1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Aksesori wanita
  6. >
  7. 10 Sarung Tangan Pengantin Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Sarung Tangan Pengantin Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Sarung Tangan Pengantin Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Sarung Tangan Pengantin Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Sarung Tangan Pengantin Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Sarung Tangan Pengantin Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Sarung Tangan Pengantin Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Tampil sempurna dan elegan pada hari pernikahan sudah pasti menjadi idaman setiap pengantin. Selain gaun, sarung tangan yang indah juga akan mempercantik tampilan Anda. Anda tidak harus membeli sarung tangan pengantin dari merek terkenal. Dengan produk yang sesuai, Anda tetap bisa tampil anggun dan mewah.


Karena itu, kami akan memberi tips memilih sarung tangan pengantin yang bagus untuk Anda pakai pada hari pernikahan. Setelahnya, kami berikan juga rekomendasi produk terbaiknya. Ada sarung tangan untuk pengantin muslimah, sarung tangan warna kulit, dan yang berbahan brokat transparan. Yuk, dimulai!

Diperbaharui 07-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa tujuan pemakaian sarung tangan pengantin?

Apa tujuan pemakaian sarung tangan pengantin?

Sarung tangan pengantin merupakan aksesori yang dipakai untuk mempercantik sang mempelai. Selain membuat pengantin terlihat makin anggun, sarung tangan juga membantu menyeimbangkan penampilan


Banyak gaun pengantin yang mengekspos bagian pundak hingga ke tangan. Nah, sarung tangan pengantin akan menutupi area tangan supaya tampilan pengantin jadi lebih seimbang dan manis. Namun, Anda tentu perlu memilih produk yang sesuai supaya bisa menunjang keseluruhan penampilan Anda. Tak perlu bingung, simak saja tips yang akan kami bagikan di bawah ini.

Cara memilih sarung tangan pengantin

Dalam memilih sarung tangan pengantin, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mari pelajari setiap poinnya agar Anda bisa menemukan sarung tangan pengantin yang sesuai dengan konsep pernikahan.

① Pilih bahan yang sesuai dengan konsep pesta pernikahan

Setiap pesta pernikahan pasti memiliki konsep yang berbeda-beda. Akan sangat baik jika Anda memilih sarung tangan pengantin yang selaras dengan konsep pesta. Kami akan menjelaskannya untuk Anda.

Bahan spandeks yang mengilat, untuk tampil elegan pada acara di kapel atau gereja

Bahan spandeks yang mengilat, untuk tampil elegan pada acara di kapel atau gereja

Untuk pernikahan berkonsep chapel wedding yang digelar di tempat tenang, pilih sarung tangan yang tampak elegan. Kain spandeks yang glossy cocok untuk menciptakan kesan rapi pada penampilan Anda. Jika ingin terlihat sempurna, Anda juga bisa memilih bahan yang mengilap seperti satin dan sutra. Selain lebih mengilap, kedua bahan tersebut juga lebih halus sehingga lebih nyaman digunakan.

Bahan organdi yang halus dan rapi, untuk tampil manis pada acara siang hari

Bahan organdi yang halus dan rapi, untuk tampil manis pada acara siang hari

Sarung tangan organdi akan membungkus tangan Anda dengan lembut. Bahan ini mampu menciptakan kesan yang lebih rapi. Walaupun lebih kasual, sarung tangan ini memiliki kualitas yang sama bagusnya dengan bahan spandeks atau satin.


Bahan organdi juga tidak akan membuat tangan Anda kegerahan sehingga cocok dipakai saat cuaca panas. Kami merekomendasikan sarung tangan berbahan ini untuk pesta pernikahan di hotel dan resort yang digelar pada siang hari. Jika Anda akan mengadakan pernikahan di luar negeri, sarung tangan ini ideal dikenakan saat musim panas.

Bahan renda dan brokat, untuk tampil mewah pada pesta malam

Bahan renda dan brokat, untuk tampil mewah pada pesta malam

Spesial untuk Anda yang ingin tampil glamor, pertimbangkanlah sarung tangan berenda. Bahan ini cocok dipakai pada pesta pernikahan yang diadakan pada malam hari di hotel, resort, atau taman. 


Selain renda, Anda juga dapat pertimbangkan sarung tangan dengan aksen brokat. Brokat dapat menonjolkan motif dengan lebih baik daripada renda biasa. Jika mau lebih ekstra lagi, Anda bisa mencari brokat dengan tambahan payet atau manik-manik.

Bahan yang tidak menerawang, untuk tampil syar'i

Bahan yang tidak menerawang, untuk tampil syar'i

Pernikahan dengan baju pengantin bermodel syar'i termasuk banyak diminati di Indonesia. Untuk melengkapi penampilan Anda, jenis sarung tangan yang paling sesuai adalah yang tidak menerawang. 


Selain itu, pastikan bahannya adem dan elastis agar nyaman digunakan seharian. Contoh bahan yang cocok untuk dipilih adalah katun dan spandeks. Akan tetapi, sarung tangan berbahan tebal lebih pas digunakan apabila pesta Anda berada di ruangan ber-AC yang dingin.

② Sesuaikan panjang sarung tangan dengan desain gaun

Berdasarkan panjangnya, sarung tangan pengantin terdiri dari tiga jenis, yaitu panjang, sedang, dan pendek. Panjang sarung tangan akan menciptakan kesan dan atmosfer yang berbeda. Karena itu, silakan pilih panjang sarung tangan yang sesuai dengan desain gaun Anda.

Panjang: Untuk gaun tanpa lengan dan bustier

Panjang: Untuk gaun tanpa lengan dan bustier

Saat memakai gaun tanpa lengan, sarung tangan yang panjangnya di atas siku dapat menyeimbangkan penampilan Anda. Pada gaun tanpa lengan, kulit yang terekspos tentunya lebih banyak dibandingkan jenis gaun lainnya. Nah, sarung tangan panjang akan membuatnya terlihat lebih seimbang dan elegan.


Sarung tangan ini cocok untuk dikenakan pada pernikahan di kapel. Sarung tangan panjang juga cocok dipadukan dengan gaun model bustier yang terbuka di bagian leher dan dada. Penampilan Anda akan makin cantik dengan sarung tangan jenis ini.

Sedang: Bisa dipakai untuk semua jenis gaun

Sedang: Bisa dipakai untuk semua jenis gaun

Sarung tangan wedding berukuran sedang memiliki keunggulan mudah ditekuk, mudah direnggangkan, dan tidak mudah kusut. Jenis ini menutupi tangan hingga ke siku, cocok untuk Anda yang ingin memperlihatkan lengan bagian atas.


Sarung tangan berukuran sedang bisa dipakai untuk berbagai jenis gaun, baik gaun tanpa lengan, dengan lengan, maupun bustier. Jika Anda kebingungan memilih panjang sarung tangan, jadikan jenis ini sebagai pilihan utama.

Pendek: Cocok untuk gaun modern yang lebih casual

Pendek: Cocok untuk gaun modern yang lebih casual

Jenis yang satu ini hanya menutupi area tangan dan pergelangan tangan Anda. Jika Anda menggelar pesta pernikahan bertema modern dengan gaun yang juga modern, sarung tangan pendek bisa dijadikan pilihan. Sarung tangan ini juga cocok untuk konsep pernikahan yang lebih santai.


Gaun berlengan pendek dan gaun model off shoulder juga pas untuk dikombinasikan dengan sarung tangan ini. Namun, sarung tangan dengan kesan kasual ini kurang cocok untuk pesta pernikahan di kapel atau gereja yang bernuansa sakral.

Fingerless: Memperlihatkan lebih banyak area tangan

Fingerless: Memperlihatkan lebih banyak area tangan

Belakangan ini, makin banyak orang yang menghias kukunya dengan nail arts dan kuku palsu pada hari pernikahan. Namun, Anda tidak dapat menunjukkan kuku Anda jika memakai sarung tangan yang menutupi jari. Nah, Anda dapat memakai sarung tangan fingerless.


Meskipun tidak menutupi jari, sarung tangan ini memiliki tali di bagian tengah sehingga tidak akan terlepas. Dengan adanya tali tersebut, tangan Anda akan terlihat makin cantik!


Sarung tangan tanpa jari juga populer karena Anda tidak perlu melepaskannya saat harus bertukar cincin. Prosesi tukar cincin akan terkesan makin dramatis karena Anda tetap bisa memakai sarung tangan tanpa harus repot-repot melepasnya.

③ Perhatikan kesesuaiannya dengan gaun pengantin

Poin berikutnya, Anda juga perlu menyesuaikan sarung tangan pengantin dengan model gaun Anda. Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan di bawah ini.

Menyesuaikan bahan dengan tekstur gaun

Menyesuaikan bahan dengan tekstur gaun

Menyesuaikan bahan sarung tangan pengantin dengan gaun yang akan dipakai juga merupakan poin penting yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa inspirasi cara mencocokkan bahan sarung tangan dengan tekstur gaun:


  • Bahan satin cocok untuk gaun dengan tekstur halus dan mengilap.
  • Bahan organdi bagus untuk gaun dengan renda tule.
  • Bahan renda dapat dijadikan sebagai pelengkap untuk gaun yang memiliki renda di bagian pinggang.
  • Bahan lainnya yang tidak menerawang untuk gaun berpenampilan syar'i. Namun, pastikan sarung tangan dan lengan gaun dapat menutupi seluruh kulit, ya!

Mencocokkan warna sarung tangan dengan warna gaun agar penampilan lebih cantik

Mencocokkan warna sarung tangan dengan warna gaun agar penampilan lebih cantik
Saat berbicara tentang gaun pengantin, banyak orang yang menjadikan warna putih sebagai pilihan utama. Akan tetapi, kini gaun pengantin tidak terbatas pada warna putih saja. Berikut beberapa warna yang menjadi tren belakangan ini:

  • Putih: Ketahui jenis warna putih sarung tangan dan gaun Anda. Ada banyak ragam warna putih yang bisa dipilih, contohnya pure white (putih bersih), soft off-white (putih krem), dan ivory (putih tulang).
  • Krem atau warna kulit: Digunakan agar sarung tangan tidak terlihat terlalu mencolok, contohnya sarung tangan muslimah atau sarung tangan yang menyerupai henna.
  • Perak, emas, merah muda: Jika ingin ada aksen pada gaun putih, pilihlah warna-warna ini!
  • Merah, biru, hitam, ungu, dsb.: Warna-warna kontras dapat Anda sesuaikan dengan warna gaun atau suasana acara, misalnya acara adat, pesta malam, atau pesta outdoor.

10 Rekomendasi sarung tangan pengantin terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sarung tangan pengantin terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Alawi

Sarung Tangan Muslimah

Alawi Sarung Tangan Muslimah 1枚目

Lengkapi penampilan syar'i dengan sarung tangan muslimah yang adem

2

Sarung Tangan Pengantin Putih

 Sarung Tangan Pengantin Putih 1枚目

Fleksibel, bisa untuk pria dan wanita

3

Sarung Tangan Panjang Pengantin

 Sarung Tangan Panjang Pengantin 1枚目

Desain simpel yang klasik dan timeless

4

Wedding Gloves Putih Renda Panjang

 Wedding Gloves Putih Renda Panjang 1枚目

Buat jari lentik Anda jadi tampak makin cantik!

5

Wedding Gloves Pesta Brokat

 Wedding Gloves Pesta Brokat 1枚目

Terbuat dari bahan semistretch yang tidak gatal di kulit

6

Instan Henna Sarung Tangan Pengantin

 Instan Henna Sarung Tangan Pengantin 1枚目

Punggung tangan tampak cantik meski tanpa henna

7

Bride Party Gloves

 Bride Party Gloves 1枚目

Bisa selfie pakai smartphone tanpa perlu lepas sarung tangan!

8

Wedding Gloves

 Wedding Gloves 1枚目

Kunci rahasia untuk tampil layaknya Disney Princess!

9

Sarung Tangan Pengantin Semi Transparan

 Sarung Tangan Pengantin Semi Transparan 1枚目

Desain yang klasik dan timeless dengan aksen mutiara

10

Sarung Tangan Pernikahan Lace Modern

 Sarung Tangan Pernikahan Lace Modern 1枚目

Sempurnakan pesta kebun dengan sarung tangan bermotif floral

Perincian produk
Close
No.1

AlawiSarung Tangan Muslimah

Mulai dari Rp6.500,00

Lengkapi penampilan syar'i dengan sarung tangan muslimah yang adem

Apabila Anda membutuhkan produk yang cocok untuk penampilan syar'i, jangan lewatkan sarung tangan muslimah ini. Dengan lima pilihan warna, mulai dari krem hingga biru, Anda dapat memilihnya sesuai selera dan warna gaun. Selain itu, bahan yang dipakai untuk sarung tangan ini adalah rayon spandeks yang dikenal elastis, adem, dan tidak menerawang. Dijamin nyaman dipakai sepanjang hari!

No.2

Sarung Tangan Pengantin Putih

Mulai dari Rp15.000,00

Fleksibel, bisa untuk pria dan wanita

Selain untuk pria, produk ini juga dapat digunakan oleh wanita yang memiliki telapak tangan berukuran besar. Jadi, jika Anda belum menemukan ukuran sarung tangan yang pas, pertimbangkanlah produk ini. Sarung tangan ini berdesain unisex dan simpel dengan warna putih polos. Bahannya yang tidak menerawang dan tidak stretch memberikan kesan formal dan elegan.

No.3

Sarung Tangan Panjang Pengantin

Mulai dari Rp20.000,00

Desain simpel yang klasik dan timeless

Sarung tangan ini cocok bagi Anda yang menyukai desain simpel dan tidak neko-neko. Karena sederhana, Anda dapat memadukannya dengan berbagai model gaun. Bahan spandeks yang digunakan bisa melar sehingga tidak perlu takut sarung tangan akan kebesaran. Selain itu, sarung tangan ini juga menawarkan berbagai pilihan warna, mulai dari yang netral hingga yang mencolok seperti merah.

No.4

Wedding Gloves Putih Renda PanjangWGL-13

Mulai dari Rp20.000,00

Buat jari lentik Anda jadi tampak makin cantik!

Tidak ingin tangan Anda tertutup sepenuhnya saat mengenakan sarung tangan? Sarung tangan putih transparan ini jawabannya. Produk ini akan memperlihatkan jari-jari lentik Anda. Selain itu, desainnya yang simpel akan memberikan nuansa tersendiri sehingga look Anda akan tampak makin mengesankan. Produk ini adalah opsi untuk Anda yang ingin tampil lebih fresh pada hari spesial.

No.5

Wedding Gloves Pesta BrokatSTP012

Mulai dari Rp78.000,00

Terbuat dari bahan semistretch yang tidak gatal di kulit

Produk ini cocok untuk konsep pernikahan formal yang membutuhkan kesan rapi dan sedikit tertutup. Anda juga akan dimanjakan dengan kualitas produk yang cukup tebal, halus, licin, dan lembut di tangan. Anda bisa memakainya dengan nyaman tanpa khawatir terasa gatal di kulit berkat bahannya yang semistretch.

No.6

Instan Henna Sarung Tangan Pengantin

Mulai dari Rp72.500,00

Punggung tangan tampak cantik meski tanpa henna

Sarung tangan fingerless ini bisa dipilih jika Anda ingin mempercantik bagian punggung tangan Anda. Tangan pun akan terlihat mewah dengan motif brokat yang timbul. Varian warna putihnya bahkan ditambahkan dengan taburan permata sintetis yang menambah kecantikannya.


Selain itu, sarung tangan ini juga dapat dipakai sebagai pengganti henna. Anda jadi tidak perlu repot menghapus henna setelah acara pernikahan selesai. Warna yang ditawarkan pun kekinian, ada warna biru juga!

No.7

Bisa selfie pakai smartphone tanpa perlu lepas sarung tangan!

Berbeda dengan sarung tangan renda lainnya, di bagian telapak tangan produk ini terdapat antiselip. Anda bahkan tetap dapat mengoperasikan smartphone tanpa perlu melepas sarung tangan. 


Karena itu, bagi Anda yang ingin bisa selfie saat acara pernikahan, sarung tangan ini cocok untuk dipilih. Tentu Anda tidak ingin melewatkan momen spesial bersama para sahabat, bukan? Acara after-party Anda pasti akan terasa lebih meriah!

No.8

Kunci rahasia untuk tampil layaknya Disney Princess!

Setiap pengantin pasti ingin tampil mewah dan elegan pada hari pernikahannya. Produk ini akan menjadi pilihan tepat apabila pernikahan Anda dilaksanakan di hotel atau tempat mewah. Sarung tangan beraksen lace ini sangat cocok dipakai bersama gaun pengantin yang megah. Dengan begitu, Anda akan terlihat seperti putri dari negeri dongeng atau film Disney!

No.9

Sarung Tangan Pengantin Semi TransparanSTS016

Mulai dari Rp68.000,00

Desain yang klasik dan timeless dengan aksen mutiara

Jika Anda mencari sarung tangan transparan yang tetap terlihat mewah dan elegan, produk ini pilihannya. Desainnya minimalis dengan sedikit lipatan di bagian pergelangan tangan. Sarung tangan ini cocok dipakai untuk acara yang formal seperti pemberkatan gereja atau ijab kabul. Aksen mutiaranya dapat melengkapi tampilan Anda, apalagi jika Anda memakai perhiasan dengan mutiara senada.

No.10

Sarung Tangan Pernikahan Lace ModernSTB003

Mulai dari Rp146.000,00

Sempurnakan pesta kebun dengan sarung tangan bermotif floral

Apakah Anda akan menggelar pesta pernikahan dengan konsep garden party di alam terbuka? Anda bisa memakai sarung tangan brokat bermotif floral yang senada dengan dekorasi acara. Desainnya yang penuh bunga dan fingerless akan memberikan motif cantik di kedua tangan Anda.


Namun, perhatikan gerak-gerik Anda saat mengenakan sarung tangan ini di pesta. Ada kemungkinan sarung tangan akan tersangkut di dahan, ranting, atau benda lainnya jika kurang berhati-hati.

Pengantin pria juga bisa menggunakan sarung tangan, lho!

Pengantin pria juga bisa menggunakan sarung tangan, lho!

Sarung tangan tidak hanya terbatas digunakan oleh para pengantin wanita. Pengantin pria juga dapat mengenakannya agar tampak lebih serasi dengan pasangannya. Penggunaan sarung tangan bagi pengantin pria bisa menampilkan kesan lebih rapi dan formal.


Di samping itu, menggunakan sarung tangan juga akan membuat pengantin pria terlihat lebih menonjol pada hari istimewa. Sarung tangan putih polos dapat menjadi pilihan tepat dan cenderung aman untuk semua warna jas.

Baca juga rekomendasi perlengkapan pengantin lainnya di sini

Jika Anda ingin hari pernikahan makin spesial, tentunya Anda memerlukan baju dan perlengkapan pengantin selain sarung tangan. Tidak perlu lama-lama scrolling di internet, kami sudah menyusun artikel rekomendasi perlengkapan pengantin lainnya di bawah ini.

Kesimpulan

Setiap jenis sarung tangan pengantin memiliki kesan dan tujuan penggunaan yang berbeda-beda. Karena itu, Anda sebaiknya memilih sarung tangan pengantin yang paling cocok dengan gaun dan konsep pernikahan Anda.


Pastikan bahan dan modelnya sesuai dengan tampilan Anda secara keseluruhan. Mengingat ini adalah momen sekali seumur hidup, carilah sarung tangan pengantin yang paling tepat. Dengan begitu, penampilan Anda bakal makin istimewa pada hari spesial.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer