• 10 Hand Sanitizer Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Hand Sanitizer Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Hand Sanitizer Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Hand Sanitizer Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Hand Sanitizer Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Hand Sanitizer Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)

Di tengah mewabahnya COVID-19 (coronavirus disease 2019), Anda perlu menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Virus yang menyerang saluran pernapasan tersebut dapat masuk ke tubuh melalui tangan yang tidak higienis. Karena itu, selain mencuci tangan, Anda juga membutuhkan hand sanitizer yang bagus dan ampuh membunuh virus.


Merek produk hand sanitizer, seperti Nuvo, Dettol, dan Antis, tersedia di pasaran. Kami akan memberikan tips memilih hand sanitizer dan merekomendasikan produk terbaiknya. Simak juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Andina Bulan. Yuk, pilih hand sanitizer spray atau gel di bawah ini!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Andina Bulan
  • Pembaharuan terakhir: 19 Agustus 2021
  • 57.869 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Andina Bulan Sari, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Andina Bulan Sari, SpKK

Dokter Andina Bulan Sari merupakan alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang lulus pada 2008. Pada 2009, Dokter Andina memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya pada program spesialis Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin di FKUI-RSCM.

Setelah lulus pada 2014, ibu dari dua orang anak ini aktif praktik di Klinik Sakti Medika Tebet, RS Omni Pekayon, dan Zap Premiere Sumarecon Mall Bekasi. Wanita yang tertarik pada bidang kosmetik, infeksi menular seksual, dan alergi imunologi ini bisa ditemui melalui akun Instagram-nya.

Apa itu hand sanitizer?

Apa itu hand sanitizer?

Hand sanitizer merupakan produk antiseptik yang efektif membunuh kuman, bakteri, ataupun virus yang menempel di tangan. Pembersih tangan ini bekerja dengan cara merusak protein pada mikrob dan menghambat pertumbuhannya. Penggunaannya pun lebih praktis karena tidak perlu dibilas dengan air.


Secara garis besar, hand sanitizer terbagi menjadi dua jenis, yaitu yang mengandung alkohol dan tanpa alkohol. Zat aktif yang terkandung di dalamnya bisa bermacam-macam dan akan berpengaruh pada efektivitas produk tersebut. Karena itu, penting untuk memahami produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Sudah siap untuk memilih hand sanitizer?

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Hand sanitizer merupakan suatu preparat berbentuk cairan, gel, atau foam. Hand sanitizer diaplikasikan di tangan untuk menonaktifkan mikroorganisme dan/atau menekan pertumbuhan mikroorganisme secara temporer. Bentuk lain juga dapat berupa spray dan tisu basah.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih hand sanitizer

Sebelum masuk ke rekomendasi produk, ada baiknya Anda mengetahui hand sanitizer seperti apa yang patut dipilih. Silakan jadikan penjelasan di bawah ini sebagai panduan Anda.

Periksa bahan kandungannya

Meski sama-sama dapat membunuh virus dan kuman, kandungan hand sanitizer dapat berbeda-beda tergantung pada mereknya. Yuk, kenali kandungan bahan yang sebaiknya ada di dalam hand sanitizer!

Produk dengan 60–95% alkohol yang efektif membunuh virus

Produk dengan 60–95% alkohol yang efektif membunuh virus

Anda mungkin sudah tahu bahwa kebanyakan produk hand sanitizer mengandung alkohol. Namun, tahukah Anda bahwa kadar alkohol dalam tiap produk bisa berbeda-beda? Menurut para ahli, sebaiknya pilih produk yang mengandung paling sedikit 60% alkohol. 


Penelitian membuktikan bahwa hand sanitizer dengan kandungan 60–95% alkohol lebih efektif membunuh virus dan kuman. Bila kadar alkohol kurang dari itu, hand sanitizer tidak akan mampu membunuh virus yang kuat, misalnya norovirus. Jika seperti itu, pencegahan terhadap infeksi virus pun jadi kurang efektif. Jadi, jangan lupa perhatikan hal ini sebelum membeli, ya!

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Hand sanitizer dapat diklasifikasikan menjadi alcohol-based hand sanitizer (ABHS) dan non-alcohol-based hand sanitizer (NABHS).


Alcohol-based hand sanitizer (ABHS) adalah hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60–95% dalam bentuk ethanol, isopropanol, n-propanol, ataupun kombinasinya. Alkohol bekerja dengan menyebabkan kerusakan membran, menghambat sintesis protein dan mRNA, dan denaturasi protein.


Untuk mendapatkan efek bakterisidal, konsentrasi ideal minimum adalah 60%. Kandungan alkohol yang lebih rendah hanya akan menekan pertumbuhan, tetapi tidak membunuh mikroba.


Alkohol mempunyai aktivitas baik pada bakteri yang terdapat dalam fase vegetative (sedang mengalami pembelahan dan metabolisme), tetapi tidak pada fase spora. Alkohol juga mempunyai aktivitas baik pada virus.


WHO merekomendasikan penggunaan ABHS untuk virus bovin, hepatitis C, virus zika, murine norovirus, coronavirus, virus enterik, dan respiratorius lainnya. Namun, aktivitas alkohol kurang efektif untuk virus non-enveloped (masih diperdebatkan).


WHO merekomendasikan penggunaan ABHS karena efek kerjanya yang cepat dan aktivitas spektrum mikrobisidal yang luas terhadap virus dan bakteri. Ethanol dianggap paling efektif terhadap virus dibandingkan isopropanol dan n-propanol. Hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan alkohol adalah risiko terbakar dan toksisitas kulit karena konsentrasi alkohol yang tinggi.


Sementara itu, non-alcohol-based hand sanitizer (NABHS) menggunakan bahan kimia dengan kemampuan antiseptik untuk memberikan efek antimikroba. Keuntungannya adalah bahan-bahan ini lebih tidak mudah terbakar dan konsentrasinya rendah sehingga relatif lebih aman digunakan pada anak anak. Bahan-bahan yang digunakan dalam NABHS antara lain adalah sebagai berikut:


  • Chlorhexidine

Bahan ini bekerja dengan mengganggu pembentukan membran sitoplasma sehingga menyebabkan presipitasi isi sel. Bahan ini paling efektif untuk bakteri gram-positif dan efektivitas sedang terhadap bakteri gram-negatif, juga virus enveloped.


  • Chloroxylenol

Bahan ini bekerja dengan deaktivasi sistem enzim dan mengganggu sintesis dinding sel pada mikroba. Efektivitasnya baik terhadap bakteri dan virus enveloped, tetapi tidak begitu aktif terhadap P. aeruginosa.


  • Iodine/iodophors

Iodine adalah antiseptik yang efektif untuk desinfeksi kulit. Namun, karena menyebabkan iritasi kulit dan diskolorasi, penggunaannya banyak digantikan oleh iodophor (kombinasi iodine, iodide, atau triiodide, dan polymer carrier). 


Bahan ini mempunyai aktivitas germisida terhadap bakteri gram-positif, gram-negatif, bakteri pembentuk spora, dan berbagai jamur dan virus. Namun, konsentrasinya dalam bentuk antiseptik (contoh: povidone-iodine 5–10%) tidak efisien untuk aktivitas sporacidal.


  • Quaternary ammonium compounds (benzalkonium chloride, benzethonium chloride, dan cetyl peridium chloride)

Bahan ini bekerja dengan menyerap membran sitoplasma sehingga menyebabkan kebocoran konstituen. Bahan ini efektif terhadap bakteri gram-positif dan virus lipofilik. Aktivitas lemah terhadap fungi, mycobacteria, dan batang gram-negatif.

Sebaiknya hindari produk yang memiliki bahan berbahaya

Sebaiknya hindari produk yang memiliki bahan berbahaya

Beberapa produk hand sanitizer mengandung bahan kimia yang sebenarnya tidak krusial keberadaannya. Bahan-bahan ini bila terus kita gunakan dapat membahayakan kesehatan. Sebelum membeli, cek apakah suatu produk mengandung triklosan, paraben, dan bahan kimia berbahaya lainnya.


Triklosan banyak digunakan dalam produk kebutuhan sehari-hari seperti sabun dan pasta gigi karena bersifat antibakteri. Meski begitu, triklosan tidak sanggup membunuh virus, termasuk virus penyebab flu dan demam. Beberapa hasil penelitian mengasosiasikan triklosan dengan beragam masalah kesehatan jika digunakan secara berlebihan, contohnya gangguan hormon dan kanker.


Lalu, sebisa mungkin hindari juga produk yang mengandung paraben. Bahan yang banyak ditemukan di produk kosmetik ini berfungsi untuk mengawetkan produk. Sayangnya, paraben dihubungkan dengan berbagai penyakit, seperti iritasi kulit dan kanker. Karena itu, sebaiknya jauhi produk dengan kandungan bahan-bahan tersebut.

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Penggunaan triclosan saat ini tidak diperbolehkan dalam sediaan hand sanitizer karena berkaitan dengan isu gangguan endokrin dan inflamasi pada studi hewan. 

Cari yang mengandung pelembap dan vitamin

Cari yang mengandung pelembap dan vitamin

Kandungan alkohol yang tinggi dalam produk hand sanitizer dapat menyebabkan kulit tangan menjadi kering. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memilih hand sanitizer dengan kandungan pelembap dan vitamin. Dengan demikian, tangan tetap higienis dan kelembapan kulit juga terjaga.


Bila hand sanitizer Anda tidak mengandung pelembap atau vitamin, Anda bisa memakai moisturizer setelah hand sanitizer mengering. Namun, pastikan juga moisturizer pilihan Anda tidak mengandung bahan kimia berbahaya, ya.

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Risiko terjadinya dermatitis kontak iritan (DKI) dan dermatitis kontak alergi (DKA) meningkat dengan penggunaan hand sanitizer. Penggunaan hand sanitizer dapat merusak kulit melalui beberapa mekanisme. Beberapa di antaranya adalah denaturasi protein stratum corneum, gangguan lipid interselular, penurunan kohesi korneosit, dan menurunnya kemampuan pengikatan air stratum corneum


Yang paling sering menyebabkan DKI dan DKA adalah iodophor, chlorhexidine, chloroxylenol, triclosan, dan ABHS (paling tidak iritatif yang mengandung ethanol). Hal lain yang memperberat adalah karena tidak menggunakan pelembap, gesekan karena penggunaan sarung tangan, dan rendahnya kelembapan. ABHS juga ada efek mengeringkan sehingga menyebabkan kulit lebih mudah pecah.


Cara mengatasi DKA dan DKI adalah sebagai berikut:

  • Mencari preparat dengan kandungan tidak terlalu iritatif.
  • Memilih hand sanitizer yang dikombinasikan dengan emolien (humektan) untuk mencegah dehidrasi kulit. Humektan yang sering digunakan adalah gliserin.
  • Jika hand sanitizer tidak mengandung emolien, Anda dapat menggunakan pelembap setelah melakukan sanitasi tangan.
  • Menghindari hand sanitizer yang ditambahkan bahan pengharum dan pewarna karena meningkatkan risiko alergi.

Pilih berdasarkan merek tepercaya

Pilih berdasarkan merek tepercaya

Jika bingung memilih, Anda bisa memilih berdasarkan merek yang telah Anda percaya. Coba cek apakah produk kesehatan favorit Anda juga memproduksi hand sanitizer. Dengan begitu, Anda bisa lebih tenang menggunakannya.


Di Indonesia, merek lokal seperti Antis sudah populer sejak dulu. Harga produk keluaran merek tersebut tidak menguras kantong dan mudah ditemui di berbagai toko. Selain itu, merek luar seperti The Body Shop mungkin bisa juga Anda coba. Untuk memilihnya, Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan dan bujet.

10 Rekomendasi hand sanitizer terbaik

Sekarang saatnya kami merekomendasikan produk-produk terbaik. Pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda, ya! Produk-produk berikut ini adalah produk pilihan kami dan bukan rekomendasi dari dr. Andina Bulan.

10

WingsNuvo Family Hand Sanitizer

250 ml

Mulai dari Rp 22.600,00

Isi50 ml, 85 ml, 250 ml
Kadar alkohol70%
Kandungan pelembapAda (Aloe vera)
Kandungan vitaminTidak disebutkan
9

CARUS PHARMAKitashi Hand Sanitizer

Strawberry

Mulai dari Rp 13.000,00

Isi60 ml
Kadar alkohol70%
Kandungan pelembapAda (castor oil)
Kandungan vitaminAda (vitamin E)
8

Bath & Body WorksPocketBac Cleansing Hand Gel

Mulai dari Rp 38.000,00

Isi29 ml
Kadar alkohol68%
Kandungan pelembapAda (shea extract, Aloe vera)
Kandungan vitaminAda (vitamin E)
7

Mundipharma BETADINE Natural Defense Nourishing Manuka Honey Hand Sanitizer

Mulai dari Rp 8.900,00

Isi50 ml
Kadar alkoholTidak disebutkan
Kandungan pelembapAda (organic Aloe vera, manuka honey)
Kandungan vitaminAda (vitamin E)
6

The Body ShopMango Hand Cleanse Gel Sanitizer

SKU112500360

Mulai dari Rp 79.000,00

Isi60 ml
Kadar alkohol73%
Kandungan pelembapAda (glycerin)
Kandungan vitaminAda (Mangifera indica, Anthemis nobilis flower extract)
5

CARUS PHARMAKlarens Hand Sanitizer Spray

Mulai dari Rp 20.000,00

Isi60 ml
Kadar alkohol70%
Kandungan pelembapAda (castor oil)
Kandungan vitaminAda (vitamin E)
4

UnileverLifebuoy Hand Sanitizer Lemon Fresh

Mulai dari Rp 15.000,00

Isi50 ml
Kadar alkohol62% ethyl alcohol, 3% isopropyl alcohol
Kandungan pelembapAda
Kandungan vitaminAda (vitamin E)
3
Isi50 ml, 100 ml, 200 ml
Kadar alkohol60%
Kandungan pelembapAda (glycerin)
Kandungan vitaminTidak disebutkan
2

Reckitt BenckiserDettol Instant Hand Sanitizer

50 ml

Mulai dari Rp 13.000,00

Isi50 ml, 200 ml
Kadar alkohol60%
Kandungan pelembapTidak disebutkan
Kandungan vitaminTidak disebutkan
1
Isi55 ml
Kadar alkohol70%
Kandungan pelembapAda
Kandungan vitaminTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk hand sanitizer terbaik

Gambar produk
1
Enesis Antis Lime 1

Enesis

2
Reckitt Benckiser Dettol Instant Hand Sanitizer 1

Reckitt Benckiser

3
Cussons  Carex Hand Gel Sensitive 1

Cussons

4
Unilever Lifebuoy Hand Sanitizer Lemon Fresh 1

Unilever

5
CARUS PHARMA Klarens Hand Sanitizer Spray 1

CARUS PHARMA

6
The Body Shop Mango Hand Cleanse Gel Sanitizer 1

The Body Shop

7
Mundipharma  BETADINE Natural Defense Nourishing Manuka Honey Hand Sanitizer 1

Mundipharma

8
Bath & Body Works PocketBac Cleansing Hand Gel 1

Bath & Body Works

9
CARUS PHARMA Kitashi Hand Sanitizer 1

CARUS PHARMA

10
Wings Nuvo Family Hand Sanitizer 1

Wings

Nama produk

Antis Lime

Dettol Instant Hand Sanitizer

Carex Hand Gel Sensitive

Lifebuoy Hand Sanitizer Lemon Fresh

Klarens Hand Sanitizer Spray

Mango Hand Cleanse Gel Sanitizer

BETADINE Natural Defense Nourishing Manuka Honey Hand Sanitizer

PocketBac Cleansing Hand Gel

Kitashi Hand Sanitizer

Nuvo Family Hand Sanitizer

Keunggulan

Perlindungan maksimal dari kuman selama 2 jam

Efektif membunuh kuman tanpa rasa lengket di kulit

Tidak rawan iritasi, bahkan untuk kulit sensitif!

Tingkatkan imunitas kulit dengan formula efektifnya!

Dapat diaplikasikan di toilet dan helm juga, lho!

Wangi mangga dan kamomil yang menenangkan

Kebaikan madu untuk menutrisi kulit Anda

Hand sanitizer trendi dengan aroma mirip parfum

Kulit antikering dan terlindung dari radikal bebas

Ukurannya besar, pas untuk di rumah dan di kantor!

Harga mulai dariRp 14.200,00Rp 13.000,00Rp 13.500,00Rp 15.000,00Rp 20.000,00Rp 79.000,00Rp 8.900,00Rp 38.000,00Rp 13.000,00Rp 22.600,00
Isi55 ml50 ml, 200 ml50 ml, 100 ml, 200 ml50 ml60 ml60 ml50 ml29 ml60 ml50 ml, 85 ml, 250 ml
Kadar alkohol70%60%60%62% ethyl alcohol, 3% isopropyl alcohol70%73%Tidak disebutkan68%70%70%
Kandungan pelembapAdaTidak disebutkanAda (glycerin)AdaAda (castor oil) Ada (glycerin)Ada (organic Aloe vera, manuka honey)Ada (shea extract, Aloe vera)Ada (castor oil)Ada (Aloe vera)
Kandungan vitaminTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanAda (vitamin E) Ada (vitamin E)Ada (Mangifera indica, Anthemis nobilis flower extract)Ada (vitamin E)Ada (vitamin E)Ada (vitamin E)Tidak disebutkan
Tautan produk

Hal-hal yang perlu diketahui terkait pemakaian hand sanitizer

Meskipun hand sanitizer efektif membunuh kuman ataupun virus, pemakaiannya harus dilakukan dengan benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Anda tentu tidak ingin kehilangan manfaatnya jika menggosokkan hand sanitizer dengan asal-asalan, bukan?

Cara efektif memakai hand sanitizer

Cara efektif memakai hand sanitizer

Agar dapat bekerja lebih efektif, ada beberapa langkah pemakaian hand sanitizer yang sebaiknya Anda ikuti. Pertama-tama, pastikan tangan Anda kering sebelum menggunakannya. Lalu, bacalah petunjuk penggunaan yang tertera di label produk dan gunakan sesuai jumlah yang dianjurkan.


Selanjutnya, usap kedua tangan secara menyeluruh mulai dari bagian punggung tangan, sela-sela jari hingga bagian dalam kuku. Pakailah hand sanitizer hingga setengah lengan atas Anda dan biarkan produk mengering dengan sendirinya. Jangan mengeringkannya dengan tisu, ya.


Hal yang tak kalah penting untuk diingat adalah menghentikan penggunaan produk apabila timbul efek yang tidak diinginkan. Terakhir, mari hentikan kebiasaan buruk menyentuh wajah dengan tangan.

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Cara menggunakan hand sanitizer agar efektif adalah sebagai berikut:

  • Gunakan cairan sebanyak 2,5–3 ml (dua kali pompa pada sediaan).
  • Oleskan pada seluruh area permukaan tangan dan jari-jari tangan sampai menguap (biasanya membutuhkan waktu 25–30 detik).

Hand sanitizer tidak dapat digunakan untuk membersihkan tanah, kotoran, darah, dan minyak. Oleh karena itu, pada kondisi tersebut lebih disarankan mencuci tangan dengan air dan sabun.

Jika memungkinkan, utamakan penggunaan sabun cuci tangan

Jika memungkinkan, utamakan penggunaan sabun cuci tangan

Mencuci tangan dengan sabun adalah cara terbaik untuk membersihkan tangan dari segala virus dan kotoran. Sabun cuci tangan bekerja dengan mengangkat kotoran ataupun patogen lainnya sehingga memberikan hasil yang lebih efektif. Membilas sabun dengan air mengalir juga akan memastikan tangan Anda benar-benar bersih dari kuman dan virus.


Namun, hand sanitizer adalah produk yang Anda butuhkan ketika air dan sabun tidak tersedia. Bila dipakai dengan benar, hand sanitizer dapat membantu membunuh virus dan bakteri yang berdampak buruk bagi kesehatan.


Selain itu, memakai hand sanitizer juga menumbuhkan kebiasaan menjaga tangan tetap higienis. Dengan begitu, Anda jadi lebih terlindungi dari infeksi kuman penyebab penyakit. Hanya saja, jika memungkinkan, utamakan untuk mencuci tangan menggunakan sabun.

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) lebih merekomendasikan mencuci tangan dengan air dan sabun dibandingkan dengan hand sanitizer. Menggunakan sabun lebih efektif untuk menurunkan jumlah mikroba dan kotoran di permukaan kulit serta menghilangkan patogen dengan spektrum lebih luas. 


Mencuci tangan menggunakan sabun juga menghilangkan non-enveloped virus, kotoran, pestisida, minyak, dan residu kimia lainnya. Namun, penggunaan hand sanitizer dengan konsentrasi alkohol direkomendasikan jika air dan sabun tidak tersedia. 


Penggunaan hand sanitizer dengan konsentrasi alkohol minimal 60% ethanol atau 70% isopropil alkohol dapat dilakukan untuk menginaktivasi virus yang berkaitan dengan COVID-19.


Hand sanitizer lebih efektif di-setting rumah sakit ketika tangan lebih sering kontak dengan mikroorganisme. Penggunaan hand sanitizer juga memperbaiki komplians pekerja kesehatan karena lebih mudah dilakukan dan lebih cepat.

Baca juga rekomendasi produk personal care lainnya di sini

Selain hand sanitizer, Anda mungkin membutuhkan produk lain untuk mempersiapkan diri menghadapi virus, kuman, dan debu. Dengan produk yang tepat, kemampuan tubuh Anda untuk menangkal faktor buruk eksternal pun bisa meningkat. Kami mempunyai rekomendasi produk, seperti masker, face shield, dan lain sebagainya. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Ketika memilih produk hand sanitizer, pastikan bahwa tidak ada kandungan bahan kimia yang dapat membahayakan tubuh. Lebih baik lagi jika terdapat kandungan pelembap dan vitamin di dalamnya agar kelembapan kulit tetap terjaga.


Jangan lupa juga untuk menggunakan hand sanitizer dengan cara yang efektif. Menjalankan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan diri adalah tameng terbaik dari segala penyakit. Selamat memilih dan semoga Anda sekeluarga selalu sehat!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Produk Pengusir Kecoa Terbaik yang Ampuh Membasmi Kecoa (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Pengusir Kecoa Terbaik yang Ampuh Membasmi Kecoa (Terbaru Tahun 2021)
    Kecoa sering muncul di segala tempat tanpa mengenal cuaca maupun waktu. Ada berbagai cara dan produk yang dapat digunakan untuk mengusir serangga yang satu ini. Produk yang sering digunakan untuk mengusir kecoa biasanya adalah spray aerosol dan jebakan racun. Selain kedua produk tersebut, sebenarnya masih ada beberapa tipe pengusir kecoa lainnya. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pengusir kecoa berdasarkan tipenya serta merekomendasikan produk terbaik. Anda akan menemukan produk merek HIT, Bagus, dan Baygon. Pemilihan produk yang tepat mampu memberikan perlindungan maksimal dari serangga ini. Selamat membaca!
    Peralatan kebersihan
    65.199 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Terbaik untuk Membersihkan Toilet (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Terbaik untuk Membersihkan Toilet (Terbaru Tahun 2021)
    Pada toilet yang dipakai terus-menerus, lama-lama akan timbul noda kuning yang sulit dibersihkan. Solusinya, Anda dapat menggunakan sabun atau detergen khusus untuk toilet. Biasanya masing-masing noda membutuhkan kandungan yang berbeda, misalnya yang berbahan netral, asam, dan mengandung klorin.Di pasaran, ada beragam merek sabun toilet yang populer, seperti Vixal, Harpic, WPC, dan Porstex. Agar Anda tidak bingung, kami akan menjelaskan tips memilih dan memberikan rekomendasi sabun terbaik untuk membersihkan toilet. Silakan simak penjelasan yang kami berikan dan ketahui jenis sabun yang cocok untuk masalah toilet Anda. Selamat membaca!
    Peralatan kebersihan
    44.059 Views
  • 10 Rekomendasi Pemutih Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pemutih Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pemutih pakaian atau bleach umumnya digunakan untuk menghilangkan noda membandel yang tidak bisa dibersihkan dengan detergen biasa. Produk tersebut juga efektif untuk memutihkan warna pakaian, membasmi kuman, jamur, serta menghilangkan bau tak sedap pada pakaian.Berbagai merek, seperti Bayclin, Vanish, dan So Klin Pemutih memiliki keunggulannya masing-masing dalam menghilangkan noda. Kali ini, kami akan merekomendasikan produk pemutih pakaian terbaik serta mengulas poin-poin yang harus Anda perhatikan saat memilihnya.
    Peralatan kebersihan
    64.343 Views
  • 10 Rekomendasi Tisu Basah Terbaik untuk Menghilangkan Bakteri (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tisu Basah Terbaik untuk Menghilangkan Bakteri (Terbaru Tahun 2021)
    Tisu basah yang mampu menghilangkan bakteri merupakan item penting, terlebih di saat pandemi. Anda bisa menggunakan tisu basah antibakteri untuk mengelap anggota tubuh atau membersihkan barang. Merek tisu basah antibakteri saat ini pun beragam, seperti Paseo, Dettol, Softies, OneMed, dan Saniter. Jenis dan kemasan tisu basah pun bervariasi. Ada tisu basah beralkohol, tisu basah yang aman bagi bayi, hingga tisu yang dikemas portabel. Agar tidak bingung, kami akan menjelaskan cara memilih tisu basah yang bagus untuk Anda. Sepuluh rekomendasi tisu basah antibacterial terbaik juga akan kami ulas. Selamat membaca!
    Peralatan kebersihan
    48.602 Views
  • 10 Rekomendasi Plastik Vacuum Sealer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Plastik Vacuum Sealer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Plastik vacuum sealer sangat praktis untuk Anda gunakan menyimpan atau membawa barang karena bebas udara di dalamnya. Dengan demikian, barang bawaan Anda akan makin ringkas. Anda pun bisa membawa lebih banyak barang bahkan dalam tas yang berukuran compact.Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi plastik vacuum sealer terbaik. Anda akan menemukan vacuum sealer bagus keluaran IKEA, Naturehike, Vago, dan sebagainya dalam artikel ini. Plastik vacuum sealer kuat akan Anda temukan, pilihlah yang paling tepat untuk Anda.
    Peralatan kebersihan
    18.523 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Pel Lantai Terbaik Tipe Spin Mop (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Alat Pel Lantai Terbaik Tipe Spin Mop (Terbaru Tahun 2021)
    Mengepel lantai menggunakan metode konvensional memang cukup merepotkan. Anda harus memeras kain pel yang sudah tercampur cairan pembersih lantai menggunakan tangan. Untungnya, saat ini sudah tersedia alat pel lantai inovasi terbaru bernama spin mop yang sangat mudah digunakan.Agar lebih paham, simaklah penjelasan kami mengenai cara memilih spin mop yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Bermacam-macam alat pel terbaik, seperti Homme, Angola, dan Bolde juga sudah kami himpun sebagai referensi untuk Anda. Ikuti informasinya dan buat pekerjaan rumah Anda menjadi lebih mudah dengan spin mop!
    Peralatan kebersihan
    45.588 Views
  • 10 Rekomendasi Pembersih Karpet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pembersih Karpet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Untuk menghilangkan kotoran pada karpet, tentu lebih mudah jika Anda menggunakan pembersih khusus karpet. Namun, terdapat berbagai tipe pembersih karpet yang tersedia di pasaran. Ada pembersih tipe perekat, roller, bubuk, dan juga spray. Anda tentu bingung saat hendak memilihnya, bukan?Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilihnya serta memberikan tips yang harus diperhatikan sebelum membeli produk. Bukan hanya itu, kami juga akan memberikan rekomendasi pembersih karpet terbaik yang dapat Anda pilih sesuai preferensi. Anda akan menjumpai merek Meguiar's, Glade, dan lainnya. Simak terus informasi selengkapnya di sini, ya!
    Peralatan kebersihan
    8.914 Views
  • 10 Rekomendasi Hand Sanitizer Spray Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Hand Sanitizer Spray Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari kuman dan virus penyebab penyakit adalah dengan mencuci tangan. Nah, hand sanitizer dapat menjadi alternatif yang lebih praktis bila Anda tidak menemukan sabun dan air. Kini hand sanitizer dalam kemasan spray sangat mudah ditemukan di pasaran. Produk manakah yang sebaiknya dipilih?Kali ini kami akan memberikan tips memilih hand sanitizer spray untuk membersihkan tangan. Tak lupa, terdapat rekomendasi sepuluh produk terbaik, seperti SOS Hand Sanitizer Antiseptic Spray, Nuvo Hand Sanitizer Spray, dan Kitashi Hand Sanitizer Spray. Simak sampai selesai, yuk!
    Peralatan kebersihan
    2.326 Views
  • 10 Rekomendasi Deterjen Attack Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Deterjen Attack Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Deterjen merk Attack pastinya sudah tidak asing di telinga Anda. Sejak dahulu sampai sekarang deterjen dari Attack masih banyak diburu karena kualitasnya yang memang bagus. Namun, saat ini Attack menyediakan berbagai seri deterjen dengan tujuan yang berbeda. Sudahkah Anda memilih produk yang tepat?Di artikel kali ini kami akan membahas deterjen Attack secara lengkap. Ada juga review dan rekomendasi produknya yang bagus, seperti Attack Plus Softener, Attack Jaz1, dan Attack Easy. Agar makin mudah menentukan, kami juga akan menjelaskan cara memilihnya. Jadi, jangan lewatkan artikel ini, ya!
    Peralatan kebersihan
    443 Views
  • 10 Rekomendasi Ember Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Ember Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ember atau dalam bahasa Inggris disebut pail bukanlah barang asing di Indonesia. Hampir tiap rumah pasti memiliki ember. Ember plastik bisa digunakan untuk menampung air mandi ataupun mencuci. Terdapat berbagai ukuran kapasitas ember yang dijual, mulai dari ember kecil sampai ember besar.Ada berbagai merek ember yang bagus, seperti Lion Star, Claris, IKEA, dan Shinpo. Selain ember plastik, ada juga ember berbahan logam. Untuk menemukan ember yang tepat, bacalah tips dari kami di artikel ini. Yuk, langsung saja simak pembahasannya dan temukan ember dengan harga yang cocok!
    Peralatan kebersihan
    597 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat mencuci baju, Anda membutuhkan deterjen yang bagus untuk membersihkan noda. Deterjen sebaiknya juga lembut di tangan dan aman untuk kulit sensitif. Bahkan, saat ini sudah banyak produsen yang membuat deterjen dengan formula anti bakteri hingga antiseptik, lho! Berbagai keunggulan ini dapat ditemukan pada merk terkenal, seperti Rinso, Attack, So Klin, dan sebagainya.Terkadang, banyaknya produk deterjen yang bagus dapat membuat Anda bingung memilih. Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih deterjen terbaik beserta sepuluh rekomendasi produk yang dapat Anda pertimbangkan. Untuk informasi selengkapnya, simak ulasan kami hingga tuntas!
    Peralatan kebersihan
    117.806 Views
  • 10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pasta Gigi Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Gigi (Terbaru Tahun 2021)
    Menyikat gigi dimulai ketika gigi atas dan bawah anak mulai tumbuh. Berbagai pilihan pasta gigi tersedia, mulai dari pasta gigi anak berfluoride, xylitol, dan sebagainya. Merek yang bisa Anda pilih sangat beragam, seperti Kodomo, Buds, Darlie, dan Jack n’Jill.  Pemilihan produk yang tepat tentu menunjang kesehatan gigi anak. Karena itu, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang pasta gigi anak sebelum menentukan produk yang tepat. Kami sudah menyiapkan tips memilih dan rekomendasi produk pasta gigi yang bagus untuk anak. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter gigi kami, drg. Endah Nur Aini.
    Peralatan kebersihan
    115.755 Views
  • 10 Rekomendasi Tisu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tisu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tisu sudah menjadi barang yang umum digunakan sehari-hari, seperti untuk mengelap wajah, meja, hingga merapikan atau membersihkan makeup. Saat ini, tisu bertekstur halus dan lembut lebih disukai sehingga kualitas kadang dianggap lebih penting daripada efisiensi harga. Namun, adakah poin penting lain yang harus diperhatikan ketika memilih tisu terbaik?Kali ini, kami akan memberikan tips cara memilih tisu dan merekomendasikan produk tisu berdasarkan harga dan feel-nya ketika digunakan. Beberapa merek yang bisa Anda jadikan pilihan adalah Paseo, Nice, dan Wateru. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Peralatan kebersihan
    51.810 Views
  • 10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Supaya baju Anda selalu harum, mencuci baju dengan deterjen yang wanginya tahan lama adalah kuncinya. Saat ini, ada banyak jenis deterjen yang dijual di pasaran, salah satunya adalah deterjen bubuk. Selain bisa dipakai untuk mencuci dengan mesin cuci dua tabung, deterjen bubuk juga banyak dipakai untuk mesin cuci otomatis.Pada artikel ini kami akan mengulas beberapa merk deterjen yang bagus, seperti Rinso, Attack, hingga So Klin. Sebelumnya, bacalah dahulu tips memilih deterjen bubuk berikut ini. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan deterjen terbaik yang paling bersih dan paling wangi sesuai kebutuhan.
    Peralatan kebersihan
    33.565 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Antiseptik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Antiseptik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bakteri, jamur, dan virus memang ada banyak di sekitar Anda. Jika sistem imun sedang tidak baik, Anda akan lebih mudah untuk terkena berbagai macam penyakit. Anda dapat mencegah hal tersebut dengan menggunakan sabun antiseptik sehingga kebersihan dan kesehatan tubuh selalu terjaga.Memilih sabun antiseptik memang terlihat mudah, tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Kami akan memberi tips memilih sabun antiseptik agar sesuai dengan kulit Anda. Tak lupa, ada juga rekomendasi produk terbaik. Berbagai merek ternama, seperti Betadine, Lifebuoy, Dettol, dan JF, ada di dalamnya. Disimak terus, ya!
    Peralatan kebersihan
    56.802 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda sering terganggu oleh suara atau gigitan nyamuk saat sedang tidur? Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan produk pengusir nyamuk. Merek-merek terkenal seperti Baygon, Hit, dan X-mos sudah mengeluarkan berbagai jenis produk pengusir nyamuk, misalnya obat nyamuk bakar dan spray antinyamuk.Ada banyak jenis produk pengusir nyamuk dengan keunggulannya masing-masing. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk pengusir nyamuk dan merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Jadikanlah artikel ini sebagai acuan untuk menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan kebersihan
    78.037 Views
  • 10 Rekomendasi Spray Mop Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Spray Mop Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mengepel lantai mungkin terasa merepotkan bagi sebagian orang, apalagi kalau harus menyeret ember sambil memegang alat pel. Mulai sekarang bergantilah dengan alat pel inovasi terbaru yang dapat memudahkan pekerjaan Anda, yaitu spray mop. Banyaknya spray mop di pasaran mungkin membuat Anda bertanya-tanya, spray mop mana yang bagus untuk dipilih?Agar Anda bisa menemukan spray mop yang bagus dan tepat sesuai kebutuhan, ikutilah tips-tips memilihnya dalam artikel ini. Tidak itu saja, kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik dari merek BOLDe dan Proclean. Silakan baca artikel ini sampai habis, ya!
    Peralatan kebersihan
    580 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori