1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Olahraga lainnya
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Bermain pingpong adalah salah satu opsi untuk mencari keringat atau berekreasi. Akan tetapi, Anda tentu membutuhkan bola pingpong yang bagus agar permainan berjalan sesuai ekspektasi. Ada yang cocok untuk main santai hingga serius. Manakah yang harus Anda pilih?


Bola pingpong atau bola tenis meja terbuat dari bahan plastik. Namun, tergantung pada merek dan harga, karakteristiknya berbeda-beda. Karena itu, kami akan memandu Anda memilih bola pingpong terbaik. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk untuk Anda. Ada Nittaku, DHS, dan lainnya. Bila Anda hobi pingpong atau ingin berlatih, jangan lewatkan ulasannya, ya!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Sejarah bola pingpong

Sejarah bola pingpong

Bola pingpong pada mulanya berbahan dasar seluloid. Namun, ITTF (International Table Tennis Federation) memutuskan menggunakan plastik sebagai bahan baku baru dalam produksi bola sejak 2014. Seluloid disebut langka dan dianggap tidak aman karena mudah terbakar.


Saat ini Anda akan lebih mudah menemukan bola pingpong plastik ketimbang seluloid di pasaran. Bola pingpong plastik juga populer dengan nama bola poly. Seluloid sebenarnya masih termasuk dalam jenis plastik. Nama bola poly digunakan untuk membedakan dengan bola seluloid.


Awalnya, ukuran bola pingpong standar internasional yang diakui ITTF adalah 40 mm. Namun, bola plastik tidak bisa mereplika ukuran tersebut karena lebih tebal. ITTF pun memberi kelonggaran hingga 40,4 mm. Itulah alasan produknya memiliki label 40+.


Performa bola poly dianggap tidak seapik bola seluloid. Oleh sebab itu, banyak pemain yang mencari produk dengan karakteristik mirip bola lama. Produsen pun berlomba-lomba membuat terobosan baru. Jadi, pilihan yang tersedia untuk Anda tentu jadi makin beragam.

Cara memilih bola pingpong

ITTF memang memberikan standar untuk spesifikasi bola pingpong. Akan tetapi, syaratnya tidak meliputi semua aspek. Jadi, terdapat beberapa perbedaan yang bisa Anda temukan pada tiap produk. Berikut ini kami akan lebih memerincinya untuk Anda.

① Sesuaikan kualitas bola dengan level permainan

Anda mencari bola pingpong untuk bersenang-senang atau bermain serius? Terdapat produk yang lebih cocok untuk tiap tujuan penggunaan tersebut, dari bola bintang 1, 2 sampai 3. Sesuaikan saja produknya dengan level permainan yang sering Anda ikuti.

Untuk main santai atau latihan, cukup bola bintang satu atau dua

Untuk kelas entry hingga menengah, kami merekomendasikan bola pingpong bintang 1 atau 2. Kualitas produknya memang kalah bagus dengan yang bintang 3, tetapi bukan berarti tidak layak dipilih. Performanya sudah cukup untuk main santai atau latihan.


Perbedaan paling mencolok antara bola bintang 1 dan 2 dengan bintang 3 adalah durabilitas. Namun, Anda dapat menstok banyak-banyak karena harganya relatif lebih terjangkau. Produknya sering dijadikan paket ekonomis dengan kuantitas yang tinggi.


Anda bahkan bisa menemukan bola pingpong tanpa bintang di pasaran. Perlu diketahui, brand yang bagus juga tidak ketinggalan memproduksi bola pingpong tanpa bintang. Bola tersebut biasanya memang dimaksudkan untuk latihan saja. Namun, kualitasnya sudah cukup mumpuni.

Untuk pertandingan kompetitif, bola bintang tiga lebih mumpuni

Bola bintang 3 diproduksi dengan ketentuan yang ketat sehingga biaya produksinya mahal. Hal ini juga menyebabkan harga jualnya tinggi. Namun, kualitasnya ada di level tertinggi di antara semua kelas. Anda tidak akan kecewa dengan performa produknya.


Oleh sebab itu, kami merekomendasikan bola bintang 3 untuk standar pertandingan kompetitif seperti turnamen. Bola ini memiliki performa yang lebih konsisten. Selain itu, durabilitasnya lebih tinggi sehingga karakteristiknya tidak mudah berubah di tengah permainan.


Anda dapat mengunjungi website resmi ITTF untuk memeriksa produk yang memenuhi standar kompetisi resmi. Tidak semua bola bintang 3 yang beredar di pasaran terdaftar di ITTF. Izinnya bisa saja sudah habis atau sudah memenuhi standar, tetapi belum teruji.

Periksa material yang digunakan produk

Bola plastik generasi pertama menggunakan cellulose acetate sebagai bahan baku utama. Performanya jauh di bawah ekspektasi, terutama soal durabilitas. ITTF memang tidak memberikan standar material sehingga produsen bebas untuk bereksperimen.


Pada 2017, bola yang terbuat dari ABS (acrylonitrile butadiene styrene) mulai populer. Bola ini cepat mendapat banyak penggemar karena meningkatkan durabilitas dari bola poly. Produknya tidak cepat robek atau pecah saat membentur sudut-sudut tajam.


Perlu diketahui, tidak semua produsen membocorkan komposisi material dari bolanya. Produknya terkadang hanya disebut bola poly saja. Yang pasti, Anda bisa mendapatkan durabilitas yang lebih baik dengan memilih bola ABS. Produknya pun mudah ditemui di pasaran.

② Pilih bola warna putih atau oranye agar lebih mudah terlihat

Pilih bola warna putih atau oranye agar lebih mudah terlihat

Tentu ada alasan kenapa bola pingpong warna putih atau oranye lebih direkomendasikan. Kedua warna tersebut bahkan menjadi standar yang digunakan ITTF. Tidak heran bila produk-produk standar turnamen resmi hanya menggunakan warna putih dan oranye.


Permukaan meja pingpong umumnya menggunakan warna hijau atau biru. Oleh karena itu, bola berwarna putih atau oranye akan terlihat sangat kontras dengan permukaan meja. Permainan pun berjalan lebih lancar karena pergerakan bola terlihat dengan jelas.


Beda cerita bila Anda menggunakan bola warna lain. Di marketplace bahkan tersedia bola berwarna hijau dan biru. Produknya memang ditujukan untuk rekreasi. Jika tujuan Anda adalah olahraga, bola tersebut tidak akan banyak membantu karena terlihat saru.

10 Rekomendasi bola pingpong terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bola pingpong terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Donic

P40+ *** Cell-Free

Donic P40+ *** Cell-Free 1枚目

Membuat permainan lebih menantang dengan bola yang mudah berputar

2

Butterfly

G40+ 3-Star Ball White

Butterfly G40+ 3-Star Ball White  1枚目

Bola bintang 3 dengan harga yang ekonomis!

3

Nittaku

PLS 3-Star Premium 40+

Nittaku PLS 3-Star Premium 40+ 1枚目

Dipercaya oleh banyak pemain veteran

4

DHS

D40+ 3***

DHS D40+ 3*** 1枚目

Terjangkau untuk performa yang ditawarkan

5

Stiga

Perform 40+ 3-Pack Table Tennis Balls White

Stiga Perform 40+ 3-Pack Table Tennis Balls White 1枚目

Menghasilkan kecepatan tinggi, tepat untuk permainan cepat

6

SANWEI

ABS Club Training Ball

SANWEI ABS Club Training Ball 1枚目

Bersahabat dengan mesin pelontar bola pingpong

7

Double Fish

V40+ Volant 3 Stars Table Tennis Balls

Double Fish V40+ Volant 3 Stars Table Tennis Balls 1枚目

Digunakan pemain profesional dalam turnamen internasional

8

Yinhe

3 Star S40+

Yinhe 3 Star S40+ 1枚目

Tanpa sambungan, menawarkan sensasi yang berbeda

9

Decathlon

Ttb 100 1* 40+

Decathlon Ttb 100 1* 40+ 1枚目

Untuk sekadar main santai bisa, untuk latihan juga bisa

10

Tuttle

2-Star T40+

Tuttle 2-Star T40+ 1枚目

Starter pack demi menjadi pemain yang lebih jago

Perincian produk
Close
No.1

DonicP40+ *** Cell-Free

Mulai dari Rp35.000,00

Membuat permainan lebih menantang dengan bola yang mudah berputar

Bicara soal bola pingpong bintang 3 paling laris di Indonesia, produk ini adalah salah satunya. Donic P40+ dapat Anda temukan dengan mudah di marketplace. Jadi, Anda bisa selalu menstoknya banyak-banyak.


Salah satu alasan yang membuat produk ini banyak dicari adalah performanya dalam putaran. Dengan tekstur yang lebih lembut dibandingkan produk lain, bola ini lebih mudah menempel di bet. Anda yang gemar membuat bola berputar akan ketagihan bermain dengan produk ini. 

No.2

ButterflyG40+ 3-Star Ball White

Mulai dari Rp15.000,00

Bola bintang 3 dengan harga yang ekonomis!

Membeli bola bintang 3 untuk dipakai latihan memang perlu dipikir ulang. Harganya tidak bisa dibilang terjangkau dibandingkan tipe lain. Namun, Anda tidak perlu berpikir panjang untuk membawa pulang produk ini. Bola pingpong yang terdaftar di ITTF ini memiliki harga yang ekonomis.


Butterfly G40+ mempunyai bentuk bulat yang hampir sempurna. Selain itu, permukannya cenderung glossy sehingga keringat tidak akan menempel pada bola dan permukaan meja pingpong. Dengan harga dan performanya, Anda tidak perlu ragu menjadikan produk ini sebagai bola latihan untuk menghadapi kompetisi.

No.3

NittakuPLS 3-Star Premium 40+

Mulai dari Rp85.000,00

Dipercaya oleh banyak pemain veteran

Ada harga, ada barang. Itulah status yang pantas diberikan untuk produk ini. Nittaku Premium 40+ merupakan salah satu bola tenis meja terbaik yang beredar di pasaran. Meski harga satuannya tergolong tinggi, Anda tidak akan dibuat kecewa dengan performanya yang konsisten.


Anda yang menikmati rally panjang tidak boleh melewatkan produk ini. Bentuk bulat sempurna membuatnya stabil dalam segala aspek. Berlatih berbagai teknik pukulan dengan produk ini pun akan terasa lebih mudah. Produk ini lebih dipercaya pemain veteran karena memberikan feel mirip bola seluloid, bahkan mungkin lebih baik. Kekurangannya hanya durabilitas yang tidak setinggi beberapa produk lain.

No.4

Terjangkau untuk performa yang ditawarkan

Beberapa bola bintang 3 lebih menonjol dari produk sejenis lainnya, contohnya produk ini. DHS 40+ menawarkan performa unggul dari sisi putaran, kecepatan, dan pantulan. Anda dapat memanfaatkan bola ini untuk kompetisi karena sudah beberapa kali menjadi bola resmi turnamen pingpong internasional.


Selain menjadi bola pingpong yang bagus untuk kompetisi, produk ini juga cocok untuk latihan. Dengan harga dan kuantitas yang ditawarkan produk ini, Anda bisa tetap berhemat. DHS sendiri merupakan salah satu merek bola pingpong terbaik yang dapat Anda temukan di pasaran.

No.5

StigaPerform 40+ 3-Pack Table Tennis Balls White

Mulai dari Rp35.000,00

Menghasilkan kecepatan tinggi, tepat untuk permainan cepat

Stiga Perform 40+ menghasilkan kecepatan yang tergolong tinggi sebagai bola pingpong dengan seam saat dipukul. Anda yang mengutamakan kecepatan dalam permainan tentu bisa memilih produk ini. Menghasilkan pukulan kencang tentu akan terasa lebih mudah dengan bola ini.


Produk ini merupakan salah satu bola ABS terbaik yang terdaftar di ITTF. Jadi, Anda yang menyukai karakteristik dari material tersebut akan cocok dengan produk ini. Tidak sedikit juga pemain yang memilih produk ini karena durabilitasnya.

No.6

SANWEIABS Club Training Ball

Mulai dari Rp245.000,00

Bersahabat dengan mesin pelontar bola pingpong

Produk ini akan cocok untuk Anda yang berencana atau sudah memiliki mesin pelontar bola pingpong. Alasannya, Anda memerlukan bola dalam jumlah besar agar mesinnya bekerja lebih optimal. Dengan kuantitas bola yang ditawarkan produk ini, keberadaan robot pingpong milik Anda tidak akan jadi sia-sia.


Meski bola pingpong ini tidak memiliki bintang, Sanwei adalah brand yang memiliki produk terdaftar di ITTF. Durabilitasnya pun bisa diandalkan karena terbuat dari ABS. Sebagai informasi, produk ini memang sebenarnya ditujukan untuk pasar klub sebagai bola latihan.

No.7

Double FishV40+ Volant 3 Stars Table Tennis Balls

Mulai dari Rp70.000,00

Digunakan pemain profesional dalam turnamen internasional

Reputasi produk ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Double Fish V40+ merupakan bola resmi turnamen Team World Cup yang diselenggarakan oleh ITTF pada 2018 di London. Bola ini nampak bulat sempurna, punya daya tahan baik, serta menghasilkan pantulan dan putaran bola yang konsisten.


Double Fish merupakan merek bola tenis meja yang bagus dan sedang naik daun. Banyak atlet yang sudah mengakui kualitasnya. Bila Anda ingin merasakan produk yang digunakan pemain profesional, bola ini akan menjawab rasa penasaran Anda.

No.8

Tanpa sambungan, menawarkan sensasi yang berbeda

Bola pingpong yang dijual di pasaran biasanya memiliki sambungan (seam). Namun, produk ini berbeda karena seamless atau tidak menggunakan sambungan. Perlu diketahui, bola seamless jarang beredar di marketplace Indonesia. Jadi, produk ini adalah kesempatan langka untuk Anda yang ingin mencari sensasi berbeda.


Bola seamless dikenal menghasilkan putaran yang lebih banyak dan kecepatan lebih tinggi. Kekurangannya adalah durabilitasnya lebih rendah ketimbang bola dengan seam. Akan tetapi, produk ini diakui tergolong tahan banting oleh banyak pemain. Jadi, Anda tidak perlu ragu memasukkan Yinhe S40+ ke dalam wish list.

No.9

Untuk sekadar main santai bisa, untuk latihan juga bisa

Tidak semua orang main pingpong demi melatih teknik memukul. Ada juga yang lebih menikmati permainan santai sambil tertawa bersama teman. Untuk situasi tersebut, Anda dapat memilih produk ini. Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam demi mendapatkan 6 bola untuk sekadar menggerakkan badan.


Meski harganya bersahabat di kantong, kualitas bola pingpong bintang 1 ini tidak perlu diragukan. Produk Decathlon ini sudah sering dimanfaatkan untuk sesi latihan. Jadi, ketahanannya dapat Anda andalkan.

No.10

Starter pack demi menjadi pemain yang lebih jago

Bagi Anda yang sedang serius berlatih pingpong, produk ini bisa dipertimbangkan. Tuttle T40+ dapat dimasukkan ke dalam starter pack untuk siapa saja yang ingin fokus ke tenis meja. Bola pingpong bintang 2 ini akan cocok sebagai teman latihan Anda.


Meski harganya tergolong tinggi, harga satuannya jadi lebih terjangkau dibandingkan produk lain, lho. Anda sudah akan mendapatkan 60 bola dengan kualitas yang bagus. Jadi, produk ini pas sebagai persediaan jangka panjang sehingga Anda tidak perlu terlalu sering membeli bola pingpong.

Apakah bola pingpong bintang 5 kualitasnya paling bagus?

Tidak hanya bintang 3, di pasaran Anda dapat menemukan bola pingpong bintang 5. Pertanyaannya, apakah bola tersebut kualitasnya paling bagus? Perlu diketahui, ITTF hanya mengakui bola bintang 3 sebagai produk yang layak digunakan untuk kompetisi.


Jumlah bintang merupakan label yang dicap sendiri oleh produsen. Lolos uji kualitas dari ITTF adalah hal yang berbeda. Jadi, bola bintang 3 atau 5 boleh saja memenuhi standar. Namun, kualitas terbaik hanya Anda dapatkan dari produk yang diakui ITTF.

Baca juga rekomendasi perlengkapan pingpong lainnya di sini

Setelah menentukan bola pingpong yang dibutuhkan, Anda bisa melengkapinya dengan raket dan sepatu khusus tenis meja. Barangkali Anda justru mencari meja pingpong? Di bawah ini kami sudah menyiapkan berbagai rekomendasi perlengkapan pingpong untuk Anda. Silakan dikunjungi untuk membaca ulasan selengkapnya dari kami!

Kesimpulan

Sudah menemukan bola pingpong yang ingin segera Anda mainkan? Saat ini bola plastik lebih umum Anda temukan di pasaran ketimbang seluloid. Pemain bola seluloid tentunya harus beradaptasi dengan situasi ini dan mencoba menguasai bola plastik.


Karakteristik bola berbeda-beda tergantung pada komposisi jenis plastik yang digunakan produsen. Namun, Anda bisa menyesuaikan produknya dengan level permainan. Bola pingpong terbaik pastinya akan membuat suasana bermain jadi makin menyenangkan!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer