• 10 MIDI Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 MIDI Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 MIDI Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 MIDI Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 MIDI Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 MIDI Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)

Musical instrument digital interface keyboard atau MIDI keyboard atau MIDI controller berguna apabila Anda ingin memproduksi musik secara digital. Adanya MDI keyboard membantu Anda menghasilkan musik melalui PC, tablet, ataupun smartphone. Beberapa merek MIDI keyboard, antara lain, adalah Novation, Akai Professional, M-Audio, dan Yamaha.


Kami akan membagikan tips memilih MIDI keyboard dan merekomendasikan beberapa produk yang bagus untuk Anda. Anda juga akan menemukan MIDI keyboard murah di bawah satu juta. Kami berkolaborasi dengan sound engineer Dennis Novriandi dalam artikel ini. Jadikan artikel ini sebagai referensi Anda saat memilih produk!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Dennis Novriandi
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Sound engineer, music produser, sekaligus bassist, Dennis Novriandi

Profil pakar: Sound engineer, music produser, sekaligus bassist, Dennis Novriandi

Dennis adalah bassist dari band SASVRITA yang juga aktif sebagai sound engineer dan producer untuk beberapa band dalam negeri. Selain itu, Dennis mengerjakan proyek-proyek lainnya sambil mengelola recording studio pribadi dan mendirikan production house Eastneptune Studio.


Tidak hanya di bidang musik, Dennis juga berkiprah di bidang animasi dan komputer. Beberapa di antaranya adalah sebagai front end developer, freelance UI/UX designer, serta freelance 2D and 3D animation.

Nikmatilah membuat musik dengan MIDI keyboard!

MIDI keyboard adalah kependekan dari musical instrument digital interface keyboard. Jika Anda ingin memproduksi musik di PC menggunakan digital audio workstation (DAW), MIDI keyboard atau MIDI controller sangat kami sarankan. 


Dengan MIDI keyboard, Anda tidak perlu repot membuat lagu menggunakan mouse atau keyboard. Cukup tekan bilah piano untuk memasukkan suara sesuai dengan keinginan Anda. Kerja Anda akan jauh lebih efisien. Dengan MIDI keyboard atau MIDI controller, semua orang bisa memproduksi lagu dengan lancar. Jadi, tidak perlu ragu untuk menggunakan MIDI keyboard!


Selain itu, jika Anda dapat bermain piano, Anda bisa memasukkan panduan nada dan suara lainnya sehingga Anda seolah-olah sedang memainkan lagu. Orang yang tidak bisa bermain piano pun bisa menggunakan MIDI keyboard untuk mengoperasikan perangkat lunak DAW. Anda bahkan bisa memasukkan irama musik lainnya, seperti ketukan drum, dengan mudah.

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

MIDI controller mempunyai fleksibilitas akan suara berdasarkan host atau VSTi yang dipakai sehingga penggunaannya sangat direkomendasikan dalam proses kreatif seorang musisi.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih MIDI keyboard

Sekarang mari lihat bagaimana cara memilih MIDI keyboard! Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan, seperti jenis tuts dan fitur lainnya.

Berdasarkan tempat dan keterampilan Anda

MIDI keyboard dibuat dengan berbagai ukuran yang disesuaikan dengan banyaknya tombol serta bilah-bilah piano atau tuts. Sebelum membeli, ada dua hal yang harus dipastikan. Kedua hal tersebut adalah pemahaman Anda tentang fungsi setiap tombol yang ada dan kemahiran Anda dalam bermain piano.

Tipe 25 atau 32 tuts, apabila ingin lebih hemat tempat

Bagi Anda yang hanya memiliki ruang kecil di depan komputer Anda, kami sarankan menggunakan keyboard dengan 25 atau 32 tuts. Selain ukurannya yang kecil, MIDI keyboard jenis ini mudah digunakan oleh pemula sekalipun. Dengan keyboard 25 dan 32 tuts, Anda dapat memasukkan nada sederhana ke dalam musik Anda. 

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Ada beberapa faktor dalam penentuan jumlah keys pada MIDI controller. Pertama adalah genre musiknya. Jika playing style Anda hanya berupa bass, lead, atau drum beat, tipe 25 dan 32 keys saja sudah cukup untuk Anda. Kedua, jika membutuhkan MIDI controller yang portable dan bisa dimasukkan ke dalam tas, range keys ini sangat cocok untuk Anda.

Tipe 49 atau 61 tuts, mudah digunakan dan memiliki banyak fungsi

Apabila Anda memiliki cukup ruang di depan monitor komputer Anda, pertimbangkan tipe 49 dan 61 tuts. MIDI keyboard jenis ini biasanya digunakan untuk Anda yang bisa bermain piano. Anda yang bisa bermain piano akan lebih puas saat menggunakannya karena memiliki jumlah tuts lengkap dalam satu oktaf.


Selain itu, MIDI keyboard dengan 49 dan 61 tuts biasanya memiliki tombol yang lebih banyak dan kompleks. Oleh karena itu, ukuran ini cocok untuk Anda yang sudah lama membuat musik secara digital. Keyboard ukuran ini biasanya dilengkapi potensiometer (alat pengatur volume) dan tombol fungsi yang membantu pengoperasian DAW.

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

MIDI controller tipe ini cocok untuk Anda yang membutuhkan keleluasaan yang lebih untuk meng-explore octave range. Selain itu, tipe ini juga cocok apabila genre yang Anda mainkan memiliki ritme dan melodi yang bersamaan.

Tipe 88 tuts, bagi Anda yang memiliki ruangan khusus

Bagi Anda yang mahir bermain piano dan memiliki ruangan khusus untuk membuat musik, keyboard dengan 88 tuts sangat disarankan. Banyaknya tombol mungkin akan membuat pemula kesulitan untuk mengoperasikannya. Sebaliknya, MIDI keyboard ini akan sangat membantu Anda yang sudah lama membuat musik secara digital.

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Jika Anda seorang orchestra composer atau seorang pianis, jumlah keys yang Anda butuhkan adalah 88 keys. Tipe ini akan memberikan full range octave seperti pada grand piano.

Periksa kemudahan bermain

Banyaknya tombol akan membuat Anda terkadang kebingungan untuk mengetahui fungsi semua tombol tersebut. Jadi, periksa seluruh tombol fungsi pada keyboard dan perhatikan pula ukuran keyboard yang Anda inginkan. Kemudahan memainkan MIDI keyboard sangat ditentukan oleh tombol dan ukurannya.

Rasakan sentuhan tuts dengan memainkan nada yang Anda ingat

Penting untuk memeriksa sentuhan tuts pada MIDI keyboard. Cara memeriksanya adalah dengan memainkan nada-nada yang Anda kuasai. Apabila Anda biasa bermain piano, Anda akan lebih suka menggunakan tuts yang semiberat saat ditekan. Sebaliknya, untuk Anda yang baru pertama kali membeli, lebih baik Anda mencari tuts yang ringan untuk ditekan.


Ada banyak produk MIDI keyboard yang memiliki body dan tuts yang ringan untuk ditekan sehingga cocok untuk pemula. Untuk Anda yang sudah cukup mahir bermain piano, tuts semiberat patut diperhitungkan. Tuts semiberat dirancang mirip dengan tuts piano yang memang bobotnya sedikit berat. Dari segi harga harganya, tuts semiberat sedikit lebih tinggi.

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Ada tiga tipe action sentuhan saat memainkan piano, yaitu semi-weighted piano, hammer-weighted piano, dan synth action touch. Hammer-weighted piano adalah tuts yang seperti piano asli. Biasanya pianis memilih MIDI controller tipe ini untuk mendapatkan feel piano akustik saat memainkan tuts.


Semi-weighted piano adalah action yang bisa ditemukan di keyboard pada umumnya. Action touch untuk tipe ini tidak seberat hammer-weighted. Synth action touch lebih ringan lagi dari semi-weighted piano. Jika Anda bukan pianis atau membutuhkan tuts yang ringan untuk bermain cepat, tipe ini cocok untuk Anda.

MIDI keyboard dengan tuts satu oktaf penuh lebih mudah digunakan

Ukuran MIDI keyboard biasanya sama atau lebih kecil dari keyboard biasa. Jadi, bagi Anda yang terbiasa memainkan keyboard, kami anjurkan memilih MIDI keyboard dengan beberapa oktaf tuts


Apabila Anda hanya ingin memasukkan nada yang sederhana, pilihlah MIDI keyboard dengan jumlah tuts yang lebih sedikit. Sekalipun tidak memiliki banyak pilihan nada, MIDI keyboard dengan tuts mini juga populer untuk orang yang dapat bermain piano. Selain ukurannya yang kecil, Anda yang memiliki ruangan terbatas sebaiknya juga memilih MIDI keyboard dengan tuts mini.

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

MIDI keyboard yang hanya memiliki satu oktaf cocok untuk Anda yang tidak terlalu banyak memainkan lead. Selain itu, Anda bisa menggunakan MIDI keyboard tipe ini untuk melatih fingering.

Perhatikan kelengkapan fitur kontrolnya untuk memudahkan pembuatan musik

Jika Anda ingin melakukan seluruh operasi DAW dengan MIDI keyboard, kami merekomendasikan produk yang dilengkapi fungsi kontrol yang berlimpah. MIDI keyboard dengan ukuran standar biasanya sudah dilengkapi dengan pads drum, beberapa kenop pemutar, dan tuas pengatur


Apabila Anda memilih MIDI keyboard dengan ukuran yang kecil, ada beberapa tombol kontrol yang dikurangi atau tidak ada sama sekali. Oleh karena itu, sebaiknya periksa juga fungsi kontrol yang Anda inginkan. 


Misalnya untuk memasukkan bunyi drum atau perkusi, Anda memerlukan pads. Apabila Anda menginginkan volume suara lebih halus, akan lebih mudah jika terdapat tuas pengatur. Memproduksi musik adalah serangkaian operasi yang mendetail. Dengan begitu, makin banyak fungsi kontrol, makin efisien pula kerjanya.

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Kelengkapan fitur pada MIDI keyboard tergantung pada tipe, merek, dan harganya. Salah satu fitur yang berguna adalah knob untuk mengontrol parameter pada host atau VSTi. Ada pula knob yang bisa digunakan untuk switch preset atau bank. Sementara itu, untuk membuat beat, pastikan MIDI keyboard Anda memiliki fitur drum pads. Periksa juga adanya pitch bend dan modulation untuk mengontrol modulasi.

Pilih koneksi yang sesuai dengan lingkungan kreatif Anda

Apabila berencana menggunakan MIDI keyboard yang terkoneksi dengan PC, Anda hanya perlu mencari MIDI keyboard berkoneksi kabel USB. Daya untuk menyalakan keyboard sudah didapatkan dari koneksi tersebut karena terkoneksi menggunakan USB. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir kehabisan daya seperti apabila Anda menggunakan koneksi nirkabel.


Jika ingin menggunakannya di luar ruangan atau menyambungkannya pada gadget, pertimbangkan produk berkoneksi Bluetooth. Keyboard dengan Bluetooth juga sudah dilengkapi aplikasi pembuatan lagu digital sehingga Anda dapat membuat musik di mana saja. Jadi, tidak ada salahnya pula Anda memiliki keyboard nirkabel untuk melengkapi kebutuhan Anda.

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Ada tiga tipe koneksi untuk menghubungkan MIDI controller dengan host (PC, tablet, handphone, atau sound module). Pertama adalah kabel USB type B atau USB type C untuk model keluaran terbaru. Tipe koneksi yang kedua adalah MIDI port. Untuk menggunakan MIDI port, dibutuhkan MIDI connector yang biasanya ada pada audio interface. Tipe koneksi yang ketiga adalah nirkabel atau Bluetooth.

Periksa juga perangkat lunak untuk MIDI keyboard Anda

Jika Anda sudah memutuskan perangkat lunak yang akan digunakan, periksa juga produk yang direkomendasikan oleh perangkat lunak tersebut. Ada kemungkinan perangkat lunak yang Anda ingin gunakan hanya cocok dengan MIDI keyboard tertentu.


Hal ini perlu diperhatikan jika Anda memilih MIDI keyboard terlebih dahulu. Periksa terlebih dahulu perangkat lunak bawaan keyboard Anda sebelum mengunduh perangkat lunak lainnya. Makin banyak perangkat lunak yang compatible, makin mudah menemukan perangkat lunak yang bekerja baik untuk Anda

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Saat ini semua MIDI controller sudah support plug and play sehingga Anda tidak usah menginstal driver. Namun, pada kasus tertentu, driver tetap dibutuhkan untuk beberapa sistem atau untuk firmware update. Karena MIDI controller tidak mempunyai sound module, dibutuhkan VSTi atau host yang bisa mengubah data MIDI menjadi suara.

10 Rekomendasi MIDI keyboard terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk MIDI keyboard terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari sound engineer Dennis Novriandi. 

10

RolandA-800PRO MIDI Keyboard Controller

Mulai dari Rp 6.990.000,00

Jumlah tuts61
Sentuhan pada tutsBisa diatur
Ukuran keyboard 1.001,9 mm x 250,8 mm x 91,4 mm
Fungsi kontrolPads, pengatur oktaf, transpose
KonektivitasUSB
Perangkat lunak bawaanTidak disebutkan
9
Jumlah tuts61
Sentuhan pada tutsSemiberat
Ukuran keyboard 1.000 mm x 86 mm x 274 mm
Fungsi kontrolKontrol transport DAW, kontrol pitch dan mod, kontrol maschine, kenop
KonektivitasUSB
Perangkat lunak bawaanKomplete Elements
8
Jumlah tuts88
Sentuhan pada tutsSemiberat
Ukuran keyboard 1.260 mm x 63 mm x 260,6 mm
Fungsi kontrolPads, DAW command center, kontrol pitch dan mod, kenop, tuas pengatur
KonektivitasUSB
Perangkat lunak bawaanAnalog Lab, Ableton Live Lite, UVI Model D
7
Jumlah tuts49
Sentuhan pada tutsRingan
Ukuran keyboard 814 mm x 243 mm x 94 mm
Fungsi kontrolPads, encoder putar, tuas pengatur, kontrol transport DAW
KonektivitasUSB
Perangkat lunak bawaanAbleton Live Lite, Sonivox Twist
6
Jumlah tuts49
Sentuhan pada tutsSemiberat
Ukuran keyboard 736 mm x 86 mm x 311 mm
Fungsi kontrolPads, kontrol pitch dan mod, kontrol oktaf, kenop, tuas pengatur, saklar program, kontrol tranport DAW
KonektivitasUSB
Perangkat lunak bawaanAbleton Live Lite, Hybrid 3 by AIR Music Tech, SONiVOX Twist 2.0, dan Akai Pro MPC Essentials
5
Jumlah tuts49
Sentuhan pada tutsTidak disebutkan
Ukuran keyboard 709 mm x 139 mm x 54 mm
Fungsi kontrolKontrol oktaf, pitch, modulasi
KonektivitasUSB, Bluetooth
Perangkat lunak bawaanKORG Software Bundle
4
Jumlah tuts25
Sentuhan pada tutsTidak disebutkan
Ukuran keyboard 450 mm x 270 mm x 90 mm
Fungsi kontrolPads, kenop, slider, kontrol transport DAW, kontrol pitch dan mod, kontrol oktaf
KonektivitasUSB
Perangkat lunak bawaanAbleton Live Lite, Loopmasters, XLN Audio Addictive Keys
3
Jumlah tuts49
Sentuhan pada tutsSemiberat
Ukuran keyboard Tidak disebutkan
Fungsi kontrolKontrol oktaf, transpose
KonektivitasUSB
Perangkat lunak bawaanTidak disebutkan
2
Jumlah tuts32
Sentuhan pada tutsTidak disebutkan
Ukuran keyboard 460 mm x 125 mm x 30 mm
Fungsi kontrolKontrol modulasi, pitch, pengaturan oktaf, transpose
KonektivitasUSB
Perangkat lunak bawaanTidak disebutkan
1
Jumlah tuts37
Sentuhan pada tutsTidak disebutkan
Ukuran keyboard 506 mm x 54 mm x 201 mm
Fungsi kontrolArpeggio, panel sustain, transpose
KonektivitasUSB
Perangkat lunak bawaanTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk MIDI keyboard terbaik

Gambar produk
1
Yamaha PSS-A50 1

Yamaha

2
Midiplus AKM320 1

Midiplus

3
Samson Carbon 49 1

Samson

4
Novation Launchkey 25 MK2 1

Novation

5
Korg microKEY Air 49 Bluetooth 1

Korg

6
Akai Professional MPK249 1

Akai Professional

7
M-Audio Oxygen 49 MK IV 1

M-Audio

8
Arturia Keylab Essential 88 1

Arturia

9
Native Instruments Komplete Kontrol S61 2

Native Instruments

10
Roland A-800PRO MIDI Keyboard Controller 1

Roland

Nama produk

PSS-A50

AKM320

Carbon 49

Launchkey 25 MK2

microKEY Air 49 Bluetooth

MPK249

Oxygen 49 MK IV

Keylab Essential 88

Komplete Kontrol S61

A-800PRO MIDI Keyboard Controller

Keunggulan

Keyboard dengan fitur MIDI yang portable

Produk MIDI keyboard di bawah 1 juta rupiah, murah meriah!

Studio sampai stage MIDI keyboard cukup dengan satu produk

Investasi MIDI keyboard terbaik untuk para pemula

Koneksi wireless, meja kerja tetap rapi tanpa banyak kabel

Fungsi kontrol lengkap dan mudah digunakan

Dapat terintegrasi dengan berbagai DAW

Serasa menggunakan piano yang sesungguhnya

Praktis untuk editing, mixing, dan memindahkan nada

Fiturnya dapat menyesuaikan dengan gaya bermain Anda

Harga mulai dariRp 1.750.000,00Rp 740.000,00Rp 2.270.000,00Rp 2.750.000,00Rp 2.120.000,00Rp 6.392.000,00Rp 3.320.000,00Rp 8.985.000,00Rp 16.000.000,00Rp 6.990.000,00
Jumlah tuts37324925494949886161
Sentuhan pada tutsTidak disebutkanTidak disebutkanSemiberatTidak disebutkanTidak disebutkanSemiberatRinganSemiberatSemiberatBisa diatur
Ukuran keyboard 506 mm x 54 mm x 201 mm460 mm x 125 mm x 30 mmTidak disebutkan450 mm x 270 mm x 90 mm 709 mm x 139 mm x 54 mm736 mm x 86 mm x 311 mm814 mm x 243 mm x 94 mm1.260 mm x 63 mm x 260,6 mm1.000 mm x 86 mm x 274 mm1.001,9 mm x 250,8 mm x 91,4 mm
Fungsi kontrolArpeggio, panel sustain, transposeKontrol modulasi, pitch, pengaturan oktaf, transposeKontrol oktaf, transposePads, kenop, slider, kontrol transport DAW, kontrol pitch dan mod, kontrol oktafKontrol oktaf, pitch, modulasiPads, kontrol pitch dan mod, kontrol oktaf, kenop, tuas pengatur, saklar program, kontrol tranport DAWPads, encoder putar, tuas pengatur, kontrol transport DAWPads, DAW command center, kontrol pitch dan mod, kenop, tuas pengaturKontrol transport DAW, kontrol pitch dan mod, kontrol maschine, kenopPads, pengatur oktaf, transpose
KonektivitasUSBUSBUSBUSBUSB, BluetoothUSBUSBUSBUSBUSB
Perangkat lunak bawaanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanAbleton Live Lite, Loopmasters, XLN Audio Addictive KeysKORG Software BundleAbleton Live Lite, Hybrid 3 by AIR Music Tech, SONiVOX Twist 2.0, dan Akai Pro MPC EssentialsAbleton Live Lite, Sonivox TwistAnalog Lab, Ableton Live Lite, UVI Model DKomplete ElementsTidak disebutkan
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar MIDI keyboard

MIDI keyboard mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Kami sudah mengumpulkan beberapa pertanyaan umum seputar MIDI keyboard. Simak jawaban dari kami agar Anda lebih mengenal alat musik digital ini.

Apa itu MIDI?

MIDI adalah kependekan dari musical instrument digital interface. MIDI merupakan digital interface yang dapat menghubungkan alat musik dengan alat musik ataupun dengan komputer agar terjadi pertukaran data. Informasi berupa nada, notasi, tempo, sampai getaran suara dapat dibagian melalui digital interface ini.

Apa perbedaan MIDI controller dengan alat musik keyboard biasa?

MIDI controller biasanya tidak menghasilkan suara langsung. Untuk menghasilkan suara, MIDI controller perlu disambungkan dengan perangkat lunak. Berbeda dengan keyboard yang dapat langsung menghasilkan suara dari built in speaker.

MIDI keyboard mudah untuk dikoneksikan

MIDI keyboard mudah untuk dikoneksikan

Salah satu daya tarik dari MIDI keyboard adalah mudah digunakan sekalipun bagi yang pertama kali menggunakannya. Model-model terbaru dapat langsung digunakan setelah kabel USB terhubung dengan PC tanpa driver yang terpisah. Seandainya tidak berfungsi, Anda bisa mengunduh driver-nya di internet.


Selain itu, Anda yang menggunakan tablet atau smartphone juga dapat membuat musik digital dengan dukungan MIDI keyboard nirkabel. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi di smartphone atau tablet Anda. Biasanya setiap MIDI keyboard nirkabel memiliki aplikasi khusus yang dianjurkan oleh tiap-tiap produsen. Jadi, di mana pun tempatnya Anda tetap bisa berkreasi!

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

MIDI controller membutuhkan power dari host-nya. Biasanya power ini didapatkan dengan menggunakan kabel USB yang disambungkan ke PC atau tablet.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk bermusik di sini

Alat musik digital sangat dibutuhkan untuk menciptakan musik yang lebih rampung. Selain MIDI keyboard, Anda mungkin membutuhkan piano digital, keyboard, ataupun DJ controller. Temukan produk-produk terbaiknya dalam tautan berikut ini.

Kesimpulan

Banyak jenis MIDI keyboard atau controller yang dapat Anda gunakan untuk membuat musik digital. Pertimbangkan fitur-fitur yang ditawarkan sebuah MIDI keyboard. Anda juga dapat memilih MIDI keyboard yang limited edition dengan warna-warna menarik.


Sesuaikan juga produk MIDI keyboard dengan budget Anda, ya. Dengan artikel ini, kami harap Anda dapat menemukan MIDI keyboard yang diinginkan. Jadi, jangan ragu lagi untuk memiliki MIDI keyboard Anda dan mulailah berkarya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2022)
    Pernah mendengar tentang mikrofon dinamik? Tipe ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik yang bagus untuk Anda. Dalam artikel ini terdapat juga komentar dari Dennis Novriandi yang merupakan seorang sound engineer. Kami juga mempunyai rekomendasi produk-produk dari merk terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan produk terbaik, ya!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2022)
    Biola adalah alat musik gesek dengan suara yang cukup nyaring. Apakah Anda berminat untuk berlatih biola dari awal? Ada banyak pilihan biola untuk pemula yang dapat Anda pilih. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Semua tergantung pada kualitas kayunya.Skylark, Cremona, dan Pearl River adalah beberapa merek biola yang bagus untuk para pemula. Sebelum membeli biola, simak dahulu tips dari kami, ya. Kami akan berbagi tips memilih biola yang tepat untuk para pemula. Selain harga, masih ada poin penting yang harus Anda pertimbangkan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Gitar Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gitar Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, ada beberapa merek gitar listrik yang bagus di pasaran, seperti Ibanez, Yamaha, Fender, CORT, dan lainnya. Harga gitar listrik yang ori ini bervariasi, ada yang murah ada juga yang mahal. Hal ini tergantung dari merek dan kualitas dari gitar listrik itu sendiri.Apakah Anda sedang mencari gitar listrik terbaik? Untuk seorang pemula, memilih gitar listrik yang tepat tentu sedikit membingungkan. Kali ini, kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih. Kami juga memberikan sederet produk yang direkomendasikan. Anda bisa menjadikan artikel ini sebagai panduan sebelum membeli. 
    Musik
  • 10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    10 Senar Gitar Akustik Terbaik - Ditinjau oleh Gitaris (Terbaru Tahun 2022)
    Senar memberikan pengaruh pada kualitas suara gitar akustik sehingga penting untuk memilih senar terbaik. Senar gitar akustik sendiri terdiri dari beberapa jenis. Ada senar nylon yang digunakan pada gitar klasik. Ada juga senar baja antikarat untuk memainkan musik genre rock, blues, dan country.  Kali ini, kami akan mengulas cara memilih senar untuk menemukan senar terbaik yang original untuk gitar akustik Anda. Kami juga merekomendasikan beragam merek senar gitar akustik yang bagus, seperti Elixir, D'addario, Yamaha, dan Martin & Co. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh gitaris, Adriano Pandapotan. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Rekomendasi Microphone Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Microphone Karaoke Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Karaoke merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Bukan hanya  di tempat hiburan atau studio musik saja, kini Anda pun dapat karaoke di rumah. Agar suara Anda terdengar makin keras dan bagus, siapkanlah microphone karaoke.Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih microphone karaoke yang bagus dari berbagai merk. Kami juga akan memberikan rekomendasi microphone karaoke mulai dari tipe wireless, Bluetooth, kabel, dan tipe kids atau anak. Microphone karaoke buatan Behringer, Sennheiser, dan SHURE pun akan Anda temukan dalam artikel ini. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Keyboard Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Keyboard Yamaha Terbaik - Ditinjau oleh Music Composer (Terbaru Tahun 2022)
    Selain piano, pilihan alat musik yang paling banyak diminati saat ini adalah keyboard. Alat musik ini menggabungkan model permainan piano dengan teknologi. Yamaha merupakan merek alat musik top of mind ketika Anda mencari keyboard. Anda mungkin bingung memilihnya dari segi style, fitur, dan harga.Oleh karena itu, kami akan memberikan poin-poin cara memilih keyboard Yamaha. Simak rekomendasi keyboard Yamaha yang bagus sebagai referensi Anda. Berbagai keyboard Yamaha dari seri PSR-E, PSR-SX, dan Genios juga ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh music composer kami, Joshua Pandu. Selamat membaca!
    Musik
  • 10 Bass Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Bassist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bass Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Bassist (Terbaru Tahun 2022)
    Bass adalah instrumen petik dengan suara yang unik. Bass harus dihubungkan dengan amplifier yang membutuhkan daya listrik agar suaranya terdengar jelas. Umumnya orang yang bermain bass bisa bermain gitar. Meski demikian, Anda juga dapat belajar bermain bass dari nol tanpa harus bisa bermain gitar lebih dahulu.  Kali ini kami akan memandu Anda dalam memilih bass untuk pemula. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk yang bagus dari berbagai merek bass terbaik, seperti Yamaha, Ibanez, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh sound engineer sekaligus bassist kami, Dennis Novriandi. Dilanjutkan membacanya, yuk!
    Musik
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori