1. TOP
  2. >
  3. Peralatan dapur
  4. >
  5. Peralatan makan & minum
  6. >
  7. 10 Mangkuk Tahan Panas Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Mangkuk Tahan Panas Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Mangkuk Tahan Panas Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Mangkuk Tahan Panas Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Mangkuk Tahan Panas Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Mangkuk Tahan Panas Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Mangkuk Tahan Panas Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023)

Mangkuk atau mangkok bukanlah perlengkapan masak yang asing. Namun, tidak semua mangkuk bisa digunakan untuk makanan panas. Untuk memasak menggunakan pemanas, seperti microwave atau oven, Anda memerlukan mangkuk tahan panas. Untungnya, kini mangkuk tahan panas sudah tersedia di pasaran.


Mangkuk tahan panas umumnya terbuat dari kaca, tetapi ada juga yang berbahan dasar plastik. Nah, kami akan memperkenalkan mangkuk tahan panas yang bagus beserta cara memilihnya. Anda akan menemukan produk merek IKEA, Dekoruma, dan Cookshabit. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Selamat membaca!

Diperbaharui 08-04-2022
Pakar
Pastry instructor
Stella Permata

Stella Permata aktif sebagai ahli dalam bidang pastry. Ia memiliki pengalaman bekerja di beberapa hotel, cake shop, dan restoran di Jakarta selama 7 tahun. Stella juga mengajar pastry di Podomoro University selama kurang lebih 2 tahun. Selain mengajar di universitas, ia juga mengajar di MODENA dan mengisi beberapa konten brand alat masak lainnya.

Profil Stella Permata
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih mangkuk tahan panas

Mangkuk tahan panas sudah banyak dijual secara online. Namun, ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan, seperti material dan ukurannya. Agar Anda tidak salah pilih, simak ulasan berikut ini, ya!

① Pilih material mangkuk berdasarkan kegunaan dan cara perawatannya

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah melihat material mangkuk dan cara perawatannya. Kami akan menjelaskan karakteristik dari beberapa material mangkuk tahan panas, seperti kaca, polikarbonat, dan plastik. Simak penjelasan di bawah ini.

Material kaca: Tahan lama dan dapat digunakan di oven

Material kaca: Tahan lama dan dapat digunakan di oven

Anda mencari produk yang tahan lama dan dapat digunakan untuk memasak dengan oven? Kami rekomendasikan mangkuk berbahan kaca. Mangkuk kaca adalah pilihan tepat jika Anda ingin melihat kondisi masakan misalnya saat sedang dimasak. Sebagai langkah disinfektan, Anda bisa merebusnya juga sehingga bahan ini cukup aman.


Salah satu kekurangan dari mangkuk ini adalah bobotnya cukup berat. Namun, karena kestabilannya, mangkuk kaca cocok untuk pekerjaan yang membutuhkan tenaga, seperti membuat krim segar. Positifnya, mangkuk ini tidak mudah tergores, berbau, dan berubah warna


Perlu Anda ingat bahwa mangkuk ini belum tentu kompatibel dengan freezer dan mesin pencuci piring. Perubahan suhu yang ekstrem juga bisa menyebabkan mangkuk pecah. Meskipun begitu, hingga saat ini, mangkuk berbahan dasar kaca masih mendominasi di Indonesia.

Material plastik: Bobotnya ringan, bisa dicuci dengan mesin, dan harganya terjangkau

Material plastik: Bobotnya ringan, bisa dicuci dengan mesin, dan harganya terjangkau

Anda ingin produk yang mudah digunakan dan memiliki beragam pilihan warna? Pilihlah mangkuk plastik. Selain ringan dan tidak mudah rusak, Anda dapat menggunakannya dengan aman di rumah meskipun ada anak kecil. Walaupun tidak bisa masuk oven, Anda dapat menggunakannya di microwave, bahkan merebusnya di dalam air panas.


Selain itu, banyak produk plastik dapat masuk freezer sehingga praktis untuk menyimpan bahan makanan yang ingin disimpan di kulkas. Meskipun ada kemungkinan berubah warna dan bau, mangkuk plastik tetap menjadi pilihan banyak orang. Hal tersebut karena biasanya harga dari mangkuk plastik lebih terjangkau dan kualitasnya cukup bagus.

Material polikarbonat: Pilihan unggul paling terkini

Material polikarbonat: Pilihan unggul paling terkini

Polikarbonat merupakan material unggul yang mulai banyak digunakan dalam berbagai peralatan masak. Bahan ini mirip plastik, tetapi lebih tahan panas dan asam sehingga cocok untuk membuat dressing. Meskipun tidak kompatibel dengan oven, mangkuk ini kompatibel dengan freezer sehingga cocok untuk menyimpan makanan beku.


Selain itu, material polikarbonat mempunyai daya tahan tinggi sehingga dapat dikatakan bahan hybrid kaca dan plastik. Jika Anda baru pertama kali mencobanya, Anda pasti kagum dengan kemudahan penggunaannya. 


Harga dan kualitasnya juga sebanding, sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin membuat berbagai variasi makanan. Sayangnya, sebagian besar mangkuk dengan bahan dasar polikarbonat di Indonesia masih sulit ditemukan.

② Sesuaikan ukuran mangkuk dengan makanan yang ingin dibuat

Setelah menentukan material yang diinginkan, selanjutnya mari menentukan ukuran. Penggunaan mangkuk tahan panas akan bervariasi tergantung pada ukuran dan masakan yang akan Anda buat. Simak penjelasannya, yuk!

Mangkuk ukuran 20–25 cm, ideal untuk segala jenis masakan

Mangkuk ukuran 20–25 cm, ideal untuk segala jenis masakan

Jika Anda ingin menggunakan mangkuk tahan panas untuk berbagai masakan, kami rekomendasikan mangkuk dengan diameter sekitar 20–25 cm. Dengan diameter yang besar, Anda dapat mencampur salad atau bahan masakan lainnya. Ukuran ini juga sesuai untuk membuat adonan kue atau krim segar. Sebagai gambaran, Anda dapat menyimak poin berikut ini.


  • Apabila Anda mempunyai sedikit tempat penyimpanan dan jarang memasak, Anda dapat memilih mangkuk berdiameter 20 cm. 

  • Anda ingin membuat adonan kue dan krim segar dengan mixer untuk sekeluarga besar? Mangkuk dengan diameter 25 cm ideal untuk dipilih.

Selain itu, ada beberapa mangkuk tahan panas yang kedalamannya tidak terlalu dalam. Dengan mangkuk ini, Anda dapat menyiapkan bahan makanan langsung di mangkuk, lalu memasukkannya ke oven untuk dimasak. 

Mangkuk ukuran kecil, pas untuk bekal atau Anda yang tinggal sendiri

Mangkuk ukuran kecil, pas untuk bekal atau Anda yang tinggal sendiri

Apakah Anda tinggal sendiri atau suka memasak dengan banyak persiapan? Kami rekomendasikan mangkuk ukuran kecil dengan diameter sekitar 10 cm. Ukurannya yang kecil sangat cocok untuk membuat dressing atau saus, melelehkan mentega di microwave, atau untuk mencicipi sup. 


Set mangkuk stackable berukuran kecil hingga besar, terutama yang dapat disimpan dalam lemari es dan freezer juga layak dipilih. Dengan begitu, Anda dapat menggunakannya untuk menyimpan nasi ataupun sisa lauk. Ingin memanaskan atau membuat bekal? Tinggal masukkan ke microwave saja! 

③ Periksa batas ketahanannya terhadap panas dan perubahan suhu mendadak

Periksa batas ketahanannya terhadap panas dan perubahan suhu mendadak

Beberapa mangkuk diberi keterangan batas temperatur yang jelas, misalnya -20 °C hingga 120 °C. Hal ini memungkinkan Anda untuk menuangkan air panas atau mendinginkan air di freezer. Selain itu, ada juga istilah thermal shock resistant. Istilah tersebut memiliki arti ketahanan mangkuk terhadap perubahan suhu mendadak dari dingin ke panas dan sebaliknya. 


Jika terdapat keterangan batas ketahanan temperatur panas 120 °C, ini tidak berarti mangkuk hanya dapat digunakan hingga 120 °C. Namun, mangkuk ini dapat menahan perubahan suhu mendadak hingga 120 °C. Dengan melihat keterangan ini, Anda dapat menggunakan mangkuk ini untuk tempering cokelat. 


Ada kalanya mangkuk hanya diberi label oven save yang diperkirakan mampu menahan panas hingga sekitar 300 °C. Jadi, sebelum menggunakannya di oven, pastikan melihat label terlebih dahulu. Berhati-hatilah saat memindahkan wadah panas dari oven ke dalam air dingin atau memegangnya dengan kain lap dingin. Kedua hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan.

④ Perhatikan juga kelebihan lainnya

Perhatikan juga kelebihan lainnya

Last but not least, perhatikan kelebihan yang ditawarkan setiap produk sebelum membeli mangkuk tahan panas, ya. Ada beberapa kelebihan yang banyak dijumpai di pasaran. Apa saja itu? Baca poin di bawah ini.


  • Mangkuk dengan moncong untuk menuang akan mempermudah Anda ketika membuat telur kocok atau dressing

  • Mangkuk tahan panas yang mempunyai handle juga akan memudahkan Anda ketika mengangkatnya

  • Memilih mangkuk dengan skala ukuran juga akan membantu Anda untuk menakar bahan dengan pasti

  • Apabila tak mau makanan Anda terkena debu atau kotoran, pilih saja produk yang dilengkapi dengan penutup

10 Rekomendasi mangkuk tahan panas terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mangkuk tahan panas terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Freemir

Wheatstraw Bowl Set 5 Pcs

Freemir Wheatstraw Bowl Set 5 Pcs 1枚目

Mangkuk mini BPA free, aman untuk MPASI si kecil

2

KOPIN

RAMEKIN BOWL Porcelain

KOPIN RAMEKIN BOWL Porcelain 1枚目

Hadirkan enam pilihan warna bernuansa earth tone

3

Terensu

Mangkok Makan Anak Bayi Karakter Pinguin

Terensu Mangkok Makan Anak Bayi Karakter Pinguin 1枚目

Desainnya lucu, buah hati Anda pasti suka!

4

Luminarc

Mangkok Stackable

Luminarc Mangkok Stackable  1枚目

Volumenya yang besar sesuai untuk membuat makanan dan kue

5

Luminarc

Turquoise Salad Bowl Diwali

Luminarc Turquoise Salad Bowl Diwali 1枚目

Warna cantik dan elegan untuk menghidangkan masakan panas Anda!

6

Arcuisine

Glass Mixing bowl

Arcuisine Glass Mixing bowl 1枚目

Serbaguna! Mangkuk yang kompatibel dengan hampir semua peralatan dapur

7

Pyrex

Mixing Bowl

Pyrex Mixing Bowl  1枚目

Mangkuk tahan panas populer buatan Amerika yang pas di tangan

8

IKEA

VISPAD

IKEA VISPAD  1枚目

Tuang adonan kue dengan mudah tanpa tumpah-tumpah

9

Cooks Habit

Progressive Set Of 3 Collapsible Bowl Red

Cooks Habit Progressive Set Of 3 Collapsible Bowl Red 1枚目

Dapat dilipat, praktis, dan hemat tempat!

10

Dekoruma

Danari SUGA Mangkok Oven/Saji Bulat dengan Handle 17 cm

Dekoruma  Danari SUGA Mangkok Oven/Saji Bulat dengan Handle 17 cm 1枚目

Dilengkapi handle dengan balutan look yang estetis

Perincian produk
Close
No.1

FreemirWheatstraw Bowl Set 5 Pcs

Mulai dari Rp99.000,00

Mangkuk mini BPA free, aman untuk MPASI si kecil

Kelebihan:

  • Satu paket sudah terdiri dari lima mangkuk dengan warna-warna yang soft
  • Bagian bawahnya didesain antiselip

Kekurangan:

  • Tidak dapat digunakan pada oven
  • Hanya dapat dipakai kurang dari 2 menit jika ingin memanaskannya di dalam microwave

Apabila Anda memiliki bayi di rumah, kegiatan membuat MPASI pasti sudah sering Anda lakukan. Nah, agar Anda mudah menyiapkan makanan hangat untuk si kecil, pakailah set mangkuk dari Freemir ini.


Satu set sudah berisi lima mangkuk kecil yang pas dengan porsi makan buah hati Anda. Desainnya pun sederhana dengan warna-warna pastel yang kalem. Ditambah lagi, bahannya sudah BPA free sehingga lebih aman untuk digunakan.

No.2

KOPINRAMEKIN BOWL PorcelainKPR-5B

Mulai dari Rp25.000,00

Hadirkan enam pilihan warna bernuansa earth tone

Kelebihan:

  • Terdapat aksen timbul di bagian pinggir mangkuk, menciptakan kesan yang artsy

Kekurangan:

  • Ukurannya terbilang kecil sehingga tidak mampu memuat banyak makanan

Pilihlah produk ini jika Anda ingin membuat tampilan dapur bertema earth tone terlihat makin sempurna. Mangkuk tahan panas dari KOPIN ini menghadirkan enam pilihan warna bernuansa earth tone. Anda bisa memilih warna oranye, navy, hijau, ataupun merah. Karena harganya cukup ekonomis, kantong Anda tak akan kering ketika membeli semua varian warnanya, deh.

No.3

TerensuMangkok Makan Anak Bayi Karakter PinguinDN-01004B

Mulai dari Rp31.040,00

Desainnya lucu, buah hati Anda pasti suka!

Kelebihan:

  • Dibuat dari bahan wheat straw yang alami dan ramah lingkungan
  • Sudah dilengkapi dengan penutup dan dua handle

Kekurangan:

  • Kurang cocok untuk orang dewasa
  • Ada review yang mengatakan jika penutupnya kurang rapat

Ada kalanya si kecil tidak nafsu makan. Nah, dengan menggunakan mangkuk tahan panas ini, bisa jadi selera makan buah hati Anda bertambah. Pasalnya, mangkuk dari Terensu ini menghadirkan bentuk menggemaskan dengan detail telinga di bagian penutupnya. 


Bentuknya yang lucu dan kombinasi warna kontrasnya akan membuat anak Anda makin semangat memakai mangkuk ini untuk makan. Karena sudah BPA free, mangkuk ini tentu aman untuk si kecil!

No.4

LuminarcMangkok Stackable

Mulai dari Rp73.200,00

Volumenya yang besar sesuai untuk membuat makanan dan kue

Kelebihan:

  • Memiliki volume yang besar, muat untuk menampung banyak makanan

Kekurangan:

  • Tidak kompatibel diletakkan dalam freezer

Mangkuk tahan panas ini mempunyai desain klasik, bervolume besar, dan harganya terjangkau. Selain cocok sebagai wadah salad karena bagian dalamnya dapat terlihat, mangkuk ini terlihat elegan apabila diletakkan di meja makan. Untuk Anda yang sering memasak dalam jumlah besar, produk ini kami rekomendasikan untuk Anda.

No.5

LuminarcTurquoise Salad Bowl Diwali

Mulai dari Rp135.600,00

Warna cantik dan elegan untuk menghidangkan masakan panas Anda!

Kelebihan:

  • Menghadirkan warna turquoise yang cerah dan modern
  • Diklaim mudah dibersihkan dan disusun

Kekurangan:

  • Hanya memiliki satu pilihan warna

Mangkuk kaca berwarna turquoise yang tampak seperti porselen ini bisa digunakan untuk menghangatkan makanan kesukaan Anda di microwave. Bagi Anda yang tinggal sendiri dan selalu menggunakan microwave, mangkuk ini bisa jadi pilihan. Mangkuk dengan warna yang segar ini akan menambah kesan nikmat saat Anda menyantap sup atau makanan hangat lainnya. 

No.6

ArcuisineGlass Mixing bowl

Mulai dari Rp139.000,00

Serbaguna! Mangkuk yang kompatibel dengan hampir semua peralatan dapur

Kelebihan:

  • Dibuat dari bahan dengan ketahanan panas hingga 300 °C
  • Diameter cukup besar dan cekungannya dalam, cocok untuk menampung banyak makanan

Kekurangan:

  • Mempunyai bobot cukup berat, kurang fleksibel dipindah-pindahkan

Mangkuk serbaguna dari bahan borosilicate glass ini memiliki ketahanan panas yang luar biasa. Tak hanya itu, produk ini kompatibel dengan berbagai peralatan masak, seperti freezer, oven, dan microwave. Dengan memakainya, Anda pun lebih bebas memasak jenis makanan apa pun.


Produk ini pilihan terbaik untuk Anda yang hobi masak. Cukup dengan memiliki satu produk ini saja di rumah, Anda bisa menggunakannya sampai bertahun-tahun kemudian. Bisa jadi investasi jangka panjang untuk Anda yang sering masak, nih!

No.7

Mangkuk tahan panas populer buatan Amerika yang pas di tangan

Kelebihan:

  • Bahannya tebal, tidak gampang retak

Kekurangan:

  • Ukurannya cukup besar, kurang cocok diletakkan di dapur yang sempit

Mangkuk tahan panas dari Pyrex terbuat dari kaca yang tahan gores. Mangkuk yang tidak terlalu tinggi ini sempurna untuk mencampur adonan patty, kue, dan lainnya. Selain berbahan kuat, bagian pegangannya pun stabil sehingga nyaman untuk dipegang. 


Bahannya yang kuat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang mencari produk tahan lama dengan kualitas terbaik. Poin minus dari mangkuk ini adalah sulit untuk disimpan karena besar dan tebal. Namun, apabila Anda memiliki cukup ruang di dapur, hal ini tidak akan menjadi masalah.

No.8

Tuang adonan kue dengan mudah tanpa tumpah-tumpah

Kelebihan:

  • Didesain antiselip sehingga lebih nyaman penggunaannya

Kekurangan:

  • Berwarna putih, mudah terlihat kotor

Jika Anda sering membuat adonan kue atau membuat krim segar, mangkuk keluaran IKEA ini akan meringankan beban Anda. Selain mempunyai volume yang besar dan dalam, mangkuk ini dilengkapi ring karet di bagian bawah. 


Dengan demikian, mangkuk ini tidak gampang terguncang. Poin tambahan dari mangkuk ini adalah terdapat moncong yang akan mempermudah penuangan adonan ke wadah lainnya. Pilihan tepat untuk membuat kue di rumah!

No.9

Cooks HabitProgressive Set Of 3 Collapsible Bowl Red

Mulai dari Rp170.900,00

Dapat dilipat, praktis, dan hemat tempat!

Kelebihan:

  • Terdiri dari tiga ukuran mangkuk yang dilengkapi dengan penutup
  • Dapat dilipat sehingga lebih portable

Kekurangan:

  • Penutup tidak dapat dimasukkan ke dalam oven atau microwave

Bagi Anda yang tinggal sendiri dan jarang memasak, mangkuk berbahan plastik bercampur silikon ini pas untuk Anda. Satu set mangkuk beda ukuran dari Cooks Habit ini dapat dibuat sebagai food container.


Selain microwave safe, mangkuk ini juga ringan dan cocok dibawa ke mana-mana sebagai wadah bekal. Setelah dibersihkan, Anda dapat melipatnya sehingga tidak menghemat tempat ketika disimpan. Pilihannya juga bervariasi mulai dari yang kecil hingga besar, lho!

No.10

Dekoruma Danari SUGA Mangkok Oven/Saji Bulat dengan Handle 17 cm

Mulai dari Rp129.000,00

Dilengkapi handle dengan balutan look yang estetis

Kelebihan:

  • Dibuat dari bahan stoneware yang mempunyai daya tahan tinggi
  • Mempunyai sertifikat SNI

Kekurangan:

  • Bahannya tidak tahan guncangan dan mudah pecah

Apakah Anda ingin memiliki mangkuk tahan panas yang cocok untuk menyajikan makanan kepada tamu yang berkunjung di rumah? Kalau begitu, pilihlah produk keluaran Dekoruma ini. Mangkuk ini dibalut dengan warna putih tulang yang memiliki sentuhan bercak berwarna kontras. 


Kombinasi tersebut menjadikannya terlihat begitu estetis sehingga pas untuk menghidangkan makanan bagi tamu. Selain itu, produk ini memiliki handle sehingga Anda lebih nyaman ketika mengangkatnya.

Tips merawat mangkuk tahan panas dari pastry instructor kami, Stella Permata

Tips merawat mangkuk tahan panas dari pastry instructor kami, Stella Permata

Jangan mengubah suhu secara ekstrem karena risiko mangkuk kaca untuk pecah menjadi tinggi. Untuk mangkuk plastik, hindari mengaduk atau menyimpan sesuatu yang baunya sangat kuat. Hindari juga penggunaannya untuk sesuatu yang berwarna pekat. Bau yang kuat dan warna yang pekat berisiko menempel pada plastik dan agak susah dihilangkan.

Baca juga rekomendasi pinggan tahan panas di bawah ini

Memasak dengan microwave atau oven menghadirkan beragam jenis masakan yang berbeda daripada saat memasak di atas kompor. Namun, sayangnya tidak semua peralatan masak kompatibel dengan keduanya. Untuk Anda yang sering memasak makanan yang dipanggang di dalam oven, simak rekomendasi di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan mangkuk pilihan Anda? Apabila Anda ingin mangkuk tahan panas yang kokoh dan dapat digunakan dalam oven, mangkuk kaca adalah pilihan yang sesuai untuk Anda. 


Sementara itu, jika Anda ingin mangkuk yang mudah dan aman digunakan, pilihlah mangkuk plastik. Mangkuk tahan panas sangat praktis digunakan untuk memasak sehari-hari. Temukan produk terbaik untuk Anda dan buat aktivitas memasak Anda makin menyenangkan, ya.  

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer