1. TOP
  2. Hobi
  3. Musik
  4. 10 Senar Ukulele Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Senar Ukulele Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Senar Ukulele Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Senar Ukulele Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Senar Ukulele Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Senar Ukulele Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Senar Ukulele Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023)

Ukulele merupakan alat musik petik yang memerlukan senar yang baik dan sesuai. Namun, makin lama senar ukulele akan menurun kualitasnya, baik rutin digunakan maupun tidak. Karena itu, Anda perlu mengganti senar ukulele secara berkala. Namun, memilih senar pun sulit karena ada banyak jenis senar berdasarkan material dan suaranya.


Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih senar ukulele yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek-merek senar ukulele, seperti Aquila, Ibanez, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto. Simak penjelasan kami selengkapnya!

Diperbaharui 09-12-2022
Satriyo Arwanto
Pakar
Music educator dan music producer

Satriyo adalah seorang pendidik sekaligus produser musik lulusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Terjun di dunia pendidikan musik formal selama lima tahun membuatnya yakin untuk mendirikan kursus musik. Kursus musik yang ia dirikan diberi nama Bless Music Wonosobo. Selain melahirkan calon-calon musisi, Satriyo juga menggarap jingle, mars, himne, dan aransemen. Akhir-akhir ini ia mulai fokus menggarap lagu-lagu anak.

Profil Satriyo Arwanto
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih senar ukulele

Cara mudah memilih senar ukulele adalah dengan memilih produk yang persis dengan senar sebelumnya. Selain itu, Anda pun dapat mencoba tipe yang banyak digunakan pemain ukulele lainnya. Sebelum membeli, pastikan senar yang Anda pilih tepat serta sesuai kebutuhan, ya!

① Ketahui tipe-tipe materialnya

Berdasarkan meterialnya, senar ukulele secara garis besar dapat dibagi menjadi tiga tipe, yaitu nilon, fluorocarbon, dan nylgut. Namun, ada pula senar dari produsen lainnya yang diproduksi secara khusus. Untuk itu, mari simak karakteristik dari tiap-tiap material berikut.

Nilon, pas untuk pemain ukulele pemula

Nilon, pas untuk pemain ukulele pemula

Nilon adalah material yang paling sering dipakai sebagai senar. Berhubung lebih mudah ditekan dan dipetik, pemain pemula biasanya memilih senar tipe ini sebagai pasangan ukulelenya. Suara yang dihasilkan pun lebih lembut dibandingkan senar tipe lain.


Untuk tipe, senar nilon sendiri masih dibagi menjadi dua, yaitu clear dan black. Umumnya, tipe clear memiliki suara yang jernih dan lembut. Sementara itu, tipe black menghasilkan suara lebih jernih dan intonasinya lebih jelas dibanding dengan tipe clear.


Meregangkan senar tipe black juga akan mengubah tampilan serta suaranya. Senar ini direkomendasikan bagi Anda yang ingin meniru sebuah suara dan tampilan tertentu. 

Fluorocarbon, cocok bagi Anda yang menginginkan suara elegan

Fluorocarbon, cocok bagi Anda yang menginginkan suara elegan

Senar fluorocarbon merupakan senar yang biasa dipakai oleh para profesional. Terbuat dari material yang sama seperti senar pancing, senar ini lebih sulit direntangkan ketimbang senar nilon. Berhubung diameternya lebih kecil, senar ini mudah ditekan serta menghasilkan suara yang bagus. Senar tipe fluorocarbon ini direkomendasikan jika Anda ingin menghasilkan suara treble yang indah.

Seperti halnya nilon, senar fluorocarbon pun terbagi menjadi dua jenis, yaitu tipe clear dan black atau brown. Tipe clear mempunyai suara yang jernih, sementara senar lainnya memiliki suara yang lebih berat. Sayangnya, tipe senar ini masih jarang ditemui di pasaran Indonesia. 

Nylgut, direkomendasikan bagi Anda yang fokus kepada kualitas suaranya

Nylgut, direkomendasikan bagi Anda yang fokus kepada kualitas suaranya

Senar nylgut merupakan senar artifisial yang dibuat untuk menghasilkan suara menyerupai senar gut. Lalu, apakah senar gut itu? Senar gut adalah senar yang dibuat dari usus hewan semisal domba. Pada masa lalu, senar gut inilah yang biasa dipakai untuk gitar klasik.


Untuk kelebihannya, senar gut memiliki suara yang bagus dan stabil, tidak seperti suara lainnya. Sayangnya, gut sulit bertahan di area yang memiliki suhu berubah-ubah. Oleh karena itu, senar nylgut diproduksi untuk meniru suara gut, tetapi dengan ketahanan lebih terhadap perubahan suhu.

② Pilih senar berdasarkan jenis lagu dan permainannya

Ada dua tipe senar ukulele, yaitu High-G dan Low-G yang memiliki perbedaan tinggi nada. Pastikan Anda tidak salah memilih senar untuk memainkan lagu kesayangan Anda, ya!

High-G, untuk lagu ukulele secara umum

High-G, untuk lagu ukulele secara umum

Senar keempat dari ukulele adalah High-G yang merupakan nada tinggi G. Suara dari kunci inilah yang membuat ukulele memiliki suara unik, terutama ketika Anda memainkannya dengan cara strumming. Nada tinggi ini pun membuat ukulele menjadi alat musik yang tepat untuk mengiringi tarian Hula.


Sebagian besar ukulele yang beredar di pasaran juga merupakan ukulele dengan senar High-G. Jika Anda ingin membeli senar yang sama dengan kebanyakan ukulele, pilihlah set senar High-G.

Low-G, untuk permainan musik solo

Low-G, untuk permainan musik solo

Selain High-G, ada pula tuning Low-G pada ukulele. Sebenarnya nada pada sebagian besar senarnya sama persis dengan High-G, kecuali senar nomor empat. Senar empat ini memiliki nada rendah G yang cocok dipakai untuk lagu dan style permainan ukulele tertentu.


Jika ingin bermain dengan cara finger picking, Low-G adalah pilihan tepat karena memiliki range nada lebih luas. Perlu diingat bahwa jika ingin bermain ukulele Low-G, Anda tidak dapat memakai senar High-G karena perbedaan diameter. Jika dipaksakan, senar akan menjadi terlalu longgar dan suara yang dihasilkan pun tidak maksimal. Maka itu, kami rekomendasikan Anda untuk membeli senar khusus Low-G.


Berhubung senar High-G memiliki diameter lebih kecil, bridge dan slot nut-nya tentu terlalu kecil untuk senar Low-G yang tebal. Agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih, sebaiknya Anda bertanya langsung ke seller (jika membeli di toko online), ya!

③ Perhatikan ketebalan senarnya

Perhatikan ketebalan senarnya

Gauge atau ketebalan senar memiliki variasinya sendiri, yaitu tipis dan tebal. Berikut dua poin karakteristik masing-masing:


  • Senar yang tipis lebih mudah ditekan serta menghasilkan nada tinggi yang lebih mudah dimainkan
  • Senar tebal akan menghasilkan suara yang lebih keras serta powerful, meski mungkin lebih sulit ditekan


Jika membeli senar yang lebih tebal dari bridge dan slot nut-nya, Anda perlu memotong bridge ukulele agar sesuai. Hal ini memang merepotkan, jadi sebisa mungkin pilihlah senar yang sesuai dengan ukulele Anda.


Sebagai informasi, ukulele tipe vintage biasanya memiliki bridge yang sempit. Jika dipaksakan memakai senar yang tebal, hal ini akan menyebabkan kerusakan pada ukulele vintage. Oleh sebab itu, jangan lupa pilihlah senar yang tipis untuk ukulele vintage Anda.

④ Pertimbangkan material dan tipe ukulelenya

Pertimbangkan material dan tipe ukulelenya

Ukulele memiliki berbagai macam tipe, salah satunya adalah ukulele soprano dan ukulele concert. Berikut poin penjelasan singkat dari setiap tipe:


  • Tipe soprano merupakan ukulele dengan ukuran paling kecil sehingga cocok bagi pemain berjari kecil.
  • Tipe concert merupakan ukulele dengan ukuran lebih besar dari soprano yang membuat Anda lebih mudah mengatur pitch-nya. Range suaranya pun lebih luas dibandingkan ukulele soprano.


Sebelum membeli, sebaiknya jangan lupa untuk memeriksa kesesuaian senar dengan jenis ukulele milik Anda. Jika tidak mengetahui tipenya, Anda dapat mencari tahu berdasarkan nomor model atau menanyakan ke toko alat musik ukulele.


Selain itu, jangan lupa pula untuk memeriksa senar yang kompatibel dengan material ukulele Anda. Sebagai contoh, senar fluorocarbon atau nylgut untuk ukulele bermaterial kayu mahoni dan senar nilon untuk kayu Hawaiian koa

10 Rekomendasi senar ukulele terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk senar ukulele terbaik yang ditentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Satriyo Arwanto.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Cowboy

Ukulele Strings

Cowboy Ukulele Strings 1枚目

Harganya ekonomis, tetapi kualitasnya tidak murahan

2

Aquila

Nylgut Nylon Colour

Aquila Nylgut Nylon Colour 1枚目

Senar warna-warni untuk ceriakan mood bermain ukulele

3

Senar Ukulele Nilon

 Senar Ukulele Nilon 1枚目

Warna putihnya terlihat pas untuk berbagai desain ukulele

4

Alice

Ukulele Strings

Alice Ukulele Strings 1枚目

Tak bingung lagi memasang senar berkat adanya nomor penanda

5

Aquila

Ukulele - Super Nylgut

Aquila  Ukulele - Super Nylgut 1枚目

Teknologi senar termutakhir untuk hasilkan senar kuat, lembut, dan mudah disetel

6

Aquila

Ukulele Strings - Red Series

Aquila Ukulele Strings - Red Series 1枚目

Variasinya banyak, bisa pilih sesuai ukulele dan selera Anda

7

Aquila

New Nylgut Ukulele

Aquila New Nylgut Ukulele 1枚目

Senar inovasi terbaru dengan suara yang begitu stabil

8

Ernie Ball

Ukulele Ball End Nylon Strings Black

Ernie Ball Ukulele Ball End Nylon Strings Black  1枚目

Permainan percussive akan menjadi lebih kaya dengan senar ini

9

Ibanez

Ukulele Guitar Strings

Ibanez Ukulele Guitar Strings 1枚目

Senar nilon hitam dengan suara yang jernih

10

Esper

Ukulele Guitar Strings

Esper Ukulele Guitar Strings  1枚目

Detuning tanpa menurunkan kualitas senar? Bisa, dong!

Perincian produk
Close
No.1

Harganya ekonomis, tetapi kualitasnya tidak murahan

Kelebihan:

  • Harganya bersahabat

Kekurangan:

  • Tidak ada penahan senar di ujung bawah

Apakah ada senar ukulele yang bagus dan terjangkau? Tentu saja ada! Terbuat dari nilon, produk Cowboy ini mempunyai suara yang indah dengan daya tahan yang awet. Selain itu, range nada yang dihasilkan cukup lebar sehingga Anda dapat memainkan lagu apa saja. Senar ini direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan senar bagus tanpa harus merogoh kantong dalam-dalam.

No.2

AquilaNylgut Nylon Colour

Mulai dari Rp20.000,00

Senar warna-warni untuk ceriakan mood bermain ukulele

Kelebihan:

  • Warna-warninya tampak ceria
  • Harganya terjangkau

Kekurangan:

  • Tidak terdapat bantalan penahan senar

Bagi Anda yang ingin menghadirkan kesan ceria dan cheerful di ukulele kesayangan Anda, pilihlah produk ini. Senar dari Aquila kali ini mengusung warna-warni yang membuatnya tampak cerah saat dipasangkan pada ukulele Anda. Penampilan Anda saat memainkan ukulele pasti akan terkesan penuh energi dan bersemangat. Mainkan ukulele Anda sambil menggunakan pakaian Hawaii colorful agar makin serasi!

No.3

Senar Ukulele Nilon

Mulai dari Rp15.000,00

Warna putihnya terlihat pas untuk berbagai desain ukulele

Kelebihan:

  • Warnanya putih, cocok untuk berbagai desain ukulele
  • Terdapat nomor senar

Kekurangan:

  • Tidak terdapat bantalan pengganjal

Senar ukulele berikut adalah pilihan tepat jika Anda menginginkan senar yang estetis dan cocok dipadukan dengan berbagai desain ukulele. Dengan warna bening, senar ini akan cocok untuk ukulele dengan desain dan warna apa pun tanpa mengganggu penampilan ukulele. Selain itu, produk ini juga dilengkapi nomor urutan senar agar Anda tidak bingung dalam pemasangan.

No.4

AliceUkulele StringsAUO46

Mulai dari Rp25.000,00

Tak bingung lagi memasang senar berkat adanya nomor penanda

Kelebihan:

  • Terdapat nomor urutan pada senar sehingga tidak bingung saat menggantinya
  • Tersedia dalam tiga varian ukulele
  • Harganya terjangkau 

Kekurangan:

  • Tidak memiliki varian warna lain

Umumnya, pemula masih sering kebingungan dalam menentukan urutan pemasangan senar karena belum terbiasa. Nah, produk berikut ini bisa membantu para pemula mengatasi masalah tersebut. Hal itu karena tiap senar sudah dituliskan nomor senar sehingga akan memudahkan Anda, sekalipun Anda adalah pemula. Kemudian, produk ini juga tersedia untuk ukulele jenis soprano, concert, dan tenor

No.5

Aquila Ukulele - Super Nylgut

Mulai dari Rp150.000,00

Teknologi senar termutakhir untuk hasilkan senar kuat, lembut, dan mudah disetel

Kelebihan:

  • Inovasi terbaru senar nylgut yang menghasilkan senar lembut, kuat, dan mudah disetel

Kekurangan:

  • Harganya cukup tinggi

Inilah versi termutakhir dari senar Nylgut® milik Aquila, SUPERNYLGUT®. Senar ini mengusung warna putih dengan tekstur permukaan yang halus dan terasa lembut di jari. Produk ini juga terasa lunak dan lentur, tetapi lebih sedikit meregang sehingga lebih kuat, stabil, dan mudah disetel. Untuk itu, Super Nylgut ini adalah pilihan tepat untuk Anda yang mencari kemudahan dan kenyamanan dalam bermain ukulele. 

No.6

AquilaUkulele Strings - Red Series

Mulai dari Rp150.000,00

Variasinya banyak, bisa pilih sesuai ukulele dan selera Anda

Kelebihan:

  • Tersedia pilihan untuk ukulele soprano, concert, dan tenor
  • Tersedia pilihan untuk jenis senar High-G dan Low-G

Kekurangan:

  • Harganya cukup tinggi

Apabila Anda mencari senar ukulele dengan suara unik yang tersedia untuk berbagai tipe ukulele, ini dia pilihannya. Produk berikut tersedia dalam tipe senar High-G dan Low-G. Selain itu, tersedia pula pilihan untuk tipe ukulele soprano, concert, dan tenor. Anda pun bisa lebih mudah memilih senar yang cocok dengan ukulele dan selera Anda. 


Sebagai catatan setelah membeli, Anda harus menarik senar ini dengan lembut menggunakan tangan. Hal ini bertujuan agar senar dapat mengeluarkan hasil suara yang optimal. Red Series ini juga cocok bagi Anda yang menyukai suara unik yang beda dari suara senar lainnya.

No.7

AquilaNew Nylgut Ukulele

Mulai dari Rp140.000,00

Senar inovasi terbaru dengan suara yang begitu stabil

Kelebihan:

  • Teknologi bahan nylgut baru untuk suara yang lebih stabil 


Kekurangan:

  • Harganya cukup tinggi


Aquila merupakan merek ternama yang memproduksi beberapa tipe senar ukulele. New Nylgut Ukulele ialah salah satu senar dengan material nylgut inovatif yang dikembangkan sejak lama oleh Aquila. Dengan material nylgut, suara yang dihasilkan akan begitu baik tanpa khawatir adanya ketidakstabilan suara. Tak hanya itu, karena suara yang jernih, senar ini pas untuk Anda yang gemar bermain permainan solo.

No.8

Ernie BallUkulele Ball End Nylon Strings Black P02326

Mulai dari Rp65.000,00

Permainan percussive akan menjadi lebih kaya dengan senar ini

Kelebihan:

  • Dilengkapi bantalan pengganjal senar
  • Tersedia dalam varian warna hitam dan bening

Kekurangan:

  • Tidak terdapat nomor penanda urutan senar

Senar satu ini dikatakan lebih mudah dipasang karena konstruksi senarnya telah didesain agar compatible dengan bridge ukulele. Selain itu, materialnya dibuat dari 100% nilon, produk ini menawarkan suara yang halus.


Material nilonnya membuat senar ini pas digabungkan dengan percussive style untuk memperkaya permainan ukulele Anda. Tentunya, produk ini cocok untuk Anda yang sering mengombinasikan permainan dengan tepukan percussive.

No.9

IbanezUkulele Guitar StringsIUKS4

Mulai dari Rp50.000,00

Senar nilon hitam dengan suara yang jernih

Kelebihan:

  • Terbuat dari nilon hitam yang berkualitas
  • Bisa untuk ukulele soprano dan concert sekaligus

Kekurangan:

  • Warna hitamnya terlihat kurang cocok jika dipasangkan pada ukulele berwarna-warni selain warna netral

Siapa yang tidak tahu Ibanez? Produk besutan Hoshino Gakki ini sudah berdiri sejak tahun 1957. Tak hanya itu, Ibanez juga telah melakukan kerja sama dengan berbagai gitaris ternama. Salah satunya adalah Paul Gilbert, seorang gitaris musik hard rock dan heavy metal terkenal.


Lalu, bagaimana dengan senar ukulelenya? Terbuat dari black nylon, senar ukulele Ibanez ini memiliki nada yang jernih serta berkarakter. Ukulele yang dipasangkan dengan senar ini pun akan mengeluarkan suara yang begitu hidup dan khas. Jadi, jika Anda ingin turut menikmati kualitas Ibanez, senar inilah produk yang tepat untuk Anda.

No.10

EsperUkulele Guitar Strings EXU-68

Mulai dari Rp61.000,00

Detuning tanpa menurunkan kualitas senar? Bisa, dong!

Kelebihan:

  • Bisa detuning tanpa menurunkan kualitas suara
  • Terdapat penanda nomor senar

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu varian warna 

Esper memproduksi senar dengan standar tinggi yang dapat diturunkan nadanya. Hal ini biasa disebut dengan detuning. Berbeda dengan senar lain yang justru menurun kualitasnya jika dilakukan detuning, produk ini akan tetap menghasilkan nada optimal. Jadi, senar ini sangat pas dimiliki oleh Anda yang ingin bereksperimen dengan ukulele Anda!

Kapan waktu yang tepat untuk mengganti senar ukulele?

Kapan waktu yang tepat untuk mengganti senar ukulele?

Tak peduli sebagus apa produknya, senar ukulele tidak akan bertahan selamanya. Selain karena ingin mencoba suara berbeda, Anda harus tetap mengganti senar ukulele secara berkala. Berbeda dengan barang yang akan awet jika disimpan, senar ukulele akan menurun kualitasnya meski tidak dipakai.


Jika Anda sering memainkan ukulele, perkiraan pemakaian senar adalah sekitar tiga bulan. Sebaliknya, jika Anda hanya kadang-kadang memainkannya, Anda dapat menggantinya sekitar enam bulan sekali.


Penting pula untuk segera mengganti senar apabila senarnya longgar atau rusak, terlepas dari masa pakainya. Untuk menghasilkan performa yang maksimal, jangan lupa untuk mengganti senar Anda secara berkala dan ganti satu set, ya! Jika Anda merasa bingung saat ingin memilih senar, tidak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan seller-nya terlebih dahulu secara online

Baca juga rekomendasi ukulele dan tuner di sini

Jika sudah memiliki senar yang pas, bagaimana bila Anda menambah koleksi ukulele milik Anda? Di pasaran terdapat beragam produk ukulele dengan jenis dan desain berbeda. Selain itu, pertimbangkan juga membeli tuner agar menyetem senar lebih mudah dan cepat. Mari baca artikel berikut untuk lebih jelasnya!

Kesimpulan

Apakah Anda telah menemukan senar ukulele yang sesuai dengan selera serta kebutuhan Anda? Berhubung kompatibilitasnya berbeda-beda, senar yang sama pun akan terdengar berbeda jika memakai ukulele yang berbeda pula.


Semoga artikel kali ini dapat menjadi referensi untuk Anda menemukan senar ukulele yang tepat. Silakan mengacu pada cara-cara memilih dan rekomendasi produk di atas. Selamat bermain ukulele!

5 Rekomendasi Senar Ukulele terbaik

No. 1CowboyUkulele Strings

No. 2AquilaNylgut Nylon Colour

No. 3Senar Ukulele Nilon

No. 4AliceUkulele StringsAUO46

No. 5Aquila Ukulele - Super Nylgut

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer