• 10 Rekomendasi Sabun Antiseptik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Sabun Antiseptik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Sabun Antiseptik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Sabun Antiseptik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Sabun Antiseptik Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Sabun Antiseptik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Bakteri, jamur, dan virus memang ada banyak di sekitar Anda. Jika sistem imun sedang tidak baik, Anda akan lebih mudah untuk terkena berbagai macam penyakit. Anda dapat mencegah hal tersebut dengan menggunakan sabun antiseptik sehingga kebersihan dan kesehatan tubuh selalu terjaga.


Memilih sabun antiseptik memang terlihat mudah, tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Kami akan memberi tips memilih sabun antiseptik agar sesuai dengan kulit Anda. Tak lupa, ada juga rekomendasi produk terbaik. Berbagai merek ternama, seperti Betadine, Lifebuoy, Dettol, dan JF, ada di dalamnya. Disimak terus, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 16 April 2020
  • 24.846 Views
Daftar isi

Cara memilih sabun antiseptik

Memilih sabun antiseptik tidak dapat sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Simak tips dari kami untuk menemukan sabun antiseptik yang pas untuk melindungi kulit Anda.

Pilih berdasarkan jenis sabun

Seperti yang sudah Anda ketahui, terdapat 2 jenis sabun yang dapat Anda temui di pasaran, sabun batang dan cair. Keduanya memiliki kelebihannya masing-masing. Berikut ini adalah penjelasannya untuk Anda.

Sabun batang, pilihan ekonomis dan ramah lingkungan

Sekarang ini, pengguna sabun batang mungkin sudah tidak sebanyak dulu. Namun, sabun batang tetap menjadi pilihan karena harganya yang relatif lebih ekonomis dibanding dengan sabun cair. 


Jika Anda memiliki alergi terhadap wewangian, sabun batang juga dapat menjadi pilihan. Kandungan pewangi di dalam sabun batang tidak sebanyak sabun cair sehingga lebih aman. Selain itu, sabun batang lebih menyerap minyak dan kotoran sehingga pas untuk pemilik kulit berminyak.


Kelebihan sabun batang lainnya adalah kemasannya terbuat dari bahan kardus. Kemasan ini lebih ramah lingkungan karena dapat didaur ulang kembali.


Sayangnya, sabun batang juga memiliki pH yang lebih tinggi sehingga bisa membuat kulit menjadi kering. Penyimpanannya pun harus lebih baik karena teksturnya akan berubah jika disimpan di tempat yang kelembapannya tinggi.

Sabun cair, lebih melembapkan dan higienis

Dibandingkan sabun batang, sabun cair memiliki kandungan air yang lebih banyak sehingga dapat lebih melembapkan kulit Anda. Penggunaan sabun cair pun lebih praktis dan higienis karena sudah memiliki wadah yang tertutup rapat. Anda dapat menggunakan sabun cair untuk lebih dari satu orang.


Sayangnya, penggunaan sabun cair cenderung lebih boros dibandingkan sabun batang. Bentuknya yang cair membuat Anda cenderung menggunakan sabun lebih banyak untuk seluruh badan.

Perhatikan kandungan bahan aktifnya

Dahulu, sabun antiseptik menggunakan bahan aktif triclosan pada sabun cair dan triclocarban pada sabun batang. Namun, bahan ini ternyata menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi, memicu perubahan hormon, serta mencemari lingkungan. Alhasil, penggunaannya pun dilarang oleh Food and Drugs Administration (FDA).


Para produsen sabun antiseptik kemudian mengganti bahan tersebut dengan bahan lainnya yang lebih ramah di kulit dan lingkungan. Jika Anda bermasalah dengan jerawat, Anda dapat memilih bahan sulfur dan tea tree oil yang efektif melawan bakteri penyebab jerawat.


Selain itu, ada juga bahan alami lainnya, seperti thymol, madu, lemon, jahe, dan lainnya, yang ampuh melawan bakteri. Penggunaan bahan alami ini membuat sabun antiseptik lebih ramah di kulit Anda.


Di samping bahan alami tersebut, povidone iodine dan chloroxylenol merupakan pilihan yang tepat sebagai zat antiseptik. Bahan tersebut mampu membunuh bakteri dan jamur, serta bisa dijadikan bahan perawatan luka ringan.

Pemilik kulit kering dan sensitif harus lebih berhati-hati dalam memilih

Pemilik kulit kering dan sensitif harus lebih berhati-hati dalam memilih

Beberapa produk sabun antiseptik membuat kulit Anda kering dan menjadi kemerahan. Untuk mengatasi hal itu, Anda dapat memilih sabun antiseptik yang dilengkapi dengan pelembap. Bahan seperti Aloe vera dan madu bisa Anda pilih karena dapat berperan untuk melembapkan kulit Anda.


Bagi Anda yang membeli sabun antiseptik cair, hindari sabun yang mengandung sodium lauryl sulfate (SLS). SLS merupakan bahan yang sering Anda temui dalam produk sabun dan shampoo. Sebenarnya, bahan ini tidak berbahaya untuk kulit, tetapi dapat menyebabkan kulit Anda menjadi kering dan tidak baik untuk pemilik kulit sensitif.

10 Rekomendasi sabun antiseptik terbaik

Memilih sabun antiseptik memang perlu lebih teliti. Setelah mengetahui tipsnya, kami akan memberikan berbagai rekomendasi sabun antiseptik terbaik. Jangan sampai ada produk yang terlewatkan, ya.

10
JenisSabun batang
Bahan aktifBetel leaf extract, chloroxylenol, thymol
Isi90 gram
9
JenisSabun cair
Bahan aktifLactoserum, lactic acid
Isi150 ml
8
JenisSabun cair
Bahan aktifShiso leaf extract, sandalwood extract, thymol
Isi500 ml
7
JenisSabun cair
Bahan aktifIsopropyl methylphenol
Isi450 ml
6
JenisSabun cair
Bahan aktifActivSilver, thymol
Isi300 ml
5
JenisSabun batang
Bahan aktifChloroxylenol
Isi80 gram
4
JenisSabun cair
Bahan aktifMethylchloroisothiazolinone
Isi625 ml
3
JenisSabun cair
Bahan aktifCoconut oil, castor oil
Isi230 ml
2
JenisSabun batang
Bahan aktifActive bio sulfur, hamamelis virginiana extract
Isi90 gram
1
JenisSabun cair
Bahan aktifPovidone iodine 7,5%
Isi100 ml

Tabel perbandingan produk sabun antiseptik terbaik

Gambar produk
1
BETADINE Antiseptic Skin Cleanser 1

BETADINE

2
JF the Skin Specialist Derma Protect Green Cool Cleanser Bar 1

JF the Skin Specialist

3
Utama Spice Antiseptic Liquid Soap 1

Utama Spice

4
Dettol Anti Bacterial Sensitive Body Wash 1

Dettol

5
Asepso Fresh 1

Asepso

6
Lifebuoy Sabun Cair Total 10 1

Lifebuoy

7
Kao Biore GUARD Body Foam Comfort Mild Scrub 1

Kao

8
ZEN Antibacterial Body Wash Shiso & Sandalwood 1

ZEN

9
Sanofi Lactacyd Baby Liquid Soap 1

Sanofi

10
Medicare Antibacterial Soap Fresh After Sport 1

Medicare

Nama produk

Antiseptic Skin Cleanser

Derma Protect Green Cool Cleanser Bar

Antiseptic Liquid Soap

Anti Bacterial Sensitive Body Wash

Fresh

Sabun Cair Total 10

Biore GUARD Body Foam Comfort Mild Scrub

Antibacterial Body Wash Shiso & Sandalwood

Lactacyd Baby Liquid Soap

Antibacterial Soap Fresh After Sport

Keunggulan

Redakan gatal, libas jerawat, sampai disinfektan. Multifungsi!

Libas jerawat punggung tanpa sisa

Bebas bahan sintetis, ramah di kulit

Menjaga kesehatan kulit secara maksimal

Teknologi mutakhir hilangkan bau badan

Jelajahi alam tanpa khawatir infeksi kulit

Daki hilang tanpa menggosok sekuat tenaga

Bakteri hilang, pikiran tenang

Merawat kulit bayi dengan lembut

Tubuh sehat dan kulit segar dengan Medicare

HargaRp 39.900,00Rp 10.900,00Rp 99.000,00Rp 58.000,00Rp 7.000,00Rp 23.600,00Rp 20.800,00Rp 29.000,00Rp 59.000,00Rp 2.500,00
JenisSabun cairSabun batangSabun cairSabun cairSabun batangSabun cairSabun cairSabun cairSabun cairSabun batang
Bahan aktifPovidone iodine 7,5%Active bio sulfur, hamamelis virginiana extractCoconut oil, castor oilMethylchloroisothiazolinoneChloroxylenolActivSilver, thymolIsopropyl methylphenol Shiso leaf extract, sandalwood extract, thymolLactoserum, lactic acidBetel leaf extract, chloroxylenol, thymol
Isi100 ml90 gram230 ml625 ml80 gram300 ml450 ml500 ml150 ml90 gram
Tautan produk

Baca juga rekomendasi sabun lainnya di sini

Agar tetap sehat, Anda perlu membersihkan area tubuh lainnya, seperti wajah dan tangan. Memilih sabun untuk bagian tubuh lainnya juga tidak boleh sembarangan. Klik tautan di bawah ini dan temukan tips memilih sabun yang tepat untuk bagian tubuh lain.

Baca juga rekomendasi tempat penyimpanan sabun di sini

Menyimpan sabun tentu membutuhkan wadah. Jika Anda sedang mencari wadah penyimpanan sabun, baik sabun batang maupun cair, klik tautan di bawah ini. Temukan berbagai tempat sabun terbaik dan menarik dalam artikel-artikel ini.

Kesimpulan

Memilih sabun antiseptik memang perlu kehati-hatian. Perhatikanlah kandungan bahan-bahannya agar dapat melindungi kulit dari kuman, serta merawat kulit Anda. Hindari bahan-bahan yang berbahaya untuk kulit supaya kulit Anda tetap lembap dan terawat. Selain itu, jangan lupa untuk memilih jenis sabun yang sesuai dengan kemudahan penggunaannya.


Sekian artikel kami tentang sabun antiseptik. Selamat memilih sabun yang sesuai dan ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan tubuh!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    567.058 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, menghitam, kendur, dan kering. Karena memiliki manfaat yang luar biasa, tidak heran produk ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan L'Oreal meluncurkan produk dengan harga yang terjangkau. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream yang harganya terjangkau, tetapi memiliki formula yang ampuh mengatasi permasalahan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi. Yuk, temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda!
    Kosmetik & kesehatan
    438.828 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Masker organik adalah masker wajah yang menggunakan 100% bahan alami. Berbeda dengan masker biasa, masker organik tidak menggunakan tambahan bahan kimia. Semua bahannya berasal dari alam sehingga tidak menjadi racun pada tubuh dan tidak merusak lingkungan bila digunakan dalam jangka waktu lama.Ada banyak produk masker organik yang dijual di pasaran, seperti dari The Bath Shop, Sensatia Botanicals, dan Skin Dewi. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang cara memilih masker organik yang tepat serta beberapa rekomendasi produknya. Dengan masker organik, Anda bisa cantik tanpa efek samping!
    Kosmetik & kesehatan
    128.012 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Flek hitam dapat terjadi akibat bekas jerawat, paparan sinar UV, dan pigmentasi berlebih. Menggunakan krim merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan tampilan flek hitam pada wajah Anda.Memilih krim untuk menghilangkan flek hitam harus dilakukan dengan saksama. Kami sudah menyiapkan tips untuk memilih krim yang pas untuk mengatasi flek hitam. Kami juga akan memberi rekomendasi produk terbaiknya, seperti Olay, L'Oreal Paris, Kojie San, Shiseido, dan lainnya. Simak terus sampai habis, ya!
    Kosmetik & kesehatan
    419.016 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan Anda. Jangan biarkan noda tersebut terlalu lama di wajah Anda karena akan sulit untuk menghilangkannya di kemudian hari. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan krim khusus penghilang noda bekas jerawat agar kulit wajah bersih dan cantik Anda kembali lagi.Di antara banyaknya produk penghilang bekas jerawat, kami akan memberikan tips memilih krim yang tepat untuk Anda. Simak juga berbagai rekomendasi produk dari kami, mulai dari Verile, Kiehl's, Neutrogena, sampai Mineral Botanica. Temukan yang paling pas untuk Anda, ya. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    370.299 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit disembuhkan, cobalah menggunakan pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Saat ini, tersedia banyak pelembap wajah yang memiliki kandungan antiseptik dan anti-inflamasi untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat. Tak ketinggalan, kami pun akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Produk-produk ternama dari merek The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya pun akan kami ulas. Mari simak terus artikel ini!
    Kosmetik & kesehatan
    434.663 Views
  • 10 Rekomendasi Termometer Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Termometer Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Jika Anda memiliki bayi, termometer adalah benda penting yang harus disediakan. Tentu saja termometer untuk bayi berbeda dengan termometer untuk orang dewasa. Terdapat berbagai tipe termometer, seperti termometer yang digunakan pada ketiak, telinga, atau tipe nonkontakBerbagai produsen termometer seperti Omron, Braun, dan sebagainya berlomba dalam memberikan fitur terbaiknya. Fiturnya beragam, mulai dari kecepatan ukur, lampu indikator, dan lain sebagainya. Lebih jelasnya, kami akan mengulas cara memilih termometer serta memberikan sepuluh produk rekomendasi termometer bayi.
    Kosmetik & kesehatan
    36.007 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori