• 10 Lampu Ruang Tamu Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Lampu Ruang Tamu Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Lampu Ruang Tamu Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Lampu Ruang Tamu Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Lampu Ruang Tamu Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Lampu Ruang Tamu Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)

Untuk memperindah ruangan dan membuat tamu yang datang lebih nyaman, Anda bisa meletakkan lampu di ruang tamu. Ada berbagai jenis dan gaya lampu ruang tamu yang harus Anda ketahui. Misalnya saja, lampu plafon dengan desain minimalis atau lampu gantung bergaya klasik.

Bingung memilih lampu ruang tamu yang cocok untuk rumah Anda? Tenang, kami akan memperkenalkan cara memilih lampu ruang tamu yang bagus beserta produk rekomendasi terbaiknya. Ada merek IKEA, Philips, dan MT. EDMA, lho! Simak juga komentar dari arsitek kami, Adil Mochtar. Jadikan artikel ini sebagai referensi, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Adil Mochtar
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Arsitek, Adil Mochtar, ST, MT

Profil pakar: Arsitek, Adil Mochtar, ST, MT

Adil adalah seorang arsitek prinsipal kreatif di HADE (PT Hasta Asri Dharma) dan AMA Studio. Ia memiliki tujuh tahun pengalaman dalam perancangan bangunan gedung negara, gedung swasta, dan rumah tinggal. Seluruh konsep rancangan Adil selalu mengedepankan arsitektur yang berwawasan lingkungan dan inovasi.


Selain itu, Adil juga turut aktif dalam organisasi profesi Ikatan Arsitek Indonesia Wilayah Bekasi. Untuk mendapatkan informasi dan konsultasi mengenai arsitektur, Anda bisa menyapa Adil melalui akun Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih lampu ruang tamu

Selain tingkat kecerahan, ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan untuk memilih lampu ruang tamu. Anda bisa memilih berdasarkan desain yang cocok dengan susana ruang atau berdasarkan kemudahan penggunaannya. Berikut kami uraikan poin-poin cara memilih lampu ruang tamu.

Tentukan berdasarkan tipe lampunya

Lampu ruang tamu dibagi menjadi tiga tipe utama, yakni lampu gantung, lampu plafon, dan indirect. Pilihlah dengan mempertimbangkan secara keseluruhan ruang seperti apa yang Anda inginkan!

Lampu gantung: Mengubah kesan pencahayaan sesuai posisi lampu

Lampu gantung: Mengubah kesan pencahayaan sesuai posisi lampu

Lampu gantung direkomendasikan bagi Anda yang ingin mengatur suasana ruangan dengan lebih bebas. Tinggi tali lampunya dapat diatur sehingga cahaya yang dihasilkan memberikan kesan yang bervariasi. Anda juga dapat mengombinasikannya dengan penerangan indirect untuk menyesuaikan intensitas cahaya.


Banyak pilihan desain lampu gantung untuk menciptakan setiap susana ruang tamu yang Anda inginkan. Anda dapat menggantungnya di atas sofa atau ruang bermain anak. Anda bahkan bisa memadukannya dengan lampu indirect untuk menciptakan kesan ruangan yang unik dan berkarakter.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Anda harus memperhatikan posisi lampu gantung serta ketinggian plafon ruangan Anda. Jangan sampai posisi lampu terlalu rendah karena posisi plafon ruangan yang rendah. Posisi tersebut tidak cocok untuk ruangan Anda.

Lampu plafon: Menerangi seluruh ruang tamu

Lampu plafon: Menerangi seluruh ruang tamu

Lampu ini dipasang langsung di plafon ruangan. Selain tidak memakan banyak tempat, cahayanya dapat mencapai seluruh ruangan sehingga dapat menjadi penerangan utama. Desainnya yang sederhana membuat lampu ini dapat disesuaikan dengan setiap gaya ruangan. Lampu plafon merupakan lampu paling umum dan mudah digunakan.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Lampu plafon umumnya terbuat dari material jenis kaca. Sebaiknya Anda memilih jenis kaca tempered untuk lampu jenis ini. Hal tersebut untuk mengantisipasi apabila terjadi gempa yang menyebabkan cover kaca lampu terjatuh dan pecah menjadi kepingan jagung yang tidak berbahaya. Jangan lupa untuk rutin membersihkannya agar tingkat intensitas cahaya tidak terhalangi debu yang menumpuk.

Anda bisa membaca artikel di bawah ini jika ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang lampu plafon. Temukan juga rekomendasi lampu plafon terbaik yang mungkin Anda butuhkan!

Lampu indirect: Menambah kecerahan di bagian tertentu sesuai keinginan

Lampu indirect: Menambah kecerahan di bagian tertentu sesuai keinginan

Apakah cahaya dari lampu utama Anda dirasa kurang terang atau sekadar ingin menciptakan suasana teduh? Anda bisa menggunakan lampu indirect. Lampu indirect adalah jenis lampu yang lebih fleksibel. Lampu ini dapat Anda gunakan untuk menerangi bagian ruang tertentu, misalnya langit-langit, dinding, atau lantai. 


Keuntungan penerangan jenis ini adalah Anda dapat menambah atau mengurangi intensitas cahaya sesuai dengan lokasi dan kegiatan. Dengan begitu, Anda bisa lebih bebas mengubah kesan ruangan. Menghabiskan malam hanya dengan menyalakan penerangan jenis ini juga sangat menyenangkan, lho.

Periksa intensitas cahayanya

Periksa intensitas cahayanya

Jika Anda akan memasang penerangan utama di ruang tamu, periksa tingkat intensitas cahayanya terlebih dahulu. Idealnya, lampu dengan daya 40 W mampu menerangi 1,5 meter persegi luas area. Namun, tergantung dari gaya ruangan, daya lampu atau jumlah lampu yang digunakan akan bervariasi.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Anda perlu mengetahui kondisi lampu apakah sudah memenuhi tingkat kenyamanan yang direkomendasikan oleh ahli lighting. Caranya, Anda bisa menggunakan aplikasi lux meter pada smartphone.


Ruang tamu dan kamar tidur memiliki standar kecerahan ruang 200–500 lux. Sementara itu, untuk kegiatan membaca atau belajar dibutuhkan kecerahan ruangan tingkat 800 lux. Ruang makan yang ideal memiliki kecerahan tingkat minimum 200 lux untuk nuansa yang romantis.


Jangan memaksakan diri untuk membaca dan belajar di ruangan yang memiliki tingkat kecerahan lux di bawah standar. Tingkat kecerahan lux yang di bawah standar dapat merusak kesehatan mata Anda untuk jangka panjang. 

Untuk lampu plafon, pastikan plafon bisa menahan bobotnya

Untuk lampu plafon, pastikan plafon bisa menahan bobotnya

Saat memilih lampu untuk dipasang di plafon, periksa beratnya terlebih dahulu agar dapat dipasang dengan aman. Lampu yang dipasang di plafon memerlukan perlengkapan kabel yang disebut ceiling rose. Sebagian besar tempat tinggal sudah terpasang ceiling rose sebelumnya dan kapasitas muatannya sekitar 5 kg.


Bila berat lampu lebih dari 5 kg, tambahkan rosette (dudukan plafon) yang kapasitas muatannya sekitar 10 kg. Untuk memasang lampu yang beratnya lebih dari 5 kg tersebut, mungkin plafon rumah Anda perlu dimodifikasi. Jadi, pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memilih lampu, ya!

Pertimbangkan fitur tambahan untuk menambah kenyamanan

Beberapa penerangan memiliki fitur yang praktis. Agar dapat menghabiskan waktu dengan lebih nyaman, periksa juga fitur tambahan pada lampu.

Fitur pengatur tingkat kecerahan, dapat menghemat tagihan listrik

Fitur pengatur tingkat kecerahan, dapat menghemat tagihan listrik

Untuk Anda yang ingin menghemat tagihan listrik, kami sarankan memilih lampu dengan fitur pengatur tingkat kecerahanTidak sekadar menerangkan dan meredupkan, lampu dengan fitur ini ada yang dapat mengatur pencahayaan secara detail. Anda bisa memilih tingkat kecerahan lampu, mulai dari 20%, 50%, 75%, hingga 100%.


Tingkat kecerahan lampu juga dapat Anda sesuaikan dengan kegiatan. Misalnya saja, ketika makan lampu diterangkan, sedangkan ketika ingin bersantai bisa sedikit diredupkan. Anda yang mementingkan suasana ruangan akan sangat cocok memilih lampu dengan fitur ini. Jika Anda bisa mengatur tingkat kecerahan dengan benar, Anda juga dapat menghemat energi


Tipe lampu dengan pengatur cahaya ini ada yang dilengkapi remote control atau sakelar tarik dengan tali. Jenis remote control lebih praktis bagi Anda yang memiliki anak ataupun susah menjangkau kabelnya. Sementara itu, jenis sakelar tarik cocok untuk Anda yang menginginkan suasana lebih retro.
Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Selain menghemat tagihan listrik, Anda juga memiliki keleluasaan dalam mengatur tingkat kecerahan yang sesuai dengan kegiatan Anda. Khususnya ketika Anda ingin membaca buku, ruangan Anda harus memiliki tingkat kecerahan yang lebih tinggi daripada kegiatan lainnya.

Fitur kipas angin, mengefektifkan pendingin ruangan

Fitur kipas angin, mengefektifkan pendingin ruangan

Lampu dengan kipas angin mampu menghemat penggunaan pendingin ruangan. Tidak hanya berkesan klasik, lampu ini juga membuat udara dari pendingin udara dapat tersebar secara merata. Lampu ini kami rekomendasikan khusus bagi Anda yang merasa efisiensi pendingin udara kurang baik. Anda yang mempunyai langit-langit ruang tamu tinggi juga bisa menggunakan lampu dengan fitur ini.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Selain untuk menyejukkan ruangan, lampu jenis ini dapat berfungsi sebagai unsur dekoratif pada plafon ruangan Anda. Namun, pastikan konstruksi rangka plafon cukup kuat untuk menahan beban centrifugal dari kipas angin.


Sebaiknya Anda memilih warna yang agak gelap ketika memilih jenis lampu kipas agar debu tidak jelas terlihat. Jangan lupa untuk rutin membersihkan kipas angin dari debu dan sarang laba-laba.

10 Rekomendasi lampu ruang tamu terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lampu ruang tamu terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adil Mochtar.

10

3+ ProjectsLampu Gantung Single Pendant White

Mulai dari Rp 260.000,00

TipeLampu gantung
Ukuran10 cm x 27 cm
BeratTidak disebutkan
DayaTidak disebutkan
Fitur tambahanTidak ada
9

EglareCombo Lamp Set Dwella Antiqbrass

Mulai dari Rp 859.900,00

TipeLampu lantai
UkuranLampu lantai: 35,5 cm x 152,5 cm ・Lampu meja: 25,5 cm x 53,3 cm
BeratTidak disebutkan
DayaTidak disebutkan
Fitur tambahanTidak ada
8

AETHERStanding Side Floor Lamp

Mulai dari Rp 1.440.000,00

TipeLampu lantai
Ukuran160 cm x 21 cm
BeratTidak disebutkan
DayaTidak disebutkan
Fitur tambahanTidak ada
7
TipeLampu gantung
Ukuran60 cm x 43 cm
BeratTidak disebutkan
Daya9 bohlam @1,5 W
Fitur tambahanTidak ada
6
TipeLampu plafon
UkuranTidak disebutkan
Berat5,2 kg
Daya50 W (tanpa lampu)
Fitur tambahanKipas dengan knob tarikan rantai
5
TipeLampu gantung
Ukuran35 cm x 150 cm
Berat3 kg
DayaTidak disebutkan
Fitur tambahanKatrol adjustable
4

PhilipsSmart Wifi LED Downlight

8719514336674

Mulai dari Rp 225.000,00

TipeLampu Plafon
Ukuran16,5 cm x 4,7 cm
Berat0,163 kg
Daya17 W
Fitur tambahanIntensitas cahaya bisa diatur, smart wifi
3
TipeLampu lantai Lampu lantai
Ukuran178 cm x 21 cm
Berat3,36 kg
Daya21,6 W
Fitur tambahanDua lampu bisa dimatikan dan dinyalakan secara terpisah
2

Lampu Gantung Minimalis Modern 3 Ring LED

Mulai dari Rp 900.000,00

TipeLampu gantung
Ukuran60 cm x 100 cm
BeratTidak disebutkan
Daya38 W, 26 W, 13 W
Fitur tambahanTidak ada
1
TipeLampu plafon
Ukuran13 cm x 17 cm
BeratTidak disebutkan
DayaTidak disebutkan
Fitur tambahanTidak ada

Tabel perbandingan produk lampu ruang tamu terbaik

Gambar produk
1
Lampu plafon kristal kotak 1

2
Lampu Gantung Minimalis Modern 3 Ring LED 1

3
IKEA TÅGARP 1

IKEA

4
Philips Smart Wifi LED Downlight 1

Philips

5
Lampu Gantung Antik 1

6
EDMA ELECTRONICS 30in Pilot 1

EDMA ELECTRONICS

7
Supra C.E 1

Supra

8
AETHER Standing Side Floor Lamp 1

AETHER

9
Eglare Combo Lamp Set Dwella Antiqbrass 1

Eglare

10
3+ Projects Lampu Gantung Single Pendant White 1

3+ Projects

Nama produk

Lampu plafon kristal kotak

Lampu Gantung Minimalis Modern 3 Ring LED

TÅGARP

Smart Wifi LED Downlight

Lampu Gantung Antik

30in Pilot

C.E

Standing Side Floor Lamp

Combo Lamp Set Dwella Antiqbrass

Lampu Gantung Single Pendant White

Keunggulan

Hadirkan suasana elegan yang pas untuk ruang tamu dengan plafon tinggi

Unik! Tiga lampu LED dijadikan satu lampu gantung

Percantik sudut ruang tamu dengan lampu minimalis dual fungsi

Serasi untuk dipadankan dengan hunian berkonsep smarthome

Lampu antik untuk hunian bergaya Jawa klasik

Tampil dengan desain simple, tetapi elegan

Terinspirasi dari kunang-kunang, desain mewah yang pas untuk ruang tamu sederhana

Pas untuk ruang tamu minimalis dengan desain menyerupai tongkat

Memberi sentuhan vintage dan elegan pada ruang tamu sederhana

Desain lampu gantungnya pas untuk ruang tamu yang kecil

Harga mulai dariRp 230.000,00Rp 900.000,00Rp 259.900,00Rp 225.000,00Rp 525.000,00Rp 1.236.000,00Rp 790.000,00Rp 1.440.000,00Rp 859.900,00Rp 260.000,00
TipeLampu plafon Lampu gantungLampu lantai Lampu lantaiLampu PlafonLampu gantungLampu plafonLampu gantungLampu lantaiLampu lantaiLampu gantung
Ukuran13 cm x 17 cm60 cm x 100 cm178 cm x 21 cm16,5 cm x 4,7 cm35 cm x 150 cmTidak disebutkan60 cm x 43 cm160 cm x 21 cmLampu lantai: 35,5 cm x 152,5 cm ・Lampu meja: 25,5 cm x 53,3 cm10 cm x 27 cm
BeratTidak disebutkanTidak disebutkan3,36 kg0,163 kg3 kg5,2 kgTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
DayaTidak disebutkan38 W, 26 W, 13 W21,6 W17 WTidak disebutkan50 W (tanpa lampu)9 bohlam @1,5 WTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Fitur tambahanTidak adaTidak adaDua lampu bisa dimatikan dan dinyalakan secara terpisahIntensitas cahaya bisa diatur, smart wifiKatrol adjustableKipas dengan knob tarikan rantaiTidak adaTidak adaTidak adaTidak ada
Tautan produk

Tips agar ruangan lebih ekspresif dengan penerangan

Tips agar ruangan lebih ekspresif dengan penerangan

Untuk menciptakan berbagai macam suasana, Anda dapat mengadaptasikan beberapa tipe lampu dalam satu ruangan. Simak tipsnya di bawah ini!


  • Tempatkan lampu plafon di tengah sebagai penerangan utama. 
  • Letakkan lampu indirect seperti lampu lantai di sudut ruangan atau lampu meja di atas rak untuk meningkatkan ekspresi ruangan.
  • Pasang lampu gantung berdesain unik di meja makan akan membuat ruangan lebih menarik.
  • Lampu gantung yang dapat diredupkan juga cocok untuk menyesuaikan suasana hati. 
  • Gunakan lampu sorot untuk menerangi benda seni agar memberikan efek yang indah. 
  • Coba juga lampu jenis LED, benda seni Anda tidak akan rusak akibat panas.

Banyak yang menganggap memasang beberapa penerangan membuat tagihan listrik lebih boros. Namun, apabila Anda menggunakannya hanya saat diperlukan saja, tentu akan menghemat daya dan biaya tagihan.

Adil Mochtar
Arsitek
Adil Mochtar

Jangan lupa untuk menyesuaikan jenis lampu dan warna material agar serasi dengan konsep dan tema ruangan Anda. Jangan lupa juga untuk mengecek tingkat kecerahan dengan menggunakan lux meter agar ruangan dapat digunakan secara nyaman untuk kesehatan mata.


Pastikan untuk memilih warna bohlam dengan color temperature yang sesuai dengan mood yang ingin Anda capai. Estetika dan keindahan ruangan dapat meningkat dengan pemilihan lighting yang tepat

Baca juga rekomendasi lampu lainnya

Selain lampu-lampu yang direkomendasikan di atas, memadu padankannya dengan lampu-lampu berikut akan menjadikan ruang tamu Anda menjadi lebih ekspresif dan paripurna. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda, ya!

Kesimpulan

Sudah menemukan ide desain penerangan untuk ruang tamu Anda? Tidak hanya menerangi ruangan, lampu juga merupakan elemen interior penting yang menentukan suasana ruangan secara keseluruhan. Bahkan, keberadaan lampu sebagai penerangan sama pentingnya dengan furnitur. 


Menemukan lampu ruang tamu yang sesuai dengan kriteria Anda mungkin akan memakan waktu dan persiapan. Dengan menjadikan artikel ini sebagai referensi, temukan lampu favorit Anda dan buat ruang tamu senyaman mungkin!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sofa Kulit Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sofa Kulit Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sofa berbahan kulit akan membuat ruangan Anda tampak makin menawan. Ada beragam sofa kulit yang tersedia di pasaran, mulai dari kapasitas satu orang hingga enam orang. Model dan warnanya pun bermacam-macam sehingga Anda mungkin sedikit kesulitan saat hendak memilih.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus memberikan rekomendasi produk dari berbagai merek seperti Informa atau Atria. Dengan begitu, Anda akan mudah menemukan produk yang paling sesuai untuk ruangan Anda. Pilihlah produk yang tepat dan nikmati waktu santai Anda bersama dengan sofa kulit favorit!
    Ruang tamu & keluarga
  • 10 Rekomendasi Sofa 3 Seater Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sofa 3 Seater Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sofa tiga seater merupakan sofa yang memungkinkan tiga orang dewasa duduk di atasnya secara bersamaan. Meskipun sama-sama disebut sofa tiga seater, terdapat perbedaan dari segi ukuran, desain, bahan, harga, dan fitur. Selain itu, ada pula produk yang dilengkapi meja samping atau yang bisa diubah tatanannya sesuka hati.Untuk membantu Anda memilih, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus memperkenalkan sepuluh rekomendasi sofa tiga seater terbaik. Produk populer dari Pro Design dan Livien juga turut kami bahas pada kesempatan kali ini. Jadi, simak terus artikel ini sampai habis, ya!
    Ruang tamu & keluarga
  • 10 Rekomendasi Sofa Bed Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sofa Bed Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Seperti namanya, sofa bed merupakan sofa yang dapat digunakan sebagai tempat tidur. Untuk Anda yang memiliki ruangan yang tidak terlalu besar, sofa bed  yang dapat dilipat akan sangat berguna. Anda dapat menghemat ruangan dan menaruh barang lainnya.Kami akan memberikan tips cara memilih sofa bed yang berguna dan terbaik untuk Anda. Selain itu, melalui artikel ini kami akan merekomendasikan sofa bed model terbaru dari berbagai merek seperti IKEA dan Informa. Semoga Anda mendapatkan sofa bed yang bagus dengan harga yang cocok.
    Ruang tamu & keluarga
  • 10 Rekomendasi Meja TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Meja TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli meja TV. Meja TV yang baik haruslah sesuai dengan ukuran TV. Di pasaran, ada meja dengan panjang 1 meter, meja untuk TV 40 inci, 43 inci, hingga 65 inci. Anda juga perlu menyesuaikannya dengan jenis TV Anda, baik TV tabung maupun TV LED.Desain meja TV pun bervariasi, ada yang simpel, minimalis, dan modern. Material kayu atau kaca juga perlu dipertimbangkan. Kali ini, kami akan berbagi tips memilih serta mengulas merk meja TV, seperti IKEA, Olympic, dan Informa. Simak ulasannya, yuk!
    Ruang tamu & keluarga
  • 10 Rekomendasi Kursi Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kursi Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kursi lantai atau kursi lesehan tidak berkaki sehingga tak memakan banyak tempat ketika diletakkan di dalam ruangan. Kursi lantai tidak hanya digunakan sebagai alas duduk, tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai alas tidur. Selain itu, beberapa jenis kursi lantai juga mampu mencegah sakit punggung.Anda akan menemukan kursi lantai lipat, kursi lantai bulat, dan lainnya. Untuk membantu Anda menemukan kursi lantai, kami akan menjelaskan cara memilih kursi lantai terbaik. Setelah itu, kami akan merekomendasikan kursi lantai yang bagus dari merek INOAC, Bigwood Furniture, dan lainnya. Jadi, simak pembahasannya sampai tuntas, ya!
    Ruang tamu & keluarga
  • 10 Rekomendasi Meja Laptop Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Meja Laptop Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda sering menggunakan laptop di kasur, sofa, atau tempat tidak rata lainnya? Hal itu bisa berakibat tidak baik terhadap laptop, lho. Selain tidak nyaman, laptop juga bisa cepat rusak. Jadi, kami sarankan Anda untuk menggunakan meja laptop.Anda bisa memakai meja laptop lesehan dari kayu yang minimalis atau meja laptop lipat yang portable. Bahkan, ada pula meja laptop yang dilengkapi kipas pendingin. Di artikel ini, kami akan berbagi tips dan rekomendasi untuk Anda. Meja laptop IKEA, Informa, atau UP SPACE mungkin bisa jadi merek yang bagus untuk Anda pilih!
    Ruang tamu & keluarga
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori