• 10 Rekomendasi Senar Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Senar Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Senar Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Senar Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Senar Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Senar Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Ukulele merupakan alat musik petik sehingga untuk memainkannya Anda memerlukan senar yang baik dan sesuai. Akan tetapi, semakin lama senar ukulele akan menurun kualitasnya baik rutin digunakan maupun tidak. Karena itu, Anda perlu mengganti senar ukulele secara berkala. Namun, memilih pun sulit karena ada banyak jenis senar berdasarkan material dan suaranya.


Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih senar ukulele. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk, seperti Aquila, Ibanez, D'Addario, dan sebagainya. Tak perlu menunggu lama, yuk langsung simak penjelasan kami selengkapnya!

  • Pembaharuan terakhir: 23 Maret 2020
  • 1.471 Views
Daftar isi

Cara memilih senar ukulele

Cara mudah memilih senar ukulele adalah dengan memilih produk yang persis dengan senar sebelumnya. Selain itu, Anda pun dapat mencoba tipe yang banyak digunakan pemain ukulele lainnya. Sebelum membeli, pastikan senar yang Anda pilih tepat serta sesuai kebutuhan, ya!

Pilih berdasarkan materialnya

Berdasarkan meterialnya, senar ukulele secara garis besar dapat dibagi menjadi tiga tipe, yaitu nilon, fluorocarbon, dan nylgut. Namun, ada pula senar dari produsen lainnya yang diproduksi secara khusus. Untuk itu, mari simak karakteristik dari masing-masing meterial berikut.

Nilon, pas untuk pemain ukulele pemula

Nilon adalah material yang paling sering dipakai sebagai senar. Karena lebih mudah ditekan dan dipetik, pemain pemula biasanya memilih senar tipe ini sebagai pasangan ukulelenya. Suara yang dihasilkan pun lebih lembut dibanding senar tipe lain.


Untuk tipenya, senar nilon sendiri masih dibagi menjadi dua tipe, clear dan black. Umumnya, tipe clear memiliki suara yang jernih dan lembut. Sementara tipe black menghasilkan suara lebih jernih ketimbang tipe clear. Merenggangkan senar tipe black juga akan mengubah tampilan serta suaranya. Senar ini direkomendasikan bagi Anda yang ingin meniru sebuah suara dan tampilan sesuai yang diinginkan. 

Fluorocarbon, cocok bagi Anda yang menginginkan suara elegan

Senar fluorocarbon merupakan senar yang biasa dipakai oleh para profesional. Terbuat dari material yang sama seperti senar pancing, senar ini lebih sulit direntangkan ketimbang senar nilon. Berhubung diameternya lebih kecil, senar ini mudah ditekan serta menghasilkan suara yang bagus. Senar tipe fluorocarbon ini direkomendasikan jika Anda ingin menghasilkan suara treble yang indah.

Seperti halnya nilon, senar fluorocarbon pun terbagi menjadi dua jenis, yaitu tipe clear dan black atau brown. Tipe clear mempunyai suara yang jernih, sementara senar lainnya memiliki suara yang lebih berat.

Nylgut, direkomendasikan bagi Anda yang fokus kepada kualitas suaranya

Senar nylgut merupakan senar artifisial yang dibuat untuk menghasilkan suara menyerupai senar gut. Lalu, apakah senar gut itu? Senar gut adalah senar yang dibuat dari usus hewan semisal domba. Pada masa lalu, senar gut inilah yang biasa dipakai untuk gitar klasik.


Untuk kelebihannya, senar gut memiliki suara yang bagus dan stabil, tidak seperti suara lainnya. Sayangnya, gut sulit bertahan di area yang memiliki suhu berubah-ubah. Oleh karena itu, senar nylgut diproduksi untuk meniru suara gut, tetapi dengan ketahanan lebih terhadap perubahan suhu.

Pilih senar berdasarkan jenis lagu dan permainannya

Ada dua tipe senar ukulele, yaitu High-G dan Low-G yang memiliki perbedaan tinggi nada. Pastikan Anda tidak salah memilih senar untuk memainkan lagu kesayangan Anda, ya!

High-G, untuk lagu ukulele secara umum

High-G, untuk lagu ukulele secara umum

Senar keempat dari ukulele adalah High-G yang merupakan nada tinggi G. Suara dari kunci inilah yang membuat ukulele memiliki suara unik, terutama ketika Anda memainkannya dengan cara strumming. Nada tinggi ini pun membuat ukulele menjadi alat musik yang tepat untuk mengiringi tarian Hula.


Sebagian besar ukulele yang beredar di pasaran juga merupakan ukulele dengan senar High-G. Jika Anda ingin membeli senar yang sama dengan kebanyakan ukulele, pilihlah set senar High-G.

Low-G, untuk permainan musik solo

Low-G, untuk permainan musik solo

Selain High-G, ada pula tuning Low-G pada ukulele. Sebenarnya nada pada sebagian besar senarnya sama persis dengan High-G, kecuali senar nomor empat. Senar empat ini memiliki nada rendah G yang cocok dipakai untuk lagu dan style permainan ukulele tertentu. Meski yang banyak beredar adalah ukulele High-G, ada pula toko yang menjual ukulele dengan tuning Low-G. Jika ingin bermain dengan cara finger picking, Low-G adalah pilihan tepat karena memiliki range nada lebih luas.

Perlu diingat bahwa jika ingin bermain ukulele Low-G, Anda tidak dapat memakai senar High-G. Jika dipaksakan, senar akan menjadi terlalu longgar dan suara yang dihasilkan pun tidak maksimal. Oleh karena itu, kami rekomendasikan Anda untuk membeli senar khusus Low-G. Meski senar ini dijual terpisah, kami sarankan Anda mengganti semua senarnya bersamaan agar nadanya dapat disesuaikan sekaligus. Terutama bagi Anda yang pemula, membeli senar dalam set akan lebih memudahkan. Setelah lebih terbiasa, barulah Anda bisa membeli senar secara terpisah dan melakukan tuning sendiri.

Seperti yang sudah diinformasikan di atas, senar High-G memiliki diameter lebih kecil. Karena itu, bridge dan slot nut tentunya terlalu kecil untuk senar Low-G yang tebal. Agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih, sebaiknya Anda bertanya langsung ke penjaga toko ukulele, ya!

Pilih berdasarkan ketebalan senarnya

Gauge atau ketebalan senar memiliki variasinya sendiri, yaitu tipis dan tebal. Senar yang tipis lebih mudah ditekan serta menghasilkan nada tinggi yang lebih mudah dimainkan. Sementara itu, senar tebal akan menghasilkan suara yang lebih keras serta powerful meski mungkin lebih sulit ditekan.


Jika membeli senar yang lebih tebal dari bridge dan slot nut-nya, Anda perlu memotong bridge ukulele agar sesuai. Hal ini memang merepotkan, jadi sebisa mungkin pilihlah senar yang sesuai dengan ukulele Anda.


Sebagai informasi, ukulele tipe vintage biasanya memiliki bridge yang sempit. Jika dipaksakan memakai senar yang tebal, hal ini akan menyebabkan kerusakan pada ukulele Anda. Oleh sebab itu, jangan lupa pilihlah senar yang tipis untuk ukulele vintage Anda.

Pilih berdasarkan material dan tipe ukulele

Pilih berdasarkan material dan tipe ukulele

Ukulele memiliki berbagai macam tipe, salah satunya adalah ukulele soprano dan ukulele concert. Tipe soprano merupakan ukulele dengan ukuran paling kecil sehingga cocok bagi pemain berjari kecil. Sementara itu, tipe concert ialah ukulele dengan ukuran lebih besar yang membuat Anda lebih mudah mengatur pitch-nya. Range suaranya pun lebih luas dibanding ukulele soprano.


Sebelum membeli, sebaiknya jangan lupa untuk memeriksa kesesuaian senar dengan jenis ukulele milik Anda. Jika tidak mengetahui tipenya, Anda dapat mencari tahu berdasarkan nomor model atau menanyakan ke toko alat musik ukulele.


Selain itu, jangan lupa pula untuk mengecek senar yang compatible dengan material ukulele Anda. Misalnya, senar fluorocarbon atau nylgut untuk ukulele bermaterial kayu mahoni atau senar nilon untuk kayu Hawaiian koa.

10 Rekomendasi senar ukulele terbaik

Setelah membahas cara memilihnya, berikut kami akan memperkenalkan rekomendasi senar ukulele terbaik untuk Anda. Tidak hanya High-G, Low-G pun tersedia. Mari simak produk-produk di bawah ini.

10
MaterialFluorocarbon
Gauge/Ketebalan White : 0,5 mm; 0,69 mm; 0,8 mm; 0,58 mm ・ Red : 0,59 mm; 0,74 mm; 0,83 mm; 0,6 mm ・ Black : 0,63 mm; 0,85 mm; 1,02 mm; 0,74 mm
TipeSoprano, concert, dan tenor
High-G/Low-GHigh-G
9

WorthStrings Fluorocarbon

CT-LG

Rp 381.216,00

MaterialFluorocarbon
Gauge/Ketebalan0,52 mm ・0,66 mm ・0,74 mm ・0,91 mm
TipeTenor
High-G/Low-GLow-G
8
MaterialNilon
Gauge/Ketebalan0,61 mm ・0,83 mm ・1,03 mm ・0,71 mm
TipeTidak diketahui
High-G/Low-GHigh-G
7
MaterialNilon (black)
Gauge/Ketebalan0,64 mm ・0,81 mm ・0,91 mm ・0,71 mm
TipeSoprano dan concert
High-G/Low-GHigh-G
6
MaterialRed strings (kombinasi metal powder)
Gauge/KetebalanTidak diketahui
TipeTidak diketahui
High-G/Low-GLow-G
5

Ernie BallUkulele Ball End Nylon Strings Black

2326

Rp 84.000,00

MaterialNilon (black)
Gauge/Ketebalan0,71 mm ・0,81 mm ・1,02 mm ・0,71 mm
TipeSoprano dan concert
High-G/Low-GHigh-G
4
MaterialNylgut
Gauge/Ketebalan0,58 mm ・0,74 mm ・0,91 mm ・0,66 mm
TipeSoprano
High-G/Low-GHigh-G
3
MaterialNyltech
Gauge/Ketebalan0,58 mm ・0,76 mm ・0,91 mm ・0,64 mm
TipeSoprano
High-G/Low-GHigh-G
2
MaterialNilon
Gauge/Ketebalan0,62 mm ・0,8 mm ・0,95 mm ・0,67 mm
TipeConcert
High-G/Low-GHigh-G
1
MaterialCarbon filer
Gauge/Ketebalan0,6 mm ・0,78 mm ・0,95 mm ・0,65 mm
TipeTidak diketahui
High-G/Low-GHigh-G

Tabel perbandingan produk senar ukulele terbaik

Gambar produk
1
Esper Ukulele Guitar Strings  1

Esper

2
Alice  Ukulele Strings  1

Alice

3
D'Addario  Soprano Ukulele Set 1

D'Addario

4
Aquila New Nylgut Ukulele Soprano Regular Tuning 1

Aquila

5
Ernie Ball Ukulele Ball End Nylon Strings Black  1

Ernie Ball

6
Aquila Red Series Tenor Low G 1

Aquila

7
Ibanez Ukulele Guitar Strings 1

Ibanez

8
Cowboy Ukulele Strings 1

Cowboy

9
Worth Strings Fluorocarbon 1

Worth

10
Long Team  Fluorocarbon Fiber Strings 1

Long Team

Nama produk

Ukulele Guitar Strings

Ukulele Strings

Soprano Ukulele Set

New Nylgut Ukulele Soprano Regular Tuning

Ukulele Ball End Nylon Strings Black

Red Series Tenor Low G

Ukulele Guitar Strings

Ukulele Strings

Strings Fluorocarbon

Fluorocarbon Fiber Strings

KeunggulanDetuning tanpa menurunkan k...30 tahun pengalaman di duni...Tekstur senarnya yang begit...Senar inovasi terbaru denga...Permainan percussive akan m...Bosan dengan suara standar ...Fans produk Ibanez? Anda te...Harganya ekonomis, tetapi k...Belum mendapatkan senar den...Tahan lama dengan pitch yan...
HargaRp 59.000,00Rp 33.200,00Rp 90.000,00Rp 133.000,00Rp 84.000,00Rp 142.500,00Rp 72.000,00Rp 20.000,00Rp 381.216,00Rp 79.960,00
MaterialCarbon filerNilonNyltechNylgutNilon (black)Red strings (kombinasi metal powder)Nilon (black)NilonFluorocarbonFluorocarbon
Gauge/Ketebalan0,6 mm ・0,78 mm ・0,95 mm ・0,65 mm0,62 mm ・0,8 mm ・0,95 mm ・0,67 mm0,58 mm ・0,76 mm ・0,91 mm ・0,64 mm0,58 mm ・0,74 mm ・0,91 mm ・0,66 mm0,71 mm ・0,81 mm ・1,02 mm ・0,71 mmTidak diketahui0,64 mm ・0,81 mm ・0,91 mm ・0,71 mm0,61 mm ・0,83 mm ・1,03 mm ・0,71 mm0,52 mm ・0,66 mm ・0,74 mm ・0,91 mm White : 0,5 mm; 0,69 mm; 0,8 mm; 0,58 mm ・ Red : 0,59 mm; 0,74 mm; 0,83 mm; 0,6 mm ・ Black : 0,63 mm; 0,85 mm; 1,02 mm; 0,74 mm
TipeTidak diketahuiConcertSopranoSopranoSoprano dan concertTidak diketahuiSoprano dan concertTidak diketahuiTenorSoprano, concert, dan tenor
High-G/Low-GHigh-GHigh-GHigh-GHigh-GHigh-GLow-GHigh-GHigh-GLow-GHigh-G
Tautan produk

Kapan waktu yang tepat untuk mengganti senar ukulele?

Kapan waktu yang tepat untuk mengganti senar ukulele?

Tak peduli sebagus apa produknya, senar ukulele tidak akan bertahan selamanya. Selain karena ingin mencoba suara berbeda, Anda harus tetap mengganti senar ukulele secara berkala. Berbeda dengan barang yang akan awet jika disimpan, senar ukulele akan menurun kualitasnya meski tidak dipakai.


Lalu, bagaimana dengan perkiraan masa pakainya? Jika Anda sering memainkan ukulele, perkiraan pemakaian senar adalah sekitar tiga bulan. Sebaliknya, jika Anda hanya kadang-kadang memainkannya, Anda dapat menggantinya sekitar enam bulan sekali. Penting pula mengganti senar segera setelah senarnya longgar atau rusak, terlepas dari masa pakainya. Untuk menghasilkan performa yang maksimal, jangan lupa untuk mengganti senar Anda secara berkala, ya!  

Baca juga rekomendasi ukulele di sini

Jika sudah memiliki senar yang pas, bagaimana bila Anda menambah koleksi ukulele milik Anda? Di pasaran terdapat beragam produk ukulele dengan jenis dan desain berbeda. Tentu menyenangkan untuk memiliki beberapa jenis dan memainkannya seluruhnya. Mari baca artikel berikut untuk lebih jelasnya!

Kesimpulan

Apakah Anda telah menemukan senar ukulele yang sesuai dengan selera serta kebutuhan Anda? Karena tingkat compatible berbeda-beda, senar yang sama pun akan terdengar berbeda jika memakai ukulele yang berbeda pula. 


Oh ya, segera setelah mengganti senar, tuning akan menjadi tidak stabil. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Suara senar akan beradaptasi perlahan sampai akhirnya stabil. Kami harap Anda menemukan senar yang tepat, ya. Selamat bermain ukulele!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Drone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Drone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dengan menggunakan drone, Anda bisa dengan mudah memotret dari udara. Meski dulu drone tergolong barang mahal, sekarang sudah banyak drone dengan harga terjangkau dan memiliki performa sangat baik. Namun, adanya drone berkualitas keluaran DJI, Walkera, Cheerson, dan sebagainya bisa saja membuat Anda bingung untuk memilih.Karena itu, dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi drone terbaik. Dengan begitu, Anda pun akan semakin mudah menemukan produk yang paling tepat untuk Anda. Silakan disimak dan pilih drone yang paling Anda suka, ya!
    Hobi
    24.935 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa Ban Terbaik untuk Road Bike dan Sepeda Hybrid (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pompa Ban Terbaik untuk Road Bike dan Sepeda Hybrid (Terbaru Tahun 2020)
    Jika berencana membeli sebuah road bike atau cross bike, sebaiknya Anda juga menyiapkan pompa khusus bertekanan tinggi. Pompa ini memiliki beberapa tipe, seperti floor pump yang digunakan untuk pemeliharaan hingga tipe portable. Tipe pompa apa yang Anda butuhkan?Untuk memudahkan Anda, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih pompa untuk road bike dan cross bike. Selain itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang dapat Anda pertimbangkan. Anda akan jumpai merek, seperti ROCKBROS, United, dan Pacific. Simak informasi berikut dan temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan!
    Hobi
    8.152 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pompa aquarium berfungi untuk mengalirkan air dan memastikan suhu aquarium tetap terjaga. Terlebih lagi bila Anda memelihara ikan tropis, keberadaan pompa aquarium sangatlah penting. Ada 3 tipe pompa aquarium, yakni yang dapat Anda letakkan di dalam air, di luar aquarium, dan jenis amfibi sehingga Anda mungkin bingung saat hendak membelinya.Kali ini, kami akan menjelaskan tips memilih pompa aquarium dan menyajikan 10 rekomendasi pompa aquarium terbaik. Terdapat berbagai jenis pompa aquarium berkualitas dengan merek Eheim, Resun, atau Hidom dalam daftar rekomendasi ini yang berbeda spesifikasi, ukuran, dan fitur. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Hobi
    78.268 Views
  • 10 Rekomendasi Diving Fins (Kaki Katak) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Diving Fins (Kaki Katak) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berbicara tentang selam, ada beragam aktivitas yang dapat dilakukan. Anda dapat melakukan scuba diving (menyelam dengan tabung nitrogen) hingga freediving (menyelam tanpa tabung). Salah satu peralatan penting untuk menyelam adalah diving fins atau kaki katak agar Anda dapat menyelam dengan lebih cepat dan mudah.Tidak seperti di kolam renang, Anda akan kesulitan menyelam beberapa meter di bawah laut dengan kaki telanjang. Karena itu, diperlukan diving fins. Kami akan menjelaskan cara memilih kaki katak serta menawarkan beberapa pilihan merek, seperti Cressi dan Scbubapro. Selamat memilih!
    Hobi
    2.836 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Nyamuk adalah serangga yang dianggap sebagai pengganggu oleh manusia. Selain itu, nyamuk bahkan bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan deman berdarah. Beberapa tanaman seperti lavender, rosemary, dan krisan dikenal memiliki efek mengusir nyamuk sehingga membuat rumah Anda lebih nyaman.Setiap tanaman memiliki keistimewaan masing-masing. Nah, mana yang cocok dengan rumah Anda? Sebagai solusi, kami akan memberikan tips untuk memilih tanaman pengusir nyamuk yang sesuai untuk rumah Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tanaman pengusir nyamuk terbaik yang dapat menjadi pilihan Anda.
    Hobi
    27.533 Views
  • 10 Rekomendasi Squishy Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Squishy Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Siapa tidak kenal squishy? Mainan satu ini sangat populer di kalangan anak-anak sampai orang dewasa. Squishy memiliki tekstur yang empuk, slow rising, dan dapat kembali ke bentuk semula setelah diremas. Berbagai bentuk lucu dan menggemaskan, seperti bentuk makanan, barang, sampai karakter kartun tersedia di pasaran.Squishy dapat Anda gunakan sebagai hiasan, gantungan kunci, atau sekadar pelepas stres. Bingung saat memilih squishy? Kami akan membantu Anda dengan memberikan informasi seputar cara memilih serta rekomendasi squishy terbaik. Yuk, simak selengkapnya!
    Hobi
    2.522 Views
  • 10 Rekomendasi Ban Renang Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Ban Renang Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika mentari bersinar dengan cerah, memang paling asyik bermain air. Anda dapat berenang memakai ban lucu berbentuk donat atau bersantai di atas matras sembari menikmati hari dengan menyeruput segelas cocktail! Aktivitas bermain air pun semakin menyenangkan.Terlebih lagi, kini ban renang hadir dalam banyak varian dan merek! Anda dapat memilih ban renang berkualitas merek Intex, Bestway, dan Zebec. Mulai dari ban lengan untuk anak hingga ban flamingo untuk dewasa, silakan pilih yang sesuai dengan aktivitas dan kebutuhan Anda.
    Hobi
    1.681 Views
  • 10 Rekomendasi Dadu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Dadu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda menyukai permainan table game? Kalau begitu, Anda pasti pernah menggunakan dadu. Dadu biasanya digunakan dalam permainan table game atau board game, seperti Monopoly, ular tangga, dan Ludo. Ternyata, dadu tidak selalu berbentuk kubus. Dadu juga memiliki berbagai bentuk dan terbuat dari bahan berbeda, lho!Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan beragam dadu yang menarik. Anda dapat menemukan dadu unik yang bisa menambah serunya permainan board game Anda dan orang-orang tersayang. Ingin tahu seperti apa saja variannya? Simak terus sampai akhir!
    Hobi
    919 Views
  • 10 Rekomendasi Mobil Remote Kontrol Terbaik untuk Anak-anak (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mobil Remote Kontrol Terbaik untuk Anak-anak (Terbaru Tahun 2020)
    Anak laki-laki penggemar mobil umumnya akan menyukai mobil remote kontrol juga. Mainan ini layak dipertimbangkan sebagai hadiah, baik untuk anak sendiri, keponakan, atau anak teman. Di pasaran sendiri tersedia beragam mobil remote kontrol yang berbeda model, desain, cara pengoperasian, dan sebagainya.Untuk memudahkan Anda, kami akan menjelaskan beberapa poin mengenai cara memilih mobil remote kontrol untuk anak-anak. Kami juga akan memberikan rekomendasi mobil remote kontrol terbaik seperti keluaran JJRC dan lainnya yang layak untuk Anda pertimbangkan. Selamat membaca!
    Hobi
    2.438 Views
  • 10 Rekomendasi Action Figure Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Action Figure Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat ini, action figure digemari bukan hanya oleh anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Banyaknya model, aksesori, dan pose berbeda yang bisa dibuat menjadikan action figure memiliki daya tarik istimewa tersendiri. Mulai dari tokoh terkenal, anime, manga, atau karakter game, semuanya bisa dijadikan action figure.Kali ini, kami akan membahas mengenai cara rekomendasi action figure. Kami juga akan memberikan daftar action figure berkualitas keluaran Hot Toys, NECA, Hasbro, dan sebagainya yang layak dikoleksi. Pilihlah yang paling Anda suka dan hiasi ruangan dengan action figure favorit Anda!
    Hobi
    1.045 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2020)
    Kegiatan berkebun seperti menanam bunga kini banyak digemari masyarakat. Agar bunga bisa tumbuh dengan indah, perlu disesuaikan antara pupuk dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari berbentuk cair hingga padat. Anda mungkin bertanya-tanya, pupuk jenis apa yang harus dipilih?Untuk itu, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih pupuk untuk bunga. Kami juga akan merekomendasikan pupuk terbaik yang bisa dibeli secara online. Merek-merek yang akan Anda temui adalah GDM, Green World, dan Hydrofarm. Pastikan bunga-bunga Anda tumbuh dan bermekaran dengan indah!
    Hobi
    64.578 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pompa aquarium berfungi untuk mengalirkan air dan memastikan suhu aquarium tetap terjaga. Terlebih lagi bila Anda memelihara ikan tropis, keberadaan pompa aquarium sangatlah penting. Ada 3 tipe pompa aquarium, yakni yang dapat Anda letakkan di dalam air, di luar aquarium, dan jenis amfibi sehingga Anda mungkin bingung saat hendak membelinya.Kali ini, kami akan menjelaskan tips memilih pompa aquarium dan menyajikan 10 rekomendasi pompa aquarium terbaik. Terdapat berbagai jenis pompa aquarium berkualitas dengan merek Eheim, Resun, atau Hidom dalam daftar rekomendasi ini yang berbeda spesifikasi, ukuran, dan fitur. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Hobi
    78.268 Views
  • 10 Rekomendasi Layangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Layangan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Layangan merupakan salah satu permainan tradisional yang tidak hilang ditelan zaman. Belakangan ini, jumlah lapangan luas yang tidak terhalang tiang listrik makin sedikit. Jumlah anak-anak yang bermain layangan pun berkurang. Namun, hal ini bukan berarti kepopuleran layangan menghilang begitu saja.Kini, bahkan sedang dikembangkan BioKite berteknologi aerodinamik pesawat terbang dan sport kite yang digunakan untuk turnamen profesional. Untuk itu, kami akan berbagi tips mengenai cara memilih layangan serta memperkenalkan sepuluh rekomendasi layangan terbaik untuk Anda. Simak terus artikel ini, ya! 
    Hobi
    11.891 Views
  • 10 Rekomendasi Cat Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cat Akrilik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kebanyakan orang menjadikan cat air atau cat minyak sebagai alat lukis favoritnya. Namun, sebenarnya saat ini cat akrilik mulai menjadi salah satu alat lukis alternatif. Apakah Anda sudah mengetahui cara memilih cat akrilik dan menemukan produk yang tepat untuk Anda?Di pasaran, banyak beredar cat akrilik berbagai merek, seperti Liquitex, Faber Castell, atau Winsor & Newton. Untuk membantu Anda menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai karakteristik cat akrilik. Tentu saja kami pun akan memberikan rekomendasi produk cat akrilik terbaik untuk Anda. Simak artikel ini sampai selesai, ya!
    Hobi
    62.056 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Nyamuk adalah serangga yang dianggap sebagai pengganggu oleh manusia. Selain itu, nyamuk bahkan bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan deman berdarah. Beberapa tanaman seperti lavender, rosemary, dan krisan dikenal memiliki efek mengusir nyamuk sehingga membuat rumah Anda lebih nyaman.Setiap tanaman memiliki keistimewaan masing-masing. Nah, mana yang cocok dengan rumah Anda? Sebagai solusi, kami akan memberikan tips untuk memilih tanaman pengusir nyamuk yang sesuai untuk rumah Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tanaman pengusir nyamuk terbaik yang dapat menjadi pilihan Anda.
    Hobi
    27.533 Views
  • 10 Rekomendasi Baitcasting Reel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Baitcasting Reel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Baitcasting reel adalah penggulung senar pancing yang dirancang untuk teknik casting. Casting dilakukan dengan cara melemparkan dan menarik umpan yang dikaitkan di senar secara berulang hingga dimakan oleh ikan.Kali ini kami akan menjelaskan kepada Anda cara memilih baitcasting reel yang tepat. Setelah itu, kami juga akan memperkenalkan beberapa rekomendasi produk baitcasting reel terbaik, seperti Daiwa, Lixada, dan Shimano. Mari mengenal baitcasting reel lebih detail!
    Hobi
    35.123 Views
  • 10 Rekomendasi Umpan Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Umpan Pancing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi Anda yang gemar memancing tentu memahami bahwa umpan pancing sangat berpengaruh pada hasil tangkapan ikan Anda. Saat ini tersedia berbagai jenis umpan pancing yang memiliki berbagai bentuk dan variasi warna yang berfungsi untuk mengecoh dan mengelabui ikan yang akan ditangkap.Bagi Anda para pemula di dunia memancing, penting sekali untuk mengetahui jenis umpan pancing apa yang cocok untuk hobi baru memancing Anda. Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih umpan pancing yang baik dan simak juga berbagai rekomendasi umpan pancing terbaik yang kami ulas di bawah ini. Selamat membaca !
    Hobi
    24.623 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori