• 10 Rekomendasi MIDI Keyboard Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi MIDI Keyboard Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi MIDI Keyboard Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi MIDI Keyboard Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi MIDI Keyboard Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi MIDI Keyboard Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

MIDI keyboard atau Musical Instrument Digital Interface Keyboard adalah alat musik digital yang dapat terhubung langsung dengan PC atau alat musik digital lainnya. MIDI keyboard berguna bila ingin memproduksi musik secara digital dengan PC atau tablet. Beberapa produsen MIDI keyboard antara lain adalah M-Audio, Akai, dan Novation.


Banyaknya pilihan MIDI keyboard mungkin membuat Anda kesulitan memilih produk yang tepat untuk Anda. Kami akan memperkenalkan cara memilih MIDI keyboard dan merekomendasikan beberapa produk terbaiknya untuk Anda. Untuk yang baru pertama ingin membeli MIDI keyboard, jadikanlah artikel kami sebagai rujukan Anda!

  • Pembaharuan terakhir: 24 Maret 2020
  • 3.875 Views
Daftar isi

Nikmatilah membuat musik dengan MIDI keyboard!

Nikmatilah membuat musik dengan MIDI keyboard!

Apabila Anda ingin memproduksi musik di PC menggunakan DAW (Digital Audio Workstation), MIDI keyboard sangat kami sarankan. Dengan MIDI keyboard, Anda tidak perlu repot membuat lagu menggunakan mouse atau keyboard. Cukup tekan bilah piano untuk memasukkan suara sesuai dengan keinginan Anda. Kerja Anda akan jauh lebih efisien.


Selain itu, jika Anda dapat bermain piano, Anda bisa memasukkan panduan nada dan suara lainnya sehingga Anda seolah-olah sedang memainkan lagu. Orang yang tidak bisa bermain piano pun bisa menggunakan MIDI keyboard untuk mengoperasikan perangkat lunak DAW. Anda bahkan bisa memasukkan irama musik lainnya, seperti ketukan drum, dengan mudah.


Dengan MIDI keyboard, semua orang bisa memproduksi lagu dengan lancar. Jadi, tidak perlu ragu untuk menggunakan MIDI keyboard!

Cara memilih MIDI keyboard

Sekarang mari lihat bagaimana cara memilih MIDI keyboard! Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan seperti jenis tuts dan fitur lainnya.

Berdasarkan tempat dan keterampilan Anda

MIDI keyboard dibuat dengan berbagai ukuran disesuaikan dengan banyaknya tombol serta bilah-bilah piano atau yang disebut dengan "tuts". Sebelum membeli, Ada dua hal yang harus dipastikan, yakni apakah Anda memahami fungsi setiap tombol yang ada dan seberapa mahir Anda dalam bermain piano.

Bila ingin lebih hemat tempat, pilih tipe 25 atau 32 tuts

Bila ingin lebih hemat tempat, pilih tipe 25 atau 32 tuts

Bagi Anda yang hanya memiliki ruang kecil di depan komputer Anda, kami sarankan menggunakan keyboard dengan 25 atau 32 tuts. Selain ukurannya yang kecil, MIDI keyboard jenis ini mudah digunakan oleh pemula sekalipun. Dengan keyboard 25 dan 32 tuts, Anda dapat memasukkan nada sederhana ke dalam musik Anda. 

Tipe 49 atau 61 tuts, mudah digunakan dan memiliki banyak fungsi

Tipe 49 atau 61 tuts, mudah digunakan dan memiliki banyak fungsi

Apabila Anda memiliki cukup ruang di depan monitor komputer Anda, pertimbangkan tipe 49 dan 61 tuts. MIDI keyboard jenis ini biasanya digunakan untuk Anda yang bisa bermain piano. Oleh karena memiliki jumlah tuts lengkap dalam satu oktaf (kumpulan 8 nada berurutan), Anda yang bisa bermain piano akan lebih puas saat menggunakannya. 


Selain itu, MIDI keyboard dengan 49 dan 61 tuts biasanya memiliki tombol yang lebih banyak dan kompleks. Bagi Anda yang sudah lama membuat musik secara digital, keyboard jenis ini dilengkapi dengan potensiometer (alat pengatur volume) dan tombol fungsi yang membantu pengoperasian DAW.

Bagi Anda yang memiliki ruangan khusus gunakan 88 tuts

Bagi Anda yang memiliki ruangan khusus gunakan 88 tuts

Bagi Anda yang mahir bermain piano dan memiliki ruangan khusus untuk membuat musik, keyboard dengan 88 tuts sangat disarankan. Banyaknya tombol mungkin akan membuat pemula kesulitan untuk mengoperasikannya. Akan tetapi, bagi Anda yang sudah lama membuat musik secara digital, makin banyak tombol makin mudah pula Anda membuat musik. 

Periksa kemudahan bermain

Banyaknya tombol akan membuat Anda terkadang kebingungan untuk apa semua tombol tersebut. Sebaiknya, periksa seluruh tombol fungsi pada keyboard dan perhatikan pula ukuran keyboard yang Anda inginkan. Kemudahan memainkan MIDI keyboard sangat ditentukan oleh tombol dan ukurannya.

Rasakan sentuhan tuts dengan memainkan nada yang Anda ingat

Rasakan sentuhan tuts dengan memainkan nada yang Anda ingat

Penting untuk memeriksa sentuhan tuts pada MIDI keyboard. Cara memeriksanya adalah dengan memainkan nada-nada yang Anda kuasai. Biasanya, apabila Anda biasa bermain piano, Anda lebih suka menggunakan tuts yang semiberat saat ditekan. Namun, untuk Anda yang baru pertama kali membeli, lebih baik Anda mencari tuts yang ringan untuk ditekan.


Ada banyak produk MIDI keyboard yang memiliki body dan tuts yang ringan untuk ditekan sehingga cocok untuk pemula. Untuk Anda yang sudah cukup mahir bermain piano, tuts semiberat patut diperhitungkan. Tuts semiberat dirancang mirip dengan tuts piano yang memang bobotnya sedikit berat. Dari segi harga harganya, tuts semiberat sedikit lebih tinggi.

MIDI keyboard dengan tuts satu oktaf penuh lebih mudah digunakan

MIDI keyboard dengan tuts satu oktaf penuh lebih mudah digunakan

Ukuran MIDI keyboard biasanya sama atau lebih kecil dari keyboard biasa. Jadi, bagi Anda yang terbiasa memainkan keyboard, kami anjurkan memilih MIDI keyboard dengan beberapa oktaf tuts. Akan tetapi, bila Anda hanya ingin memasukkan nada yang sederhana, pilihlah MIDI keyboard dengan jumlah tuts yang lebih sedikit.


Sekalipun tidak memiliki banyak pilihan nada, MIDI keyboard dengan tuts mini juga populer untuk orang yang dapat bermain piano. Selain ukurannya yang kecil, Anda yang memiliki ruangan terbatas sebaiknya juga memilih MIDI keyboard dengan tuts mini.

Perhatikan kelengkapan fitur kontrolnya untuk memudahkan pembuatan musik

Perhatikan kelengkapan fitur kontrolnya untuk memudahkan pembuatan musik

Jika Anda ingin melakukan seluruh operasi DAW dengan MIDI keyboard, kami merekomendasikan produk yang dilengkapi fungsi kontrol yang berlimpah. Pada MIDI keyboard dengan ukuran standar, biasanya sudah dilengkapi dengan pads drum, beberapa kenop pemutar, dan kuas pengatur. 


Apabila Anda memilih MIDI keyboard dengan ukuran yang kecil, biasanya ada beberapa tombol kontrol yang dikurangi atau tidak ada sama sekali. Oleh karena itu, sebaiknya periksa juga fungsi kontrol yang Anda inginkan. 


Misalnya untuk memasukkan bunyi drum atau perkusi, Anda memerlukan pads. Bila ingin volume suara lebih halus, akan lebih mudah bila terdapat tuas pengatur. Oleh karena memproduksi musik adalah serangkaian operasi yang mendetail, semakin banyak fungsi kontrol, makin efesien pula kerjanya.

Pilih koneksi yang sesuai dengan lingkungan kreatif Anda

Pilih koneksi yang sesuai dengan lingkungan kreatif Anda

Apabila Anda berencana menggunakan MIDI keyboard yang terkoneksi dengan PC, Anda hanya perlu mencari MIDI keyboard dengan koneksi kabel USB. Oleh karena terkoneksi menggunakan USB, daya untuk menyalakan keyboard juga sudah didapatkan dari koneksi tersebut. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir kehabisan daya seperti apabila Anda menggunakan koneksi nirkabel.


Namun, apabila Anda ingin menggunakannya di luar ruangan atau menyambungkannya pada tablet atau smartphone, pertimbangkan produk dengan koneksi bluetooth. Keyboard dengan bluetooth juga sudah dilengkapi dengan aplikasi pembuatan lagu digital sehingga Anda dapat membuat musik di mana saja. Jadi, tidak ada salahnya pula bila Anda memiliki keyboard nirkabel untuk melengkapi kebutuhan Anda.

Periksa juga perangkat lunak untuk MIDI keyboard Anda

Periksa juga perangkat lunak untuk MIDI keyboard Anda

Apabila Anda sudah memutuskan perangkat lunak yang akan Anda gunakan, lebih baik Anda melihat juga produk yang direkomendasikan oleh perangkat lunak tersebut. Ada kemungkinan perangkat lunak yang Anda ingin gunakan hanya cocok dengan MIDI keyboard tertentu.


Begitu pula bila Anda memilih MIDI keyboard terlebih dahulu. Periksa terlebih dahulu perangkat lunak bawaan keyboard Anda sebelum mengunduh perangkat lunak lainnya. Semakin banyak perangkat lunak yang dapat digunakan oleh keyboard Anda, semakin mudah pula untuk menemukan perangkat lunak yang bekerja baik untuk Anda. 

10 Rekomendasi MIDI keyboard terbaik

Mari lihat produk-produk MIDI keyboard yang kami rekomendasikan! Temukan yang paling cocok untuk Anda, ya!

10
Jumlah tuts88
Sentuhan pada tutsSemiberat
Ukuran keyboard1260 x 63 x 260,6 mm
Fungsi kontrolPads, DAW command center, kontrol pitch dan mod, kenop, tuas pengatur
KonektivitasUSB
Perangkat lunak bawaanAnalog Lab, Ableton Live Lite, UVI Model D
9
Jumlah tuts61
Sentuhan pada tutsSemiberat
Ukuran keyboard1000 x 86 x 274 mm
Fungsi kontrolKontrol transport DAW, kontrol pitch dan mod, kontrol maschine, kenop
KonektivitasUSB
Perangkat lunak bawaanKOMPLETE Elements
8
Jumlah tuts49
Sentuhan pada tutsRingan
Ukuran keyboard955 x 244 x 114 mm
Fungsi kontrolKontrol oktaf, pads, kontrol pitch dan mod, kenop dan tombol program
KonektivitasUSB
Perangkat lunak bawaanAbleton Live Lite 9, Xpand!2 by AIR Music Tech
7
Jumlah tuts49
Sentuhan pada tutsSemiberat
Ukuran keyboard736 x 86 x 311 mm
Fungsi kontrolPads, kontrol pitch dan mod, kontrol oktaf, kenop, tuas pengatur, saklar program, kontrol tranport DAW
KonektivitasUSB
Perangkat lunak bawaanAbleton Live Lite, Hybrid 3 by AIR Music Tech, SONiVOX Twist 2.0, dan Akai Pro MPC Essentials
6
Jumlah tuts49
Sentuhan pada tutsTidak dijelaskan
Ukuran keyboard822 x 189 x 68 mm
Fungsi kontrolKontrol transport DAW, tuas pengatur volume, kontrol pitch dan mod
KonektivitasUSB
Perangkat lunak bawaanAIR Music Mini Grand/Velvet/Xpand!2, Ableton Live LIte, Pro Tools First, Skoove, Touch Loops, Melodics Tutorial
5
Jumlah tuts25
Sentuhan pada tutsRingan
Ukuran keyboard393,7 x 228,6 x 76 mm
Fungsi kontrolPads, kenop, tombol fungsi
KonektivitasUSB
Perangkat lunak bawaanAbleton Live Lite 9
4
Jumlah tuts49
Sentuhan pada tutsTidak dijelaskan
Ukuran keyboard834 x 210 x 22,9 mm
Fungsi kontrolTidak dijelaskan
KonektivitasUSB dan bluetooth
Perangkat lunak bawaanX
3
Jumlah tuts49
Sentuhan pada tutsRingan
Ukuran keyboard814 x 243 x 94 mm
Fungsi kontrolPads, encoder putar, tuas pengatur, kontrol transport DAW
KonektivitasUSB
Perangkat lunak bawaanAbleton Live Lite, Sonivox Twist
2
Jumlah tuts61
Sentuhan pada tutsBisa disesuaikan
Ukuran keyboard1049 x 383,6 x 160 mm
Fungsi kontrolPads, kenop, slider, kontrol transport DAW, kontrol pitch dan mod, kontrol oktaf
Perangkat lunak bawaanAbleton Live Lite 9
KonektivitasUSB
1
Jumlah tuts25
Sentuhan pada tutsTidak dijelaskan
Ukuran keyboard317 x 181 x 44 mm
Fungsi kontrolPads, kontrol pitch dan mod, Arpeggiator
KonektivitasUSB
Perangkat lunak bawaanHybrid 3 by AIR Music Tech, SONiVOX Wobble dan Akai professional MPC Essentials

Tabel perbandingan MIDI keyboard terbaik

Gambar produk
1
Akai Professional MPK Mini MKII 1

Akai Professional

2
Novation Launchkey 61 MK2 1

Novation

3
M-Audio Oxygen 49 MK IV 1

M-Audio

4
Roli Seaboard Rise 49 1

Roli

5
Novation Launchkey Mini 1

Novation

6
M-Audio Keystation 49 MK3 1

M-Audio

7
Akai Professional MPK249 1

Akai Professional

8
Alesis V49 1

Alesis

9
Native Instruments Komplete Kontrol 1

Native Instruments

10
Arturia Keylab Essential 88 1

Arturia

Nama produk

MPK Mini MKII

Launchkey 61 MK2

Oxygen 49 MK IV

Seaboard Rise 49

Launchkey Mini

Keystation 49 MK3

MPK249

V49

Komplete Kontrol

Keylab Essential 88

Keunggulan

Sahabat sejati para pemula!

Memiliki tuts yang beratnya bisa berubah

Kontrol lengkap, harga bersahabat, buat lagu jadi lebih lancar!

Membuat Anda semakin stylish saat tampil!

Cocok dengan berbagai perangkat lunak, pekerjaan jadi lebih mudah!

Ukurannya mini dan mudah digunakan

Fungsi kontrol lengkap dan mudah digunakan!

Ekonomis dan ringan dibawa-bawa

Praktis untuk editing, mixing, dan memindahkan nada

Serasa menggunakan piano yang sesungguhnya

HargaRp 1.691.000,00Rp 3.552.000,00Rp 2.410.000,00Rp 17.040.000,00Rp 1.430.000,00Rp 1.140.000,00Rp 5.510.000,00Rp 1.830.000,00Rp 9.480.000,00Rp 5.650.000,00
Jumlah tuts25614949254949496188
Sentuhan pada tutsTidak dijelaskanBisa disesuaikanRinganTidak dijelaskanRinganTidak dijelaskanSemiberatRinganSemiberatSemiberat
Ukuran keyboard317 x 181 x 44 mm1049 x 383,6 x 160 mm814 x 243 x 94 mm834 x 210 x 22,9 mm393,7 x 228,6 x 76 mm822 x 189 x 68 mm736 x 86 x 311 mm955 x 244 x 114 mm1000 x 86 x 274 mm1260 x 63 x 260,6 mm
Fungsi kontrolPads, kontrol pitch dan mod, ArpeggiatorPads, kenop, slider, kontrol transport DAW, kontrol pitch dan mod, kontrol oktafPads, encoder putar, tuas pengatur, kontrol transport DAWTidak dijelaskanPads, kenop, tombol fungsiKontrol transport DAW, tuas pengatur volume, kontrol pitch dan modPads, kontrol pitch dan mod, kontrol oktaf, kenop, tuas pengatur, saklar program, kontrol tranport DAWKontrol oktaf, pads, kontrol pitch dan mod, kenop dan tombol programKontrol transport DAW, kontrol pitch dan mod, kontrol maschine, kenopPads, DAW command center, kontrol pitch dan mod, kenop, tuas pengatur
KonektivitasUSBAbleton Live Lite 9USBUSB dan bluetoothUSBUSBUSBUSBUSBUSB
Perangkat lunak bawaanHybrid 3 by AIR Music Tech, SONiVOX Wobble dan Akai professional MPC EssentialsUSBAbleton Live Lite, Sonivox TwistXAbleton Live Lite 9 AIR Music Mini Grand/Velvet/Xpand!2, Ableton Live LIte, Pro Tools First, Skoove, Touch Loops, Melodics TutorialAbleton Live Lite, Hybrid 3 by AIR Music Tech, SONiVOX Twist 2.0, dan Akai Pro MPC EssentialsAbleton Live Lite 9, Xpand!2 by AIR Music TechKOMPLETE ElementsAnalog Lab, Ableton Live Lite, UVI Model D
Tautan produk

MIDI Keyboard mudah untuk dikoneksikan

MIDI Keyboard mudah untuk dikoneksikan

Salah satu daya tarik dari MIDI keyboard adalah mudah digunakan sekalipun bagi yang pertama kali menggunakan. Model-model terbaru dapat langsung digunakan setelah kabel USB terhubung dengan PC tanpa driver yang terpisah. Seandainya tidak berfungsi, Anda bisa mengunduh driver-nya di internet.


Selain itu, Anda yang menggunakan tablet atau smartphone juga dapat membuat musik digital dengan dukungan MIDI keyboard nirkabel. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi di smartphone atau tablet Anda. Biasanya setiap MIDI keyboard nirkabel memiliki aplikasi khusus yang dianjurkan oleh masing-masing produsen. Jadi, di manapun tempatnya Anda tetap bisa berkreasi!

Baca juga rekomendasi piano digital terbaik

Bagi Anda yang masih belum puas dengan hasil suara yang dihasilkan oleh MIDI keyboard Anda, terutama dari suara piano. Ada baiknya bila Anda mengisi suara piano yang Anda inginkan menggunakan piano sesungguhnya. Akan tetapi, karena piano akustik tidak bisa langsung dimasukkan ke dalam aplikasi Anda, Anda bisa menggunakan piano digital sebagai penggantinya.


Baca rekomendasinya pada tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Pada kesempatan ini, kami sudah memperkenalkan cara memilih MIDI keyboard dan juga merekomendasikan berbagai produk. Banyak jenis MIDI keyboard yang dapat Anda gunakan untuk membuat musik digital. Anda hanya perlu mempertimbangkan banyaknya tuts, sentuhan pada tiap tuts, dan metode konektivas yang sesuai dengan lingkungan Anda berkarya.


Dengan artikel ini, Anda dapat menemukan MIDI keyboard yang Anda inginkan. Jadi, jangan ragu lagi untuk memiliki MIDI keyboard Anda dan mulailah berkarya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    250.136 Views
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Ada banyak merek AC atau pendingin ruangan terkenal, seperti Sharp, Samsung, Polytron, Panasonic, dan sebagainya yang dijual di pasaran. Harga dan fitur-fitur yang dimiliki setiap AC pun sangat bervariasi satu sama lain. Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan, bukan?Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk AC terbaik seharga 2-3 jutaan. Kami juga akan menjelaskan cara membersihkan AC yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan temukan AC yang sesuai untuk ruangan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    134.863 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    166.987 Views
  • 10 Rekomendasi Wireless Router Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wireless Router Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda dapat menikmati pengalaman browsing di dunia internet yang bebas dari kendala, seperti putusnya koneksi atau buffering, dengan menjaga kestabilan koneksi internet di rumah dengan memasang wireless router. Wireless router adalah solusi untuk mendapatkan kualitas jaringan ketika menggunakan internet. Namun, sekarang ini sudah banyak produsen menjual wireless router dengan berbagai fitur dan keunggulan yang bervariasi sehingga sulit bagi pembeli untuk menentukan wireless router yang pas sesuai kebutuhan.Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana memilih wireless router, membandingkan produk yang terbaik dari sisi performa dan harga, serta merekomendasikan produk yang terbaik untuk Anda. Selain itu, juga akan dijelaskan tips memasang wireless router. Temukan wireless router terbaik Anda yang dapat memberikan kenyamanan ketika menggunakan internet.
    Elektronik rumah tangga
    99.871 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Elektronik rumah tangga
    133.276 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Permainan game seperti PS4, online game, dan sebagainya adalah hiburan yang banyak diminati saat ini. Saat sedang memainkan game kesukaan Anda, tentunya Anda ingin bisa fokus merasakan dunia game tanpa gangguan. Selain visual, suara juga merupakan faktor yang membuat Anda dapat merasakan dunia game dengan optimal.Agar dunia game terasa semakin nyata, Anda harus menggunakan earphone gaming yang berkualitas, misalnya keluaran Shure, SoundPEATS, Marshall, atau Razer. Kali ini, kami akan membahas cara memilih earphone gaming dan rekomendasi produk terbaik yang paling diminati. Pilihlah yang sesuai dengan gaya bermain Anda!
    Elektronik rumah tangga
    110.607 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kamera video adalah alat yang tepat untuk mengabadikan setiap momen terbaik Anda, yang hanya bisa diambil saat ini. Bermula dari Handycam Sony yang klasik, kini telah beredar banyak kamera video dari Panasonic, Canon, JVC, maupun merek lainnya dengan beragam keunggulan seperti tahan air, berukuran kecil, hingga kamera video tipe 4K. Kali ini, kami akan berbagi tips mengenai bagaimana cara memilih kamera video, dengan membandingkan harga maupun fungsinya, agar Anda bisa mendapatkan kamera video yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Elektronik rumah tangga
    27.669 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori