• 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Sebagai kegiatan olahraga maupun kegiatan rekreasional, tenis meja atau pingpong selalu banyak peminat. Saat bermain pingpong, tentu Anda harus menyiapkan raket dan bola. Namun, tahukah Anda kalau tidak semua bola pingpong itu sama?

Sebenarnya, bola pingpong mempunyai berbagai macam ukuran dan fungsi. Selain membagikan tips cara memilih bola pingpong yang baik, pada artikel kali ini kami akan merekomendasikan bola pingpong dari merek terkenal seperti Nittaku, DHS, dan Butterfly. Bagia Anda yang hobi main tenis meja atau ingin berlatih, jangan lewatkan ulasan ini!

  • Pembaharuan terakhir: 29 Maret 2021
  • 28.159 Views
Daftar isi

Cara memilih bola pingpong

Bola pingpong pada mulanya berbahan dasar seluloid. Namun, setelah tahun 2014, dengan alasan bahan bakunya yang berbahaya bagi kesehatan, ITTF (International Table Tennis Federation) mengubah bahan dasar bola pingpong menjadi plastik polystyrene


Di bawah ini, kami akan menjelaskan cara memilih bola pingpong yang sesuai dengan tujuan, seperti untuk latihan dan untuk berpartisipasi dalam kompetisi. Simak baik-baik penjelasannya dan pilih sesuai keinginan Anda, ya.

Pilih bola yang cocok dengan turnamen yang akan Anda ikuti

Turnamen olahraga pingpong selalu didadakan setiap tahun. Dengan mengikuti turnamen, Anda tidak hanya dapat mengukur kemampuan, tetapi juga lebih termotivasi saat latihan. Kali ini, kami akan merekomendasikan bola pingpong untuk Anda berlatih hingga untuk kejuaraan!

Untuk latihan, bola bintang satu atau dua bisa Anda gunakan

Dalam turnamen resmi, bola bintang tiga adalah bola yang diakui oleh International Table Tennis Federation (ITTF). Bola pingpong bintang tiga memiliki diameter 40 mm, berat 2,7 gram, dan berwarna putih atau oranye. Anda dapat mengenali bola pingpong bintang tiga standar ITTF dengan mudah karena ada label tiga bintang (☆) pada bolanya.


Bola bintang tiga diproduksi dengan ketentuan yang ketat sehingga biaya produksinya mahal. Hal ini juga menyebabkan harga jualnya tinggi. Jika Anda menggunakannya untuk latihan, Anda cukup menggunakan bola bintang dua atau satu, serta bola khusus untuk latihan.


Jika Anda berlatih dengan bola bintang satu atau dua, kelemahannya ada pada keakurasiannya yang tidak konsisten dan rotasi bolanya kurang baik. Selain itu, daya tahan bolanya pun cenderung tidak lama. Oleh karena itu, pilihlah bola pingpong dari produsen yang terkenal memproduksi bola berkualitas tinggi.

Untuk Anda yang ingin mengikuti turnamen, pilih bola bintang tiga untuk latihan

Untuk berlatih teknik dan serangan, mungkin Anda bisa menggunakan bola khusus latihan. Namun, jika Anda berlatih untuk mengikuti turnamen, kami menyarankan agar Anda berlatih menggunakan bola bintang tiga.


Kualitas bola pingpong tentu saja mempengaruhi kualitas permainan dan memberikan sensasi yang berbeda saat dipukul. Atlet olimpiade pun sering berlatih dengan bola resmi untuk turnamen sebelum maju bertanding. Agar dapat memvisualisasikan jalannya pertandingan sebelum pertandingan resmi, sebaiknya Anda latihan dengan bola bintang tiga!

Perhatikan rotasi bola saat menentukan kualitas bola pingpong

Meskipun sama-sama menjual bola pingpong bintang tiga, tetapi tentu saja kualitas masing-masing produsen akan berbeda. Sebelum membeli bola pingpong untuk kebutuhan turnamen, perhatikan bentuk bola dan rotasinya. Bola pingpong kualitas turnamen memiliki bentuk bulat sempurna dan rotasinya konsisten. Anda bisa mengeceknya dengan memutar bola tersebut di atas meja pingpong.


Bila bola terus berputar dengan seimbang, bola itu dianggap dapat berputar dengan konsisten. Saat bola pecah, periksalah bagian dalam bola. Jika bola memiliki jahitan yang mencolok, bola tersebut akan sulit untuk berputar secara konsisten dan memiliki sensasi yang berbeda-beda ketika dipukul.


Jika Anda mencari bola yang paling mudah digunakan untuk berlatih pada umumnya, kami merekomendasikan bola bintang tiga buatan Jepang. Kualitasnya sudah teruji hingga tingkat internasional.

Untuk Anda yang ingin menikmati rally panjang, pilihlah bola besar

Bagi Anda yang ingin menikmati permainan rally panjang, jenis bola ini dapat menjadi pilihan Anda. Bola oranye berdiameter 44 mm dan berat 2,4 gram ini lebih besar dan ringan dari bola standar sehingga cocok untuk rally panjang. Agar bola dapat berputar dengan cepat, Anda perlu memasang karet dengan permukaan halus pada raket.


Usahakan cari produsen yang menggunakan bahan yang sama dengan bola pingpong bintang tiga. Dengan bahan berkualitas, efek bola saat dipukul tentu akan berbeda dan memberikan sensasi tersendiri. Namun, karena bola ini lebih mudah pecah dibanding bola standar, memakai bola tanpa label bintang dapat jadi pilihan yang lebih hemat. 


Di Jepang, terdapat kompetisi pingpong dengan bola besar. Bola resmi yang digunakan untuk kompetisi ini adalah bola plastik bintang tiga, sama seperti kompetisi pingpong pada umumnya.

Pilih bola pingpong warna-warni untuk permainan rekreasional

Untuk Anda yang ingin bermain pingpong sebagai kegiatan rekreasi atau fun game, Anda bisa memakai bola pingpong dengan warna dan motif menghibur. Tidak hanya itu, memakai bola dengan ukuran 55 mm dan mencampurnya dengan bola pingpong lainnya akan membuat permainan makin seru dan menyenangkan.


Bila Anda ingin bermain rally panjang, Anda perlu memilih bola pingpong dengan kualitas bagus. Kami merekomendasikan bola tanpa label bintang atau bola khusus latihan. Harganya mungkin sedikit mahal, tetapi dijamin tidak akan membuat Anda kesulitan memukul.


Banyak bola pingpong warna-warni dijual dengan kualitas yang rendah. Kadang bola dengan ukuran 40 mm juga belum tentu ukurannya sesuai. Sebagian besar bola pingpong warna-warni juga ditargetkan sebagai mainan anak-anak sehingga Anda harus hati-hati saat memilih bola pingpong warna-warni.

10 Rekomendasi bola pingpong terbaik

Kami akan memperkenalkan produk bola pingpong terbaik yang kami rekomendasikan untuk bertanding di turnamen, berlatih, dan bermain sebagai kegiatan rekreasional. Simak rekomendasi berikut ini, ya!

10
MaterialPlastik poly
Isi (diameter)6 bola (40 mm)
Negara pembuatTidak ada keterangan
Tujuan kegunaanKegiatan rekreasional
9

GoSportsGoSports 55 mm XL Ping Pong Balls 12 Pack

Mulai dari Rp 713.574,00

MaterialPlastik poly
Isi (diameter)12 bola (55 mm)
Negara pembuatTidak ada keterangan
Tujuan kegunaanKegiatan rekreasional
8
MaterialPlastik ABS
Isi (diameter)10 bola (40 mm)
Negara pembuatTidak ada keterangan
Tujuan kegunaanKegiatan rekreasional, latihan
7
MaterialPlastik poly
Isi (diameter)12 bola (44 mm)
Negara pembuatJepang
Tujuan kegunaanTurnamen (large ball di Jepang), latihan
6
MaterialPlastik poly
Isi (diameter)6 (40 mm)
Negara pembuatJepang
Tujuan kegunaanLatihan
5

Double FishV40+ Volant 3 Stars Table Tennis Balls

Mulai dari Rp 68.000,00

MaterialPlastik ABS
Isi (diameter)6 bola (40 mm)
Negara pembuatCina
Tujuan kegunaanTurnamen, latihan
4
MaterialPlastik poly
Isi (diameter)6 bola (40 mm)
Negara pembuatCina
Tujuan kegunaanTurnamen, latihan
3
MaterialPlastik poly
Isi (diameter)3 (40 mm)
Negara pembuatJerman
Tujuan kegunaanTurnamen, latihan
2
MaterialPlastik ABS
Isi (diameter)10 bola (40 mm)
Negara pembuatCina
Tujuan kegunaanTurnamen, latihan
1
MaterialPlastik poly
Isi (diameter)3 bola (40 mm)
Negara pembuatJepang
Tujuan kegunaanTurnamen, latihan

Tabel perbandingan produk bola pingpong terbaik

Gambar produk
1
Nittaku PLS 3-Star Premium 40+ 1

Nittaku

2
DHS 3-Star D40+ 1

DHS

3
Butterfly G40+ 3-Star Ball White  1

Butterfly

4
Xushaofa 3-Star Seamless Ball 40+  1

Xushaofa

5
Double Fish V40+ Volant 3 Stars Table Tennis Balls 1

Double Fish

6
Nittaku J-TOP Training Ball 40+ 1

Nittaku

7
Nittaku 3-Star Large Ball 44+ 1

Nittaku

8
DHS D40+ BI Colour 1

DHS

9
GoSports GoSports 55 mm XL Ping Pong Balls 12 Pack 1

GoSports

10
Dunlop Nitro Glow 1

Dunlop

Nama produk

PLS 3-Star Premium 40+

3-Star D40+

G40+ 3-Star Ball White

3-Star Seamless Ball 40+

V40+ Volant 3 Stars Table Tennis Balls

J-TOP Training Ball 40+

3-Star Large Ball 44+

D40+ BI Colour

GoSports 55 mm XL Ping Pong Balls 12 Pack

Nitro Glow

Keunggulan

Bola dengan kualitas unggul pilihan banyak pemain!

Berkualitas unggul dan tahan banting!

Bola buatan Jerman yang sering dipakai dalam turnamen internasional

Bola seamless yang membantu Anda berlatih untuk maju ke kompetisi

Bola buatan Cina yang kualitasnya setara dengan Nittaku

Teman latihan yang tidak mudah pecah!

Diproduksi khusus untuk turnamen large ball!

Bola duotone untuk membantu menentukan putaran bola

Untuk Anda yang pemula dan yang ingin permainan dengan rally panjang

Mainkan permainan pingpong dengan bola berwarna warni!

Harga mulai dariRp 85.000,00Rp 79.200,00Rp 60.822,00Rp 100.000,00Rp 68.000,00Rp 72.000,00Rp 578.000,00Rp 59.000,00Rp 713.574,00Rp 68.000,00
MaterialPlastik polyPlastik ABSPlastik polyPlastik polyPlastik ABSPlastik polyPlastik polyPlastik ABSPlastik polyPlastik poly
Isi (diameter)3 bola (40 mm)10 bola (40 mm)3 (40 mm)6 bola (40 mm)6 bola (40 mm)6 (40 mm)12 bola (44 mm)10 bola (40 mm)12 bola (55 mm)6 bola (40 mm)
Negara pembuatJepangCinaJermanCinaCinaJepangJepangTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan
Tujuan kegunaanTurnamen, latihanTurnamen, latihanTurnamen, latihanTurnamen, latihanTurnamen, latihanLatihanTurnamen (large ball di Jepang), latihanKegiatan rekreasional, latihanKegiatan rekreasionalKegiatan rekreasional
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan olahraga pingpong atau tenis meja lainnya di sini

Setelah mengetahui jenis bola tenis meja atau pingpong yang sesuai dengan kebutuhan, selanjutnya mari menyimak perlengkapan lainnya, seperti raket dan sepatu khusus dari olahraga ini. Anda dapat membaca dan menggunakan artikel di bawah ini sebagai bahan pertimbangan untuk memilih raket dan sepatu favorit Anda. Selamat memilih!   

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan bola pingpong yang disesuaikan dengan tiga tujuan kegunaan, yaitu untuk bertanding di turnamen, latihan dan fun game. Masing-masing tujuan kegunaan menggunakan ukuran dan label bintang yang berbeda-beda. Jadi, jangan sampai salah memilih bola, ya. 


Apakah Anda sudah menemukan bola yang Anda inginkan? Gunakan artikel ini sebagai referensi dan mulailah hari Anda berlatih seperti atlet pingpong favorit Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Topi baseball seakan menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan fashion. Fungsinya sudah bukan lagi sekadar pelindung dari sinar matahari saja, tetapi sebagai penunjang style juga. Topi baseball mampu menambah outlook dari pemakainya, baik perempuan maupun laki-laki.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih topi baseball kepada Anda. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh topi baseball dari merek-merek ternama, seperti New Era, Adidas, hingga Champion. Sudah siap tampil lebih chic dengan topi baseball?
    Olahraga lainnya
    61.942 Views
  • 10 Rekomendasi Tali Skipping Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tali Skipping Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Olahraga lompat tali atau skipping kini mulai digemari oleh banyak orang. Lompat tali merupakan salah satu olahraga cardio yang paling efektif dibanding jenis olahraga lainnya. Karena itu, memilih tali skipping adalah sesuatu yang harus diperhatikan karena alat ini dapat memengaruhi pola latihan Anda. Merek olahraga seperti Kettler, LP Support, dan Xiaomi memiliki variasi tali skipping yang beragam. Untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan tali skipping yang bagus, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Sebelum itu, mari simak cara memilih yang akan kami jabarkan berikut ini!
    Olahraga lainnya
    25.181 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Dewasa dan Anak-Anak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Roda Terbaik untuk Dewasa dan Anak-Anak (Terbaru Tahun 2021)
    Bermain sepatu roda dapat membuat Anda meluncur bebas. Kini, kegiatan tersebut makin digandrungi banyak kalangan, baik dewasa maupun anak-anak. Namun, terdapat banyak sekali jenis sepatu roda di pasaran, mulai dari merek Powerslide, Cougar, LYNX, dan lain-lain. Manakah yang terbaik?Supaya Anda tidak bingung, kami akan memberikan rekomendasi sepatu roda terbaik yang telah kami pilih berdasarkan harga, kenyamanan, dan kemudahan cara pakai. Panduan memilih sepatu roda juga akan dijabarkan dengan detail sehingga pemula pun dapat menemukan produk yang sesuai. Mari temukan sepatu roda yang cocok untuk Anda!
    Olahraga lainnya
    44.538 Views
  • 10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2021)
    Akhir-akhir ini, wireless earphone menjadi barang yang populer. Salah satu alasannya adalah karena ringkas dan nyaman digunakan bahkan saat berlari. Saat hendak membelinya, bisa jadi Anda bingung memilih karena ada banyak pilihan earphone untuk olahraga. Salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan adalah kecocokan dengan bentuk telinga sehingga tidak mudah jatuh. Nah, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih earphone untuk olahraga serta merekomendasikan merek-merek populer, seperti Apple, JBL, dan ÉGGEL. Bacalah artikel berikut untuk mendapatkan produk terbaik. Selamat membaca!
    Olahraga lainnya
    34.645 Views
  • 10 Rekomendasi Skuter Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Skuter Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Skuter atau otoped anak merupakan sebuah papan dengan kemudi yang dilengkapi roda. Anda mungkin pernah memainkannya saat kanak-kanak. Pastinya Anda ingin agar anak dapat ikut merasakan keseruan yang sama. Namun, jenis skuter kini sudah makin bervariasi sehingga bisa membuat bingung dalam memilih.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih scooter anak terbaik. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek yang bagus, antara lain Decathlon dan Segway. Ada skuter listrik, injak, sampai yang roda 3. Ulasan setiap produknya pun sudah tersedia. Yuk, temukan skuter favorit anak Anda!
    Olahraga lainnya
    33.499 Views
  • 10 Deker Lutut Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Deker Lutut Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2021)
    Cedera lutut adalah mimpi buruk bagi setiap atlet, baik amatir maupun profesional. Banyak atlet yang kariernya redup karena cedera lutut. Untuk mempercepat penyembuhan cedera, banyak orang menggunakan deker lutut selama masa fisioterapi. Deker lutut juga bisa mengurangi risiko cedera saat Anda melakukan olahraga seperti voli, futsal, atau badminton.Kali ini, kami akan mengulas cara memilih dan merekomendasikan merk deker lutut yang bagus, seperti LP, Mizuno, dan adidas. Produknya berfokus pada deker lutut untuk olahraga dan pemulihan pascacedera. Simak juga tips dari dari injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT!
    Olahraga lainnya
    906 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori