1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Musik
  6. >
  7. 10 MIDI Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 MIDI Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 MIDI Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 MIDI Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 MIDI Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 MIDI Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 MIDI Keyboard Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2023)

Musical instrument digital interface keyboard atau MIDI keyboard atau MIDI controller berguna apabila Anda ingin memproduksi musik secara digital. Adanya MDI keyboard membantu Anda menghasilkan musik melalui PC, tablet, ataupun smartphone. Beberapa merek MIDI keyboard, antara lain, adalah Novation, Akai Professional, M-Audio, dan Yamaha.


Kami akan membagikan tips memilih MIDI keyboard dan merekomendasikan beberapa produk yang bagus untuk Anda. Anda juga akan menemukan MIDI keyboard murah di bawah satu juta. Kami berkolaborasi dengan sound engineer Dennis Novriandi dalam artikel ini. Jadikan artikel ini sebagai referensi Anda saat memilih produk!

Diperbaharui 04-04-2022
Pakar
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Dennis adalah bassist dari band SASVRITA yang juga aktif sebagai sound engineer dan producer untuk beberapa band dalam negeri. Selain itu, Dennis mengerjakan proyek-proyek lainnya sambil mengelola recording studio pribadi dan mendirikan production house Eastneptune Studio. Tidak hanya di bidang musik, Dennis juga berkiprah di bidang animasi dan komputer. Beberapa di antaranya adalah sebagai front end developer, freelance UI/UX designer, serta freelance 2D and 3D animation.

Profil Dennis Novriandi
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Nikmatilah membuat musik dengan MIDI keyboard!

MIDI keyboard adalah kependekan dari musical instrument digital interface keyboard. Jika Anda ingin memproduksi musik di PC menggunakan digital audio workstation (DAW), MIDI keyboard atau MIDI controller sangat kami sarankan. 


Dengan MIDI keyboard, Anda tidak perlu repot membuat lagu menggunakan mouse atau keyboard. Cukup tekan bilah piano untuk memasukkan suara sesuai dengan keinginan Anda. Kerja Anda akan jauh lebih efisien. Dengan MIDI keyboard atau MIDI controller, semua orang bisa memproduksi lagu dengan lancar. Jadi, tidak perlu ragu untuk menggunakan MIDI keyboard!


Selain itu, jika Anda dapat bermain piano, Anda bisa memasukkan panduan nada dan suara lainnya sehingga Anda seolah-olah sedang memainkan lagu. Orang yang tidak bisa bermain piano pun bisa menggunakan MIDI keyboard untuk mengoperasikan perangkat lunak DAW. Anda bahkan bisa memasukkan irama musik lainnya, seperti ketukan drum, dengan mudah.

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

MIDI controller mempunyai fleksibilitas akan suara berdasarkan host atau VSTi yang dipakai sehingga penggunaannya sangat direkomendasikan dalam proses kreatif seorang musisi.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih MIDI keyboard

Sekarang mari lihat bagaimana cara memilih MIDI keyboard! Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan, seperti jenis tuts dan fitur lainnya.

① Berdasarkan tempat dan keterampilan Anda

MIDI keyboard dibuat dengan berbagai ukuran yang disesuaikan dengan banyaknya tombol serta bilah-bilah piano atau tuts. Sebelum membeli, ada dua hal yang harus dipastikan. Kedua hal tersebut adalah pemahaman Anda tentang fungsi setiap tombol yang ada dan kemahiran Anda dalam bermain piano.

Tipe 25 atau 32 tuts, apabila ingin lebih hemat tempat

Bagi Anda yang hanya memiliki ruang kecil di depan komputer Anda, kami sarankan menggunakan keyboard dengan 25 atau 32 tuts. Selain ukurannya yang kecil, MIDI keyboard jenis ini mudah digunakan oleh pemula sekalipun. Dengan keyboard 25 dan 32 tuts, Anda dapat memasukkan nada sederhana ke dalam musik Anda. 

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Ada beberapa faktor dalam penentuan jumlah keys pada MIDI controller. Pertama adalah genre musiknya. Jika playing style Anda hanya berupa bass, lead, atau drum beat, tipe 25 dan 32 keys saja sudah cukup untuk Anda. Kedua, jika membutuhkan MIDI controller yang portable dan bisa dimasukkan ke dalam tas, range keys ini sangat cocok untuk Anda.

Tipe 49 atau 61 tuts, mudah digunakan dan memiliki banyak fungsi

Tipe 49 atau 61 tuts, mudah digunakan dan memiliki banyak fungsi
Sumber: m-audio.com

Apabila Anda memiliki cukup ruang di depan monitor komputer Anda, pertimbangkan tipe 49 dan 61 tuts. MIDI keyboard jenis ini biasanya digunakan untuk Anda yang bisa bermain piano. Anda yang bisa bermain piano akan lebih puas saat menggunakannya karena memiliki jumlah tuts lengkap dalam satu oktaf.


Selain itu, MIDI keyboard dengan 49 dan 61 tuts biasanya memiliki tombol yang lebih banyak dan kompleks. Oleh karena itu, ukuran ini cocok untuk Anda yang sudah lama membuat musik secara digital. Keyboard ukuran ini biasanya dilengkapi potensiometer (alat pengatur volume) dan tombol fungsi yang membantu pengoperasian DAW.

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

MIDI controller tipe ini cocok untuk Anda yang membutuhkan keleluasaan yang lebih untuk meng-explore octave range. Selain itu, tipe ini juga cocok apabila genre yang Anda mainkan memiliki ritme dan melodi yang bersamaan.

Tipe 88 tuts, bagi Anda yang memiliki ruangan khusus

Tipe 88 tuts, bagi Anda yang memiliki ruangan khusus
Sumber: arturia.com

Bagi Anda yang mahir bermain piano dan memiliki ruangan khusus untuk membuat musik, keyboard dengan 88 tuts sangat disarankan. Banyaknya tombol mungkin akan membuat pemula kesulitan untuk mengoperasikannya. Sebaliknya, MIDI keyboard ini akan sangat membantu Anda yang sudah lama membuat musik secara digital.

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Jika Anda seorang orchestra composer atau seorang pianis, jumlah keys yang Anda butuhkan adalah 88 keys. Tipe ini akan memberikan full range octave seperti pada grand piano.

② Periksa kemudahan bermain

Banyaknya tombol akan membuat Anda terkadang kebingungan untuk mengetahui fungsi semua tombol tersebut. Jadi, periksa seluruh tombol fungsi pada keyboard dan perhatikan pula ukuran keyboard yang Anda inginkan. Kemudahan memainkan MIDI keyboard sangat ditentukan oleh tombol dan ukurannya.

Rasakan sentuhan tuts dengan memainkan nada yang Anda ingat

Penting untuk memeriksa sentuhan tuts pada MIDI keyboard. Cara memeriksanya adalah dengan memainkan nada-nada yang Anda kuasai. Apabila Anda biasa bermain piano, Anda akan lebih suka menggunakan tuts yang semiberat saat ditekan. Sebaliknya, untuk Anda yang baru pertama kali membeli, lebih baik Anda mencari tuts yang ringan untuk ditekan.


Ada banyak produk MIDI keyboard yang memiliki body dan tuts yang ringan untuk ditekan sehingga cocok untuk pemula. Untuk Anda yang sudah cukup mahir bermain piano, tuts semiberat patut diperhitungkan. Tuts semiberat dirancang mirip dengan tuts piano yang memang bobotnya sedikit berat. Dari segi harga harganya, tuts semiberat sedikit lebih tinggi.

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Ada tiga tipe action sentuhan saat memainkan piano, yaitu semi-weighted piano, hammer-weighted piano, dan synth action touch. Hammer-weighted piano adalah tuts yang seperti piano asli. Biasanya pianis memilih MIDI controller tipe ini untuk mendapatkan feel piano akustik saat memainkan tuts.


Semi-weighted piano adalah action yang bisa ditemukan di keyboard pada umumnya. Action touch untuk tipe ini tidak seberat hammer-weighted. Synth action touch lebih ringan lagi dari semi-weighted piano. Jika Anda bukan pianis atau membutuhkan tuts yang ringan untuk bermain cepat, tipe ini cocok untuk Anda.

MIDI keyboard dengan tuts satu oktaf penuh lebih mudah digunakan

MIDI keyboard dengan tuts satu oktaf penuh lebih mudah digunakan
Sumber: m-audio.com

Ukuran MIDI keyboard biasanya sama atau lebih kecil dari keyboard biasa. Jadi, bagi Anda yang terbiasa memainkan keyboard, kami anjurkan memilih MIDI keyboard dengan beberapa oktaf tuts


Apabila Anda hanya ingin memasukkan nada yang sederhana, pilihlah MIDI keyboard dengan jumlah tuts yang lebih sedikit. Sekalipun tidak memiliki banyak pilihan nada, MIDI keyboard dengan tuts mini juga populer untuk orang yang dapat bermain piano. Selain ukurannya yang kecil, Anda yang memiliki ruangan terbatas sebaiknya juga memilih MIDI keyboard dengan tuts mini.

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

MIDI keyboard yang hanya memiliki satu oktaf cocok untuk Anda yang tidak terlalu banyak memainkan lead. Selain itu, Anda bisa menggunakan MIDI keyboard tipe ini untuk melatih fingering.

③ Perhatikan kelengkapan fitur kontrolnya untuk memudahkan pembuatan musik

Jika Anda ingin melakukan seluruh operasi DAW dengan MIDI keyboard, kami merekomendasikan produk yang dilengkapi fungsi kontrol yang berlimpah. MIDI keyboard dengan ukuran standar biasanya sudah dilengkapi dengan pads drum, beberapa kenop pemutar, dan tuas pengatur


Apabila Anda memilih MIDI keyboard dengan ukuran yang kecil, ada beberapa tombol kontrol yang dikurangi atau tidak ada sama sekali. Oleh karena itu, sebaiknya periksa juga fungsi kontrol yang Anda inginkan. 


Misalnya untuk memasukkan bunyi drum atau perkusi, Anda memerlukan pads. Apabila Anda menginginkan volume suara lebih halus, akan lebih mudah jika terdapat tuas pengatur. Memproduksi musik adalah serangkaian operasi yang mendetail. Dengan begitu, makin banyak fungsi kontrol, makin efisien pula kerjanya.

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Kelengkapan fitur pada MIDI keyboard tergantung pada tipe, merek, dan harganya. Salah satu fitur yang berguna adalah knob untuk mengontrol parameter pada host atau VSTi. Ada pula knob yang bisa digunakan untuk switch preset atau bank. Sementara itu, untuk membuat beat, pastikan MIDI keyboard Anda memiliki fitur drum pads. Periksa juga adanya pitch bend dan modulation untuk mengontrol modulasi.

④ Pilih koneksi yang sesuai dengan lingkungan kreatif Anda

Apabila berencana menggunakan MIDI keyboard yang terkoneksi dengan PC, Anda hanya perlu mencari MIDI keyboard berkoneksi kabel USB. Daya untuk menyalakan keyboard sudah didapatkan dari koneksi tersebut karena terkoneksi menggunakan USB. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir kehabisan daya seperti apabila Anda menggunakan koneksi nirkabel.


Jika ingin menggunakannya di luar ruangan atau menyambungkannya pada gadget, pertimbangkan produk berkoneksi Bluetooth. Keyboard dengan Bluetooth juga sudah dilengkapi aplikasi pembuatan lagu digital sehingga Anda dapat membuat musik di mana saja. Jadi, tidak ada salahnya pula Anda memiliki keyboard nirkabel untuk melengkapi kebutuhan Anda.

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Ada tiga tipe koneksi untuk menghubungkan MIDI controller dengan host (PC, tablet, handphone, atau sound module). Pertama adalah kabel USB type B atau USB type C untuk model keluaran terbaru. Tipe koneksi yang kedua adalah MIDI port. Untuk menggunakan MIDI port, dibutuhkan MIDI connector yang biasanya ada pada audio interface. Tipe koneksi yang ketiga adalah nirkabel atau Bluetooth.

⑤ Periksa juga perangkat lunak untuk MIDI keyboard Anda

Jika Anda sudah memutuskan perangkat lunak yang akan digunakan, periksa juga produk yang direkomendasikan oleh perangkat lunak tersebut. Ada kemungkinan perangkat lunak yang Anda ingin gunakan hanya cocok dengan MIDI keyboard tertentu.


Hal ini perlu diperhatikan jika Anda memilih MIDI keyboard terlebih dahulu. Periksa terlebih dahulu perangkat lunak bawaan keyboard Anda sebelum mengunduh perangkat lunak lainnya. Makin banyak perangkat lunak yang compatible, makin mudah menemukan perangkat lunak yang bekerja baik untuk Anda

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

Saat ini semua MIDI controller sudah support plug and play sehingga Anda tidak usah menginstal driver. Namun, pada kasus tertentu, driver tetap dibutuhkan untuk beberapa sistem atau untuk firmware update. Karena MIDI controller tidak mempunyai sound module, dibutuhkan VSTi atau host yang bisa mengubah data MIDI menjadi suara.

10 Rekomendasi MIDI keyboard terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk MIDI keyboard terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari sound engineer Dennis Novriandi. 
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Yamaha

PSS-A50

Yamaha PSS-A50 1枚目

Keyboard dengan fitur MIDI yang portable

2

Midiplus

AKM320

Midiplus AKM320 1枚目

Produk MIDI keyboard di bawah 1 juta rupiah, murah meriah!

3

Samson

Carbon 49

Samson Carbon 49 1枚目

Studio sampai stage MIDI keyboard cukup dengan satu produk

4

Novation

Launchkey 25 MK2

Novation Launchkey 25 MK2 1枚目

Investasi MIDI keyboard terbaik untuk para pemula

5

Korg

microKEY Air 49 Bluetooth

Korg microKEY Air 49 Bluetooth 1枚目

Koneksi wireless, meja kerja tetap rapi tanpa banyak kabel

6

Akai Professional

MPK249

Akai Professional MPK249 1枚目

Fungsi kontrol lengkap dan mudah digunakan

7

M-Audio

Oxygen 49 MK IV

M-Audio Oxygen 49 MK IV 1枚目

Dapat terintegrasi dengan berbagai DAW

8

Arturia

Keylab Essential 88

Arturia Keylab Essential 88 1枚目

Serasa menggunakan piano yang sesungguhnya

9

Native Instruments

Komplete Kontrol S61

Native Instruments Komplete Kontrol S61 1枚目

Praktis untuk editing, mixing, dan memindahkan nada

10

Roland

A-800PRO MIDI Keyboard Controller

Roland A-800PRO MIDI Keyboard Controller 1枚目

Fiturnya dapat menyesuaikan dengan gaya bermain Anda

Perincian produk
Close
No.1

Keyboard dengan fitur MIDI yang portable

Keyboard dengan fungsi MIDI ini dilengkapi dengan speaker internal. Anda juga dapat menghubungkannya dengan headphone sebagai bentuk privasi. Di dalamnya juga tersedia fitur perekam dan putar ulang. Bentuknya pun sangat ringkas dan ringan untuk dibawa-bawa.


Anda juga tak perlu khawatir menggunakan keyboard ini di mana saja. MIDI keyboard dari Yamaha ini bisa menggunakan daya baterai. Kami merekomendasikan MIDI keyboard Yamaha ini untuk Anda dengan mobilitas tinggi.

No.2

Produk MIDI keyboard di bawah 1 juta rupiah, murah meriah!

Apakah Anda sedang mencari MIDI keyboard dengan harga murah? Anda dapat mempertimbangkan produk dari Midiplus yang harganya di bawah satu juta rupiah. Produk ini sudah dilengkapi dengan fungsi-fungsi dasar sebuah MIDI keyboard. Fungsi yang ada cukup sebanding dengan harga yang ditawarkan. Di dalamnya juga sudah tersedia input untuk pedal.

No.3

Studio sampai stage MIDI keyboard cukup dengan satu produk

Samson Carbon 49 merupakan MIDI keyboard yang versatile, mudah digunakan, compact, dan ringan. Dengan begitu, produk ini sangat portable. Anda dapat memilih MIDI keyboard ini sebagai alat musik studio ataupun alat musik di panggung. 


Tutsnya memiliki fitur velocity sensitive sehingga mendukung permainan yang dinamis. Menariknya lagi, produk ini dilengkapi dengan slot untuk iPad serta adaptornya. Jika Anda seorang musisi yang sering tampil di panggung, pertimbangkan produk ini.

No.4

NovationLaunchkey 25 MK2

Mulai dari Rp2.750.000,00

Investasi MIDI keyboard terbaik untuk para pemula

Bagi para pemula, kami rekomendasikan Anda untuk berinvestasi dengan MIDI Keyboard dari Novation. Novation Launchkey 25 MK2 memiliki 25 tuts yang cocok untuk para pemula. Selain itu, MIDI keyboard ini sudah lengkap dengan pads. Dengan begitu, Anda bisa berlatih menghasilkan drum beats yang sesuai dengan musik.

No.5

KorgmicroKEY Air 49 Bluetooth

Mulai dari Rp2.120.000,00

Koneksi wireless, meja kerja tetap rapi tanpa banyak kabel

Kebanyakan MIDI keyboard memang menggunakan koneksi dengan kabel USB. Namun, kabel USB terkadang membuat meja kerja Anda menjadi berantakan. Sebagai solusinya, Anda dapat memilih MIDI keyboard dari Korg.


Korg microKEY Air merupakan salah satu MIDI keyboard dengan koneksi Bluetooth. Koneksinya juga mendukung Apple Bluetooth Low Energy Midi. Menariknya lagi, MIDI keyboard ini dapat dioperasikan hanya dengan dua buah baterai AA.

No.6

Akai ProfessionalMPK249

Mulai dari Rp6.392.000,00

Fungsi kontrol lengkap dan mudah digunakan

Bagi Anda yang sudah profesional, produk dari Akai Professional patut Anda pertimbangkan. Fungsi kontrol yang lengkap menjadi kelebihan utama produk yang satu ini. Hebatnya lagi, fungsi kontrol ini tetap bisa digunakan oleh pemula dengan mudah. Perangkat lunak bawaannya pun cukup banyak untuk mendukung pembuatan musik Anda.

No.7

M-AudioOxygen 49 MK IV

Mulai dari Rp3.320.000,00

Dapat terintegrasi dengan berbagai DAW

Oxygen 49 MK IV dari M-Audio mendukung integrasi dengan berbagai DAW milik Anda. Ableton Live, Pro Tools, Logic, Cubase, dan masih banyak lagi DAW yang didukung produk ini. Tak perlu khawatir soal DAW yang Anda gunakan, deh.


Mengoperasikannya pun sangat mudah. M-Audio Oxygen 49 memiliki customizable mapping preset yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jadi, Anda dapat langsung menggunakan efek dan virtual instruments saat memainkannya.

No.8

ArturiaKeylab Essential 88

Mulai dari Rp8.985.000,00

Serasa menggunakan piano yang sesungguhnya

MIDI Keyboard keluaran terbaru dari Arturia ini baru saja debut pada acara National Association of Music Merchants (NAMM) tahun 2020. Namun, produk ini sudah banyak mendapatkan rating tinggi di situs resminya. 


Sentuhan ketika Anda menekan tutsnya terasa seperti piano sesungguhnya. Anda yang suka bermain piano tidak perlu menyesuaikan diri lagi. Harganya pun bisa dikatakan ekonomis untuk ukuran MIDI keyboard dengan 88 tuts.

No.9

Native InstrumentsKomplete Kontrol S61

Mulai dari Rp16.000.000,00

Praktis untuk editing, mixing, dan memindahkan nada

Seperti produk Native Instruments lainnya, produk ini juga memiliki satu perangkat lunak bawaan dari Komplete Kontrol. Tak hanya itu, produk ini dilengkapi fungsi kontrol Maschine membuat Anda dapat langsung mengedit, mixing, dan memindahkan nada ke PC.


Adanya kontrol Maschine tersebut tentu saja membuat pekerjaan Anda lebih praktis dan efisien. Produk yang dilengkapi 61 tuts semiberat ini cocok sekali untuk Anda yang menyukai MIDI keyboard superpraktis.

No.10

RolandA-800PRO MIDI Keyboard Controller

Mulai dari Rp6.990.000,00

Fiturnya dapat menyesuaikan dengan gaya bermain Anda

Nikmati bermain MIDI keyboard dari pengembang keyboard terbaik yang sudah berpengalaman lebih dari tiga puluh tahun. Produk ini menawarkan mekanisme after touch serta peningkatan sensitivitas tuts sesuai dengan dinamika permainan Anda. 


Anda juga dapat mengatur velocity sesuai dengan gaya bermain. MIDI keyboard ini pas sekali untuk Anda yang senang mengeksplorasi berbagai macam genre musik.

Pertanyaan umum seputar MIDI keyboard

Pertanyaan umum seputar MIDI keyboard
Sumber: arturia.com

MIDI keyboard mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Kami sudah mengumpulkan beberapa pertanyaan umum seputar MIDI keyboard. Simak jawaban dari kami agar Anda lebih mengenal alat musik digital ini.

Apa itu MIDI?

MIDI adalah kependekan dari musical instrument digital interface. MIDI merupakan digital interface yang dapat menghubungkan alat musik dengan alat musik ataupun dengan komputer agar terjadi pertukaran data. Informasi berupa nada, notasi, tempo, sampai getaran suara dapat dibagian melalui digital interface ini.

Apa perbedaan MIDI controller dengan alat musik keyboard biasa?

MIDI controller biasanya tidak menghasilkan suara langsung. Untuk menghasilkan suara, MIDI controller perlu disambungkan dengan perangkat lunak. Berbeda dengan keyboard yang dapat langsung menghasilkan suara dari built in speaker.

MIDI keyboard mudah untuk dikoneksikan

MIDI keyboard mudah untuk dikoneksikan

Salah satu daya tarik dari MIDI keyboard adalah mudah digunakan sekalipun bagi yang pertama kali menggunakannya. Model-model terbaru dapat langsung digunakan setelah kabel USB terhubung dengan PC tanpa driver yang terpisah. Seandainya tidak berfungsi, Anda bisa mengunduh driver-nya di internet.


Selain itu, Anda yang menggunakan tablet atau smartphone juga dapat membuat musik digital dengan dukungan MIDI keyboard nirkabel. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi di smartphone atau tablet Anda. Biasanya setiap MIDI keyboard nirkabel memiliki aplikasi khusus yang dianjurkan oleh tiap-tiap produsen. Jadi, di mana pun tempatnya Anda tetap bisa berkreasi!

Dennis Novriandi
Sound engineer, music producer, dan bassist
Dennis Novriandi

MIDI controller membutuhkan power dari host-nya. Biasanya power ini didapatkan dengan menggunakan kabel USB yang disambungkan ke PC atau tablet.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk bermusik di sini

Alat musik digital sangat dibutuhkan untuk menciptakan musik yang lebih rampung. Selain MIDI keyboard, Anda mungkin membutuhkan piano digital, keyboard, ataupun DJ controller. Temukan produk-produk terbaiknya dalam tautan berikut ini.

Kesimpulan

Banyak jenis MIDI keyboard atau controller yang dapat Anda gunakan untuk membuat musik digital. Pertimbangkan fitur-fitur yang ditawarkan sebuah MIDI keyboard. Anda juga dapat memilih MIDI keyboard yang limited edition dengan warna-warna menarik.


Sesuaikan juga produk MIDI keyboard dengan budget Anda, ya. Dengan artikel ini, kami harap Anda dapat menemukan MIDI keyboard yang diinginkan. Jadi, jangan ragu lagi untuk memiliki MIDI keyboard Anda dan mulailah berkarya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer