• 10 Rekomendasi Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2021)

Apakah Anda memiliki kulit kombinasi? Berminyak di daerah T (dahi dan hidung) serta kering di bagian U (pipi dan dagu). Jika jawabannya ya, apa Anda sudah menemukan pembersih wajah yang tepat untuk kulit kombinasi Anda?  


Apabila Anda masih bingung memilih produk yang tepat, mari baca artikel kami berikut ini! Kami akan menjelaskan bagaimana menemukan facial wash terbaik untuk kulit kombinasi Anda. Salah satunya seperti COSRX Low pH Good Morning Gel atau Himalaya Neem Facial Wash. Simak baik-baik, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Arinta Adiningtyas
  • Pembaharuan terakhir: 18 Juni 2021
  • 101.898 Views
Daftar isi

Apa perbedaan facial wash dan facial foam?

Apa perbedaan facial wash dan facial foam?

Sebagian besar pencuci wajah di pasaran kebanyakan bertuliskan facial wash atau facial foam. Anda mungkin bertanya-tanya, sebenarnya apa perbedaan antara keduanya? Mana yang lebih tepat untuk jenis kulit kombinasi saya? 


Jenis kulit orang bermacam-macam, ada yang berminyak dan juga kering. Namun, tak hanya dua jenis itu saja, banyak juga yang memiliki kombinasi antara keduanya. Kulit kombinasi sendiri juga terbagi menjadi dua. Kombinasi cenderung berminyak atau kombinasi cenderung kering. Memilih pencuci wajah yang tepat, tentu akan membuat wajah Anda terbebas dari gangguan seperti jerawat, komedo, brutusan, atau bahkan kemerahan. 


Facial foam diteliti lebih cocok digunakan untuk tipe kulit kombinasi yang cenderung berminyak. Sedangkan, facial wash lebih cocok digunakan untuk kulit kombinasi cenderung kering. Selain itu, dari segi tampilannya pun kedua jenis pencuci muka ini juga memiliki perbedaan. Facial foam biasanya memiliki banyak busa, sebaliknya facial wash hanya memiliki sedikit busa. 


Busa yang ada pada sabun pencuci wajah biasanya akan mengangkat minyak atau sebum dari pori-pori wajah lebih kuat. Maka dari itu, orang yang memiliki kulit cenderung kering kurang cocok menggunakan pencuci muka yang memiliki banyak busa. Maka dari itu, sebelum memilih sabun cuci muka perhatikan terlebih dahulu tipe kulit Anda! 

Cara memilih facial wash untuk kulit kombinasi

Sebelum membeli facial wash untuk kulit kombinasi Anda, mari perhatikan beberapa hal penting berikut ini. Pastikan dahulu Anda mengetahui jenis dan kandungan yang terdapat dalam produk yang Anda beli!

Kenali 2 jenis facial wash untuk wajah Anda

Facial wash untuk kulit kombinasi biasanya terdiri dari dua jenis. Pilih yang Anda sukai!

Pilih jenis gel untuk muka tampak lebih segar

Jika Anda ingin wajah Anda tampak segar setelah mencuci muka, pilih facial wash yang berjenis gel. Bahannya lebih ringan dan cocok untuk kulit sensitif. Jika tipe wajah Anda adalah kombinasi cenderung berminyak, jenis facial wash ini juga sangat kami rekomendasikan. 


Tipe facial wash gel juga kebanyakan mampu mengatasi kulit wajah yang berjerawat. Formulanya yang lembut tidak akan menambah iritasi di wajah. 


Untuk Anda yang hanya menggunakan make up ringan sehari-hari, penggunaan facial wash gel sudah cukup. Namun, jika make up yang Anda gunakan agak tebal, Anda perlu melakukan pembersihan wajah terlebih dahulu sebelum mencuci muka. Karena ditujukan untuk kulit sensitif, formulanya memang dibuat tidak kuat mengangkat make up dibanding jenis pencuci muka lain. 

Pilih jenis krim untuk melembapkan tanpa membuat berminyak

Creamy facial wash biasanya mengandung pelembap lebih banyak dibandingkan yang berbentuk gel. Jika kulit kombinasi Anda cenderung kering, Anda cocok menggunakan ini. Creamy facial wash untuk kulit kombinasi, biasanya melembapkan daerah U yang kering tanpa membuat daerah T makin berminyak. Justru di daerah T, pembersih wajah satu ini akan mengontrol minyak berlebih. 

Perhatikan bahan yang terkandung di dalam facial wash

Sebelum membeli facial wash, teliti bahan-bahan yang terkandung di dalam produk yang akan Anda beli. Jangan sampai komponennya justru membuat wajah Anda menjadi breakout.

Kenali komposisi utama dalam facial wash Anda. Pilih sesuai kebutuhan Anda!

Orang dengan jenis kulit wajah kombinasi biasanya juga memiliki kulit yang sensitif. Jauhi komponen alkohol dan retinol yang dapat membuat kulit wajah Anda dapat menjadi kemerahan atau mengelupas. 


Jika kulit Anda cenderung berminyak dan rentan berjerawat, cari komponen yang mengandung salicylic acid atau BHA. Komponen tersebut mampu membersihkan kotoran dan minyak berlebih pada wajah, serta dapat membantu memerangi jerawat pada kulit. Sedangkan, jika kulit Anda cenderung kering, komponen yang mengandung AHA jauh lebih aman digunakan. Komponen ini dapat meluruhkan sel kulit mati, mengangkat kotoran, dan minyak tanpa membuat kulit Anda terasa kering berlebihan. Ada beberapa jenis AHA yang biasa terdapat di dalam produk skincare, di antaranya adalah glycolic acid, lactic acid, tartaric, citric acid, malic acid, atau mandelic acid.


Kemudian, jika Anda ingin facial wash yang dapat mencerahkan kulit wajah, carilah yang mengandung vitamin C. Vitamin C dapat mencerahkan kulit tanpa membuat kulit terlalu kering. Ada beberapa bahan lain juga yang dapat mencerahkan kulit, perhatikan baik-baik keterangan pada komposisinya untuk mengetahui lebih jauh. 


Selain itu, facial wash dengan pH rendah juga perlu menjadi pertimbangan Anda sebelum memilih produk. PH kulit manusia berkisar antara 4,2-5,6. Laki-laki biasanya memiliki pH yang lebih tinggi dibandingkan wanita. Sedangkan, sabun pencuci muka yang ada kebanyakan memiliki pH tinggi dan tidak sesuai dengan pH kulit wajah Anda. Jika produk dengan pH tinggi digunakan terus-menerus, lama kelamaan akan mengakibatkan kulit menjadi bermasalah seperti berminyak, terlalu kering, berjerawat, atau malah menjadi sensitif. Maka dari itu, sebelum membeli, pastikan bahan-bahan yang terkandung dalam produk tersebut sesuai dengan kondisi kulit Anda. 

Pilih yang mengandung soap free

Sabun yang mengandung detergen, memang lebih ampuh dalam mengangkat kotoran dan sebum pada wajah. Namun, kandungan ini dapat membuat kulit yang sensitif makin meradang dan memerah. Hal ini kemudian bisa menyebabkan kulit Anda menjadi breakout, berjerawat, atau bahkan mengelupas. 


Jika Anda merasa memiliki kulit kombinasi yang sensitif, pilihlah facial wash yang tidak mengandung detergen. Biasanya pada kemasan produk tertulis soap free

Pilih yang bebas dari kandungan paraben

Paraben dikenal sebagai pengawet yang paling umum digunakan di dalam kosmetik atau produk pembersih. Banyak produsen kosmetik dan pembersih menggunakan pengawet agar produknya tetap awet, serta terbebas dari jamur dan bakteri yang justru bisa membahayakan konsumennya. 


Meskipun komposisinya sudah disesuaikan, tetapi kandungan kimia ini dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Kulit dapat menjadi kemerahan, gatal, kering dan bersisik, bahkan dapat melepuh seperti terbakar. Yang terburuk, untuk pemakaian jangka panjang paraben dicurigai dapat menyebabkan kanker. 


Maka dari itu, untuk lebih aman sebaiknya pilih saja produk yang tidak mengandung paraben atau paraben free. Paraben dalam kemasan produk biasa ditulis dengan nama-nama seperti methylparaben, propylparaben, butylparaben, ethylparaben, 4-hydroxy methyl ester benzoic acid, atau methyl 4-hydroxybenzoate.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Facial Wash

Mulai dari Rp 17.000,00

10 Rekomendasi facial wash terbaik untuk kulit kombinasi

Di bawah ini kami akan merekomendasikan sepuluh facial wash terbaik yang bisa Anda pilih. Jangan lupa untuk memperhatikan poin-poin penting yang sudah kami bahas sebelumnya di atas.

10

The Body Shop Seaweed Deep Cleansing Gel Wash

101080472

Mulai dari Rp 159.000,00

Komposisi utamaSeaweed
JenisGel
Paraben freeTidak diketahui
Soap free✔︎
9

GarnierSensitive Anti-Acne Cleansing Gel

Mulai dari Rp 23.500,00

Komposisi utamaPurifying zinc dan ekstrak witch hazel
JenisGel
Paraben freeTidak diketahui
Soap free✔︎
8
Komposisi utamaPhyto sugar water, saururus chinensis, truffle mushroom, and vitamins
JenisKrim
Paraben free✔︎
Soap freeTidak diketahui
7

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Facial Wash

Mulai dari Rp 35.000,00

Komposisi utamaCitric acid, lauric acid, stearic acid, dll
JenisKrim
Paraben freeX
Soap freeTidak diketahui
6

OriginsChecks and Balances Frothy Face Wash

Mulai dari Rp 574.000,00

Komposisi utamaHydrolyzed wheat protein, mentha viridis (spearmint) leaf oil, pelargonium graveolens flower oil, lavandula hybrida oil, citrus aurantium bergamia (bergamot) fruit oil
JenisKrim
Paraben free✔︎
Soap freeX
5

NeutrogenaPink Grapefruit Acne Face Wash & Cleanser with Vitamin C & Salicylic Acid

Mulai dari Rp 180.000,00

Komposisi utamaSalicylic acid 2%, vitamin c, citric acid
JenisGel
Paraben freeTidak diketahui
Soap freeTidak diketahui
4

Sebapharma SebamedFacial Cleanser Oily and Combination

Mulai dari Rp 188.000,00

Komposisi utamaPanthenol, hamamelis virginiana bark / leaf / twig extract
JenisKrim
Paraben freeTidak diketahui
Soap free✔︎
3

Himalaya HerbalsPurifying Neem Facial Wash

Mulai dari Rp 24.000,00

Komposisi utamaNeem, turmeric
JenisGel
Paraben freeTidak diketahui
Soap free✔︎
2

COSRXLow pH Good Morning Gel Cleanser

Mulai dari Rp 112.000,00

Komposisi utamaMelaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil, betaine salicylate, citric acid
JenisGel
Paraben free✔︎
Soap freeTidak diketahui
1
Komposisi utamaCetyl alcohol, propylene glycol, butyl 4-hydroxybenzoate, methyl 4-hydroxybenzoate, dll
JenisKrim
Paraben freeTidak diketahui
Soap free✔︎

Tabel perbandingan produk facial wash terbaik untuk kulit kombinasi

Gambar produk
1
Cetaphil Gentle Skin Cleanser 1

Cetaphil

2
COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser 1

COSRX

3
Himalaya Herbals Purifying Neem Facial Wash  1

Himalaya Herbals

4
Sebapharma Sebamed Facial Cleanser Oily and Combination 1

Sebapharma Sebamed

5
Neutrogena Pink Grapefruit Acne Face Wash & Cleanser with Vitamin C & Salicylic Acid 1

Neutrogena

6
Origins Checks and Balances Frothy Face Wash 1

Origins

7
Hada Labo  Gokujyun Ultimate Moisturizing Facial Wash 1

Hada Labo

8
Laneige White Dew Milky Cleanser 1

Laneige

9
Garnier Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel 1

Garnier

10
The Body Shop  Seaweed Deep Cleansing Gel Wash  1

The Body Shop

Nama produk

Gentle Skin Cleanser

Low pH Good Morning Gel Cleanser

Purifying Neem Facial Wash

Facial Cleanser Oily and Combination

Pink Grapefruit Acne Face Wash & Cleanser with Vitamin C & Salicylic Acid

Checks and Balances Frothy Face Wash

Gokujyun Ultimate Moisturizing Facial Wash

White Dew Milky Cleanser

Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel

Seaweed Deep Cleansing Gel Wash

Keunggulan

Pembersih bebas sabun, yang aman bahkan bagi kulit bayi sekalipun!

Merawat berbagai masalah kulit hanya dengan mencuci muka!

Mengandung bahan alami yang dapat mencegah jerawat pada kulit Anda

Membersihkan kotoran hingga ke dalam pori-pori, bye-bye komedo!

Mengobati jerawat sekaligus mencerahkan kulit dengan wangi menyegarkan

Menyeimbangkan kelembapan kulit kombinasi Anda!

Bebas alkohol dan pewangi, cocok untuk kulit Anda yang sensitif

Meratakan warna kulit dan mencegah munculnya bintik hitam

Pembersih wajah ringan untuk sehari-hari

Untuk kulit bersih dan segar, bebas kilap!

Harga mulai dariRp 99.000,00Rp 112.000,00Rp 24.000,00Rp 188.000,00Rp 180.000,00Rp 574.000,00Rp 35.000,00Rp 262.500,00Rp 23.500,00Rp 159.000,00
Komposisi utamaCetyl alcohol, propylene glycol, butyl 4-hydroxybenzoate, methyl 4-hydroxybenzoate, dllMelaleuca alternifolia (tea tree) leaf oil, betaine salicylate, citric acidNeem, turmericPanthenol, hamamelis virginiana bark / leaf / twig extractSalicylic acid 2%, vitamin c, citric acidHydrolyzed wheat protein, mentha viridis (spearmint) leaf oil, pelargonium graveolens flower oil, lavandula hybrida oil, citrus aurantium bergamia (bergamot) fruit oilCitric acid, lauric acid, stearic acid, dllPhyto sugar water, saururus chinensis, truffle mushroom, and vitaminsPurifying zinc dan ekstrak witch hazelSeaweed
JenisKrimGelGelKrimGelKrimKrimKrimGelGel
Paraben freeTidak diketahui✔︎Tidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahui✔︎X✔︎Tidak diketahuiTidak diketahui
Soap free✔︎Tidak diketahui✔︎✔︎Tidak diketahuiXTidak diketahuiTidak diketahui✔︎✔︎
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk lain untuk kulit kombinasi di sini!

Selain mencuci wajah, rawat juga muka Anda dengan produk skincare lainnya. Anda bisa temukan berbagai produk perawatan untuk kulit kombinasi di sini. Jika Anda ingin membandingkan facial wash dengan pencuci wajah lainnya, baca juga artikel tentang facial foam dan sabun batang khusus kulit kombinasi!

Kesimpulan

Kami sudah memberikan sepuluh rekomendasi produk dengan keunggulannya masing-masing. Mulai dari yang bisa mengatasi jerawat, komedo, mencerahkan kulit, hingga yang cocok untuk kulit sensitif. 


Merawat kulit kombinasi memang susah-susah gampang. Anda perlu menemukan produk yang tepat untuk melembapkan kulit Anda yang kering, tanpa membuat T-Zone makin berminyak. Semoga artikel kali ini membantu Anda menemukan facial wash yang tepat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
    960.562 Views
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    542.169 Views
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
    731.204 Views
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut, mulai dari eye cream, facial scrub, hingga clay mask. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
    91.000 Views
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK.
    Perawatan wajah
    172.533 Views
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    440.710 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembab Terbaik untuk Remaja (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pelembab Terbaik untuk Remaja (Terbaru Tahun 2021)
    Pada masa remaja, kulit cenderung tidak stabil karena adanya perubahan hormon. Karena itu, pemilihan skincare perlu disesuaikan. Pelembab untuk remaja merupakan salah satu produk yang perlu ada dalam rangkaian teenager skincare.Selain mencari yang khusus untuk remaja, kamu juga perlu menyesuaikan pelembab dengan jenis kulit. Sebagai contoh, pelembab remaja untuk kulit berminyak, kulit kering, atau kulit berjerawat. Berbagai merek skincare yang bagus bisa kamu pilih, misalnya pelembab Emina dan Nivea. Untuk memudahkan kamu menemukan pelembab remaja terbaik, simak tips memilih serta rekomendasi produk berikut ini!
    Perawatan wajah
    1.587 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori