• 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2020)

Para wanita yang sedang mengandung tentu membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan biasanya. Selain dari makanan, suplemen juga dibutuhkan oleh ibu hamil agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan sempurna. Nutrisi tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu, serta proses tumbuh kembang calon bayi.


Jika Anda sedang mencari suplemen untuk ibu hamil, simaklah artikel kali ini. Kami akan memberikan info cara memilih suplemen yang paling sesuai untuk Anda. Setelahnya, kami juga akan memberikan berbagai rekomendasi produk terbaik, seperti Blackmores, Garden of Life, Sanbe, dan lainnya Tunggu apa lagi? Selamat membaca!.

  • Pembaharuan terakhir: 11 November 2020
  • 54.561 Views
Daftar isi

Perlukah mengonsumsi suplemen saat hamil?

Perlukah mengonsumsi suplemen saat hamil?

Kebutuhan nutrisi Anda akan meningkat ketika sedang mengandung. Makanan yang Anda konsumsi sehari-hari belum tentu bisa mencukupi kebutuhan nutrisi Anda. Karena itu, akan lebih baik jika Anda melengkapinya dengan suplemen ibu hamil agar kesehatan Anda dan janin sungguh-sungguh terjaga.


Terlebih, ada beberapa kondisi yang membuat Anda makin membutuhkan asupan suplemen, salah satunya adalah hiperemesis gravidarum atau morning sickness. Saat mengalami morning sickness, Anda akan merasa mual dan muntah yang hebat sehingga tubuh Anda kekurangan nutrisi. Suplemen untuk ibu hamil dapat membantu mengurangi rasa mual, serta menambah asupan nutrisi Anda.


Jika Anda mengandung bayi kembar, Anda juga membutuhkan tambahan nutrisi dari suplemen. Hamil bayi kembar membuat Anda membutuhkan nutrisi yang jauh lebih banyak sehingga mungkin tidak bisa tercukupi dari makanan.


Anda yang mengalami anemia juga pasti membutuhkan tambahan zinc yang bisa diperoleh dari suplemen ibu hamil. Asalkan dikonsumsi dengan dosis yang tepat, suplemen akan mampu mengoptimalkan asupan nutrisi untuk Anda dan calon bayi.

Cara memilih suplemen untuk ibu hamil

Memilih suplemen untuk ibu hamil tidak boleh sembarangan karena dapat berdampak buruk bagi ibu dan bayi. Simak tips berikut ini untuk mendapatkan suplemen yang tepat.

Asupan penting yang dibutuhkan ibu hamil

Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Jika terpenuhi, kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin akan terjaga dengan baik.

Vitamin, menunjang kesehatan ibu dan perkembangan janin

Vitamin, menunjang kesehatan ibu dan perkembangan janin

Vitamin merupakan golongan mikronutrien. Jadi, asupan yang dibutuhkan memang tidak terlalu banyak, tetapi perannya sangat penting. Pada dasarnya, semua vitamin memang diperlukan oleh ibu hamil dan bayi. 


Jika Anda memiliki morning sickness atau mual, Anda dapat meredakannya dengan mengonsumsi vitamin B6. Di samping itu, vitamin B6 juga membantu metabolisme tubuh Anda selama masa kehamilan.


Selain vitamin B6, vitamin D juga merupakan vitamin yang penting bagi bayi. Vitamin D bermanfaat untuk mendukung penyerapan kalsium sehingga pembentukan tulang pada bayi dapat terjadi dengan baik.


Vitamin lainnya, seperti A, C, E, B1, B2, B3, B9, dan B12, juga memiliki peranan penting bagi ibu dan janin. Untuk memenuhinya, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.

Asam folat, kurangi risiko cacat pada bayi

Asam folat, kurangi risiko cacat pada bayi

Asam folat merupakan kandungan suplemen yang banyak dicari oleh ibu hamil. Kandungan ini memang sangat penting untuk menjaga janin sejak trimester pertama sampai ketiga. Asam folat dapat Anda temui dalam ikan salmon, sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, dan susu.


Pada trimester pertama, asam folat bermanfaat untuk menjaga agar tidak terjadi keguguran, serta menurunkan risiko kelahiran prematur dan gangguan pertumbuhan janin. Memasuki trimester kedua, asam folat dapat membantu menurunkan risiko preeklamsia pada ibu hamil. Preeklamsia merupakan komplikasi saat kehamilan yang ditandai dengan peningkatan tekanan darah, pembengkakan di kaki, dan peningkatan kadar protein dalam urine.


Untuk janin, asam folat berperan dalam pembentukan selubung saraf, mencegah bibir sumbing, dan penyakit jantung bawaan. Dengan demikian, tentu konsumsi asam folat dirasa sangat penting bagi ibu dan janin. Namun, ingatlah untuk tetap mengonsumsinya sesuai dengan dosis yang ditentukan. Umumnya, wanita hamil membutuhkan asam folat sebanyak 400-600 mikrogram per hari.

Zat besi, untuk mencegah anemia pada ibu

Zat besi, untuk mencegah anemia pada ibu

Zat besi merupakan pembentuk hemoglobin, yaitu protein dari sel darah merah yang berfungsi mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Maka dari itu, Anda membutuhkan cukup zat besi dalam tubuh, terutama pada masa kehamilan.


Saat hamil, Anda membutuhkan minimal 27 miligram zat besi per hari. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan Anda mengalami anemia. Bayi Anda pun berisiko memiliki berat badan yang rendah saat lahir. Asupan zat besi bisa Anda peroleh dari daging merah, ayam, telur, cereal, kacang-kacangan, dan bayam.


Berhati-hatilah agar konsumsi zat besi Anda tidak berlebihan. Konsumsi zat besi berlebihan dapat menyebabkan konstipasi.

Kalsium dan magnesium, untuk pembentukan tulang dan gigi

Kalsium dan magnesium, untuk pembentukan tulang dan gigi

Kalsium sangat dibutuhkan untuk pembentukan dan pertumbuhan gigi, otot, serta tulang janin. Di samping itu, kalsium juga dapat menurunkan risiko preeklamsia pada ibu hamil. Kekurangan kalsium selama masa kehamilan dapat menyebabkan osteoporosis karena bayi akan mengambil cadangan kalsium dalam tulang Anda. Untuk itu, konsumsilah 1000 mg kalsium per hari agar kebutuhan kalsium ibu dan janin terpenuhi.


Selain kalsium, magnesium juga sangat penting dalam pembentukan gigi dan tulang. Ibu hamil yang sering mengalami sembelit dapat mengonsumsi suplemen magnesium untuk membantu memperlancar pencernaan.

DHA, asam lemak baik untuk perkembangan otak janin

DHA, asam lemak baik untuk perkembangan otak janin

DHA merupakan asam lemak omega-3 yang dapat Anda temui dalam minyak ikan. Asam lemak baik ini berfungsi untuk mendukung perkembangan organ-organ bayi di dalam kandungan.


Tidak hanya untuk perkembangan janin, DHA juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil. DHA dapat mencegah terjadinya postpartum depression atau depresi setelah melahirkan. Anda disarankan mengonsumsi sebanyak 300 mg DHA per hari untuk memberikan efek yang baik bagi ibu dan bayi.

Pilih bentuk suplemen yang mudah dikonsumsi

Pilih bentuk suplemen yang mudah dikonsumsi

Ada banyak bentuk suplemen untuk ibu hamil, dari tablet yang kecil sampai besar. Pilihlah bentuk suplemen yang mudah untuk dikonsumsi dan tidak merepotkan Anda saat mengonsumsinya.


Jika Anda memilih suplemen ibu hamil dalam bentuk tablet, pilihlah ukuran yang mudah untuk ditelan. Tablet yang berukuran terlalu besar akan lebih sulit untuk ditelan, bahkan mungkin membuat Anda makin mual. Bagi Anda yang memiliki kesulitan untuk menelan obat, Anda dapat memilih suplemen ibu hamil dalam bentuk sirop atau teh.


Di samping ukuran, perhatikan juga frekuensi konsumsinya per hari. Agar lebih praktis, pilihlah suplemen yang tidak perlu terlalu sering diminum dalam sehari. Jika memungkinkan, Anda dapat memilih suplemen yang diminum maksimal 3 kali per hari, sesuai dengan jam makan Anda.

Pilih produk yang aman dikonsumsi

Pilih produk yang aman dikonsumsi

Apa yang dikonsumsi oleh ibu hamil tentu akan berpengaruh juga terhadap pertumbuhan janin. Maka dari itu, pilihlah suplemen ibu hamil yang aman untuk dikonsumsi.


Pastikan suplemen yang Anda konsumsi bebas pengawet, pewarna, dan perasa buatan. Rasa suplemen yang enak memang akan membantu bagi Anda yang mengalami morning sickness. Jika Anda memang membutuhkan suplemen yang memiliki rasa, pilihlah produk yang menggunakan perasa dan pewarna alami agar lebih aman.


Membaca keterangan yang ada di kemasan produk juga sangat penting saat memilih suplemen untuk ibu hamil. Dengan cara itu, Anda bisa mengetahui lebih detail mengenai berbagai kandungan dan aturan pakai dari suplemen tersebut. Jangan sampai Anda melewatkan bagian itu, ya.

Pentingnya berkonsultasi dengan dokter

Pentingnya berkonsultasi dengan dokter

Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen, Anda bisa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda. Setiap tahapan kehamilan, kondisi ibu, dan kondisi anak di dalam kandungan tentu membuat Anda membutuhkan jenis dan jumlah asupan yang berbeda. 


Jika Anda berkonsultasi dengan dokter, Anda akan mengetahui jumlah asupan nutrisi yang tepat. Hindarilah mengonsumsi suplemen secara berlebihan. Konsumsi suplemen secara berlebihan akan berakibat tidak baik bagi ibu dan janin.

Sesuaikan dengan budget Anda

Sesuaikan dengan budget Anda

Biasanya, ibu hamil akan mengonsumsi suplemen sejak trimester pertama sampai melahirkan. Karena itu, ketika memilih suplemen untuk ibu hamil, pastikan Anda menyesuaikannya dengan anggaran Anda. Pemeriksaan kehamilan dan proses melahirkan akan membutuhkan biaya yang besar. Pemilihan suplemen yang sesuai anggaran bakal memudahkan Anda dalam mengatur keuangan.

10 Rekomendasi suplemen terbaik untuk ibu hamil

10
BentukSoftgel
Isi30 butir
KandunganVitamin, mineral, asam folat, DHA, ARA
Dosis1 butir per hari
9
BentukSoftgel
Isi30 butir
KandunganKalsium, minyak ikan, vitamin D3
Dosis2 butir per hari
8
BentukSirop
Isi60 ml
KandunganVitamin, kalsium, lysine, choline
Dosis5 ml per hari
7
BentukTablet
Isi120 butir
KandunganVitamin, mineral, asam folat, choline
Dosis2 butir per hari
6
BentukSoftgel
Isi30 butir
KandunganOmega-3 (DHA dan EPA)
Dosis1 butir per hari
5
BentukKapsul
Isi180 butir
KandunganAsam folat, vitamin, omega-3, calcium pantothenate, zinc oxide, heavy magnesium oxide, dan lain-lain
Dosis2 butir per hari
4
BentukSerbuk
Isi17 gram (per sachet)
KandunganAsam folat, vitamin C, magnesium, potassium
Dosis2-3 saset per hari
3
BentukKapsul
Isi90 butir
KandunganVitamin, mineral, asam folat, probiotik
Dosis3 butir per hari
2
BentukTablet
Isi60 butir
KandunganVitamin, asam folat, kalsium, zinc, magnesium, choline, dan lain-lain
Dosis1 butir, 2 kali per hari
1
BentukTablet
Isi180 butir
KandunganVitamin, mineral, asam folat
Dosis3 butir per hari

Tabel perbandingan produk suplemen terbaik untuk ibu hamil

Gambar produk
1
Garden of Life mykind Organics Prenatal Multivitamin 1

Garden of Life

2
Herbs of Gold Pregnancy Plus 1-2-3 1

Herbs of Gold

3
Garden of Life Vitamin Code Raw Prenatal 1

Garden of Life

4
Hydromamma Hydromamma Roasted Coffee 1

Hydromamma

5
Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold 1

Blackmores

6
ChildLife Prenatal DHA 1

ChildLife

7
Mega Food Baby & Me 2 1

Mega Food

8
SANBE Elkana Suspensi 1

SANBE

9
Kalbe OSFIT DHA 1

Kalbe

10
Dexa Medica Folamil Genio 1

Dexa Medica

Nama produk

mykind Organics Prenatal Multivitamin

Pregnancy Plus 1-2-3

Vitamin Code Raw Prenatal

Hydromamma Roasted Coffee

Pregnancy & Breast-Feeding Gold

Prenatal DHA

Baby & Me 2

Elkana Suspensi

OSFIT DHA

Folamil Genio

Keunggulan

Bahan-bahan ramah di perut, kurangi rasa mual

Lengkapi nutrisi sejak merencanakan kehamilan

Pencernaan lancar, bebas sembelit

Hamil sambil bekerja? Tubuh tetap fit!

Dukung perkembangan bayi pada 1000 hari pertama

Bye bye, after taste yang amis!

Jaga mood tetap baik selama hamil

Tak hanya ibu hamil, anak-anak pun bisa mengonsumsinya

Cukupi kebutuhan kalsium, bebas risiko osteoporosis

Dukung perkembangan janin sejak awal kehamilan

HargaRp 1.200.000,00Rp 140.000,00Rp 650.000,00Rp 60.000,00Rp 410.000,00Rp 198.000,00Rp 1.148.000,00Rp 26.500,00Rp 137.300,00Rp 118.000,00
BentukTabletTabletKapsulSerbukKapsulSoftgelTabletSiropSoftgelSoftgel
Isi180 butir60 butir90 butir17 gram (per sachet)180 butir30 butir120 butir60 ml30 butir30 butir
KandunganVitamin, mineral, asam folatVitamin, asam folat, kalsium, zinc, magnesium, choline, dan lain-lainVitamin, mineral, asam folat, probiotikAsam folat, vitamin C, magnesium, potassiumAsam folat, vitamin, omega-3, calcium pantothenate, zinc oxide, heavy magnesium oxide, dan lain-lainOmega-3 (DHA dan EPA)Vitamin, mineral, asam folat, cholineVitamin, kalsium, lysine, cholineKalsium, minyak ikan, vitamin D3Vitamin, mineral, asam folat, DHA, ARA
Dosis3 butir per hari1 butir, 2 kali per hari3 butir per hari2-3 saset per hari2 butir per hari1 butir per hari2 butir per hari5 ml per hari2 butir per hari1 butir per hari
Tautan produk

Baca juga rekomendasi suplemen asam folat untuk masa hamil dan prenatal di sini

Dalam artikel ini, kami telah mengulas berbagai hal mengenai suplemen untuk ibu hamil. Namun, mungkin Anda juga ingin tahu lebih banyak mengenai suplemen asam folat untuk dikonsumsi semasa hamil dan prenatal. Untuk mengetahui secara detail, Anda dapat membacanya pada artikel di bawah ini. Silakan langsung Anda klik.

Kesimpulan

Memilih suplemen untuk ibu hamil tidak boleh asal pilih. Karena itu, Anda bisa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter kandungan. Selanjutnya, periksalah kandungan suplemen yang Anda pilih agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk memilih bentuk suplemen yang memudahkan Anda dalam mengonsumsinya, serta aman dikonsumsi selama hamil.


Semoga Anda merasa terbantu dengan artikel suplemen untuk ibu hamil ini. Dapatkan produk terbaik dan tetap sehat selalu!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Multivitamin dan mineral yang terkandung dalam suplemen merupakan zat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Dari banyaknya produk, seperti CDR, Enervon-C, Zevit Grow, dan sebagainya yang tersedia di pasaran, dapatkah Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan tubuh?Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih multivitamin dan mineral yang baik berdasarkan pertimbangan harga, kandungan bahan, serta jenis produk yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Karena produk ini akan Anda konsumsi setiap hari, pilihlah yang paling sesuai, baik dari segi manfaat maupun anggaran!
    Vitamin & suplemen
    439.947 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Vitamin C adalah sumber nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit yang bisa diperoleh dari beberapa jenis sayur dan buah. Sayangnya, nutrisi tersebut mudah hilang dari tubuh karena kebiasaan merokok, pola makan yang kurang seimbang, dan akibat dari stres.Oleh karena itu, Anda mungkin membutuhkan suplemen vitamin C. Anda dapat memilih salah satu di antara banyak merek, seperti Enervon-C, Blackmores, Holisticare EsterC, Puritan’s Pride, dan lain-lain. Namun, apakah Anda tahu cara memilih suplemen vitamin C yang sesuai? Kami akan mengulasnya bagi Anda ditambah dengan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Vitamin & suplemen
    329.697 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit (Terbaru Tahun 2020)
    Kulit yang tidak sehat bisa disebabkan oleh stres, pola makan yang tidak seimbang, dan lain-lain. Untuk mengatasinya, Anda harus menjalani gaya hidup sehat. Namun, hal tersebut terasa sulit bagi beberapa orang sehingga Anda disarankan untuk mengonsumsi suplemen untuk kesehatan kulit.Banyak suplemen kulit yang beredar di pasaran dengan berbagai macam kandungan dan fungsi. Kami akan memperkenalkan cara memilihnya, serta memberi rekomendasi produk terbaik. Anda bisa memilih mulai dari Nourish Skin, Blackmores, dan lain-lain. Selamat membaca!
    Vitamin & suplemen
    202.957 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Manusia membutuhkan kolagen tidak hanya untuk menjaga elastisitas dan keremajaan kulit, tetapi juga untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meski kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya akan terus menurun seiring dengan bertambahnya usia.Berbagai merek suplemen kolagen, seperti Puritan’s Pride, Neocell, Youtheory, dan lainnya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh Anda. Namun, suplemen kolagen seperti apakah yang ideal untuk Anda? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk suplemen kolagen yang akan kami ulas berikut ini.
    Vitamin & suplemen
    215.251 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Peninggi Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Suplemen Peninggi Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Memiliki tubuh tinggi adalah dambaan semua orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh yang tinggi memberi keuntungan tersendiri. Orang yang bertubuh tinggi umumnya lebih percaya diri, dan cerdas. Selain itu, tubuh tinggi juga bisa meminimalisasi kemungkinan terkena penyakit jantung dan demensia.Di pasaran, terdapat beberapa suplemen peninggi badan yang bisa dikonsumsi, baik oleh anak-anak ataupun remaja. Ada Height Up, Zevit Grow, Blackmores, dan lainnya. Masing-masing memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Untuk itu, kami akan mengulas cara memilih suplemen peninggi badan, serta memberi rekomendasi produk terbaik. Tetaplah membaca.
    Vitamin & suplemen
    69.297 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen. Ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang tersebar di pasaran, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Jika Anda kebingungan mencari produk yang sesuai, ini adalah artikel yang tepat karena kami akan memberi tips memilihnya. Bacalah sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan.
    Vitamin & suplemen
    41.591 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2020)
    Otak adalah organ penting yang bertugas mengoordinasikan segala hal yang terjadi di dalam tubuh. Beberapa fungsi otak antara lain mengatur gerakan, perilaku, tekanan darah, dan suhu tubuh. Selain itu, otak juga mengatur fungsi emosi, ingatan, motorik, dan sensoris.Karena fungsinya yang sangat vital, Anda sebaiknya mengonsumsi suplemen untuk mendukung kecerdasan otak. Di pasaran, telah dijual beberapa suplemen untuk kecerdasan otak, seperti Blackmores Ginkgo Action, Cerebrovit X-Cel, atau Appeton Taurine Syrup. Agar Anda tidak bingung, kami akan mengulas tips memilihnya, serta memberi rekomendasi produk terbaik. Jadi, tetaplah membaca!
    Vitamin & suplemen
    50.808 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori