1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan wajah
  6. >
  7. 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)

Apakah Anda memiliki kulit kombinasi? Kulit Anda berminyak di dahi dan hidung, lalu kering di bagian pipi dan dagu? Apabila iya, Anda sudah menemukan face wash yang tepat untuk kulit kombinasi? Jika masih bingung, kami akan berbagi tips memilih facial wash terbaik untuk kulit kombinasi di artikel ini.


Ada juga rekomendasi produk dari berbagai merek yang bagus, seperti COSRX dan Rohto. Anda bisa menemukan produk untuk kulit berjerawat, beruntusan, atau sensitif. Produk untuk remaja dan pria pun ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Yasmina Diah Kumala, SpKK.

Diperbaharui 11-16-2022
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Yasmina Diah

dr. Yasmina mengenyam pendidikan kedokteran umum di Universitas Indonesia dan spesialis di Universitas Brawijaya. Sebagai anggota aktif PERDOSKI, beliau sering mengikuti simposium dan workshop nasional maupun internasional demi meningkatkan kompetensi. dr. Yasmina berpraktik di RS Bunda Margonda Depok dan Klinik Calysta Bekasi. Bidang yang ditangani selama beliau berpraktik meliputi kosmetik, alergi autoimun, infeksi menular seksual, tumor kulit, kehamilan, dan lansia. Beliau aktif membuat konten edukasi di Instagram-nya mengenai kesehatan kulit dan kelamin.

Profil dr. Yasmina Diah
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 19 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa perbedaan facial wash dan facial foam?

Apa perbedaan facial wash dan facial foam?

Sebagian besar pencuci wajah di pasaran bertuliskan facial wash atau facial foam. Perbedaan dari kedua istilah pembersih wajah tersebut adalah busa yang dihasilkan. Facial foam menghasilkan busa, sedangkan facial wash menghasilkan sedikit sekali atau bahkan tidak berbusa.


Pembersih wajah yang menghasilkan busa biasanya mengandung bahan detergen. Beberapa bahan yang sering dipakai adalah sodium lauryl sulfate (SLS) atau sodium laureth sulfate (SLES). Bahan-bahan tersebut sebaiknya dihindari oleh kulit sensitif karena dapat bersifat iritatif.


Di antara kedua jenis pembersih wajah di atas, mungkin Anda bertanya mana yang lebih tepat untuk jenis kulit kombinasi. Untuk menentukannya, Anda harus mengetahui jenis kulit kombinasi Anda terlebih dahulu.


Ciri-ciri utama kulit kombinasi adalah adanya kandungan minyak di area T-Zone, tetapi cenderung kering di bagian pipi. Meski begitu, kulit kombinasi masih terbagi menjadi dua, yakni kombinasi cenderung berminyak atau kombinasi cenderung kering. Sebab itu, perhatikan terlebih dahulu tipe kulit Anda sebelum memilih sabun cuci muka!


  • Kulit kombinasi cenderung berminyak
Jika Anda merasakan minyak di area T-Zone dan pipi, berarti Anda memiliki kulit kombinasi berminyak. Facial foam diteliti lebih cocok digunakan untuk tipe kulit kombinasi yang cenderung berminyak. Hal ini karena facial foam memiliki banyak busa yang dapat mengangkat minyak atau sebum lebih kuat.

  • Kulit kombinasi cenderung kering 

Anda termasuk tipe ini jika merasakan minyak di area T-Zone, tetapi lebih didominasi dengan kulit kering. Karena itu, facial wash lebih cocok digunakan untuk kulit Anda. Busa facial wash juga sedikit sehingga tidak mengangkat minyak terlalu banyak. Tipe ini pun makin cocok dengan facial wash yang mengandung pelembap di dalamnya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih facial wash untuk kulit kombinasi

Sebelum membeli facial wash untuk kulit kombinasi Anda, mari perhatikan beberapa hal penting berikut. Pastikan dahulu Anda mengetahui jenis dan kandungan dalam produk yang dibeli.

① Kenali jenis facial wash untuk wajah Anda

Facial wash untuk kulit kombinasi biasanya terdiri dari dua jenis. Kedua jenis tersebut adalah facial wash gel dan facial wash krim. Setiap jenis memiliki keunggulan tersendiri. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Gel: Muka terlihat lebih segar dan berseri

Gel: Muka terlihat lebih segar dan berseri

Facial wash dengan tekstur gel artinya berbahan dasar air sehingga cocok untuk kulit yang cenderung berminyak Jika Anda ingin wajah tampak segar setelah mencuci muka, pilih facial wash gel. Bahannya lebih ringan dan cocok untuk kulit sensitif.


Jika kulit wajah Anda bertipe kombinasi cenderung berminyak, jenis ini juga sangat kami rekomendasikan. Facial wash gel untuk kulit kombinasi pun kebanyakan mampu mengatasi kulit wajah yang berjerawat. Formulanya yang lembut tidak akan menambah iritasi di wajah.


Untuk Anda yang hanya menggunakan makeup ringan sehari-hari, penggunaan facial wash gel sudah cukup. Namun, lakukanlah pembersihan wajah lebih dahulu sebelum mencuci muka jika makeup yang Anda gunakan agak tebal. Karena ditujukan untuk kulit sensitif, formulanya memang dibuat tidak mengangkat makeup sekuat jenis pencuci muka lain.

Krim: Melembapkan tanpa membuat kulit berminyak

Krim: Melembapkan tanpa membuat kulit berminyak

Creamy facial wash biasanya mengandung pelembap lebih banyak dibandingkan yang gel. Anda cocok menggunakannya jika kulit kombinasi Anda cenderung kering. Creamy facial wash untuk kulit kombinasi biasanya melembapkan daerah U yang kering tanpa membuat daerah T makin berminyak. Pembersih wajah ini justru akan mengontrol minyak berlebih di daerah T.

② Perhatikan komposisi utama yang terkandung di dalam facial wash

Teliti juga bahan-bahan yang terkandung di dalam facial wash yang akan Anda beli. Jangan sampai komponennya justru membuat wajah Anda menjadi breakout.

Salicylic acid atau BHA, mengurangi timbulnya jerawat

Salicylic acid atau BHA, mengurangi timbulnya jerawat

Jika kulit Anda cenderung berminyak dan rentan berjerawat, cari komponen yang mengandung salicylic acid atau BHA. Komponen tersebut mampu membersihkan kotoran dan minyak berlebih pada wajah, serta dapat membantu memerangi jerawat pada kulit. Selain itu, salicylic acid baik digunakan pada kulit yang rentan berkomedo karena dapat mencegah munculnya komedo baru.


Jika kulit Anda cenderung kering, komponen yang mengandung AHA jauh lebih aman digunakan. Komponen ini bisa meluruhkan sel kulit mati serta mengangkat kotoran dan minyak tanpa membuat kulit kering berlebihan. Ada beberapa jenis AHA yang biasa terdapat di dalam produk skincare. Beberapa di antaranya adalah glycolic acid, lactic acid, tartaric, citric acid, malic acid, atau mandelic acid.

Vitamin C, ampuh mencerahkan tampilan wajah

Vitamin C, ampuh mencerahkan tampilan wajah

Vitamin C dapat mencerahkan kulit tanpa membuat kulit terlalu kering. Ada juga beberapa bahan lain yang bisa mencerahkan kulit. Jadi, perhatikanlah baik-baik keterangan pada komposisi produk untuk mengetahuinya lebih jauh.


Periksalah pula kandungan lain yang ada di dalam facial wash Anda. Pastikan komponen alkohol dan retinol tidak tercantum di dalamnya. Orang dengan jenis kulit wajah kombinasi pun biasanya memiliki kulit yang sensitif. Terlalu banyak bahan ini akan menyebabkan kemerahan atau kulit mengelupas.

Soap-free, mencegah terjadinya kemerahan pada kulit

Soap-free, mencegah terjadinya kemerahan pada kulit

Sabun yang mengandung detergen memang lebih ampuh dalam mengangkat kotoran dan sebum pada wajah. Namun, kandungan ini bisa membuat kulit yang sensitif makin meradang dan memerah. Detergen kemudian bisa menyebabkan kulit Anda menjadi breakout, berjerawat, atau bahkan mengelupas.


Jika Anda merasa memiliki kulit kombinasi yang sensitif, pilihlah facial wash yang tidak mengandung detergen. Biasanya pada kemasan produk yang seperti ini terdapat keterangan soap-free

③ Ketahui kadar pH yang digunakan dalam facial wash

Ketahui kadar pH yang digunakan dalam facial wash

Facial wash dengan pH rendah juga perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih produk. pH kulit manusia berkisar antara pH 4,2–5,6. Laki-laki biasanya memiliki pH yang lebih tinggi daripada perempuan. Sementara itu, sabun pencuci muka kebanyakan memiliki pH netral (berkisar 6–7) dan tidak sesuai dengan pH kulit wajah.


Jika produk dengan pH netral terus digunakan, lama-lama akan mengakibatkan kulit bermasalah. Kulit berminyak, terlalu kering, berjerawat, atau malah menjadi sensitif, semuanya bisa terjadi. Maka dari itu, pastikanlah lebih dahulu bahan-bahan yang terkandung dalam produk sesuai dengan kondisi kulit Anda.

10 Rekomendasi facial wash terbaik untuk kulit kombinasi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk facial wash terbaik untuk kulit kombinasi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Yasmina Diah, SpKK.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Cetaphil

Gentle Skin Cleanser

Cetaphil Gentle Skin Cleanser 1枚目

Pembersih bebas sabun untuk kulit sensitif yang aman bagi kulit bayi sekalipun

2

Rohto

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

Rohto Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash 1枚目

Mencari sabun muka yang bebas alkohol? Produk ini jawabannya!

3

COSRX

Low pH Good Morning Cleanser

COSRX Low pH Good Morning Cleanser 1枚目

Merawat berbagai masalah kulit hanya dengan mencuci muka

4

Garnier

Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel Facial Cleanser

Garnier Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel Facial Cleanser 1枚目

Pembersih wajah ringan yang untuk sehari-hari

5

Himalaya

Purifying Neem Facial Wash

Himalaya Purifying Neem Facial Wash 1枚目

Mengandung bahan alami yang dapat mencegah jerawat pada kulit

6

Kahf

Triple Action Oil and Comedo Defense Face Wash

Kahf Triple Action Oil and Comedo Defense Face Wash 1枚目

Formulasinya dikhususkan untuk wajah pria

7

Whitelab

Acne Care Facial Wash

Whitelab Acne Care Facial Wash 1枚目

Mengurangi beruntusan di kulit wajah, pas untuk remaja

8

Dr. Brandon

AHA Facial Wash

Dr. Brandon AHA Facial Wash 1枚目

Diperkaya AHA, bebas kotoran seharian

9

The Body Shop

Reno – Seaweed Face Wash

The Body Shop  Reno – Seaweed Face Wash  1枚目

Untuk kulit bersih dan segar, bebas kilap!

10

Laneige

White Dew Milky Cleanser

Laneige White Dew Milky Cleanser 1枚目

Meratakan warna kulit dan mencegah munculnya bintik hitam

Perincian produk
Close
No.1

CetaphilGentle Skin Cleanser

Mulai dari Rp66.700,00

Pembersih bebas sabun untuk kulit sensitif yang aman bagi kulit bayi sekalipun

Kelebihan:

  • Tidak mengandung sabun dan detergen sehingga aman untuk kulit sensitif 
  • Bisa melembapkan tanpa membuat kulit berminyak

Kekurangan:

  • Masih mengandung paraben dan alkohol
  • Kurang dapat membersihkan wajah yang terlalu kotor dan berminyak

Anda memiliki kulit sensitif? Sering gonta-ganti sabun, tetapi tetap tidak menemukan yang cocok untuk kulit Anda? Mungkin Anda harus mencoba produk ini. Cetaphil mengandung formula hypoallergenic yang sangat aman untuk semua tipe jenis kulit, bahkan kulit sensitif sekalipun.


Sabunnya ringan, tidak mengandung detergen, tidak berbusa, dan dapat melembapkan tanpa membuat kulit menjadi berminyak. Saking amannya, sabun ini diklaim juga dapat digunakan oleh bayi, lho! Bagi Anda yang mencari rekomendasi facial wash untuk kulit kombinasi sensitif, pilih produk ini.

No.2

RohtoHada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

Mulai dari Rp25.000,00

Mencari sabun muka yang bebas alkohol? Produk ini jawabannya!

Kelebihan:

  • Bebas alkohol, pewangi, dan pewarna
  • pH sabun sudah sesuai dengan kulit sehingga tidak menyebabkan iritasi

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan baunya cukup menyengat

Beberapa orang memiliki kulit yang sensitif terhadap alkohol. Jika Anda mencari facial wash terbaik yang bebas alkohol, pewangi, serta pewarna, produk ini sangat cocok dipilih. Dengan tekstur krim yang cukup pekat, produk ini pas untuk Anda yang memiliki kulit kombinasi cenderung kering.


Formula face wash nonalkohol untuk kulit kombinasi ini tidak akan membuat kulit wajah kesat atau terasa ditarik. Kelembapan alami kulit akan tetap terjaga karena pH sabun ini disesuaikan dengan pH alami kulit. Harga produk ini pun sangat terjangkau dan mudah ditemukan di apotek, bahkan minimarket sekalipun!

No.3

COSRXLow pH Good Morning Cleanser

Mulai dari Rp59.900,00

Merawat berbagai masalah kulit hanya dengan mencuci muka

Kelebihan:

  • pH rendah sehingga aman bagi kulit kering dan sensitif
  • Bisa mengobati dan mencegah jerawat yang timbul di kulit

Kekurangan:

  • Terdapat wangi tea tree oil yang menyengat dan bisa mengganggu beberapa orang

Jika kulit wajah Anda dehidrasi dan kehilangan kelembapan alaminya, Anda perlu mencoba facial wash yang bagus dengan pH rendah. Nah, produk ini memiliki pH 5,0–6,0 yang sama seperti pH wajah pada umumnya.


Kandungan BHA di dalamnya akan membantu mengobati sekaligus mencegah jerawat yang ada. Selain itu, formula citric acid dapat mengangkat sel kulit mati sehingga akan kembali beregenerasi menjadi kulit baru. Rasakan kulit kenyal dan lembap setiap kali mencuci muka dengan Low pH Good Morning Cleanser!

No.4

GarnierSensitive Anti-Acne Cleansing Gel Facial Cleanser

Mulai dari Rp36.600,00

Pembersih wajah ringan yang untuk sehari-hari

Kelebihan:

  • Teksturnya lembut dan dapat menenangkan kulit sehingga cocok digunakan setiap hari

Kekurangan:

  • Formulanya ringan, kurang memberikan efek pada masalah kulit tertentu

Jika Anda butuh rekomendasi face wash terbaik yang ringan untuk sehari-hari dengan harga terjangkau, kami merekomendasikan produk ini. Selain dapat membersihkan sisa makeup, facial wash ini bisa mencegah munculnya jerawat.


Hal yang terpenting, produk ini aman digunakan untuk kulit sensitif. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa menggunakan Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel Facial Cleanser bersamaan dengan produk serumnya.

No.5

HimalayaPurifying Neem Facial Wash

Mulai dari Rp24.000,00

Mengandung bahan alami yang dapat mencegah jerawat pada kulit

Kelebihan:

  • Mengandung kunyit dan bahan alami lainnya untuk mencegah jerawat pada kulit
  • Bisa mengangkat minyak berlebih di wajah

Kekurangan:

  • Tidak dapat mengangkat makeup secara instan

Kulit Anda termasuk ke dalam tipe kombinasi berminyak? Kalau begitu, Anda bisa mencoba produk ini. Facial wash untuk kulit kombinasi normal berminyak ini memiliki kandungan kunyit dan daun neem. Dua bahan tersebut dipercaya menjadi salah satu ramuan tradisional yang dapat memerangi bakteri penyebab jerawat.


Himalaya Purifying Neem Facial Wash juga bisa mengangkat sebum berlebih pada wajah. Namun, produk ini tidak dapat mengangkat makeup secara maksimal karena tidak mengandung detergen. Jadi, pastikan Anda membersihkan muka terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

No.6

KahfTriple Action Oil and Comedo Defense Face Wash

Mulai dari Rp41.500,00

Formulasinya dikhususkan untuk wajah pria

Kelebihan:

  • Bisa mengurangi komedo dengan bahan aktif charcoal
  • Melembapkan dan mengontrol minyak di wajah
  • Mengandung AHA, BHA, dan PHA yang bisa mencegah timbulnya jerawat

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan volumenya tidak sesuai dengan keterangan yang tertera

Pilih produk ini jika Anda butuh rekomendasi facial wash untuk kulit kombinasi pria. Face wash yang mengandung AHA dan BHA ini dapat mengurangi komedo. Dengan kandungan charcoal dan teknologi HydroBalance, minyak di kulit Anda bisa terangkat secara optimal dengan produk ini. Maka dari itu, face wash untuk kulit kombinasi ini cocok bagi pria yang sering beraktivitas di luar ruangan.

No.7

WhitelabAcne Care Facial Wash

Mulai dari Rp49.400,00

Mengurangi beruntusan di kulit wajah, pas untuk remaja

Kelebihan:

  • Melawan bakteri penyebab jerawat sehingga mengurangi timbulnya jerawat
  • Merawat dan menenangkan kulit yang berjerawat

Kekurangan:

  • Dapat membuat area kulit yang kering makin kering

Apabila Anda mencari rekomendasi facial wash untuk kulit kombinasi dan beruntusan, produk ini patut dipertimbangkan. Whitelab menghadirkan produk yang bisa melawan bakteri penyebab jerawat. Hal ini dapat mencegah beruntus berubah menjadi jerawat.


Dengan kandungan mugwort dan tea tree, produk ini juga bisa menenangkan kulit yang berjerawat. Kulit Anda akan lebih terjaga dari jerawat. Bagi Anda yang mencari facial wash untuk kulit kombinasi remaja, produk ini wajib dimiliki!

No.8

Dr. BrandonAHA Facial Wash

Mulai dari Rp38.250,00

Diperkaya AHA, bebas kotoran seharian

Kelebihan:

  • Mengandung AHA yang bisa membersihkan kotoran dan sel kulit mati di wajah
  • Terdapat kandungan vitamin C yang mencerahkan wajah

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan wanginya menyengat dan tidak nyaman

AHA merupakan bahan aktif yang terkenal dapat menghilangkan kotoran di wajah. Oleh karenanya, Dr. Brandon AHA Facial Wash cocok untuk membersihkan sel kulit mati wajah.


Tidak hanya itu, kandungan vitamin C produk ini bisa mencerahkan wajah Anda, lho! Kulit Anda akan terlihat lebih segar dan bercahaya. Jika Anda ingin pembersih sel kulit mati wajah yang lembut, gunakanlah sabun cuci muka untuk kulit kombinasi ini.

No.9

The Body Shop Reno – Seaweed Face Wash

Mulai dari Rp169.000,00

Untuk kulit bersih dan segar, bebas kilap!

Kelebihan:

  • Mengontrol minyak sehingga mengurangi kilap dalam wajah
  • Dapat melembapkan wajah tanpa membuat wajah makin berminyak

Kekurangan:

  • Efek mengurangi minyak berkurang setelah 3–4 jam pemakaian

Terkadang setelah mencuci muka, Anda akan merasakan hasil yang kesat dan membuat kulit menjadi kering. Namun, The Body Shop Seaweed Face Wash akan membersihkan wajah Anda sekaligus melembapkannya.


Anda tidak perlu khawatir T-Zone akan makin berminyak karena kandungan rumput lautnya bisa mengontrol sebum. Selain itu, tekstur gel facial wash ini akan menyegarkan kulit. Anda tertarik mencobanya?

No.10

LaneigeWhite Dew Milky Cleanser

Mulai dari Rp340.000,00

Meratakan warna kulit dan mencegah munculnya bintik hitam

Kelebihan:

  • Dapat mengurangi flek hitam pada wajah
  • Melembapkan dan mencerahkan wajah yang kusam

Kekurangan:

  • Harganya cukup tinggi untuk yang baru akan mencoba

Karena fokus mencari produk yang bisa mengontrol minyak sekaligus melembapkan, pasti Anda sering lupa dengan wajah yang kusam. Kami merekomendasikan produk ini jika Anda memiliki bintik hitam, juga warna kulit yang tidak merata.


Selain menyeimbangkan kulit kombinasi, Laneige White Dew Milky Cleanser dapat membuat kulit wajah Anda tampak cerah! Jadi, buat apa mencari banyak produk jika semua sudah ada dalam facial wash yang bagus ini?

Pertanyaan umum seputar facial wash untuk kulit kombinasi

Pertanyaan umum seputar facial wash untuk kulit kombinasi

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar facial wash untuk kulit kombinasi. Jika Anda ingin mengetahuinya, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah serum vitamin C cocok untuk kulit kombinasi?

Penggunaan serum harus memperhatikan vehikulum (bahan pembawa) dan bahan aktif yang terkandung di dalamnya. Hal ini akan menentukan bagaimana serum akan memengaruhi kadar minyak dan air di kulit. Vehikulum dan bahan aktif juga akan menunjukkan apakah serum tersebut mudah menyebabkan iritasi atau menyebabkan komedo.


Pemilihan serum untuk kulit kombinasi perlu melihat tingkat sensitivitas kulit, misalnya mudah berjerawat, alergi, atau iritasi. Sebaiknya, cobalah serum selama satu hari terlebih dahulu. Lalu, keesokan harinya, hentikan pemakaian selama satu hari pula. Anda bisa melanjutkan pemakaian jika tidak ada efek samping. Hal ini perlu dilakukan untuk menilai kecocokannya pada kulit sebelum serum dipakai tiap hari.

Apakah kulit kombinasi butuh moisturizer?

Ya, baik kulit kering, kombinasi, maupun berminyak butuh moisturizer. Ada beberapa jenis moisturizer yang beredar di pasaran. Kulit kombinasi dapat memilih moisturizer jenis humektan atau emolien.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk kulit kombinasi di sini

Rawat juga kulit wajah Anda dengan produk skincare selain facial wash. Anda pun bisa mempertimbangkan facial foam dan sabun batang khusus kulit kombinasi. Temukanlah berbagai artikel yang mengulas produk perawatan untuk kulit kombinasi di bawah ini!

Kesimpulan

Kami sudah memberikan sepuluh rekomendasi facial wash terbaik untuk kulit kombinasi dengan keunggulannya masing-masing. Mulai dari yang bisa mengatasi jerawat atau komedo, mencerahkan kulit, hingga yang cocok untuk kulit sensitif, semuanya ada.


Merawat kulit kombinasi memang susah-susah gampang. Anda perlu menemukan produk yang tepat untuk melembapkan kulit yang kering, tanpa membuat T-Zone makin berminyak. Semoga artikel kali ini membantu Anda menemukan facial wash yang bagus!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer