1. TOP
  2. >
  3. Fashion pria
  4. >
  5. Aksesori pria
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Jam Saku Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Jam Saku Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Jam Saku Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Jam Saku Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Jam Saku Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Jam Saku Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Jam Saku Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Kecanggihan teknologi kini mungkin membuat keberadaan jam saku (pocket watch) tidak begitu krusial. Terlebih lagi, dengan munculnya smartwatch dan smartphone makin menggerus kepopuleran jam vintage ini. Namun, sebagian orang masih membeli jam saku sebagai koleksi, hadiah, ataupun fashion statement.


Desain dan model jam saku sangat beragam. Oleh karena itu, kali ini kami akan membantu Anda dalam memilih jam saku yang paling sesuai. Kami juga akan memberi rekomendasi berbagai produk jam saku dari merek yang bagus. Produk jam saku dari Houseofcuff atau EIGER mungkin akan cocok untuk Anda!

Diperbaharui 04-21-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Kapan jam saku ditemukan? Ini dia sejarahnya!

Kapan jam saku ditemukan? Ini dia sejarahnya!

Saat ini jam saku sudah cukup langka dan jarang ditemukan. Bahkan, generasi Z mungkin tidak pernah melihat jam jenis ini sebelumnya. Padahal, jam saku atau jam kantong ini pernah populer pada masanya, lho. Jam saku pernah dijadikan standar perlengkapan bagi masinis dan kondektur kereta api. 


Diketahui ada sebuah surat yang membahas tentang jam saku pada bulan November 1462. Surat tersebut ditulis oleh pengrajin jam asal Italia bernama Bartholomew Manfredi. Surat itu digunakan untuk menawarkan jam saku kepada keluarga Marchese di Manta. Di surat itu pula disebut bahwa jam saku lebih bagus daripada milik Duke dari Modena.


Jam dengan tenaga penggerak berupa per mulai dikenal di Italia dan Jerman pada akhir abad ke-15 . Lalu, jam saku baru diproduksi secara teratur pada tahun 1510. Pembuatnya adalah seorang tukang kunci ulung asal Nuremberg bernama Peter Henlein.

Cara memilih jam saku

Jam saku juga termasuk ke dalam fashion item. Jadi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih jam saku. Jangan sampai jam istimewa ini hanya berujung menjadi alat untuk mengetahui waktu, ya!

① Periksa tipe pergerakan jarumnya

Terdapat dua tipe pergerakan jarum jam pada pocket watch, yaitu quartz dan mekanik. Memilih tipe quartz yang lebih umum memang bukan masalah. Namun, tipe mekanik juga memiliki keunggulannya yang mungkin menarik hati Anda. Ketahui perbedaannya di bawah ini, yuk!

Tipe quartz, pilihan praktis

Tipe quartz, pilihan praktis

Jam tipe quartz adalah tipe paling mainstream dan bisa Anda temukan di mana saja. Jam ini bekerja menggunakan baterai yang harus diganti jika habis dayanya. Keunggulannya yaitu pergerakan jarum jam yang akurat sehingga tidak membutuhkan maintenance secara berkala. Variasi modelnya pun banyak. Jadi, Anda tidak akan kesulitan menemukan desain yang Anda sukai.

Tipe mekanik, lebih tahan lama

Tipe mekanik, lebih tahan lama

Jam saku mekanik menggunakan daya dari gear di dalamnya untuk bergerak. Jam ini bisa tetap bekerja untuk waktu yang lama. Jadi, penggantian baterai tidak diperlukan. Jam ini hanya butuh sedikit perhatian lebih dibandingkan dengan jam tipe quartz. Jam tipe mekanik sangat direkomendasikan karena sangat awet dan menarik. Bagaimana, Anda tertarik?

② Pertimbangkan berdasarkan keberadaan tutupnya

Ada tidaknya tutup pada jam saku juga menjadi poin yang patut dipertimbangkan dalam memilih. Bila tidak sesuai dengan cara penggunaan, jam mungkin dapat rusak dan jadi mubazir. Mari simak ulasan kami berikut ini!

Tipe tanpa tutup, bisa mengetahui waktu dengan cepat

Tipe tanpa tutup, bisa mengetahui waktu dengan cepat

Jika Anda menginginkan yang simpel dan fungsional, kami merekomendasikan jam saku tanpa tutup. Jam saku tanpa tutup atau biasa disebut sebagai open lid merupakan jam yang sangat praktis. Namun, jam saku ini tidak terlindung dari benturan dan goresan saat Anda memasukkannya ke dalam tas atau saku. Meski begitu, penggunaan yang berhati-hati dapat mengurangi risiko tersebut, kok! 

Tipe dengan tutup, agar jam terlindungi

Tipe dengan tutup, agar jam terlindungi

Jam dengan tutup atau biasa disebut sebagai hunter case sudah populer sejak zaman dahulu. Dengan tutup, jam tidak mudah rusak dan dapat terlindungi dari faktor lingkungan yang tidak mendukung. Ditambah lagi, ada pula jam saku yang bisa dimasukkan foto ke dalam tutupnya. Jadi makin personal, bukan?


Namun, sebagian orang merasa tidak praktis jika harus membuka tutup setiap ingin mengecek waktu. Biasanya, Anda harus memencet tombolnya agar tutup terbuka. Tidak hanya itu, barangkali tombol juga harus ditekan lama sembari menutupnya. Jika tidak, bagian tutup bisa rusak.

Tipe half hunter case, terlindung dan antiribet!

Tipe half hunter case, terlindung dan antiribet!

Sebagai alternatif dari kedua tipe yang telah dijelaskan sebelumnya, ada juga jam saku tipe half hunter case. Karakteristik dari jam tipe ini adalah terdapat kaca transparan pada bagian tengah tutupnya. Dengan begitu, Anda bisa melihat jam tanpa harus membuka tutupnya.

③ Cek angka yang terdapat pada jam

Cek angka yang terdapat pada jam

Sebagian produk jam saku juga dilengkapi dengan fitur tambahan seperti pada jam tangan. Contohnya, stopwatch, penanda tanggal, dan alarm waktu. Adanya fitur tersebut memang membantu, tetapi ada baiknya Anda perhatikan juga angka pada jam saku. Bila angkanya sukar terbaca, tentu akan menyulitkan Anda, bukan?


Terdapat tiga tipe penanda waktu yang umum dijumpai, yaitu numeral Arab (1, 2, 3) dan angka Romawi (Ⅰ, Ⅱ, Ⅲ). Ada juga jam yang tidak memiliki angka sebagai penanda waktu. Numeral Arab dan angka Romawi mungkin mudah dimengerti. Namun, sebagian orang butuh waktu untuk memahami jam tanpa angka. Jadi, jam tersebut kurang cocok untuk pemula.


Kami merekomendasikan jam dengan numeral Arab karena paling mudah dimengerti. Numeral Arab juga paling sering kita gunakan sehari-hari. Sementara itu, tipe angka yang lainnya bisa Anda coba setelah terbiasa memakai jam saku.

④ Jangan lupa cek ukurannya

Jangan lupa cek ukurannya

Biasanya, jam saku dibuat dalam ukuran kecil sehingga mudah digunakan. Namun, ukuran yang mudah digunakan relatif berbeda bagi setiap orang. Terdapat ukuran 0, 6, 12, 16, 18, dan sebagainya. Semakin besar ukuran angka pada jam, semakin besar pula badan jamnya. Di antara ukuran tersebut, ukuran 12 (sekitar 4,5-5 cm) adalah yang paling sering ditemukan.


Jam saku dengan ukuran kecil lebih direkomendasikan. Dengan begitu, jam ini tidak akan mengganggu saat dibawa bersamaan dengan smartphone. Ukuran kecil juga tidak akan menambah berat barang bawaan Anda sehingga nyaman digunakan untuk waktu yang lama.

⑤ Pilihlah yang sesuai dengan tujuan Anda

Pilihlah yang sesuai dengan tujuan Anda

Kami telah merangkum tipe jam tangan saku sesuai dengan penggunaannya masing-masing. Nah, Anda bisa menjadikannya referensi dalam memilih. Cek di bawah ini!


  • Untuk kemudahan penggunaan: tipe quartz, tanpa tutup, numeral Arab, ukuran kecil (ukuran 0 atau 6)
  • Untuk dipakai dalam waktu lama: tipe mekanik, dengan tutup, numeral Arab, ukuran sedang (ukuran 12)
  • Untuk koleksi/pajangan: tipe mekanik, dengan tutup, tanpa angka, ukuran besar (ukuran 16 atau 18)

10 Rekomendasi jam saku terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk jam saku terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Jam Saku Perawat Quartz Analog

 Jam Saku Perawat Quartz Analog 1枚目

Lebih aman dari benturan dengan adanya lapisan silikon

2

Jam Saku Perawat dan Tenaga Medis - Stainless Peniti

 Jam Saku Perawat dan Tenaga Medis - Stainless Peniti 1枚目

Bahan stainless pasti lebih higienis

3

Jam Saku One Piece Bajak Laut Monkey D Luffy

 Jam Saku One Piece Bajak Laut Monkey D Luffy 1枚目

Makin dekat dengan tokoh anime One Piece lewat jam saku

4

Alice in Wonderland Goodies Pocket Watch

 Alice in Wonderland Goodies Pocket Watch 1枚目

Berikan kesan romantis pada pasangan dengan jam saku anggun

5

Houseofcuff

POCKET WATCH GOLD ENAMEL SPIDER

Houseofcuff POCKET WATCH GOLD ENAMEL SPIDER 1枚目

Desain detail, tampak lebih elegan, mewah, dan mahal

6

Jam Saku Magical House Stainless Steel Kuarsa

 Jam Saku Magical House Stainless Steel Kuarsa 1枚目

Dipakai sebagai gantungan kunci juga bisa!

7

EIGER

CARABINER COMPASS WATCH BLACK

EIGER  CARABINER COMPASS WATCH BLACK 1枚目

Aktivitas outdoor makin komplet dengan jam serbabisa

8

Jam Saku Liontin Burung Hantu

 Jam Saku Liontin Burung Hantu 1枚目

Ukurannya mungil, desainnya pun menggemaskan

9

Houseofcuff

POCKET WATCH GOLD RUSTIC ENAMEL

Houseofcuff  POCKET WATCH GOLD RUSTIC ENAMEL 1枚目

Terbuat dari bahan stainless steel enamel kualitas tinggi

10

Golden Snitch Pocket Watch

 Golden Snitch Pocket Watch 1枚目

Golden snitch dalam genggaman Anda

Perincian produk
Close
No.1

Jam Saku Perawat Quartz Analog

Mulai dari Rp25.000,00

Lebih aman dari benturan dengan adanya lapisan silikon

Para tenaga medis biasanya menggunakan jam saku semacam ini di saku dada. Itu mungkin akan membuat jam saku sering terbentur meja saat posisi duduk. Jam saku pun akan rentan rusak karena benturan-benturan tersebut. Oleh karena itu, jam saku berlapis silikon seperti ini mungkin akan lebih aman untuk Anda gunakan. 


Ditambah lagi, produk ini tersedia dalam berbagai pilihan warna yang menarik. Anda pun bisa lebih mudah menyesuaikan selera dan warna baju yang senada agar makin modis. Istimewanya, harga jam saku ini pun sangat ekonomis. Untuk mendapatkan produk bagus, tidak mahal, bukan?

No.2

Jam Saku Perawat dan Tenaga Medis - Stainless Peniti

Mulai dari Rp50.000,00

Bahan stainless pasti lebih higienis

Anda mungkin sudah sering mendengar salah satu kelebihan bahan stainless steel adalah lebih higienis. Oleh karena itu, berbagai alat medis pun umumnya terbuat dari bahan tersebut. Nah, bila Anda juga bekerja sebagai tenaga medis, jangan lewatkan jam saku berbahan stainless ini. 


Selain lebih higienis, jam saku ini juga cukup aman dan tidak mudah lepas. Itu karena jam saku ini menggunakan peniti sebagai pengait. Jadi, sudah pasti tidak mudah copot, deh!

No.3

Jam Saku One Piece Bajak Laut Monkey D Luffy

Mulai dari Rp59.500,00

Makin dekat dengan tokoh anime One Piece lewat jam saku

Anda para penggemar anime Jepang pasti suka dengan produk ini. Jam saku ini punya desain motif One Piece, yakni salah satu anime yang paling populer hingga saat ini. Oleh karena itu, jam saku ini wajib Anda tambahkan pada daftar koleksi. Hal itu tentu akan menambah emosional Anda hingga merasa makin dekat dengan tokoh idola, bukan?

No.4

Alice in Wonderland Goodies Pocket Watch

Mulai dari Rp80.000,00

Berikan kesan romantis pada pasangan dengan jam saku anggun

Anda sedang mencari kado untuk pasangan atau teman wanita? Coba pertimbangkan produk ini. Jam saku ini memiliki desain motif animasi Alice In Wonderland yang membuatnya tampak anggun dan girly. Dijamin, pasangan atau teman wanita Anda akan menyukainya. Selain bisa mengingatkan waktu, kado cantik ini juga bisa menambah kesan romantis pada hubungan Anda.

No.5

HouseofcuffPOCKET WATCH GOLD ENAMEL SPIDER

Mulai dari Rp200.000,00

Desain detail, tampak lebih elegan, mewah, dan mahal

Lagi-lagi produk dari Houseofcuff. Kali ini kami rekomendasikan jam saku dengan tutup berdesain sarang laba-laba. Desainnya sangat detail sehingga tampak elegan, mewah, dan mahal. 


Padahal, jam saku ini dijual dengan harga cukup terjangkau di official store-nya, lho. Anda yang ingin tampil menawan bersama teman-teman dengan jam saku kembar, cocok untuk memilihnya. Yuk, segera checkout selagi masih banyak stok!

No.6

Jam Saku Magical House Stainless Steel Kuarsa

Mulai dari Rp54.999,00

Dipakai sebagai gantungan kunci juga bisa!

Apakah Anda merasa repot harus mengeluarkan jam saku berkali-kali? Ditambah lagi, dengan bentuknya yang kecil, jam saku bisa saja terjatuh saat akan dimasukkan ke dalam saku. Hilangkan kecemasan Anda dengan jam saku yang satu ini. Selain desainnya simpel, jam saku ini juga bisa Anda jadikan sebagai gantungan. Tinggal kaitkan saja pada kunci atau ritsleting tas Anda. Simpel!

No.7

EIGER CARABINER COMPASS WATCH BLACK

Mulai dari Rp469.000,00

Aktivitas outdoor makin komplet dengan jam serbabisa

Bagi Anda yang bermobilitas tinggi dan gemar beraktivitas di luar ruangan, ini adalah jam saku yang pas. Jam ini berbentuk carabiner yang bisa Anda kaitkan di tas, backpack, atau sabuk. Kerennya lagi, terdapat juga kompas sebagai alat navigasi. 


Jika itu belum cukup, carabiner pada jam ini juga berfungsi sebagai pembuka botol, lho. Ditambah lagi, jarum jam yang dimiliki dapat memancarkan cahaya saat kondisi temaram atau gelap. Jam saku ini benar-benar cocok dipakai untuk hiking atau camping ke gunung, bukan?

No.8

Jam Saku Liontin Burung Hantu

Mulai dari Rp65.900,00

Ukurannya mungil, desainnya pun menggemaskan

Siapa pun pasti akan gemas melihat jam saku unik yang satu ini. Jika biasanya desain karakter hanya berupa motif, jam saku ini punya bentuk asli burung hantu. Bahkan, penutup jam dibuat dalam bentuk sayap burung yang bisa terbuka dan tertutup. 


Jam saku yang menggemaskan ini akan sangat pas bila dijadikan kado untuk anak-anak. Terlebih lagi, ukurannya pun sangat mungil. Jadi, jam ini bisa dijadikan liontin kalung sekalian, deh!

No.9

Houseofcuff POCKET WATCH GOLD RUSTIC ENAMEL

Mulai dari Rp200.000,00

Terbuat dari bahan stainless steel enamel kualitas tinggi

Ini dia salah satu jam saku terbaik dari Houseofcuff. Jam saku ini terbuat dari bahan stainless steel enamel kualitas tinggi sehingga lebih awet dan bebas karat. Jam saku ini menggunakan mesin quartz yang sudah dikenal kualitasnya. Selain itu, warna gold rustic membuat jam saku ini tampak lebih netral dan cocok dipakai oleh siapa saja. Pria ataupun wanita, bisa memakainya!

No.10

Golden Snitch Pocket Watch

Mulai dari Rp199.500,00

Golden snitch dalam genggaman Anda

Calling all Potterheads! Snitch yang tercepat dan paling sulit ditangkap kini hadir dalam genggaman Anda dalam bentuk pocket watch. Tersedia dalam dua warna, jam saku ini memiliki aksen sayap yang makin membuatnya mirip dengan snitch betulan. Anda juga bisa memakainya sebagai kalung karena jam saku ini dilengkapi dengan rantai yang panjang. Sudah siap merasa seperti juara Quidditch?

Baca juga rekomendasi produk jam lainnya di sini

Selain arloji saku, masih ada produk jam lain yang bisa melengkapi gaya Anda. Apakah Anda mempunyai merek jam tangan kesayangan? Kami mungkin punya artikel rekomendasinya di bawah ini. Jangan lupa dicek, ya!

Kesimpulan

Bagaimana ulasan kami tentang pocket watch kali ini? Sudahkah Anda menentukan jam saku mana yang akan menjadi fashion statement Anda selanjutnya? Dalam memilih, sesuaikan tipe angka dan desain bodi jam saku dengan selera dan kebutuhan Anda. 


Di tengah menjamurnya smartwatch yang canggih, jam saku yang klasik dan elegan pasti membuat tampilan Anda stand out tiada duanya. Jadi, tunggu apalagi, segera checkout pocket watch Indonesia favorit dari marketplace kesayangan Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer