• 10 Rekomendasi Tongkat Bantu Jalan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Tongkat Bantu Jalan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Tongkat Bantu Jalan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Tongkat Bantu Jalan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Tongkat Bantu Jalan Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Tongkat Bantu Jalan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Usia senja semestinya tidak menjadi penghalang untuk tetap aktif bergerak. Justru, berat badan bisa terkontrol dan tubuh pun menjadi lebih sehat dengan beraktivitas. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa kondisi tubuh sudah tidak seprima dulu. Karena itu, Anda mungkin membutuhkan tongkat bantu jalan untuk mendukung aktivitas sehari-hari.


Beragamnya desain tongkat bantu jalan mungkin membingungkan Anda dalam memilih. Tak perlu pusing karena kali ini kami akan membantu Anda memilih dengan memaparkan tipsnya. Kami juga akan merekomendasikan produk di akhir artikel. Dapatkan tongkat bantu jalan yang memudahkan mobilitas Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 22 Mei 2022
Daftar isi

Apa perbedaan tongkat bantu jalan dengan walker?

Apa perbedaan tongkat bantu jalan dengan walker?

Tongkat bantu jalan yang akan kami bahas kali ini merujuk pada tongkat yang disebut dengan single walking stick. Tongkat ini ditujukan untuk orang usia lanjut yang kesulitan berjalan, tetapi masih bisa berjalan tanpa bantuan tongkat. Contohnya dapat Anda lihat pada produk sebelah kiri di foto atas.


Harap diingat bahwa tongkat ini bukan untuk orang yang sulit berjalan karena cedera atau sakit. Tongkat untuk orang dengan kondisi demikian (tongkat kruk) dapat mendistribusikan berat badan dan menstabilkan pusat gravitasi. Karena itu, spesifikasinya berbeda dari tongkat untuk lansia yang akan kita bahas.


Terdapat banyak pilihan tongkat bantu jalan di pasaran. Jadi, sesuaikanlah produk dengan penggunaan Anda. Bila hendak dijadikan hadiah, penting juga untuk menyesuaikan desainnya dengan selera penerima.

Cara memilih tongkat bantu jalan

Pada dasarnya, tongkat bantu jalan digunakan oleh orang yang kakinya lemah. Karena itu, pilihlah sesuai dengan kemampuan berjalan dan kondisi fisik Anda. Berikut beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam memilihnya.

Pilih berdasarkan panjang tongkat

Pilih berdasarkan panjang tongkat

Bila tidak sesuai dengan kondisi fisik Anda, tongkat akan sulit digunakan dan mungkin malah menyebabkan cedera. Agar terhindar dari hal ini, pastikan panjang tongkat sesuai dengan tinggi badan Anda.


Pilihlah tongkat yang memungkinkan siku Anda menekuk dengan alami (30-40 derajat) saat dipakai. Ujung tongkat pun sebaiknya berada 20 cm dari ujung kaki. Pilihlah juga tongkat dengan panjang yang cukup untuk menahan posisi berdiri Anda. Jika kurang yakin, Anda bisa menggunakan kalkulasi 'tinggi badan x 0,5 + 2-3cm' untuk menentukan panjang tongkat yang pas.

Periksa bentuk pegangannya

Periksa bentuk pegangannya

Secara garis besar, bentuk ujung tongkat bantu jalan terbagi menjadi dua, yaitu bentuk T dan bentuk U. Bentuk T memiliki pegangan yang datar dan berada di ujung tongkat sehingga bentuknya mirip huruf 'T'. Sedangkan, tongkat yang pegangannya melengkung disebut dengan tongkat bentuk U.


Kelebihan tongkat bentuk T adalah keseimbangan tubuh mudah dicapai. Caranya cukup dengan menggenggam handle di antara jari telunjuk dan jari tengah. Di sisi lain, tongkat bentuk U bisa Anda gantungkan di lengan saat hendak menggunakan kedua tangan, misalnya saat berbelanja. Namun, tongkat tipe ini kurang stabil dibanding tipe T. Selain itu, tongkat bentuk U juga lebih rawan terselip dan bergeser dari genggaman. Karena itu, pilihlah tongkat bentuk T bila Anda sangat bergantung pada tongkat untuk berjalan.

Cek ketebalan pegangannya

Cek ketebalan pegangannya

Makin tebal pegangan pada tongkat, makin kukuh juga Anda dapat menggenggamnya. Namun, jika Anda memiliki tangan yang kecil, pegangan yang tebal mungkin sedikit sulit digenggam. Jadi, sebisa mungkin pilihlah ketebalan pegangan yang pas dengan ukuran tangan Anda, ya.

Pilih berdasarkan bahan, desain, dan bobotnya

Pilih berdasarkan bahan, desain, dan bobotnya

Umumnya, tongkat bantu jalan terbuat dari metal atau resin. Akan tetapi, ada juga tongkat mewah impor yang terbuat dari kayu. Desain pegangan tongkat tidak melulu berbentuk T dan U, tetapi ada juga yang berbentuk unik. Tongkat bantu jalan akan sering menemani Anda pergi. Pasti lebih menyenangkan bila modelnya sesuai dengan gaya busana dan selera Anda, bukan?


Lalu, bahan dan konstruksi tongkat juga dapat memengaruhi bobotnya. Untuk lansia yang fisiknya sudah melemah, bobot tongkat patut diperhatikan. Jadi, pertimbangkanlah kondisi fisik dan kesehatan penerima ketika akan memberikan tongkat bantu jalan sebagai hadiah. Jangan sampai memberi tongkat yang bobotnya terlalu berat.

10 Rekomendasi tongkat bantu jalan terbaik

Seperti yang telah disebutkan di atas, kini saatnya kami memperkenalkan produk tongkat bantu jalan pilihan kami. Ada berbagai desain, bentuk, dan harga. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget Anda!

10

Tongkat Orang Tua Kayu Jati Motif Kepala Naga

Mulai dari Rp 65.000,00

UkuranTinggi 89 cm・Diameter 3 cm
Bobot600 gram
BahanKayu jati
9
UkuranTinggi 89 cm・Diameter payung 95-109 cm
Bobot520 gram
BahanLapisan silver antisinar UV (ultraviolet)
8
UkuranTinggi 87 cm・Diameter 3 cm
BobotTidak disebutkan
BahanGlugu (batang) pohon kelapa
7
Ukuran85 x 15 cm・Diameter 3 cm
BobotTidak disebutkan
BahanKayu jati
6
UkuranTinggi 84 cm
Bobot800 gram
BahanAlumunium ringan anti karat
5
UkuranTinggi 95 cm
BobotTidak disebutkan
BahanTidak disebutkan
4
Ukuran72 - 95 cm (dapat diatur)
BobotTidak disebutkan
BahanAluminium
3

Tongkat Jalan Lipat 5 Bagian Motif Print

Mulai dari Rp 79.800,00

UkuranTinggi 100 cm (terbuka) ・28 x 8,5 cm (terlipat)
BobotTidak disebutkan
BahanAlumunium alloy
2
UkuranTinggi 100 cm
Bobot500 gram
BahanAluminium, plastik
1
Ukuran59-93 cm (dapat diatur)
Bobot700 gram
BahanAluminium

Tabel perbandingan produk tongkat bantu jalan terbaik

Gambar produk
1
GEA Tongkat Kaki Satu 1

GEA

2
Sella Tongkat Lipat Satu Kaki 1

Sella

3
Tongkat Jalan Lipat 5 Bagian Motif Print 1

4
GEA Tongkat Bantu Jalan Lansia 1

GEA

5
As Seen on TV Trusty Cane 1

As Seen on TV

6
Tongkat Kursi Lipat 1

7
Alat Bantu Jalan Orang Tua Ukir 1

8
Tongkat Glugu Pohon Kelapa 1

9
Payung Tongkat 1

10
Tongkat Orang Tua Kayu Jati Motif Kepala Naga 1

Nama produk

Tongkat Kaki Satu

Tongkat Lipat Satu Kaki

Tongkat Jalan Lipat 5 Bagian Motif Print

Tongkat Bantu Jalan Lansia

Trusty Cane

Tongkat Kursi Lipat

Alat Bantu Jalan Orang Tua Ukir

Tongkat Glugu Pohon Kelapa

Payung Tongkat

Tongkat Orang Tua Kayu Jati Motif Kepala Naga

Keunggulan

Model simpel dan sleek cocok dipakai untuk segala suasana

Antikarat, ringan, warnanya mewah pula

Lebih bergaya dengan tongkat fashionable dan kekinian

Lebih stabil dengan empat kaki

Ada lampu LED-nya, jalan di waktu gelap tak lagi cemas!

Kalau lelah, tinggal duduk di kursi lipatnya!

Ukiran cantik bergaya Jawa pada tongkat Anda

Kilau tongkatnya elegan maksimal

Jadi tongkat bisa, jadi payung pun bisa!

Tampil berwibawa ala master kungfu

Harga mulai dariRp 85.000,00Rp 64.999,00Rp 79.800,00Rp 115.000,00Rp 95.000,00Rp 118.900,00Rp 49.000,00Rp 50.000,00Rp 72.000,00Rp 65.000,00
Ukuran59-93 cm (dapat diatur)Tinggi 100 cmTinggi 100 cm (terbuka) ・28 x 8,5 cm (terlipat)72 - 95 cm (dapat diatur)Tinggi 95 cmTinggi 84 cm85 x 15 cm・Diameter 3 cmTinggi 87 cm・Diameter 3 cmTinggi 89 cm・Diameter payung 95-109 cmTinggi 89 cm・Diameter 3 cm
Bobot700 gram500 gramTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan800 gramTidak disebutkanTidak disebutkan520 gram600 gram
BahanAluminiumAluminium, plastikAlumunium alloyAluminiumTidak disebutkanAlumunium ringan anti karatKayu jatiGlugu (batang) pohon kelapaLapisan silver antisinar UV (ultraviolet)Kayu jati
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk hadiah di sini!

Selain tongkat bantu jalan, masih ada lagi produk yang cocok dijadikan hadiah untuk kakek dan nenek. Mungkin Anda ingin mempertimbangkan barang-barang rekomendasi kami di bawah ini. Setelah menentukan hadiah yang tepat, jangan lupa bungkus dengan kertas kado yang cantik dan menarik, ya!

Kesimpulan

Tongkat bantu jalan dapat mendukung pola hidup aktif Anda meskipun usia tak lagi muda. Dengan produk yang tepat, mobilitas Anda pun bisa jadi lebih mudah. Sebelum membeli, jangan lupa sesuaikan tinggi tongkat dengan tinggi badan Anda. 


Lalu, pastikan Anda nyaman saat memakainya agar tidak cepat lelah. Selain itu, perhatikan juga bahan dan bobot tongkatnya. Semoga Anda dapat menemukan tongkat bantu jalan yang paling cocok, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menimbang berat badan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Anda dapat mengetahui kebutuhan kalori tubuh dengan melihat berat badan Anda di timbangan. Selain itu, menimbang badan juga diperlukan oleh Anda yang sedang menjalankan program diet untuk mendapatkan tubuh ideal.Timbangan digital dapat menjadi pilihan yang praktis dan akurat untuk mengetahui angka berat badan. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas tentang memilih timbangan badan digital. Tidak ketinggalan, kami juga akan memberi rekomendasi produk terbaik, seperti OneMed, Tanita, dan Idealife. Selamat membaca!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Tensimeter yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tensimeter yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Tekanan darah merupakan parameter kondisi kesehatan yang pemeriksaannya sering kali dilakukan di fasilitas kesehatan. Namun, bila Anda memiliki alat pengukur tekanan darah atau tensimeter sendiri, Anda dapat memeriksa tekanan darah di rumah. Merek-merek, seperti Omron, Beurer, dan Elvasense menawarkan berbagai macam tensimeter, baik yang dipakai di lengan atas ataupun pergelangan tangan. Dari banyaknya pilihan tersebut, Anda mungkin kesulitan untuk memilihnya. Maka dari itu, kami akan memberikan rekomendasi alat pengukur tekanan darah yang lengkap dengan cara memilihnya. Selamat memilih dan pantaulah kesehatan Anda setiap hari!
    Alat medis
  • 10 Masker KF94 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Masker KF94 Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Masker telah menjadi starter pack new normal bagi semua orang. Di antara banyaknya pilihan, masker KF94 adalah salah satu jenis masker yang banyak disukai. Selain karena bentuknya fashionable, model masker Korea ini juga memiliki tingkat filtrasi setinggi 94%. Kali ini, kami akan mengulas tips memilih masker KF94, baik untuk orang dewasa, wanita berhijab, maupun anak-anak. Anda juga bisa menemukan rekomendasi merek masker KF94 yang bagus, seperti Pokana, Boson, dan Trustmed. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr Afriyani Khusna. Yuk, simak informasinya!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Alat Cek Gula Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Alat Cek Gula Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes, mengecek kadar gula darah secara teratur adalah hal yang sangat penting. Selain melakukan pengecekan melalui fasilitas kesehatan, Anda bisa melakukannya di rumah menggunakan alat pengecek gula darah. Nah, bagaimana cara memilih alat cek gula darah yang bagus? Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih alat cek gula darah terbaik. Kami juga akan memberikan rekomendasi sepuluh merk alat cek gula darah yang bagus dan akurat yang dapat dibeli secara online. Temukan juga produk terlaris merek EasyTouch, Sinocare, dan Nesco pada artikel ini. 
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Termometer digital merupakan pengukur suhu yang saat ini umum digunakan untuk menggantikan termometer air raksa. Termometer ini tersedia dalam berbagai bentuk dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Merk ternama, seperti Beurer, Omron, dan Braun juga turut meramaikan pasar dengan produk-produknya. Anda mungkin jadi sedikit kebingungan untuk menentukan termometer yang tepat. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli termometer digital yang bagus. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi termometer digital terbaik yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lewatkan informasinya berikut ini, ya!
    Alat medis
  • 10 Plester Luka Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Plester Luka Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Plester berfungsi untuk menjaga luka dari bakteri dan kotoran. Ada banyak jenis plester, misalnya plester luka terbuka, plester luka bakar, dan plester luka sobek. Ada juga jenis plester antiair untuk luka jahitan. Di sini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan plester luka yang bagus. Produk-produk dari 3M, Hansaplast, dan Betadine bisa Anda temukan di list berikut. Plester luka bening, plester luka anak, dan plester luka antiair juga ada! Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Afriyani Khusna. Mari baca sampai selesai, ya!
    Alat medis
  • 10 Rekomendasi Perban Elastis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Perban Elastis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Perban elastis digunakan untuk menciptakan tekanan. Biasanya, perban ini ditujukan untuk mengatasi keseleo atau ketegangan otot. Di pasaran, perban elastis tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk, dan bahan. Namun, perban elastis seperti apakah yang sesuai untuk merawat kondisi Anda?Pada artikel ini, kami akan mengulas cara memilih perban elastis untuk merawat otot. Beberapa merek yang kami rekomendasikan antara lain adalah OneMed, Policrepe, dan Tensocrepe. Selain itu, kami juga akan memberikan tips merawat ketegangan otot agar segera pulih. Simaklah sampai tuntas, ya!
    Alat medis
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori