1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Makanan kecil & snack
  6. >
  7. 10 Keripik Pisang Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Keripik Pisang Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Keripik Pisang Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Keripik Pisang Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Keripik Pisang Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Keripik Pisang Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Keripik Pisang Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2023)

Saat bersantai, terkadang kita ingin ngemil sesuatu. Kebanyakan orang menjatuhkan pilihannya pada keripik. Kenikmatan dan tekstur renyahnya memang membuat orang sulit berhenti mengunyah. Nah, kini hadir keripik dari buah pisang yang bisa Anda jadikan alternatif dari keripik kentang.


Meskipun bahan utamanya sama-sama pisang, keripik pisang memiliki berbagai pilihan rasa dan jenis. Karena itu, kami akan membantu Anda memilih keripik pisang yang enak. Merek keripik pisang terkenal, seperti Zanana dan Barefood, juga ada di rekomendasi kami. Simak dengan baik, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastusi, SP. 


Diperbaharui 12-26-2022
Pakar
Penyuluh pertanian dan lifestyle blogger
Evrina Budiastuti

Evrina adalah penyuluh pertanian yang bekerja di Kabupaten Bogor. Selama 10 tahun, ia bertugas membina para petani dan kelompok tani, terutama untuk subsektor tanaman pangan dan hortikultura. Ia juga telah mendapatkan gelar penyuluh pertanian teladan tingkat nasional pada tahun 2019 dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Saat ini, Evrina tengah memperkenalkan digitalisasi bidang pertanian untuk memperkuat promosi dan pemasaran produk pertanian di wilayah binaan. Ia juga gemar berbagi informasi dunia pertanian melalui berbagai kanal digital seperti blog, podcast, dan berbagai media sosial.

Profil Evrina Budiastuti
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ulil Maulida

Ulil Maulida merupakan seorang culinary enthusiast. Menurutnya, makanan yang enak akan membuat orang bahagia secara instan. Hobi kulineran dan eksplorasi rasa membawanya untuk membangun brand roti dengan ragi alami bersama suaminya yang diberi nama “Rotibati”. Selain itu, dirinya juga memiliki ketertarikan terhadap fragrance atau dunia wewangian. Sama halnya seperti makanan, wewangian juga dapat membangkitkan mood lewat aroma yang dihirup indra penciuman.

Profil Ulil Maulida
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Pisang apa yang cocok untuk keripik?

Pisang apa yang cocok untuk keripik?

Ada belasan atau lebih jenis pisang yang dijual di pasaran. Namun, dari semua jenis pisang yang ada, hanya beberapa jenis pisang yang bagus untuk keripik. 


Beberapa literatur yang bersumber dari website Kementerian Pertanian menyebutkan bahwa pisang yang digunakan untuk membuat keripik pisang adalah yang masih mentah dari jenis plantain. Pisang plantain yang masih mentah memiliki rasa yang tidak sepat serta ideal diolah jadi keripik.


Jenis pisang yang sesuai adalah:

  • Pisang kepok
  • Pisang nangka
  • Pisang kapas
  • Pisang tanduk
  • Pisang raja uli
  • Pisang kayu
  • Pisang siem

Keripik pisang tidak hanya lezat, tetapi memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Seperti buah pisang, keripik pisang kaya akan serat, zat besi, kalium, dan magnesium. Serat tidak hanya dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, tetapi juga mengurangi masalah pencernaan. 


Selain itu, vitamin B6 juga terkandung di dalam keripik pisang. Vitamin B6 berperan untuk menambah energi dan menguatkan fungsi otak Anda. Namun, segala kebaikan tersebut dapat Anda rasakan bila keripik pisang diolah dengan cara yang sehat. Maksudnya, keripik pisang tidak diberi tambahan bahan pengawet yang berbahaya. Pastikan juga Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih keripik pisang

Agar tidak salah pilih, kami akan memberikan tips-tips memilih keripik pisang terbaik untuk Anda. Pembahasan kami di bawah ini bisa Anda jadikan referensi. Langsung simak, yuk!

① Pilih berdasarkan cara pengolahannya

Terdapat dua cara pengolahan keripik pisang yang paling umum, yaitu digoreng dan dipanggang. Kenali kelebihan dan kekurangannya masing-masing di bawah ini, yuk!

Digoreng, teksturnya lebih renyah

Digoreng, teksturnya lebih renyah

Menggoreng adalah cara yang umum dilakukan untuk membuat keripik. Keripik pisang yang digoreng akan menghasilkan keripik yang sangat renyah. Bunyi "kriuk-kriuk" ketika digigit dan rasanya yang lezat merupakan kelebihan keripik yang diolah dengan cara ini.


Namun, keripik yang digoreng mengandung kadar minyak yang cukup tinggi. Hal ini karena dibutuhkan minyak yang banyak agar keripik pisang matang merata. Karena itu, berhati-hatilah agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan, terutama bagi Anda yang memiliki masalah kolesterol. 


Selain mengandung banyak lemak, keripik pisang juga kaya akan karbohidrat. Jadi, camilan ini kurang cocok untuk Anda yang sedang berdiet.

Dipanggang, alternatif yang lebih sehat

Dipanggang, alternatif yang lebih sehat

Alternatif dari keripik yang digoreng adalah keripik yang dipanggang dengan oven. Keripik panggang tidak mengandung minyak sehingga tidak menaikkan kadar kolesterol Anda. Selain itu, kandungan lemaknya pun lebih sedikit. Anda yang sedang berdiet bisa lebih tenang mengonsumsinya.


Selain dipanggang, ada lagi cara pengolahan keripik yang sehat, yaitu dengan cara dikeringkan secara alami. Teknik pengolahan tradisional ini biasanya ditekuni oleh industri kecil rumahan di desa-desa Indonesia. Dengan dikeringkan menggunakan sinar matahari, kandungan baik dalam pisang bisa tetap terjaga sehingga menghasilkan keripik yang lebih sehat.

② Tentukan berdasarkan varian rasanya

Tak hanya teknik pengolahannnya, kini rasa keripik pisang pun sangat bervariasi. Sesuai dengan tuntutan pasar, para produsen keripik pisang pun berlomba-lomba membuat rasa yang beragam. Beberapa rasa bahkan tidak dimiliki merek keripik pisang lain!

Rasa manis, cocok untuk penggemar camilan manis

Rasa manis, cocok untuk penggemar camilan manis

Ini dia rasa yang tidak pernah absen ada pada setiap jenis camilan. Varian rasa manis pada keripik pisang bermacam-macam, contohnya rasa karamel, madu, dan susu. Bahkan pada beberapa merek, Anda bisa juga menemukan rasa buah! Rasa buah tersebut misalnya stroberi yang kini kian marak digunakan untuk menambah rasa pada keripik pisang. Unik, ya?


Pisang pada dasarnya sudah manis. Nah, bagi Anda yang ingin menikmati rasa manis pisang yang alami, Anda bisa mencoba rasa original atau plain. Ingin membeli varian rasa yang pasti disukai si kecil? Coba saja keripik pisang rasa susu yang tak hanya sweet, tetapi juga creamy!

Rasa gurih dan spicy, varian rasa yang membuat ketagihan

Rasa gurih dan spicy, varian rasa yang membuat ketagihan

Bukan keripik namanya kalau tidak ada varian rasa gurihnya. Menurut sekelompok wanita tani yang memproduksi keripik pisang binaan Evrina, varian rasa asin gurih memang lebih banyak diminati.


Anda dapat menjumpai banyak varian rasa gurih dari keripik pisang. Ada varian rasa gurih dari yang biasa seperti asin, sampai yang langka seperti smoked beef. Aneka rasa makanan ala barbeque pun tersedia, contohnya jagung bakar dan daging bakar. Varian rasa macam ini memberikan rasa sedikit smoky pada keripik pisang Anda. Terbayang lezatnya, bukan?


Bagi sebagian orang Indonesia, belum lengkap rasanya kalau tidak makan yang pedas-pedas. Hal ini disadari betul oleh produsen sehingga lahirlah keripik pisang dengan rasa balado dan spicy. Varian pedas ini pas sekali untuk Anda penyuka camilan yang pedasnya nagih!

Rasa unik lainnya, inovasi rasa baru yang kekinian

Rasa unik lainnya, inovasi rasa baru yang kekinian

Berbagai merek keripik pisang pun menciptakan varian rasa yang sedang digilai kawula muda. Hal ini bertujuan agar keripik pisang lebih bisa diterima dan tidak kalah saing dengan camilan lain yang sedang tren. Varian rasa kekinian tersebut di antaranya adalah green tea, kopi, taro, choco melt, hingga rasa milk cheese. Rasanya tidak kalah trendi dengan popcorn, bukan?


Bagi pencinta kopi, kini Anda bisa menikmati keripik pisang dengan rasa moka, kapucino, atau kopi susu. Kombinasi keripik pisang dan aroma kopi yang Anda sukai benar-benar membuat air liur Anda menetes. 


Namun, tetap ingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya. Jangan sampai kesehatan Anda malah terganggu akibat terlalu banyak nyemil keripik pisang.

③ Pertimbangkan jenis pisang asli dari Indonesia

Pertimbangkan jenis pisang asli dari Indonesia

Beberapa daerah di Indonesia menghasilkan buah pisang yang melimpah, terutama Lampung. Karena itulah, makanan olahan dari buah pisang sangat banyak jumlahnya. Selain enak, memilih snack pisang yang asli dari Indonesia dapat membantu majunya usaha anak bangsa.


Selain merek-merek snack pisang yang sudah terkenal, Anda juga bisa mencoba keripik buatan industri rumahan. Biasanya, industri seperti ini dilakoni oleh para ibu rumah tangga di waktu senggang mereka. Harganya lebih terjangkau dengan rasa yang tak kalah nikmat!

10 Rekomendasi keripik pisang terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk keripik pisang terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Melte Vanana

Keripik Pisang Lumer

Melte Vanana Keripik Pisang Lumer 1枚目

Keripik pisang berbalut saus yang lumer di mulut

2

Camilan Viral

Banana Caramel Chips

Camilan Viral Banana Caramel Chips 1枚目

Dengan metode vacuum frying, kandungan minyaknya lebih sedikit

3

Aneka Yen-Yen

Keripik Pisang Kepok

Aneka Yen-Yen Keripik Pisang Kepok 1枚目

Oleh-oleh khas Lampung yang tak boleh dilewatkan!

4

Zanana

Zanana Chips

Zanana  Zanana Chips 1枚目

Terfavorit, pelopor keripik pisang dengan rasa kekinian!

5

Sang Dewa

Keripik Pisang

Sang Dewa Keripik Pisang 1枚目

Bumbunya tidak pelit, rasa manisnya pas di lidah!

6

Abe Food

Baenana Banana Chips

Abe Food Baenana Banana Chips 1枚目

Tanpa MSG, pengawet, dan pewarna, camilan sehat untuk anak-anak

7

Barefood

BANA Healthy Banana Chips

Barefood BANA Healthy Banana Chips 1枚目

Terbuat dari pisang hijau, lebih tinggi serat dan rendah gula

8

Banana Bee

Premium Banana Crunch in Jar

Banana Bee Premium Banana Crunch in Jar 1枚目

Tersedia dalam kemasan jar, snack tidak mudah remuk

9

Oui Snack

Keripik Pisang Asin Lampung Super Tipis

Oui Snack Keripik Pisang Asin Lampung Super Tipis  1枚目

Keripik pisang original yang rasanya nagih!

10

Musae Chips

Keripik Pisang Oven

Musae Chips Keripik Pisang Oven 1枚目

Dioven, alternatif camilan yang lebih sehat

Perincian produk
Close
No.1

Melte VananaKeripik Pisang Lumer

Mulai dari Rp12.000,00

Keripik pisang berbalut saus yang lumer di mulut

Melte Vanana adalah pilihan bagi Anda yang menginginkan sensasi makan keripik pisang yang berbeda dari keripik lainnya. Setiap keping keripiknya diselimuti bumbu maupun saus yang lumer di mulut. 


Jika Anda suka camilan manis, Anda bisa memilih rasa cokelat atau susu vanila. Saat menyantapnya, Anda akan merasakan renyahnya keripik pisang yang dipadukan dengan legitnya saus creamy yang menyelimuti lidah. Rasanya yang lezat dijamin membuat Anda langsung jatuh cinta pada gigitan pertama.

No.2

Camilan ViralBanana Caramel Chips

Mulai dari Rp8.200,00

Dengan metode vacuum frying, kandungan minyaknya lebih sedikit

Banana Caramel Chips adalah camilan keripik pisang yang rendah minyak. Alih-alih digoreng (deep frying), camilan ini diolah dengan metode vacuum frying. Vacum frying adalah metode menggoreng dalam suhu rendah. Dengan demikian, kandungan minyak dalam keripik pun jadi lebih sedikit. Dengan teknik ini, nutrisi, warna, tekstur, dan rasa makanan akan lebih terjaga. 


Keripik pisang ini juga hadir dalam rasa kekinian yang menarik untuk dicoba. Setiap keping keripik pisang dibalut dengan perasa bubuk dari snack terkenal, seperti bubuk cokelat Milo, Oreo, Kit-Kat, dan lainnya. 

No.3

Aneka Yen-YenKeripik Pisang Kepok

Mulai dari Rp10.980,00

Oleh-oleh khas Lampung yang tak boleh dilewatkan!

Lampung merupakan salah satu daerah yang terkenal akan komoditas pisangnya. Tak mengherankan jika camilan keripik pisang menjadi salah satu oleh-oleh yang legendaris dari kota ini. Untuk penggemar keripik pisang, keripik Aneka Yen-Yen yang terbuat dari pisang kepok ini bisa Anda pilih. 


Pilihan rasanya pun sangat bervariasi. Ada rasa buah, rasa asin gurih, rasa dendeng balado, hingga rasa kekinian yang disukai anak muda. Namun, karena kemasan produk berisiko mudah remuk, silakan pesan ekstra bubble wrap agar keripik Anda tetap aman!

No.4

Terfavorit, pelopor keripik pisang dengan rasa kekinian!

Bagi Anda pencinta keripik pisang, mungkin nama Zanana sudah tidak asing lagi di telinga. Merek yang eksis sejak tahun 2013 ini diklaim merupakan pelopor keripik pisang kekinian di Indonesia. Awalnya, keripik ini hadir dengan lima varian rasa kekinian. Namun, seiring perkembangan merek ini menambah rasa baru yang antimainstream.


Dahsyatnya Korean wave juga mendorong Zanana menciptakan keripik rasa gochujang (pasta cabai khas Korea). Dengan inovasi tanpa henti, tak heran 90% konsumen yang mencobanya selalu membeli lagi dan lagi!

No.5

Sang DewaKeripik Pisang

Mulai dari Rp11.500,00

Bumbunya tidak pelit, rasa manisnya pas di lidah!

Anda suka menyantap keripik pisang kaya rasa yang membangkitkan selera? Jika demikian, keripik pisang merek Sang Dewa ini bisa menjadi pertimbangan Anda. Lapisan bumbu pada setiap keripiknya lebih tebal sehingga menghasilkan rasa yang rich. Meskipun begitu, cita rasa manisnya tidak berlebihan. Snack pisang dengan branding kekinian ini cocok disantap bersama teman-teman Anda!

No.6

Abe FoodBaenana Banana Chips

Mulai dari Rp22.000,00

Tanpa MSG, pengawet, dan pewarna, camilan sehat untuk anak-anak

Untuk para moms yang sedang mencari camilan sehat untuk buah hati, pertimbangkan camilan banana crispy dari Abe Food ini. Abe Food merupakan merek yang memproduksi berbagai makanan ringan untuk segmen anak-anak. Produknya diklaim tidak memakai pewarna dan pengawet buatan sehingga aman untuk buah hati Anda.


Baenana Banana Chips hadir dalam pilihan rasa yang disukai anak-anak, seperti cokelat, madu, dan keju. Perasa tambahan ini juga diklaim non-MSG, lho. Camilan yang terbuat dari pisang cavendish ini juga memiliki potongan kecil berbentuk koin sehingga mudah digenggam anak.

No.7

BarefoodBANA Healthy Banana Chips

Mulai dari Rp13.000,00

Terbuat dari pisang hijau, lebih tinggi serat dan rendah gula

Bila sebagian besar produk keripik pisang terbuat dari pisang kuning, lain halnya dengan keripik pisang BANA. Keripik ini terbuat dari pisang hijau yang diklaim lebih kaya manfaat. Pisang hijau memiliki kandungan gula yang rendah dan serat yang lebih tinggi daripada pisang kuning. Camilan ini membuat Anda kenyang lebih lama dengan kadar gula darah yang lebih stabil!

No.8

Banana BeePremium Banana Crunch in Jar

Mulai dari Rp38.000,00

Tersedia dalam kemasan jar, snack tidak mudah remuk

Kebanyakan keripik pisang dikemas dalam plastik transparan atau kemasan pouch. Namun, Banana Bee tampil beda dengan kemasan jar. Kemasan ini lebih aman saat dikirim ke luar kota karena antiremuk saat berbenturan dengan benda lain. Snack ini juga cocok dijadikan hampers untuk orang tersayang Anda. 


Dari segi kualitas, camilan pisang krispi ini tidak memakai gula tambahan untuk pemanisnya. Keripik ini juga diolah dengan minyak kelapa dan tidak memakai pengawet sehingga lebih aman untuk kesehatan.

No.9

Oui SnackKeripik Pisang Asin Lampung Super Tipis

Mulai dari Rp28.999,00

Keripik pisang original yang rasanya nagih!

Jika Anda lebih menyukai keripik pisang tradisional dibandingkan dengan yang kekinian, keripik Oui Snack jawabannya. Potongan keripiknya pipih memanjang ala keripik pisang konvensional yang selama ini kita kenal. Rasanya pun asin gurih tanpa tambahan bumbu yang neko-neko sehingga tidak membuat enek atau bosan saat mencamilnya. Camilan ini enak dinikmati bersama keluarga di rumah!

No.10

Musae ChipsKeripik Pisang Oven

Mulai dari Rp19.000,00

Dioven, alternatif camilan yang lebih sehat

Ini dia produk yang pas untuk Anda yang sedang mengurangi camilan berminyak. Pengolahan keripik pisang Musae 100% dipanggang menggunakan oven. Jadi, keripik yang dihasilkan pun bebas minyak sehingga lebih rendah lemak. Untuk Anda yang sedang diet, camilan keripik pisang oven ini bisa jadi solusi yang lebih sehat. Nikmati camilan lezat ini tanpa rasa bersalah!

Baca juga rekomendasi produk camilan lainnya di sini

Bagi Anda yang doyan mengunyah, tentu keripik pisang saja tidak cukup untuk memenuhi hasrat ngemil Anda. Kami masih punya rekomendasi makanan lain untuk stok Anda di rumah. Cek apa saja produknya di bawah ini!

Kesimpulan

Bersantai sambil ditemani sebungkus keripik pisang yang lezat memang sangat menyenangkan. Dalam memilih, perhatikan cara pengolahan keripik pisangnya. Bila Anda khawatir akan kolesterol, lebih baik pilih keripik yang dipanggang atau dikeringkan secara alami.


Kemudian, pilihlah varian rasa yang sesuai dengan selera Anda. Terakhir, perhatikan pola konsumsi camilan Anda. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan banyak makan sayur dan buah, ya! Selamat ngemil!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer