• 10 Vitamin Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Vitamin Terbaik untuk Ibu Hamil - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)

Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dari trimester 1 hingga trimester 3 agar tidak mudah lelah. Selain makanan, suplemen juga dibutuhkan oleh ibu hamil supaya kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Nutrisi tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu supaya tidak lemas serta mendukung proses tumbuh kembang calon bayi.


Jika Anda sedang mencari produk vitamin yang bagus untuk ibu hamil, simaklah artikel ini. Kami akan mengulas cara memilihnya serta merekomendasikan produk dari Blackmores, Folamil Genio, dan YOUVIT. Ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, jangan sampai terlewatkan!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Leona Victoria
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 28 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Nutritionist, Leona Victoria, MND

Profil pakar: Nutritionist, Leona Victoria, MND

Victoria adalah ahli gizi yang memiliki akreditasi praktik dari Dietitians Association of Australia. Wanita yang memiliki gelar Master of Nutrition and Dietetics ini sudah 10 tahun berpengalaman menangani diabetes. Selain itu, beliau juga berpengalaman menangani weight management, mindful eating, dan gizi anak.


Pengalaman kerjanya di Sydney meliputi allergy clinic (RPAH), diabetes center (RNSH), dan Blacktown Medical Center. Di Indonesia, Victoria banyak bekerja untuk corporate campaign seperti Kraft, Wyeth Nutrition, Meat & Livestock Australia, dan Pepsodent.

Perlukah mengonsumsi suplemen saat hamil?

Perlukah mengonsumsi suplemen saat hamil?

Kebutuhan nutrisi Anda akan meningkat ketika sedang mengandung. Namun, makanan yang dikonsumsi sehari-hari belum tentu mencukupi kebutuhan nutrisi Anda. Karena itu, Anda bisa melengkapinya dengan suplemen ibu hamil agar kesehatan Anda dan janin sungguh-sungguh terjaga.


Ada beberapa kondisi yang membuat Anda makin membutuhkan asupan suplemen, contohnya adalah hiperemesis gravidarum atau morning sickness. Saat mengalami morning sickness, Anda akan merasa mual dan muntah yang hebat sehingga tubuh kekurangan nutrisi. Nah, suplemen untuk ibu hamil dapat membantu mengurangi rasa mual, serta menambah asupan nutrisi Anda.


Jika mengandung bayi kembar, Anda juga membutuhkan tambahan nutrisi dari suplemen. Hamil bayi kembar membuat Anda membutuhkan nutrisi yang lebih banyak sehingga mungkin tidak bisa tercukupi dari makanan.


Anda yang mengalami anemia juga pasti membutuhkan tambahan zinc yang bisa diperoleh dari suplemen ibu hamil. Asalkan dikonsumsi dengan dosis yang tepat, suplemen mampu mengoptimalkan asupan nutrisi untuk Anda dan calon bayi.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Saat Anda akan merencanakan kehamilan atau mengetahui bahwa Anda hamil, segera konsultasikan dengan dokter kandungan tentang keadaan Anda. Kehamilan dan proses menyusui ASI akan meningkatkan kebutuhan nutrisi Anda, termasuk dalam kebutuhan vitamin dan mineral.


Umumnya, Anda akan membutuhkan suplementasi asam folat, zat besi, dan Omega-3 untuk memaksimalkan perkembangan sang buah hati. Namun, ada juga mikronutrien lainnya yang mungkin Anda butuhkan dari suplementasi. Oleh karena itu, untuk mengetahuinya lebih detail, hal yang paling baik untuk Anda lakukan adalah mengonsultasikannya dengan dokter.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih vitamin untuk ibu hamil

Memilih vitamin untuk ibu hamil tidak boleh sembarangan karena dapat berdampak buruk bagi ibu dan bayi. Simak tips berikut ini untuk mendapatkan produk yang tepat.

Ketahui asupan penting yang dibutuhkan ibu hamil

Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Jika terpenuhi, kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin akan terjaga dengan baik.

Vitamin, mengurangi morning sickness dan menunjang perkembangan janin

Vitamin, mengurangi morning sickness dan menunjang perkembangan janin

Vitamin merupakan golongan mikronutrien. Jadi, asupan yang dibutuhkan memang tidak terlalu banyak, tetapi perannya sangat penting. Pada dasarnya, semua vitamin memang diperlukan oleh ibu hamil dan bayi.


Jika Anda memiliki morning sickness atau mual, Anda dapat meredakannya dengan mengonsumsi vitamin B6. Vitamin B6 juga membantu metabolisme tubuh Anda selama masa kehamilan.


Selain vitamin B6, vitamin D juga merupakan vitamin yang penting bagi bayi. Vitamin D bermanfaat untuk mendukung penyerapan kalsium sehingga pembentukan tulang pada bayi dapat terjadi dengan baik. Vitamin lainnya, seperti A, C, E, B1, B2, B3, B9, dan B12, juga memiliki peranan penting. Untuk memenuhinya, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Selain membantu meringankan morning sickness, vitamin B kompleks juga dibutuhkan dalam metabolisme energi. Dengan asupan vitamin B kompleks yang cukup, ibu dapat mengoptimalkan metabolisme energi dari makanan yang dikonsumsi. Hal itu berguna untuk mencukupi kebutuhan sang ibu dan kebutuhan kalori janin.


Sebaliknya, Anda harus ekstra hati-hati dengan vitamin A. Hal ini karena vitamin A dalam bentuk retinol dapat memengaruhi perkembangan janin dan menyebabkan malformasi. Selain dari suplemen, vitamin A (retinol) juga dapat ditemukan pada produk skincare.

Asam folat, kurangi risiko cacat pada bayi

Asam folat, kurangi risiko cacat pada bayi

Asam folat (vitamin B9) merupakan kandungan suplemen yang banyak dicari oleh ibu hamil. Kandungan ini memang sangat penting untuk menjaga janin dari trimester 1 sampai 3. Asam folat dapat Anda temui dalam ikan salmon, sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, dan susu.


Pada trimester 1, asam folat membantu mencegah keguguran, serta menurunkan risiko kelahiran prematur dan gangguan pertumbuhan janin. Memasuki trimester 2, asam folat dapat menurunkan risiko preeklamsia pada ibu hamil. Preeklamsia merupakan komplikasi kehamilan yang ditandai dengan darah tinggi, kaki bengkak, dan peningkatan kadar protein dalam urine.


Untuk janin, asam folat berperan dalam pembentukan selubung saraf, mencegah bibir sumbing, dan penyakit jantung bawaan. Dengan demikian, tentu konsumsi asam folat dirasa sangat penting bagi ibu dan janin. Namun, ingatlah untuk tetap mengonsumsinya sesuai dengan dosis yang ditentukan. Umumnya, wanita hamil membutuhkan asam folat sebanyak 400–600 mikrogram per hari.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Kebutuhan asam folat selama kehamilan harus dipenuhi setiap hari. Oleh karena itu, asam folat merupakan salah satu suplemen wajib bagi wanita yang sedang hamil atau merencanakan kehamilan.

Zat besi, untuk mencegah anemia pada ibu

Zat besi, untuk mencegah anemia pada ibu

Zat besi adalah kandungan yang diperlukan untuk membentuk hemoglobin atau HB. HB merupakan protein dari sel darah merah yang berfungsi mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Maka dari itu, Anda membutuhkan cukup zat besi dalam tubuh, terutama pada masa kehamilan.


Saat hamil, Anda membutuhkan minimal 27 miligram zat besi per hari. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan Anda mengalami anemia. Bayi Anda pun berisiko memiliki berat badan yang rendah saat lahir. Asupan zat besi bisa Anda peroleh dari daging merah, ayam, telur, cereal, kacang-kacangan, dan bayam.


Akan tetapi, berhati-hatilah agar konsumsi zat besi Anda tidak berlebihan. Konsumsi zat besi berlebihan dapat menyebabkan konstipasi.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Volume darah ibu akan meningkat pada masa kehamilan. Selain itu, ibu juga perlu membuat sel darah merah baru untuk janin. Kedua faktor ini menjadi alasan tingginya kebutuhan zat besi untuk ibu hamil.


Defisiensi zat besi dapat menyebabkan anemia bagi ibu dan bayi. Selain berat badan rendah, perkembangan otak bayi juga dapat mengalami gangguan. Hal ini diakibatkan kurang maksimalnya asupan oksigen yang dibawa oleh sel darah merah ke otak.


Multisuplemen untuk ibu hamil biasanya mengandung zat besi. Namun, asupan zat besi yang terlalu tinggi, terutama dari suplemen dapat menyebabkan rasa mual dan konstipasi. Hal tersebut dapat memperparah morning sickness jika Anda mengalaminya.


Usahakan untuk mencukupi kebutuhan zat besi dari diet sehari-hari dan pilih multisuplemen dengan zat besi yang lebih rendah. Dengan begitu, Anda dapat menghindari rasa tidak nyaman dari mual dan konstipasi.

Kalsium dan magnesium, untuk pembentukan tulang dan gigi

Kalsium dan magnesium, untuk pembentukan tulang dan gigi

Kalsium sangat dibutuhkan untuk pembentukan dan pertumbuhan gigi, otot, serta tulang janin. Di samping itu, kalsium juga dapat menurunkan risiko preeklamsia pada ibu hamil.


Kekurangan kalsium selama masa kehamilan dapat menyebabkan osteoporosis karena bayi akan mengambil cadangan kalsium dalam tulang Anda. Untuk itu, konsumsilah 1.000 mg kalsium per hari agar kebutuhan kalsium ibu dan janin terpenuhi.


Selain kalsium, magnesium juga sangat penting dalam pembentukan gigi dan tulang. Ibu hamil yang sering mengalami sembelit dapat mengonsumsi suplemen magnesium untuk membantu memperlancar pencernaan.

DHA, asam lemak baik untuk perkembangan otak janin

DHA, asam lemak baik untuk perkembangan otak janin

DHA merupakan asam lemak omega-3 yang dapat Anda temui dalam minyak ikan. Asam lemak baik ini berfungsi untuk mendukung perkembangan organ-organ bayi di dalam kandungan.


Tidak hanya untuk perkembangan janin, DHA juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil. DHA dapat mencegah terjadinya postpartum depression atau depresi setelah melahirkan. Anda disarankan mengonsumsi sebanyak 300 mg DHA per hari untuk memberikan efek baik bagi ibu dan bayi.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Omega-3 atau dapat juga ditulis sebagai DHA, EPA, dan ALA merupakan salah satu nutrien yang wajib dikonsumsi saat hamil. Omega-3 dibutuhkan untuk membentuk sel-sel otak anak.


Jika Anda rutin mengonsumsinya sejak hamil, perkembangan otak anak akan menjadi optimal. Nah, apabila Anda sedang menyusui, lanjutkanlah untuk mengonsumsi suplemen omega-3 karena akan memengaruhi kandungan DHA yang ada di ASI Anda.

Konsumsi suplemen yang bentuknya mudah dikonsumsi

Konsumsi suplemen yang bentuknya mudah dikonsumsi

Ada banyak bentuk suplemen untuk ibu hamil. Ada yang berbentuk kapsul, ada pula tablet yang berukuran kecil sampai besar. Tablet yang besar akan lebih sulit ditelan, bahkan mungkin membuat Anda makin mual. Karena itu, pilihlah ukuran serta bentuk suplemen yang mudah dikonsumsi.


Jika Anda kesulitan untuk menelan obat, cobalah suplemen ibu hamil dalam bentuk cair. Selain itu, kini ada juga suplemen berbentuk bubuk dan gummy. Di samping ukuran, perhatikan juga frekuensi konsumsinya per hari. Agar lebih praktis, pilihlah suplemen yang diminum maksimal tiga kali per hari, sesuai dengan jam makan Anda.

Pilih suplemen yang rasanya enak dan terjamin keamanannya

Pilih suplemen yang rasanya enak dan terjamin keamanannya

Apa yang dikonsumsi oleh ibu hamil tentu akan berpengaruh terhadap pertumbuhan janin. Maka dari itu, pilihlah suplemen ibu hamil yang aman untuk dikonsumsi. Jika Anda khawatir, Anda bisa pertimbangkan produk vitamin untuk ibu hamil yang sering tersedia di apotek.


Pastikan suplemen yang Anda konsumsi bebas pengawet, pewarna, dan perasa buatan. Rasa suplemen yang enak memang akan membantu bagi Anda yang mengalami morning sickness. Jika Anda membutuhkan suplemen yang memiliki rasa, pilihlah produk dengan perasa dan pewarna alami agar lebih aman.

Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen

Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen

Sebelum mengonsumsi suplemen, Anda bisa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda. Setiap tahapan kehamilan, kondisi ibu, dan kondisi anak di dalam kandungan tentu membutuhkan jenis dan jumlah asupan berbeda.


Jika Anda berkonsultasi dengan dokter, Anda akan mengetahui jumlah asupan nutrisi yang tepat. Hindarilah mengonsumsi suplemen secara berlebihan. Konsumsi suplemen secara berlebihan akan berakibat tidak baik bagi ibu dan janin.

10 Rekomendasi vitamin terbaik untuk ibu hamil

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk vitamin terbaik untuk ibu hamil yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 28 September 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Dexa Medica Folamil Genio yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 2 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Leona Victoria.

Gambar produk
1
Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold 1

Blackmores

2
Dexa Medica Folamil Genio 1

Dexa Medica

3
Bayer CDR Orange 1

Bayer

4
Kalbe Osfit Platinum 1

Kalbe

5
Lapi Laboratories Cal-95 Kaplet 1

Lapi Laboratories

6
Lapi Laboratories Promavit 1

Lapi Laboratories

7
Sanbe Elkana 1

Sanbe

8
Natures Plus Prenatal Complex 1

Natures Plus

9
YOUVIT YOUVIT x Lilla Multimum 1

YOUVIT

10
Hydromamma Roasted Coffee 1

Hydromamma

Nama produk

Pregnancy & Breast-Feeding Gold

Folamil Genio

CDR Orange

Osfit Platinum

Cal-95 Kaplet

Promavit

Elkana

Prenatal Complex

YOUVIT x Lilla Multimum

Roasted Coffee

Keunggulan

Dukung perkembangan bayi pada 1.000 hari pertama

Dosis asam folat di dalamnya cukup tinggi

Minuman vitamin C segar yang aman untuk ibu hamil

Dukung perkembangan janin sejak awal kehamilan

Penuhi kebutuhan kalsium ibu hamil dan janin secara maksimal

Multivitamin dan mineral ibu hamil dengan aroma vanila

Bantu tingkatkan nafsu makan ibu hamil yang susah makan

Vitamin ibu hamil trimester 2 dan 3 yang komposisinya komplet

Konsumsi vitamin lebih enak dengan bentuk gummy yang kenyal

Memenuhi kebutuhan elektrolit harian bumil

Harga mulai dariRp 255.000,00Rp 121.000,00Rp 72.500,00Rp 167.000,00Rp 44.700,00Rp 35.800,00Rp 24.500,00Rp 535.000,00Rp 99.900,00Rp 60.000,00
BentukKapsulSoftgelTablet effervescentSoftgelTabletSoftgelSiropTabletGummySerbuk
Isi60 butir, 120 butir30 butir15 butir30 butir6 butir10 butir60 ml, 120 ml90 butir30 butir17 gram (per saset)
KandunganVitamin A, B1, B2, B6, B12, C, E, D3, asam folat, kalium iodida, fish oil, DHA, EPA, zat besi, niasin, kalsium, zinc, magnesiumVitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, D3, K, nicotinamide, calcium d-pantothenate, calcium carbonate, biotin, copper gluconate, folic acid, iron polymaltose complex, DHA, ARAVitamin C, D, B6, kalsiumVitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, C, D, E, folic acid, ferrous fumarate, calcium carbonate, potassium iodide, magnesium oxide heavy, zinc oxide, DHA, EPAVitamin D3, K1, coral calcium, natural soy isoflavone, magnesium, zinc, boronVitamin A, B6, B12, D3, tuna oil, omega-3. DHA, EPA, asam folat, kalsium, magnesium, zat besiVitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, nicotinamide, kalsium, choline, inositol, natrium, L-lysine HClVitamin A, C, D3, E, B1, B2, B6, B12, niacin, folate, biotin, pantothenic acid, calcium, iron, phosphorus, iodine, magnesium, zinc, copperVitamin A, B12, B kompleks, C, D, E, asam folat, zinc, iodium, seleniumVitamin C, asam folat, kalium, magnesium
Dosis2 butir per hari1 butir per hari1 butir per hari1 butir per hari1–3 butir per hari1–2 butir per hari5 ml per hari1 butir per hari1 butir per hari2–3 saset per hari
Tautan produk
10
BentukSerbuk
Isi17 gram (per saset)
KandunganVitamin C, asam folat, kalium, magnesium
Dosis2–3 saset per hari
9
BentukGummy
Isi30 butir
KandunganVitamin A, B12, B kompleks, C, D, E, asam folat, zinc, iodium, selenium
Dosis1 butir per hari
8
BentukTablet
Isi90 butir
KandunganVitamin A, C, D3, E, B1, B2, B6, B12, niacin, folate, biotin, pantothenic acid, calcium, iron, phosphorus, iodine, magnesium, zinc, copper
Dosis1 butir per hari
7
BentukSirop
Isi60 ml, 120 ml
KandunganVitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, nicotinamide, kalsium, choline, inositol, natrium, L-lysine HCl
Dosis5 ml per hari
6
BentukSoftgel
Isi10 butir
KandunganVitamin A, B6, B12, D3, tuna oil, omega-3. DHA, EPA, asam folat, kalsium, magnesium, zat besi
Dosis1–2 butir per hari
5
BentukTablet
Isi6 butir
KandunganVitamin D3, K1, coral calcium, natural soy isoflavone, magnesium, zinc, boron
Dosis1–3 butir per hari
4
BentukSoftgel
Isi30 butir
KandunganVitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, C, D, E, folic acid, ferrous fumarate, calcium carbonate, potassium iodide, magnesium oxide heavy, zinc oxide, DHA, EPA
Dosis1 butir per hari
3
BentukTablet effervescent
Isi15 butir
KandunganVitamin C, D, B6, kalsium
Dosis1 butir per hari
2
BentukSoftgel
Isi30 butir
KandunganVitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, D3, K, nicotinamide, calcium d-pantothenate, calcium carbonate, biotin, copper gluconate, folic acid, iron polymaltose complex, DHA, ARA
Dosis1 butir per hari
1

BlackmoresPregnancy & Breast-Feeding Gold

Mulai dari Rp 255.000,00

BentukKapsul
Isi60 butir, 120 butir
KandunganVitamin A, B1, B2, B6, B12, C, E, D3, asam folat, kalium iodida, fish oil, DHA, EPA, zat besi, niasin, kalsium, zinc, magnesium
Dosis2 butir per hari

Baca juga rekomendasi produk kesehatan untuk ibu hamil dan menyusui lainnya di sini

Kami telah mengulas berbagai hal mengenai vitamin untuk ibu hamil. Anda juga bisa mendapatkan asupan gizi penting dari susu dan produk kesehatan lainnya semasa hamil dan menyusui. Untuk selengkapnya, klik artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Memilih vitamin untuk ibu hamil tidak boleh asal pilih. Karena itu, Anda bisa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter kandungan. Selanjutnya, periksalah kandungan vitamin yang Anda pilih agar sesuai dengan kebutuhan.


Jangan lupa untuk memilih bentuk vitamin yang memudahkan Anda dalam mengonsumsinya, serta aman dikonsumsi selama hamil. Semoga Anda merasa terbantu dengan artikel vitamin untuk ibu hamil ini. Dapatkan produk terbaik dan tetap sehat selalu!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, kolagen juga dibutuhkan untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring pertambahan usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen collagen agar kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merek suplemen collagen yang bagus, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood ada di pasaran. Namun, rekomendasi collagen mana yang sebaiknya dipilih? Mari simak tips memilih dan review collagen yang bagus dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Dijuluki sebagai “king of protein”, whey protein merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Jenis protein ini sangat populer dan banyak dikonsumsi sebagai pengiring workout. Whey protein dari berbagai merek, seperti VectorLabs, Evolene, dan Optimum Nutrition juga bisa Anda temukan dengan mudah. Manakah yang tepat untuk Anda?Bookmark artikel ini apabila Anda menjalani proses membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain membagikan tips memilih, kami juga memperkenalkan sepuluh minuman whey protein yang bagus. Jangan sampai terlewat, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.
    Vitamin & suplemen
  • 8 Rekomendasi Vitamin Curcuma Plus untuk Anak Umur 1 Tahun ke Atas (Terbaru Tahun 2022)
    8 Rekomendasi Vitamin Curcuma Plus untuk Anak Umur 1 Tahun ke Atas (Terbaru Tahun 2022)
    Curcuma Plus merupakan satu-satunya suplemen vitamin anak yang mengandung temulawak organik dan telah dipercaya sejak 1995. Selain kandungan temulawak organik dalam Curcuma Plus juga mengandung multivitamin, mineral dan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak mulai usia 1 tahun sehingga siap dukung optimalkan tumbuh kembang anak.Di artikel ini kami akan memperkenalkan delapan multivitamin anak usia 1 tahun ke atas dari Curcuma Plus. Anda tak perlu ragu membeli Curcuma Plus karena kualitasnya yang bagus dan sudah bersertifikasi BPOM serta halal dari MUI. Harga vitamin Curcuma Plus pun sangat terjangkau.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Di samping itu, Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen.Di pasaran ada beberapa rekomendasi merek suplemen penambah berat badan yang bagus, seperti Appeton, Tianshi, dan Blackmores. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan suplemen penggemuk badan terbaik yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
  •  10 Rekomendasi Suplemen Probiotik yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Suplemen Probiotik yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Tidak semua bakteri merugikan manusia. Beberapa bakteri juga memberikan manfaat yang menakjubkan, termasuk untuk pencernaan dan sistem imun. Kelompok bakteri baik ini disebut dengan probiotik. Untuk meningkatkan populasi bakteri baik di dalam tubuh, penggunaan suplemen probiotik bisa dipertimbangkan. Ada banyak suplemen probiotik yang bagus di apotek dan toko online. Untuk memandu Anda menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilih suplemen probiotik. Review suplemen probiotik untuk orang dewasa dan anak-anak dari berbagai merek juga akan kami sajikan. Anda bisa memilih produk Liprolac, Rillus, hingga L-BIO®. Mari simak pembahasannya!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Anak-anak, khususnya anak 1 tahun, sering mengalami fase susah makan sehingga membuat orang tua khawatir mengenai tumbuh kembangnya. Namun, terlalu memaksakan anak untuk makan juga berisiko membuatnya makin enggan makan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi vitamin penambah nafsu makan.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin untuk anak yang susah makan. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek yang bagus, seperti Scott's Emulsion, Fitkom, Blackmores, dan lainnya. Untuk melengkapi informasinya, ahli gizi, Leona Victoria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Vitamin C Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Vitamin C Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Vitamin C atau asam askorbat merupakan vitamin yang paling dikenal untuk membantu meningkatkan sistem imun. Vitamin C juga membuat kulit Anda tetap sehat. Anda bisa memilih suplemen vitamin C dosis 500 mg sampai 1.000 mg. Ada pula vitamin C yang aman untuk lambung. Kami akan menjelaskan tips memilih suplemen vitamin C beserta rekomendasi produknya. Berikutnya, kami akan memberikan rekomendasi vitamin C yang bagus untuk kulit dan kesehatan, seperti Redoxon, Blackmores, dan Vitacimin. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima. Mari temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Vitamin & suplemen
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori