mybest
Bola pingpong

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Tenis meja
  4. 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Bermain pingpong adalah salah satu opsi untuk mencari keringat atau berekreasi. Akan tetapi, Anda tentu membutuhkan bola pingpong yang bagus agar permainan berjalan sesuai ekspektasi. Ada yang cocok untuk main santai hingga serius. Manakah yang harus Anda pilih?


Bola pingpong atau bola tenis meja terbuat dari bahan plastik. Namun, tergantung pada merek dan harga, karakteristiknya berbeda-beda. Karena itu, kami akan memandu Anda memilih bola pingpong terbaik. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk yang bagus. Ada Nittaku, DHS, dan lainnya. Bila Anda hobi pingpong atau ingin berlatih, simak sampai akhir, ya!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Sejarah bola pingpong

Sejarah bola pingpong

Bola pingpong pada mulanya berbahan dasar seluloid. Namun, ITTF (International Table Tennis Federation) memutuskan menggunakan plastik sebagai bahan baku baru dalam produksi bola sejak 2014. Seluloid disebut langka dan dianggap tidak aman karena mudah terbakar.


Saat ini Anda akan lebih mudah menemukan bola pingpong plastik daripada seluloid di pasaran. Bola pingpong plastik juga populer dengan nama bola poly. Seluloid sebenarnya masih termasuk dalam jenis plastik. Nama bola poly digunakan untuk membedakan dengan bola seluloid.


Awalnya, bola tenis meja yang diakui oleh ITTF berukuran 40 mm. Namun, bola plastik tidak bisa mereplika ukuran tersebut karena lebih tebal. ITTF pun memberi kelonggaran hingga 40,4 mm. Itulah alasan produknya memiliki label 40+.


Performa bola poly dianggap tidak seapik bola seluloid. Oleh sebab itu, banyak pemain yang mencari produk dengan karakteristik mirip bola lama. Produsen pun berlomba-lomba membuat terobosan baru. Jadi, pilihan yang tersedia untuk Anda tentu jadi makin beragam. 


Di samping itu, bola tenis meja biasanya berwarna putih dan oranye. Dua warna tersebut dipilih karena kontras dengan meja pingpong yang berwarna hijau atau biru. Meski demikian, di pasaran beredar bola pingpong dengan warna beragam. Bola jenis ini biasanya ditujukan untuk rekreasi saja.

Cara memilih bola pingpong

ITTF memang memberikan standar untuk spesifikasi bola pingpong. Akan tetapi, syaratnya tidak meliputi semua aspek. Jadi, terdapat beberapa perbedaan yang bisa Anda temukan pada tiap produk. Berikut ini kami akan lebih memerincinya untuk Anda.

1

Untuk pertandingan, gunakan bola pingpong bintang 3 berstandar internasional dari DHS, Nittaku, Double Fish, atau merek populer lainnya

Untuk pertandingan, gunakan bola pingpong bintang 3 berstandar internasional dari DHS, Nittaku, Double Fish, atau merek populer lainnya

Bola bintang 3 diproduksi dengan ketentuan yang ketat sehingga biaya produksinya mahal. Hal ini juga menyebabkan harga jualnya tinggi. Namun, kualitasnya ada di level tertinggi di antara semua kelas. Anda tidak akan kecewa dengan performa produknya. Beberapa merek bola tenis meja yang bagus untuk tipe ini adalah DHS atau Nittaku.


Oleh sebab itu, kami merekomendasikan bola bintang 3 untuk standar pertandingan kompetitif, seperti turnamen. Bola ini memiliki performa yang lebih konsisten. Selain itu, durabilitasnya lebih tinggi sehingga karakteristiknya tidak mudah berubah di tengah permainan. 


Namun, di pasaran, Anda akan menemukan bola pingpong bintang 5. Mungkin Anda akan bertanya, "Apakah bola bintang 5 memiliki kualitas bagus?" Perlu diketahui, ITTF hanya mengakui bola bintang 3 sebagai produk yang layak digunakan untuk kompetisi. 


Jumlah bintang merupakan label yang dicap sendiri oleh produsen. Jadi, bola pingpong bintang 3 atau 5 boleh saja selama memenuhi standar internasional. Namun, kualitas terbaik hanya Anda dapatkan dari produk yang diakui ITTF.

2

Pertimbangkan bola pingpong bintang 3 yang belum teruji ITTF untuk bermain santai

Pertimbangkan bola pingpong bintang 3 yang belum teruji ITTF untuk bermain santai

Apabila Anda mencari bola pingpong yang digunakan untuk bermain santai, pertimbangkan bola dengan bintang 3 yang belum teruji. Di samping harganya murah, bola dengan jenis bola pingpong ini memiliki durabilitas lebih baik daripada bola berbintang di bawah 3.


Anda dapat mengunjungi website resmi ITTF untuk memeriksa standardisasi bola pingpong. Pilihlah bola pingpong yang tidak terdaftar di laman tersebut. Biasanya, bola tipe ini tidak terdaftar karena sertifikasinya habis atau tidak memenuhi standar.

3

Untuk latihan, pilih bola pingpong di bawah bintang 3 dari merek terkenal, misalnya Butterfly dan Donic

Untuk latihan, pilih bola pingpong di bawah bintang 3 dari merek terkenal, misalnya Butterfly dan Donic
Sumber: donic.com

Untuk kelas entry hingga menengah, kami merekomendasikan bola pingpong bintang 1 atau 2. Kualitas produknya memang kalah bagus dengan yang bintang 3, tetapi bukan berarti tidak layak dipilih. Performanya sudah cukup untuk main santai atau latihan.


Perbedaan paling mencolok antara bola bintang 1 dan 2 dengan bintang 3 adalah durabilitas. Namun, Anda dapat menstok banyak-banyak karena harganya relatif lebih terjangkau. Produknya sering dijadikan paket ekonomis dengan kuantitas yang tinggi.


Anda bahkan bisa menemukan bola pingpong tanpa bintang di pasaran. Perlu diketahui, brand yang bagus juga tidak ketinggalan memproduksi bola pingpong tanpa bintang. Bola tersebut biasanya memang dimaksudkan untuk latihan saja. Namun, kualitasnya sudah cukup mumpuni. Beberapa merek yang bisa dipilih adalah Donic atau Butterfly.

4

Periksa material yang digunakan produk

Periksa material yang digunakan produk

Bola plastik generasi pertama menggunakan cellulose acetate sebagai bahan baku utama. Performanya jauh di bawah ekspektasi, terutama soal durabilitas. ITTF memang tidak memberikan standar material sehingga produsen bebas untuk bereksperimen.


Pada 2017, bola pingpong yang terbuat dari ABS (acrylonitrile butadiene styrene) mulai populer. Bola ini cepat mendapat banyak penggemar karena meningkatkan durabilitas dari bola poly. Produknya tidak cepat robek atau pecah saat membentur sudut-sudut tajam.


Perlu diketahui, tidak semua produsen membocorkan komposisi material dari bolanya. Produknya terkadang hanya disebut bola poly saja. Yang pasti, Anda bisa mendapatkan durabilitas yang lebih baik dengan memilih bola ABS. Produknya pun mudah ditemui di pasaran.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi bola pingpong terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bola pingpong terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Material
Isi
Jenis bola
Level pemain
1

Donic

P40+ *** Cell-Free

Donic P40+ *** Cell-Free 1

Rp40.000

Menengah

Produk laris dengan kualitas andal di kelasnya

Plastik ABS

3

Bintang 3

Menengah, profesional

2

Butterfly

G40+ 3-Star Ball White

Butterfly G40+ 3-Star Ball White  1

Rp14.000

Agak Murah

Bola tenis meja termurah yang telah terdaftar di ITTF

Plastik

3

Bintang 3

Semua level

3

DHS

D40+ 3***

DHS D40+ 3*** 1

Rp80.000

Menengah

Kualitas unggul, andalan untuk bola resmi turnamen

Plastik

10

Bintang 3

Profesional

4

Nittaku

PLS 3-Star Premium 40+

Nittaku PLS 3-Star Premium 40+ 1

Rp88.000

Menengah

Salah satu bola tenis meja terbaik buatan Jepang

Plastik

3

Bintang 3

Profesional

5

Huieson

D40+ 3 Star Super ABS

Huieson D40+ 3 Star Super ABS 1

Rp84.000

Menengah

Ramah lingkungan berkat material plastik yang bisa didaur ulang

Plastik

3

Bintang 3

Menengah, profesional

6

Decathlon

Ttb 100 1* 40+

Decathlon Ttb 100 1* 40+ 1

Rp25.000

Agak Murah

Untuk sekadar main santai bisa, untuk latihan juga bisa

Plastik

Bintang 1

7

Hi-Qua

2 Star Premium Table Tennis Ball

Hi-Qua 2 Star Premium Table Tennis Ball 1

Rp12.500

Lebih Murah

Bermain santai makin seru dengan bola pingpong berbintang 2

Plastik

3

Bintang 2

Semua level

8

SANWEI

ABS Club Training Ball

SANWEI ABS Club Training Ball 1

Rp240.000

Agak Mahal

Bersahabat dengan mesin pelontar bola pingpong

Plastik

Bintang 3

9

Double Fish

V40+ Volant 3 Stars Table Tennis Balls

Double Fish V40+ Volant 3 Stars Table Tennis Balls 1

Rp95.000

Menengah

Bola bintang 3 yang kerap dijadikan bola resmi tunamen dunia

Plastik

6

Bintang 3

Profesional

10

Tuttle

2-Star T40+

Tuttle 2-Star T40+ 1

Rp239.000

Agak Mahal

Starter pack demi menjadi pemain yang lebih jago

Plastik

Bintang 2

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

DonicP40+ *** Cell-Free

P40+ *** Cell-Free 1
Sumber: donic.com
P40+ *** Cell-Free 2
Sumber: donic.com
P40+ *** Cell-Free 3
Sumber: donic.com
P40+ *** Cell-Free 4
Sumber: donic.com
P40+ *** Cell-Free 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp40.000
Menengah
Harga referensi
Rp40.000
Menengah

Produk laris dengan kualitas andal di kelasnya

Kami rekomendasikan Donic P40+ untuk Anda yang mencari bola tenis meja bintang 3 paling laris di marketplace. Harganya yang tidak terlalu mahal menjadi salah satu pertimbangan memilih produk ini. Meskipun tergolong murah, bola ini memiliki kualitas yang tidak kalah bagus dengan bola bintang 3 di kelasnya.


Sebut saja, bentuk bulatnya presisi dengan penyimpangan yang bisa dibilang rendah. Pantulan bola ini juga cukup baik dan responsif. Ditambah lagi, bola ini juga sudah diakui oleh ITTF. Jadi, bola Donic P40+ ini patut dijadikan alternatif pilihan bola pingpong berbintang 3 yang bagus.

MaterialPlastik ABS
Isi3
Jenis bolaBintang 3
Level pemainMenengah, profesional
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

ButterflyG40+ 3-Star Ball White

Harga referensi
Rp14.000
Agak Murah

Bola tenis meja termurah yang telah terdaftar di ITTF

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah ada bola pingpong bintang 3 dengan harga murah? G40+ 3-Star Ball White Butterfly ini adalah jawabannya. Harga di pasaran yang beredar untuk satu setnya diketahui cukup murah dibanding bola bintang 3 di kelasnya. Anda dapat menghemat banyak saat membelinya.


Selain murah, bola ini juga terdaftar di ITTF, lho! Dengan begitu, kualitasnya tentu tidak diragukan lagi. Meskipun harganya murah, tetapi kualitasnya tidak murahan.

MaterialPlastik
Isi3
Jenis bolaBintang 3
Level pemainSemua level
No.3

DHSD40+ 3***

Harga referensi
Rp80.000
Menengah

Kualitas unggul, andalan untuk bola resmi turnamen

DHS 40+ ini diketahui sebagai bola bintang 3 yang unggul dari produk lain di kelasnya, lho! Hal itu berkat kecepatan, pantulan, dan putarannya yang halus. Performanya tersebut membuatnya sering dijadikan sebagai gear turnamen. Bila Anda mendambakan bola pingpong berstandar turnamen internasional, jangan ragu memilih DHS 40+.

MaterialPlastik
Isi10
Jenis bolaBintang 3
Level pemainProfesional
No.4

NittakuPLS 3-Star Premium 40+

Harga referensi
Rp88.000
Menengah

Salah satu bola tenis meja terbaik buatan Jepang

PLS 3-Star Premium 40+ produksi Nittaku ini memiliki bentuk bulat sempurna, membuatnya stabil dalam segala aspek. Tidak heran jika banyak pemain veteran mengakui bahwa bola ini memiliki feel mirip bola seluloid. Beberapa pengguna bahkan menyatakan feel-nya lebih baik. Menarik, bukan?


Anda jadi makin nyaman berlatih berbagai gaya pukulan tanpa hambatan berarti. Terlebih, performa yang konsisten menjadikannya sebagai salah satu bola tenis meja terbaik buatan Jepang yang beredar di pasaran.

MaterialPlastik
Isi3
Jenis bolaBintang 3
Level pemainProfesional
No.5

HuiesonD40+ 3 Star Super ABS

Harga referensi
Rp84.000
Menengah

Ramah lingkungan berkat material plastik yang bisa didaur ulang

Bila Anda penyuka pingpong yang ingin berkontribusi pada kesehatan bumi, pertimbangkanlah Huieson D40+. Produk ini terbuat dari material Super ABS yang dapat didaur ulang. 


Jadi, Anda sekaligus berkontribusi pada kesehatan bumi karena materialnya yang ramah lingkungan ketika membeli produk ini. Sebagai tambahan, plastik ABS juga diketahui memiliki daya pantul tinggi sehingga bermanuver jadi makin seru bersama bola ini.

MaterialPlastik
Isi3
Jenis bolaBintang 3
Level pemainMenengah, profesional
No.6

DecathlonTtb 100 1* 40+

Harga referensi
Rp25.000
Agak Murah

Untuk sekadar main santai bisa, untuk latihan juga bisa

Kelebihan:

  • Tahan lama dan bebas dari seluloid

Kekurangan:

  • Bintang 1, tidak bisa digunakan untuk turnamen

Tidak semua orang main pingpong demi melatih teknik memukul. Ada juga yang lebih menikmati permainan santai sambil tertawa bersama teman. Untuk situasi tersebut, Anda dapat memilih produk ini. Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam demi mendapatkan enam bola untuk sekadar menggerakkan badan.


Meski harganya bersahabat di kantong, kualitas bola pingpong bintang 1 ini tidak perlu diragukan. Produk Decathlon ini sudah sering dimanfaatkan untuk sesi latihan. Jadi, ketahanannya dapat Anda andalkan.

MaterialPlastik
Isi
Jenis bolaBintang 1
Level pemain
No.7

Hi-Qua2 Star Premium Table Tennis Ball

2 Star Premium Table Tennis Ball 1
Sumber: shopee.co.id
2 Star Premium Table Tennis Ball 2
Sumber: shopee.co.id
2 Star Premium Table Tennis Ball 3
Sumber: shopee.co.id
2 Star Premium Table Tennis Ball 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp12.500
Lebih Murah
Harga referensi
Rp12.500
Lebih Murah

Bermain santai makin seru dengan bola pingpong berbintang 2

Bermain santai tentu tidak membutuhkan bola berbintang 3. Bintang 1 atau 2 saja sudah cukup mumpuni. Untuk itu, kami sarankan memilih satu slop Hi-Qua 2 Star Premium Table Tennis Ball untuk dipakai bermain santai.


Dalam satu kemasannya, Anda bisa mendapatkan tiga bola sekaligus. Jadi, Anda bisa bermain dalam ronde panjang tanpa risau satu bola yang hilang akibat salah smash.

MaterialPlastik
Isi3
Jenis bolaBintang 2
Level pemainSemua level
No.8

SANWEIABS Club Training Ball

Harga referensi
Rp240.000
Agak Mahal

Bersahabat dengan mesin pelontar bola pingpong

Kelebihan:

  • Daya tahan dan kekuatan sangat baik

Kekurangan:

  • Tidak ada kemasan kecil, pembelian harus 100 buah

Produk ini akan cocok untuk Anda yang berencana atau sudah memiliki mesin pelontar bola pingpong. Alasannya, Anda memerlukan bola dalam jumlah besar agar mesinnya bekerja lebih optimal. Dengan kuantitas bola yang ditawarkan produk ini, keberadaan robot pingpong milik Anda tidak akan jadi sia-sia.


Meski bola pingpong ini tidak memiliki bintang, Sanwei adalah brand yang memiliki produk terdaftar di ITTF. Durabilitasnya pun bisa diandalkan karena terbuat dari ABS. Sebagai informasi, produk ini memang sebenarnya ditujukan untuk pasar klub sebagai bola latihan.

MaterialPlastik
Isi
Jenis bolaBintang 3
Level pemain
No.9

Double FishV40+ Volant 3 Stars Table Tennis Balls

Harga referensi
Rp95.000
Menengah

Bola bintang 3 yang kerap dijadikan bola resmi tunamen dunia

Anda mau merasakan produk yang dipakai para pemain profesional? Nah, kami rekomendasikan memilih Double Fish V40+. Reputasi produk ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Bola ini dijadikan bola resmi turnamen di Macao (2020) dan Singapura (2021). Bahkan, bola ini juga didapuk sebagai bola resmi turnamen dunia 2022 di China dan 2023 di Afrika Selatan, lho!


Hal itu berkat daya tahannya yang tinggi, bulatan sempurna, serta pantulan yang konsisten. Tidak heran jika banyak atlet pingpong yang telah mengonfirmasi kualitas produk bola bintang 3 ini.

MaterialPlastik
Isi6
Jenis bolaBintang 3
Level pemainProfesional
No.10

Tuttle2-Star T40+

Harga referensi
Rp239.000
Agak Mahal

Starter pack demi menjadi pemain yang lebih jago

Kelebihan:

  • Memiliki durabilitas yang tinggi


Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam kemasan besar, yakni isi 60
  • Masih ada sambungan pada bola

Bagi Anda yang sedang serius berlatih pingpong, produk ini bisa dipertimbangkan. Tuttle T40+ dapat dimasukkan ke dalam starter pack untuk siapa saja yang ingin fokus ke tenis meja. Bola pingpong bintang 2 ini akan cocok sebagai teman latihan Anda.


Meski harganya tergolong tinggi, harga satuannya jadi lebih terjangkau dibandingkan produk lain, lho. Anda sudah akan mendapatkan 60 bola dengan kualitas yang bagus. Jadi, produk ini pas sebagai persediaan jangka panjang sehingga Anda tidak perlu terlalu sering membeli bola pingpong.

MaterialPlastik
Isi
Jenis bolaBintang 2
Level pemain

Baca juga rekomendasi perlengkapan pingpong lainnya di sini

Setelah menentukan bola pingpong yang dibutuhkan, Anda bisa melengkapinya dengan raket dan sepatu khusus tenis meja. Barangkali Anda justru mencari meja pingpong? Di bawah ini kami sudah menyiapkan berbagai rekomendasi perlengkapan pingpong untuk Anda. Silakan dikunjungi untuk membaca ulasan selengkapnya dari kami!

Kesimpulan

Sudah menemukan bola pingpong yang ingin segera Anda mainkan? Saat ini bola plastik lebih umum Anda temukan di pasaran ketimbang seluloid. Pemain bola seluloid tentunya harus beradaptasi dengan situasi ini dan mencoba menguasai bola plastik.


Karakteristik bola berbeda-beda tergantung pada komposisi jenis plastik yang digunakan produsen. Namun, Anda bisa menyesuaikan produknya dengan level permainan. Bola pingpong terbaik pastinya akan membuat suasana bermain jadi makin menyenangkan!

5 Rekomendasi Bola Pingpong terbaik

No. 1: DonicP40+ *** Cell-Free

No. 2: ButterflyG40+ 3-Star Ball White

No. 3: DHSD40+ 3***

No. 4: NittakuPLS 3-Star Premium 40+

No. 5: HuiesonD40+ 3 Star Super ABS

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Tenis meja
  4. 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.