1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Lip color & lip care
  6. >
  7. 10 Lip Tint Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Lip Tint Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Lip Tint Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Lip Tint Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Lip Tint Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Lip Tint Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Lip Tint Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)

Sejak munculnya tren riasan ala Korea, lip tint menjadi varian kosmetik yang diminati. Merek lokal pun ikut bersaing untuk mengeluarkan produk-produk lip tint terbaik. Harganya lebih terjangkau, tetapi kualitasnya tidak kalah dengan lip tint produksi Korea.


Jika Anda tertarik memiliki lip tint lokal yang bagus, simak tips dari kami dalam artikel ini. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan rekomendasi berbagai merek lokal terbaik, seperti Wardah, Emina, BLP, dan lainnya. Penasaran? Silakan dibaca hingga tuntas! Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty content creator sekaligus makeup artist kami, Luella Artistry.

Diperbaharui 08-01-2022
Pakar
Beauty content creator dan MUA
Luella Artistry

Luella adalah seorang beauty content creator dan makeup artist. Ia memulai karier di bidang beauty sejak tahun 2017. Berawal dari passion-nya sebagai MUA, Ia terjun lebih dalam lagi ke dunia beauty sebagai content creator. Luella berpengalaman banyak dalam mencoba berbagai produk skincare dan makeup. Hal tersebut membuat dirinya makin paham bagaimana cara memaksimalkan dan memilih produk sesuai jenis kulit. Ia juga gemar membagikan review dan rekomendasi berbagai produk di media sosial.

Profil Luella Artistry
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 27 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih lip tint lokal

Lip tint merek lokal memiliki berbagai pilihan warna dan karakteristik lainnya. Simak tips berikut ini untuk menemukan lip tint lokal yang pas untuk Anda.

① Ketahui beberapa merek lokal dan karakteristiknya

Ada beberapa merek lokal yang banyak diminati. Merek-merek ini memiliki karakteristik tersendiri dan unik jika dibandingkan produk lainnya.

Wardah: Merek lokal bertema halal

Wardah merupakan brand pertama di Indonesia yang mengusung tema halal. Faktor halal dalam produk Wardah meliputi bahan produksi yang aman untuk kulit dan tidak menyakiti makhluk hidup lain. Dengan klaim demikian, Wardah terbukti menghasilkan produk-produk yang diminati banyak orang. Sebagai contoh, koleksi makeup untuk bibir seperti lipstik dan lip tint.

Mineral Botanica: Formulasi bahan-bahan alami

Berawal dari kesadaran bahwa bahan-bahan tambahan dalam kosmetik cukup berbahaya, Mineral Botanica hadir dengan produk berbahan alami. Brand ini memiliki produk kosmetik yang tidak membahayakan penggunanya dan juga lingkungan. Selain aman di kulit, bahan aktif alami ini tentu juga memberikan manfaat yang baik untuk kulit Anda.

Emina: Kandungannya sesuai untuk kebutuhan kulit remaja

Emina memiliki brand image yang sesuai untuk anak muda atau remaja. Kemasannya pun dirancang lebih menarik dengan pilihan warna dan desain yang kekinian. Memiliki target anak muda, produk-produk dari Emina memiliki range harga yang lebih ekonomis atau affordable di kantong.


Selain itu, kandungan bahannya juga disesuaikan dengan kondisi kulit remaja. Tidak heran kalau banyak sekali remaja yang menjadikan produk Emina sebagai wishlist atau produk daily makeup mereka.


Apabila Anda ingin mengetahui varian lipstik Emina secara lengkap, Anda bisa melihatnya di tautan berikut.

② Pilih jenis lip tint sesuai dengan kenyamanan penggunaan

Pilih jenis lip tint sesuai dengan kenyamanan penggunaan

Lip tint memiliki beberapa jenis tekstur yang berbeda. Setiap teskturnya dapat memberikan hasil yang berbeda pula. Untuk tahu lebih lanjut, simak pembahasan di bawah ini, yuk!


  • Water tint: Lip tint jenis ini paling banyak tersedia di pasaran. Tekstur dari water tint sangat ringan, seperti air dengan tingkat pigmentasi tinggi. Anda dapat memilih water tint yang memberikan hasil akhir matte atau semi matte.

  • Oil tint: Jenis yang satu ini mengandung lebih banyak minyak di dalamnya. Oil tint akan memberikan hasil akhir yang sedikit lebih berkilau pada bibir sehingga terlihat lebih fresh. Oil tint biasanya tidak bertahan lama di bibir. Namun, untuk bibir yang cenderung kering, oil tint bisa jadi pilihan terbaik.

  • Creamy tint: Berbeda dengan jenis tint lainnya, creamy tint memiliki tekstur yang lebih tebal, hampir seperti lip cream. Namun, teksturnya tetap lebih ringan dan tidak sepekat lip cream. Creamy tint dapat memberikan hasil yang lebih tahan lama di bibir.

  • Glossy tintGlossy tint memberikan hasil akhir yang sangat berkilau seperti lip gloss. Alhasil, bibir Anda akan terlihat penuh dan sexy. Sayangnya, pigmen pada glossy tint biasanya tidak terlalu melekat kuat. Dengan kata lain, glossy tint memiliki tingkat coverage yang rendah. Apabila Anda menginginkan pigmen yang kuat, aplikasikan cream tint terlebih dahulu sebelum memakai glossy tint.

③ Sesuaikan warna dengan tone kulit

Sesuaikan warna dengan tone kulit

Pemilihan warna menjadi hal yang penting ketika memilih lip tint. Biasanya, lip tint hadir dalam pilihan warna yang terang. Selain warna terang, ada beberapa merek yang memproduksi lip tint dengan warna lebih gelap. Sebaiknya Anda menyesuaikannya dengan tone kulit Anda juga.


  • Pemilik kulit berwarna terang atau fair bisa memakai warna coral dan pink. Warna tersebut membuat Anda terlihat segar dan tidak pucat. Sebaliknya, lip tint berwarna nude kurang disarankan karena dapat membuat kulit terlihat lebih pucat.

  • Untuk Anda yang berkulit sawo matang ataupun gelap, warna bold cocok untuk dipakai. Warna seperti wine dan maroon akan cocok untuk Anda karena tidak membuat kulit terlihat kusam. Warna nude pun akan terlihat cantik di bibir Anda.

④ Periksa kandungan pelembapnya

Periksa kandungan pelembapnya

Kandungan pelembap memang perlu Anda perhatikan ketika membeli kosmetik untuk bibir. Salah satu kandungan pelembap yang banyak ditambahkan pada lip tint adalah glycerin. Selain memberikan konsistensi pada lip tint, glycerin dapat memberikan kelembapan untuk bibir Anda.


Di samping glycerin, ada juga kandungan alami lainnya yang dapat berperan sebagai pelembap. Misalnya saja, castor oil, shea butter, olive oil, jojoba oil, dan sweet almond oil. Selain itu, ada juga vitamin E yang mampu melembapkan sekaligus melindungi bibir dari paparan sinar UV.

⑤ Hindari produk yang mengandung bahan berbahaya

Hindari produk yang mengandung bahan berbahaya

Meskipun diproduksi di dalam negeri, pastikan produk tersebut sudah terdaftar di BPOM. Produk yang telah terdaftar di BPOM tentu memiliki kandungan bahan yang sudah diperiksa terlebih dahulu. Dengan demikian, keamanannya lebih terjamin. 


Kandungan bahan pada produk yang bisa Anda hindari contohnya paraben, parafin, dan bahan kimia lainnya. Anda tentu tidak mau bibir menjadi iritasi setelah menggunakan produk yang belum jelas keamanannya. Oleh karena itu, keamanan produk merupakan hal yang sangat penting.untuk diperhatikan.

Peringkat Lip Tint Lokal Terbaik

Berikut ini adalah Lip Tint Lokal terpopuler. Produk atau layanan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Emina

Magic Potion

Emina Magic Potion 1枚目

Hasil akhir semi matte, formula tetap ringan

2

LaTulipe

Lip Tint

LaTulipe Lip Tint 1枚目

Kemasan imut nan menggemaskan, warnanya pun tahan lama

3

Luxcrime

Ultra Light Lip Stain

Luxcrime Ultra Light Lip Stain 1枚目

Hypoallergenic dan aman untuk kulit bibir kering

4

Wardah

Everyday Cheek & Liptint

Wardah Everyday Cheek & Liptint 1枚目

Kaya antioksidan, lindungi bibir dari radikal bebas

5

Mineral Botanica

Hydra Lip And Cheek Tint

Mineral Botanica Hydra Lip And Cheek Tint 1枚目

Bleandable, membuat tampilan natural tetap menawan

6

MIZZU

Aqua Tint

MIZZU Aqua Tint 1枚目

Lip tint waterproof untuk tampilan sexy

7

By Lizzie Parra

Lip Gel

By Lizzie Parra Lip Gel 1枚目

Makin percaya diri dengan warna-warna yang intens

8

Moko Moko

Lip Honey Tint Marker

Moko Moko Lip Honey Tint Marker 1枚目

Lebih mudah digunakan dengan bentuk seperti spidol

9

Martha Tilaar

Sariayu Color Hydra Lip Tint

Martha Tilaar Sariayu Color Hydra Lip Tint 1枚目

Fresh dan harum untuk menambah semangat Anda

10

SASC

Lip Ink

SASC Lip Ink 1枚目

Bare lips sensation, bibir terasa lebih ringan

Perincian produk
Close
No.1

Hasil akhir semi matte, formula tetap ringan

Tidak semua lip tint menghasilkan tampilan glossy. Emina berkreasi untuk menciptakan lip tint dengan hasil akhir semi matte dalam produk Magic Potion. Selain itu, hasilnya juga transfer-proof dan smudge-proof.


Meskipun memiliki hasil akhir semi matte, Magic Potion memiliki tekstur yang cair dan ringan di bibir. Jadi, lip tint ini tetap nyaman dan tidak terasa lengket walau dipakai seharian. Jika Anda memiliki aktivitas yang padat dan harus selalu terlihat fresh, cobalah produk ini!

No.2

Kemasan imut nan menggemaskan, warnanya pun tahan lama

Lip Tint dari LaTulipe memiliki kemasan yang unik dan menggemaskan. Dengan bentuk seperti es loli, produk ini cocok dijadikan hadiah untuk orang terkasih. Siapa pun akan senang diberi lip tint menggemaskan seperti ini.


Lip tint ini diklaim awet di bibir dan tidak mudah luntur, bahkan setelah dipakai makan atau minum. Meskipun tidak mudah luntur, formulanya ringan dan tidak membuat bibir Anda kering. Dapatkan hasil akhir yang glossy dengan tiga pilihan warna dari LaTulipe.

No.3

LuxcrimeUltra Light Lip Stain

Mulai dari Rp109.000,00

Hypoallergenic dan aman untuk kulit bibir kering

Apakah Anda sering merasakan kulit bibir kering saat menggunakan lip tint? Jika iya, kami sarankan Anda menggunakan produk lip tint dari Luxcrime yang satu ini. Kandungan jojoba oil dan glycerin-nya mampu melembapkan dan membuat bibir tetap lembut.


Macademia seed oil di dalamnya juga bersifat hypoallergenic sehingga produk ini aman digunakan oleh pemilik bibir sensitif. Selain aman digunakan, lip tint ini merupakan salah satu lip tint lokal yang memiliki pilihan shade cukup beragam. Pigmentasi serta coverage-nya pun sangat baik dan tidak perlu diragukan lagi.

No.4

WardahEveryday Cheek & Liptint

Mulai dari Rp45.000,00

Kaya antioksidan, lindungi bibir dari radikal bebas

Memiliki aktivitas di luar ruangan membuat Anda harus memberi perlindungan ekstra terhadap kulit dan bibir. Wardah Cheek & Liptint mengandung tujuh natural essences yang melembapkan serta kaya akan antioksidan. Antioksidan di dalamnya akan melindungi bibir dari paparan sinar UV.


Produk ini juga mengandung blushtensity fit yang membuat warnanya menyatu sempurna dengan warna kulit. Dengan demikian, tampilan natural akan Anda dapatkan saat memakai lip tint ini.

No.5

Mineral BotanicaHydra Lip And Cheek Tint

Mulai dari Rp51.900,00

Bleandable, membuat tampilan natural tetap menawan

Anda memiliki berbagai acara dalam sehari? Bawa saja Hydra Lip And Cheek Tint sebagai senjata tampilan makeup yang berbeda. Meskipun teksturnya creamy, setiap olesannya terasa ringan di bibir. Cukup oleskan sekali saja, Anda sudah mendapatkan warna yang pigmented.


Produk ini juga bisa digunakan pada pipi dan mudah dibaurkan. Untuk Anda yang menyukai makeup natural sekaligus multifungsi, bawa selalu produk ini, ya!

No.6

Lip tint waterproof untuk tampilan sexy

Produk ini memiliki pilihan warna yang lebih gelap dibandingkan lip tint lainnya sehingga sangat cocok untuk kulit sawo matang. Pilihan warna gelap ini akan memberikan tampilan dewasa, misterius, serta sexy bagi Anda yang menyukainya.


Sementara itu, untuk Anda yang berkulit putih dan ingin tampilan natural, gunakan tipis-tipis saja karena warnanya sangat intense. Kami merekomendasikan Mizzu Aqua Tint ini untuk Anda gunakan pada acara malam hari. Formulanya juga waterproof sehingga lebih awet menempel di bibir cantik Anda.

No.7

Makin percaya diri dengan warna-warna yang intens

Lip gel dari By Lizzie Parra mampu membuat Anda tampil natural atau bergaya dengan all out. Anda tidak perlu bingung lagi karena produk ini memiliki empat varian warna yang menarik. Olesan pertama akan menghasilkan tampilan glossy di bibir Anda. Kemudian, pigmentasi warnanya yang intens akan membuat bibir tampak lembap.


Anda tidak perlu khawatir saat menggunakannya karena lip gel ini mengandung jojoba oil dan vitamin E untuk menutrisi bibir. Kami merekomendasikan produk ini jika bibir Anda cenderung gampang kering. 

No.8

Moko MokoLip Honey Tint Marker

Mulai dari Rp59.000,00

Lebih mudah digunakan dengan bentuk seperti spidol

Jika Anda berpikir Moko Moko adalah brand asal Korea, Anda keliru. Moko Moko merupakan produk asli dari Indonesia. Lip Honey Tint Marker dari Moko Moko memiliki applicator yang unik dan berbeda dari lip tint kebanyakan. Ya, applicator-nya memiliki bentuk mirip spidol.


Anda yang masih pemula tidak akan kesulitan untuk menggunakannya. Dengan applicator seperti ini, Anda dapat dengan mudah menjangkau sudut bibir, serta tidak akan berantakan ketika diaplikasikan. Namun, supaya tidak cepat kering, Anda sebaiknya menyimpan produk ini dalam posisi tegak dengan bagian spidol berada di bawah.

No.9

Martha TilaarSariayu Color Hydra Lip Tint

Mulai dari Rp64.700,00

Fresh dan harum untuk menambah semangat Anda

Hydra Lip Tint memiliki aroma buah yang segar dan manis dalam setiap olesannya. Cobalah gunakan lip tint ini saat Anda sedang jenuh dengan berbagai rutinitas. Dijamin, Anda akan merasa lebih segar dan bersemangat. 


Pigmentasinya yang tidak terlalu intens akan memberikan tampilan yang lebih natural di bibir Anda. Selain itu, di dalamnya terkandung vitamin E untuk menutrisi bibir agar lebih sehat.

No.10

Bare lips sensation, bibir terasa lebih ringan

Ada kabar gembira bagi pemilik bibir sensitif karena Anda dapat menggunakan produk yang satu ini. SASC Lip Ink mengandung allantoin yang ramah untuk pemilik bibir sensitif. Selain itu, lip tint ini juga diklaim kiss-proof sehingga lebih tahan lama.


Ketika menggunakan lip tint ini, bibir Anda tidak akan terasa terbebani karena formulanya memberikan sensasi bare lip. Pilihan warna dari SASC cocok digunakan untuk semua warna kulit, mulai dari fair sampai tan.

Pertanyaan umum seputar lip tint lokal

Pertanyaan umum seputar lip tint lokal

Setelah mengulas cara memilih dan rekomendasi lip tint lokal terbaik, kami juga memiliki bahasan lain mengenai lip tint. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut, simak jawabannya di bawah ini!

Berbahayakah memakai lip tint?

Saat ini, banyak merek kosmetik yang memiliki bahan aktif alami dalam kandungan produknya, termasuk lip tint. Penggunaan lip tint dengan kandungan yang aman membuat Anda dapat memakainya tanpa khawatir. Jadi, periksalah bahan aktif lip tint yang bisa memberikan efek baik untuk bibir Anda.


Selain itu, apabila memakai lip tint dari brand yang sudah mempunyai reputasi baik, kandungannya sudah pasti aman. Jadi, Anda tidak perlu takut. Namun, pastikan Anda membeli lip tint di official store untuk menghindari produk palsu yang mungkin mengandung bahan berbahaya.

Apakah boleh menggunakan lip tint setiap hari?

Lip tint dikenal memberikan hasil yang tahan lama dan tampilan natural di bibir. Tentu hal ini menjadi cara yang praktis untuk digunakan kapan pun Anda inginkan, termasuk menggunakannya setiap hari. Apabila Anda masih merasa produk lip tint kurang lembap, oleskan lip balm sebelum penggunaan.

Apakah lip tint dapat membuat bibir hitam?

Lip tint dapat membuat bibir hitam apabila bibir tidak dibersihkan dengan baik setelah pemakaian. Meskipun mengandung kandungan yang menahan radikal bebas dan melembapkan, lip tint juga memiliki kandungan kimia di dalamnya. Oleh karena itu, membersihkan wajah dan bibir setelah penggunaan makeup, jangan sampai terlewatkan.

Baca juga rekomendasi lip tint lainnya di sini

Selain merek lokal, banyak merek lip tint lain yang tidak kalah bagusnya. Jika Anda tertarik untuk mengetahuinya, klik tautan di bawah ini dan temukan berbagai lip tint menarik lainnya.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan kami, ternyata banyak lip tint merek lokal yang kualitasnya bagus dan harganya terjangkau, bukan? Untuk mendapatkan lip tint yang nyaman dipakai, pilihlah berdasarkan jenisnya.


Perhatikan juga kandungan pelembapnya, terutama jika Anda memiliki bibir kering. Tidak lupa, sesuaikan warna lip tint dengan tone kulit Anda. Semoga Anda merasa terbantu dengan artikel ini. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer