• 10 Rekomendasi Mangkuk Tahan Panas Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Mangkuk Tahan Panas Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Mangkuk Tahan Panas Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Mangkuk Tahan Panas Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Mangkuk Tahan Panas Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Mangkuk Tahan Panas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Mangkuk mungkin bukanlah perlengkapan masak yang asing. Namun, tidak semua mangkuk bisa digunakan untuk makanan panas. Untuk memasak menggunakan pemanas seperti microwave atau oven, Anda memerlukan mangkuk tahan panas. Untungnya kini sudah tidak asing lagi menemukan mangkuk tahan panas di pasaran.


Mangkuk tahan panas yang dijual oleh Pyrex atau Luminarc umumnya terbuat dari kaca yang stabil. Namun, ada juga yang berbahan dasar plastik dengan bobot ringan seperti produk milik IKEA. Kali ini kami akan memperkenalkan produk mangkuk tahan panas terbaik beserta cara memilihnya. Jadikan artikel ini referensi pilihan Anda, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 15 Maret 2020
  • 7.783 Views
Daftar isi

Cara memilih mangkuk tahan panas

Mangkuk tahan panas sudah banyak dijual secara online. Ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan seperti material pembuatannya dan ukurannya. Agar Anda tidak salah pilih, simak ulasan berikut, ya!

Pilih material mangkuk berdasarkan kegunaan dan cara perawatannya

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah melihat material mangkuk dan cara perawatannya. Kami akan menjelaskan masing-masing material yang ada di setiap produk dan cara memilihnya. Simak penjelasan berikut, ya.

Material kaca, tahan lama dan dapat digunakan di oven

Material kaca, tahan lama dan dapat digunakan di oven

Anda mencari produk yang tahan lama dan dapat digunakan untuk memasak dengan oven? Kami rekomendasikan mangkuk kaca buatan Pyrex, Arcuisine, atau Duralex. Mangkuk kaca adalah pilihan tepat bila Anda ingin melihat kondisi masakan seperti ketika membuat patty. Sebagai langkah desinfektan, Anda bisa merebusnya juga sehingga bahan ini cukup aman.


Salah satu kekurangan dari mangkuk ini adalah bobotnya cukup berat. Namun, karena kestabilannya, mangkuk kaca cocok untuk pekerjaan yang membutuhkan tenaga seperti membuat krim segar. Positifnya, mangkuk ini tidak mudah tergores, berbau, dan berubah warna. Perlu Anda ingat bahwa mangkuk ini belum tentu kompatibel dengan freezer dan mesin pencuci piring.  

Material Plastik, bobotnya ringan, bisa dicuci dengan mesin, dan harganya terjangkau

Material Plastik, bobotnya ringan, bisa dicuci dengan mesin, dan harganya terjangkau

Anda ingin produk yang mudah digunakan dan memiliki beragam pilihan warna? Pilihlah mangkuk plastik. Selain ringan dan tidak mudah rusak, Anda dapat menggunakannya dengan aman di rumah meskipun ada anak kecil. Walaupun tidak bisa masuk oven, Anda dapat menggunakannya di microwave atau bahkan merebusnya di dalam air panas.


Selain itu, banyak produk plastik dapat masuk freezer sehingga praktis untuk menyimpan bahan makanan yang ingin disimpan di kulkas. Meskipun ada kemungkinan berubah warna dan bau, produk mangkuk plastik tetap menjadi pilihan karena biasanya harganya lebih terjangkau dan kualitasnya cukup bagus.

Material polikarbonat, pilihan unggul paling terkini!

Material polikarbonat, pilihan unggul paling terkini!

Polikarbonat merupakan material unggul yang mulai banyak digunakan dalam berbagai peralatan masak. Mirip plastik, tetapi lebih tahan panas dan asam sehingga cocok untuk membuat dressing. Meskipun tidak kompatibel dengan oven, mangkuk ini kompatibel dengan freezer sehingga cocok untuk menyimpan makanan beku.


Selain itu, material polikarbonat mempunyai daya tahan tinggi sehingga dapat dikatakan bahan hybrid kaca dan plastik. Jika Anda baru pertama kali mencobanya, Anda pasti kagum dengan kemudahan penggunaannya. Harga dan kualitasnya juga sebanding sehingga sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin membuat berbagai variasi makanan.

Mangkuk tahan panas yang populer di Indonesia

Di antara material mangkuk tahan panas di atas, mangkuk berbahan dasar kaca masih mendominasi di Indonesia. Keunggulan material kaca yang mampu menahan temperatur tinggi memang jadi pilihan yang mudah dan tepat bagi pengguna microwave atau oven. Selain itu, sebagian besar mangkuk dengan bahan dasar polikarbonat di Indonesia masih sulit ditemukan.

 

Sesuaikan ukuran mangkuk dengan makanan yang ingin Anda buat

Setelah menentukan material yang diinginkan, selanjutnya mari menentukan ukuran. Penggunaan mangkuk tahan panas akan bervariasi tergantung pada ukuran dan masakan yang akan Anda buat. Simak yuk penjelasannya!

Mangkuk ukuran 20-25 cm ideal untuk segala jenis masakan!

Mangkuk ukuran 20-25 cm ideal untuk segala jenis masakan!

Jika Anda ingin menggunakan mangkuk tahan panas untuk berbagai masakan, kami rekomendasikan mangkuk dengan diameter sekitar 20 cm hingga 25 cm. Dengan diameter yang besar, Anda dapat mencampur salad atau bahan masakan lainnya. Sesuai juga untuk membuat adonan kue atau krim segar.


Bila Anda mempunyai sedikit tempat menyimpan dan jarang memasak, Anda dapat memilih mangkuk dengan diameter 20 cm. Sementara, jika Anda ingin membuat adonan kue dan krim segar dengan mixer untuk sekeluarga besar, Anda dapat memilih mangkuk dengan diameter 25 cm.


Selain itu, ada beberapa mangkuk tahan panas yang kedalamannya tidak terlalu dalam. Dengan mangkuk ini, Anda dapat menyiapkan bahan makanan langsung di mangkuk, lalu kemudian memasukkannya ke oven untuk dimasak. 

Mangkuk ukuran kecil yang bisa dibagi-bagi, pas untuk bekal atau Anda yang tinggal sendiri

Mangkuk ukuran kecil yang bisa dibagi-bagi, pas untuk bekal atau Anda yang tinggal sendiri

Bagi Anda yang tinggal sendiri atau yang suka memasak dengan banyak persiapan, kami rekomendasikan mangkuk ukuran kecil dengan diameter sekitar 10 cm. Ukurannya yang kecil sangat cocok untuk membuat dressing atau saus, melelehkan mentega di microwave, atau untuk mencicipi sup. 


Kami juga merekomendasikan set mangkuk stackable yang mempunya ukuran kecil hingga besar, terutama yang dapat disimpan dalam lemari es dan freezer. Dengan begitu, Anda dapat menggunakannya untuk menyimpan nasi hingga sisa lauk. Ingin memanaskan atau membuat bekal? Masukkan ke microwave, beres! 

Periksa batas ketahanannya terhadap panas dan perubahan suhu mendadak

Periksa batas ketahanannya terhadap panas dan perubahan suhu mendadak

Beberapa mangkuk diberi keterangan batas temperatur yang jelas, misalnya -20 hingga 120 derajat celcius. Hal ini memungkinkan Anda untuk menuangkan air panas atau mendinginkan air di freezer. Selain itu, ada juga istilah thermal shock resistant, yang berarti ketahanan mangkuk terhadap perubahan suhu mendadak dari dingin ke panas, dan sebaliknya. 


Misalnya, jika terdapat keterangan batas ketahanan temperatur panas seperti 120 derajat celcius, ini tidak berarti mangkuk ini hanya dapat digunakan hingga 120 derajat celcius. Namun, mangkuk ini dapat menahan perubahan suhu mendadak hingga 120 derajat celcius. Dengan melihat keterangan ini, Anda dapat menggunakan mangkuk ini untuk tempering cokelat. 


Ada kalanya mangkuk hanya diberi label oven save, yang diperkirakan mampu menahan panas hingga sekitar 300 derajat celcius. Jadi, sebelum menggunakannya di oven, pastikan melihat labelnya terlebih dahulu. Berhati-hatilah saat memindahkan wadah panas dari oven ke dalam air dingin atau memegangnya dengan kain lap dingin karena dapat menyebabkan kerusakan!

Perhatikan juga fitur tambahan pada mangkuk Anda

Perhatikan juga fitur tambahan pada mangkuk Anda

Kami telah memperkenalkan cara memilih mangkuk tahan panas dengan bentuk yang serupa. Tapi, tahukah Anda kalau ada kunci penentu terakhir dalam memilih mangkuk tahan panas?


Ketika membuat telur kocok atau dressing, kesulitannya sering kali terjadi saat memindahkannya ke wadah lain. Untuk itu, memakai mangkuk dengan moncong adalah pilihan yang praktis. Memilih mangkuk dengan skala ukuran juga akan membantu Anda untuk menakar bahan dengan pasti. Perhatikan fitur tambahan setiap mangkuk sebelum membelinya!

10 Rekomendasi mangkuk tahan panas terbaik

Berikut kami akan memperkenalkan mangkuk tahan panas terbaik yang dapat ditemukan di berbagai situs jual beli di Indonesia. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya.

10
MaterialPolypropylene, silikon
DiameterKecil: 10,4 cm (atas) & 6 cm (bawah); Sedang: 13 cm (atas) & 7,8 cm (bawah); Besar: 15,5 cm (atas) & 9,5 cm (bawah)
VolumeKecil: setara 1,5 cup; Sedang: setara 3 cup; Besar: setara 3,5 cup
BeratTidak tercantum
Batas temperatur tahan panasTidak tercantum
Peralatan dapur yang KompatibelMicrowave (tanpa tutup)
9
MaterialPorselen feldspar
Diameter22 cm
VolumeTidak tercantum
Berat0,85 kg
Batas temperatur tahan panasTidak tercantum
Peralatan dapur yang kompatibelMicrowave, mesin pencuci piring
8
MaterialKaca (tempered glass)
DiameterTidak tercantum
VolumeKecil: 500 ml; Sedang: 1000 ml; Besar: 1750 ml
BeratTidak tercantum
Batas temperatur tahan panasTidak tercantum
Peralatan dapur yang kompatibelMicrowave (tanpa tutup), dishwasher, kulkas, freezer
7
MaterialKaca (tempered glass)
Diameter21 cm
Volume2 liter
Berat0,62 kg
Batas temperatur tahan panas-20 hingga 100℃
Peralatan dapur yang kompatibelMicrowave, mesin pencuci piring
6
MaterialKaca (tempered glass)
Diameter20 cm
Volume1,59 L
Berat1,5 kg
Batas temperatur tahan panas-20 hingga 100℃
Peralatan dapur yang kompatibelMicrowave, mesin pencuci piring, freezer
5
MaterialKaca antigores (tempered glass)
Diameter23 cm
Volume2,9 L
Berat0,85 kg
Batas temperatur tahan panas-20 hingga 110ºC
Peralatan dapur yang kompatibelMicrowave, mesin pencuci piring
4
MaterialPlastik polipropilena
Diameter22 cm & 26 cm
Volume2,3 L & 3,7 L
BeratTidak tercantum
Batas temperatur tahan panas100°C
Peralatan dapur yang kompatibelMicrowave, mesin pencuci piring, freezer
3
MaterialWadah: kaca; Tutup: plastik BPA free
Diameter17,8 cm
Volume1,2 L
Berat±0,5 kg
Batas temperatur tahan panas180℃
Peralatan dapur yang kompatibelMicrowave (tanpa tutup), oven (tanpa tutup), mesin pencuci piring, freezer
2
MaterialKaca (tempered glass)
Diameter21 cm
Volume2,35 L
Berat1 kg
Batas temperatur tahan panasTidak tercantum
Peralatan dapur yang kompatibelMicrowave, mesin pencuci piring, oven, freezer
1
MaterialKaca borosilicate
Diameter21 cm
Volume2 L
Berat1,5 kg
Batas temperatur tahan panas-40 hingga 300°C
Peralatan dapur yang kompatibelMicrowave, oven, freezer, mesin pencuci piring

Tabel perbandingan produk mangkuk tahan panas terbaik

Gambar produk
1
Arcuisine Glass Mixing bowl 1

Arcuisine

2
Pyrex Mixing Bowl  1

Pyrex

3
Marinex Round storage container with plastic lid  1

Marinex

4
IKEA VISPAD Mangkuk Adonan 2 set 1

IKEA

5
Luminarc Mangkuk Salad Empilable 1

Luminarc

6
Duralex Lys Stackable Clear Bowl  1

Duralex

7
Luminarc Diwali Salad Bowl Light Turquoise 1

Luminarc

8
Maxim Tivoli Toples Kaca Fresh Bowl Set 3 Buah 1

Maxim Tivoli

9
IKEA 365+  1

IKEA

10
Cooks Habit Progressive Set of 3 Collapsible Bowl 1

Cooks Habit

Nama produk

Glass Mixing bowl

Mixing Bowl

Round storage container with plastic lid

VISPAD Mangkuk Adonan 2 set

Mangkuk Salad Empilable

Lys Stackable Clear Bowl

Diwali Salad Bowl Light Turquoise

Toples Kaca Fresh Bowl Set 3 Buah

365+

Progressive Set of 3 Collapsible Bowl

KeunggulanSerbaguna! Mangkuk yang kom...Mangkuk tahan panas populer...Mangkuk penyimpanan makanan...Tuang adonan kue dengan mud...Volumenya yang besar sesuai...Sesuai untuk melelehkan cok...Warna cantik dan elegan unt...Menyimpan makanan sedikit a...Mangkuk yang aman di microw...Praktis dan hemat tempat un...
HargaRp 150.000,00Rp 134.000,00Rp 60.200,00Rp 129.000,00Rp 51.800,00Rp 54.000,00Rp 76.586,00Rp 162.000,00Rp 149.000,00Rp 170.900,00
MaterialKaca borosilicateKaca (tempered glass)Wadah: kaca; Tutup: plastik BPA freePlastik polipropilenaKaca antigores (tempered glass)Kaca (tempered glass)Kaca (tempered glass)Kaca (tempered glass)Porselen feldsparPolypropylene, silikon
Diameter21 cm21 cm17,8 cm22 cm & 26 cm23 cm20 cm21 cmTidak tercantum22 cmKecil: 10,4 cm (atas) & 6 cm (bawah); Sedang: 13 cm (atas) & 7,8 cm (bawah); Besar: 15,5 cm (atas) & 9,5 cm (bawah)
Volume2 L2,35 L1,2 L2,3 L & 3,7 L2,9 L1,59 L2 literKecil: 500 ml; Sedang: 1000 ml; Besar: 1750 mlTidak tercantumKecil: setara 1,5 cup; Sedang: setara 3 cup; Besar: setara 3,5 cup
Berat1,5 kg1 kg±0,5 kgTidak tercantum0,85 kg1,5 kg0,62 kgTidak tercantum0,85 kgTidak tercantum
Batas temperatur tahan panas-40 hingga 300°CTidak tercantum180℃100°C-20 hingga 110ºC -20 hingga 100℃-20 hingga 100℃Tidak tercantumTidak tercantumTidak tercantum
Peralatan dapur yang kompatibelMicrowave, oven, freezer, mesin pencuci piringMicrowave, mesin pencuci piring, oven, freezerMicrowave (tanpa tutup), oven (tanpa tutup), mesin pencuci piring, freezerMicrowave, mesin pencuci piring, freezerMicrowave, mesin pencuci piringMicrowave, mesin pencuci piring, freezerMicrowave, mesin pencuci piringMicrowave (tanpa tutup), dishwasher, kulkas, freezerMicrowave, mesin pencuci piringMicrowave (tanpa tutup)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi pinggan tahan panas di bawah ini

Memasak dengan microwave atau oven menghadirkan beragam jenis masakan yang berbeda seperti pada saat memasak di atas kompor. Namun, sayang sekali tidak semua peralatan masak kompatibel dengan keduanya. Untuk Anda yang sering memasak makanan yang dipanggang di dalam oven, simak rekomendasi di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan mangkuk pilihan Anda? Bila Anda ingin mangkuk tahan panas yang kokoh dan dapat digunakan dalam oven, maka mangkuk kaca sesuai untuk Anda. Bila Anda ingin yang mudah dan aman digunakan, Anda dapat memilih mangkuk plastik. 


Mangkuk tahan panas sangat praktis digunakan untuk memasak sehari-hari. Temukan produk terbaik untuk Anda dan buat aktivitas memasak Anda makin menyenangkan, ya.  

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan atau wajan penggorengan merupakan alat yang sangat penting dalam memasak. Saat ini telah tersedia beragam merek wajan yang terkenal, seperti Tefal, MAXIM, Oxone, dan lainnya. Jenis wajan pun beragam. Ada yang terbuat dari bahan besi, dilapisi keramik atau teflon, dan yang bisa digunakan untuk kompor induksi.Kali ini kami memberikan rekomendasi wajan penggorengan terbaik bagi Anda. Namun, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang poin penting yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih wajan. Temukanlah wajan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan dapur
    106.590 Views
  • 10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan adalah barang penting yang wajib ada di dapur untuk memasak. Oleh karena itu, di pasaran banyak tersedia set frying pan yang menjual beberapa buah sekaligus dalam satu setnya. Namun, banyaknya jenis frying pan dan harga yang ditawarkan dari berbagai merek, seperti IKEA, Oxone, atau Maxim mungkin membuat Anda bingung memilih yang terbaik.Pada kesempatan ini, kami akan memberikan Anda rekomendasi produk frying pan terbaik serta penjelasan mengenai jenis dan fungsi frying pan untuk membantu Anda memilih produk yang sesuai kebutuhan. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    56.733 Views
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Food processor merupakan perkakas dapur multifungsi yang akan mempermudah tugas Anda saat menyiapkan makanan. Tak hanya untuk memotong sayuran dan buah, alat ini juga dapat menggiling daging, menumbuk aneka biji-bijian dan rempah, hingga menguleni adonan.Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips tentang cara memilih food processor yang tepat untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan kegunaan food processor secara komprehensif, serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Anda dapat memilih di antara Philips, Oxone, Panasonic, dan merek lainnya. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    63.455 Views
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Microwave oven merupakan alat yang dapat digunakan untuk membuat hamburger hingga memanggang kentang. Ada banyak model microwave oven yang dijual di pasaran mulai dari merek Modena, Sharp, dan Hitachi. Masing-masing produk dilengkapi dengan fitur khusus, baik fitur yang sederhana hingga yang lengkap.Banyaknya model yang dijual mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan. Untuk mempermudah, kami akan memberikan tips memilih microwave oven yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tak hanya itu, kami juga memberikan sepuluh rekomendasi microwave oven terbaik yang dapat Anda bandingkan berdasarkan kualitas, model, dan harganya. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    67.523 Views
  • 10 Rekomendasi Wajan Panggang (Grill Pan) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wajan Panggang (Grill Pan) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jenis makanan yang dipanggang seperti ikan bakar, satai, atau steak, memang menjadi salah satu yang banyak digemari. Jika Anda ingin membuat jenis makanan ini di rumah, Anda membutuhkan wajan panggang atau grill pan. Grill pan pun serbaguna karena tak hanya bisa digunakan untuk memanggang, tetapi juga menumis.Berbagai produsen di antaranya Maxim, Ikea, HappyCall, dan Philips, berlomba menawarkan wajan panggang berkualitas tinggi. Berikut ini, kami akan menjelaskan poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih wajan panggang. Jangan dilewatkan, ya!
    Peralatan dapur
    44.740 Views
  • 10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Blender biasa digunakan untuk membuat jus dan menghaluskan makanan. Alat ini termasuk cukup sering digunakan di rumah. Model dan mereknya pun beragam, mulai dari Sharp, Philips, Oxone, dan merek lainnya. Anda mungkin bingung memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, artikel ini akan membahas cara memilih blender dan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Kami juga akan menjelaskan perbedaannya dengan juicer dan food processor. Langsung saja, ya!
    Peralatan dapur
    52.815 Views
  • 10 Rekomendasi Keranjang Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Keranjang Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Keranjang buah memudahkan Anda untuk meletakkan buah dan membuatnya terlihat semakin menarik. Keranjang buah sangat cocok digunakan untuk buah yang tahan lama. Anda akan menemukan keranjang buah dengan berbagai ukuran, bentuk, dan material yang berbeda satu sama lain di pasaran sehingga Anda bisa saja bingung saat memilih.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi keranjang buah terbaik. Dengan begitu, Anda pun akan semakin mudah menemukan produk yang paling tepat dan sesuai kebutuhan Anda. Yuk, gunakan keranjang buah dan nikmati kesegaran buahnya bersama keluarga atau teman Anda!
    Peralatan dapur
    974 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori