• 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Hand Sanitizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Di tengah mewabahnya COVID-19 (coronavirus disease 2019), wajib hukumnya bagi kita untuk menjaga kebersihan. Virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok, tersebut dapat masuk ke tubuh melalui tangan yang tidak higienis. Karena itu, selain mencuci tangan, Anda juga membutuhkan hand sanitizer yang ampuh membunuh virus dan kuman.


Namun, kini banyak sekali merek hand sanitizer yang dijual di pasaran. Tahukah Anda jenis hand sanitizer seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan? Kali ini kami akan membahas cara memilih dan merekomendasikan produk terbaiknya. Terdapat berbagai merek seperti Antis dan Dettol. Tetaplah bersama kami!

  • Pembaharuan terakhir: 03 April 2020
  • 31.090 Views
Daftar isi

Manfaat memakai hand sanitizer

Manfaat memakai hand sanitizer

Memang, cara terbaik untuk membersihkan tangan dari segala virus dan kotoran lain adalah dengan mencucinya. Namun, kandungan alkohol pada hand sanitizer dapat memberikan perlindungan ekstra bila dipakai setelah Anda mencuci tangan. Hand sanitizer juga solusi yang mudah dalam membersihkan tangan ketika air dan sabun tidak tersedia. Bila dipakai dengan benar, ia dapat membunuh virus, kuman, dan bakteri yang bisa berdampak buruk pada kesehatan.


Memakai hand sanitizer juga menumbuhkan kebiasaan menjaga tangan tetap higienis. Bila sudah memiliki kebiasaan tersebut, Anda jadi lebih kebal dari infeksi virus-virus merugikan. Nah, sudah yakin akan kehebatan cairan antiseptik ini, kan?

Cara memilih hand sanitizer

Sebelum melihat produk-produknya, ada baiknya Anda mengetahui hand sanitizer seperti apa yang patut dipilih. Jadikan ulasan kami di bawah ini sebagai referensinya, ya!

Periksa bahan kandungannya

Walaupun sama-sama berfungsi membunuh virus dan kuman, kandungan dalam hand sanitizer dapat berbeda-beda bergantung dari mereknya. Yuk, kenali kandungan apa yang sebaiknya ada di dalam hand sanitizer!

Pilih yang mengandung 60-95% alkohol

Pilih yang mengandung 60-95% alkohol

Mungkin kita semua sudah tahu bahwa kebanyakan produk hand sanitizer mengandung alkohol. Namun, tahukah Anda bahwa kadar alkohol yang dikandung setiap produk berbeda? Menurut para ahli, sebaiknya pilih produk yang mengandung sedikitnya 60% alkohol. Alasannya, hand sanitizer yang mengandung 60-95% alkohol lebih efektif membunuh virus dan kuman


Bila kadar alkoholnya kurang dari itu, hand sanitizer tidak mampu membunuh virus yang kuat, misalnya norovirus. Akibatnya, pencegahan infeksi virus jadi kurang efektif. Jadi, jangan lupa perhatikan hal ini sebelum membeli, ya!

Pilih yang tidak mengandung bahan berbahaya

Pilih yang tidak mengandung bahan berbahaya

Beberapa produk hand sanitizer mengandung bahan kimia yang sebenarnya tidak krusial keberadaannya. Bahan-bahan ini bila terus kita gunakan dapat membahayakan kesehatan. Sebelum membeli, cek apakah suatu produk mengandung triklosan, paraben, dan bahan kimia berbahaya lainnya.


Triklosan banyak digunakan dalam produk kebutuhan sehari-hari seperti sabun dan pasta gigi karena bersifat antibakteri. Meskipun begitu, triklosan tidak sanggup membunuh virus, termasuk virus penyebab flu dan demam. Beberapa hasil penelitian mengasosiasikan triklosan dengan beragam masalah kesehatan, contohnya gangguan hormon dan kanker.


Lalu, sebisa mungkin hindari juga produk yang mengandung paraben. Bahan yang banyak ditemukan pada produk kosmetik ini berfungsi untuk mengawetkan produk. Sayangnya, paraben dihubungkan dengan berbagai penyakit seperti iritasi kulit dan kanker. Karena itu, jauhi produk dengan kandungan bahan-bahan tersebut.

Lebih baik bila ada kandungan pelembap dan vitamin

Lebih baik bila ada kandungan pelembap dan vitamin

Akibat kandungan alkoholnya yang tinggi, menggunakan hand sanitizer terus menerus dapat menyebabkan kulit tangan menjadi kering. Ironisnya, virus dan kuman akan semakin nyaman berkembang biak di kulit yang kering dan pecah-pecah. Seram, kan? Solusinya, Anda bisa memilih hand sanitizer dengan kandungan pelembap dan vitamin. Dengan demikian, selain higienis, kelembapan kulit kita dapat terjaga.


Bila hand sanitizer Anda tidak mengandung pelembap atau vitamin, Anda bisa memakai moisturizer setelah hand sanitizer mengering. Namun, pastikan juga moisturizer pilihan Anda tidak mengandung bahan kimia berbahaya, ya.

Pilih berdasarkan merek terpercaya

Pilih berdasarkan merek terpercaya

Jika bingung memilih, Anda bisa memilih berdasarkan merek yang telah Anda percaya. Coba cek apakah merek produk kesehatan favorit Anda juga memproduksi hand sanitizer. Dengan begitu, Anda bisa lebih tenang menggunakannya.


Di Indonesia, merek hand sanitizer lokal seperti Antis sudah populer sejak dulu. Alasannya, harga produk merek tersebut tidak menguras kantong dan mudah ditemui di berbagai toko. Selain itu, merek luar seperti The Body Shop mungkin bisa Anda coba juga jika tertarik. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan budget!

10 Rekomendasi hand sanitizer terbaik

Sekarang saatnya kami merekomendasikan produk-produk terbaik. Pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda, ya!

10
Isi250 ml
Kandungan pelembap / vitaminAda (gliserol)
Kadar alkoholTidak disebutkan
9
Isi60 ml
Kandungan pelembap / vitaminAda (gliserol, castor oil)
Kadar alkoholTidak disebutkan
8
Isi60 ml
Kandungan pelembap / vitaminAda (vitamin E, castor oil)
Kadar alkohol70%
7

BetadineNatural Defense Nourishing Manuka Honey Hand Sanitizer

Rp 62.000,00

Isi50 ml
Kandungan pelembap / vitaminAda (organic aloe vera dan vitamin E)
Kadar alkoholTidak disebutkan
6
Isi60 ml
Kandungan pelembap / vitaminAda (vitamin E, castor oil)
Kadar alkohol70%
5
Isi29 ml
Kandungan pelembap / vitaminAda (shea extract, vitamin E, aloe vera)
Kadar alkohol68%
4
Isi50 ml
Kandungan pelembap / vitaminTidak disebutkan
Kadar alkohol70%
3
IsiOriginal (200 ml, 50 ml)・soothe (50 ml)・refresh (50 ml)
Kandungan pelembap / vitaminAda (pada seri Refresh)
Kadar alkohol69,4%
2
Isi55 ml (spray)・60 ml (gel botol kecil)・250 ml (gel botol besar)
Kandungan pelembap / vitaminAda
Kadar alkohol70%
1
Isi50 ml
Kandungan pelembap / vitaminAda (moisturizer, vitamin E)
Kadar alkohol95%

Tabel perbandingan produk hand sanitizer terbaik

Gambar produk
1
Lifebuoy Hand Sanitizer 1

Lifebuoy

2
Enesis Group Antis Spray 1

Enesis Group

3
Dettol Instant Hand Sanitizer 1

Dettol

4
Carex Hand Gel Sensitive 50 ml 1

Carex

5
Bath & Body Works Warm Vanilla Sugar 1

Bath & Body Works

6
Klarens Hand Sanitizer 1

Klarens

7
Betadine Natural Defense Nourishing Manuka Honey Hand Sanitizer 1

Betadine

8
CarusPharma Kitashi Hand Sanitizer 1

CarusPharma

9
The Body Shop Mango Hand Cleanse Gel 1

The Body Shop

10
Klinsen Hand Sanitizer 1

Klinsen

Nama produk

Hand Sanitizer

Antis Spray

Instant Hand Sanitizer

Hand Gel Sensitive 50 ml

Warm Vanilla Sugar

Hand Sanitizer

Natural Defense Nourishing Manuka Honey Hand Sanitizer

Kitashi Hand Sanitizer

Mango Hand Cleanse Gel

Hand Sanitizer

KeunggulanTingkatkan imunitas kulit d...Kuman dan virus mati hanya ...Efektif membunuh kuman tanp...Tidak rawan iritasi, bahkan...Hand sanitizer trendi denga...Untuk toilet dan helm juga ...Kebaikan madu untuk menutri...Kulit antikering dan terlin...Wangi mangga dan chamomile ...Ukuran besar, pas untuk di ...
HargaRp 14.500,00Rp 41.000,00Rp 12.000,00Rp 66.000,00Rp 60.000,00Rp 16.500,00Rp 62.000,00Rp 17.575,00Rp 68.000,00Rp 38.600,00
Isi50 ml55 ml (spray)・60 ml (gel botol kecil)・250 ml (gel botol besar)Original (200 ml, 50 ml)・soothe (50 ml)・refresh (50 ml)50 ml29 ml60 ml50 ml60 ml60 ml250 ml
Kandungan pelembap / vitaminAda (moisturizer, vitamin E)AdaAda (pada seri Refresh)Tidak disebutkanAda (shea extract, vitamin E, aloe vera)Ada (vitamin E, castor oil)Ada (organic aloe vera dan vitamin E)Ada (vitamin E, castor oil)Ada (gliserol, castor oil)Ada (gliserol)
Kadar alkohol95%70%69,4%70%68%70%Tidak disebutkan70%Tidak disebutkanTidak disebutkan
Tautan produk

Cara memakai hand sanitizer yang efektif

Cara memakai hand sanitizer yang efektif

Supaya dapat bekerja lebih efektif, ada beberapa langkah memakai hand sanitizer yang sebaiknya Anda ikuti. Pertama-tama, pastikan tangan Anda kering sebelum menggunakan. Lalu, bacalah petunjuk penggunaan yang tertera pada label produk. Gunakan produk sesuai jumlah yang dianjurkan. Selanjutnya, usapkan kedua tangan Anda secara menyeluruh. Jangan lupakan bagian punggung tangan, sela-sela jari, dan bagian dalam kuku. Pakailah produk sampai ke setengah lengan Anda. Setelah itu, biarkan produk mengering dengan sendirinya. Janganlah mengeringkannya dengan tisu.


Hal yang tak kalah penting untuk diingat adalah menghentikan penggunaan produk apabila terdapat efek yang tidak diinginkan pada kulit. Kemudian, cuci tangan dengan air mengalir dan sabun jika tangan Anda jelas terlihat kotor. Terakhir, mari hentikan kebiasaan buruk memegang daerah wajah dengan tangan!

Baca juga rekomendasi produk personal care lainnya di sini!

Selain hand sanitizer, mungkin Anda membutuhkan produk lain untuk mempersiapkan diri menghadapi virus, kuman, dan debu sehari-harinya. Dengan produk yang tepat, kemampuan tubuh Anda untuk menangkal faktor buruk eksternal bisa meningkat. Kami punya rekomendasi produk-produknya di bawah ini! Lihat dulu, yuk!

Kesimpulan

Dalam memilih produk hand sanitizer terbaik, pastikan bahwa tidak ada kandungan bahan kimia yang dapat membahayakan tubuh. Lalu, lebih baik lagi jika terdapat kandungan pelembap dan vitamin di dalamnya. Dengan begitu, produk dapat membasmi kuman sekaligus menutrisi dan menjaga kelembapan kulit.


Jangan lupa juga untuk menggunakan hand sanitizer dengan cara yang efektif. Menjalani pola hidup sehat dan menjaga kebersihan diri adalah tameng terbaik dari segala penyakit. Semoga Anda dan keluarga selalu sehat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Foundation Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Foundation Cair Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Di pasaran, Anda bisa menemukan banyak produk foundation cair, mulai dari merek Maybelline, MAC, Bourjois, dan lainnya. Masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Ada produk dengan daya coverage tinggi, ada yang bisa melembapkan, ada juga yang cocok untuk semua jenis kulit.Banyaknya pilihan yang beredar sering kali membuat Anda bingung untuk memilih. Karena itu, pada artikel ini kami akan mengulas cara memilih foundation cair yang tepat untuk Anda. Setelahnya, kami juga akan memperkenalkan sepuluh foundation cair terbaik. Anda dapat menemukan foundation cair untuk kulit kering hingga berminyak. Pilihlah sesuai kebutuhan Anda!
    Kosmetik & kesehatan
    10.699 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata Terbaik untuk Mengatasi Mata Kering (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata Terbaik untuk Mengatasi Mata Kering (Terbaru Tahun 2020)
    Di zaman serba digital seperti sekarang, manusia sangat bergantung pada penggunaan gadget, misalnya smartphone dan laptop. Belum lagi penggunaan lensa kontak juga semakin populer. Ketergantungan pada gadget dan lensa kontak dapat mempengaruhi kesehatan mata, salah satunya adalah mata kering.Cara mengatasi kondisi tersebut adalah Anda perlu menggunakan obat tetes mata. Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih obat tetes mata untuk mengatasi mata kering. Beberapa produk terkenal seperti Insto, Rohto, dan Cendo Lyteers akan kami rekomendasikan untuk Anda. Yuk, simak selengkapnya!
    Kosmetik & kesehatan
    31.881 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Sariawan Terbaik yang Ampuh Mengatasi Sariawan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Obat Sariawan Terbaik yang Ampuh Mengatasi Sariawan (Terbaru Tahun 2020)
    Siapa pun pasti merasa terganggu dengan stomatitis atau yang akrab dikenal sebagai seriawan. Seriawan biasanya muncul di bibir, gusi, langit-langit mulut, bahkan tenggorokan. Rasa sakitnya mengganggu kenikmatan Anda saat makan dan berbicara. Salah satu solusi menghadapi seriawan adalah menyembuhkannya dengan obat. Akan tetapi, banyaknya pilihan obat seriawan tentu membuat Anda bingung dalam memilih.Di sini kami akan menjelaskan mengenai cara memilih obat seriawan dan merekomendasikan beberapa obat seriawan terbaik yang banyak dijual di pasaran. Ada berbagai jenis obat seriawan, seperti obat minum, tempel, semprot, oles, dan sebagainya. Anda tinggal memilih yang tepat sesuai dengan kebutuhan saja.
    Kosmetik & kesehatan
    93.475 Views
  • 10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Foundation Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2020)
    Masalah kulit yang meliputi bintik hitam, keriput, kusam, kendur, dan lainnya makin bertambah saat Anda berusia 40-an. Untuk menutupinya, pilihlah foundation yang sesuai dengan kulit Anda. Namun, banyaknya produk yang dijual di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih.Untuk itu, kami akan memberikan tips cara memilih foundation untuk usia 40-an yang cocok dengan berbagai jenis kulit. Simak dan temukan rekomendasi foundation terbaik dari merek L’oreal, YSL, Bourjois, dan lainnya di bawah ini!
    Kosmetik & kesehatan
    11.641 Views
  • 10 Rekomendasi BB Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi BB Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu produk kecantikan Korea yang booming di seluruh dunia adalah blemish balm atau beauty balm cream yang disingkat BB cream. Banyak orang menggunakannya sebagai pengganti foundation. Di pasaran, Anda bisa menemukan banyak brand yang menjual BB cream, seperti Etude House, Missha, dan Wardah.Anda mungkin bertanya-tanya produk mana yang paling tepat untuk Anda. Untuk itu, artikel ini akan membagi tips cara memilih dan merekomendasikan sepuluh produk BB cream terbaik. Bookmark artikel ini dan dapatkan BB cream yang sesuai dengan keinginan!
    Kosmetik & kesehatan
    26.724 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Terbaik Khusus Pria (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Shampo Terbaik Khusus Pria (Terbaru Tahun 2020)
    Saat ini, sudah banyak brand sampo yang mengeluarkan produk khusus pria. Beberapa di antaranya adalah Clear, Kaminomoto, dan Head & Shoulders. Ada juga sampo khusus untuk mengatasi rambut rontok atau untuk menumbuhkan rambut. Apakah Anda bingung memilih sampo yang tepat?Di artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih sampo khusus pria, lalu merekomendasikan produk dengan harga dan kandungan zat yang baik bagi Anda. Kami telah merangkumnya secara terperinci agar Anda dapat menentukan pilihan dengan mudah. Gunakan artikel ini sebagai referensi Anda!
    Kosmetik & kesehatan
    21.696 Views
  • 10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Wanita Usia 40-an (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Wanita Usia 40-an (Terbaru Tahun 2020)
    Usia 40-an adalah fase usia yang matang bagi seorang wanita. Pada usia ini, wanita dinilai memiliki aura kedewasaan yang semakin kuat. Untuk lebih menonjolkan hal tersebut, Anda dapat menggunakan benda-benda yang menunjang penampilan, salah satunya adalah parfum.Kali ini, kami akan membahas cara memilih parfum untuk wanita usia 40-an. Setelah itu, kami akan melengkapi artikel ini dengan memberikan rekomendasi parfum terbaik untuk Anda. Beberapa merek parfum ternama, seperti Calvin Klein, Burberry, dan Bvlgari dapat Anda temukan di sana. Yuk, langsung kita simak ulasannya!
    Kosmetik & kesehatan
    2.202 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori