mybest
Tepung

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Roti & kue
  4. 10 Rekomendasi Tepung Tapioka Terbaik [Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian]
  • 10 Rekomendasi Tepung Tapioka  Terbaik  [Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian] 1
  • 10 Rekomendasi Tepung Tapioka  Terbaik  [Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian] 2
  • 10 Rekomendasi Tepung Tapioka  Terbaik  [Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian] 3
  • 10 Rekomendasi Tepung Tapioka  Terbaik  [Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian] 4
  • 10 Rekomendasi Tepung Tapioka  Terbaik  [Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian] 5

10 Rekomendasi Tepung Tapioka Terbaik [Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian]

Tepung tapioka terbuat dari pati singkong. Fungsi tepung tapioka sebagai bahan pengenyal, pengental, dan penstabil makanan. Contoh hidangan yang memerlukan penggunaan tepung tapioka adalah siomai, bakso, dan boba yang kini banyak digemari.


Jika Anda mencari tepung tapioka yang bagus, kami akan memaparkan tips dan trik memilihnya. Beberapa merek tepung tapioka, seperti Rose Brand dan Bola Deli, juga akan kami ulas untuk Anda. Kami juga menyertakan rekomendasi tepung tapioka terbaik. Yuk, simak tips memilih yang sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.

Diperbaharui 29/10/2023
Evrina Budiastuti
Pakar
Penyuluh pertanian dan lifestyle blogger
Evrina Budiastuti

Evrina adalah penyuluh pertanian yang bekerja di Kabupaten Bogor. Selama 10 tahun, ia bertugas membina para petani dan kelompok tani, terutama untuk subsektor tanaman pangan dan hortikultura. Ia juga telah mendapatkan gelar penyuluh pertanian teladan tingkat nasional pada tahun 2019 dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Saat ini, Evrina tengah memperkenalkan digitalisasi bidang pertanian untuk memperkuat promosi dan pemasaran produk pertanian di wilayah binaan. Ia juga gemar berbagi informasi dunia pertanian melalui berbagai kanal digital seperti blog, podcast, dan berbagai media sosial.

Profil Evrina Budiastuti
Lanjut membaca
DILA
Penyunting
Editor mybest Indonesia
DILA

DILA merupakan editor berbakat yang bergabung di mybest sejak 2017. Ia telah banyak menulis dan menyunting rekomendasi produk. Konten yang ditulis dan dieditnya meliputi berbagai genre seperti skincare, kitchen gadget, elektronik dapur, gadget, dan laptop. Teliti dalam mencari data dan memeriksa spesifik, artikel-artikel yang ditulis dan diedit DILA mudah dipahami dan disukai pembaca. Pengetahuannya sangat membantu memilih barang sesuai kebutuhan.

Profil DILA
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Perbedaan tepung tapioka dengan tepung singkong

Perbedaan tepung tapioka dengan tepung singkong

Tepung tapioka kerap disamakan dengan tepung singkong. Meski sama-sama terbuat dari ubi kayu atau singkong, keduanya merupakan dua jenis tepung yang berbeda. Lalu, apa perbedaan tepung tapioka dengan tepung singkong? Simak penjelasannya berikut ini.


  • Tepung singkong diolah dari seluruh bagian ubi kayu. Untuk mendapatkan bubuk tepung ini, potongan singkong yang sudah dikupas akan melewati proses pengeringan, penggilingan, hingga akhirnya pengayakan. Berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 34 Tahun 2019, kadar air tepung singkong tidak lebih dari 12%. Sementara itu, kehalusannya tidak kurang dari 90% lolos ayakan 80 mesh.
  • Sementara itu, tepung tapioka berasal dari pati singkong. Dalam prosesnya, singkong diperas untuk memisahkan cairan yang mengandung pati dari ampasnya. Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 34 Tahun 2019 menuliskan bahwa kadar air pada tepung tapioka tidak lebih dari 14%.
  • Untuk membuat tepung tapioka, cairan pati singkong harus diendapkan, dikeringkan, dan digiling. Beberapa merek kadang menyebut tepung tapioka dengan nama lain. Pasalnya, tepung tapioka sama dengan tepung kanji, pati tapioka, atau tapioca starch.
  • Karena terbuat dari bagian patinya saja, tepung tapioka memiliki kandungan nutrisi yang berbeda dengan tepung singkong. Tepung singkong mengandung serat yang lebih tinggi dibandingkan tepung tapioka sehingga dianggap lebih menyehatkan
  • Dari segi penggunaan, tepung singkong sering digunakan sebagai pengganti tepung terigu, misalnya untuk membuat bolu singkong atau brownies gluten free. Sementara itu, tepung tapioka lebih sering digunakan untuk mengentalkan masakan atau bahan pengenyal pada siomai, bakso, cilok, dan boba.

Jika Anda juga tertarik membeli tepung singkong atau tepung MOCAF, silakan cek rekomendasi produknya berikut ini. Klik tautan di bawah ini untuk membacanya.

Cara memilih Tepung Tapioka

Jika berniat memasak camilan keluarga yang menggunakan tepung tapioka terbaik, Anda tentu harus memilih produknya dengan jeli. Produk yang berkualitas tentu akan menghasilkan olahan tepung tapioka yang lezat. Jadi, sebelum membeli, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini.

1

Perhatikan warna dan tekstur tepung tapioka

Perhatikan warna dan tekstur tepung tapioka

Tepung tapioka yang baik harus memiliki warna putih bersih dan tekstur yang halus. Jika Anda mendapat tepung tapioka yang berwarna kusam dan menggumpal, sebaiknya jangan dipilih. Tepung tapioka yang seperti itu menandakan kualitasnya sudah menurun. Akibatnya, camilan Anda jadi tidak lezat dan mungkin berbahaya bagi kesehatan.


Namun, jika hendak membeli tepung tapioka di toko online, Anda tentu sulit untuk mengetahui warna dan teksturnya. Untuk itu, Anda sangat dianjurkan untuk membaca review dari pembeli lainnya. Jika salah memilih tepung, bisa-bisa adonan Anda jadi kurang maksimal. Selain itu, perhatikan juga mengenai sertifikasinya. Pilihlah produk yang setidaknya memiliki izin P-IRT supaya kualitasnya terjamin.

2

Perhatikan kemasan tepung tapioka

Saat memilih tepung tapioka, Anda juga perlu memperhatikan kemasannya. Pilihlah kemasan yang aman dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Kemasan plastik tebal, lebih aman dan tidak mudah rusak

Kemasan plastik tebal, lebih aman dan tidak mudah rusak

Tepung tapioka dengan kemasan plastik tebal tentu lebih bagus. Jadi, ketika disimpan dan ditumpuk dengan tepung lainnya, kemasannya tidak mudah rusak. Jika Anda membeli secara online, kemasan plastik tebal juga merupakan pilihan yang lebih aman. Kemasannya tidak akan mudah rusak saat proses pengiriman.


Bila Anda membeli produk dengan kemasan plastik tipis, sedikit koyakan bisa merusak kemasannya. Akibatnya, tepung tapioka Anda berisiko mudah dimasuki oleh kutu atau kotoran. Demi menjaga kualitas tepung tapioka, Anda disarankan segera memindahkannya ke wadah yang lebih padat, seperti stoples kaca, setelah membeli. Hal tersebut berlaku, baik untuk produk dalam kemasan plastik tebal maupun tipis.

Ukuran kemasan, penting juga untuk dipertimbangkan

Ukuran kemasan, penting juga untuk dipertimbangkan

Saat membeli tepung tapioka, sebaiknya Anda memilih ukuran kemasan yang sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda ingin menggunakannya untuk pemakaian pribadi, Anda bisa memilih kemasan berukuran 500–1.000 gram. Ukuran 1.000 gram cukup ideal untuk Anda yang gemar memasak dan sering membuat hidangan menggunakan tepung tapioka.


Untuk kebutuhan yang tidak terlalu banyak, jangan memilih ukuran yang besar agar Anda tidak perlu menyimpannya terlalu lama. Tepung tapioka yang terlalu lama disimpan akan mengalami penurunan kualitas. Namun, jika Anda berbisnis kuliner, Anda dapat memilih kemasan 25 kg. Selain harganya lebih murah, Anda tidak perlu sering-sering menstoknya.

3

Untuk produk impor, pilih produsen yang tepercaya

Untuk produk impor, pilih produsen yang tepercaya

Macam-macam merek tepung tapioka yang beredar di pasaran merupakan produksi dalam negeri. Namun, ada pula beberapa produk yang berasal dari luar Indonesia. Jika Anda tertarik untuk membeli produk impor, pastikan produsennya tepercaya dan memiliki jalur distribusi yang jelas.


Produk impor yang masuk ke Indonesia, ada yang sudah mengantongi izin edar dari BPOM ML. Anda bisa mempertimbangkan produk dengan izin edar ini agar merasa lebih aman dalam menggunakannya. Bila melakukan pembelian secara online, Anda juga sebaiknya membeli produk impor di seller resmi.

4

Pertimbangkan memilih tepung tapioka organik

Pertimbangkan memilih tepung tapioka organik

Bila Anda ingin mengurangi paparan pestisida, Anda bisa mempertimbangkan produk tepung tapioka organik. Tepung tapioka organik terbuat dari singkong organik yang bebas dari pupuk kimia dan pestisida. Hasil panennya pun diolah secara higienis dan telah memenuhi standar industri makanan. Untuk Anda yang concern dengan kesehatan, tepung tapioka organik dapat menjadi pilihan yang tepat.


Jangan lupa untuk memperhatikan nomor sertifikasi dan label organik yang dipasangkan pada kemasan. Jadi, Anda bisa yakin bahwa produk pilihan Anda benar-benar merupakan tepung tapioka organik. Untuk melengkapi kebutuhan pangan organik Anda, kami juga memberikan rekomendasi beras organik terbaik. Silakan baca melalui tautan di bawah ini. 

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Tepung Tapioka Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Tepung Tapioka terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace (diperbarui tanggal 29 Oktober 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Isi
Kandungan protein
Kadar protein
Jenis tepung beras
Kegunaan
Gluten free
1

Rose Brand

Tepung Tapioka

Rose Brand Tepung Tapioka  1

Rp8.500

Agak Murah

Persembahan merek populer dan legendaris, produknya tersebar di seluruh Indonesia

0,5 kg, 25 kg, 50 kg, 850 kg

Untuk kue tradisional, jajan pasar, pembek, bakso, boba, kerupuk, dan lainnya

2

Rose Brand

Tepung Tapioka Cap Pak Tani Gunung

Rose Brand Tepung Tapioka Cap Pak Tani Gunung  1

Rp9.900

Menengah

Menghasilkan berbagai hidangan dengan cita rasa yang lebih terjaga

0,5 kg, 25 kg, 50 kg, 850 kg

Untuk kue tradisional, jajan pasar, pembek, bakso, boba, kerupuk, dan lainnya

3

Bola Keluarga

Bola Deli Tepung Tapioka

Bola Keluarga Bola Deli Tepung Tapioka  1

Rp10.400

Menengah

Bersertifikasi GMP dan HACCP, makin terjamin mutunya!

0,5 kg

Untuk bakso, batagor, bika ambon, dan kue tradisional lainnya

4

Tirta Kencana

Liauw Tjoei Kang Tapioka No. 1 Cap Pak Tani

Tirta Kencana Liauw Tjoei Kang Tapioka No. 1 Cap Pak Tani 1

Rp11.500

Menengah

Kualitas terjamin dengan dua tahap uji laboratorium

1 kg

Untuk kue tradisional, jajan pasar, pembek, bakso, boba, kerupuk, dan lainnya

5

Rose Brand

Tepung Tapioka Cap Gunung Agung

Rose Brand Tepung Tapioka Cap Gunung Agung 1

Rp6.800

Agak Murah

Tepung pati singkong pilihan yang diolah secara higienis dengan teknologi modern

0,5 kg, 25 kg, 50 kg, 850 kg

Untuk kue tradisional, jajan pasar, pembek, bakso, boba, kerupuk, dan lainnya

6

Karya Harapan Lestari

KHL Tepung Kasar Mutu Terbaik

Karya Harapan Lestari KHL Tepung Kasar Mutu Terbaik 1

Rp20.500

Lebih Mahal

Tepung kasar bercita rasa gurih yang cocok untuk ayam goreng

1 kg

Untuk balutan ayam ala Shihlin

7

Sagu Bumi Kencana

Tepung Tapioka Cap Orang Desa

Sagu Bumi Kencana Tepung Tapioka Cap Orang Desa 1

Rp15.800

Agak Mahal

Tekstur pempek, bakso, dan tekwan jadi makin kenyal dengan tepung ini

0,5 kg, 1 kg

Untuk kue tradisional, jajan pasar, pembek, bakso, boba, kerupuk, dan lainnya

8

Tepung Tapioka Sanghee

null Tepung Tapioka Sanghee 1

Rp13.000

Agak Mahal

Tapioca starch untuk membuat minuman kekinian boba

0,5 kg

Untuk kue tradisional, jajan pasar, pembek, bakso, boba, kerupuk, dan lainnya

9

Langgeng Jaya

Tepung Tapioka Cap Swan

Langgeng Jaya Tepung Tapioka Cap Swan 1

Rp6.100

Lebih Murah

Hadir dalam kemasan kecil yang ekonomis!

0,47 kg-0,48 kg

Untuk kue tradisional, jajan pasar, pembek, bakso, boba, kerupuk, dan lainnya

10

Acine

Tepung Kanji Berbumbu

Acine Tepung Kanji Berbumbu 1

Rp12.500

Menengah

Praktis dan serbaguna, sudah ada bumbunya!

1,5 kg

Untuk adonan tahu aci, tahu walik, cilok, batagor, dan lainnya

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Rose BrandTepung Tapioka

Tepung Tapioka  1
Sumber: rosebrand.co.id
Tepung Tapioka  2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp8.500
Agak Murah
Harga referensi
Rp8.500
Agak Murah

Persembahan merek populer dan legendaris, produknya tersebar di seluruh Indonesia

Siapa yang tak kenal Rose Brand? Merek ini sudah lama dicintai oleh masyarakat Indonesia dengan kualitas yang tepercaya. Produknya juga sangat mudah didapat, baik secara online maupun offline, dari supermarket hingga toko kelontong. Sebagai produk dari merek legendaris, tepung tapioka Rose Brand siap diolah menjadi hidangan-hidangan lezat di rumah Anda.

Isi0,5 kg, 25 kg, 50 kg, 850 kg
Kandungan protein
Kadar protein
Jenis tepung beras
KegunaanUntuk kue tradisional, jajan pasar, pembek, bakso, boba, kerupuk, dan lainnya
Gluten free
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Rose BrandTepung Tapioka Cap Pak Tani Gunung

Harga referensi
Rp9.900
Menengah

Menghasilkan berbagai hidangan dengan cita rasa yang lebih terjaga

Tepung Tapioka Pak Tani Gunung bisa Anda pilih sebagai bahan baku terbaik untuk membuat aneka makanan. Misalnya, pempek, bakso, bika ambon, atau kerupuk. Tepung tapioka ini diproduksi dari singkong pilihan dan berkualitas agar cita rasa makanan Anda tetap terjamin.


Selain itu, kandungan nutrisinya juga terjaga. Produk ini cocok sebagai sumber zat besi yang rendah natrium. Karena itu, gunakan produk ini untuk memenuhi kebutuhan tepung tapioka Anda sehari-hari!

Isi0,5 kg, 25 kg, 50 kg, 850 kg
Kandungan protein
Kadar protein
Jenis tepung beras
KegunaanUntuk kue tradisional, jajan pasar, pembek, bakso, boba, kerupuk, dan lainnya
Gluten free
View all
No.3

Bola KeluargaBola Deli Tepung Tapioka

Harga referensi
Rp10.400
Menengah

Bersertifikasi GMP dan HACCP, makin terjamin mutunya!

Produksi Bola Deli Tepung Tapioka ini dijamin sesuai standar karena sudah mengantongi sertifikasi Good Manufacturing Practice (GMP). Sertifikasi kontrol keamanan makanan, Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP), juga sudah dimiliki produk ini. Sertifikasi tersebut membuat mutunya makin terjamin dan tepercaya.


Tepung tapioka dari Bola Deli memiliki tekstur yang sangat lembut dengan warna putih bersih. Dijamin, sajian Anda akan terasa lezat dan nikmat. Apakah Anda siap mencobanya untuk membuat berbagai masakan?

Isi0,5 kg
Kandungan protein
Kadar protein
Jenis tepung beras
KegunaanUntuk bakso, batagor, bika ambon, dan kue tradisional lainnya
Gluten free
View all
No.4

Tirta KencanaLiauw Tjoei Kang Tapioka No. 1 Cap Pak Tani

Harga referensi
Rp11.500
Menengah

Kualitas terjamin dengan dua tahap uji laboratorium

Untuk rekomendasi tepung tapioka yang bagus lainnya, Anda dapat memilih produk dari Liauw Tjoei Kang Tapioka No. 1 Cap Pak Tani. Kualitasnya terjamin karena diproses melalui dua tahap uji laboratorium. Tak hanya itu, tepung tapioka Cap Pak Tani juga sudah melewati tahap uji viskositas atau uji kekentalan. Dengan tahapan ini, produk dapat dipastikan memberikan hasil adonan yang kenyal.

Isi1 kg
Kandungan protein
Kadar protein
Jenis tepung beras
KegunaanUntuk kue tradisional, jajan pasar, pembek, bakso, boba, kerupuk, dan lainnya
Gluten free
View all
No.5

Rose BrandTepung Tapioka Cap Gunung Agung

Harga referensi
Rp6.800
Agak Murah

Tepung pati singkong pilihan yang diolah secara higienis dengan teknologi modern

Tepung Tapioka Cap Gunung Agung merupakan merek yang berada di bawah naungan PT Sungai Budi Group. Ini merupakan perusahaan yang sama yang menaungi tepung Rose Brand yang sudah sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia. Jadi, tak heran jika kualitas tepung yang satu ini juga tak perlu diragukan. Tepung pati singkong ini diolah secara higienis dengan teknologi modern untuk menjamin mutu dan kualitasnya. 

Isi0,5 kg, 25 kg, 50 kg, 850 kg
Kandungan protein
Kadar protein
Jenis tepung beras
KegunaanUntuk kue tradisional, jajan pasar, pembek, bakso, boba, kerupuk, dan lainnya
Gluten free
View all
No.6

Karya Harapan LestariKHL Tepung Kasar Mutu Terbaik

Harga referensi
Rp20.500
Lebih Mahal

Tepung kasar bercita rasa gurih yang cocok untuk ayam goreng

Jika Anda penggemar ayam goreng ala Taiwan, kini Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Tepung tapioka kasar dari KHL menjadi kunci lezatnya ayam goreng Anda. Terbuat dari singkong pilihan, tepung tapioka ini berwarna putih alami tanpa bahan pemutih.


Campurkan tepung dengan bumbu, lalu lumuri daging ayam dengan tepung kasar ini. Selanjutnya, goreng ayam dalam minyak panas. Ayam goreng renyah ala Taiwan pun bisa Anda nikmati di rumah. Hasilnya tentu akan lezat karena produk ini telah memiliki cita rasa gurih yang alami.

Isi1 kg
Kandungan protein
Kadar protein
Jenis tepung beras
KegunaanUntuk balutan ayam ala Shihlin
Gluten free
View all
No.7

Sagu Bumi KencanaTepung Tapioka Cap Orang Desa

Harga referensi
Rp15.800
Agak Mahal

Tekstur pempek, bakso, dan tekwan jadi makin kenyal dengan tepung ini

Tepung Tapioka Cap Orang Desa merupakan tepung pati yang diekstrak dari umbi singkong. Tepung ini bisa Anda andalkan untuk membuat berbagai olahan savory food, seperti tekwan, bakso, dan pempek agar lebih kenyal. Selain itu, aneka hidangan tradisional dan kudapan manis, seperti pacar cina, bika ambon, dan kolak biji salak juga akan sempurna dengan tepung ini. 

Isi0,5 kg, 1 kg
Kandungan protein
Kadar protein
Jenis tepung beras
KegunaanUntuk kue tradisional, jajan pasar, pembek, bakso, boba, kerupuk, dan lainnya
Gluten free
View all
No.8

Tepung Tapioka Sanghee

Harga referensi
Rp13.000
Agak Mahal

Tapioca starch untuk membuat minuman kekinian boba

Anda bisa membuat boba drink yang lezat sendiri di rumah, lho. Kuncinya adalah menggunakan tepung tapioka kualitas bagus ini. Tepung Tapioka Sanghee ini merupakan produk asal Bogor yang diklaim memiliki grade tinggi. Selain itu, produk ini juga sudah mengantongi sertifikasi BPOM dan Halal MUI, lho. Jadi lebih tenang dalam mengolahnya, ya. 

Isi0,5 kg
Kandungan protein
Kadar protein
Jenis tepung beras
KegunaanUntuk kue tradisional, jajan pasar, pembek, bakso, boba, kerupuk, dan lainnya
Gluten free
View all
No.9

Langgeng JayaTepung Tapioka Cap Swan

Harga referensi
Rp6.100
Lebih Murah

Hadir dalam kemasan kecil yang ekonomis!

Kebanyakan produk tepung, tak terkecuali tepung tapioka, dikemas dalam kemasan 1 kg. Jika Anda merasa kemasan tersebut terlalu banyak, Anda bisa memilih Tepung Tapioka Cap Swan ini. Tepung ini hadir dalam kemasan kecil yang ekonomis, yakni 470-an gram saja. Jika Anda membutuhkan tepung tapioka dalam jumlah sedikit atau tidak ingin menyimpan terlalu banyak tepung, ini dia pilihannya.

Isi0,47 kg-0,48 kg
Kandungan protein
Kadar protein
Jenis tepung beras
KegunaanUntuk kue tradisional, jajan pasar, pembek, bakso, boba, kerupuk, dan lainnya
Gluten free
View all
No.10

AcineTepung Kanji Berbumbu

Harga referensi
Rp12.500
Menengah

Praktis dan serbaguna, sudah ada bumbunya!

Untuk Anda yang mengutamakan kepraktisan, tepung kanji berbumbu ini wajib ada di dapur Anda. Anda tak perlu repot mengupas dan menghaluskan bumbu karena tepung kanji serbaguna ini sudah gurih. Tinggal tuang, tambahkan air, dan buatlah camilan favorit Anda. Tahu aci, tahu walik, cilok, batagor, semua bisa Anda buat dengan tepung serbaguna dari Acine.

Isi1,5 kg
Kandungan protein
Kadar protein
Jenis tepung beras
KegunaanUntuk adonan tahu aci, tahu walik, cilok, batagor, dan lainnya
Gluten free
View all

Tips menyimpan tepung tapioka

Setelah Anda membeli tepung tapioka, mungkin tidak semua isinya habis diolah dalam sekali waktu. Dengan demikian, Anda harus menyimpannya dengan baik supaya tepung lebih awet dan tidak mudah dirusak oleh kutu. Berikut ini beberapa tips menyimpan tepung tapioka agar tidak mudah rusak.

Pastikan tepung tapioka disimpan di wadah tertutup dan kering

Pastikan tepung tapioka disimpan di wadah tertutup dan kering

Simpanlah sisa tepung tapioka di dalam wadah yang tertutup rapat dan kedap udara. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah adanya perpindahan uap air atau oksigen. Umumnya, tepung tapioka cepat berbau tengik jika terkena udara luar. Jadi, pastikan Anda memiliki wadah yang tertutup rapat, ya!


Setelah itu, tepung tapioka tersebut harus Anda letakkan di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Sinar matahari dapat membuat jamur tumbuh dengan subur sehingga tepung bisa cepat basi.

Jangan mencampur tepung tapioka lama dengan yang baru

Jangan mencampur tepung tapioka lama dengan yang baru

Anda sebaiknya menghabiskan stok tepung tapioka yang lama terlebih dahulu sebelum membuka yang baru. Pasalnya, setiap kemasan memiliki karakteristik yang berbeda. Jika digabungkan, kualitas tepung yang baru bisa saja jadi menurun.


Selain itu, jangan pernah mencampur berbagai macam jenis tepung dalam satu wadah yang sama. Hal itu karena karakteristik setiap tepung yang berbeda. Jika dicampur, aromanya akan memengaruhi tepung lainnya.

Tempelkan label tanggal kedaluwarsanya

Tempelkan label tanggal kedaluwarsanya

Saat Anda memindahkan tepung tapioka ke stoples, jangan lupa untuk menempelkan label tanggal kedaluwarsa yang tertulis pada kemasan. Lakukan hal tersebut setiap kali Anda membeli produk yang baru.

Simpan tepung tapioka di freezer dan kulkas

Simpan tepung tapioka di freezer dan kulkas

Supaya kualitas tepung tapioka terjaga, Anda bisa menyimpannya terlebih dahulu di dalam freezer selama 48 jam. Setelah itu, pindahkanlah tepung tapioka ke dalam kulkas. 


Menyimpan produk pangan di tempat bersuhu dingin membantu mengurangi oksidasi atau gangguan lain. Dengan demikian, tepung tapioka Anda bisa awet disimpan dalam waktu yang lama. Namun, pastikan wadahnya tertutup rapat agar tidak ada air yang masuk ke dalamnya. Selain itu, ingatlah untuk tetap memperhatikan tanggal kedaluwarsanya.

5 Rekomendasi Tepung Tapioka terbaik

No. 1: Rose BrandTepung Tapioka

No. 2: Rose BrandTepung Tapioka Cap Pak Tani Gunung

No. 3: Bola KeluargaBola Deli Tepung Tapioka

No. 4: Tirta KencanaLiauw Tjoei Kang Tapioka No. 1 Cap Pak Tani

No. 5: Rose BrandTepung Tapioka Cap Gunung Agung

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Roti & kue
  4. 10 Rekomendasi Tepung Tapioka Terbaik [Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.