• 10 Rekomendasi Susu UHT Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Susu UHT Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Susu UHT Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Susu UHT Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Susu UHT Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Susu UHT Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Susu UHT (Ultra High Temperature) merupakan susu yang cukup populer dan mudah dijumpai, baik di toko online maupun offline. Kemasannya yang praktis mudah untuk dibawa ke mana-mana dan diminum kapan saja. Susu jenis ini juga tersedia dalam beragam rasa sehingga banyak disukai anak-anak.


Banyaknya susu UHT yang beredar di pasaran kerap membuat bingung, produk mana yang paling baik? Melalui artikel ini kami akan memberikan rekomendasi susu UHT terbaik seperti Ultra Milk, Frisian Flag, hingga Greenfield. Selain itu, kami akan menginformasikan cara memilih susu UHT yang sesuai. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 06 Maret 2020
  • 33.977 Views
Daftar isi

Apa perbedaan susu UHT dan susu segar?

Apa perbedaan susu UHT dan susu segar?

Mungkin di antara Anda ada yang bertanya-tanya, sebenarnya apa perbedaan susu UHT dan susu segar? Mengingat semuanya berbentuk cair. Guna menjawab pertanyaan Anda, akan kami jelaskan perbedaan susu tersebut satu-persatu.


Sesuai dengan namanya, susu segar, susu ini merupakan jenis susu yang baru saja diperah dari sapi atau kambing. Setelah diperah, cairan susu akan disaring untuk menghilangan kotorannya. Kemudian susu akan dipanaskan kurang lebih 5 menit dalam suhu sekitar 70 derajat sambil diaduk terus-menerus. Susu pun siap untuk dinikmati.


Sementara susu UHT merupakan susu yang cara pengolahannya dengan dipanaskan pada suhu 135-140 derajat celsius dalam waktu yang sangat singkat. Oleh karena suhu yang digunakan tinggi, seluruh mikroorganisme dan bakteri yang ada di dalam susu mati sehingga susu UHT disebut juga susu steril. Susu ini mampu bertahan selama 6-12 bulan masa penyimpanan di tempat terbuka. 

Cara memilih susu UHT

Sesudah Anda memahami apa itu susu UHT, selanjutnya kami akan menjelaskan cara memilih produk. Perhatikan poin-poin penting di bawah ini supaya Anda bisa mendapatkan susu UHT terbaik!

Pilih susu berdasarkan rasa yang disukai

Pilih susu berdasarkan rasa yang disukai

Banyak orang tidak menyukai susu segar karena rasanya terlalu gurih dan ada aroma amisnya. Namun, tidak demikian halnya dengan susu UHT. Selain tersedia dalam rasa original yang gurih, saat ini susu UHT juga diproduksi dalam beragam rasa, seperti cokelat, vanila, serta rasa buah-buahan.


Buah yang paling umum dijadikan perisa susu antara lain stroberi dan pisang. Selain itu, produsen seperti Frisian Flag berinovasi menciptakan susu UHT dengan rasa unik seperti coconut delight, ketan hitam, hingga kacang hijau. Jika Anda tidak menyukai susu dengan rasa original, Anda bisa mencoba susu beraneka rasa seperti ini. Anak-anak biasanya juga lebih suka susu dengan aneka rasa.

Sesuaikan susu berdasarkan siapa yang hendak meminumnya

Susu memang minuman yang mengandung banyak manfaat dan nutrisi, meski begitu Anda tidak boleh asal minum susu. Berikanlah susu yang sesuai dengan kebutuhan si peminumnya. Misalnya, untuk anak balita berikan susu yang sesuai dengan usianya, begitu juga untuk ibu hamil. 

Untuk anak-anak, pilihlah susu yang sesuai dengan usianya

Untuk anak-anak, pilihlah susu yang sesuai dengan usianya

Selepas minum ASI, anak-anak tidak wajib minum susu. Meski begitu, bukan berarti anak tidak usah mengonsumsi susu sama sekali. Susu memiliki peran yang penting dalam pertumbuhkan tulang sekaligus bisa melengkapi nutrisi yang belum terpenuhi dari makanan. Maka dari itu, minum susu setiap hari tetap disarankan.


Jika putra-putri Anda masih berusia di bawah lima tahun, sebaiknya berikan susu UHT yang memang diproduksi khusus untuk anak-anak. Supaya anak tidak bosan minum susu, pilihlah rasa yang paling disukai oleh anak seperti rasa cokelat atau stroberi. Satu hal penting yang harus Anda perhatikan, jangan berikan susu UHT untuk anak di bawah usia 1 tahun. 

Untuk ibu hamil, pilih susu dengan formula khusus

Untuk ibu hamil, pilih susu dengan formula khusus

Selain mengonsumsi makanan sehat, ibu hamil juga disarankan minum susu. Pilihlah susu yang mengandung formula khusus yang diperlukan bagi ibu dan janin. Misalnya susu yang diperkaya dengan asam folat, DHA, zat besi, dan zat tambahan lain. Agar lebih praktis, Anda bisa langsung mengonsumsi susu yang diproduksi khusus bagi ibu hamil.

Pilih susu UHT berdasarkan volume isinya

Pilih susu UHT berdasarkan volume isinya

Susu UHT rata-rata dikemas menggunakan kotak karton. Ukurannya beragam, dari yang kemasan kecil untuk sekali minum hingga kemasan besar 1 literan. Jika susu hendak dikonsumsi anak-anak, pilihlah susu dengan ukuran kecil yang isinya berkisar antara 115-125 ml. Porsi tersebut bisa dihabiskan dengan mudah oleh balita.


Untuk bekal anak sekolah yang lebih besar atau konsumsi orang dewasa, Anda bisa membeli susu UHT ukuran sedang yang isinya berkisar 150-200 ml. Ukuran ini setara dengan segelas air sehingga bisa menghapus dahaga Anda setelah beraktivitas. 


Sementara untuk kebutuhan keluarga, Anda bisa membeli susu ukuran besar 1 literan. Susu ukuran besar ini harus langsung disimpan di dalam kulkas seusai diminum. Jika sisa susu disimpan di ruang terbuka, susu ukuran 1 literan akan mudah rusak dan tak layak konsumsi.

Perhatikan kondisi kemasan dan tanggal kedaluwarsanya

Perhatikan kondisi kemasan dan tanggal kedaluwarsanya

Saat hendak membeli susu UHT, pastikan Anda memperhatikan kemasannya secara mendetail. Belilah susu dengan kemasan yang masih bagus dan tidak menggelembung. Kotak susu yang menggelembung adalah salah satu tanda bahwa kondisi susu di dalamnya sudah tidak baik. Selain itu, jika mendapatkan kotak susu yang kondisinya tidak bagus, lebih baik kembalikan supaya ditukar yang baru.


Tak hanya soal kemasan, Anda juga harus memperhatikan tanggal kedaluwarsa yang tertera di tiap kotak. Pastikan susu yang Anda beli tanggal kedaluwarsanya masih lama. Seandainya disimpan untuk beberapa waktu pun susu masih layak dikonsumsi. Jangan sekali-kali mengonsumsi susu UHT yang sudah lewat masa kedaluwarsanya.

10 Rekomendasi susu UHT terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi susu UHT terbaik yang bisa Anda pilih, tentunya dari berbagai merek yang sudah dikenal masyarakat. Pilih yang paling Anda sukai, ya!

10
Isi115 ml, 175 ml
RasaStroberi, cokelat
Usia1-12 tahun
9
Isi200 ml
RasaCokelat, stroberi, kopi, original
UsiaOrang dewasa
8
Isi200 ml
RasaBerrylove
UsiaIbu hamil
7
Isi140 ml
RasaMelon, pisang, cokelat, stroberi, vanila
UsiaAnak usia 1-12 tahun
6
Isi1000 ml
RasaOriginal
UsiaDewasa
5
Isi1000 ml
RasaFull cream
UsiaAnak dan dewasa
4
Isi125 ml
RasaFull cream, cokelat, stroberi, vanila
UsiaAnak-anak usia 2 tahun ke atas
3
Isi250 ml
RasaBanana Strawberry, Chocolate Avocado
UsiaRemaja dan dewasa
2
Isi900 ml
RasaKelapa muda
UsiaSemua usia
1
Isi200 ml
RasaCokelat, stroberi, taro, karamel, mocca
UsiaAnak dan dewasa

Tabel perbandingan produk susu UHT terbaik

Gambar produk
1
Ultrajaya Ultra Milk Varian Rasa 1

Ultrajaya

2
Frisian Flag Purefarm Flavour Milk Coconut Delight 1

Frisian Flag

3
Indomilk Good To Go 1

Indomilk

4
Ultrajaya  Ultra Mimi Kids 1

Ultrajaya

5
Diamond Diamond Milk Full Cream 1

Diamond

6
Japfa Greenfields Skimmed Milk 1

Japfa

7
Morinaga Chil*Go! 1

Morinaga

8
Kalbe Prenagen Mommy 1

Kalbe

9
Nutrifood WRP On The Go 1

Nutrifood

10
Vidoran Xmart Milk 1

Nama produk

Ultra Milk Varian Rasa

Purefarm Flavour Milk Coconut Delight

Good To Go

Ultra Mimi Kids

Diamond Milk Full Cream

Greenfields Skimmed Milk

Chil*Go!

Prenagen Mommy

WRP On The Go

Vidoran Xmart Milk

KeunggulanBeragam varian rasa yang ak...Susu UHT pertama di Indones...Multisereal kaya serat dan ...Mengandung semua nutrisi ya...Diminum langsung atau dibua...Kandungan lemaknya rendah u...Diperkaya kolin dan inosito...Memenuhi nutrisi ibu hamil ...Susu diet praktis yang memb...Diperkaya cod liver oil unt...
HargaRp 4.000,00Rp 13.900,00Rp 4.000,00Rp 2.500,00Rp 13.000,00Rp 18.900,00Rp 4.000,00Rp 9.000,00Rp 10.500,00Rp 2.100,00
Isi200 ml900 ml250 ml125 ml1000 ml1000 ml140 ml200 ml200 ml115 ml, 175 ml
RasaCokelat, stroberi, taro, karamel, moccaKelapa mudaBanana Strawberry, Chocolate AvocadoFull cream, cokelat, stroberi, vanilaFull creamOriginalMelon, pisang, cokelat, stroberi, vanilaBerryloveCokelat, stroberi, kopi, originalStroberi, cokelat
UsiaAnak dan dewasaSemua usiaRemaja dan dewasaAnak-anak usia 2 tahun ke atasAnak dan dewasaDewasaAnak usia 1-12 tahunIbu hamilOrang dewasa1-12 tahun
Tautan produk

Baca juga rekomendasi susu lainnya di sini

Selain susu UHT, Anda juga bisa mengonsumsi susu jenis lainnya seperti susu kental manis, susu bubuk, susu kedelai, hingga susu almon. Di bawah ini kami sudah mengulas aneka susu tersebut. Tak hanya susu untuk orang dewasa, melainkan juga susu untuk anak-anak dan ibu hamil. Silakan klik tautannya untuk membaca lebih lanjut.

Kesimpulan

Susu UHT merupakan minuman yang menyehatkan sekaligus bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Diproduksi dalam kemasan yang praktis menjadikan susu UHT mudah dibawa ke mana saja dan diminum kapan saja. Diminum di rumah atau dijadikan bekal sekolah sama saja nikmatnya.


Semoga tips mengenai cara memilih susu UHT serta rekomendasi produk yang kami berikan bisa membantu Anda dalam menemukan produk terbaik. Selamat mencari susu dengan rasa favorit!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mineral water atau air mineral sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Tahukah Anda, air dengan kandungan mineral yang tinggi sangat bermanfaat untuk kesehatan? Ya, selain dapat menghidrasi tubuh, mineral water dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Jika dilihat dari kandungannya, mineral water dapat ditemui dalam berbagai jenis.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan mengulas cara memilih mineral water yang tepat. Merek mineral water, seperti Aqua, Le Minerale, hingga Eternal Plus juga akan dibahas di rekomendasi produknya. Simak selengkapnya dan temukan mineral water untuk melengkapi aktivitas Anda!
    Makanan & minuman
    90.646 Views
  • 10 Rekomendasi Whipped Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Whipped Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Para pencinta dessert pasti sudah tidak asing dengan yang namanya whipped cream. Selain sebagai dekorasi kue, whipped cream juga sering dipakai untuk menghiasi frappuccino favorit Anda. Anak-anak pun menyukainya berkat rasanya yang creamy. Namun, di antara banyaknya produk whipped cream yang dijual, manakah yang sebaiknya Anda beli?Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih whipped cream agar Anda mendapat yang sesuai kebutuhan. Setelahnya, terdapat rekomendasi produk dari kami, seperti Anchor, Elle & Vire, Greenfields, dan lainnya. Simak terus artikel ini agar Anda memperoleh informasi lengkap seputar whipped cream.
    Makanan & minuman
    39.093 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anak sehat dan berbadan kuat adalah dambaan setiap orang tua. Itu sebabnya saat melihat anaknya kurus dan berat badannya di bawah rata-rata, orang tua akan berusaha menaikkan berat badan anak. Salah satu cara yang dilakukan adalah memberikan susu penambah berat badan.Ada banyak susu penambah berat badan anak yang beredar di pasaran seperti Dancow, Pediasure, atau Curcuma Plus. Pada artikel ini kami akan membagikan tips cara memilih susu penambah berat badan untuk anak serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    23.544 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Makanan & minuman
    62.299 Views
  • 10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda gemar membuat kue? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar kue, butter juga digunakan untuk olesan menyantap roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran, mulai dari ukuran kecil, sedang, sampai besar. Butter juga terbagi menjadi salted ataupun unsalted.Makin penasaran kan tentang butter ini? Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara memilih butter. Beberapa merek butter terkenal, seperti Anchor, Elle & Vire, Lurpak, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk menemukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Makanan & minuman
    63.054 Views
  • 10 Rekomendasi Snack (Makanan Ringan) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Snack (Makanan Ringan) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Siapa yang tidak suka menyantap snack atau makanan ringan? Snack dapat Anda nikmati kapan pun dan di mana pun. Baik saat bersantai maupun berpesta di rumah, akan terasa kurang apabila Anda tidak melengkapinya dengan aneka makanan ringan.Dalam artikel ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi snack terbaik yang dijamin membuat Anda ketagihan! Ada merek makanan ringan Cheetos, Pringles, Calbee, Lay’s, dan sebagainya. Sebelumnya, kami pun akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih snack agar Anda mudah menemukan yang sesuai selera. Yuk, simak artikel ini!
    Makanan & minuman
    41.263 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori