• 10 Rekomendasi Senar Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Senar Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Senar Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Senar Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Senar Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Senar Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Ukulele merupakan alat musik petik sehingga untuk memainkannya Anda memerlukan senar yang baik dan sesuai. Akan tetapi, semakin lama senar ukulele akan menurun kualitasnya baik rutin digunakan maupun tidak. Karena itu, Anda perlu mengganti senar ukulele secara berkala. Namun, memilih pun sulit karena ada banyak jenis senar berdasarkan material dan suaranya.


Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih senar ukulele. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk, seperti Aquila, Ibanez, D'Addario, dan sebagainya. Tak perlu menunggu lama, yuk langsung simak penjelasan kami selengkapnya!

  • Pembaharuan terakhir: 30 Maret 2021
  • 5.018 Views
Daftar isi

Cara memilih senar ukulele

Cara mudah memilih senar ukulele adalah dengan memilih produk yang persis dengan senar sebelumnya. Selain itu, Anda pun dapat mencoba tipe yang banyak digunakan pemain ukulele lainnya. Sebelum membeli, pastikan senar yang Anda pilih tepat serta sesuai kebutuhan, ya!

Pilih berdasarkan materialnya

Berdasarkan meterialnya, senar ukulele secara garis besar dapat dibagi menjadi tiga tipe, yaitu nilon, fluorocarbon, dan nylgut. Namun, ada pula senar dari produsen lainnya yang diproduksi secara khusus. Untuk itu, mari simak karakteristik dari masing-masing meterial berikut.

Nilon, pas untuk pemain ukulele pemula

Nilon adalah material yang paling sering dipakai sebagai senar. Karena lebih mudah ditekan dan dipetik, pemain pemula biasanya memilih senar tipe ini sebagai pasangan ukulelenya. Suara yang dihasilkan pun lebih lembut dibanding senar tipe lain.


Untuk tipenya, senar nilon sendiri masih dibagi menjadi dua tipe, clear dan black. Umumnya, tipe clear memiliki suara yang jernih dan lembut. Sementara tipe black menghasilkan suara lebih jernih ketimbang tipe clear. Merenggangkan senar tipe black juga akan mengubah tampilan serta suaranya. Senar ini direkomendasikan bagi Anda yang ingin meniru sebuah suara dan tampilan sesuai yang diinginkan. 

Fluorocarbon, cocok bagi Anda yang menginginkan suara elegan

Senar fluorocarbon merupakan senar yang biasa dipakai oleh para profesional. Terbuat dari material yang sama seperti senar pancing, senar ini lebih sulit direntangkan ketimbang senar nilon. Berhubung diameternya lebih kecil, senar ini mudah ditekan serta menghasilkan suara yang bagus. Senar tipe fluorocarbon ini direkomendasikan jika Anda ingin menghasilkan suara treble yang indah.

Seperti halnya nilon, senar fluorocarbon pun terbagi menjadi dua jenis, yaitu tipe clear dan black atau brown. Tipe clear mempunyai suara yang jernih, sementara senar lainnya memiliki suara yang lebih berat.

Nylgut, direkomendasikan bagi Anda yang fokus kepada kualitas suaranya

Senar nylgut merupakan senar artifisial yang dibuat untuk menghasilkan suara menyerupai senar gut. Lalu, apakah senar gut itu? Senar gut adalah senar yang dibuat dari usus hewan semisal domba. Pada masa lalu, senar gut inilah yang biasa dipakai untuk gitar klasik.


Untuk kelebihannya, senar gut memiliki suara yang bagus dan stabil, tidak seperti suara lainnya. Sayangnya, gut sulit bertahan di area yang memiliki suhu berubah-ubah. Oleh karena itu, senar nylgut diproduksi untuk meniru suara gut, tetapi dengan ketahanan lebih terhadap perubahan suhu.

Pilih senar berdasarkan jenis lagu dan permainannya

Ada dua tipe senar ukulele, yaitu High-G dan Low-G yang memiliki perbedaan tinggi nada. Pastikan Anda tidak salah memilih senar untuk memainkan lagu kesayangan Anda, ya!

High-G, untuk lagu ukulele secara umum

High-G, untuk lagu ukulele secara umum

Senar keempat dari ukulele adalah High-G yang merupakan nada tinggi G. Suara dari kunci inilah yang membuat ukulele memiliki suara unik, terutama ketika Anda memainkannya dengan cara strumming. Nada tinggi ini pun membuat ukulele menjadi alat musik yang tepat untuk mengiringi tarian Hula.


Sebagian besar ukulele yang beredar di pasaran juga merupakan ukulele dengan senar High-G. Jika Anda ingin membeli senar yang sama dengan kebanyakan ukulele, pilihlah set senar High-G.

Low-G, untuk permainan musik solo

Low-G, untuk permainan musik solo

Selain High-G, ada pula tuning Low-G pada ukulele. Sebenarnya nada pada sebagian besar senarnya sama persis dengan High-G, kecuali senar nomor empat. Senar empat ini memiliki nada rendah G yang cocok dipakai untuk lagu dan style permainan ukulele tertentu. Meski yang banyak beredar adalah ukulele High-G, ada pula toko yang menjual ukulele dengan tuning Low-G. Jika ingin bermain dengan cara finger picking, Low-G adalah pilihan tepat karena memiliki range nada lebih luas.

Perlu diingat bahwa jika ingin bermain ukulele Low-G, Anda tidak dapat memakai senar High-G. Jika dipaksakan, senar akan menjadi terlalu longgar dan suara yang dihasilkan pun tidak maksimal. Oleh karena itu, kami rekomendasikan Anda untuk membeli senar khusus Low-G. Meski senar ini dijual terpisah, kami sarankan Anda mengganti semua senarnya bersamaan agar nadanya dapat disesuaikan sekaligus. Terutama bagi Anda yang pemula, membeli senar dalam set akan lebih memudahkan. Setelah lebih terbiasa, barulah Anda bisa membeli senar secara terpisah dan melakukan tuning sendiri.

Seperti yang sudah diinformasikan di atas, senar High-G memiliki diameter lebih kecil. Karena itu, bridge dan slot nut tentunya terlalu kecil untuk senar Low-G yang tebal. Agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih, sebaiknya Anda bertanya langsung ke penjaga toko ukulele, ya!

Pilih berdasarkan ketebalan senarnya

Gauge atau ketebalan senar memiliki variasinya sendiri, yaitu tipis dan tebal. Senar yang tipis lebih mudah ditekan serta menghasilkan nada tinggi yang lebih mudah dimainkan. Sementara itu, senar tebal akan menghasilkan suara yang lebih keras serta powerful meski mungkin lebih sulit ditekan.


Jika membeli senar yang lebih tebal dari bridge dan slot nut-nya, Anda perlu memotong bridge ukulele agar sesuai. Hal ini memang merepotkan, jadi sebisa mungkin pilihlah senar yang sesuai dengan ukulele Anda.


Sebagai informasi, ukulele tipe vintage biasanya memiliki bridge yang sempit. Jika dipaksakan memakai senar yang tebal, hal ini akan menyebabkan kerusakan pada ukulele Anda. Oleh sebab itu, jangan lupa pilihlah senar yang tipis untuk ukulele vintage Anda.

Pilih berdasarkan material dan tipe ukulele

Pilih berdasarkan material dan tipe ukulele

Ukulele memiliki berbagai macam tipe, salah satunya adalah ukulele soprano dan ukulele concert. Tipe soprano merupakan ukulele dengan ukuran paling kecil sehingga cocok bagi pemain berjari kecil. Sementara itu, tipe concert ialah ukulele dengan ukuran lebih besar yang membuat Anda lebih mudah mengatur pitch-nya. Range suaranya pun lebih luas dibanding ukulele soprano.


Sebelum membeli, sebaiknya jangan lupa untuk memeriksa kesesuaian senar dengan jenis ukulele milik Anda. Jika tidak mengetahui tipenya, Anda dapat mencari tahu berdasarkan nomor model atau menanyakan ke toko alat musik ukulele.


Selain itu, jangan lupa pula untuk mengecek senar yang compatible dengan material ukulele Anda. Misalnya, senar fluorocarbon atau nylgut untuk ukulele bermaterial kayu mahoni atau senar nilon untuk kayu Hawaiian koa.

10 Rekomendasi senar ukulele terbaik

Setelah membahas cara memilihnya, berikut kami akan memperkenalkan rekomendasi senar ukulele terbaik untuk Anda. Tidak hanya High-G, Low-G pun tersedia. Mari simak produk-produk di bawah ini.

10
MaterialFluorocarbon
Gauge/Ketebalan White : 0,5 mm; 0,69 mm; 0,8 mm; 0,58 mm ・ Red : 0,59 mm; 0,74 mm; 0,83 mm; 0,6 mm ・ Black : 0,63 mm; 0,85 mm; 1,02 mm; 0,74 mm
TipeSoprano, concert, dan tenor
High-G/Low-GHigh-G
9

WorthStrings Fluorocarbon

CT-LG

Mulai dari Rp 381.216,00

MaterialFluorocarbon
Gauge/Ketebalan0,52 mm ・0,66 mm ・0,74 mm ・0,91 mm
TipeTenor
High-G/Low-GLow-G
8
MaterialNilon
Gauge/Ketebalan0,61 mm ・0,83 mm ・1,03 mm ・0,71 mm
TipeTidak diketahui
High-G/Low-GHigh-G
7
MaterialNilon (black)
Gauge/Ketebalan0,64 mm ・0,81 mm ・0,91 mm ・0,71 mm
TipeSoprano dan concert
High-G/Low-GHigh-G
6
MaterialRed strings (kombinasi metal powder)
Gauge/KetebalanTidak diketahui
TipeTidak diketahui
High-G/Low-GLow-G
5

Ernie BallUkulele Ball End Nylon Strings Black

2326

Mulai dari Rp 84.000,00

MaterialNilon (black)
Gauge/Ketebalan0,71 mm ・0,81 mm ・1,02 mm ・0,71 mm
TipeSoprano dan concert
High-G/Low-GHigh-G
4

AquilaNew Nylgut Ukulele Soprano Regular Tuning

4U

Mulai dari Rp 133.000,00

MaterialNylgut
Gauge/Ketebalan0,58 mm ・0,74 mm ・0,91 mm ・0,66 mm
TipeSoprano
High-G/Low-GHigh-G
3

D'Addario Soprano Ukulele Set

EJ88S

Mulai dari Rp 90.000,00

MaterialNyltech
Gauge/Ketebalan0,58 mm ・0,76 mm ・0,91 mm ・0,64 mm
TipeSoprano
High-G/Low-GHigh-G
2
MaterialNilon
Gauge/Ketebalan0,62 mm ・0,8 mm ・0,95 mm ・0,67 mm
TipeConcert
High-G/Low-GHigh-G
1

EsperUkulele Guitar Strings

EXU-68

Mulai dari Rp 59.000,00

MaterialCarbon filer
Gauge/Ketebalan0,6 mm ・0,78 mm ・0,95 mm ・0,65 mm
TipeTidak diketahui
High-G/Low-GHigh-G

Tabel perbandingan produk senar ukulele terbaik

Gambar produk
1
Esper Ukulele Guitar Strings  1

Esper

2
Alice  Ukulele Strings  1

Alice

3
D'Addario  Soprano Ukulele Set 1

D'Addario

4
Aquila New Nylgut Ukulele Soprano Regular Tuning 1

Aquila

5
Ernie Ball Ukulele Ball End Nylon Strings Black  1

Ernie Ball

6
Aquila Red Series Tenor Low G 1

Aquila

7
Ibanez Ukulele Guitar Strings 1

Ibanez

8
Cowboy Ukulele Strings 1

Cowboy

9
Worth Strings Fluorocarbon 1

Worth

10
Long Team  Fluorocarbon Fiber Strings 1

Long Team

Nama produk

Ukulele Guitar Strings

Ukulele Strings

Soprano Ukulele Set

New Nylgut Ukulele Soprano Regular Tuning

Ukulele Ball End Nylon Strings Black

Red Series Tenor Low G

Ukulele Guitar Strings

Ukulele Strings

Strings Fluorocarbon

Fluorocarbon Fiber Strings

Keunggulan

Detuning tanpa menurunkan kualitas senar? Bisa, dong!

30 tahun pengalaman di dunia musik, tak perlu ragu kualitasnya!

Tekstur senarnya yang begitu lembut jadi lebih mudah dimainkan

Senar inovasi terbaru dengan suara yang begitu stabil

Permainan percussive akan menjadi lebih kaya dengan senar ini

Bosan dengan suara standar ukulele? Cobalah senar ini!

Fans produk Ibanez? Anda tentu harus punya senar ini!

Harganya ekonomis, tetapi kualitasnya tidak murahan

Belum mendapatkan senar dengan suara idaman? Tak perlu bingung lagi, deh

Tahan lama dengan pitch yang tidak melemah setelah di-tuning

Harga mulai dariRp 59.000,00Rp 33.200,00Rp 90.000,00Rp 133.000,00Rp 84.000,00Rp 142.500,00Rp 72.000,00Rp 20.000,00Rp 381.216,00Rp 79.960,00
MaterialCarbon filerNilonNyltechNylgutNilon (black)Red strings (kombinasi metal powder)Nilon (black)NilonFluorocarbonFluorocarbon
Gauge/Ketebalan0,6 mm ・0,78 mm ・0,95 mm ・0,65 mm0,62 mm ・0,8 mm ・0,95 mm ・0,67 mm0,58 mm ・0,76 mm ・0,91 mm ・0,64 mm0,58 mm ・0,74 mm ・0,91 mm ・0,66 mm0,71 mm ・0,81 mm ・1,02 mm ・0,71 mmTidak diketahui0,64 mm ・0,81 mm ・0,91 mm ・0,71 mm0,61 mm ・0,83 mm ・1,03 mm ・0,71 mm0,52 mm ・0,66 mm ・0,74 mm ・0,91 mm White : 0,5 mm; 0,69 mm; 0,8 mm; 0,58 mm ・ Red : 0,59 mm; 0,74 mm; 0,83 mm; 0,6 mm ・ Black : 0,63 mm; 0,85 mm; 1,02 mm; 0,74 mm
TipeTidak diketahuiConcertSopranoSopranoSoprano dan concertTidak diketahuiSoprano dan concertTidak diketahuiTenorSoprano, concert, dan tenor
High-G/Low-GHigh-GHigh-GHigh-GHigh-GHigh-GLow-GHigh-GHigh-GLow-GHigh-G
Tautan produk

Kapan waktu yang tepat untuk mengganti senar ukulele?

Kapan waktu yang tepat untuk mengganti senar ukulele?

Tak peduli sebagus apa produknya, senar ukulele tidak akan bertahan selamanya. Selain karena ingin mencoba suara berbeda, Anda harus tetap mengganti senar ukulele secara berkala. Berbeda dengan barang yang akan awet jika disimpan, senar ukulele akan menurun kualitasnya meski tidak dipakai.


Lalu, bagaimana dengan perkiraan masa pakainya? Jika Anda sering memainkan ukulele, perkiraan pemakaian senar adalah sekitar tiga bulan. Sebaliknya, jika Anda hanya kadang-kadang memainkannya, Anda dapat menggantinya sekitar enam bulan sekali. Penting pula mengganti senar segera setelah senarnya longgar atau rusak, terlepas dari masa pakainya. Untuk menghasilkan performa yang maksimal, jangan lupa untuk mengganti senar Anda secara berkala, ya!  

Baca juga rekomendasi ukulele di sini

Jika sudah memiliki senar yang pas, bagaimana bila Anda menambah koleksi ukulele milik Anda? Di pasaran terdapat beragam produk ukulele dengan jenis dan desain berbeda. Tentu menyenangkan untuk memiliki beberapa jenis dan memainkannya seluruhnya. Mari baca artikel berikut untuk lebih jelasnya!

Kesimpulan

Apakah Anda telah menemukan senar ukulele yang sesuai dengan selera serta kebutuhan Anda? Karena tingkat compatible berbeda-beda, senar yang sama pun akan terdengar berbeda jika memakai ukulele yang berbeda pula. 


Oh ya, segera setelah mengganti senar, tuning akan menjadi tidak stabil. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Suara senar akan beradaptasi perlahan sampai akhirnya stabil. Kami harap Anda menemukan senar yang tepat, ya. Selamat bermain ukulele!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Cort, dan sebagainya.Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik Anda!
    Musik
    181.403 Views
  • 10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Recorder (Suling) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Recorder adalah alat musik yang biasanya mulai diperkenalkan pada siswa di tingkat sekolah dasar. Namun, beberapa orang mungkin menganggap alat ini kuno serta tidak menarik untuk dimainkan. Jika memang demikian, tentu musisi seperti Paul McCartney dan John Paul Jones tidak akan menggunakan recorder dalam lagu mereka.Meski begitu, jangan terburu-buru membeli bila saat ini ada produk yang menarik minat Anda. Simak dulu penjelasan cara memilih dan sepuluh rekomendasi recorder dari merek terkenal seperti Yamaha dan Aulos berikut ini. Pastikan Anda menyimak hingga akhir agar mendapatkan informasi yang jelas. Selamat membaca!
    Musik
    11.231 Views
  • 10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik dengan Desain Unik (Terbaru Tahun 2021)
    Pick gitar adalah sebuah benda kecil yang digunakan untuk memetik gitar. Ada berbagai jenis pick gitar yang dijual di pasaran dengan bermacam varian bahan dan tingkat ketebalan yang menghasilkan suara berbeda. Anda perlu memilih pick sesuai hasil suara yang Anda inginkan. Namun, pick seperti apa yang cocok untuk Anda, ya? Kali ini, kami akan memperkenalkan pick dengan desain unik dari berbagai merek, seperti D’Addario, Jim Dunlop, dan Pickboy. Kami pun akan menjelaskan cara memilih pick gitar terbaik untuk Anda. Selamat menemukan pick gitar dengan desain yang unik.
    Musik
    2.343 Views
  • 10 Rekomendasi Gitar Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gitar Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gitar mini memiliki ukuran lebih compact dan lebih mudah dimainkan daripada gitar biasa. Sangat cocok digunakan oleh anak-anak atau wanita yang umumnya memiliki tangan berukuran kecil. Ada berbagai gitar mini akustik, elektrik, dan akustik elektrik dengan jumlah fret, ukuran neck, dan desain berbeda.Tidak hanya itu, gitar mini dengan merek berkualitas seperti Yamaha, Fender, Cort, Ibanez juga tersedia di pasaran. Anda bisa saja kebingungan saat memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi gitar mini terbaik. Selamat membaca dan memilih gitar mini favorit Anda!
    Musik
    35.139 Views
  • 10 Rekomendasi Tuner Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tuner Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Beberapa jenis alat musik seperti gitar, bass, ukulele, dan lainnya perlu disetem dengan nada yang tepat agar tidak sumbang. Namun, terkadang menyetem peralatan musik tidak selalu mudah karena ada gangguan dari suara di sekitar. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda membutuhkan tuner supaya dapat menyetem alat musik dengan lebih mudah dan akurat.Ada beragam merek tuner seperti D'Addario, KORG, dan sebagainya yang bisa ditemukan di pasaran. Masing-masing merek mempunyai fitur dan desain yang berbeda. Agar tidak membingungkan Anda, kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih tuner yang tepat. Selanjutnya, kami juga memberikan rekomendasi produk yang bisa dijadikan pilihan. Yuk, simak ulasan selengkapnya!
    Musik
    3.731 Views
  • 10 Rekomendasi MIDI Keyboard Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi MIDI Keyboard Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    MIDI keyboard atau Musical Instrument Digital Interface Keyboard adalah alat musik digital yang dapat terhubung langsung dengan PC atau alat musik digital lainnya. MIDI keyboard berguna bila ingin memproduksi musik secara digital dengan PC atau tablet. Beberapa produsen MIDI keyboard antara lain adalah M-Audio, Akai, dan Novation.Banyaknya pilihan MIDI keyboard mungkin membuat Anda kesulitan memilih produk yang tepat untuk Anda. Kami akan memperkenalkan cara memilih MIDI keyboard dan merekomendasikan beberapa produk terbaiknya untuk Anda. Untuk yang baru pertama ingin membeli MIDI keyboard, jadikanlah artikel kami sebagai rujukan Anda!
    Musik
    8.582 Views
  • 10 Rekomendasi Gitar Yamaha Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gitar Yamaha Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gitar merupakan alat musik yang menarik untuk dipelajari. Suaranya yang merdu dapat menjadi melodi utama sampai melodi pengisi dalam sebuah lagu. Di antara banyaknya merek gitar, Yamaha menjadi pilihan top of mind bagi konsumen. Gitar Yamaha original memiliki berbagai jenis serta seri gitar untuk kebutuhan Anda.Banyaknya seri gitar yang ditawarkan Yamaha bisa saja membuat Anda kebingungan. Jadi, kami akan berbagi tips memilih gitar dari Yamaha. Simak juga daftar rekomendasi gitar terbaik Yamaha sebagai referensi Anda. Gitar Yamaha C315, Yamaha F310, dan Yamaha APX600 ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Musik
    1.834 Views
  • 10 Rekomendasi Metronom Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Metronom Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Metronom (metronome) adalah alat untuk mengatur tempo saat Anda berlatih alat musik. Meski tiap metronom nyaris terlihat sama, memilih metronom yang tepat adalah hal penting untuk meningkatkan kualitas instrumen Anda. Banyak metronom mekanik dan digital yang dijual di pasar, seperti Meideal, Yamaha, KORG, hingga Nikko. Anda mungkin bingung memilih produk mana yang tepat. Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi metronom terbaik, berserta cara memilih metronom. Metronom kecil dan mudah dibawa, hingga metronom dengan performa tinggi akan kami bahas di sini. Temukan metronom favorit Anda dan berlatihlah dengan giat!
    Musik
    221 Views
  • 10 Rekomendasi Tamborin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tamborin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tamborin adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul atau digoyang. Instrumen ini sering dipakai dalam berbagai genre musik, seperti pop, folk, rock, R&B, klasik, bahkan musik rohani. Namun, karena bentuknya yang sederhana, terkadang sulit untuk menentukan tamborin mana yang berkualitas. Apakah Anda merasa bingung saat harus memilihnya?Kali ini, kami akan membagi tips cara memilih tamborin yang bagus. Setelah itu, Anda bisa pertimbangkan sepuluh produk rekomendasi kami dari Remo, Meinl, dan merk terkenal lainnya. Simak sampai akhir untuk menemukan tamborin yang Anda butuhkan!
    Musik
    141 Views
  • 10 Rekomendasi Gitar Fender Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gitar Fender Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Fender adalah salah satu merk gitar yang banyak dipakai oleh musisi lokal, seperti Iga Massardi dan Eros Chandra, hingga musisi internasional seperti Eric Clapton. Gitar Fender bisa digunakan untuk memainkan genre musik yang luas, mulai dari country, rock, ataupun pop. Banyaknya model dan seri gitar Fender mungkin membuat Anda bingung saat memilih.Kami akan mengulas gitar Fender secara lengkap serta memberikan rekomendasi produk dengan kualitas dan harga terbaik untuk Anda. Mau gitar Fender model Telecaster, Stratocaster, atau Jaguar? Buatan Amerika, Jepang, atau Mexico? Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Musik
    157 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Cort, dan sebagainya.Dengan banyaknya variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik Anda!
    Musik
    181.403 Views
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Biola adalah alat musik gesek yang cenderung kurang diminati karena dipandang sulit untuk dikuasai. Apalagi, harganya juga cukup tinggi. Meski sulit dipelajari, Anda belum terlambat untuk mempelajarinya mulai sekarang! Dengan biola yang tepat untuk pemula, Anda bisa mulai berlatih dengan menyenangkan.Di pasaran, terdapat biola dengan berbagai ukuran dan rentang harga, seperti dari Cremona, Karl Höfner, Skylark, dan Makoa. Jika Anda bingung memilih, kami akan membantu Anda melalui artikel ini. Kami tidak hanya memberikan rekomendasi produk terbaik, tetapi juga cara memilih supaya Anda menemukan produk yang benar-benar pas.
    Musik
    55.696 Views
  • 10 Rekomendasi Senar Gitar Akustik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Senar Gitar Akustik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Senar berperan penting dalam hasil suara gitar akustik. Jenisnya pun beragam, ada yang berbahan phosphor bronze, 80/20 bronze, dengan ketebalan yang juga berbeda-beda. Bingung harus memilih yang mana?Pada artikel kali ini, kami akan memberitahukan Anda cara memilih senar untuk gitar akustik. Setelah itu, kami juga akan memperkenalkan kepada Anda rekomendasi produk terbaik seperti dari Martin, Elixir, dan D'Addario. Memilih senar yang tepat akan membuat pertunjukan Anda makin istimewa!
    Musik
    50.228 Views
  • 10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Microphone Terbaik Tipe Dynamic (Terbaru Tahun 2021)
    Pernahkah Anda mendengar tentang mikrofon dinamik? Tipe ini sering kita temukan di live house dan tempat karaoke. Mikrofon dinamik sudah banyak dijual oleh perusahaan yang berkecimpung di bidang audio, seperti SHURE, Audio-Technica, dan Sennheiser. Ada beragam spesifikasi yang diberikan sehingga Anda mungkin bingung untuk memilih.Karena itu, dalam artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips cara memilih mikrofon dinamik untuk Anda. Tak lupa, kami juga akan merekomendasikan produk dari merek-merek terbaik. Ikuti tips dari kami untuk menemukan mikrofon tipe dinamik terbaik, ya!
    Musik
    19.068 Views
  • 10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Berbeda dengan senar akustik yang terbuat dari metal, senar pada gitar klasik memiliki karakter menghasilkan nada yang halus dan lembut. Genre musik yang cocok dimainkan dengan gitar klasik yang dapat menghasilkan musik asyik pun beragam, di antaranya bossa nova dan jazz.Senar gitar klasik tersedia dalam bermacam jenis sehingga mungkin sulit untuk mengetahui karakter senar dari kemasannya saja. Pada artikel ini kami akan membagikan tips cara memilih senar gitar klasik yang tepat, sekaligus merekomendasikan beberapa merek terbaiknya, seperti D’Addario, Augustine, dan Savarez. Check it out!
    Musik
    49.026 Views
  • 10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Piano digital cocok untuk Anda yang suka bermain atau berlatih piano pada malam hari. Anda bisa menggunakan headphone sehingga tidak perlu takut suara piano mengganggu anggota keluarga yang sedang beristirahat. Piano digital juga cocok untuk anak-anak yang baru belajar piano, karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan piano akustik. Piano digital pun cocok untuk Anda yang suka mengeksplor berbagai genre musik.Terdapat beberapa produsen piano digital yang terkenal, seperti Yamaha, Kawai, Casio, Roland, dan Korg. Masing-masing dari piano digital tersebut mempunyai karakteristik dan fungsi yang bervariasi. Apa yang menjadi kelebihan dan keunggulan masing-masing produk? Yuk, simak penjelasan berikut.
    Musik
    54.006 Views
  • 10 Rekomendasi MP3 Player Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi MP3 Player Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda pencinta musik, Anda pasti pernah terpikir untuk memiliki MP3 player. Ada banyak merk MP3 player yang bagus beredar di pasaran, seperti Sony, HIDIZS, dan Pioneer. Anda tentu menginginkan MP3 player yang kualitas suaranya mumpuni, baterainya tahan lama, dan kapasitasnya besar, bukan? Kira-kira, Anda akan membeli MP3 Bluetooth atau MP3 dengan tipe koneksi yang lain?Untuk membantu Anda, kali ini kami memperkenalkan cara memilih dan merekomendasikan sepuluh produk MP3 player. Kami akan mengulas produk dari segi fitur, harga, dan yang lainnya. Simak dan temukan MP3 player terbaik idaman Anda!
    Musik
    38.944 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori