1. TOP
  2. >
  3. Kesehatan
  4. >
  5. Alat medis
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Tongkat Bantu Jalan Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Tongkat Bantu Jalan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Tongkat Bantu Jalan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Tongkat Bantu Jalan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Tongkat Bantu Jalan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Tongkat Bantu Jalan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Tongkat Bantu Jalan Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Usia senja semestinya tidak menjadi penghalang untuk tetap aktif bergerak. Berat badan bisa terkontrol dan tubuh pun menjadi lebih sehat dengan beraktivitas. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa kondisi tubuh sudah tidak seprima dahulu. Karena itu, Anda mungkin membutuhkan tongkat bantu jalan untuk mendukung aktivitas sehari-hari.


NKami akan menjelaskan cara memilih sekaligus memberikan daftar rekomendasi tongkat bantu jalan terbaik. Ada tongkat bantu jalan lipat, kaki 3, dan kaki 4 yang bagus untuk lansia, misalnya merek OneMed atau Sella. Dapatkan tongkat alat bantu jalan manula terbaik yang bagus dan memudahkan mobilitas Anda!

Diperbaharui 08-11-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa perbedaan tongkat bantu jalan dengan walker?

Apa perbedaan tongkat bantu jalan dengan walker?

Tongkat bantu jalan ditujukan untuk orang usia lanjut yang kesulitan berjalan, tetapi masih bisa berjalan tanpa bantuan tongkat. Contohnya dapat Anda lihat pada produk sebelah kiri di foto atas.


Harap diingat bahwa tongkat ini bukan untuk orang yang sulit berjalan karena cedera atau sakit. Tongkat untuk orang dengan kondisi demikian (tongkat kruk) dapat mendistribusikan berat badan dan menstabilkan pusat gravitasi. Karena itu, spesifikasinya berbeda dari tongkat untuk lansia yang akan kami bahas.


Terdapat banyak pilihan tongkat bantu jalan di pasaran. Jadi, sesuaikanlah produk dengan penggunaan Anda. Bila hendak dijadikan hadiah, penting juga untuk menyesuaikan desainnya dengan selera penerima.

Cara memilih tongkat bantu jalan

Pada dasarnya, tongkat bantu jalan digunakan oleh orang yang kakinya lemah. Karena itu, pilihlah sesuai dengan kemampuan berjalan dan kondisi fisik Anda. Berikut beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam memilihnya.

① Pilih berdasarkan panjang tongkat

Pilih berdasarkan panjang tongkat

Bila tidak sesuai dengan kondisi fisik Anda, tongkat akan sulit digunakan dan mungkin malah menyebabkan cedera. Agar terhindar dari hal ini, pastikan panjang tongkat sesuai dengan tinggi badan Anda.


Pilihlah tongkat yang memungkinkan siku Anda menekuk dengan alami (30–40 derajat) saat dipakai. Ujung tongkat pun sebaiknya berada 20 cm dari ujung kaki. Pilihlah juga tongkat dengan panjang yang cukup untuk menahan posisi berdiri Anda. Jika kurang yakin, Anda bisa menggunakan kalkulasi 'tinggi badan x 0,5 + 2–3 cm untuk menentukan panjang tongkat yang pas.

② Periksa bentuk pegangannya

Periksa bentuk pegangannya

Secara garis besar, bentuk ujung tongkat bantu jalan terbagi menjadi dua, yaitu bentuk T dan bentuk U. Tiap-tiap tipe memiliki keunggulan tersendiri.


  • Tongkat bentuk T, memiliki pegangan yang datar dan berada di ujung tongkat sehingga bentuknya mirip huruf 'T'. Kelebihan tongkat bentuk T adalah keseimbangan tubuh mudah dicapai. Cara penggunaannya cukup dengan menggenggam handle di antara jari telunjuk dan jari tengah. Karena itu, pilihlah tongkat bentuk T bila Anda sangat bergantung pada tongkat untuk berjalan.

  • Tongkat bentuk U, pegangannya melengkung dan bisa Anda gantungkan di lengan saat hendak menggunakan kedua tangan. Namun, tongkat tipe ini kurang stabil dibanding tipe T. Selain itu, tongkat bentuk U juga lebih rawan selip dan bergeser dari genggaman. 

Selain tongkat model T dan U yang mendominasi pasaran, ada juga tongkat yang berbentuk unik dan memiliki tampilan atraktif. Tongkat bantu jalan akan sering menemani Anda pergi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memilih produk yang modelnya sesuai dengan gaya busana dan selera Anda.

③ Cek ketebalan pegangannya

Cek ketebalan pegangannya

Makin tebal pegangan pada tongkat, makin kukuh juga Anda dapat menggenggamnya. Namun, jika Anda memiliki tangan yang kecil, pegangan yang tebal mungkin sedikit sulit digenggam. Jadi, sebisa mungkin pilihlah ketebalan pegangan yang pas dengan ukuran tangan Anda, ya.

④ Ketahui bahan dan bobotnya

Ketahui bahan dan bobotnya

Ada beberapa bahan yang lazim digunakan untuk membuat tongkat bantu jalan. Kenali karakteristik masing-masing bahan dan pilih sesuai preferensi Anda. 


  • Metal, memiliki ketahanan mumpuni dan mudah dibersihkan

  • Kayu, tampilannya natural, mewah, dan elegan

Perlu diingat, bahan dan konstruksi tongkat juga dapat memengaruhi bobotnya. Untuk lansia yang fisiknya sudah melemah, bobot tongkat patut diperhatikan. Jadi, pertimbangkanlah kondisi fisik dan kesehatan penerima ketika akan memberikan tongkat bantu jalan sebagai hadiah. Jangan sampai memberi tongkat yang bobotnya terlalu berat.

10 Rekomendasi tongkat bantu jalan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tongkat bantu jalan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Sella

Tongkat Jalan Orang Tua Kaki 4

Sella Tongkat Jalan Orang Tua Kaki 4 1枚目

Lebih stabil dengan empat kaki

2

Tongkat Orang Tua Jati Ukir Cukit

 Tongkat Orang Tua Jati Ukir Cukit  1枚目

Ukiran cantik bergaya Jawa pada tongkat Anda

3

Tongkat Kursi Lipat 84 cm

 Tongkat Kursi Lipat 84 cm 1枚目

Kalau lelah, tinggal duduk di kursi lipatnya!

4

Tongkat Bantu Jalan Rotan

 Tongkat Bantu Jalan Rotan 1枚目

Tradisional dan varian ukurannya banyak

5

Sella

Tongkat Lipat Satu Kaki

Sella Tongkat Lipat Satu Kaki 1枚目

Tongkat bantu jalan mewah yang antikarat dan ringan

6

As Seen on TV

Trusty Cane

As Seen on TV Trusty Cane 1枚目

Ada lampu LED-nya, jalan di waktu gelap tak lagi cemas!

7

OneMed

Tongkat Pyramid Kaki 3

OneMed Tongkat Pyramid Kaki 3 1枚目

Modern dan adjustable, tunggu apalagi?

8

Tongkat Glugu Pohon Kelapa

 Tongkat Glugu Pohon Kelapa 1枚目

Kilau tongkatnya elegan maksimal

9

Tongkat Jalan Kayu Galih Asem Ukir Naga

 Tongkat Jalan Kayu Galih Asem Ukir Naga 1枚目

Tampil berwibawa ala master kungfu

10

GEA

Tongkat Kaki Satu

GEA Tongkat Kaki Satu 1枚目

Model simpel dan sleek untuk segala suasana

Perincian produk
Close
No.1

SellaTongkat Jalan Orang Tua Kaki 4KY922

Mulai dari Rp110.000,00

Lebih stabil dengan empat kaki

Kelebihan:

  • Ada empat kaki, kian stabil digunakan

Kekurangan:

  • Bobot cenderung lebih berat dibandingkan tongkat satu kaki

Bagi orang yang fisiknya sudah lemah dan sulit berjalan tanpa bantuan, kami merekomendasikan tongkat ini. Alasannya, tongkat ini memiliki empat kaki yang mampu menopang berat tubuh. Ditambah lagi, di ujung kaki-kakinya terdapat karet antiselip yang aman untuk lantai licin. Dengan begitu, tongkat lebih stabil dan aman digunakan bahkan untuk orang tua yang sudah sepuh sekalipun.

No.2

Tongkat Orang Tua Jati Ukir Cukit

Mulai dari Rp65.000,00

Ukiran cantik bergaya Jawa pada tongkat Anda

Kelebihan:

  • Berbahan kayu jati, sangat awet

Kekurangan:

  • Bagian gagangnya mengilap, dapat terasa licin saat basah

Biasanya, tongkat bantu jalan yang terbuat dari kayu desainnya itu-itu saja. Namun, tongkat dari kayu jati ini tidak demikian. Terdapat motif ukiran bunga ala Jawa pada badan dan pegangan tongkat seberat 600 gram ini. Meskipun begitu, ukirannya tidak terlalu feminin sehingga bisa juga digunakan oleh kakek. Padukan tongkat ini dengan kebaya dan beskap. Pasti Anda terlihat seperti seorang bangsawan Jawa!

No.3

Tongkat Kursi Lipat 84 cm

Mulai dari Rp108.000,00

Kalau lelah, tinggal duduk di kursi lipatnya!

Kelebihan:

  • Dilengkapi kursi, Anda bisa duduk beristirahat

Kekurangan:

  • Beban maksimal 80 kg, kurang tepat untuk orang berbobot berat

Banyak bergerak tentu membuat tubuh menjadi letih. Apalagi, kondisi fisik sudah tidak sebugar dahulu. Bila ini masalah yang sering Anda alami, cobalah tongkat yang dapat mengusir rasa letih Anda ini!


Tongkat bantu jalan jenis ini dilengkapi dengan tiga kaki dan kursi kecil untuk orang tua. Kursi tersebut mampu menahan beban sampai 80 kg. Berkat itu, Anda bisa beristirahat sejenak ketika capek. Anda juga bisa memakainya saat sedang mengantre. Tidak perlu lagi berdiri untuk waktu yang lama!

No.4

Tongkat Bantu Jalan Rotan

Mulai dari Rp51.100,00

Tradisional dan varian ukurannya banyak

Kelebihan:

  • Rotannya tebal sehingga makin kuat digunakan

Kekurangan:

  • Bahan rotan rentan rusak akibat jamur dan air

Dibuat dari bahan rotan tebal, produk ini tak mudah patah meski digunakan terus-menerus untuk menopang berat badan Anda. Serat kayu yang terlihat jelas plus warna cokelat cerah pun membuat tongkat ini terkesan tradisional. Dengan segala keunggulannya, nyatanya produk ini memiliki harga yang ramah kantong. Pilihan tepat bila Anda ingin memiliki tongkat bantu jalan klasik dengan dana minim.

No.5

SellaTongkat Lipat Satu Kaki

Mulai dari Rp70.000,00

Tongkat bantu jalan mewah yang antikarat dan ringan

Kelebihan:

  • Minimalis dan bisa dilipat

Kelemahan:

  • Model satu kaki bisa terasa kurang stabil di medan tidak rata

Bagi Anda yang ingin tongkat dengan desain simpel sekaligus tetap mewah, bagaimana kalau pilih produk ini saja? Desainnya tidak aneh-aneh, sementara warna bronze kecokelatannya membuat tongkat ini kelihatan mewah. Terbuat dari aluminium, Anda bisa memakai tongkat bantu jalan berbobot 500 gram ini untuk waktu yang lama.

No.6

As Seen on TVTrusty Cane

Mulai dari Rp99.000,00

Ada lampu LED-nya, jalan di waktu gelap tak lagi cemas!

Kelebihan:

  • Dilengkapi lampu LED untuk membantu penerangan

Kekurangan:

  • Baterai lampu perlu Anda ganti secara berkala

Seiring bertambahnya usia, kemampuan indera pun melemah. Hal ini termasuk juga kemampuan mata untuk melihat di tempat gelap. Solusinya, Anda bisa pakai tongkat lipat yang dilengkapi dengan lampu LED (light emitting diode) ini.


Selain dapat menerangi langkah Anda, tinggi tongkat ini pun bisa disesuaikan dengan tinggi badan. Tak perlu khawatir tongkat kependekan atau ketinggian! Ditambah lagi, terdapat penyangga di ujung bawah agar tongkat tidak licin. Benar-benar aman dan nyaman!

No.7

OneMedTongkat Pyramid Kaki 3 B000005551

Mulai dari Rp98.000,00

Modern dan adjustable, tunggu apalagi?

Kelebihan:

  • Ketinggiannya bisa diatur, makin fleksibel

Kelemahan:

  • Cat rentan lecet seiring dengan pemakaian

Penggunaan warna silver metalic menjadikan tongkat bantu jalan kaki tiga ini terlihat modern. Gagangnya pun bergelombang dan ergonomis agar terasa firm digenggam terutama oleh lansia. Anda juga bisa mengatur ketinggian tongkat ini sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda mencari tongkat bantu jalan berkaki tiga yang desainnya kekinian dan mudah diubah ketinggiannya, produk ini solusinya.

No.8

Tongkat Glugu Pohon Kelapa

Mulai dari Rp65.000,00

Kilau tongkatnya elegan maksimal

Kelebihan:

  • Tampil berkelas dengan finishing glossy

Kekurangan:

  • Material kayu rentan rusak akibat rayap

Jika Anda menyukai tongkat berbahan kayu, produk yang satu ini boleh dimiliki. Dengan tampilan yang terkesan vintage, tongkat ini tetap elegan. Hal ini berkat badan tongkat yang dipelitur hingga berkilau. Perpaduan warna hitam dan cokelatnya juga simpel. Dengan tongkat ini, Anda siap menjadi kakek dan nenek yang classy nan elegan.

No.9

Tongkat Jalan Kayu Galih Asem Ukir Naga

Mulai dari Rp285.000,00

Tampil berwibawa ala master kungfu

Kelebihan:

  • Tampil eksentrik dengan desain kepala naga

Kekurangan:

  • Untuk kategori tongkat bantu jalan satu kaki, harganya tergolong tinggi

Mungkinkah Anda menggemari sesuatu yang berhubungan dengan seni bela diri? Kami punya rekomendasi tongkat yang tepat. Tongkat bantu jalan yang terbuat dari kayu ini memiliki pegangan berbentuk kepala naga, lho. Keren, bukan?


Naga yang sering menjadi simbol dalam kungfu ini melambangkan kebijaksanaan dan kekuatan menurut mitologi Tiongkok. Dengan memakai tongkat ini, selain tambah gagah, tentu penampilan pun akan terkesan bewibawa. 

No.10

GEATongkat Kaki SatuFS920L

Mulai dari Rp102.000,00

Model simpel dan sleek untuk segala suasana

Kelebihan:

  • Desain simpel, versatile untuk segala suasana

Kekurangan:

  • Model satu kaki bisa terasa kurang stabil di medan tidak rata

Desain tongkat ini simpel dengan warna silver yang terkesan sleek dan clean. Berkat visualnya tersebut, tongkat ini jadi mudah disesuaikan dengan warna busana Anda. Tongkat seberat 700 gram ini pun tidak akan mencolok dipakai ke berbagai acara, baik kasual maupun formal. Jika Anda tidak terlalu tertarik dengan tongkat bermotif, ini dia tongkat idaman Anda.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk hadiah di sini

Selain tongkat bantu jalan, masih ada lagi produk yang cocok dijadikan hadiah untuk kakek dan nenek. Mungkin Anda ingin mempertimbangkan barang-barang rekomendasi kami di bawah ini. Setelah menentukan hadiah yang tepat, jangan lupa bungkus dengan kertas kado yang cantik dan menarik, ya!

Kesimpulan

Tongkat bantu jalan dapat mendukung pola hidup aktif Anda meskipun usia tak lagi muda. Dengan produk yang tepat, mobilitas Anda pun bisa jadi lebih mudah. Sebelum membeli, jangan lupa sesuaikan tinggi tongkat dengan tinggi badan Anda. 


Lalu, pastikan Anda nyaman saat memakainya agar tidak cepat lelah. Selain itu, perhatikan juga bahan dan bobot tongkatnya. Semoga Anda dapat menemukan tongkat bantu jalan yang paling cocok, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer