• 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Bermain pingpong adalah salah satu opsi untuk mencari keringat atau berekreasi. Akan tetapi, Anda tentu membutuhkan bola pingpong yang bagus agar permainan berjalan sesuai ekspektasi. Ada yang cocok untuk main santai hingga serius. Manakah yang harus Anda pilih?


Bola pingpong atau bola tenis meja terbuat dari bahan plastik. Namun, tergantung pada merek dan harga, karakteristiknya berbeda-beda. Karena itu, kami akan memandu Anda memilih bola pingpong terbaik. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk untuk Anda. Ada Nittaku, DHS, dan lainnya. Bila Anda hobi pingpong atau ingin berlatih, jangan lewatkan ulasannya, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Sejarah bola pingpong

Sejarah bola pingpong

Bola pingpong pada mulanya berbahan dasar seluloid. Namun, ITTF (International Table Tennis Federation) memutuskan menggunakan plastik sebagai bahan baku baru dalam produksi bola sejak 2014. Seluloid disebut langka dan dianggap tidak aman karena mudah terbakar.


Saat ini Anda akan lebih mudah menemukan bola pingpong plastik ketimbang seluloid di pasaran. Bola pingpong plastik juga populer dengan nama bola poly. Seluloid sebenarnya masih termasuk dalam jenis plastik. Nama bola poly digunakan untuk membedakan dengan bola seluloid.


Awalnya, ukuran bola pingpong standar internasional yang diakui ITTF adalah 40 mm. Namun, bola plastik tidak bisa mereplika ukuran tersebut karena lebih tebal. ITTF pun memberi kelonggaran hingga 40,4 mm. Itulah alasan produknya memiliki label 40+.


Performa bola poly dianggap tidak seapik bola seluloid. Oleh sebab itu, banyak pemain yang mencari produk dengan karakteristik mirip bola lama. Produsen pun berlomba-lomba membuat terobosan baru. Jadi, pilihan yang tersedia untuk Anda tentu jadi makin beragam.

Cara memilih bola pingpong

ITTF memang memberikan standar untuk spesifikasi bola pingpong. Akan tetapi, syaratnya tidak meliputi semua aspek. Jadi, terdapat beberapa perbedaan yang bisa Anda temukan pada tiap produk. Berikut ini kami akan lebih memerincinya untuk Anda.

Sesuaikan kualitas bola dengan level permainan

Anda mencari bola pingpong untuk bersenang-senang atau bermain serius? Terdapat produk yang lebih cocok untuk tiap tujuan penggunaan tersebut, dari bola bintang 1, 2 sampai 3. Sesuaikan saja produknya dengan level permainan yang sering Anda ikuti.

Untuk main santai atau latihan, cukup bola bintang satu atau dua

Untuk kelas entry hingga menengah, kami merekomendasikan bola pingpong bintang 1 atau 2. Kualitas produknya memang kalah bagus dengan yang bintang 3, tetapi bukan berarti tidak layak dipilih. Performanya sudah cukup untuk main santai atau latihan.


Perbedaan paling mencolok antara bola bintang 1 dan 2 dengan bintang 3 adalah durabilitas. Namun, Anda dapat menstok banyak-banyak karena harganya relatif lebih terjangkau. Produknya sering dijadikan paket ekonomis dengan kuantitas yang tinggi.


Anda bahkan bisa menemukan bola pingpong tanpa bintang di pasaran. Perlu diketahui, brand yang bagus juga tidak ketinggalan memproduksi bola pingpong tanpa bintang. Bola tersebut biasanya memang dimaksudkan untuk latihan saja. Namun, kualitasnya sudah cukup mumpuni.

Untuk pertandingan kompetitif, bola bintang tiga lebih mumpuni

Bola bintang 3 diproduksi dengan ketentuan yang ketat sehingga biaya produksinya mahal. Hal ini juga menyebabkan harga jualnya tinggi. Namun, kualitasnya ada di level tertinggi di antara semua kelas. Anda tidak akan kecewa dengan performa produknya.


Oleh sebab itu, kami merekomendasikan bola bintang 3 untuk standar pertandingan kompetitif seperti turnamen. Bola ini memiliki performa yang lebih konsisten. Selain itu, durabilitasnya lebih tinggi sehingga karakteristiknya tidak mudah berubah di tengah permainan.


Anda dapat mengunjungi website resmi ITTF untuk memeriksa produk yang memenuhi standar kompetisi resmi. Tidak semua bola bintang 3 yang beredar di pasaran terdaftar di ITTF. Izinnya bisa saja sudah habis atau sudah memenuhi standar, tetapi belum teruji.

Periksa material yang digunakan produk

Bola plastik generasi pertama menggunakan cellulose acetate sebagai bahan baku utama. Performanya jauh di bawah ekspektasi, terutama soal durabilitas. ITTF memang tidak memberikan standar material sehingga produsen bebas untuk bereksperimen.


Pada 2017, bola yang terbuat dari ABS (acrylonitrile butadiene styrene) mulai populer. Bola ini cepat mendapat banyak penggemar karena meningkatkan durabilitas dari bola poly. Produknya tidak cepat robek atau pecah saat membentur sudut-sudut tajam.


Perlu diketahui, tidak semua produsen membocorkan komposisi material dari bolanya. Produknya terkadang hanya disebut bola poly saja. Yang pasti, Anda bisa mendapatkan durabilitas yang lebih baik dengan memilih bola ABS. Produknya pun mudah ditemui di pasaran.

Pilih bola warna putih atau oranye agar lebih mudah terlihat

Pilih bola warna putih atau oranye agar lebih mudah terlihat

Tentu ada alasan kenapa bola pingpong warna putih atau oranye lebih direkomendasikan. Kedua warna tersebut bahkan menjadi standar yang digunakan ITTF. Tidak heran bila produk-produk standar turnamen resmi hanya menggunakan warna putih dan oranye.


Permukaan meja pingpong umumnya menggunakan warna hijau atau biru. Oleh karena itu, bola berwarna putih atau oranye akan terlihat sangat kontras dengan permukaan meja. Permainan pun berjalan lebih lancar karena pergerakan bola terlihat dengan jelas.


Beda cerita bila Anda menggunakan bola warna lain. Di marketplace bahkan tersedia bola berwarna hijau dan biru. Produknya memang ditujukan untuk rekreasi. Jika tujuan Anda adalah olahraga, bola tersebut tidak akan banyak membantu karena terlihat saru.

10 Rekomendasi bola pingpong terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bola pingpong terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
MaterialABS
Isi60
9
MaterialPlastik
Isi6
8
MaterialPolistirena
Isi6
7

Double FishV40+ Volant 3 Stars Table Tennis Balls

Mulai dari Rp 70.000,00

MaterialABS
Isi6
6
MaterialABS
Isi100
5

StigaPerform 40+ 3-Pack Table Tennis Balls White

Mulai dari Rp 35.000,00

MaterialABS
Isi3
4
MaterialPlastik
Isi10
3
MaterialPlastik
Isi3
2
MaterialPlastik
Isi3
1
MaterialPlastik
Isi3

Tabel perbandingan produk bola pingpong terbaik

Gambar produk
1
Donic P40+ *** Cell-Free 1

Donic

2
Butterfly G40+ 3-Star Ball White  1

Butterfly

3
Nittaku PLS 3-Star Premium 40+ 1

Nittaku

4
DHS D40+ 3*** 1

DHS

5
Stiga Perform 40+ 3-Pack Table Tennis Balls White 1

Stiga

6
SANWEI ABS Club Training Ball 1

SANWEI

7
Double Fish V40+ Volant 3 Stars Table Tennis Balls 1

Double Fish

8
Yinhe 3 Star S40+ 1

Yinhe

9
Decathlon Ttb 100 1* 40+ 1

Decathlon

10
Tuttle 2-Star T40+ 1

Tuttle

Nama produk

P40+ *** Cell-Free

G40+ 3-Star Ball White

PLS 3-Star Premium 40+

D40+ 3***

Perform 40+ 3-Pack Table Tennis Balls White

ABS Club Training Ball

V40+ Volant 3 Stars Table Tennis Balls

3 Star S40+

Ttb 100 1* 40+

2-Star T40+

Keunggulan

Membuat permainan lebih menantang dengan bola yang mudah berputar

Bola bintang 3 dengan harga yang ekonomis!

Dipercaya oleh banyak pemain veteran

Terjangkau untuk performa yang ditawarkan

Menghasilkan kecepatan tinggi, tepat untuk permainan cepat

Bersahabat dengan mesin pelontar bola pingpong

Digunakan pemain profesional dalam turnamen internasional

Tanpa sambungan, menawarkan sensasi yang berbeda

Untuk sekadar main santai bisa, untuk latihan juga bisa

Starter pack demi menjadi pemain yang lebih jago

Harga mulai dariRp 35.000,00Rp 15.000,00Rp 85.000,00Rp 60.000,00Rp 35.000,00Rp 245.000,00Rp 70.000,00Rp 90.000,00Rp 25.000,00Rp 225.000,00
MaterialPlastikPlastikPlastikPlastikABSABSABSPolistirenaPlastikABS
Isi33310310066660
Tautan produk

Apakah bola pingpong bintang 5 kualitasnya paling bagus?

Tidak hanya bintang 3, di pasaran Anda dapat menemukan bola pingpong bintang 5. Pertanyaannya, apakah bola tersebut kualitasnya paling bagus? Perlu diketahui, ITTF hanya mengakui bola bintang 3 sebagai produk yang layak digunakan untuk kompetisi.


Jumlah bintang merupakan label yang dicap sendiri oleh produsen. Lolos uji kualitas dari ITTF adalah hal yang berbeda. Jadi, bola bintang 3 atau 5 boleh saja memenuhi standar. Namun, kualitas terbaik hanya Anda dapatkan dari produk yang diakui ITTF.

Baca juga rekomendasi perlengkapan pingpong lainnya di sini

Setelah menentukan bola pingpong yang dibutuhkan, Anda bisa melengkapinya dengan raket dan sepatu khusus tenis meja. Barangkali Anda justru mencari meja pingpong? Di bawah ini kami sudah menyiapkan berbagai rekomendasi perlengkapan pingpong untuk Anda. Silakan dikunjungi untuk membaca ulasan selengkapnya dari kami!

Kesimpulan

Sudah menemukan bola pingpong yang ingin segera Anda mainkan? Saat ini bola plastik lebih umum Anda temukan di pasaran ketimbang seluloid. Pemain bola seluloid tentunya harus beradaptasi dengan situasi ini dan mencoba menguasai bola plastik.


Karakteristik bola berbeda-beda tergantung pada komposisi jenis plastik yang digunakan produsen. Namun, Anda bisa menyesuaikan produknya dengan level permainan. Bola pingpong terbaik pastinya akan membuat suasana bermain jadi makin menyenangkan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Grip Raket Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Grip Raket Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Raket menjadi salah satu perlengkapan yang dibutuhkan dalam olahraga badminton dan tenis. Salah satu komponen raket yang harus mendapatkan perawatan adalah bagian grip. Jika grip raket sudah rusak dan tidak nyaman saat digenggam, sebaiknya Anda segera menggantinya. Namun, bagaimana cara memilih grip raket yang bagus? Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih grip raket, baik untuk pemain pemula maupun atlet profesional. Produk dari merek grip raket terbaik, seperti Li-Ning, Adidas, Yonex akan Anda jumpai dalam daftar rekomendasi kami. Jadi, silakan baca artikel ini sampai tuntas, ya!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pingpong atau tenis meja adalah olahraga lintas generasi yang bisa dimainkan secara serius ataupun fun. Selain bola, bet, dan net, elemen utama yang harus ada dalam permainan ini adalah meja pingpong. Kualitas meja pingpong yang bagus bisa menjadi jaminan keseruan permainan Anda.Merek meja pingpong, seperti DONIC, Powerspin, dan Cornilleau mungkin sudah pernah Anda dengar. Namun, bagaimana dengan merek lainnya? Di artikel ini kami akan memberikan tips membeli meja pingpong terbaik dan merekomendasikan produknya. Meja pingpong mini juga ada, lho!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Akhir-akhir ini wireless earphone menjadi barang yang populer untuk digunakan saat berolahraga. Salah satu alasannya adalah karena ringkas dan nyaman digunakan bahkan ketika berlari. Saat hendak membelinya, bisa jadi Anda bingung memilih karena ada banyak pilihan earphone untuk olahraga.Salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan adalah kecocokan earphone dengan bentuk telinga agar tidak mudah jatuh. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih earphone yang bagus untuk olahraga. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan produk dari merek populer, seperti Apple, Éggel, dan SoundPEATS. Bacalah artikel berikut untuk mendapatkan produk terbaiknya.
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Skuter Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Skuter Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan banyak terlihat pengguna skuter listrik di perkotaan, baik di taman, trotoar, maupun di jalan raya. Skuter yang juga disebut skuter elektrik atau otoped listrik ini makin dilirik karena keren, canggih, dan nyaman dikendarai. Skuter listrik juga ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi seperti kendaraan bermotor. Jika Anda berencana membeli skuter listrik dalam waktu dekat, simaklah artikel ini hingga tuntas. Kami akan membagikan tips memilih skuter listrik yang bagus sekaligus merekomendasikan produk skuter listrik terbaik di pasaran. Produk merek Skutis, Segway, dan Xiaomi ada di antaranya. Selamat membaca!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Topi baseball menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan fashion. Fungsinya bukan lagi sekadar pelindung dari sinar matahari, tetapi juga sebagai penunjang style. Topi baseball mampu menambah outlook dari pemakainya, baik untuk perempuan maupun laki-laki.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih topi baseball kepada Anda. Anda akan menemukan berbagai jenis topi baseball yang bagus, mulai dari merek branded hingga topi brand lokal. Salah satu merek topi baseball terkenal yang akan kami rekomendasikan adalah Ralph Lauren, Puma, dan EIGER. Penasaran dengan merek topi lainnya? Langsung scroll ke bawah, yuk!
    Olahraga lainnya
  • 10 Ankle Support Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Ankle Support Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    Ankle support atau deker engkel kaki sering digunakan atlet basket, muay thai, dan bulu tangkis saat bertanding. Fungsi utama penggunaan ankle support adalah mencegah cedera pada pergelangan kaki. Selain itu, kegunaan ankle support adalah untuk mempercepat pemulihan cedera kaki.Ada banyak ankle support yang bisa ditemukan di pasaran. Untuk itu, kami akan membahas tips memilih ankle support yang bagus. Berbagai merek ankle support terbaik juga akan kami rekomendasikan, seperti LP Support, adidas, dan Aolikes. Ada juga tips dari injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT. Selamat membaca!
    Olahraga lainnya
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori