diketahui
CodecTidak diketahui
Versi BluetoothTidak diketahui
KompatibilitasPC, VR, Mac, PlayStation, Xbox, Nintento Switch, Mobile
Profil BluetoothTidak diketahui
Jumlah koneksi-
Sumber dayaListrik
Durasi penggunaanTidak diketahui
Channel5.1 channel
JenisKabel
Penutup telingaTerbuka
Durasi bateraiTidak diketahui
SeriQuantum 400
Respons frekuensi20 Hz – 20 kHz
Impedance32 Ω
Sensitivitas 98 dB
Panjang kabel3 meter
Fitur tambahanJBL QuantumSOUND Signature
Bobot274
TipePortable headphone
Earcup/tipe headsetOver-ear
Koneksi ke PC
Kompatibel dengan SD card
Format rekamanTidak diketahui
HousingOpen-back
Audio resolusi tinggi
Noise cancelling
MaterialTidak diketahui
BateraiTidak diketahui
Kapasitas bateraiTidak diketahui
DimensiTidak diketahui
Software yang kompatibelJBL QuantumENGINE
Jenis sound cardTidak diketahui
TeknologiTidak diketahui
Diameter driver50 mm
Tipe terminalJack 3.5 mm
Arah penerimaan suaraJBL QuantumSURROUND™
Jenis microphoneExternal
View all
No.5

ASUSTUF Gaming H3

Harga referensi
Rp799.000
Agak Murah

Telinga tetap adem saat bermain game lama

Kelebihan:

  • Harganya relatif terjangkau
  • Headset-nya nyaman di telinga dengan kualitas audio yang bagus

Kekurangan:

  • Mikrofonnya tidak bisa dilepas-pasang
  • Konstruksi headset masih menggunakan plastik

Jika Anda memiliki telinga yang sensitif, kami merekomendasikan produk ini. Salah satu keunggulan yang ditawarkan ASUS TUF Gaming H3, headset ini mengusung fast-cooling ear cushions. Sistem ini diklaim membuat area telinga tidak cepat panas. Dipadukan dengan bobotnya yang ringan, headset akan membuat telinga Anda tetap nyaman saat bermain game dalam waktu yang lama.

KonektivitasTidak diketahui
Bit depth/sample rateTidak diketahui
InputTidak diketahui
OutputTidak diketahui
OS yang kompatibelTidak diketahui
JarakTidak diketahui
CodecTidak diketahui
Versi BluetoothTidak diketahui
KompatibilitasPC, Mac, Nintendo Switch, Xbox
Profil BluetoothTidak diketahui
Jumlah koneksi1
Sumber dayaListrik
Durasi penggunaanTidak diketahui
Channel7.1 channel
JenisKabel
Penutup telingaTerbuka
Durasi bateraiTidak diketahui
SeriTidak diketahui
Respons frekuensi20 Hz – 20 kHz
Impedance32 Ω
Sensitivitas 40 dB
Panjang kabel1,3 meter
Fitur tambahanTidak diketahui
Bobot294 gram
TipePortable headphone
Earcup/tipe headsetOver-ear
Koneksi ke PC
Kompatibel dengan SD card
Format rekamanTidak diketahui
HousingOpen-back
Audio resolusi tinggi
Noise cancelling
MaterialStainless steel, leather
BateraiTidak diketahui
Kapasitas bateraiTidak diketahui
DimensiTidak diketahui
Software yang kompatibelTidak diketahui
Jenis sound cardTidak diketahui
TeknologiTidak diketahui
Diameter driver50 mm
Tipe terminalJack 3.5 mm
Arah penerimaan suaraSurround sound
Jenis microphoneExternal
View all
No.6

Edifier G2 II 7.1 Surround Sound USB Gaming Headset

Harga referensi
Rp449.000
Lebih Murah

Headset hemat harga untuk gamers pemula

Kelebihan:

  • Kualitas suara dan miknya sudah bagus untuk gaming
  • Ada efek pencahayaan yang menarik

Kekurangan:

  • Kabel dan miknya tidak detachable
  • Terbuat dari material plastik yang mudah tergores

Umumnya, headset surround sound memiliki harga yang mahal. Meski demikian, Anda masih bisa menemukan produk yang terjangkau dengan kualitas bagus. Apabila Anda sedang mencari tipe headset seperti itu, kami rekomendasikan EDIFIER G2 II. Harganya yang terjangkau membuat Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk headset surround sound.


Sementara itu, kualitas audio dan suara dari mik headset ini sudah bagus, terlebih untuk kelas harga di bawah 500 ribu. Driver-nya yang besar memungkinkan headset mengeluarkan suara yang jernih dan jelas. Pengaturan audio dari software-nya juga terbilang basic sehingga pas untuk Anda yang baru masuk dalam dunia gaming.

KonektivitasUSB 2.0
Bit depth/sample rateTidak diketahui
InputTidak diketahui
OutputTidak diketahui
OS yang kompatibelTidak diketahui
JarakTidak diketahui
CodecTidak diketahui
Versi BluetoothTidak diketahui
KompatibilitasTidak diketahui
Profil BluetoothTidak diketahui
Jumlah koneksi1
Sumber dayaListrik
Durasi penggunaanTidak diketahui
Channel7.1 channel
JenisKabel
Penutup telingaTerbuka
Durasi bateraiTidak diketahui
SeriG2 II
Respons frekuensi 20 Hz – 20 kHz
Impedance32 Ω
Sensitivitas98 dB
Panjang kabelTidak diketahui
Fitur tambahanRGB Light
Bobot266 gram
TipePortable headphone
Earcup/tipe headsetOver-ear
Koneksi ke PC
Kompatibel dengan SD card
Format rekamanTidak diketahui
HousingOpen-back
Audio resolusi tinggi
Noise cancelling
MaterialLeather
BateraiTidak diketahui
Kapasitas bateraiTidak diketahui
DimensiTidak diketahui
Software yang kompatibelTidak diketahui
Jenis sound cardTidak diketahui
TeknologiTidak diketahui
Diameter driver50 mm
Tipe terminalTidak diketahui
Arah penerimaan suaraSurround sound
Jenis microphoneExternal
View all
No.7

Steelseries Arctis Nova Pro

Harga referensi
Rp3.695.000
Agak Mahal

Setting audio lebih praktis berkat GameDAC

Kelebihan:

  • Mikrofon headset bisa disembunyikan
  • Headset bisa digunakan untuk pengguna dengan kepala besar

Kekurangan:

  • Kualitas suara bass headset dinilai nendang untuk mendengarkan lagu rock dan EDM

Steelseries Arctis Nova Pro menawarkan kepraktisan lewat GameDAC-nya. Fungsi utama dari GameDAC adalah mengubah sinyal digital dari PC menjadi sinyal analog. Hal ini agar audio yang terdengar lebih bersih dan noise-nya berkurang. 


Kemudian, equalizer audio, sound setting, side tone, dan volume mix bisa diatur lewat GameDAC. Fitur ini memudahkan Anda karena Anda tidak perlu membuka software bawaannya. GameDAC ini juga punya dua input sehingga bisa tersambung ke dua perangkat sekaligus. Jika Anda ingin pengaturan audio yang praktis, Steelseries Artic Nova Pro jawabannya.

KonektivitasUSB-C
Bit depth/sample rate24 bit kHz
InputUSB C
OutputUSB A
OS yang kompatibelWindows 8.1 ke atas, Mac OS 10.13 ke atas
Jarak
Codec
Versi Bluetooth
KompatibilitasPC, Mac, PlayStation, Nintendo Switch
Profil Bluetooth
Jumlah koneksi
Sumber daya
Durasi penggunaan
Channel
Jenis
Penutup telingaTerbuka
Durasi baterai
Seri
Respons frekuensi10 Hz – 40 kHz
Impedance38 Ω
Sensitivitas93 dB
Panjang kabel1,5 meter
Fitur tambahanNova Pro Acoustic System
BobotTidak diketahui
TipePortable headphone
Earcup/tipe headsetOver-ear
Koneksi ke PC
Kompatibel dengan SD card
Format rekamanTidak diketahui
HousingClosed-back
Audio resolusi tinggi
Noise cancelling
MaterialTidak diketahui
BateraiTidak diketahui
Kapasitas bateraiTidak diketahui
DimensiTidak diketahui
Software yang kompatibelSonar Software
Jenis sound cardTidak diketahui
TeknologiTidak diketahui
Diameter driver40 mm
Tipe terminalJack 3.5 mm
Arah penerimaan suaraSurround sound
Jenis microphoneInternal
View all
No.8

1MORE Spearhead VRX Gaming HeadphonesH1005

Harga referensi
Rp1.234.050
Agak Murah

Desainnya eye-catching dengan LED lighting

Kelebihan:

  • Ukuran driver besar 50 mm sehingga menghasilkan suara yang renyah
  • Desainnya ergonomis, pengaturan volume dan mik headset jadi lebih mudah

Kekurangan:

  • Ada review menyebutkan kualitas mik internalnya tidak terlalu bagus
  • Harganya cukup mahal untuk jenis headset kabel

Untuk Anda yang tidak hanya memprioritaskan performa audio tetapi juga tampilan headset, pilihlah produk ini. 1MORE Spearhead VRX Gaming Headphones memiliki sistem lighting yang elegan dan tidak norak. LED lighting-nya terpasang di tube mic, mengelilingi ear cup, dan di adjustable headband-nya. Letak penempatan LED lighting yang tidak terlalu ramai ini membuat headset terlihat elegan dan classy.

KonektivitasUSB 2.0
Bit depth/sample rateTidak diketahui
InputTidak diketahui
OutputTidak diketahui
OS yang kompatibelTidak diketahui
JarakTidak diketahui
CodecTidak diketahui
Versi BluetoothTidak diketahui
KompatibilitasTidak diketahui
Profil BluetoothTidak diketahui
Jumlah koneksi1
Sumber dayaListrik
Durasi penggunaanTidak diketahui
Channel7.1 channel
JenisKabel
Penutup telingaTerbuka
Durasi bateraiTidak diketahui
SeriH1005
Respons frekuensi 20 Hz – 20 kHz
Impedance32 Ω
SensitivitasTidak diketahui
Panjang kabel1,3 meter
Fitur tambahanWave Nx Head Tracking Technology, ENC Dual Microphones
Bobot304 gram
TipePortable headphone
Earcup/tipe headsetOn-ear
Koneksi ke PC
Kompatibel dengan SD card
Format rekamanTidak diketahui
HousingOpen-back
Audio resolusi tinggi
Noise cancelling
MaterialStainless steel
BateraiTidak diketahui
Kapasitas bateraiTidak diketahui
DimensiTidak diketahui
Software yang kompatibelTidak diketahui
Jenis sound cardTidak diketahui
TeknologiTidak diketahui
Diameter driver50 mm
Tipe terminalJack 3.5 mm
Arah penerimaan suaraSurround sound
Jenis microphoneExternal
View all
No.9

Corsair HS80 RGB Wireless

Harga referensi
Rp2.599.000
Menengah

Main game seharian cukup sekali charging

Kelebihan:

  • Headset sudah menggunakan teknologi dari Dolby Atmos
  • Ada dua jenis koneksi, wireless dan kabel

Kekurangan:

  • Noise isolation dari headset kurang bagus sehingga tidak cocok digunakan di tempat ramai

Untuk Anda yang mencari wireless headset untuk gaming dengan baterai yang lama, kami merekomendasikan Corsair HS80 RGB Wireless. Produk ini diklaim mampu menyala hingga 20 jam sehingga Anda bisa main game seharian dengan sekali charging. Jangkauan wireless-nya juga jauh hingga 18 meter. Tidak hanya itu, headset ini bisa disambungkan dengan kabel USB-C to USB-A jika Anda main game di PC. 

KonektivitasUSB-C
Bit depth/sample rate24 bit kHz
InputUSB C
OutputUSB A
OS yang kompatibelWindows, Mac
Jarak18 meter
CodecTidak diketahui
Versi BluetoothTidak diketahui
KompatibilitasPC, Mac, PlayStation 4/5
Profil BluetoothTidak diketahui
Jumlah koneksi1
Sumber dayaListrik, Baterai isi ulang
Durasi penggunaanTidak diketahui
ChannelTidak diketahui
JenisKabel, Nirkabel
Penutup telingaTertutup
Durasi baterai20 jam
SeriHS80
Respons frekuensi20 Hz – 40 kHz
Impedance32 Ω
Sensitivitas116 dB
Panjang kabelTidak diketahui
Fitur tambahanLighting RGB
Bobot368 gram
TipePortable headphone
Earcup/tipe headsetOver-ear
Koneksi ke PC
Kompatibel dengan SD card
Format rekamanTidak diketahui
HousingTidak diketahui
Audio resolusi tinggiTidak diketahui
Noise cancellingTidak diketahui
MaterialTidak diketahui
BateraiTidak diketahui
Kapasitas bateraiTidak diketahui
DimensiTidak diketahui
Software yang kompatibelCORSAIR iCUE
Jenis sound cardTidak diketahui
TeknologiTidak diketahui
Diameter driver50 mm
Tipe terminalTidak diketahui
Arah penerimaan suaraSurround sound
Jenis microphoneExternal
View all
No.10

Razer Thresher Ultimate

Harga referensi
Rp3.723.003
Agak Mahal

Main PS4 dan Xbox jadi lebih leluasa dan tanpa delay

Kelebihan:

  • Headset menggunakan teknologi dari Dolby Atmos
  • Penggunaannya lebih fleksibel berkat koneksi wireless-nya

Kekurangan:

  • Ada review menyebutkan headset kurang ramah untuk pengguna berkacamata

Apakah Anda mencari headset gaming khusus untuk PS4 atau Xbox? Jika iya, produk dari Razer bisa Anda pertimbangkan. Headset Thresher Ultimate memang didesain untuk gaming lewat PS4 dan Xbox. Meski menggunakan koneksi wireless, headset ini memiliki latency yang rendah yakni di bawah 20 ms. Audio antara monitor dan headset pun tidak mengalami delay.


Headset ini menggunakan teknologi dari Dolby Atmos sehingga Anda bisa mendengarkan audio dengan kualitas yang bagus. Tidak hanya bisa digunakan sebagai headset gaming, kualitas audionya juga cocok untuk kebutuhan mendengarkan musik, lho!

KonektivitasTidak diketahui
Bit depth/sample rateTidak diketahui
InputTidak diketahui
OutputTidak diketahui
OS yang kompatibelTidak diketahui
Jarak12 meter
CodecTidak diketahui
Versi BluetoothTidak diketahui
KompatibilitasPC, PlayStation 4
Profil BluetoothTidak diketahui
Jumlah koneksi1
Sumber dayaBaterai
Durasi penggunaanTidak diketahui
Channel7.1 channel
JenisNirkabel
Penutup telingaTerbuka
Durasi baterai16 jam
SeriTidak diketahui
Respons frekuensi100 Hz – 10 kHz
Impedance32 Ω
SensitivitasTidak diketahui
Panjang kabelTidak diketahui
Fitur tambahanTidak diketahui
Bobot402 gram
TipePortable headphone
Earcup/tipe headsetOn-ear
Koneksi ke PC
Kompatibel dengan SD card
Format rekamanTidak diketahui
HousingOpen-back
Audio resolusi tinggi
Noise cancelling
MaterialStainless steel, leather
BateraiTidak diketahui
Kapasitas bateraiTidak diketahui
Dimensi196 mm x 214 mm x 104,8 mm
Software yang kompatibelTidak diketahui
Jenis sound cardTidak diketahui
TeknologiTidak diketahui
Diameter driver50 mm
Tipe terminalTidak diketahui
Arah penerimaan suaraSurround sound
Jenis microphoneExternal
View all

Baca juga aksesori komputer lainnya di sini

Agar aktivitas di depan komputer jadi lebih nyaman, Anda bisa menggunakan beberapa perlengkapan yang kami ulas ini. Ada wireless mouse, keyboard gaming, dan USB Hub. Jika Anda juga sedang mencari perlengkapan tersebut, silakan lihat rekomendasi kami berikut ini!

Kesimpulan

Surround headset membuat aktivitas mendengarkan musik, menonton film, dan bermain game jadi lebih seru. Saat memilih surround headset, Anda harus memperhatikan jumlah channel, sambungan, serta jenis penutup telinga dari headset tersebut.


Nah, kami telah memperkenalkan cara memilih serta merekomendasikan surround headset pilihan untuk Anda pertimbangkan. Adakah produk surround headset yang menarik perhatian Anda? Semoga dengan adanya artikel ini, Anda bisa menemukan surround headset yang sesuai dengan kebutuhan!

5 Rekomendasi Surround Headset terbaik

No. 1: LogitechG435 Ultra-Lightweight Gaming Wireless Headset

No. 2: HyperX Cloud Alpha S - Gaming Headset

No. 3: SONYWH-1000XM5

No. 4: JBL Quantum 400

No. 5: ASUSTUF Gaming H3

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Aksesori komputer & laptop
  4. 10 Surround Headset Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.