• 10 Wedang Uwuh Terbaik - Direkomendasi oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Wedang Uwuh Terbaik - Direkomendasi oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Wedang Uwuh Terbaik - Direkomendasi oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Wedang Uwuh Terbaik - Direkomendasi oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Wedang Uwuh Terbaik - Direkomendasi oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Wedang Uwuh Terbaik - Direkomendasi oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)

Orang-orang mengenal wedang uwuh sebagai minuman berwarna merah keunguan yang berasal dari Imogiri, Jogja. Minuman yang berisi rempah-rempah ini sangat pas untuk menghangatkan dan menyegarkan tubuh. Wedang uwuh tersedia di pasaran dalam berbagai harga dan kemasan, seperti kemasan instan atau siap seduh.


Untuk mendapatkan wedang uwuh yang bagus dan sesuai selera Anda, kami punya tipsnya di bawah ini. Tidak lupa, rekomendasi merk terbaik, seperti Herbadrink, Sekar, dan Wening juga dapat Anda temukan dalam artikel ini. Artikel ini juga telah ditinjau oleh praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati. Selamat membaca, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Nurrahma Asri S.
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Praktisi herbal, Nurrahma Asri Saraswati

Profil pakar: Praktisi herbal, Nurrahma Asri Saraswati
Nurrahma Asri S.
Praktisi herbal dan wirausaha
Nurrahma Asri S.

Asri adalah praktisi dan pemilik usaha herbal. Ia sudah menyelesaikan pendidikan sarjana di Bioprocess Chemical Engineering, University Technology of Malaysia. Setelah itu, ia mengikuti short course Mastering Herbal Formulation dari The Herbal Academy United States.


Asri menggeluti dunia rempah dan tanaman herbal sejak tahun 2015 dengan membangun UMKM Agradaya. Agradaya memproduksi minuman rempah kering berstandar BPOM obat tradisional. Penghargaan yang pernah diraihnya antara lain adalah Perempuan Penjaga Bumi versi majalah Tempo 2018, CNN Indonesia Hero, dan Local Hero versi DSC X.

Apa itu wedang uwuh?

Apa itu wedang uwuh?

Wedang uwuh merupakan minuman tradisional dari daerah Imogiri, Yogyakarta. Warna wedang uwuh yang mencolok menjadikannya begitu ikonik. Resep asli wedang uwuh berbahan baku jahe, gula, kapulaga, daun salam, daun cengkih, dan kayu secang. 


"Uwuh" memiliki arti sampah. Hal ini melambangkan banyaknya dedaunan yang dipakai. Di sisi lain, pala dan kayu manis merupakan bahan baku yang mahal. Hal ini terjadi karena pada zaman keraton bunga cengkih warga Yogyakarta dijual ke keraton untuk konsumsi orang dalem dan diperdagangkan ke luar negeri. Sementara, rakyat jelata memanfaatkan dedaunan cengkih dan salam untuk minuman sehari-hari.


Minuman tradisional yang aromatik ini memiliki banyak manfaat. Selain menghangatkan dan menyegarkan badan, wedang uwuh juga membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Minuman ini juga memiliki khasiat anti-inflamasi sehingga bisa menenangkan pencernaan. Bila diminum secara rutin, wedang uwuh dipercaya dapat mencegah beberapa penyakit, mulai dari diabetes, kanker, hingga alzheimer.


Meski memiliki banyak manfaat, konsumsi wedang uwuh yang berlebihan juga tidak dianjurkan.  Minumlah wedang uwuh secukupnya dan hentikan konsumsi bila Anda sedang menjalani pengobatan. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, pastikan Anda juga menjaga pola makan dan gaya hidup.


Waktu yang tepat untuk meminum wedang uwuh adalah saat musim hujan atau di malam hari yang dingin. Wedang uwuh mampu membantu menghangatkan serta merilekskan tubuh Anda. TIdur malam yang pulas pun bisa Anda dapatkan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih wedang uwuh

Wedang uwuh memiliki rasa pedas dan manis, serta aroma yang segar. Karena minuman ini terbuat dari bahan-bahan alami, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum membeli.

Cek bahan-bahan yang terkandung dalam wedang uwuh

Wedang uwuh atau "minuman sampah" adalah minuman yang mengandung berbagai jenis tanaman herba. Minuman ini bisa langsung diseduh tanpa harus disaring saat dihidangkan. Penasaran tanaman herba apa saja yang ada di wedang uwuh?

Jahe, membantu menyegarkan dan menghangatkan tubuh yang lelah

Jahe, membantu menyegarkan dan menghangatkan tubuh yang lelah

Jahe merupakan bahan paling utama yang terdapat dalam sajian wedang uwuh. Jenis jahe yang digunakan untuk minuman ini ialah jahe emprit. Terdapat dua cara penyajian jahe dalam kemasan wedang uwuh, yaitu jahe basah dan jahe kering. Anda sebaiknya memilih jahe kering karena akan membuat produk lebih tahan lama.


Rempah aromatik ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mengonsumsi jahe dapat meredakan rasa sakit dan pegal-pegal akibat lelah dalam beraktivitas. Jahe juga dapat melancarkan pencernaan sehingga sangat pas untuk Anda yang sedang diet. Dalam wedang uwuh, jahe memberikan rasa segar dengan aroma yang khas. Jahe juga mampu menghangatkan tubuh Anda agar lebih relaks.

Kayu secang, sebagai antioksidan sekaligus pewarna merah alami

Kayu secang, sebagai antioksidan sekaligus pewarna merah alami
Wedang uwuh memiliki warna merah keunguan yang membuatnya sangat menarik untuk dinikmati. Warna tersebut dihasilkan secara alami dari kayu secang. Selain untuk mempercantik tampilan wedang uwuh, kayu secang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kayu secang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Herba ini juga sangat baik untuk melancarkan peredaran darah dan melegakan pernapasan, bahkan bermanfaat sebagai antikanker. Dalam wedang uwuh, kayu secang biasanya disajikan dalam bentuk yang sudah diserut tipis.

Cengkih, menambah aroma yang makin menggugah selera

Cengkih, menambah aroma yang makin menggugah selera

Dalam wedang uwuh, tanaman cengkih benar-benar dimanfaatkan secara maksimal. Dari batang, bunga, sampai daun cengkih, semuanya masuk ke dalam komposisi wedang uwuh. Sama seperti jahe, cengkih juga dapat menghadirkan sensasi hangat saat diminum. Bagian cengkih yang digunakan pada wedang uwuh adalah daunnya, bunga cengkihnya.


Dalam dunia medis, cengkih digunakan untuk mengobati sakit gigi. Selain itu, tanaman cengkih mengeluarkan aroma yang cukup tajam sehingga dapat menggugah selera Anda untuk menyeruput wedang uwuh. Di dalam daun cengkih juga terdapat eugenol yang dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi.

Kayu manis, bumbu legendaris dengan segudang manfaat

Kayu manis, bumbu legendaris dengan segudang manfaat

Selain berasal dari jahe, sensasi rasa pedas pada wedang uwuh juga didapat dari kayu manis. Jenis rempah-rempah yang juga dikenal dengan nama cinnamon ini merupakan salah satu bumbu makanan tertua, lho! Konon, kayu manis ini sudah digunakan sejak 5000 tahun lalu di Mesir kuno.


Kayu manis memiliki rasa yang unik yakni campuran manis dan pedas. Dalam wedang uwuh, kayu manis disajikan dalam bentuk potongan kecil saja. Meredakan perut kembung, mengobati penyakit sendi, dan menjaga kesehatan jantung merupakan sebagian manfaat dari rempah ini.

Daun pala, harumnya membantu meredakan stres dan penat

Daun pala, harumnya membantu meredakan stres dan penat

Bagi Anda yang memiliki aktivitas yang menumpuk, cobalah untuk mengonsumsi minuman herbal dengan kandungan daun pala seperti wedang uwuh. Daun pala memiliki aroma yang harum karena mengandung minyak atsiri. Kandungan minyak ini dapat memberikan perasaan tenang saat Anda menghirupnya. Anda yang kerap insomnia pun bisa tidur nyenyak jika rutin menikmati wedang uwuh.

Kapulaga, biji kecil yang kaya kandungan serat

Kapulaga, biji kecil yang kaya kandungan serat

Di Pulau Jawa, kapulaga sangat umum untuk dijadikan bahan campuran jamu. Meskipun ukurannya tergolong kecil, kapulaga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu keunggulannya ialah kaya kandungan serat yang dapat melancarkan pencernaan. 


Sama seperti bahan-bahan lainnya yang terdapat dalam wedang uwuh, kapulaga pada umumnya berfungsi sebagai obat nyeri. Rempah ini juga berperan dalam menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan tulang, serta membuat relaks

Gula batu, pelengkap untuk kenikmatan yang sempurna

Gula batu, pelengkap untuk kenikmatan yang sempurna

Pada dasarnya, wedang uwuh tanpa tambahan gula pun sudah memiliki rasa manis yang alami. Namun, untuk kenikmatan sempurna, wedang uwuh juga bisa ditambah dengan gula. Gula yang paling sering digunakan adalah gula pasir dan gula batu. Meski begitu, kami lebih merekomendasikan gula batu.


Gula batu yang paling baik untuk dicampur ke dalam wedang uwuh ialah yang berwarna kuning. Selain lebih sehat dibandingkan gula pasir, gula batu tidak akan menghilangkan rasa tiap-tiap herba yang terkandung dalam wedang uwuh.

Pilih bentuk sesuai cara penyajian

Bahan-bahan dalam wedang uwuh sebenarnya sangat mudah didapatkan. Namun, akan lebih mudah jika Anda membeli wedang uwuh yang sudah dikemas dengan takaran yang pas. Terdapat beberapa bentuk wedang uwuh di pasaran yang bisa dipilih berdasarkan kebutuhan.

Rebus atau seduh untuk rasa yang autentik

Rebus atau seduh untuk rasa yang autentik

Untuk menikmati rasa wedang uwuh yang khas dan asli, Anda bisa memilih kemasan utuh. Kemasan ini berisi bahan-bahan herba yang sudah melalui proses pengeringan sehingga aman untuk disimpan beberapa lama. Anda perlu merebusnya untuk mendapatkan ekstraksi optimal dari rempah-rempahnya.


Seiring dengan perkembangan teknologi, wedang uwuh pun tersedia dalam bentuk celup. Anda hanya perlu menyeduhnya dalam segelas air panas atau hangat, lalu wedang uwuh siap dinikmati. Anda dapat menambahkan gula sesuai selera, baik gula pasir maupun gula batu.

Serbuk atau instan yang lebih praktis

Serbuk atau instan yang lebih praktis

Wedang uwuh dalam bentuk serbuk atau instan hanya perlu tambahan air panas sebelum disajikan. Bentuk yang praktis ini juga umumnya tidak meninggalkan ampas sehingga dapat dinikmati hingga tetes terakhir. 


Anda bisa memilih bentuk ini sebagai minuman pengganti teh atau kopi instan yang tentu saja lebih sehat. Meski praktis, Anda tidak dapat mengatur tingkat rasa manis sesuai dengan kebutuhan. Hal itu karena serbuk gula umumnya sudah tercampur rata dengan bubuk wedang uwuh.

Siap minum untuk konsumsi kapan dan di mana saja

Siap minum untuk konsumsi kapan dan di mana saja

Meski tidak banyak di pasaran, kini wedang uwuh juga telah hadir dalam kemasan siap minum. Bentuk yang sangat praktis ini cocok dibawa sebagai bekal saat bepergian. Berbeda dengan dua bentuk sebelumnya yang lebih nikmat diminum hangat-hangat, wedang uwuh ini lebih enak diminum dingin


Wedang uwuh siap minum atau ready to drink sudah diracik sedemikian rupa sehingga takarannya sudah pas. Anda tidak harus menakar sendiri air yang digunakan sehingga kenikmatannya lebih terjamin.

Pastikan isinya sesuai dengan kebutuhan

Pastikan isinya sesuai dengan kebutuhan

Apakah Anda ingin menikmati wedang uwuh seorang diri atau beramai-ramai dengan keluarga? Wedang uwuh paling sedap dinikmati dalam keadaan panas setelah direbus atau diseduh. Bila Anda hendak menikmatinya sendiri saat me time, kemasan kecil untuk satu kali saji pasti lebih praktis. Setelah siap saji, Anda dapat langsung meminumnya sampai habis.


Di sisi lain, pilihlah produk dengan kemasan yang cukup besar bila Anda menikmati wedang uwuh bersama orang lain. Kemasan yang besar akan menghasilkan beberapa cangkir wedang uwuh sekaligus. Selain lebih irit, Anda bisa menghemat tenaga dan waktu pembuatan.

10 Rekomendasi wedang uwuh terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh wedang uwuh terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Nurrahma Asri Saraswati.

10

Jamu Simbah Jamu Es Kekinian

Mulai dari Rp 29.000,00

Kemasan Botol
BentukSiap minum
Berat / volume240 ml
KomposisiRempah-rempah 100%
9
Kemasan Pouch
BentukRempah-rempah siap seduh
Berat / volume50 gram
KomposisiJahe, kayu secang, daun cengkih, daun pala, daun kayu manis
8
Kemasan Kotak isi 5 saset
Bentuk Serbuk/instan
Berat / volume90 gram
KomposisiJahe, kayu secang, kulit kayu manis, biji pala, minyak cengkih, minyak serai
7
Kemasan Plastik
BentukRempah-rempah siap seduh/rebus
Berat / volumeTidak disebutkan
KomposisiGula batu, kayu secang, daun pala, daun cengkih, daun kayu manis, kapulaga, batang cengkih, jahe
6

Emak SholmedWedang Uwuh Khas Jogja

Mulai dari Rp 1.500,00

Kemasan Saset
BentukRempah-rempah siap seduh
Berat / volumeTidak disebutkan
KomposisiKapulaga, daun cengkih, daun pala, batang cengkih, jahe kering, serai, kayu secang, gula batu
5
Kemasan Kotak besek
BentukRempah-rempah siap rebus
Berat / volume500 gram
KomposisiRempah-rempah dan gula batu
4
Kemasan Pouch
BentukTea bag (celup)
Berat / volume500 gram
KomposisiSecang, jahe, daun jeruk, cengkih, buah pala, serai, kayu manis, kapulaga
3
Kemasan Pouch
BentukSerbuk/instan
Berat / volume250 gram
KomposisiJahe, kayu secang, daun kayu manis, daun pala, daun cengkih, gula pasir, jahe merah, gula jawa organik
2
Kemasan Plastik
BentukRempah-rempah siap seduh/rebus
Berat / volumeTidak disebutkan
KomposisiDaun cengkih, pala, manis jangan, secang, gagang cengkih, gula batu, jahe instan
1
Kemasan Plastik
BentukRempah-rempah siap seduh
Berat / volume30 gram
KomposisiJahe, kayu secang, daun pala, daun kayu manis, daun cengkih, gula batu

Tabel perbandingan produk wedang uwuh terbaik

Gambar produk
1
Progress Jogja  Wedang Uwuh Original 1

Progress Jogja

2
Mbah Sudi  Wedang Uwuh Gula Batu 1

Mbah Sudi

3
Sekar Wedang Uwuh Instan 1

Sekar

4
Wening Wedang Uwuh Tea Bag 1

Wening

5
Sekar Wedang Uwuh Kemasan Besek 1

Sekar

6
Emak Sholmed Wedang Uwuh Khas Jogja 1

Emak Sholmed

7
Sido Makmur  Wedang Uwuh 1

Sido Makmur

8
Herbadrink Wedang Uwuh 1

Herbadrink

9
Azadiene Wedang Uwuh Seduh Besar 1

Azadiene

10
Jamu Simbah  Jamu Es Kekinian 1

Jamu Simbah

Nama produk

Wedang Uwuh Original

Wedang Uwuh Gula Batu

Wedang Uwuh Instan

Wedang Uwuh Tea Bag

Wedang Uwuh Kemasan Besek

Wedang Uwuh Khas Jogja

Wedang Uwuh

Wedang Uwuh

Wedang Uwuh Seduh Besar

Jamu Es Kekinian

Keunggulan

Kualitas terjamin dan telah lulus uji keamanan pangan

Sudah lengkap dengan gula batu, rasanya segar dan menyehatkan!

Yuk, ganti kebiasaan minum teh dan kopi dengan wedang uwuh!

Kemasan tea bag premium yang higienis

Produk dengan kemasan unik untuk dijadikan oleh-oleh

Wedang uwuh segar dengan harga terjangkau

Terbuat dari 100% bahan alami dan tanpa pengawet

Badan hangat, masuk angin langsung minggat!

Sajikan wedang uwuh, buat suasana kumpul makin hangat!

Solusi kekinian, siap minum kapan saja dan di mana saja

Harga mulai dariRp 3.000,00Rp 13.000,00Rp 22.000,00Rp 50.000,00Rp 25.000,00Rp 1.500,00Rp 2.300,00Rp 14.300,00Rp 11.700,00Rp 29.000,00
Kemasan PlastikPlastikPouchPouchKotak besekSasetPlastikKotak isi 5 sasetPouchBotol
BentukRempah-rempah siap seduhRempah-rempah siap seduh/rebusSerbuk/instanTea bag (celup)Rempah-rempah siap rebusRempah-rempah siap seduhRempah-rempah siap seduh/rebusSerbuk/instanRempah-rempah siap seduhSiap minum
Berat / volume30 gramTidak disebutkan250 gram500 gram500 gramTidak disebutkanTidak disebutkan90 gram50 gram240 ml
KomposisiJahe, kayu secang, daun pala, daun kayu manis, daun cengkih, gula batuDaun cengkih, pala, manis jangan, secang, gagang cengkih, gula batu, jahe instanJahe, kayu secang, daun kayu manis, daun pala, daun cengkih, gula pasir, jahe merah, gula jawa organikSecang, jahe, daun jeruk, cengkih, buah pala, serai, kayu manis, kapulagaRempah-rempah dan gula batuKapulaga, daun cengkih, daun pala, batang cengkih, jahe kering, serai, kayu secang, gula batuGula batu, kayu secang, daun pala, daun cengkih, daun kayu manis, kapulaga, batang cengkih, jaheJahe, kayu secang, kulit kayu manis, biji pala, minyak cengkih, minyak seraiJahe, kayu secang, daun cengkih, daun pala, daun kayu manisRempah-rempah 100%
Tautan produk

Baca juga rekomendasi minuman seduh lainnya di sini

Salah satu khasiat paling terasa dari minuman hangat ialah dapat merelaksasi tubuh Anda dari penat dan stres. Selain wedang uwuh, minuman seperti teh ginseng, teh jahe, teh yang tidak mengandung kafein, dan lain-lain pun dapat menjadi teman santai Anda. Kami pun sudah menyiapkan rekomendasi yang bisa Anda baca melalui tautan berikut ini!

Kesimpulan

Kami telah memberikan rekomendasi wedang uwuh terbaik yang dapat Anda pilih sesuai selera dan kebutuhan. Saat ini, menjaga kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Supaya daya tahan tubuh tetap terjaga dengan baik, rajinlah mengonsumsi minuman herbal seperti wedang uwuh. Semoga Anda sudah menemukan produk yang tepat untuk segera dinikmati. Selamat menjalankan hidup sehat!

Artikel terkait

  • 10 Merk Earl Grey Tea Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Earl Grey Tea Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Earl grey tea adalah teh hitam dengan paduan aroma bergamot yang segar. Aroma citrus teh ini bisa membantu merelaksasi pikiran. Beberapa merek yang bagus, seperti Dilmah, Twinings, dan lainnya, bahkan menawarkan keunikan teh earl grey-nya masing-masing untuk Anda.Pada artikel ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi earl grey tea terbaik untuk Anda. Namun sebelumnya, kami akan memulai dengan membagikan tips memilih, serta menjelaskan manfaat earl grey tea. Tidak lupa, seorang tea specialist, Neysa Valeria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, ikuti terus, ya!
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Organik Terbaik - Ditinjau oleh Konsultan Kopi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Organik Terbaik - Ditinjau oleh Konsultan Kopi (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak pencinta kopi yang ingin mencoba atau merasakan sensasi minum kopi organik. Kopi organik adalah kopi yang seluruh proses penanamannya tidak menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya. Di Indonesia, ada beberapa merek kopi organik terkenal, seperti Otten, HiBo, Arutala, dan lainnya.Bagi produsen, mendapatkan sertifikasi kopi organik tentu tidak mudah karena tidak banyak biji kopi yang benar-benar organik. Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membagikan cara memilih kopi organik yang bagus. Jangan lupa, simak juga komentar coffee consultant, Deni Dermanto, di artikel ini.
    Teh & kopi
  • 10 Teh Rooibos Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Teh Rooibos Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Teh rooibos adalah teh herbal yang terbuat dari semak Aspalathus linearis. Mulai dari menjaga kesehatan hingga membantu program diet, beragam khasiat dan manfaat akan Anda dapatkan dengan mengonsumsi rooibos tea. Karena itu, tidak heran makin banyak orang yang mengonsumsi teh rooibos.Produk teh rooibos di Indonesia dijual oleh berbagai merek, seperti Sido Muncul, K-Link, Dilmah, Yogi, dan lainnya. Harga teh rooibos pun bervariasi tergantung kualitas dan kuantitasnya. Kami telah menyiapkan informasi cara memilih teh rooibos yang bagus dan produk pilihannya. Artikel ini sudah ditinjau oleh tea specialist kami, Muhammad Ashfiya.
    Teh & kopi
  • 10 Merk Teh Tarik Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Teh Tarik Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Teh tarik adalah minuman asal Asia Tenggara yang enak dinikmati, baik dalam keadaan hangat maupun dingin. Teh ini umumnya dibuat dari teh hitam, gula, dan susu. Dalam pembuatannya, teh tarik dituang dari satu cangkir ke cangkir lainnya sehingga menghasilkan buih.Sekarang, Anda tidak perlu repot meracik lagi karena sudah ada produk teh tarik instan paling enak, seperti merk Aik Cheong, MaxTea, Lipton, dan lainnya. Ada yang berkemasan sachet, ada pula yang bagus karena siap minum. Agar tidak salah pilih, simak informasi ini untuk tahu teh yang cocok untuk teh tarik! 
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Luwak Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Luwak Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Ketika mendengar kopi luwak, pasti Anda langsung terpikirkan bahwa kopi ini diambil dari sisa kotoran luwak, bukan? Siapa sangka kopi dengan proses pembuatan yang unik tersebut menjadikannya salah satu kopi termahal di dunia. Sekian banyaknya produk kopi luwak terbaik di pasaran mungkin membuat Anda bingung memilih. Kami akan memberikan tips memilih kopi luwak yang bagus. Berbagai merek kopi luwak, seperti Arutala, Artcofie, JJ Royal Coffee, WoCA, dan Kapal Api ada dalam daftar rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Simak sampai akhir, ya!
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Toraja Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Toraja Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Kopi Toraja adalah kopi terbaik dari dataran tinggi Sulawesi Selatan. Kopi tersebut kaya rasa, memiliki fruity aftertaste, dan tingkat keasaman yang memanjakan lidah. Biji kopi Toraja pun menjadi rebutan penikmat kopi dari berbagai negara.Kami akan mengulas tentang kopi Toraja untuk Anda. Sejarah kopi Toraja, ciri khas atau karakteristiknya, hingga beberapa jenis terbaik, seperti Toraja Sapan atau Kalosi, ada di artikel ini. Kami juga akan merekomendasikan kopi Toraja asli dari merek terkenal seperti Excelso, Top Coffee, dan Arutala. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian.
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Vietnam Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Vietnam Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Kopi Vietnam adalah kopi dengan teknik penyeduhan khas Vietnam. Negara Vietnam merupakan produsen biji kopi robusta terbesar kedua di dunia. Jadi, tidak heran bila Vietnam terkenal dengan kopinya. Hal yang membuatnya khas adalah teknik penyeduhannya yang menggunakan dripper sehingga sering disebut kopi Vietnam drip.Mungkin Anda ingin mencoba membuat kopi Vietnam sendiri. Kami akan mengulas kopi Vietnam yang bagus dan enak merek G7 Trung Nguyen, King Coffee, atau Café PHO. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Dapatkan kopi Vietnam terenak untuk menemani hari-hari Anda!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Teh Dandang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Teh Dandang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Teh Dandang terkenal memiliki aroma wangi berkat adanya tambahan bunga melati di dalamnya. After taste teh Dandang pun tergolong manis karena menggunakan daun teh asli. Tak heran jika merek teh ini sangat diminati masyarakat. Ditambah lagi, variannya cukup lengkap. Ada teh tubruk, celup, hingga teh 2 in 1 alias teh plus gula.Nah, kali ini kami ingin membahas tips memilih teh Dandang yang bagus. Sepuluh rekomendasi produk teh Dandang terbaik dan enak juga telah kami siapkan. Anda bisa menemukan Dandang Selection, Dandang Green Tea Celup, dan masih banyak lagi. Jadi, mari disimak!
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Malabar Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Malabar Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Kopi malabar adalah sebutan untuk kopi yang diproduksi di area Gunung Malabar, Jawa Barat. Kopi arabika merupakan jenis kopi malabar yang sering diunggulkan dari segi rasa dan kualitas. Sudah menjadi rahasia umum bahwa perbedaan kopi arabika dan robusta salah satunya terletak pada tingkat keasamannya.Supaya memudahkan Anda saat memilih kopi malabar terbaik, beberapa tips di bawah ini dapat menjadi pertimbangan. Bacalah artikel ini untuk mengetahui rekomendasi kopi malabar yang bagus, mulai dari merek Anomali Coffee hingga Fry and Roast. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian.
    Teh & kopi
  • 10 Merk Teh Mawar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Teh Mawar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu jenis bunga yang bisa dijadikan teh adalah mawar. Teh mawar kering umumnya berasal dari daun teh dan bunga mawar yang teroksidasi. Tidak hanya cantik, teh mawar memiliki banyak manfaat. Aromanya yang harum juga dapat membuat suasana lebih relaks. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih teh mawar yang enak untuk Anda. Berbagai rekomendasi teh mawar dari merk yang bagus, seperti Sariwangi, Dilmah, dan Yogi, juga akan kami ulas. Ada yang menggunakan black tea, ada juga yang white tea. Baca terus artikel ini sampai tuntas, ya!
    Teh & kopi
  • Artikel populer

  • 10 Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Kenikmatan kopi yang Anda seduh ditentukan oleh banyak hal, salah satunya adalah biji dan juga bubuk kopi berkualitas. Ada banyak rekomendasi kopi yang enak di pasaran. Beberapa di antaranya adalah kopi arabika, robusta, luwak, espresso, hingga kopi tanpa ampas. Banyaknya pilihan mungkin membuat Anda bingung.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang enak. Berbagai rekomendasi merek kopi terbaik, seperti JJ Royal Coffee, Nescafe, hingga Otten akan turut kami ulas. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Jadi, bacalah artikelnya sampai tuntas!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Good Day Coffee merupakan salah satu merek kopi yang populer di Indonesia. Selain murah dan praktis, pilihan rasa yang ditawarkan juga variatif. Good Day Coffee mengemas produknya dengan kekinian sehingga banyak anak muda menggemarinya. Dari banyaknya pilihan, manakah yang sebaiknya dipilih?Kali ini, kami akan memberikan tips untuk memilih produk Good Day Coffee yang paling sesuai. Tak lupa, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari Good Day Coffee, seperti Coffee Freeze, Tiramisu Bliss Coffee, dan Cappuccino. Bersiaplah untuk menikmati varian rasa seru dari Good Day Coffee!
    Teh & kopi
  • 10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Teh celup merupakan solusi praktis untuk menikmati teh tanpa perlu menggunakan penyaring. Meski demikian, rasa teh celup tidak kalah nikmat dibandingkan loose leaf tea. Ada berbagai merek teh celup yang bagus dan ternama, seperti Brew Me, Tong Tji, Dilmah, Twinings, dan lainnya.Agar Anda mendapatkan teh yang enak untuk dinikmati, kami telah menyiapkan beberapa tipsnya. Temukan juga rekomendasi produk terbaik untuk Anda dan tips dari tea specialist, Bambang Laresolo. Yuk, langsung saja baca informasi selengkapnya di bawah ini!
    Teh & kopi
  • 10 Teh Rooibos Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Teh Rooibos Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Teh rooibos adalah teh herbal yang terbuat dari semak Aspalathus linearis. Mulai dari menjaga kesehatan hingga membantu program diet, beragam khasiat dan manfaat akan Anda dapatkan dengan mengonsumsi rooibos tea. Karena itu, tidak heran makin banyak orang yang mengonsumsi teh rooibos.Produk teh rooibos di Indonesia dijual oleh berbagai merek, seperti Sido Muncul, K-Link, Dilmah, Yogi, dan lainnya. Harga teh rooibos pun bervariasi tergantung kualitas dan kuantitasnya. Kami telah menyiapkan informasi cara memilih teh rooibos yang bagus dan produk pilihannya. Artikel ini sudah ditinjau oleh tea specialist kami, Muhammad Ashfiya.
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Nescafe Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Nescafe Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Anda pasti sudah tak asing dengan kopi Nescafe. Merek Nescafe sudah menyuguhkan kopi sejak tahun 1938 dan punya beragam jenis produk kopi. Nescafe Classic sachet, Nescafe Gold, Nescafe 3 in 1, sampai Nescafe kaleng dan botol siap untuk menemani hari-hari Anda.Kami akan memperkenalkan beragam jenis kopi Nescafe tanpa ampas yang enak untuk diminum kapan saja. Tak hanya produk Nescafe Indonesia, Anda juga dapat menemukan beragam kopi Nescafe dari luar negeri. Ada juga tips untuk memilih kopi Nescafe yang enak. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. 
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Decaf Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Decaf Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi sebagian orang, minum kopi merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus dapat membuat mata melek. Kandungan kafein di dalam kopi sayangnya memberikan efek yang kurang baik untuk beberapa orang. Sebagai solusi minum kopi yang aman, Anda dapat mengonsumsi kopi decaffeinated, kopi dengan kadar kafein yang rendah.Untuk Anda yang tertarik dengan kopi decaffeinated, kami telah menyiapkan informasi tentang cara memilih produknya. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek kopi decaf yang bagus. Nescafé, Illy, Kopinata, Arutala, dan Starbucks ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian.
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Mandailing Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Mandailing Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Kopi Mandailing adalah salah satu kopi asli Indonesia yang cukup populer. Rasa dan aroma yang khas membuatnya banyak diburu para penikmat kopi. Saat ini, sudah banyak tersedia berbagai merek kopi Mandailing yang lezat dengan harga terjangkau.Artikel kali ini secara khusus akan membagikan cara memilih dan merekomendasikan produk kopi Mandailing yang enak dan populer. Merek terbaik, seperti Excelso, JJ Royal Coffee, dan Arutala ada dalam rekomendasi kami. Kami juga akan membahas kopi Mandailing arabika dan kopi Mandailing robusta yang nikmat. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian.
    Teh & kopi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori