• 10 Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Masker Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)

Wajah yang penuh dengan kilap minyak memang kurang elok untuk dilihat. Untuk itu, Anda membutuhkan rangkaian perawatan kulit agar produksi minyak di wajah tidak berlebih. Salah satu skincare yang bisa membantu Anda mengatasi wajah berminyak dan berjerawat adalah masker. Namun, masker apa yang cocok untuk pemilik kulit wajah berminyak?


Simak artikel ini dan bacalah tips memilih masker yang bagus untuk kulit berminyak. Baca juga tips tambahan dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Innisfree, Acnes, dan SOMETHINC. 

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Dessy Esa S.
  • Pembaharuan terakhir: 24 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Certified aesthetic doctor dan cosmetologist dr. Dessy Esa S.

Profil pakar: Certified aesthetic doctor dan cosmetologist dr. Dessy Esa S.

Dokter Dessy merupakan seorang dokter praktisi estetik atau kecantikan yang aktif sejak 2016. Ia memiliki passion di bidang botox, filler, dan thread lift. Dessy memilih kariernya karena kecintaannya dengan dunia kecantikan.


Berbekal pengetahuan di bidang beauty, Dokter Dessy juga sering membagikan informasi mengenai skincare dan makeup melalui Instagram-nya. Selain aktif praktik, Dokter Dessy juga menjalankan bisnis di bidang skincare yaitu di Utsukushii Skin Center Bandung.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih masker wajah untuk kulit berminyak

Jangan sampai salah memilih masker agar tidak membuat kulit wajah Anda makin berminyak. Berikut ini adalah tips memilih masker wajah untuk kulit berminyak. Silakan disimak hingga tuntas.

Pilih jenis masker yang sesuai untuk kulit berminyak

Tidak semua masker dirancang untuk kulit berminyak. Ada dua jenis masker yang dapat Anda pilih untuk kulit berminyak, yakni clay mask dan peel off mask. Seperti apa karakteristik kedua masker tersebut? Simak penjelasan kami selanjutnya.

Clay mask, ampuh serap minyak berlebih

Clay mask, ampuh serap minyak berlebih

Clay mask terbuat dari abu vulkanik atau endapan mineral. Kandungannya kaya akan mineral sehingga dapat membantu membersihkan pori-pori wajah. Masker ini bersifat sebagai drying agent sehingga mampu menyerap minyak berlebih. Jika Anda memiliki permasalahan kulit berminyak, clay mask merupakan jenis masker yang paling tepat.


Anda cukup mengoleskan clay mask secara tipis-tipis pada wajah, lalu tunggu sampai mengering. Hindari menunggu hingga overdried karena akan membuat kulit terasa tidak nyaman dan menjadi sangat kering. Terakhir, bilas masker sampai bersih dan tidak ada yang sisa-sisa tertinggal.


Akan tetapi, penggunaan masker ini tidak boleh terlalu sering karena dapat membuat kulit Anda menjadi sangat kering. Cukup gunakan 1–3 kali dalam seminggu agar kulit Anda tetap terjaga kelembapannya.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Clay mask memiliki efek absorbing yang berarti mampu menyerap minyak dan komedo di wajah. Karena itu, jenis produk ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki tipe kulit berminyak. Sehabis memakai clay mask, kulit biasanya akan terasa lebih matte dan bersih. Namun, ketahuilah bahwa efek yang diberikan ini tidak permanen. 


Karena itu, Anda harus memakainya dengan rutin, misalnya sekitar tiga kali seminggu. Karena memiliki efek menyerap minyak, usahakanlah agar Anda menggunakannya tidak lebih dari 20 menit. Jika terlalu lama, air di dalam kulit pun akan tertarik keluar sehingga menyebabkan kulit menjadi dehidrasi.

Peel off mask, membersihkan pori secara mendalam

Peel off mask, membersihkan pori secara mendalam

Peel off mask adalah jenis masker yang cara membersihkannya bukan dengan menggunakan air. Untuk membersihkannya, Anda perlu mengelupas lapisan masker yang sebelumnya telah dioleskan dan telah menjadi kenyal. 


Masker ini bermanfaat untuk mengangkat kotoran pada pori-pori sekaligus mengurangi produksi minyak berlebih. Sama seperti penggunaan clay mask, Anda tidak boleh terlalu sering menggunakan peel off mask. Penggunaan yang terlalu sering dapat membuat kulit Anda mengalami iritasi.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Peel off mask merupakan salah satu inovasi masker wajah yang sudah lama populer. Teksturnya awalnya seperti pasta gigi ketika baru dikeluarkan dari kemasan. Seiring berjalannya waktu, ia akan menjadi keras dan menempel dengan kulit. 


Produk ini biasanya mengandung banyak vitamin yang memiliki fungsi berbeda-beda, seperti mencerahkan, melembapkan, serta anti-aging. Dalam hitungan menit setelah diaplikasikan, masker ini harus dibersihkan dengan cara dikelupas. Melalui proses ini, sel kulit mati dan komedo bisa ikut terangkat.

Perhatikan kandungan masker untuk menyerap minyak

Bahan utama dari clay mask adalah kaolin yang bermanfaat untuk mengontrol minyak berlebih dan membersihkan kotoran. Namun, selain itu masih ada bahan lainnya yang dapat membantu menyerap minyak berlebih. Mari simak pembahasannya berikut ini.


  • Charcoal

Charcoal banyak digunakan dalam produk kecantikan. Charcoal dapat menyerap minyak berlebih, serta mengangkat kotoran pada pori-pori


  • Sulfur

Sulfur atau belerang meruapakan salah satu mineral dengan bau menyengat. Namun, sulfur sangat baik dalam menyerap sebum di wajah, membunuh bakteri, dan mengurangi penumpukan kotoran pada pori-pori. 


  • Tea tree oil

Tea tree oil didapatkan dari daun Melaleuca alternifolia. Ekstrak ini bermanfaat untuk mengontrol produksi minyak pada kulit wajah Anda.


Di sisi lain, ingatlah untuk menghindari bahan yang dapat membuat kulit Anda makin berminyak. Masker yang mengandung mineral oil atau minyak lainnya, seperti sunflower oil dan canola oil, dapat menyumbat pori-pori sehingga bisa membuat kulit wajah makin berminyak.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Kandungan pada skincare yang baik untuk mengontrol minyak berlebih di wajah antara lain adalah clay, mud, charcoal, volcanic ash, dan lainnya. Jika Anda memiliki kulit berminyak, kandungan di atas akan membantu mengatasi masalah kulit Anda. 


Kandungan tea tree dapat memberikan efek purifying untuk membersihkan minyak dan komedo sampai pori-pori. Selain itu, kandungan ini juga memiliki sifat antibakteri sehingga baik digunakan untuk kulit berminyak ataupun berjerawat.

Ketahui kandungan untuk permasalahan kulit lainnya

Ketahui kandungan untuk permasalahan kulit lainnya

Kulit berminyak sering kali membawa permasalahan kulit lainnya. Hal ini karena sebum yang berlebih dapat membuat wajah tampak kusam. Bahkan, saat sebum bercampur dengan kotoran bisa timbul jerawat dan komedo. Untuk itu, Anda bisa mempertimbangkan kandungan bahan lainnya sesuai permasalahan kulit Anda. 


  • Kulit berminyak dan kusam 

Untuk kulit berminyak dan kusam, pertimbangkan masker dengan kandungan vitamin C dan niacinamide. Vitamin C dikenal sebagai salah salah satu antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Flek hitam akibat paparan sinar UV, serta warna kulit tidak merata dapat dibantu diatasi dengan vitamin C. Sementara niacinamide akan membantu membentuk sel-sel kulit baru dan menjaga kulit tetap sehat.


  • Kulit berminyak dan berjerawat

Sebum berlebih dapat membuat penumpukan kotoran di pori-pori jadi makin banyak. Kondisi ini dapat membuat kulit Anda menjadi berjerawat. Untuk itu, Anda dapat memilih masker yang mengandung tea tree, witch hazel, salicylic acid, dan lemon. Bahan-bahan tersebut dapat membantu mengurangi inflamasi karena jerawat, serta mencegah jerawat datang kembali.


  • Kulit berminyak dan sensitif

Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak sekaligus sensitif, perhatikan bahan-bahan di dalamnya. Pastikan produk tersebut bebas mineral oil, pewangi, dan pewarna tambahan. Bahan-bahan tersebut mungkin saja membuat kulit Anda makin teriritasi. Pilihlah masker yang terbuat dari bahan alami agar tidak menimbulkan alergi.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Jika Anda memiliki tipe kulit berminyak, masalah lain yang mungkin Anda alami adalah komedo dan jerawat. Selain kandungan yang dapat menyerap minyak, Anda juga bisa mempertimbangkan kandungan lain seperti salycid acid dan tea tree untuk jerawat Anda. 


Bagi Anda yang memiliki masalah kulit kusam, Anda juga bisa mempertimbangkan penggunaan masker dengan kandungan lain. Silakan coba kandungan seperti ekstrak tumbuhan, vitamin C, dan niacinamide untuk mencerahkan kulit.

Pastikan keamanan produk pilihan Anda

Pastikan keamanan produk pilihan Anda

Dalam menentukan produk perawatan wajah, sebisa mungkin pilihlah yang terbukti aman. Anda dapat memeriksa keamanan produk dengan mengecek sertifikasi dari BPOM. Produk yang telah tersertifikasi tentu telah terjamin tidak berbahaya untuk kulit Anda.


Namun, ada beberapa produk impor yang belum mendapatkan sertifikasi BPOM. Sebelum membeli produk tersebut, ada baiknya Anda membaca ulasan produk. Dengan begitu, Anda bisa lebih mengetahui kualitas dan keamanan produk saat digunakan.

dr. Dessy Esa S.
Certified aesthetic doctor & cosmetologist
dr. Dessy Esa S.

Selalu periksa bagian belakang produk seperti tanggal kedaluwarsa dan juga notifikasi dari BPOM. Pastikan Anda menggunakan produk yang sudah lulus izin edar dan benar-benar memiliki hasil uji klinis. 


Jangan membeli produk hanya karena iklan semata. Jika Anda mencoba menggunakan produk palsu, ada banyak sekali efek samping yang bisa terjadi. Jika sudah begitu, Anda tidak bisa menemukan pihak yang bisa dimintai pertanggungjawaban.

10 Rekomendasi masker wajah terbaik untuk kulit berminyak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh masker wajah terbaik untuk kulit berminyak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dessy Esa S.

10
JenisPeel off mask
BahanCharcoal, collagen, moringa seed extract
Isi60 g
BPOM
9
JenisClay mask
BahanKaolin clay, peppermint oil, aduki beans, vanilla absolute, honey
Isi125 g
BPOM×
8

EverwhitePeel Off Mask (Cucumber & Aloe Vera)

Mulai dari Rp 98.000,00

JenisPeel off mask
BahanAloe vera, cucumber fruit extract, chamomile
Isi125 ml
BPOM
7

FreemanClearing Sweet Tea + Lemon Peel-Off Clay Mask

Mulai dari Rp 96.800,00

JenisPeel off mask
BahanTea, lemon
Isi175 ml
BPOM
6
JenisClay mask
BahanBentonite, kaolin, tea tree oil, aloe barbadensis leaf
Isi50 g
BPOM
5

The Body ShopHimalayan Charcoal Purifying Glow Mask

Mulai dari Rp 129.000,00

JenisClay mask
BahanBamboo charcoal, green tea leaves, organic tea tree oil
Isi15 ml, 75 ml
BPOM
4

SOMETHINCMugwortella Charcoal Deep Pore Cleansing 10 Minutes Wash Off Mask

Mulai dari Rp 89.000,00

JenisClay mask
BahanNatural plants, Centella asiatica, mugwort, bamboo charcoal, dead sea mud, strawberry seeds, bentonite, kaolin
Isi60 g
BPOM
3

HanasuiNaturgo Black Peel Off Mask - Tube

Mulai dari Rp 21.500,00

JenisPeel off mask
BahanBlack carbon, niacinamide
Isi60 g
BPOM
2
JenisClay mask
BahanKaolin, bentonite, fuller's earth, Curcuma longa root extract
Isi100 ml
BPOM
1

InnisfreeSuper Volcanic Pore Clay Mask 2X

Mulai dari Rp 192.000,00

JenisClay mask
BahanJeju volcanic ash, walnut shell powder, AHA
Isi100 ml
BPOM

Tabel perbandingan produk masker wajah terbaik untuk kulit berminyak

Gambar produk
1
Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2X 1

Innisfree

2
Himalaya   Purifying Neem Mask 1

Himalaya

3
Hanasui Naturgo Black Peel Off Mask - Tube 1

Hanasui

4
SOMETHINC Mugwortella Charcoal Deep Pore Cleansing 10 Minutes Wash Off Mask 1

SOMETHINC

5
The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask 1

The Body Shop

6
Rohto Acnes Tea Tree Oil Clay Mask 1

Rohto

7
Freeman Clearing Sweet Tea + Lemon Peel-Off Clay Mask 1

Freeman

8
Everwhite Peel Off Mask (Cucumber & Aloe Vera) 1

Everwhite

9
LUSH Mask Of Magnaminty 1

LUSH

10
Mustika Ratu Peel Off Mask Bamboo Charcoal 1

Mustika Ratu

Nama produk

Super Volcanic Pore Clay Mask 2X

Purifying Neem Mask

Naturgo Black Peel Off Mask - Tube

Mugwortella Charcoal Deep Pore Cleansing 10 Minutes Wash Off Mask

Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask

Acnes Tea Tree Oil Clay Mask

Clearing Sweet Tea + Lemon Peel-Off Clay Mask

Peel Off Mask (Cucumber & Aloe Vera)

Mask Of Magnaminty

Peel Off Mask Bamboo Charcoal

Keunggulan

Dengan abu vulkanik Jeju, komplet atasi permasalahan kulit wajah berminyak

Ringankan iritasi, kulit bebas kemerahan

Ucapkan selamat tinggal pada komedo!

Dapatkan kulit cantik bebas minyak hanya dengan sepuluh menit

Produk vegan yang bebas bahan berbahaya

Solusi pintar kulit berminyak sekaligus berjerawat

Wajah bebas minyak, noda hitam, dan radikal bebas

Aman untuk ibu hamil dan menyusui

Santai sejenak hilangkan minyak dan penat

Harga mulai dariRp 192.000,00Rp 40.000,00Rp 21.500,00Rp 89.000,00Rp 129.000,00Rp 34.000,00Rp 96.800,00Rp 98.000,00Rp 309.000,00Rp 28.100,00
JenisClay maskClay maskPeel off maskClay maskClay maskClay maskPeel off maskPeel off maskClay maskPeel off mask
BahanJeju volcanic ash, walnut shell powder, AHAKaolin, bentonite, fuller's earth, Curcuma longa root extractBlack carbon, niacinamideNatural plants, Centella asiatica, mugwort, bamboo charcoal, dead sea mud, strawberry seeds, bentonite, kaolinBamboo charcoal, green tea leaves, organic tea tree oilBentonite, kaolin, tea tree oil, aloe barbadensis leafTea, lemonAloe vera, cucumber fruit extract, chamomileKaolin clay, peppermint oil, aduki beans, vanilla absolute, honeyCharcoal, collagen, moringa seed extract
Isi100 ml100 ml60 g 60 g15 ml, 75 ml50 g175 ml125 ml125 g60 g
BPOM×
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar masker wajah untuk kulit berminyak

Pertanyaan umum seputar masker wajah untuk kulit berminyak

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan popular seputar kulit berminyak. Jika Anda masih penasaran dengan kulit berminyak, simak jawabannya di sini. 

Apa yang menyebabkan wajah berminyak?

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan wajah berminyak. Beberapa di antaranya adalah faktor yang tidak bisa diubah, seperti gentik, usia, atau hormon. Faktor lainnya adalah kesalahan perawatan, seperti:


  • Salah memilih skincare, misalnya menggunakan produk perawatan yang tidak sesuai dengan jenis kulit.

  • Tidak menggunakan pelembap. Kulit berminyak harus tetap menggunakan pelembap agar kulit tetap terhidrasi dengan baik sehingga tidak mengeluarkan sebum berlebih. Namun, pastikan Anda menggunakan produk dengan keterangan "bebas minyak" dan "non-comedogenic". 

  • Melakukan perawatan berlebihan, misalnya, mencuci muka terlalu sering, penggunaan toner beralkohol, atau eksfoliasi berlebihan.

  • Terlalu banyak mengonsumsi gula. Gula yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Kulit dapat menjadi lebih berminyak dan mudah berjerawat. 

Apakah sheet mask cocok untuk kulit berminyak?

Sheet mask sering kali ditujukan untuk kulit kering. Namun, sheet mask juga baik digunakan untuk jenis kulit lainnya, seperti kulit kombinasi, kulit berjerawat, termasuk kulit berminyak. Hanya, dalam penggunaan sheet mask untuk kulit berminyak, pastikan Anda memilih varian yang tepat. Pilihlah sheet mask dengan kandungan yang baik untuk kulit berminyak, seperti tea tree, green tea, cucumber, dan Aloe vera. 

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk pemilik kulit berminyak di sini

Kulit berminyak membutuhkan kosmetik dan produk perawatan yang khusus. Salah memilih produk dapat membuat kulit Anda makin berminyak. Berikut ini adalah berbagai produk kecantikan untuk pemilik kulit berminyak. Cari tahu dan dapatkan produk yang tepat untuk Anda!

Kesimpulan

Dalam memilih masker wajah untuk kulit berminyak, pilihlah jenis masker yang terasa lebih nyaman dan mudah bagi Anda. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan bahan kandungan di dalamnya. Dengan demikian, Anda bisa menentukan produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.


Setelah membelinya, jangan lupa untuk menggunakan masker tersebut sesuai dengan petunjuk pemakaian yang tertulis. Selamat tampil cantik bebas minyak!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Toner Aloe Vera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Toner Aloe Vera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu tahapan yang sebaiknya tidak Anda lewatkan dalam rutinitas perawatan kulit adalah menggunakan toner. Selain membersihkan kulit dengan lebih maksimal, toner juga berperan dalam melembapkan dan menyeimbangkan pH kulit. Agar lebih aman, pilihlah toner dengan bahan alami, seperti Aloe vera atau lidah buaya. Namun, produk mana yang sebaiknya dipilih?Di artikel ini kami akan mengulas poin-poin yang perlu Anda perhatikan dalam memilih toner Aloe vera. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk dari sejumlah merek, antara lain Lacoco, Nature Republic, dan Thayers. Baca sampai selesai, ya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori