1. TOP
  2. >
  3. Kesehatan
  4. >
  5. Vitamin & suplemen
  6. >
  7. 10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)

Anak-anak, khususnya anak 1 tahun, sering mengalami fase susah makan sehingga membuat orang tua khawatir mengenai tumbuh kembangnya. Namun, terlalu memaksakan anak untuk makan juga berisiko membuatnya makin enggan makan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi vitamin penambah nafsu makan.


Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin untuk anak yang susah makan. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek yang bagus, seperti Scott's Emulsion, Fitkom, Blackmores, dan lainnya. Untuk melengkapi informasinya, ahli gizi, Leona Victoria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.

Diperbaharui 12-20-2022
Pakar
Nutritionist
Leona Victoria

Victoria adalah ahli gizi yang memiliki akreditasi praktik dari Dietitians Association of Australia. Wanita yang memiliki gelar Master of Nutrition and Dietetics ini sudah 10 tahun berpengalaman menangani diabetes, weight management, mindful eating, dan gizi anak. Pengalaman kerjanya di Sydney meliputi allergy clinic (RPAH), diabetes center (RNSH), dan Blacktown Medical Center. Di Indonesia Victoria banyak bekerja untuk corporate campaign seperti Kraft, Wyeth Nutrition, Meat & Livestock Australia, dan Pepsodent.

Profil Leona Victoria
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Wajarkah si kecil kehilangan nafsu makan?

Wajarkah si kecil kehilangan nafsu makan?

Salah satu masalah yang kerap dihadapi orang tua adalah anak yang susah makan, terutama saat anak berusia 1-5 tahun. Fase ini bisa membuat para orang tua khawatir. Sebenarnya, selama si kecil masih energik serta tidak tampak pucat dan lesu, pertumbuhannya akan tetap baik


Hindari memaksa anak makan dalam jumlah banyak karena malah membuatnya makin tidak ingin makan. Jika terlihat gejala tidak normal seperti pucat dan mood mudah berubah, berkonsultasilah dengan dokter. Penurunan nafsu makan bisa saja terjadi karena anak mengalami anemia, anoreksia, atau stres.

 

Untuk mengatasi anak malas makan, berilah asupan yang tepat dan ciptakan kondisi lingkungan yang menyenangkan baginya. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi suplemen atau vitamin.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Sebagai orang tua, kita harus lebih peka mencari tahu penyebab anak melakukan gerakan tutup mulut (GTM). Hal ini bisa terjadi pada anak balita, terutama untuk anak-anak yang belum dapat berbicara.


Penyebab umumnya, antara lain:

  1. Anak lebih tertarik meng-explore dunianya sehingga lupa dengan makanan

  2. Anak tumbuh gigi sehingga merasa tidak nyaman untuk mengunyah makanan

  3. Anak sakit (biasanya batuk pilek atau bisa juga ISK) sehingga tidak nyaman dan kehilangan nafsu makan

  4. Anak tidak mengenal rasa haus dan lapar karena jadwal makan yang tidak teratur

  5. Anak tidak dapat memproses tekstur makanan karena kurangnya rangsangan sensory input atau karena keadaan medis


Jika telah menemukan penyebabnya, aturlah strategi untuk kembali menggenjot asupan si kecil. Jangan biarkan anak kehilangan nafsu makan terlalu lama karena akan membuatnya makin lemas dan makin tidak nafsu makan. Tidak hanya itu, hal tersebut dapat mempertinggi risiko stunting (tinggi badan rendah) dan wasting (berat badan rendah).

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih vitamin untuk anak susah makan

Memilih suplemen untuk anak tidak boleh sembarangan. Ikutilah tips dari kami berikut ini untuk menemukan vitamin yang tepat.

① Pilih kandungan yang dapat meningkatkan nafsu makan

Ketika membeli suplemen untuk anak yang susah makan, Anda perlu memperhatikan kandungan di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa kandungan yang harus ada dalam suplemen untuk anak yang susah makan.

Zinc, omega-3, dan vitamin B1: Mampu tingkatkan nafsu makan secara optimal

Zinc, omega-3, dan vitamin B1: Mampu tingkatkan nafsu makan secara optimal

Dalam memilih vitamin untuk anak yang susah makan, pilihlah produk yang mengandung zinc dan vitamin B1. Kekurangan zinc dan vitamin B1 dapat membuat nafsu makan menurun. Ditambah lagi, kekurangan vitamin B1 juga berisiko menyebabkan berat badan mudah turun dan energi cepat habis.


Selain zinc dan vitamin B1, omega-3 juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Omega-3 adalah asam lemak esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda dapat menemukan kandungan omega-3 di dalam suplemen yang mengandung minyak ikan. Namun, jangan mengonsumsinya secara berlebih karena dapat menyebabkan peningkatan berat yang drastis.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Defisiensi zinc dan vitamin B1 dapat menyebabkan efek anoreksia atau kehilangan nafsu makan. Sementara itu, omega-3 dapat membantu pembentukan sel-sel otak. Dengan omega-3, otak anak dapat berkembang dengan baik dan responsif terhadap sinyal tubuh seperti rasa lapar dan haus.

Curcumin: Membantu meningkatkan metabolisme tubuh

Curcumin: Membantu meningkatkan metabolisme tubuh

Beberapa herba dapat membantu meningkatkan nafsu makan anak, salah satunya adalah curcumin. Kandungan curcumin di dalam temu lawak dan kunyit dapat meningkatkan metabolisme serta melancarkan pencernaan. Tidak hanya pencernaan, curcumin juga sanggup meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.


Namun, mungkin anak-anak tidak mau mengonsumsi temu lawak dan kunyit. Sebagai solusinya, Anda dapat mencampurkan dengan makanan. Supaya lebih mudah, Anda juga bisa memberi suplemen yang di dalamnya terkandung curcumin. Dengan demikian, nafsu makan anak bisa meningkat.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Kandungan curcumin sudah lama dipercaya oleh masyarakat Indonesia dapat menguatkan hati dan meningkatkan nafsu makan. Meminta anak mengonsumsi jus kunyit atau temulawak asli memang tidak mudah. Karena itu, hal tersebut dapat disiasati dengan penggunaan suplemen. Selain itu, Anda juga dapat mengkreasikan penggunaan kunyit dan kencur pada menu masakan Anda.

② Perhatikan kandungan nutrisi lainnya

Perhatikan kandungan nutrisi lainnya

Selama nafsu makan anak menurun, mungkin saja kebutuhan nutrisi mereka jadi tidak terpenuhi dengan baik. Karena itu, sebaiknya perhatikan kandungan nutrisi lain yang ada pada suplemen yang diberikan.

  • Pilihlah suplemen dengan kandungan vitamin dan mineral yang lengkap jika anak benar-benar kesulitan untuk makan.
  • Jangan lupakan juga kandungan kalsiumnya agar gigi dan tulang anak dapat bertumbuh sesuai dengan usianya.
  • Asam folat juga penting untuk menjaga perkembangan sistem saraf dan kecerdasan anak.
  • Suplemen yang mengandung ekstrak sayur dan buah pas untuk anak yang sulit mengonsumsi sayur dan buah. Vitamin sayur dan buah juga dapat membantu meningkatkan sistem imun si kecil yang sulit untuk makan.

③ Pertimbangkan bentuk suplemen yang disukai si kecil

Pertimbangkan bentuk suplemen yang disukai si kecil

Terdapat beberapa bentuk suplemen anak yang dijual di pasaran. Ada yang berbentuk tablet isap, gummy, dan sirop. Tablet isap dan gummy banyak disukai anak-anak karena bentuknya seperti permen. Rasanya pun manis dan enak. Namun, jangan dikonsumsi secara berlebihan, ya. 


Bentuk lainnya, yaitu sirop, lebih mudah dicerna tubuh. Namun, beberapa anak mungkin menolak suplemen ini karena terlihat seperti obat. Pada dasarnya, Anda dapat memberi suplemen dalam bentuk apa pun yang disukai oleh anak. Namun, berilah sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

④ Sesuaikan suplemen dengan usia anak

Sesuaikan suplemen dengan usia anak

Hal paling penting dalam membeli suplemen adalah dengan memperhatikan target usia dari produk tersebut. Pilihlah suplemen yang memang diformulasikan untuk anak-anak. Jangan memberi suplemen yang ditujukan untuk orang dewasa karena formula dan dosisnya tentu berbeda.


Suplemen untuk anak pun memiliki dosis yang berbeda-beda, tergantung pada target usianya. Karena itu, Anda perlu memeriksa label yang tertera pada suplemen tersebut. Sesuaikan suplemen dengan usia anak agar tidak menimbulkan masalah pada kesehatan anak. Hindari memilih dosis yang di bawah atau di atas usia anak.


Jika suplemen tersebut ditujukan untuk rentang usia yang panjang, misalnya antara 3–12 tahun, perhatikanlah aturan mengonsumsinya. Biasanya, hal ini tertera pada kemasan suplemen. Jadi, jangan sampai salah memberikan dosis untuk buah hati kesayangan, ya!

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Pada dasarnya, suplemen dan herba penambah nafsu makan dan penambah berat badan tidak boleh diberikan kepada anak di bawah 1 tahun. Untuk anak yang berusia 1–2 tahun, pemberian suplemen sebaiknya disesuaikan dengan rekomendasi dokter. Hal ini karena sistem pencernaan dan ginjal anak masih belum kuat mencerna asupan vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup tinggi.

⑤ Pilihlah suplemen yang aman dikonsumsi

Pilihlah suplemen yang aman dikonsumsi

Di pasaran, Anda dapat menemukan vitamin anak dengan berbagai rasa dan warna yang berbeda-beda. Pilihlah suplemen yang menggunakan perasa dan pewarna alami agar lebih aman dikonsumsi oleh si kecil.


Hindari juga suplemen yang mengandung pengawet tambahan. Jika digunakan dalam jangka panjang, bahan-bahan tambahan tersebut dapat berbahaya bagi kesehatan anak. Anda juga bisa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter anak agar tidak salah memilih suplemen.

10 Rekomendasi vitamin terbaik untuk anak susah makan

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk vitamin terbaik untuk anak susah makan yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

SOHO Global Health

Curcuma Plus Grow Emulsion

SOHO Global Health Curcuma Plus Grow Emulsion 1枚目

Kembali lahap setelah sembuh dari sakit

2

Pharos Indonesia

VEGEBlend 21 Jr

Pharos Indonesia VEGEBlend 21 Jr 1枚目

Mengandung serat sayuran, multivitamin, dan mineral yang kaya nutrisi

3

Lapi Laboratories

Apialys Drops

Lapi Laboratories Apialys Drops 1枚目

Lengkapi nutrisi sejak masa bayi sampai batita

4

Youvit

Multivitamin Gummy

Youvit Multivitamin Gummy 1枚目

Kandungan ekstrak sayur dan buah jaga daya tahan tubuh si kecil

5

Kalbe

Sakatonik ABC Tabs

Kalbe Sakatonik ABC Tabs 1枚目

Tidak hanya menyehatkan, tetapi juga edukatif!

6

GSK

Scott's Emulsion Vita Rasa Jeruk

GSK Scott's Emulsion Vita Rasa Jeruk 1枚目

Formula lebih mudah diserap, jaga kesehatan tulang lebih maksimal

7

Blackmores

Superkids Multi Chewables

Blackmores Superkids Multi Chewables 1枚目

Lebih sehat dan aman berkat 99,5% bebas gula!

8

SOHO Global Health

Fitkom Tablet

SOHO Global Health Fitkom Tablet 1枚目

Tablet isap ekonomis dengan bentuk bintang yang lucu

9

Caprifarmindo Laboratories

Elkana Emulsi

Caprifarmindo Laboratories Elkana Emulsi 1枚目

Kesehatan anak dan janin tetap terjaga

10

Merck

Sangobion Kids

Merck Sangobion Kids 1枚目

Vitamin penambah darah yang bebas bau besi, anak pun kembali ceria!

Perincian produk
Close
No.1

SOHO Global HealthCurcuma Plus Grow Emulsion

Mulai dari Rp26.800,00

Kembali lahap setelah sembuh dari sakit

Anak yang baru sembuh dari sakit juga dapat kehilangan nafsu makan. Untuk itu, Anda dapat memberikan Curcuma Plus Grow Emulsion ini untuk sang buah hati. Di dalamnya terdapat multivitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.


Sementara itu, kandungan curcumin-nya ampuh untuk menambah nafsu makan dan meredakan peradangan dalam tubuh. Ditambah lagi, anak Anda juga akan mendapat asupan minyak ikan dan kalsium dari suplemen ini.

No.2

Pharos IndonesiaVEGEBlend 21 Jr

Mulai dari Rp150.000,00

Mengandung serat sayuran, multivitamin, dan mineral yang kaya nutrisi

Kebanyakan anak-anak memang kurang menyukai sayuran karena rasanya yang cenderung hambar. Jika anak Anda juga begitu, kini Anda tak perlu khawatir. Dengan VEGEBlend 21 Jr, Anda dapat memenuhi kebutuhan asupan sayur si kecil. 


Mengandung 21 jenis sayuran dan mineral, vitamin sayuran untuk anak ini akan mencukupi kebutuhan nutrisi anak Anda. Apalagi, produk ini dibuat dengan teknologi freeze drying sehingga kandungan nutrisi di dalam sayurannya tetap terjaga. 

No.3

Lapi LaboratoriesApialys Drops

Mulai dari Rp58.500,00

Lengkapi nutrisi sejak masa bayi sampai batita

Sejak usia 6 bulan, bayi sudah mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI). Jadi, seorang bayi pun bisa saja mengalami sulit makan. Dalam keadaan seperti itu, Anda bisa memberikan Apialys Drops. 


Produk ini mampu memenuhi kebutuhan nutrisi sekaligus meningkatkan nafsu makan bayi dan anak batita. Dilengkapi dengan pipet, suplemen ini jadi lebih mudah untuk diberikan kepada bayi sekalipun.

No.4

YouvitMultivitamin Gummy

Mulai dari Rp19.900,00

Kandungan ekstrak sayur dan buah jaga daya tahan tubuh si kecil

Anak yang memiliki banyak kegiatan tentu membutuhkan asupan tambahan. Berikan suplemen gummy dari Youvit ini untuk si kecil yang aktif dan energik. Vitamin pengganti sayur dan buah untuk anak ini mengandung ekstrak dua belas sayur dan buah di dalamnya.


Kandungan ini membantu menjaga daya tahan tubuh serta meningkatkan nafsu makan anak. Selain itu, tablet kunyah yang kenyal ini pun memiliki rasa buah yang bakal membuat si kecil merasa segar.

No.5

KalbeSakatonik ABC Tabs

Mulai dari Rp15.000,00

Tidak hanya menyehatkan, tetapi juga edukatif!

Sakatonik ABC adalah tablet isap produksi PT Kalbe Farma dengan beberapa bentuk abjad yang menarik. Nah, saat memberikannya, Anda bisa sekaligus mengenalkan alfabet A, B, dan C pada si kecil.


Jadi, selain membantu menjaga kesehatan anak-anak dan meningkatkan nafsu makannya, suplemen satu ini juga edukatif. Rasanya yang enak dan berbagai kandungan vitamin di dalamnya membuat produk ini makin layak dipilih untuk sang buah hati.

No.6

GSKScott's Emulsion Vita Rasa Jeruk

Mulai dari Rp50.175,00

Formula lebih mudah diserap, jaga kesehatan tulang lebih maksimal

Anda tentu sudah tidak asing dengan suplemen minyak ikan yang satu ini. Scott's Emulsion Vita mengandung minyak hati ikan cod yang kaya akan omega-3 untuk tingkatkan nafsu makan. Formulanya dirancang agar lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan minyak ikan cod lainnya. 


Suplemen ini dapat Anda berikan untuk anak yang aktif berolahraga guna mencukupi kebutuhan nutrisinya. Kandungan vitamin D dan kalsiumnya pun bisa meningkatkan kepadatan tulang pada anak. Hadir dengan rasa jeruk, anak akan merasa nyaman saat mengonsumsinya.

No.7

BlackmoresSuperkids Multi Chewables

Mulai dari Rp133.000,00

Lebih sehat dan aman berkat 99,5% bebas gula!

Berbeda dengan suplemen anak yang umumnya tinggi gula, produk ini 99,5% bebas gula. Blackmores menggunakan rasa manis dari xylitol dan stevia yang lebih aman untuk metabolisme tubuh. Bagi Anda yang memiliki riwayat diabetes dalam keluarga, suplemen ini dapat menjadi pilihan tepat untuk anak Anda.


Di samping itu, Blackmores Superkids Multi Chewables juga menggunakan pewarna dan perasa alami dari stroberi serta jus black carrot. Selain untuk meningkatkan nafsu makan, kandungan vitamin dan mineralnya sanggup memenuhi kebutuhan nutrisi anak yang sulit makan.

No.8

SOHO Global HealthFitkom Tablet

Mulai dari Rp16.800,00

Tablet isap ekonomis dengan bentuk bintang yang lucu

Fitkom Tablet menghadirkan vitamin dengan bentuk bintang yang lucu. Dengan bentuk imutnya tersebut, produk ini cocok dipilih untuk menarik minat anak Anda dalam mengonsumsi suplemen. Tersedia dalam tiga varian rasa, vitamin buah untuk anak ini juga dijual dengan harga yang ramah kantong, lho!


Selain itu, Anda pun tidak perlu meragukan kandungan vitamin di dalam produk ini. Dilengkapi dengan sepuluh vitamin dan mineral kalsium, suplemen ini akan efektif meningkatkan nafsu makan anak sekaligus mendukung tumbuh kembangnya.

No.9

Caprifarmindo LaboratoriesElkana Emulsi

Mulai dari Rp30.532,00

Kesehatan anak dan janin tetap terjaga

Jika Anda memiiki anak kecil, tetapi sekaligus sedang mengandung, produk ini mungkin akan Anda butuhkan. Suplemen ini dapat dikonsumsi, baik oleh Anda maupun si kecil. Selain meningkatkan nafsu makan, di dalamnya terkandung choline yang baik untuk otak dan saraf anak, juga janin Anda. Pilihan yang praktis, kaya manfaat, dan terjangkau, bukan?

No.10

Vitamin penambah darah yang bebas bau besi, anak pun kembali ceria!

Anemia dapat membuat nafsu makan anak menurun. Bila anak Anda terlihat pucat dan lesu, serta diduga mengalami anemia, Anda dapat memberikan Sangobion Kids. Sangobion merupakan suplemen yang terkenal untuk mengatasi anemia. 


Formulasi zat besi di dalam produk ini diklaim lebih efektif dan dapat diserap tubuh dengan lebih cepat. Selain itu, rasa Tutti Frutti-nya pun mampu menghilangkan bau besi yang kerap muncul pada suplemen penambah darah. Rasanya ini tentu akan lebih disukai oleh anak-anak.

Tips membuat anak lebih semangat makan

Tips membuat anak lebih semangat makan

Suplemen dapat menjadi cara mengatasi anak susah makan. Namun, tentu si kecil tetap membutuhkan asupan makanan. Ada beberapa cara yang dapat Anda coba supaya anak Anda lebih bersemangat untuk makan.


  • Cara pertama adalah dengan memberi makanan kesukaan si kecil. Anda dapat mengombinasikan dengan makanan lain agar kandungan nutrisi yang diterima anak tetap seimbang.


  • Biasakan anak untuk sarapan setiap pagi. Sarapan berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh setelah semalaman tidak mendapat asupan makanan. Alhasil, metabolisme anak jadi lebih lancar dan mereka akan mudah lapar ketika sudah waktunya makan. Anda dapat memberi sarapan yang sehat, seperti buah, roti gandum, cereal, dan yogurt.


  • Beri makanan yang menarik untuk si kecil, misalnya makanan yang beraneka warna. Sebagai bekal makan di sekolah, Anda bisa coba membawakan bekal dengan desain yang lucu. Jangan lupa untuk membumbui masakan Anda agar lebih nikmat dan gurih di lidah anak.


  • Berikan makanan dalam jumlah sedikit, tetapi sering. Pilihlah makanan yang sehat, juga tinggi protein dan serat. Ini bisa menjadi cara yang efektif agar tubuhnya tetap mendapatkan nutrisi yang mencukupi.
Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Mengatur jadwal makan serta menyediakan pilihan makanan yang sehat adalah kewajiban orang tua. Jadwal makan yang teratur akan membiasakan anak terbiasa untuk mengenali rasa lapar dan haus. Hal tersebut juga membuat anak menjadi disiplin untuk makan pada jam makan. 


Selain itu, jangan lupa untuk selalu menyediakan pilihan makanan yang berkualitas dan bernutrisi di rumah ataupun sebagai bekal ke sekolah. Dengan cara itu, anak akan selalu mempunyai akses untuk makan makanan sehat. 


Variasikan juga tekstur, warna, dan bentuk makanan agar lebih menarik untuk anak. Anda juga bisa mengajak anak memilih atau memasak sendiri sayur, buah, atau daging yang ingin ia coba. Dengan demikian, anak akan lebih bersemangat saat memakannya.

Baca juga rekomendasi suplemen lainnya untuk anak di sini

Selain vitamin untuk menambah nafsu makan, anak-anak juga membutuhkan suplemen untuk sistem imun dan tumbuh kembangnya. Jika Anda ingin mengetahui lebih detail mengenai suplemen tersebut, silakan baca pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Memilih suplemen untuk anak yang sulit makan memang perlu berhati-hati. Pastikan untuk memilih suplemen yang bahan kandungannya sesuai dengan kebutuhan anak. Selanjutnya, pilihlah rasa yang disukai oleh anak agar Anda lebih mudah dalam memberikannya. 


Tak lupa, sesuaikan juga dengan budget Anda. Sesudah itu, berikan kepada anak dengan dosis yang tepat. Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit, ya! Semoga Anda merasa terbantu dengan artikel kali ini. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer