1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan bayi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Kait Pengaman Lemari Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Kait Pengaman Lemari Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Kait Pengaman Lemari Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Kait Pengaman Lemari Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Kait Pengaman Lemari Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Kait Pengaman Lemari Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Kait Pengaman Lemari Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023)

Kait pengaman lemari merupakan item yang sangat penting bagi keluarga yang memiliki anak-anak di rumah. Dengan begitu, Anda bisa sedikit santai di rumah tanpa harus mengejar si kecil yang sangat aktif. Meski rasa penasaran sangat tinggi, mereka tidak akan bisa membuka lemari es ataupun lemari pakaian sesuka hati. 


Kini, Anda pun dapat memilih beragam kait pengaman lemari yang bisa dipakai sesuai dengan kebutuhan. Sebelumnya, tentukan di mana Anda akan memasangnya, lalu cari produk rekomendasinya di bawah ini. Selain produk dari merek 3M, adakah produk lainnya?

Diperbaharui 05-22-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih kait pengaman lemari terbaik untuk bayi

Tak bisa dimungkiri, pintu ayun atau laci sangat menarik bagi anak-anak. Anda pasti akan dibuat panik saat si kecil mendekati "pandora boxtersebut karena banyak barang yang Anda simpan di sana. Misalnya, obat-obatan, bumbu, stok makanan, dan lainnya yang sebaiknya tidak disentuh anak. Oleh sebab itu, kami akan memaparkan cara memilih kait pengaman lemari terbaik untuk bayi. 

① Pilih tipe kait pengaman lemari yang tepat

Saat Anda scrolling di online shop, pasti akan dibuat terkejut dengan banyaknya tipe kait pengaman lemari yang bisa dipilih. Lantas, tipe manakah yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Mari kita cek bersama-sama di bawah ini!

Ingin yang mudah dipakai di mana saja? Pilih tipe band!

Ingin yang mudah dipakai di mana saja? Pilih tipe band!

Kait pengaman lemari tipe band bisa digunakan untuk semua jenis laci dan pintu. Anda cukup menghubungkan dua bagian band dengan belt, laci atau pintu pun tidak bisa dibuka. Walaupun terlihat seperti belt, tipe ini dilengkapi dengan kunci one touch yang bisa langsung dibuka. Kerennya, belt bisa dipanjangkan atau dipendekkan sesuai dengan kebutuhan. Kait pengaman ini pun dapat diaplikasikan di mana saja. 


Selain itu, tipe ini juga dapat dipasang di dua permukaan yang tidak sama rata. Dengan demikian, tipe band bisa dipasang di berbagai tempat selain pintu. Si kecil yang biasanya dapat membuka pintu laci sesuka hati, kini tidak akan lagi bisa melakukannya. Terakhir, disarankan untuk membeli dalam jumlah banyak karena tipe ini lebih praktis dan bisa dipakai di banyak tempat. 

Untuk dua pintu, gunakan tipe rotary

Untuk dua pintu, gunakan tipe rotary

Tipe rotary direkomendasikan untuk lemari atau laci dua pintu yang sering dibuka, seperti di bawah wastafel dapur dan lemari. Pasalnya, tipe ini dapat diputar dan mengunci dari bagian atas. Tipe ini juga memiliki struktur kunci dengan tombol sehingga sulit dibuka oleh bayi. Namun, kait pengaman ini mudah dibuka oleh orang dewasa dengan sekali tekan saja. 


Produk ini bisa dipasang di pintu tunggal seperti kulkas dan laci selama permukaannya rata. Sebagai tambahan, ukuran tipe ini tidak bisa diatur seperti tipe band. Makanya, Anda harus mengukur permukaan lemari atau laci sebelum membeli agar tidak salah pilih. Meskipun begitu, tipe ini tetap disukai karena terlihat lebih bersih dan lebih pintar dari tipe band

Pilih tipe auto lock untuk pintu yang sering dibuka

Pilih tipe auto lock untuk pintu yang sering dibuka

Walaupun Anda dapat membuka dan menutup pintu dengan hanya sekali menekan tombol, terkadang hal ini terasa menyusahkan. Terlebih lagi untuk lemari atau pintu kulkas yang sering digunakan. Pada akhirnya, Anda pun sering membiarkannya tidak terkunci agar lebih mudah dibuka. Solusinya, Anda dapat memakai kait pengaman tipe auto lock. Tipe ini bisa menahan pintu agar tetap terbuka dan bisa mengunci secara otomatis saat ditutup. Dengan begini, Anda dapat sedikit menghemat waktu, bukan?


Selain tipe auto lock yang pada umumnya akan mengunci saat ada dua permukaan yang tidak rata ditutup, Anda bisa juga memakai tipe magnet. Kunci dapat dibuka dengan cara memasang kunci di bagian dalam pintu atau laci, serta mendekatkan magnet di bagian luar. Anda pun tidak perlu khawatir tampilan furnitur akan menjadi tidak cantik lagi karena kunci dipasang di bagian dalam pintu. Dengan membuka kunci di bagian dalam, Anda dapat membiarkan pintu selalu terkunci dan tidak perlu melepaskannya saat dibutuhkan. 


Meski terdapat batasan tempat untuk pemasangannya, kami sarankan untuk memakai tipe auto lock. Walaupun harganya sedikit mahal, tipe ini sangat cocok untuk kulkas atau lemari yang sering dibuka dan ditutup. 

② Lakukan pengecekan secara mendetail sebelum membeli

Lakukan pengecekan secara mendetail sebelum membeli

Anda perlu melakukan pengecekan secara mendetail agar kait pengaman lemari yang dibeli dapat dipasang. Beberapa hal yang perlu Anda cek adalah ketebalan pintu, ada tidaknya perbedaan permukaan, dan ukuran permukaan kait. Untuk tipe band, Anda bisa memasangnya di banyak tempat tanpa ada masalah yang berarti. Namun, kait pengaman selain tipe band tidak bisa disesuaikan panjangnya dan tidak bisa dipasang di permukaan yang tidak rata. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pastikan untuk mengecek bentuk dari pintu atau lemari. 


Sekadar info, kait pengaman lemari akan terlihat menonjol saat dipasang di furnitur. Produk dengan warna yang bertabrakan dengan warna furnitur tak hanya terlihat jelek. Namun, produk ini akan terlihat mencolok dan menarik minat bayi. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk memilih kait pengaman lemari dengan warna yang sesederhana mungkin. 

③ Pilih produk dengan kunci ganda yang aman untuk si kecil

Pilih produk dengan kunci ganda yang aman untuk si kecil

Pada awalnya, kunci pada kait pengaman lemari sulit dibuka oleh anak-anak. Namun, hal ini tidak akan lagi efektif jika anak sudah memasuki usia dua tahun. Dengan mekanisme yang sederhana, balita bisa membukanya dengan mudah. 


Namun, Anda dapat mengatasinya dengan memakai kait pengaman lemari dengan kunci ganda. Kait dengan kunci ganda hanya dapat dibuka dengan melakukan dua tindakan bersamaan. Misalnya, Anda harus menarik sambil menggenggam dan melepas sabuk sambil menekan tombol. Pastikan Anda mempertimbangkan tipe ini karena sangat fungsional. 

④ Cari produk yang dapat dilepas tanpa meninggalkan bekas

Cari produk yang dapat dilepas tanpa meninggalkan bekas

Sebagian besar kait pengaman lemari dipasang selotip di dua sisi luarnya sehingga mengurangi nilai estetis dari lemari dan kulkas. Saat anak tumbuh dewasa, kait ini pun dilepas dan sering kali meninggalkan bekas. Oleh karena itu, kami sarankan untuk memilih produk yang melekat dengan kuat saat dipakai, tetapi mudah dilepas. Dewasa ini, lem perekat dengan kualitas jempolan dan tidak meninggalkan bekas sudah banyak di pasaran. 


Meskipun Anda sudah memilih tipe yang mudah dilepas, ada kalanya permukaan furnitur akan turut terkelupas bersamaan dengan kait pengaman lemari. Jadi, perhatikanlah bahan dan cara penggunaannya agar tidak merusak furnitur kesayangan Anda, terlebih lagi untuk furnitur berbahan kayu. 

10 Rekomendasi kait pengaman lemari terbaik untuk bayi

Banyak sekali tipe kait pengaman lemari yang bisa melindungi bayi dari bahaya dan kecelakaan. Silakan untuk mempertimbangkan sepuluh kait pengaman lemari terbaik untuk bayi di bawah ini. 
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Baby Safety Lock

 Baby Safety Lock 1枚目

Bisa dijadikan opsi hadiah untuk mama muda

2

3M

Baby Lock Band

3M Baby Lock Band 1枚目

Tetap aman meski mudah dibuka dan ditutup

3

Sabuk Pengunci Pintu Lemari dan Kulkas Antijatuh

 Sabuk Pengunci Pintu Lemari dan Kulkas Antijatuh  1枚目

Desain elegan dengan bentuk superunik!

4

Pengaman Laci Bentuk Tali

 Pengaman Laci Bentuk Tali 1枚目

Solusi jitu untuk furnitur dengan permukaan tak rata

5

Safety Lock Bentuk Siku

 Safety Lock Bentuk Siku  1枚目

Warnanya cantik! Dijamin tidak merusak nilai estetis furnitur!

6

Sabuk Pengunci Pintu Lemari dan Kulkas

 Sabuk Pengunci Pintu Lemari dan Kulkas  1枚目

Anak hobi menelan sembarang makanan? Pakai kait pengaman kulkas!

7

Baby Safety Lock Band Type

 Baby Safety Lock Band Type 1枚目

Tidak mudah bergeser dan tidak beracun

8

Green Leaf

Advanced Aluminum Gate Lock

Green Leaf  Advanced Aluminum Gate Lock 1枚目

Kukuh dan keamanannya ekstra!

9

Kait Lemari Pintu Kulkas Motif Doggie

 Kait Lemari Pintu Kulkas Motif Doggie 1枚目

Tingkatkan rasa ingin tahu si kecil dengan cara teraman

10

Baby Safety Lock Drawer

  Baby Safety Lock Drawer  1枚目

Multifungsi! Bisa juga dipakai di toilet

Perincian produk
Close
No.1

Bisa dijadikan opsi hadiah untuk mama muda

Apakah Anda memiliki teman yang baru saja melahirkan? Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli kait pengaman lemari berbentuk ikan paus ini. Dengan desainnya yang lucu dan eye catching, pasti sangat cocok untuk dijadikan hadiah.


Bentuk dan warnanya pun universal sehingga bisa diberikan untuk bayi laki-laki dan perempuan. Silakan membeli beberapa kait pengaman sekaligus agar bisa dipasang di banyak tempat. 

No.2

Tetap aman meski mudah dibuka dan ditutup

Ini dia tipe kait pengaman lemari yang sangat nyaman untuk digunakan. Anda dapat membuka dan menutupnya dengan mudah. Meskipun begitu, fungsi kunci kait sangatlah kuat sehingga tidak akan mudah dibuka oleh anak. 


Satu lagi, produk ini juga bisa diaplikasikan untuk pintu tunggal dan ganda, lho. Dengan demikian, Anda bisa memakainya secara leluasa tanpa perlu memperhatikan jumlah pintu. Namun, perhatikan ketebalan pintu karena produk ini tidak adjustable, ya. 

No.3

Sabuk Pengunci Pintu Lemari dan Kulkas Antijatuh

Mulai dari Rp54.720,00

Desain elegan dengan bentuk superunik!

Kait pengaman lemari ini memiliki desain classy yang cocok untuk rumah bergaya western. Jika Anda mencari item fungsional yang bisa menambah keindahan rumah, silakan memilih produk ini. Bonusnya, kait pengaman ini antikarat, tidak mudah jatuh, dan antikorosi. 


Meski bentuknya terlihat rumit, produk ini dapat dipasang dengan mudah, kok. So, don't judge a book by its cover! Setelah dipasang, Anda bisa mengunci barang-barang penting dari jangkauan anak. 

No.4

Pengaman Laci Bentuk TaliD004

Mulai dari Rp6.000,00

Solusi jitu untuk furnitur dengan permukaan tak rata

Khusus untuk furnitur dengan permukaan yang tidak rata, Anda dapat memakai produk yang satu ini, nih! Produk ini terbuat dari kain dan plastik yang fleksibel saat digunakan. Alhasil, Anda bisa memasangnya dalam segala kondisi dan tidak perlu takut mubazir karena salah ukuran. 


Satu lagi, keunggulan dari bahan kain adalah Anda bisa melepasnya dengan mudah tanpa harus takut akan merusak furnitur kesayangan.

No.5

Safety Lock Bentuk Siku AHM042

Mulai dari Rp4.200,00

Warnanya cantik! Dijamin tidak merusak nilai estetis furnitur!

Bagi Anda yang sangat memperhatikan keseimbangan interior ruangan atau dapur, pasti akan jatuh hati dengan produk ini. Safety lock dengan bentuk siku ini memiliki desain kekinian dengan warna yang cantik. Silakan untuk mengombinasikan lemari berwarna putih dengan safety lock ini. Kamar atau ruangan Anda pasti akan terlihat lebih lovely

No.6

Sabuk Pengunci Pintu Lemari dan Kulkas

Mulai dari Rp10.990,00

Anak hobi menelan sembarang makanan? Pakai kait pengaman kulkas!

Selain di lemari, Anda juga harus mempertimbangkan untuk memasang kait pengaman di kulkas, lho. Terlebih lagi apabila anak Anda sering menelan makanan secara sembarangan. Dengan adanya kait pengaman kulkas, Anda bisa lebih leluasa untuk memasukkan makanan apa pun tanpa takut akan dimakan si kecil. Terlebih lagi, warna kait pengaman ini tidak mencolok sama sekali.

No.7

Baby Safety Lock Band Type

Mulai dari Rp15.000,00

Tidak mudah bergeser dan tidak beracun

Sabuk pengunci kulkas ini terbuat dari bahan ABS yang tidak beracun sehingga aman untuk anak-anak. Ada kalanya anak-anak menjilat barang yang ditemui dan menyebabkan sakit. Jika Anda memakai kait pengaman ini, si kecil akan tetap aman meski tanpa sengaja menjilatnya. Tak hanya bebas racun, produk ini juga dilengkapi gape yang tidak mudah bergeser meski digoyang-goyangkan si kecil.                                                                                                                         

No.8

Green Leaf Advanced Aluminum Gate Lock767 118

Mulai dari Rp125.058,00

Kukuh dan keamanannya ekstra!

Apakah kait pengaman lemari biasa sudah tidak lagi efektif? Anda dapat memberikan perlindungan ekstra pada si kecil dengan kait pengaman yang dilengkapi kunci. Selama kunci tidak tertinggal, lemari atau laci akan tetap aman dari jangkauan anak-anak. 


Tak hanya itu, produk ini terbuat dari aluminium yang kukuh dan awet sehingga tetap bisa dipakai saat bayi beranjak dewasa. Anda dapat menyimpan obat-obatan hingga bahan kimia berbahaya lainnya tanpa khawatir akan dijangkau si kecil. 

No.9

Kait Lemari Pintu Kulkas Motif Doggie

Mulai dari Rp6.500,00

Tingkatkan rasa ingin tahu si kecil dengan cara teraman

Kait pengaman lemari ini memiliki bentuk dan warna super cute, seperti biru muda dan pink. Meski mencolok dan tentunya menarik bagi anak-anak, kait tersebut dilengkapi kunci yang tidak mudah dibuka. Alih-alih melarang, Anda bisa membiarkan si kecil menjawab rasa penasarannya dengan bermain-main dengan kait ini. Dengan begitu, Anda bisa sekaligus menstimulasi imajinasi anak. 

No.10

Baby Safety Lock Drawer

Mulai dari Rp3.800,00

Multifungsi! Bisa juga dipakai di toilet

Keunggulan utama dari produk ini adalah dilengkapi double tape 3M yang kuat dan dapat diaplikasikan di berbagai barang. Di antaranya, lemari, kulkas, microwave, hingga WC! Jika si kecil suka bermain ke toilet, Anda bisa memasang kait pengaman ini di tutup WC sehingga sulit untuk dibuka. Kerennya lagi, produk ini mudah dilepas dan tidak akan merusak furnitur Anda. 

Cari tahu fungsi tambahan kait pengaman lemari

Selain lemari dan kulkas, kait pengaman lemari juga dapat diaplikasikan pada media lainnya, lho. Ada kalanya, produk ini bisa digunakan pada saat genting. Mari kita cek fungsi tambahan dari kait pengaman lemari. 

Bisa dipakai di toilet tanpa pintu dan kunci

Bisa dipakai di toilet tanpa pintu dan kunci

Bayi dengan tingkat keingintahuan yang tinggi, adakalanya masuk ke dalam toilet. Padahal, toilet adalah tempat yang kurang higienis dengan banyak air. Selain itu, ada juga benda berbahaya lainnya untuk bayi, seperti microwave, rice cookers, mesin cuci, dan lainnya. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk memasang kait pengaman lemari di barang-barang tersebut. 


Tak hanya itu, kait ini juga dapat difungsikan sebagai kunci sederhana untuk pintu tanpa kunci. Inilah salah satu daya pikat utama kait pengaman lemari yaitu bisa digunakan di mana saja. 

Efektif untuk gempa dan kebutuhan khusus lainnya

Efektif untuk gempa dan kebutuhan khusus lainnya

Kait pengaman lemari juga efektif untuk penanggulangan gempa. Saat gempa besar terjadi, tak hanya furnitur dan kulkas yang akan jatuh. Namun, pintunya akan terbuka dan memuntahkan seluruh isinya. Hal ini dapat diantisipasi dengan kait pengaman lemari. Jika Anda mengunci lemari yang terletak di bagian atas, tidak akan ada lagi ketakutan barang akan jatuh. Anda juga bisa mengaplikasikannya di microwave atau TV agar tidak jatuh. Namun, pastikan Anda memilih kait pengaman lemari yang kuat agar bisa berfungsi dengan baik. 


Selain itu, produk ini juga bisa digunakan untuk melindungi lansia dengan dementia dari barang-barang yang berbahaya. Anda ataupun pengasuh tidak akan lagi kesulitan mengawasi karena mereka tidak akan bisa membuka lemari dan laci dengan mudah. Untuk kasus ini, kait pengaman lemari pun bisa menjadi solusi. 


Terakhir, Anda bisa memakainya untuk menjauhkan binatang peliharaan bandel yang suka mengobrak-abrik baju di lemari atau makanan di kulkas. 

Baca juga rekomendasi produk perlindungan untuk bayi lainnya di sini

Dengan rasa ingin tahu yang tinggi, sering kali bayi melakukan sesuatu yang tak terduga. Para mama tak boleh lengah! Anda harus menyiapkan beberapa produk perlindungan terhadap bayi agar mereka tidak melukai dirinya sendiri. Berikut ini pilihannya, semoga ada yang cocok!

Kesimpulan

Ini dia penjelasan tentang cara memilih kait pengaman lemari terbaik untuk bayi. Apakah terdapat produk yang sesuai dengan kriteria Anda? Produk ini sangat fungsional dan dapat dipakai di banyak tempat, termasuk untuk melindungi anak dari bahaya. Sebagai tambahan, bisa juga untuk penanggulangan gempa dan untuk melindungi barang penting dari binatang peliharaan. Namun, pastikan untuk mengecek bentuk dan ukurannya sebelum membeli agar Anda tidak salah pilih, ya. 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer