• 10 Rekomendasi Mic Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Mic Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Mic Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Mic Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Mic Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Mic Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Umumnya, sebuah kamera sudah dilengkapi microphone built-in di dalamnya. Namun, untuk kelas profesional kualitas audio yang terekam mungkin terdengar kurang memuaskan. Sebagai solusinya, Anda dapat menggunakan microphone atau mic kamera. Di pasaran sendiri, Anda akan menjumpai harga microphone kamera yang beragam, baik untuk jenis lavalier maupun shotgun


Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih mic kamera yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan microphone kamera terbaik dari merk RØDE Microphones, Boya, Saramonic, dan lainnya. Mic kamera murah, microphone kamera DSLR, dan beragam mikrofon kamera lainnya akan anda temukan. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 15 April 2022
Daftar isi

Pastikan kamera Anda memiliki mic input

Pastikan kamera Anda memiliki mic input

Tidak semua kamera dapat dipasangkan mic. Untuk itu, pastikan kamera Anda memiliki dukungan terhadap fitur mic eksternal. Umumnya, kamera yang dapat dipasangkan mic adalah kamera yang memiliki mic input atau port audio 3.5 mm. Jika port audio ini tersedia, Anda dapat dengan mudah memasang dan mengoperasikan mic kamera. 


Untuk saat ini, semua mic kamera yang ada di pasaran pasti cocok untuk semua jenis kamera. Pengguna kamera pocket, DSLR, mirrorless, hingga action cam pun dapat dengan mudah memasang berbagai mic kamera. 

Cara memilih mic kamera

Di bawah ini, kami akan menjelaskan kepada Anda poin-poin yang harus diperhatikan ketika memilih mic external kamera. Silakan simak sampai tuntas, ya!

Pilih berdasarkan jenisnya

Dalam membuat video, salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah kualitas suara. Biasanya, kualitas suara akan dipengaruhi oleh jenis mikrofon yang digunakan. Di pasaran sendiri, terdapat beberapa jenis mic kamera yang sering digunakan. Untuk itu, simak lebih lanjut penjelasan di bawah ini!

Shotgun, menangkap dengan baik suara dari depan

Shotgun, menangkap dengan baik suara dari depan

Layaknya shotgun atau senapan, mic kamera tipe ini wajib diarahkan ke depan sumber suara yang dituju. Mengapa demikian? Bentuknya yang silinder menjadikan mic kamera shotgun unggul dalam menerima suara dari satu arah. Agar kualitas audionya terdengar bagus, Anda harus mengarahkan mic langsung ke sumber suara. 


Penting untuk diingat, saat digunakan sebaiknya mic tidak Anda pindahkan ke samping atau belakang sumber suara. Jika hal tersebut dilakukan, suara akan terdengar distant dan pelan. Segala karakteristik tersebut membuat jenis mic kamera ini umum digunakan untuk pembuatan film atau konten video di media sosial. 


Beberapa merek juga menjual mic kamera shotgun yang telah dilengkapi windscreen atau windshield. Windscreen pada mic kamera berfungsi untuk meredam noise dari luar, seperti suara angin, klakson, dan suara lainnya. Selain itu, mic shotgun juga dapat disambungkan langsung ke perangkat kamera sehingga tidak menghasilkan file yang terpisah. 

Lavalier, jepit ke pakaian untuk dapatkan audio mumpuni

Lavalier, jepit ke pakaian untuk dapatkan audio mumpuni

Mikrofon jenis lavalier merupakan mic berukuran kecil yang kerap digunakan oleh news anchor untuk membawakan berita. Mikrofon ini juga dikenal sebagai mic clip-on karena dapat dijepitkan ke pakaian, kerah baju, atau dimasukkan dalam saku. Dengan begitu, jenis mikrofon ini adalah pilihan ideal untuk Anda yang sering melakukan perekaman suara di luar ruangan. 


Meski ukurannya terlihat kecil, mikrofon kamera lavalier memiliki kualitas suara yang sangat baik. Hal ini karena mikrofon ditempatkan sangat dekat dengan sumber suara, kualitas audio pun optimal. Di pasaran sendiri, terdapat dua jenis mikrofon lavalier, yakni mic berkabel dan wireless

Kenali pola tangkapan suara atau polar pattern-nya

Kenali pola tangkapan suara atau polar pattern-nya

Setiap mikrofon kamera memiliki polar pattern yang berbeda. Polar pattern merupakan istilah untuk menjelaskan arah penangkapan suara dari mikrofon. Berdasarkan polar pattern, ada empat jenis mikrofon kamera:


  • Mic cardioid: Mic tipe ini menangkap sumber suara dari depan saja, biasa digunakan untuk merekam video interview ekslusif.
  • Mic super-cardioid: Lebih tajam menangkap sumber suara dari satu arah adalah ciri khas mikrofon jenis ini. Hal tersebut membuatnya sangat membantu Anda merekam suara konser langsung dari panggung. 
  • Mic bi-directional: Mic ini menangkap sumber suara dari arah depan dan belakang. Anda bisa menggunakannya untuk melakukan perekaman pada pertunjukan live musik di studio.
  • Mic omnidirectional: Karakteristik utamanya adalah mampu menangkap suara dari segala arah. Mikrofon ini biasanya digunakan untuk membuat efek blumlein pair atau rekaman stereo. Selain itu, polar pattern omnidirectional juga banyak ditemukan pada mikrofon internal kamera.

Periksa tingkat sensitivitasnya

Periksa tingkat sensitivitasnya

Sensitivitas mic adalah ukuran dari seberapa besar rasio output listrik (tegangan) dengan intensitas suara input. Sensitivitas mic external kamera dinyatakan dalam satuan desibel (dB) atau Pascal (Pa). Nah, mic yang output voltasenya rendah cenderung kalah sensitif dibandingkan mic dengan output lebih tinggi.


Sensitivitas tinggi juga dibutuhkan agar noise yang timbul tetap berada di tingkat yang rendah. Biasanya, tingkat sensitivitas mic berada pada angka -50 dB. Jika angka sensitivitas mendekati nilai nol, mic kamera dapat digunakan untuk mengambil suara lembut.

Periksa rentang frekuensinya

Periksa rentang frekuensinya

Selain tingkat sensitivitas, rentang frekuensi (frequency range) juga penting untuk diperhatikan. Umumnya, angka rentang frekuensi akan diikuti dengan kode Hz dan kHz (1.000 Hz).


Dalam memilih microphone kamera, Anda harus menyesuaikan frekuensi dengan sumber suara dan tujuan perekaman: 


  • Mic dengan frekuensi <70 Hz: Frekuensi rendah membuat mic tipe ini memadai untuk pidato atau wawancara.
  • Mic dengan frekuensi >15 kHz: Memiliki frekuensi tinggi, mikrofon jenis ini tepat dipilih untuk kebutuhan high quality sound system.

Perhatikan jenis baterai dan kapasitas dayanya

Perhatikan jenis baterai dan kapasitas dayanya

Saat Anda merekam video, bisa saja kamera dibiarkan menyala berjam-jam. Karena itu, akan sangat merepotkan jika Anda menggunakan mikrofon kamera dengan daya baterai yang tidak tahan lama. Mikrofon bisa saja mati ketika Anda tengah merekam video. 


Jika hal itu terjadi, hasil video Anda akan berakhir dengan audio yang terpotong. Jadi, jangan lupa untuk memperhatikan jenis baterai dan kapasitas dayanya. Jenis baterai yang kerap digunakan pada mikrofon kamera adalah baterai kotak, AAA, dan AA. Selain itu, terdapat juga mikrofon yang ditenagai langsung dari kamera. Jenis mikrofon ini disebut dengan tipe plug-in


Jika Anda menggunakan mikrofon kamera eksternal yang sumber dayanya berasal dari baterai, pilihlah baterai yang berkapasitas besar. Anda juga dapat memilih baterai yang dapat diisi ulang untuk menghemat biaya. 

Pastikan dapat mengurangi noise

Pastikan dapat mengurangi noise

Saat merekam dengan lensa autofocus, suara peralihan fokus dapat tertangkap oleh mic kamera sehingga mengakibatkan noise. Bahkan, guncangan kamera dan gesekan kabel juga dapat terdeteksi dan mengganggu audio yang dihasilkan.


Menggunakan tripod atau gimbal mungkin bisa mengurangi guncangan. Namun, hal tersebut tidak cukup membantu ketika Anda mengambil video sambil berjalan. Untuk itu, kami menyarankan Anda memilih mic kamera yang dilengkapi shock mount.


Selain itu, ada pula mic kamera dengan fitur atau perlengkapan antinoise yang dapat mengurangi kebocoran suara. Fitur ini dapat meminimalkan suara lalu lintas jalan raya, suara angin, bahkan hembusan napas. Jika Anda menghendaki hasil audio tanpa noise, pilihlah mic kamera yang dilengkapi dengan fitur antinoise.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Shenzhen Jiayz Photo IndustrialBOYA Omni Directional Lavalier Microphone

BY-M1

Mulai dari Rp 169.000,00

Spesialis
mybest

SaramonicUWMIC9 RX9+TX9+TX9

Mulai dari Rp 3.990.000,00

10 Rekomendasi mic kamera terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi microphone kamera terbaik yang dapat Anda beli secara online. Selamat memilih!

10
JenisShotgun
Polar patternCardioid
Jenis bateraiPlug-in (tanpa baterai)
Durasi pemakaian maksimalTidak terbatas
Shock mount/antinoise
Tingkat sensitivitas-42 dB +/- 1 dB/0 dB=1 V/Pa, 1 kHz
Rentang frekuensi35–18 kHz +/-3 dB
9
JenisShotgun
Polar patternTidak disebutkan
Jenis bateraiPlug-in (tanpa baterai)
Durasi pemakaian maksimalTidak terbatas
Shock mount/antinoiseTidak disebutkan
Tingkat sensitivitasTidak disebutkan
Rentang frekuensiTidak disebutkan
8

BOYADigital Wireless Microphone

BY-WM4 Pro-K1

Mulai dari Rp 1.120.000,00

JenisLavalier
Polar patternOmnidirectional
Jenis bateraiBaterai AAA 3V DC (2 buah)
Durasi pemakaian maksimalTidak disebutkan
Shock mount/antinoiseTidak disebutkan
Tingkat sensitivitas-90 dB +/- 3 dB/0 dB=1 V/Pa, 1 kHz
Rentang frekuensi35 Hz–14 kHz ±3 dB
7
JenisShotgun
Polar patternCardioid
Jenis bateraiPlug-in (tanpa baterai)
Durasi pemakaian maksimalTidak terbatas
Shock mount/antinoise
Tingkat sensitivitas-33.0 dB re 1 Volt/Pascal (22.00 mV @94 dB SPL) +/- 2 dB @1 kHz
Rentang frekuensi100 Hz–20 kHz
6

LensGoMicrophone Dual Wireless Lavalier Lapel System

LWM-308c

Mulai dari Rp 1.399.000,00

JenisLavalier
Polar patternTidak disebutkan
Jenis bateraiBuilt-in lithium battery
Durasi pemakaian maksimalLebih dari 6 jam
Shock mount/antinoiseTidak disebutkan
Tingkat sensitivitas>96 dB
Rentang frekuensi30 Hz–20 kHz
5
JenisShotgun
Polar patternSuper-cardioid
Jenis bateraiPlug-in (tanpa baterai)
Durasi pemakaian maksimalTidak terbatas
Shock mount/antinoise
Tingkat sensitivitas-35.0 dB re 1 Volt/Pascal (17.80 mV @ 94 dB SPL) +/- 2 dB @1 kHz
Rentang frekuensi100 Hz–16 kHz
4

SaramonicWireless Microphone System

Blink500 Pro B2(TX+TX+RX)

Mulai dari Rp 4.199.000,00

JenisLavalier
Polar patternOmnidirectional
Jenis bateraiBuilt-in Li-ion Battery/Micro USB DC 5 V/charging contact
Durasi pemakaian maksimalSekitar 8 jam
Shock mount/antinoiseTidak disebutkan
Tingkat sensitivitasBuilt-in microphone: -39 dB・Lavalier microphone: -39 dB
Rentang frekuensi50 Hz–18 kHz
3
JenisShotgun
Polar patternSuper-cardioid
Jenis baterai9V alkaline battery (arus 7.8 mA)
Durasi pemakaian maksimalLebih dari 70 jam
Shock mount/antinoise
Tingkat sensitivitas-32.0 dB re 1 Volt/Pascal (20.00 mV @94 dB SPL) +/- 2 dB @1 kHz
Rentang frekuensi40 Hz–20 kHz (selected HPF @80)
2

RØDE MicrophonesRØDELink Filmmaker Kit

Mulai dari Rp 4.995.000,00

JenisLavalier
Polar patternOmnidirectional
Jenis bateraiBaterai AA (2 buah)/Micro USB
Durasi pemakaian maksimalTidak disebutkan
Shock mount/antinoiseTidak disebutkan
Tingkat sensitivitas-33.5 db re 1 Volt/Pascal (21.00 mV @94 dB SPL) +/- 2 dB @1 kHz
Rentang frekuensi20 Hz–20 kHz
1

Audio-TechnicaStereo/Mono Camera-Mount Microphone

AT8024

Mulai dari Rp 3.309.900,00

JenisShotgun
Polar patternLine-cardioid, LR stereo
Jenis bateraiBaterai AA 1.5V (1 buah)
Durasi pemakaian maksimal80 jam
Shock mount/antinoise
Tingkat sensitivitas–37 dB (14.1 mV) re 1V at 1 Pa (Mono & LR Stereo)
Rentang frekuensi40–15.000 Hz

Tabel perbandingan produk mic kamera terbaik

Gambar produk
1
Audio-Technica Stereo/Mono Camera-Mount Microphone 1

Audio-Technica

2
RØDE Microphones RØDELink Filmmaker Kit 1

RØDE Microphones

3
RØDE Microphones VideoMic Pro 1

RØDE Microphones

4
Saramonic Wireless Microphone System 1

Saramonic

5
RØDE Microphones VideoMic GO 1

RØDE Microphones

6
LensGo Microphone Dual Wireless Lavalier Lapel System 1

LensGo

7
RØDE Microphones VideoMicro 1

RØDE Microphones

8
BOYA Digital Wireless Microphone 1

BOYA

9
Sony Gun Zoom Microphone  1

Sony

10
BOYA Cardioid Microphone 1

BOYA

Nama produk

Stereo/Mono Camera-Mount Microphone

RØDELink Filmmaker Kit

VideoMic Pro

Wireless Microphone System

VideoMic GO

Microphone Dual Wireless Lavalier Lapel System

VideoMicro

Digital Wireless Microphone

Gun Zoom Microphone

Cardioid Microphone

Keunggulan

Stereo atau mono? Semua bisa!

Suara stabil bahkan hingga jarak 100 m

Minimalkan noise dengan fitur high-pass filter

Dapat digunakan oleh dua orang sekaligus

Bobotnya sangat minim, kamera tetap ringan

Bebas dari gangguan saluran sinyal lain

Kecil-kecil cabe rawit!

Mic lavalier wireless yang mudah dioperasikan

Jangkauan audionya dapat diperbesar dan diperkecil

Dapatkan audio bersih tanpa keluar banyak biaya

Harga mulai dariRp 3.309.900,00Rp 4.995.000,00Rp 2.735.000,00Rp 4.199.000,00Rp 965.000,00Rp 1.399.000,00Rp 789.000,00Rp 1.120.000,00Rp 1.349.000,00Rp 315.000,00
JenisShotgunLavalierShotgunLavalierShotgunLavalierShotgunLavalierShotgunShotgun
Polar patternLine-cardioid, LR stereo OmnidirectionalSuper-cardioidOmnidirectionalSuper-cardioidTidak disebutkanCardioidOmnidirectional Tidak disebutkanCardioid
Jenis bateraiBaterai AA 1.5V (1 buah) Baterai AA (2 buah)/Micro USB9V alkaline battery (arus 7.8 mA)Built-in Li-ion Battery/Micro USB DC 5 V/charging contactPlug-in (tanpa baterai) Built-in lithium batteryPlug-in (tanpa baterai)Baterai AAA 3V DC (2 buah)Plug-in (tanpa baterai)Plug-in (tanpa baterai)
Durasi pemakaian maksimal80 jamTidak disebutkanLebih dari 70 jamSekitar 8 jamTidak terbatasLebih dari 6 jamTidak terbatasTidak disebutkanTidak terbatasTidak terbatas
Shock mount/antinoiseTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Tingkat sensitivitas–37 dB (14.1 mV) re 1V at 1 Pa (Mono & LR Stereo)-33.5 db re 1 Volt/Pascal (21.00 mV @94 dB SPL) +/- 2 dB @1 kHz-32.0 dB re 1 Volt/Pascal (20.00 mV @94 dB SPL) +/- 2 dB @1 kHz Built-in microphone: -39 dB・Lavalier microphone: -39 dB -35.0 dB re 1 Volt/Pascal (17.80 mV @ 94 dB SPL) +/- 2 dB @1 kHz>96 dB-33.0 dB re 1 Volt/Pascal (22.00 mV @94 dB SPL) +/- 2 dB @1 kHz-90 dB +/- 3 dB/0 dB=1 V/Pa, 1 kHzTidak disebutkan-42 dB +/- 1 dB/0 dB=1 V/Pa, 1 kHz
Rentang frekuensi40–15.000 Hz 20 Hz–20 kHz 40 Hz–20 kHz (selected HPF @80)50 Hz–18 kHz 100 Hz–16 kHz 30 Hz–20 kHz100 Hz–20 kHz35 Hz–14 kHz ±3 dB Tidak disebutkan35–18 kHz +/-3 dB
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan video lainnya di sini

Selain mic kamera, terdapat perlengkapan lain yang mungkin akan Anda butuhkan dalam membuat video. Untuk memudahkan Anda menemukan produk yang tepat, silakan klik tautan artikel berikut ini. 

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan mic kamera yang tepat? Mic kamera sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas audio pada semua jenis alat perekaman. Dengan bantuan mic kamera, Anda akan mendapatkan suara yang lebih jernih dan detail. 


Ada begitu banyak jenis mic kamera yang beredar di pasaran sehingga Anda perlu memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk itu, ketahuilah terlebih dulu polar pattern, sensitivitas, maupun rentang frekuensi mic kamera yang Anda pilih.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, banyak merek microSD card yang bagus tersedia di pasaran. Ada microSD SDXC yang menawarkan kapasitas besar hingga 2 TB. Kemudian, masih ada pilihan kapasitas lain, seperti 64 GB, 128 GB, 256 GB, dan 1 TB. Untuk speed class-nya sendiri, kami merekomendasikan microSD dengan speed class 10.Banyaknya tipe dan kapasitas microSD ini mungkin membingungkan. Karena itu, kami akan mengulas cara memilih kartu memori yang bagus. Kami juga memberikan rekomendasi merek microSD terbaik, seperti Samsung, SanDisk, dan lainnya. Bacalah setiap poinnya dengan saksama sehingga Anda dapat memilih produk tanpa ragu.
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    SD card digunakan untuk menyimpan data pada perangkat perekam, seperti kamera digital, kamera DSLR, mirrorless, CCTV, dan voice recorder. Biasanya jenis file yang disimpan di SD card adalah foto, video, dan audio.  Saat ini Anda bisa menemukan banyak merek SD card yang bagus di pasaran, seperti Sandisk, Lexar, dan Transcend. Kapasitas produknya pun beragam, mulai dari 32 GB, 64 GB, 128 GB, hingga 1 TB. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih serta berbagi rekomendasi SD card. Bacalah artikel ini hingga akhir untuk mendapatkan SD card terbaik!
    Aksesori kamera
  • 10 Tripod Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tripod Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    Tripod yang kokoh dan ringan kerap menjadi incaran fotografer. Tripod memiliki varian harga yang luas, mulai dari 100 ribuan hingga 1 jutaan. Ada banyak sekali berbagai jenis tripod, seperti untuk kamera DSLR, mirrorless, atau HP. Anda juga bisa memilih tripod besar atau tripod mini sesuai dengan kebutuhan Anda.Di sini, kami akan memberikan tips memilih dan rekomendasi tripod terbaik. Beberapa merek tripod kamera dan HP yang bagus, seperti MeFOTO, TAKARA, dan Beike juga ada di sini. Artikel ini juga telah ditinjau oleh photographer kami, Zizy Damanik. Baca ulasannya, yuk!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk merekam video agar tidak goyang, Anda harus memiliki stabilizer kamera. Saat ini, ada banyak rekomendasi gimbal kamera terbaik bisa ditemukan di pasaran. Terdapat banyak stabilizer yang bisa dipasangkan ke kamera DSLR, mirrorless, action cam, dan smartphone. Namun, tetaplah memperhatikan kompatibilitasnya.Kami rekomendasikan beberapa merk stabilizer yang bagus, seperti Zhiyun, DJI, Brica, dan lainnya. Dari sisi harga, gimbal kamera memiliki harga bervariasi, mulai harga 300-an, 1 jutaan, hingga 2 jutaan. Jika Anda masih bingung memilih stabilizer kamera yang cocok, bacalah artikel ini hingga akhir. Selamat memilih!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda seorang penggemar kamera, Anda tentu membutuhkan tas kamera. Merek ternama, seperti EIGER, Kalibre, dan Manfrotto menjual tas kamera dengan berbagai bentuk, contohnya tas bahu, backpack, dan selempang. Tidak hanya kapasitasnya yang berbeda, keunggulannya pun bermacam-macam.Berbagai pilihan yang ada mungkin akan membuat Anda kesulitan dalam memilih. Karena itu, kami akan mengenalkan produk tas kamera yang bagus beserta cara memilihnya di artikel ini. Untuk Anda para fotografer pemula dan juga profesional, jadikanlah artikel ini sebagai referensi, ya!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagian besar kamera yang tersedia di pasaran sudah dilengkapi flash kamera. Namun, terkadang cahaya dari flash kamera internal kurang mampu menghasilkan foto yang bagus dan terang. Saat itulah Anda membutuhkan flash kamera eksternal.Hanya saja, aksesori tambahan ini dapat sedikit merepotkan saat dipasangkan pada kamera. Agar tidak salah pilih, kami akan menjelaskan cara memilih flash kamera eksternal yang bagus untuk Anda. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk populer, seperti merek flash kamera Canon, Nikon, Sony, dan lainnya. Silakan baca terus artikel berikut ini.
    Aksesori kamera
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori