1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Aksesori wanita
  6. >
  7. 10 Topi Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Topi Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Topi Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Topi Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Topi Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Topi Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Topi Terbaik untuk Wanita - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023)

Topi merupakan fashion item yang dapat membuat penampilan Anda setingkat lebih stylish. Dengan memakainya, kesan yang ingin Anda tampilkan dari keseluruhan look pun bisa tersampaikan. Seiring perkembangan dunia fashion, jenis dan desain topi pun bertambah. Terutama untuk wanita, memakai jenis topi tertentu dapat memberikan kesan elegan, feminin, bahkan cute.


Kami akan membahas jenis-jenis topi yang bagus untuk wanita. Kami juga akan memberikan rekomendasi topi wanita merek Levi's, Billabong, Adidas, dan sebagainya. Anda membelinya melalui Shopee atau e-commerce sites lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh fashion stylist kami, Ocka Sakri.

Diperbaharui 04-09-2022
Pakar
Fashion stylist
Ocka Sakri

Ocka memiliki pengalaman kerja di berbagai acara pekan busana. Beberapa di antaranya adalah Jakarta Fashion Week, Indonesia Fashion Week, Fashion Nation Senayan City, Hijab Festive Week, dan Modest Fashion Project. Ocka juga menjadi penanggung jawab wardrobe untuk beberapa film layar lebar dan iklan di Indonesia. Ia juga menjadi stylist pribadi beberapa artis Indonesia serta stylist untuk photoshoot campaign produk dan agency campaign.

Profil Ocka Sakri
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih topi untuk wanita

Sebelum membeli, sebaiknya kenali macam-macam topi wanita apa saja yang bisa Anda temukan di pasaran. Masing-masing jenis topi dapat memengaruhi penampilan Anda!

① Pilih berdasarkan tipenya

Di bawah ini kami akan menjabarkan jenis-jenis topi wanita yang sering dijumpai. Kira-kira jenis topi apa yang paling cocok dengan style Anda, ya?

Baseball cap yang sporty

Baseball cap barangkali merupakan jenis topi yang paling banyak ditemui. Modelnya androgini sehingga cocok dipakai oleh perempuan maupun laki-laki. Baseball cap dapat memberikan kesan kasual dan sporty pada penampilan Anda. Oleh sebab itu, topi ini paling sesuai dipakai sehari-hari atau untuk hang out dengan teman.


Item ini memiliki desain yang tidak kaku di bagian atas kepala dan brim yang kuat di depan untuk melindungi wajah dari sinar matahari. Topi ini disebut baseball cap karena jenis topi ini awalnya dikenakan oleh anggota team baseball.


Bagi wanita, baseball cap dapat Anda padukan dengan rok ataupun celana. Untuk kesan ekstra kasual, Anda bisa memakai celana jeans dengan sepatu sneakers favorit. Anda juga bisa memakai topi ini ketika berolahraga, misalnya untuk running atau jogging.

Baret yang stylish

Baret yang stylish

Selanjutnya, kami akan memperkenalkan topi yang bisa membuat Anda terlihat seperti seorang fashionista sejati. Apalagi kalau bukan topi baret! Topi wanita jenis baret biasanya berbentuk bulat, berbahan lembut, dan terdapat karet di sekeliling tepi bawahnya. Topi yang populer di kota-kota pusat fashion ini sering diasosiasikan dengan pelukis dan seniman.


Supaya terlihat lebih chic, pakailah topi baret dengan sedikit dimiringkan. Topi baret termasuk versatile sehingga tidak sulit untuk di-mix and match. Jadi, tetap akan terlihat cocok dipadukan dengan busana apa saja!

Sun hat yang melindungi kulit dari sinar matahari

Bagi Anda yang tinggal di daerah dengan sinar matahari yang melimpah, tidak ada salahnya untuk memiliki topi wanita jenis sun hat. Topi ini kerap dihubungkan dengan pulau tropis atau pantai. Hal ini tidak mengherankan karena memang topi ini memiliki lidah yang lebar. Jadi, kulit wajah Anda bisa terlindungi dari ganasnya sinar matahari.


Agar beach look Anda makin paripurna, Anda bisa memadukan sun hat dengan outer floral dan celana pantai yang nyaman. Tambahkan kacamata hitam andalan, dan Anda siap untuk menikmati liburan in style!

Beanie yang nyaman

Beanie yang nyaman

Beanie merupakan model topi wanita yang lebih umum disebut kupluk di Indonesia. Topi ini dapat memberikan kehangatan pada kepala dan telinga pemakainya. Walaupun Indonesia tidak memiliki musim dingin, topi ini tetap berguna bagi Anda yang memiliki rencana jalan-jalan ke daerah yang sejuk seperti kawasan Puncak.


Biasanya, beanie hat terbuat dari rajutan wool atau akrilik. Pilihlah bahan wool bila Anda ingin mendapatkan kehatangan maksimal. Namun, untuk gaya sehari-hari, kupluk berbahan katun yang antigerah akan lebih tepat dikenakan agar Anda tidak kepanasan.

Turban yang hijabers-friendly

Turban yang hijabers-friendly

Dewasa ini, memakai turban tidak melulu didominasi orang-orang Timur Tengah dan India. Bahkan, turban modern pernah muncul di berbagai pagelaran busana. Selebritas Hollywood terkenal seperti Katy Perry dan Sarah Jessica Parker pun pernah memakainya. Sementara itu, salah satu artis Indonesia yang sering terlihat dengan turban ikoniknya adalah Dewi Hughes.


Topi wanita macam turban bisa terkesan formal dan kasual tergantung pada busana yang Anda kenakan. Untuk penampilan yang kasual, Anda bisa memadukan turban dengan celana jeans dan cardigan panjang. Untuk para hijaber yang ingin pergi ke kondangan atau pesta, coba padukan dengan long dress. Penampilan Anda akan terlihat modest sekaligus stylish!

Fascinator untuk tampil ala ratu Inggris

Fascinator untuk tampil ala ratu Inggris

Para wanita di Inggris terkenal gemar memakai sejenis topi tertentu untuk menghadiri acara formal. Saking pentingnya peran topi ini, keluarga bangsawan Inggris tidak pernah absen memakainya ketika tampil di depan umum. Jenis topi wanita ini dinamakan dengan fascinator hat.


Fascinator ialah aksesori kepala yang berbentuk topi. Tipe ini biasanya dipakai sebagai aksesori kepala pengganti topi yang dipakai untuk menghadiri acara formal. Untuk mengenakannya, terdapat jepitan atau bando agar menempel pada rambut.


Bentuk fascinator beragam, ada yang berbentuk pita besar, terbuat dari renda dilengkapi dengan bunga, hingga memiliki ekor panjang. Selain itu, fascinator dapat membuat rambut lebih rapi jika dikenakan di bagian pinggir atau tepat di depan kepala. Fascinator bisa mengekspresikan kepribadian pemakainya.


Walaupun belum seterkenal jenis topi lain, pemakai fascinator hat di Indonesia pun ada. Topi ini bisa membuat penampilan Anda terkesan elegan, classy, dan anggun. Karena itulah, topi ini sering digunakan untuk menghadiri acara formal seperti pesta pernikahan. Hiasan pada fascinator hat pun beragam, mulai dari bulu burung sampai jaring-jaring. Kenakan topi ini agar gaya Anda tiada duanya!

Bucket hat yang versatile

Bucket hat yang versatile

Topi bundar wanita atau yang biasa disebut dengan bucket hat ini adalah topi kekinian yang sangat fleksibel. Hal tersebut karena topi ini bisa dipakai untuk para wanita baik yang berhijab maupun tidak. Untuk Anda yang ingin tampil casual, pilihlah topi tipe ini. 

② Pilih berdasarkan bahannya

Pilih berdasarkan bahannya

Topi terbuat dari berbagai macam bahan. Namun, katun dan wol adalah bahan yang paling umum digunakan untuk membuat topi. Bahan katun memiliki karakteristik kuat, ringan, dan menyerap keringat. Topi dari bahan ini pas untuk Anda pakai di lingkungan bersuhu tinggi. Selain itu, topi ini juga kuat sehingga tidak mudah rusak.


Bahan topi lain yang bisa Anda pertimbangkan adalah wol dan jersey. Biasanya bahan wol dipakai untuk membuat topi rajut atau kupluk karena dapat menghangatkan area kepala. Sementara itu, bahan jersey lebih lembut dan tidak berbulu sehingga sangat nyaman digunakan. 

③ Perhatikan ukurannya

Perhatikan ukurannya

Last but not least, perhatikan ukuran topi yang hendak Anda beli, terutama lingkar kepalanya. Anda tentu tidak mau 'kan kalau sudah membeli topi yang diidam-idamkan, tetapi ternyata malah tidak muat atau kebesaran. Apalagi jika Anda membeli secara online. Jangan hanya karena desainnya lucu, lantas Anda melupakan hal ini, ya!


Akan lebih baik jika topi tersebut memiliki strap yang adjustable di sisi belakangnya. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan ukuran topi dengan lingkar kepala Anda. Untuk topi yang tidak memiliki strap belakang seperti baret dan kupluk, pilihlah yang bahannya elastis agar pas.

10 Rekomendasi topi terbaik untuk wanita

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk topi terbaik untuk wanita yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ocka Sakri.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Billabong

Platform Print Snapback Cap

Billabong Platform Print Snapback Cap 1枚目

Tampil chic dengan topi trucker style

2

Topi Baret K-pop Polos

 Topi Baret K-pop Polos  1枚目

Aksen belt yang stylish sekaligus cute

3

Adidas

6P 3S CAP COTTO

Adidas 6P 3S CAP COTTO 1枚目

Teknologi cepat kering dan UV protection

4

FURTALK

Women Summer Straw Beach Sun Hat Wide Ribbon

FURTALK Women Summer Straw Beach Sun Hat Wide Ribbon 1枚目

Summer look makin lengkap dengan topi jerami

5

Winter Wool Beanie

 Winter Wool Beanie 1枚目

Tampil ala onnie Korea dengan beanie berhiaskan bunga

6

Turban Simpul Instan Polos

 Turban Simpul Instan Polos 1枚目

Model lilit yang simpel untuk sehari-hari

7

Levi's

Batwing Bucket Hat Ov

Levi's  Batwing Bucket Hat Ov 1枚目

Bisa dipakai untuk memancing atau sekadar hang out

8

Topi Baret Wanita Baretta

 Topi Baret Wanita Baretta 1枚目

Pilihan warna superbanyak, harganya pun terjangkau!

9

Turban Elina

 Turban Elina 1枚目

Makin feminin dengan motif floral

10

Fascinator Hat Fashion

 Fascinator Hat Fashion 1枚目

Tampil classy bak Kate Middleton pun bisa!

Perincian produk
Close
No.1

BillabongPlatform Print Snapback Cap9617306

Mulai dari Rp349.000,00

Tampil chic dengan topi trucker style

Coraknya yang unisex membuat topi ini bisa dipakai untuk pria dan wanita. Memiliki logo bordir pada bagian tengahnya, topi wanita ini makin terlihat manis. Selain itu, trucker style menjadikan produk ini lebih tinggi daripada baseball cap biasa. Dengan begitu, Anda akan terlihat lebih menonjol saat mengenakannya.


Segala keunggulan tersebut membuat topi ini tampak khas dan mampu mempertegas sisi chic Anda. Jika Anda memakai baseball cap untuk bergaya dibanding berolahraga, topi ini wajib ditambahkan dalam koleksi pribadi.

No.2

Aksen belt yang stylish sekaligus cute

Terkadang, memakai baret bisa membuat penampilan kita terlihat sedikit boyish. Nah, untuk Anda yang ingin tampil cute saat menggunakan baret, topi yang satu ini tepat Anda pilih. Belt imut di ujung atas topinya akan memberikan aksen tersendiri. Modelnya yang stylish membuat topi keren ini cocok untuk dipakai wanita berambut panjang, medium, ataupun pendek. 

No.3

Teknologi cepat kering dan UV protection

Sebagai wanita yang melek pola hidup sehat, kegiatan olahraga outdoor seperti jogging tentu tak boleh terlewat. Nah, kami punya rekomendasi topi yang pas menemani Anda berlari santai. Topi wanita merek Adidas ini dilengkapi dengan perlindungan terhadap sinar UV sampai UPF (ultraviolet protection factor) 50!


Selain itu, pastinya Anda mengeluarkan keringat yang tidak sedikit ketika berolahraga. Keringat dapat membasahi topi dan membuat Anda merasa tidak nyaman memakainya. Namun, dengan teknologi climalite moisture-wicking, topi ini mampu mengering dengan cepat. Hebat, kan?

No.4

FURTALKWomen Summer Straw Beach Sun Hat Wide RibbonSH020

Mulai dari Rp115.500,00

Summer look makin lengkap dengan topi jerami

Topi ini mampu melindungi kulit wajah Anda dari efek buruk sinar matahari dengan brim-nya yang lebar. Terbuat seluruhnya dari jerami asli, topi ini sempurna untuk menciptakan summer look. Pakailah dengan dress pantai dan beach sandal Anda agar nuansa liburannya makin kentara. Bila Anda berencana liburan ke pantai, jangan pergi dulu sebelum memiliki topi ini!

No.5

Tampil ala onnie Korea dengan beanie berhiaskan bunga

Wanita-wanita muda Korea Selatan memang dikenal sangat modis. Contek gaya berpakaian ala winter mereka dengan topi beanie ini! Dengan ornamen bunga dan warna netral, topi wanita Korea terbaru ini tidak akan sulit Anda padukan dengan busana lain. Tidak melulu harus pakai coat atau jaket tebal. Topi ini juga cocok Anda pasangkan dengan celana jeans, kemeja, atau sweater kesayangan, kok!

No.6

Turban Simpul Instan Polos

Mulai dari Rp22.500,00

Model lilit yang simpel untuk sehari-hari

Bagi para hijaber, terkadang memakai topi sedikit tricky karena bisa mengubah posisi jilbab. Produk ini adalah solusi cerdas atas permasalahan tersebut. Dengan model lilit yang simpel, turban ini siap membuat daily look Anda makin manis. Apalagi kalau Anda gemar berolahraga, memakai turban akan lebih praktis dan Anda bisa lebih bebas bergerak!


Selain untuk olahraga, turban ini juga mampu melengkapi bohemian look Anda. Gerai rambut panjang Anda dan pakai turban ini dengan dress bergaya etnik. Kenakan dengan boots andalan. Wah, pasti serasi!

No.7

Levi's Batwing Bucket Hat Ov38025-0045

Mulai dari Rp399.900,00

Bisa dipakai untuk memancing atau sekadar hang out

Pergi memancing belum lengkap tanpa bucket hat. Berdiam di bawah terik matahari dalam waktu yang lama dapat membuat kepala jadi pusing. Karena itu, topi berbahan katun ini layak dipertimbangkan untuk melindungi Anda. Selain itu, topi bucket wanita ini pun memiliki motif bunga-bunga yang lucu. Hal tersebut menjadikannya cocok juga dipakai untuk hang out.

No.8

Topi Baret Wanita Baretta

Mulai dari Rp30.000,00

Pilihan warna superbanyak, harganya pun terjangkau!

Desain topi ini simpel dengan pilihan warna yang superbanyak, mulai dari warna netral sampai warna neon yang berani. Ditambah lagi, harganya tidak bikin kantong bolong. Koleksi semua warnanya agar bisa gonta-ganti setiap hari! Bagi Anda yang baru mau mencoba berganti gaya dengan topi baret, tak ada salahnya memilih produk yang satu ini.

No.9

Makin feminin dengan motif floral

Saat pergi kondangan atau menghadiri acara pesta lainnya, tentunya lebih oke bila memakai turban yang berbeda dari biasanya, bukan? Turban ini memiliki motif bunga yang bisa membuat penampilan Anda makin feminin. Dress atau blus polos Anda pun bisa kelihatan tambah fashionable. 


Untuk para hijaber, Anda tinggal memakai ciput kemudian pakai turban ini seperti memakai topi pada umumnya. Untuk menonjolkan sisi feminin Anda dalam berbagai acara, rasanya produk ini tidak boleh Anda lewatkan.

No.10

Tampil classy bak Kate Middleton pun bisa!

Topi wanita terbaru yang satu ini akan sangat sesuai untuk Anda yang suka dengan gaya classy. Topi yang sangat populer di kalangan wanita Inggris ini dapat memberikan kesan klasik dan elegan pada penampilan Anda. Terdapat enam pilihan warna natural, produk ini dapat dengan mudah disesuaikan dengan warna pakaian Anda. Anda bisa juga memadukannya dengan bodycon dress selutut. Flawless!

Tips dari fashion stylist kami, Ocka Sakri

Tips dari fashion stylist kami, Ocka Sakri

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengenakan topi.


  • Bucket hat

Anda dapat memadukan bucket hat dengan kemeja dan celana trousers. Kemudian, pasangkan sneakers kesayangan Anda untuk alas kakinya. Anda juga dapat mengenakan bucket hat hitam yang klasik untuk sempurnakan penampilan dengan kemeja oversized. Pilih kemeja dengan motif besar yang catchy supaya menarik.


  • Topi baret

Kenakan topi baret dengan T-shirt yang akan membuat penampilan kasual Anda makin menarik. Lalu, pasangkan dengan alas kaki yang statement, misalnya dengan fur sandal.


  • Topi fedora

Untuk mengenakan topi fedora, Anda bisa mengenakan baik pakaian formal maupun nonformal. Anda bisa mengenakan blazer dengan jeans atau dengan setelan denim jacket. Jika Anda yang berwajah bulat, Anda akan cocok mengenakan topi ini.


  • Untuk wajah persegi

Anda yang memiliki bentuk wajah persegi bisa mengenakan topi floppy, bowler, dan boater hat. Selain itu, jenis baseball cap juga akan cocok karena akan memberi kesan sporty dan dinamis.


  • Untuk wajah panjang

Anda yang memiliki bentuk wajah panjang sebaiknya memilih topi dengan pinggiran berbentuk bulat dan datar, seperti topi panama dan boater. Jenis topi ini akan menyamarkan bentuk dagu yang panjang sehingga wajah bisa terlihat pas dan proporsional. Usahakan untuk menghindari jenis topi fedora karena jenis topi ini akan membuat wajah justru makin terkesan panjang dan lebar.

Baca juga rekomendasi topi lainnya di sini

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan kami, pasti Anda jadi makin tertarik melengkapi penampilan dengan topi, bukan? Sebelum membeli, sebaiknya Anda pahami jenis-jenis topi yang cocok dengan gaya busana Anda. 


Setelah itu, pastikan juga bahannya sesuai dipakai di lingkungan tempat Anda tinggal. Terakhir, yang tidak kalah penting, pastikan ukuran lingkar kepalanya muat dipakai, ya! Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer