• 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Fujifilm Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Fujifilm Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Fujifilm Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Fujifilm Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Fujifilm Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Fujifilm Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Fujifilm merupakan salah satu produsen kamera mirrorless terbaik. Gambar yang dihasilkan kamera mirrorless Fujifilm bisa dibilang sama bagusnya dengan kamera DSLR biasa. Menurut beberapa pengguna, warna yang dihasilkan kamera Fujifilm memiliki ciri khas yang unik. Ada beberapa tipe mirrorless Fujifilm yang terkenal, seperti X-A3, X-A5, dan X-T100.


Pada artikel ini, kami akan mengulas sepuluh rekomendasi kamera mirrorless Fujifilm terbaik untuk Anda. Jika Anda sedang mencari kamera Fujifilm terbaik, silakan baca artikel ini hingga habis. Tidak ketinggalan, fotografer Indonesia, Beawiharta, juga ikut memberikan komentar dan rekomendasi kamera Fujifilm di artikel ini. 

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Beawiharta
Rijal Fahmi Mohamadi (Fahmi Catperku)
Dendy Selmaeza (@baratdaya_)
dr. Al Ghufron
  • Pembaharuan terakhir: 22 Februari 2021
  • 12.096 Views
Daftar isi

Cara memilih kamera mirrorless Fujifilm

Kali ini, kami akan membagikan poin-poin yang perlu diperhatikan sebelum Anda memilih kamera mirrorless Fujifilm. Simak baik-baik setiap poinnya dan temukan kamera yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Sesuaikanlah jumlah piksel kamera dengan lokasi pemotretan

Sesuaikanlah jumlah piksel kamera dengan lokasi pemotretan

Hal pertama yang perlu Anda periksa adalah jumlah piksel kamera. Saat ini, kebanyakan kamera mirrorless beresolusi lebih dari 10 MP. Kamera dengan resolusi tersebut dapat menghasilkan potret yang bagus sekalipun berada di tempat yang terang. 


Jumlah piksel ini memengaruhi peningkatan sensitivitas ISO. Sensitivitas ISO sendiri berhubungan dengan kemampuan kamera dalam menangkap cahaya. Dengan menaikkan tingkat ISO, kamera beresolusi rendah bisa menangkap objek foto walau cahaya kurang. Akan tetapi, makin tinggi tingkat ISO, makin tinggi pula kemungkinan munculnya noise pada hasil foto.


Kamera dengan jumlah piksel yang tinggi ini membantu Anda yang ingin memperbesar, mengedit, dan mencetak hasil foto. Jadi, jangan lupa untuk menyesuaikan jumlah piksel dengan lingkungan pemotretan dan tujuan Anda memotret.

Pilihlah kamera dengan rentang nilai ISO dan exposure lebar

Pilihlah kamera dengan rentang nilai ISO dan exposure lebar

Menaikkan sensitivitas ISO akan menambah jumlah spektrum cahaya yang ditangkap kamera. Hasilnya, foto yang diambil akan menjadi lebih cerah. Karena itu, kamera mirrorless dengan rentang ISO yang lebar akan memudahkan Anda untuk memotret di tempat-tempat yang minim cahaya.


Kebanyakan kamera mirrorless Fujifilm memiliki rentang ISO 200–6400. Beberapa produk, bahkan ada yang mencapai 12800. Jika Anda memotret di tempat gelap, nilai ISO yang besar akan membuat hasil gambar menjadi lebih cerah. Namun, perlu diperhatikan bahwa makin tinggi ISO, makin banyak pula noise yang muncul pada hasil foto.


Sama seperti ISO, Anda juga bisa menyesuaikan kecerahan dengan exposure compensation. Setiap produk memiliki nilai exposure yang berbeda, biasanya dari -3,0EV hingga +5,0EV. Makin lebar rentang nilai ISO dan exposure pada kamera Anda, makin banyak jenis foto yang dapat Anda ambil.

Perhatikan fitur tambahan lainnya

Semua kamera mirrorless Fujifilm umumnya memiliki fitur merekam video. Selain fitur tersebut, masih ada banyak fitur berguna yang ditawarkan. Berikut ini, kami mengulas tiga fitur tambahan yang paling sering digunakan.

Wireless, berbagi foto dan video jadi lebih praktis

Wireless, berbagi foto dan video jadi lebih praktis

Pasti akan menyenangkan bila Anda bisa berbagi foto dengan teman segera setelah memotret. Untuk itu, Fujifilm menyematkan fitur wireless pada beberapa tipe kamera mirrorless mereka. Anda cukup mengunduh aplikasi khusus pada smartphone atau tablet dan hasil foto pun bisa langsung dikirim.


Selain transfer foto, fitur wireless juga bisa digunakan untuk mengontrol kamera dari jarak jauh. Tidak hanya itu, fitur ini juga memungkinkan Anda untuk mencetak hasil foto lewat printer secara langsung. Dapat disimpulkan, fitur wireless ini sangat berguna dan akan membuat Anda makin nyaman menggunakan kamera.

Touch screen, menggunakan layar LCD kamera jadi makin mudah

Touch screen, menggunakan layar LCD kamera jadi makin mudah

Salah satu kelebihan utama kamera mirrorless Fujifilm adalah bisa dioperasikan lewat viewfinder (jendela bidik) dan layar LCD. Anda yang suka memotret sambil melihat hasilnya lewat layar LCD akan cocok memakai kamera dengan layar sentuh. Dengan layar sentuh, Anda dapat lebih mudah menentukan titik fokus maupun memilih menu hanya dengan menyentuhnya. Praktis, bukan? 


Selain itu, layar sentuh juga terasa praktis saat Anda ingin melihat foto yang sudah diambil. Sama seperti pada smartphone, Anda dapat melihat foto hanya dengan swipe. Anda juga dapat melakukan zooming dengan mudah. Fitur ini gampang dipahami, terutama bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan smartphone.

Film simulation, untuk Anda yang suka memberi efek pada hasil foto

Film simulation, untuk Anda yang suka memberi efek pada hasil foto

Semua kamera mirrorless Fujifilm telah dilengkapi dengan fitur film simulation. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memotret dengan berbagai pilihan efek. Karena efeknya dapat diubah secara langsung, Anda bisa mengambil gambar sekaligus melihat hasil jadinya pada layar.


Jumlah mode pada fitur film simulation bervariasi tergantung pada tanggal perilisan kamera. Ada kamera yang hanya memilliki sebelas mode, ada juga yang sudah dilengkapi lima belas mode. Sebelum membeli kamera mirrorless Fujifilm karena tergiur fitur ini, jangan lupa mencari tahu jumlah modenya terlebih dahulu.

Beawiharta
Photographer & visual storyteller
Beawiharta

Kamera Fujifilm digemari karena memiliki navigasi menu yang mudah, berdesain klasik, dan memiliki tombol yang klasik juga. Selain itu, Fujifilm memiliki beberapa macam simulasi warna yang berbeda karakternya. 


Beberapa di antaranya adalah warna CLASSIC CHROME, Velvia, ASTIA, dan beberapa simulasi film hitam putih. Tidak berhenti di situ, kamera-kamera Fujifilm juga memiliki warna klasik negatif yang mirip karakter film seluloid yang sedang populer saat ini. 


Kamera Fujifilm juga dilengkapi pengaturan warna dengan kontras, shadow, highlight, ketajaman, dan butiran grainy yang bisa diatur sesuai keinginan kalian. Dengan begitu, kalian tidak memerlukan software pengolah foto lagi seperti Adobe Photoshop. Hasil foto ini dikenal dengan istilah foto SOOC (straight out of camera).

Pilih kamera dengan fitur weather resistant

Pilih kamera dengan fitur weather resistant

Anda tentu sudah tahu bahwa kamera pada umumnya sensitif terhadap air maupun debu. Karena itu, jika Anda sering memotret di luar ruangan, pilihlah kamera yang mempunyai fitur weather resistant. Jenis kamera ini lebih tahan debu dan percikan air. 


Fitur ini patut dipertimbangkan, terlebih bila Anda ingin menggunakan kamera untuk jangka waktu lama di lingkungan yang ekstrem. Tidak hanya bodi kameranya, Anda juga perlu mempertimbangkan lensa yang juga tahan debu dan percikan air.

Pilihlah kamera yang compact agar mudah melakukan snapshot

Pilihlah kamera yang compact agar mudah melakukan snapshot

Untuk Anda yang hobi hunting foto, Anda tentu butuh kamera yang compact dan mudah dibawa ke mana-mana. Tenang saja, beberapa kamera mirrorless Fujifilm hanya memiliki bobot 200–300 gram. Selain ringan, kamera ini juga hemat tempat!


Hanya saja, produk yang fokus pada bobot yang ringan biasanya memiliki performa yang tidak terlalu bagus. Jika bingung memillih antara bobot ringan atau performa bagus, silakan tinjau kembali berdasarkan tujuan penggunaan Anda. Jenis lensa juga memengaruhi bobot kamera, lho. Jadi, perhatikan juga berat lensa yang hendak Anda pilih, ya.

Beawiharta
Photographer & visual storyteller
Beawiharta

Selain poin-poin di atas, memilih kamera mirrorless Fujifilm bisa berangkat dari dua hal, yaitu bujet dan kemampuan kamera yang dibutuhkan. Jika berdasarkan bujet, kalian harus berangkat dari berapa rupiah yang kalian punya. Dari situ, kalian bisa tahu kamera Fujifilm apa saja yang masuk dalam batas bujet kalian. 


Jika berdasarkan kemampuan kamera, kalian bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan kalian. Apakah kalian membutuhkan kamera untuk foto, video, atau keduanya? Pastinya, jika kalian memilih sesuai dengan kebutuhan, artinya bujet bukanlah masalah besar. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi kamera mirrorless Fujifilm terbaik

Setelah membaca penjelasan tentang cara memilih, sekarang saatnya Anda memilih rekomendasi produk kamera mirrorless terbaik. Karena setiap produk menawarkan fungsi yang berbeda-beda, silakan sesuaikan dengan kebutuhan serta budget Anda, ya!

10
Resolusi24,3 MP
ISOStandard output sensitivity: AUTO1 / AUTO2 / AUTO3 (up to ISO12800) / ISO200 to 12800(1/3 step)・Extended output sensitivity: ISO100 / 125*3 / 160*3 /25600 / 51200
Exposure compensation-5,0EV – +5,0EV, 1/3EV step (perekaman video: -2,0EV – +2,0EV)
Wireless / touch screen✓ / ×
Weather resistant structure
Film simulation 15 mode
Dimensi (lebar x tinggi x dalam)132,5 mm x 91,8 mm x 49,2 mm
Bobot507 gram (termasuk baterai dan kartu memori)
9

Fujifilm X70

Mulai dari Rp 9.499.000,00

Resolusi16,3 MP
ISOStandard output sensitivity: AUTO (Control available up to ISO 6400) Equivalent to ISO 200 – 6400 ・ Extended output sensitivity : ISO 100, 12800, 25600 and 51200
Exposure compensation-3,0EV – +3,0EV, 1/3EV step (movie recording: -2,0EV – +2,0EV)
Wireless / touch screen✓ / ✓
Weather resistant structure×
Film simulation 11 mode
Dimensi (lebar x tinggi x dalam)112,5 mm x 64,4 mm x 44,4 mm
Bobot340 gram (termasuk baterai dan kartu memori)
8
Resolusi26,1 MP
ISOStandard output sensitivity: AUTO1 / AUTO2 / AUTO3 (up to ISO12800) / ISO160 - 12800 (1/3 step)・ Extended output sensitivity : ISO80 / 100 / 125 / 25600 / 51200
Exposure compensation-5,0EV – +5,0EV 1/3EV step (Movie: -2,0EV – +2,0EV)
Wireless / touch screen✓ / ✓
Weather resistant structure
Film simulation 18 mode
Dimensi (lebar x tinggi x dalam)134,6 mm x 92,8 mm x 63,8 mm
Bobot607 gram (termasuk baterai dan kartu memori)
7
Resolusi26,1 MP
ISOStandard output sensitivity: AUTO1 / AUTO2 / AUTO3 (up to ISO12800) / ISO160 - 12800 (1/3 step)・ Extended output sensitivity : ISO80 / 100 / 125 / 25600 / 51200
Exposure compensation-5,0EV – +5,0EV 1/3EV step (Movie: -2,0EV – +2,0EV)
Wireless / touch screen✓ / ✓
Weather resistant structure×
Film simulation 18 mode
Dimensi (lebar x tinggi x dalam)126 mm × 85,1 mm × 65,4 mm
Bobot465 gram (termasuk baterai dan kartu memori)
6
Resolusi24,2 MP
ISOStandard output sensitivity: AUTO1 / AUTO2 / AUTO3 (up to ISO6400) / ISO200 to 12800 (1/3 step)・Extended output sensitivity : ISO100 / 25600 / 51200
Exposure compensation-5,0EV – +5,0EV, 1/3EV step (perekaman video: -2,0EV – +2,0EV)
Wireless / touch screen✓ / ✓
Weather resistant structure×
Film simulation 11 mode
Dimensi (lebar x tinggi x dalam)116,9 mm x 67,7 mm x 40,4 mm
Bobot361 gram (termasuk baterai dan kartu memori)
5
Resolusi21,6 MP
ISOStandard output sensitivity: AUTO1 / AUTO2 / AUTO3 / ISO160~12800 (1/3 step)・ Extended output sensitivity : ISO80 / 100 / 125 / 25600 / 51200
Exposure compensation-5,0EV – +5,0EV 1/3EV step (Movie: -2,0EV – +2,0EV)
Wireless / touch screen✓ / ✓
Weather resistant structure
Film simulation 17 mode
Dimensi (lebar x tinggi x dalam)128 mm × 74,8 mm × 53,3 mm
Bobot478 gram (termasuk baterai dan kartu memori)
4
Resolusi24,2 MP
ISOStandard output sensitivity: AUTO1 / AUTO2 / AUTO3 (up to ISO6400) / ISO200 to 12800 (1/3 step)・ Extended output sensitivity : ISO100 / 25600 / 51200
Exposure compensation-5,0EV – +5,0EV, 1/3EV step (perekaman video: -2,0EV – +2,0EV)
Wireless / touch screen✓ / ✓
Weather resistant structure
Film simulation 11 mode
Dimensi (lebar x tinggi x dalam)121 mm x 83 mm x 47,4 mm
Bobot448 gram (termasuk baterai dan kartu memori)
3
Resolusi26,1 MP
ISOStandard output sensitivity: AUTO1 / AUTO2 / AUTO3 / ISO160~12800 (1/3 step)・ Extended output sensitivity : ISO80 / 100 / 125 / 25600 / 51200
Exposure compensation-5,0EV – +5,0EV 1/3EV step (Movie: -2,0EV – +2,0EV)
Wireless / touch screen✓ / ✓
Weather resistant structure
Film simulation 17 mode
Dimensi (lebar x tinggi x dalam)140,5 mm × 82,8 mm × 46,1 mm
Bobot497 gram (termasuk baterai dan kartu memori)
2
Resolusi51,4 MP
ISOStandard Output Sensitivity: AUTO1 / AUTO2 / AUTO3 (up to ISO12800) / ISO100-12800 (1/3 step) Extended output sensitivity : ISO50 / 25600 / 51200 / 102400
Exposure compensation-5,0EV – +5,0EV, 1/3EV step (movie recording: -2,0EV – +2,0EV)
Wireless / touch screen✓ / ✓
Weather resistant structure
Film simulation 15 mode
Dimensi (lebar x tinggi x dalam)160,7 mm x 96,5 mm x 66,4 mm
Bobot775 gram (termasuk baterai dan kartu memori)
1
Resolusi26,1 MP
ISOStandard output sensitivity: AUTO1 / AUTO2 / AUTO3 (up to ISO12800) / ISO160 – 12800 (1/3 step) ・ Extended output sensitivity: ISO80 / 100 / 125 / 25600 / 51200
Exposure compensation-5,0EV – +5,0EV, 1/3EV step (movie recording: -2,0EV – +2,0EV)
Wireless / touch screen✓ / ✓
Weather resistant structure
Film simulation 16 mode
Dimensi (lebar x tinggi x dalam)132,5 mm x 92,8 mm x 58,8 mm
Bobot539 gram (termasuk baterai dan kartu memori)

Tabel perbandingan produk kamera mirrorless Fujifilm terbaik

Gambar produk
1
Fujifilm  X-T3 1

Fujifilm

2
Fujifilm  GFX 50R 1

Fujifilm

3
Fujifilm X-Pro3 1

Fujifilm

4
Fujifilm  X-T100 1

Fujifilm

5
Fujifilm X100V 1

Fujifilm

6
Fujifilm X-A5 1

Fujifilm

7
Fujifilm X-S10 1

Fujifilm

8
Fujifilm  X-T4 1

Fujifilm

9
Fujifilm  X70 1

Fujifilm

10
Fujifilm  X-T2 1

Fujifilm

Nama produk

X-T3

GFX 50R

X-Pro3

X-T100

X100V

X-A5

X-S10

X-T4

X70

X-T2

Keunggulan

Performa juara untuk para fotografer dan videografer action

Tangkap gambar dengan kualitas premium dengan sensor medium format

Mirrorless dengan tampilan elegan dan ketahanan yang mumpuni

Memotret objek gerak cepat dengan fitur 4K Burst Shooting

Desain unik dengan gaya klasik yang nyaman di genggaman!

Penggunaan yang sederhana untuk pemula

Kamera hybrid dengan tampilan fotogenic untuk para blogger

Rekam video lebih stabil dan mulus dengan fitur stabilizer

Bentuk pocket yang ringan, mirrorless compact untuk traveler

Potret foto close-up lebih tajam dengan Eye Detection AF

Harga mulai dariRp 22.999.000,00Rp 69.999.000,00Rp 27.999.000,00Rp 9.499.000,00Rp 21.999.000,00Rp 6.499.000,00Rp 15.999.000,00Rp 26.499.000,00Rp 9.499.000,00Rp 22.499.000,00
Resolusi26,1 MP 51,4 MP26,1 MP24,2 MP21,6 MP24,2 MP26,1 MP26,1 MP16,3 MP24,3 MP
ISOStandard output sensitivity: AUTO1 / AUTO2 / AUTO3 (up to ISO12800) / ISO160 – 12800 (1/3 step) ・ Extended output sensitivity: ISO80 / 100 / 125 / 25600 / 51200Standard Output Sensitivity: AUTO1 / AUTO2 / AUTO3 (up to ISO12800) / ISO100-12800 (1/3 step) Extended output sensitivity : ISO50 / 25600 / 51200 / 102400Standard output sensitivity: AUTO1 / AUTO2 / AUTO3 / ISO160~12800 (1/3 step)・ Extended output sensitivity : ISO80 / 100 / 125 / 25600 / 51200Standard output sensitivity: AUTO1 / AUTO2 / AUTO3 (up to ISO6400) / ISO200 to 12800 (1/3 step)・ Extended output sensitivity : ISO100 / 25600 / 51200Standard output sensitivity: AUTO1 / AUTO2 / AUTO3 / ISO160~12800 (1/3 step)・ Extended output sensitivity : ISO80 / 100 / 125 / 25600 / 51200Standard output sensitivity: AUTO1 / AUTO2 / AUTO3 (up to ISO6400) / ISO200 to 12800 (1/3 step)・Extended output sensitivity : ISO100 / 25600 / 51200Standard output sensitivity: AUTO1 / AUTO2 / AUTO3 (up to ISO12800) / ISO160 - 12800 (1/3 step)・ Extended output sensitivity : ISO80 / 100 / 125 / 25600 / 51200Standard output sensitivity: AUTO1 / AUTO2 / AUTO3 (up to ISO12800) / ISO160 - 12800 (1/3 step)・ Extended output sensitivity : ISO80 / 100 / 125 / 25600 / 51200Standard output sensitivity: AUTO (Control available up to ISO 6400) Equivalent to ISO 200 – 6400 ・ Extended output sensitivity : ISO 100, 12800, 25600 and 51200Standard output sensitivity: AUTO1 / AUTO2 / AUTO3 (up to ISO12800) / ISO200 to 12800(1/3 step)・Extended output sensitivity: ISO100 / 125*3 / 160*3 /25600 / 51200
Exposure compensation-5,0EV – +5,0EV, 1/3EV step (movie recording: -2,0EV – +2,0EV)-5,0EV – +5,0EV, 1/3EV step (movie recording: -2,0EV – +2,0EV)-5,0EV – +5,0EV 1/3EV step (Movie: -2,0EV – +2,0EV)-5,0EV – +5,0EV, 1/3EV step (perekaman video: -2,0EV – +2,0EV)-5,0EV – +5,0EV 1/3EV step (Movie: -2,0EV – +2,0EV)-5,0EV – +5,0EV, 1/3EV step (perekaman video: -2,0EV – +2,0EV)-5,0EV – +5,0EV 1/3EV step (Movie: -2,0EV – +2,0EV)-5,0EV – +5,0EV 1/3EV step (Movie: -2,0EV – +2,0EV)-3,0EV – +3,0EV, 1/3EV step (movie recording: -2,0EV – +2,0EV)-5,0EV – +5,0EV, 1/3EV step (perekaman video: -2,0EV – +2,0EV)
Wireless / touch screen✓ / ✓✓ / ✓✓ / ✓✓ / ✓✓ / ✓✓ / ✓✓ / ✓✓ / ✓✓ / ✓✓ / ×
Weather resistant structure×××
Film simulation 16 mode15 mode17 mode11 mode17 mode11 mode18 mode18 mode11 mode15 mode
Dimensi (lebar x tinggi x dalam)132,5 mm x 92,8 mm x 58,8 mm160,7 mm x 96,5 mm x 66,4 mm140,5 mm × 82,8 mm × 46,1 mm 121 mm x 83 mm x 47,4 mm128 mm × 74,8 mm × 53,3 mm116,9 mm x 67,7 mm x 40,4 mm126 mm × 85,1 mm × 65,4 mm 134,6 mm x 92,8 mm x 63,8 mm112,5 mm x 64,4 mm x 44,4 mm132,5 mm x 91,8 mm x 49,2 mm
Bobot539 gram (termasuk baterai dan kartu memori)775 gram (termasuk baterai dan kartu memori)497 gram (termasuk baterai dan kartu memori)448 gram (termasuk baterai dan kartu memori)478 gram (termasuk baterai dan kartu memori)361 gram (termasuk baterai dan kartu memori)465 gram (termasuk baterai dan kartu memori)607 gram (termasuk baterai dan kartu memori)340 gram (termasuk baterai dan kartu memori)507 gram (termasuk baterai dan kartu memori)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan fotografi lainnya di sini

Dalam fotografi, kamera memang menjadi hal yang terpenting. Namun, kita juga tidak boleh melupakan kelengkapan yang lainnya, seperti tas, SD card, stabilizer, dan lainnya. Kami telah mengulas berbagai perlengkapan yang menunjang kegiatan fotografi tersebut. Jika Anda tertarik, silakan membacanya pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kamera mirrorless merupakan salah satu produk unggulan dari Fujifilm. Hal ini karena Fujifilm mampu menyematkan teknologi terbaik ke dalam kamera mirrorless buatannya. Teknologi tersebut juga membuat penggunaan kamera mirrorless jadi lebih panjang.

Sekarang, tinggal Anda yang memutuskan kamera mirrorless mana yang sesuai untuk Anda. Pilihlah kamera mirrorless dengan spesifikasi yang dapat menunjang aktivitas fotografi Anda. Kemudian, sesuaikan juga dengan bujet yang telah Anda siapkan sebelumnya. Selamat memilih!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kamera mirrorless (kamera tanpa cermin) adalah produk yang tepat jika Anda menginginkan hasil yang lebih bagus daripada kamera smartphone. Setiap produknya memiliki keunikan dan keunggulannya masing-masing. Tergantung pada tujuan penggunaannya, Anda harus memperhatikan berbagai poin, seperti berat, lensa, dan ukuran saat memilih kamera yang tepat.Untuk memudahkan Anda memilih, kali ini kami akan mengulas cara memilih kamera mirrorless terbaik untuk Anda. Beberapa produsen di pasaran, seperti Sony, Canon, dan Fujifilm, memiliki produk unggulan dengan kualitas terbaik. Ulasan produk rekomendasi terbaik tersebut akan kami sampaikan di akhir artikel. Silahkan disimak!
    Kamera mirrorless
    49.188 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    10.752 Views
  • 10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda memiliki hobi fotografi? Tentunya harga kamera dan lensa SLR Anda tidak dapat dibilang murah, ya. Pastinya Anda ingin menjaga agar lensa tetap aman dari goresan meskipun sering digunakan dalam jangka waktu lama. Untuk perlindungan lensa Anda, filter lensa merupakan solusinya.Ada banyak brand yang memproduksi filter lensa, seperti K&F Concept, ZOMEi, dan Hoya. Tidak hanya untuk melindungi lensa, filter lensa juga dapat berfungsi untuk efek fotografi. Barangkali Anda cukup kewalahan memilih filter lensa yang Anda butuhkan. Karena itu, simaklah tips serta rekomendasi dari kami.
    Lensa & aksesori
    10.375 Views
  • 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Fisheye lens adalah lensa yang dapat mengambil gambar dengan skala lebih luas. Hasil foto menggunakan fisheye lens akan terlihat berbeda dengan adanya distorsi yang kentara. Bisa dibilang kalau fisheye lens adalah must have item bagi Anda yang suka mengambil foto pemandangan atau traveling.Berhubung fisheye lens bukanlah lensa biasa, tidak banyak orang mengerti cara memilih fisheye lens. Untuk itulah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi fisheye lens terbaik. Anda akan menemukan beragam fisheye lens berkualitas keluaran Canon, Olympus, Nikon, dan sebagainya dalam artikel ini. Yuk, disimak!
    Lensa & aksesori
    2.004 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa tele atau telephoto lens digunakan untuk memotret berbagai kegiatan, seperti pertandingan olahraga, foto lanskap, atau burung-burung liar. Namun, banyaknya produsen lensa tele seperti Canon, Nikon, Sigma, dan sebagainya mungkin membuat Anda bingung memilih produk terbaik.Karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi lensa tele terbaik yang berbeda fitur, spesifikasi, dan harga satu sama lain. Semoga menginspirasi Anda dan membantu Anda dalam menemukan lensa yang tepat untuk Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    24.217 Views
  • 10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagian orang mungkin berpikir bahwa penggunaan lens hood pada lensa kamera tidaklah diperlukan. Namun, lens hood sebenarnya cukup berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan. Lens hood tersedia dalam berbagai bentuk dan bahan yang memiliki keunggulan masing-masing.Apakah Anda masih bingung dalam memilih lens hood terbaik? Kali ini kami akan membahas tips memilih dan merekomendasikan lens hood yang bagus untuk Anda. Produk dari Phottix, Fujifilm, dan Olympus akan Anda temukan dalam daftar rekomendasi kami. Untuk itu, baca artikel ini sampai selesai, ya!
    Lensa & aksesori
    3.014 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2021)
    Sony dikenal sebagai industri yang terus mengembangkan peralatan digital menggantikan DSLR. Berbagai jenis seri kamera telah diluncurkan, baik yang bersensor full-frame dan APS-C, maupun dengan hasil 4K dan Full HD. Bagi Anda yang belum terbiasa menggunakan mirrorless, tentu akan kesulitan menentukan pilihan.Kami akan memberikan ulasan yang dapat membantu Anda dalam memilih kamera mirrorless merek Sony berdasarkan kemampuan dan spesifikasinya. Jadikan artikel ini sebagai referensi untuk menentukan pilihan kamera mirrorless Sony sesuai kebutuhan Anda!
    Kamera mirrorless
    8.684 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Era digital berkembang dengan sangat pesat. Adanya berbagai jenis media sosial membuat banyak orang berlomba-lomba mengunggah foto dan video miliknya. Fotografi pun berubah menjadi salah satu skill yang menarik untuk dipelajari. Kamera mirrorless dengan bodi minimalis dan fitur-fitur yang canggih menjadikannya salah satu pilihan tepat untuk belajar fotografi. Bagi Anda pemula yang berencana membeli kamera mirrorless terbaik, artikel ini bisa dijadikan referensi. Cara memilih dan beberapa rekomendasi kamera mirrorless, seperti Sony, FUJIFILM, dan Canon, akan kami berikan untuk Anda. Jangan lupa, cek juga komentar fotografer Indonesia, Beawiharta, di artikel ini.
    Kamera mirrorless
    12.939 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kamera mirrorless Samsung merupakan salah satu produk dari merk elektronik terkemuka dari Korea Selatan, Samsung. Anda mungkin lebih mengenal smartphone Samsung dibandingkan dengan produk kamera mirrorless-nya. Akan tetapi, sama seperti kamera pada smartphone Samsung, kamera mirrorless Samsung juga memiliki keunggulan tersendiri.Ada berbagai model dan kualitas pengambilan gambar, seperti NX1, NX Mini, dan NX500. Hal ini mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan kamera mirrorless Samsung yang bagus. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips memilih kamera mirrorless Samsung dan produk rekomendasinya. Simak terus, ya!
    Kamera mirrorless
    1.098 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Olympus Terbaik (Terbaru 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Olympus Terbaik (Terbaru 2021)
    Anda yang menyukai fotografi pasti sudah tidak asing dengan merk Olympus. Produsen kamera yang populer ini memiliki dua seri kamera mirrorless. Seri tersebut adalah PEN yang cocok bagi pemula dan OM-D yang banyak dipakai fotografer profesional. Namun, Anda mungkin bingung saat membeli kamera mirrorless Olympus karena banyaknya pilihan.Jangan khawatir, kami akan menjelaskan cara memilih kamera mirrorless Olympus. Kami juga akan mengulas sepuluh kamera mirrorless Olympus terbaik yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli. Ada kamera OM-D E-M5 Mark II dan OM-D E-M10 Mark II, lho! Disimak sampai selesai, ya.
    Kamera mirrorless
    349 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kamera mirrorless (kamera tanpa cermin) adalah produk yang tepat jika Anda menginginkan hasil yang lebih bagus daripada kamera smartphone. Setiap produknya memiliki keunikan dan keunggulannya masing-masing. Tergantung pada tujuan penggunaannya, Anda harus memperhatikan berbagai poin, seperti berat, lensa, dan ukuran saat memilih kamera yang tepat.Untuk memudahkan Anda memilih, kali ini kami akan mengulas cara memilih kamera mirrorless terbaik untuk Anda. Beberapa produsen di pasaran, seperti Sony, Canon, dan Fujifilm, memiliki produk unggulan dengan kualitas terbaik. Ulasan produk rekomendasi terbaik tersebut akan kami sampaikan di akhir artikel. Silahkan disimak!
    Kamera mirrorless
    49.188 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2021)
    Era digital berkembang dengan sangat pesat. Adanya berbagai jenis media sosial membuat banyak orang berlomba-lomba mengunggah foto dan video miliknya. Fotografi pun berubah menjadi salah satu skill yang menarik untuk dipelajari. Kamera mirrorless dengan bodi minimalis dan fitur-fitur yang canggih menjadikannya salah satu pilihan tepat untuk belajar fotografi. Bagi Anda pemula yang berencana membeli kamera mirrorless terbaik, artikel ini bisa dijadikan referensi. Cara memilih dan beberapa rekomendasi kamera mirrorless, seperti Sony, FUJIFILM, dan Canon, akan kami berikan untuk Anda. Jangan lupa, cek juga komentar fotografer Indonesia, Beawiharta, di artikel ini.
    Kamera mirrorless
    12.939 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2021)
    Sony dikenal sebagai industri yang terus mengembangkan peralatan digital menggantikan DSLR. Berbagai jenis seri kamera telah diluncurkan, baik yang bersensor full-frame dan APS-C, maupun dengan hasil 4K dan Full HD. Bagi Anda yang belum terbiasa menggunakan mirrorless, tentu akan kesulitan menentukan pilihan.Kami akan memberikan ulasan yang dapat membantu Anda dalam memilih kamera mirrorless merek Sony berdasarkan kemampuan dan spesifikasinya. Jadikan artikel ini sebagai referensi untuk menentukan pilihan kamera mirrorless Sony sesuai kebutuhan Anda!
    Kamera mirrorless
    8.684 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kamera mirrorless Samsung merupakan salah satu produk dari merk elektronik terkemuka dari Korea Selatan, Samsung. Anda mungkin lebih mengenal smartphone Samsung dibandingkan dengan produk kamera mirrorless-nya. Akan tetapi, sama seperti kamera pada smartphone Samsung, kamera mirrorless Samsung juga memiliki keunggulan tersendiri.Ada berbagai model dan kualitas pengambilan gambar, seperti NX1, NX Mini, dan NX500. Hal ini mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan kamera mirrorless Samsung yang bagus. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips memilih kamera mirrorless Samsung dan produk rekomendasinya. Simak terus, ya!
    Kamera mirrorless
    1.098 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Olympus Terbaik (Terbaru 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Olympus Terbaik (Terbaru 2021)
    Anda yang menyukai fotografi pasti sudah tidak asing dengan merk Olympus. Produsen kamera yang populer ini memiliki dua seri kamera mirrorless. Seri tersebut adalah PEN yang cocok bagi pemula dan OM-D yang banyak dipakai fotografer profesional. Namun, Anda mungkin bingung saat membeli kamera mirrorless Olympus karena banyaknya pilihan.Jangan khawatir, kami akan menjelaskan cara memilih kamera mirrorless Olympus. Kami juga akan mengulas sepuluh kamera mirrorless Olympus terbaik yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli. Ada kamera OM-D E-M5 Mark II dan OM-D E-M10 Mark II, lho! Disimak sampai selesai, ya.
    Kamera mirrorless
    349 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    10.752 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori