• 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Di tengah mewabahnya COVID-19 (coronavirus disease 2019), wajib hukumnya bagi kita untuk menjaga kebersihan. Virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok, tersebut dapat masuk ke tubuh melalui tangan yang tidak higienis. Karena itu, selain mencuci tangan, Anda juga membutuhkan hand sanitizer yang ampuh membunuh virus dan kuman.


Namun, kini banyak sekali merek hand sanitizer yang dijual di pasaran. Tahukah Anda jenis hand sanitizer seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan? Kali ini kami akan membahas cara memilih dan merekomendasikan produk terbaiknya. Terdapat berbagai merek seperti Antis dan Dettol. Tetaplah bersama kami!

  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2020
  • 43.878 Views
Daftar isi

Manfaat memakai hand sanitizer

Manfaat memakai hand sanitizer

Memang, cara terbaik untuk membersihkan tangan dari segala virus dan kotoran lain adalah dengan mencucinya. Namun, kandungan alkohol pada hand sanitizer dapat memberikan perlindungan ekstra bila dipakai setelah Anda mencuci tangan. Hand sanitizer juga solusi yang mudah dalam membersihkan tangan ketika air dan sabun tidak tersedia. Bila dipakai dengan benar, ia dapat membunuh virus, kuman, dan bakteri yang bisa berdampak buruk pada kesehatan.


Memakai hand sanitizer juga menumbuhkan kebiasaan menjaga tangan tetap higienis. Bila sudah memiliki kebiasaan tersebut, Anda jadi lebih kebal dari infeksi virus-virus merugikan. Nah, sudah yakin akan kehebatan cairan antiseptik ini, kan?

Cara memilih hand sanitizer

Sebelum melihat produk-produknya, ada baiknya Anda mengetahui hand sanitizer seperti apa yang patut dipilih. Jadikan ulasan kami di bawah ini sebagai referensinya, ya!

Periksa bahan kandungannya

Walaupun sama-sama berfungsi membunuh virus dan kuman, kandungan dalam hand sanitizer dapat berbeda-beda bergantung dari mereknya. Yuk, kenali kandungan apa yang sebaiknya ada di dalam hand sanitizer!

Pilih yang mengandung 60-95% alkohol

Pilih yang mengandung 60-95% alkohol

Mungkin kita semua sudah tahu bahwa kebanyakan produk hand sanitizer mengandung alkohol. Namun, tahukah Anda bahwa kadar alkohol yang dikandung setiap produk berbeda? Menurut para ahli, sebaiknya pilih produk yang mengandung sedikitnya 60% alkohol. Alasannya, hand sanitizer yang mengandung 60-95% alkohol lebih efektif membunuh virus dan kuman


Bila kadar alkoholnya kurang dari itu, hand sanitizer tidak mampu membunuh virus yang kuat, misalnya norovirus. Akibatnya, pencegahan infeksi virus jadi kurang efektif. Jadi, jangan lupa perhatikan hal ini sebelum membeli, ya!

Pilih yang tidak mengandung bahan berbahaya

Pilih yang tidak mengandung bahan berbahaya

Beberapa produk hand sanitizer mengandung bahan kimia yang sebenarnya tidak krusial keberadaannya. Bahan-bahan ini bila terus kita gunakan dapat membahayakan kesehatan. Sebelum membeli, cek apakah suatu produk mengandung triklosan, paraben, dan bahan kimia berbahaya lainnya.


Triklosan banyak digunakan dalam produk kebutuhan sehari-hari seperti sabun dan pasta gigi karena bersifat antibakteri. Meskipun begitu, triklosan tidak sanggup membunuh virus, termasuk virus penyebab flu dan demam. Beberapa hasil penelitian mengasosiasikan triklosan dengan beragam masalah kesehatan, contohnya gangguan hormon dan kanker.


Lalu, sebisa mungkin hindari juga produk yang mengandung paraben. Bahan yang banyak ditemukan pada produk kosmetik ini berfungsi untuk mengawetkan produk. Sayangnya, paraben dihubungkan dengan berbagai penyakit seperti iritasi kulit dan kanker. Karena itu, jauhi produk dengan kandungan bahan-bahan tersebut.

Lebih baik bila ada kandungan pelembap dan vitamin

Lebih baik bila ada kandungan pelembap dan vitamin

Akibat kandungan alkoholnya yang tinggi, menggunakan hand sanitizer terus menerus dapat menyebabkan kulit tangan menjadi kering. Ironisnya, virus dan kuman akan semakin nyaman berkembang biak di kulit yang kering dan pecah-pecah. Seram, kan? Solusinya, Anda bisa memilih hand sanitizer dengan kandungan pelembap dan vitamin. Dengan demikian, selain higienis, kelembapan kulit kita dapat terjaga.


Bila hand sanitizer Anda tidak mengandung pelembap atau vitamin, Anda bisa memakai moisturizer setelah hand sanitizer mengering. Namun, pastikan juga moisturizer pilihan Anda tidak mengandung bahan kimia berbahaya, ya.

Pilih berdasarkan merek terpercaya

Pilih berdasarkan merek terpercaya

Jika bingung memilih, Anda bisa memilih berdasarkan merek yang telah Anda percaya. Coba cek apakah merek produk kesehatan favorit Anda juga memproduksi hand sanitizer. Dengan begitu, Anda bisa lebih tenang menggunakannya.


Di Indonesia, merek hand sanitizer lokal seperti Antis sudah populer sejak dulu. Alasannya, harga produk merek tersebut tidak menguras kantong dan mudah ditemui di berbagai toko. Selain itu, merek luar seperti The Body Shop mungkin bisa Anda coba juga jika tertarik. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan budget!

10 Rekomendasi hand sanitizer terbaik

Sekarang saatnya kami merekomendasikan produk-produk terbaik. Pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda, ya!

10
Isi250 ml
Kandungan pelembap / vitaminAda (gliserol)
Kadar alkoholTidak disebutkan
9
Isi60 ml
Kandungan pelembap / vitaminAda (gliserol, castor oil)
Kadar alkoholTidak disebutkan
8
Isi60 ml
Kandungan pelembap / vitaminAda (vitamin E, castor oil)
Kadar alkohol70%
7

BetadineNatural Defense Nourishing Manuka Honey Hand Sanitizer

Rp 62.000,00

Isi50 ml
Kandungan pelembap / vitaminAda (organic aloe vera dan vitamin E)
Kadar alkoholTidak disebutkan
6
Isi60 ml
Kandungan pelembap / vitaminAda (vitamin E, castor oil)
Kadar alkohol70%
5
Isi29 ml
Kandungan pelembap / vitaminAda (shea extract, vitamin E, aloe vera)
Kadar alkohol68%
4
Isi50 ml
Kandungan pelembap / vitaminTidak disebutkan
Kadar alkohol70%
3
IsiOriginal (200 ml, 50 ml)・soothe (50 ml)・refresh (50 ml)
Kandungan pelembap / vitaminAda (pada seri Refresh)
Kadar alkohol69,4%
2
Isi55 ml (spray)・60 ml (gel botol kecil)・250 ml (gel botol besar)
Kandungan pelembap / vitaminAda
Kadar alkohol70%
1
Isi50 ml
Kandungan pelembap / vitaminAda (moisturizer, vitamin E)
Kadar alkohol95%

Tabel perbandingan produk hand sanitizer terbaik

Gambar produk
1
Lifebuoy Hand Sanitizer 1

Lifebuoy

2
Enesis Group Antis Spray 1

Enesis Group

3
Dettol Instant Hand Sanitizer 1

Dettol

4
Carex Hand Gel Sensitive 50 ml 1

Carex

5
Bath & Body Works Warm Vanilla Sugar 1

Bath & Body Works

6
Betadine Klarens Sanitizer Spray 1

Betadine

7
Betadine Natural Defense Nourishing Manuka Honey Hand Sanitizer 1

Betadine

8
CarusPharma Kitashi Hand Sanitizer 1

CarusPharma

9
The Body Shop Mango Hand Cleanse Gel 1

The Body Shop

10
Klinsen Hand Sanitizer 1

Klinsen

Nama produk

Hand Sanitizer

Antis Spray

Instant Hand Sanitizer

Hand Gel Sensitive 50 ml

Warm Vanilla Sugar

Klarens Sanitizer Spray

Natural Defense Nourishing Manuka Honey Hand Sanitizer

Kitashi Hand Sanitizer

Mango Hand Cleanse Gel

Hand Sanitizer

Keunggulan

Tingkatkan imunitas kulit dengan formula efektifnya!

Kuman dan virus mati hanya dalam 4 detik!

Efektif membunuh kuman tanpa rasa lengket di kulit

Tidak rawan iritasi, bahkan untuk kulit sensitif!

Hand sanitizer trendi dengan aroma mirip parfum

Untuk toilet dan helm juga bisa!

Kebaikan madu untuk menutrisi kulit Anda

Kulit antikering dan terlindung dari radikal bebas

Wangi mangga dan chamomile yang menenangkan

Ukuran besar, pas untuk di rumah dan kantor!

HargaRp 14.500,00Rp 41.000,00Rp 12.000,00Rp 66.000,00Rp 60.000,00Rp 16.500,00Rp 62.000,00Rp 17.575,00Rp 68.000,00Rp 38.600,00
Isi50 ml55 ml (spray)・60 ml (gel botol kecil)・250 ml (gel botol besar)Original (200 ml, 50 ml)・soothe (50 ml)・refresh (50 ml)50 ml29 ml60 ml50 ml60 ml60 ml250 ml
Kandungan pelembap / vitaminAda (moisturizer, vitamin E)AdaAda (pada seri Refresh)Tidak disebutkanAda (shea extract, vitamin E, aloe vera)Ada (vitamin E, castor oil)Ada (organic aloe vera dan vitamin E)Ada (vitamin E, castor oil)Ada (gliserol, castor oil)Ada (gliserol)
Kadar alkohol95%70%69,4%70%68%70%Tidak disebutkan70%Tidak disebutkanTidak disebutkan
Tautan produk

Cara memakai hand sanitizer yang efektif

Cara memakai hand sanitizer yang efektif

Supaya dapat bekerja lebih efektif, ada beberapa langkah memakai hand sanitizer yang sebaiknya Anda ikuti. Pertama-tama, pastikan tangan Anda kering sebelum menggunakan. Lalu, bacalah petunjuk penggunaan yang tertera pada label produk. Gunakan produk sesuai jumlah yang dianjurkan. Selanjutnya, usapkan kedua tangan Anda secara menyeluruh. Jangan lupakan bagian punggung tangan, sela-sela jari, dan bagian dalam kuku. Pakailah produk sampai ke setengah lengan Anda. Setelah itu, biarkan produk mengering dengan sendirinya. Janganlah mengeringkannya dengan tisu.


Hal yang tak kalah penting untuk diingat adalah menghentikan penggunaan produk apabila terdapat efek yang tidak diinginkan pada kulit. Kemudian, cuci tangan dengan air mengalir dan sabun jika tangan Anda jelas terlihat kotor. Terakhir, mari hentikan kebiasaan buruk memegang daerah wajah dengan tangan!

Baca juga rekomendasi produk personal care lainnya di sini!

Selain hand sanitizer, mungkin Anda membutuhkan produk lain untuk mempersiapkan diri menghadapi virus, kuman, dan debu sehari-harinya. Dengan produk yang tepat, kemampuan tubuh Anda untuk menangkal faktor buruk eksternal bisa meningkat. Kami punya rekomendasi produk-produknya di bawah ini! Lihat dulu, yuk!

Kesimpulan

Dalam memilih produk hand sanitizer terbaik, pastikan bahwa tidak ada kandungan bahan kimia yang dapat membahayakan tubuh. Lalu, lebih baik lagi jika terdapat kandungan pelembap dan vitamin di dalamnya. Dengan begitu, produk dapat membasmi kuman sekaligus menutrisi dan menjaga kelembapan kulit.


Jangan lupa juga untuk menggunakan hand sanitizer dengan cara yang efektif. Menjalani pola hidup sehat dan menjaga kebersihan diri adalah tameng terbaik dari segala penyakit. Semoga Anda dan keluarga selalu sehat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Akhir-akhir ini, semakin banyak muncul variasi deterjen, baik dari segi aroma maupun kandungan yang dinilai aman untuk kulit sensitif, bahkan kulit bayi. Banyaknya varian deterjen tentunya membuat bingung dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan produk-produk pilihan, seperti Rinso, Attack, So Klin, dan lain sebagainya. Selain itu, kami juga menyertakan tips cara memilih dan cara penggunaan deterjen yang benar agar hasil cuci lebih memuaskan.
    Peralatan kebersihan
    74.979 Views
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2020)
    Masa anak-anak menyikat gigi dimulai ketika gigi atas dan bawah mereka mulai tumbuh. Kini sudah banyak pasta gigi untuk anak yang dijual di pasaran, seperti pasta gigi yang mengandung fluoride, xylitol, atau kombinasi keduanya. Pemilihan produk yang tepat akan menunjang kesehatan gigi anak Anda lebih baik dan maksimal.Sebelum membeli pasta gigi untuk anak Anda, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang pasta gigi anak. Kali ini, kami akan memberikan penjelasan cara memilih pasta gigi untuk anak dan kami juga akan menyarankan beberapa rekomendasi produk dari merek ternama, seperti Kodomo, Buds, Darlie, dan Jack n’Jill.
    Peralatan kebersihan
    71.735 Views
  • 10 Rekomendasi Pembersih Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pembersih Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pembersih mesin cuci mampu menghilangkan penumpukan kotoran dan bakteri yang tidak terlihat oleh mata. Dengan menggunakan pembersih, mesin cuci Anda akan terlihat lebih bersih dan bebas bau. Saat ini, ada banyak merek pembersih mesin cuci seperti Tide, Putto Houzz, Sanni, dan lainnya.Dengan banyaknya merek di pasaran, Anda mungkin bingung memilih pembersih mesin cuci yang terbaik. Untuk itu, kami akan menjabarkan beberapa poin penting dalam memilih pembersih yang tepat untuk mesin cuci Anda. Kami juga akan memberi beberapa produk rekomendasi. Mari disimak agar mesin cuci Anda senantiasa bersih setiap saat!
    Peralatan kebersihan
    39.635 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Pengusir Kecoa Terbaik yang Ampuh Membasmi Kecoa (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Pengusir Kecoa Terbaik yang Ampuh Membasmi Kecoa (Terbaru Tahun 2021)
    Kecoa sering muncul di segala tempat tanpa mengenal cuaca maupun waktu. Ada berbagai cara dan produk yang dapat digunakan untuk mengusir serangga yang satu ini. Produk yang sering digunakan untuk mengusir kecoa biasanya adalah spray aerosol dan jebakan racun. Selain kedua produk tersebut, sebenarnya masih ada beberapa tipe pengusir kecoa lainnya. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pengusir kecoa berdasarkan tipenya serta merekomendasikan produk terbaik. Anda akan menemukan produk merek HIT, Bagus, dan Baygon. Pemilihan produk yang tepat mampu memberikan perlindungan maksimal dari serangga ini. Selamat membaca!
    Peralatan kebersihan
    44.972 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Produk Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda sering terganggu oleh suara atau gigitan nyamuk saat sedang tidur? Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan produk pengusir nyamuk. Merek-merek terkenal seperti Baygon, Hit, dan X-mos sudah mengeluarkan berbagai jenis produk pengusir nyamuk, misalnya obat nyamuk bakar dan spray antinyamuk.Ada banyak jenis produk pengusir nyamuk dengan keunggulannya masing-masing. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk pengusir nyamuk dan merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Jadikanlah artikel ini sebagai acuan untuk menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan kebersihan
    53.795 Views
  • 10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Deterjen merupakan salah satu komponen yang tentunya wajib ada saat Anda mencuci pakaian. Saat ini, ada banyak jenis deterjen yang dijual di pasaran, salah satunya yang sering dijumpai adalah deterjen jenis bubuk. Deterjen jenis bubuk ini hingga saat ini masih menjadi favorit bagi banyak orang. Tidak heran, banyak bermunculan variasi dari jenis deterjen ini.Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih deterjen bubuk dengan tepat. Kami juga akan merekomendasikan merek deterjen bubuk yang telah kami seleksi seperti Attack, Rinso dan So Klin. Jadikanlah artikel ini sebagai referensi Anda untuk menemukan produk yang tepat!
    Peralatan kebersihan
    13.754 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Pel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Alat Pel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Alat pel dapat membersihkan lantai lebih efektif dibandingkan menggunakan vacuum cleaner. Ada berbagai jenis dan ukuran alat pel yang beredar di pasaran. Selain itu, terdapat pula beragam merek, seperti BOLDe, Bagus, hingga Scotch-Brite yang mungkin dapat membuat Anda bingung memilihnya.Pada artikel ini, kami akan memberikan tips memilih alat pel yang ideal bagi Anda dan juga merekomendasikan produk-produk populer. Membersihkan rumah akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan jika Anda memilih alat pel yang tepat. Bacalah artikel ini dengan saksama dan temukan alat pel ideal untuk Anda.
    Peralatan kebersihan
    27.488 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori