• 10 Rekomendasi Sepatu Tenis Meja Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Tenis Meja Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Tenis Meja Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Tenis Meja Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Tenis Meja Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sepatu Tenis Meja Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)

Tenis meja atau pingpong adalah olahraga yang banyak digemari pria. Olahraga ini juga tidak membutuhkan persiapan yang merepotkan. Di setiap kantor atau kampus, meja pingpong cukup mudah ditemui. Tahukah Anda ternyata ada sepatu khusus olahraga tenis meja? Tidak semua sepatu indoor dapat digunakan untuk bermain tenis meja.


Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli sepatu tenis meja yang bagus. Di artikel kali ini, kami akan membahas cara memilihnya dan memberikan beberapa rekomendasi produk dari merek terbaik, seperti Asics, Mizuno, dan Butterfly. Temukanlah sepatu yang terbaik untuk Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih sepatu tenis meja untuk pria

Pertama, mari lihat cara memilih sepatu tenis meja yang cocok untuk Anda. Kami akan memberikan poin-poin penting yang dapat dipertimbangkan dalam memilih sepatu tenis meja.

Periksa kenyamanan sepatu saat dipakai

Faktor utama yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli sepatu tenis meja adalah kenyamanan. Ada beberapa hal yang memengaruhinya, seperti ukuran dan bantalan sepatu. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya.

Ukuran 1 cm lebih besar: Untuk ruang gerak yang lebih leluasa

Ukuran 1 cm lebih besar: Untuk ruang gerak yang lebih leluasa

Tenis meja adalah olahraga yang membutuhkan pergerakan dinamis. Oleh karena itu, sering kali seluruh berat badan bertumpu pada salah satu bagian kaki. Bila Anda memilih sepatu yang tidak mempunyai ruang gerak, jari kaki akan rentan cedera. Sebaiknya pilihlah sepatu yang lebih besar sekitar 1 cm dari ujung kaki Anda.


Selain itu, sepatu yang Anda pilih harus memiliki ruang ekstra di bagian punggung kaki. Bila Anda merasa pas saat sepatu dipakai secara normal, berarti sepatu tersebut terlalu sempit! Sebaliknya, bila terlalu banyak ruang, kaki menjadi tidak stabil dan dapat menyebabkan kaki bergesekan dengan sepatu. Jadi, pastikan memilih sepatu tidak hanya berdasarkan besar kaki, tetapi juga lebar dan tinggi punggung kaki.

Bantalan sepatu tinggi: Cocok untuk pemain pemula

Bantalan sepatu tinggi: Cocok untuk pemain pemula

Untuk pemain pemula, sepatu tenis meja dengan bantalan dalam tinggi sangat direkomendasikan. Olahraga tenis meja sangat membutuhkan ketangkasan sehingga sepatunya dirancang dengan bobot seringan mungkin. Namun, kuda-kuda kaki pemain pemula biasanya masih kurang kuat sehingga pemain akan merasa kelelahan di bagian kaki tiap selesai berlatih.


Sepatu berbantalan tinggi memungkinkan penggunanya tidak bergerak dengan cepat, tetapi membuat kaki dapat kuat bertahan. Sepatu jenis ini sempurna untuk pemain pemula yang kakinya masih belum kuat sehingga tidak terlalu kelelahan setelah berlatih tenis meja.


Di antara produsen sepatu yang terkenal, Asics adalah produsen sepatu tenis meja dengan bantalan sepatu yang tinggi. Simak selengkapnya di bagian rekomendasi produk, ya!

Bantalan rata dan stabil: Agar tidak goyah saat bermain

Baik pemain pemula maupun profesional membutuhkan sepatu tenis meja dengan bantalan yang rata dan stabil. Bantalan yang stabil mampu menopang tubuh sehingga tidak mudah goyah saat bermain tenis meja.


Satu hal yang perlu diingat bila Anda memilih sepatu berbantalan tinggi adalah sepatu menjadi terlalu empuk sehingga kurang stabil ketika digunakan. Maka dari itu, perhatikan kestabilan sepatu di setiap bagiannya, terutama pada bagian lengkungan telapak kaki. Pilihlah sepatu yang bantalannya rata sehingga tidak goyah saat Anda gunakan melompat!

Cek daya cengkeram bagian outsole sepatu

Cek daya cengkeram bagian outsole sepatu

Untuk menghasilkan angka dalam permainan tenis meja, Anda perlu bergerak cepat untuk memukul bola. Anda akan sering bergerak maju mundur, dari kiri ke kanan, lalu berhenti dalam posisi mengayunkan tangan. Sering kali arah bola yang datang tidak bisa diprediksi sehingga badan Anda tidak stabil ketika hendak memukul bola.


Agar dapat berhenti di tempat yang Anda inginkan, cengkeraman outsole sepatu sangat penting. Bila cengkeraman sepatu kuat, pijakan Anda di lantai juga akan menjadi sangat kuat sehingga Anda tidak mudah tergelincir


Setiap sepatu tenis meja pastinya memiliki daya cengkeram, tetapi memiliki level berbeda tergantung merek dan produsennya. Untuk pemain pemula yang tidak terlalu banyak bergerak, sepatu dengan daya cengkeram yang sama di setiap sisinya masih dapat digunakan. Namun, untuk pemain profesional, daya cengkeram outsole sepatu harus berbeda di setiap bagiannya.

Pertimbangkan sepatu yang ringan jika sudah mahir

Saat Anda mulai mahir, pilihlah sepatu tenis meja yang ringan dan ketika dikenakan serasa tidak menggunakan alas kaki. Siap untuk melihat sepatu tenis meja dengan kualitas yang lebih oke lagi? Yuk, simak penjelasan berikut!

Bobot sepatu ringan, cocok untuk permainan yang mengedepankan ketangkasan

Bobot sepatu ringan, cocok untuk permainan yang mengedepankan ketangkasan

Setiap pemain tenis meja selalu ingin berada di posisi 0,1 detik lebih cepat dari lawan mereka. Untuk pemain yang sudah mahir, mereka harus bersiap-siap untuk mencetak angka dengan ayunan yang cepat. Oleh karena itu, sepatu ringan sangatlah cocok untuk permainan tenis meja.


Makin tinggi kualitas sepatu, sekalipun memiliki fitur seperti sole rebound yang tinggi, makin ringan pula sepatu tersebut. Sebagai acuan keringanannya, panjang sepatu dalam milimeter sama dengan berat sepatu dalam gram. Jadi bila Anda memilih sepatu ukuran 260 mm, berat satu sepatu per kakinya harus 260 gr

Bahan dan sol yang lentur, agar makin mudah bergerak

Bisa saja sepatu cukup ringan dan terasa seperti tidak mengenakan alas kaki. Namun, jika sol dan badan sepatu terbuat dari bahan yang keras, tentu akan membuat Anda sulit untuk bergerak. Agar lebih mudah bergerak saat bermain tenis meja, penggunaan bahan empuk atau lentur pada bagian sol dan badan sepatu sangat direkomendasikan.

Sepatu dengan bantalan tebal, untuk menghindari cedera

Sepatu dengan bantalan tebal, untuk menghindari cedera

Saat kaki Anda terkilir atau sedang cedera ringan, untuk sementara mungkin Anda perlu menggunakan sepatu berbantalan tebal yang ringan. Bila Anda terbiasa menggunakan sepatu tanpa bantalan, Anda mungkin akan merasa tidak nyaman dengan tinggi dan stabilitas sepatu Anda. Namun, ini penting agar kaki tidak makin cedera.


Sepatu ringan memang lebih memudahkan pergerakan, sedangkan sepatu dengan bantalan tentu akan memperberat kaki Anda. Bisa saja justru membuat kaki Anda terkilir karena tidak terbiasa. Namun, apabila postur Anda benar, Anda tidak akan ada masalah dengan sepatu jenis ini. 


Oleh sebab itu, Anda perlu memperbaiki postur serta ayunan saat memukul. Ketika Anda sudah tidak cedera lagi, Anda dapat kembali mengenakan sepatu ringan tanpa bantalan.

10 Rekomendasi sepatu tenis meja terbaik untuk pria

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu tenis meja terbaik untuk pria yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
BahanUpper: double mesh ・Outsole: karet, EVA
FiturTidak ada keterangan
Ukuran36-42
Bobot sepatuTidak ada keterangan
9

XIOMFootwork 4

Mulai dari Rp 1.100.000,00

BahanUpper: double mesh
FiturOne-piece outsole, hexagon outsole, dynamic side-lacing
Ukuran37,5-45
Bobot sepatu290 gr
8
BahanUpper: microfiber artificial leather ・Midsole: EVA ・Outsole: rubber
FiturShock-absorbing cushioning compound (Mizuno VS-1)
Ukuran36-44
Bobot sepatuTidak ada keterangan
7
BahanUpper: PU leather, mesh ・Outsole: phylon
FiturMaxx Turn Protect Technology
Ukuran36-46
Bobot sepatuTidak ada keterangan
6

ButterflyLezoline Groovy Shoes

Mulai dari Rp 629.000,00

BahanKulit sintetis
FiturTidak ada keterangan
Ukuran36-44
Bobot sepatu265 gr
5

StigaLiner II Table Tennis Shoe

Mulai dari Rp 1.075.000,00

BahanUpper: polyester ・Insole: EVA
FiturTidak ada keterangan
Ukuran36-46
Bobot sepatu325 gr
4

JOOLALEGACY COURT Table Tennis Shoe

Mulai dari Rp 749.000,00

BahanTidak ada keterangan
FiturTidak ada keterangan
Ukuran36-46
Bobot sepatuTidak ada keterangan
3

ButterflyLezoline Rifones Shoes

Mulai dari Rp 2.000.000,00

BahanUpper: kulit sintetis, mesh
FiturTidak ada keterangan
Ukuran36-46
Bobot sepatu274 gr
2
BahanUpper: nylon mesh ・Midsole: EVA ・Outsole: karet
FiturTidak ada keterangan
Ukuran33-47
Bobot sepatuTidak ada keterangan
1
BahanUpper: kulit sintetis, mesh ・Midsole: TRUSSTIC™
FiturForefoot gel cushioning technology, Trusstic system technology
Ukuran40-48
Bobot sepatuTidak ada keterangan

Tabel perbandingan produk sepatu tenis meja terbaik untuk pria

Gambar produk
1
Asics Gel-Rocket 10 1

Asics

2
Donic Waldner Flex III 1

Donic

3
Butterfly Lezoline Rifones Shoes 1

Butterfly

4
JOOLA LEGACY COURT Table Tennis Shoe 1

JOOLA

5
Stiga Liner II Table Tennis Shoe 1

Stiga

6
Butterfly Lezoline Groovy Shoes 1

Butterfly

7
Tibhar Blizzard Speed 1

Tibhar

8
Mizuno Crossmatch Plio 1

Mizuno

9
XIOM Footwork 4 1

XIOM

10
Nittaku Win Act 1

Nittaku

Nama produk

Gel-Rocket 10

Waldner Flex III

Lezoline Rifones Shoes

LEGACY COURT Table Tennis Shoe

Liner II Table Tennis Shoe

Lezoline Groovy Shoes

Blizzard Speed

Crossmatch Plio

Footwork 4

Win Act

Keunggulan

Pas untuk pemula ataupun pemain profesional

Tampilkan performa terbaik dengan sepatu berkualitas premium

Pilihan pemain profesional, tentu teruji kualitasnya!

Nyaman di kualitas dan di kantong untuk pemula!

Heel stabil dan nyaman, aman dipakai meski sedang cedera ringan

Membuat Anda bisa bergerak lebih cepat!

Akselerasi cepat, pergelangan kaki tetap aman!

Teknologi VS-1nya cocok untuk pemain dengan jam terbang tinggi

Sepatu berbobot ringan dengan teknologi One-Piece Outsole

Tidak membuat kaki gerah untuk teman latihan sehari-hari

Harga mulai dariRp 899.000,00Rp 560.000,00Rp 2.000.000,00Rp 749.000,00Rp 1.075.000,00Rp 629.000,00Rp 900.000,00Rp 840.000,00Rp 1.100.000,00Rp 975.000,00
BahanUpper: kulit sintetis, mesh ・Midsole: TRUSSTIC™Upper: nylon mesh ・Midsole: EVA ・Outsole: karetUpper: kulit sintetis, meshTidak ada keteranganUpper: polyester ・Insole: EVAKulit sintetisUpper: PU leather, mesh ・Outsole: phylonUpper: microfiber artificial leather ・Midsole: EVA ・Outsole: rubberUpper: double meshUpper: double mesh ・Outsole: karet, EVA
FiturForefoot gel cushioning technology, Trusstic system technologyTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganMaxx Turn Protect TechnologyShock-absorbing cushioning compound (Mizuno VS-1)One-piece outsole, hexagon outsole, dynamic side-lacingTidak ada keterangan
Ukuran40-4833-4736-4636-4636-4636-4436-4636-4437,5-4536-42
Bobot sepatuTidak ada keteranganTidak ada keterangan274 grTidak ada keterangan325 gr265 grTidak ada keteranganTidak ada keterangan290 grTidak ada keterangan
Tautan produk

Kapan saatnya mengganti sepatu tenis meja?

Kapan saatnya mengganti sepatu tenis meja?

Ketika membeli sepatu baru, setiap bagian sol pastinya masih bagus dan cengkeramannya sempurna. Akan tetapi, makin sering latihan, makin cepat aus pula solnya. Maka itu, sepatu tenis meja adalah barang yang harus diganti secara berkala. Berikut ini beberapa kondisi yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum mengganti sepatu.


  • Ganti sepatu saat sol sepatu sudah licin atau aus. Sol sepatu yang sudah aus sangat berbahaya jika digunakan, terlebih saat berolahraga di dalam ruangan. Sol menjadi licin dan mudah membuat Anda terjatuh atau terpeleset. Jika Anda tidak segera menggantinya, potensi kaki Anda cedera pun makin tinggi.

  • Sepatu terlalu lentur. Sepatu olahraga termasuk sepatu tenis meja didesain khusus, tidak kaku dan tidak terlalu lentur. Hal tersebut untuk mendukung akselerasi gerakan Anda. Jika sepatu Anda terasa sudah terlalu lentur, Anda perlu waspada. Hal itu bisa membuat kaki Anda mudah terkilir dan tidak nyaman saat dipakai olahraga. Segera ganti dengan sepatu yang baru!

  • Kaki sering merasa nyeri dan tidak nyaman. Sepatu yang masih layak dipakai tentu akan nyaman pula di kaki Anda. Jika Anda merasa kaki sering nyeri, saatnya Anda mulai melirik sepatu-sepatu baru di marketplace kesayangan Anda!

Baca juga rekomendasi perlengkapan tenis meja lainnya di sini

Selain sepatu tenis meja, perlengkapan lainnya tentu dibutuhkan untuk mendukung permainan yang seru. Berikut kami sajikan ulasan perlengkapan olahraga tenis meja lainnya seperti net, bola, dan raket. Anda bisa melihatnya lebih jelas melalui tautan berikut.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami sudah merekomendasikan sepatu tenis meja kepada Anda. Anda bisa memilih sepatu berdasarkan adanya bantalan atau kelenturan sepatu. Namun, perhatikan juga bahan dan kualitas serta teknologi yang dibawa masing-masing produk sepatu tenis meja.


Tingkat kenyamanan tentu berbeda masing-masing produk. Jadi, Anda bisa mulai membandingkan produk yang ingin Anda kenakan. Jadi, silakan temukan sepatu tenis meja favorit Anda dan mulailah bermain tenis meja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Topi Baseball Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Topi baseball menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan fashion. Fungsinya bukan lagi sekadar pelindung dari sinar matahari, tetapi juga sebagai penunjang style. Topi baseball mampu menambah outlook dari pemakainya, baik untuk perempuan maupun laki-laki.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih topi baseball kepada Anda. Anda akan menemukan berbagai jenis topi baseball yang bagus, mulai dari merek branded hingga topi brand lokal. Salah satu merek topi baseball terkenal yang akan kami rekomendasikan adalah Ralph Lauren, Puma, dan EIGER. Penasaran dengan merek topi lainnya? Langsung scroll ke bawah, yuk!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bola Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bermain pingpong adalah salah satu opsi untuk mencari keringat atau berekreasi. Akan tetapi, Anda tentu membutuhkan bola pingpong yang bagus agar permainan berjalan sesuai ekspektasi. Ada yang cocok untuk main santai hingga serius. Manakah yang harus Anda pilih?Bola pingpong atau bola tenis meja terbuat dari bahan plastik. Namun, tergantung pada merek dan harga, karakteristiknya berbeda-beda. Karena itu, kami akan memandu Anda memilih bola pingpong terbaik. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk untuk Anda. Ada Nittaku, DHS, dan lainnya. Bila Anda hobi pingpong atau ingin berlatih, jangan lewatkan ulasannya, ya!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Akhir-akhir ini, wireless earphone menjadi barang yang populer. Salah satu alasannya adalah karena ringkas dan nyaman digunakan bahkan saat berlari. Saat hendak membelinya, bisa jadi Anda bingung memilih karena ada banyak pilihan earphone untuk olahraga. Salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan adalah kecocokan dengan bentuk telinga sehingga tidak mudah jatuh. Nah, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih earphone untuk olahraga serta merekomendasikan merek-merek populer, seperti Apple, JBL, dan ÉGGEL. Bacalah artikel berikut untuk mendapatkan produk terbaik. Selamat membaca!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Grip Raket Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Grip Raket Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Raket menjadi salah satu perlengkapan yang dibutuhkan dalam olahraga badminton dan tenis. Salah satu komponen raket yang harus mendapatkan perawatan adalah bagian grip. Jika grip raket sudah rusak dan tidak nyaman saat digenggam, sebaiknya Anda segera menggantinya. Namun, bagaimana cara memilih grip raket yang bagus? Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih grip raket, baik untuk pemain pemula maupun atlet profesional. Produk dari merek grip raket terbaik, seperti Li-Ning, Adidas, Yonex akan Anda jumpai dalam daftar rekomendasi kami. Jadi, silakan baca artikel ini sampai tuntas, ya!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Meja Pingpong Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pingpong atau tenis meja adalah olahraga lintas generasi yang bisa dimainkan secara serius ataupun fun. Selain bola, bet, dan net, elemen utama yang harus ada dalam permainan ini adalah meja pingpong. Kualitas meja pingpong yang bagus bisa menjadi jaminan keseruan permainan Anda. Merek meja pingpong, seperti DONIC, Powerspin, dan Cornilleau mungkin sudah pernah Anda dengar. Namun, bagaimana dengan merek lainnya? Di artikel ini kami akan memberikan tips membeli meja pingpong terbaik dan merekomendasikan produknya. Meja pingpong mini juga ada, lho!
    Olahraga lainnya
  • 10 Rekomendasi Knee Supporter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Knee Supporter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Knee supporter adalah alat yang sangat membantu jika Anda memiliki masalah atau ketidaknyamanan di bagian lutut. Jenisnya ada berbagai macam, ada yang untuk kebutuhan medis, olahraga, hingga untuk para manula. Ada berbagai macam merek knee supporter yang bagus, misalnya LP, Mueller, dan Aolikes. Namun, Anda harus mencari yang sesuai kebutuhan Anda agar efektivitasnya lebih baik.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih knee supporter untuk sakit lutut dan merekomendasikan sepuluh produk terbaiknya. Mari dapatkan knee supporter yang cocok sehingga kondisi lutut Anda lebih baik dan bisa beraktivitas dengan normal lagi!
    Olahraga lainnya
  • 10 Ankle Support Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Ankle Support Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2022)
    Ankle support atau deker pergelangan kaki sering digunakan saat pertandingan basket, muay thai, atau badminton. Fungsinya adalah memberikan perlindungan untuk pergelangan kaki, baik untuk mencegah maupun mempercepat penyembuhan cedera. Bahan dan jenisnya sangat beragam, mulai dari yang elastis hingga yang kaku.Kali ini kami akan memberikan tips memilih ankle support yang bagus dan sesuai kebutuhan Anda. Merk ankle support terkenal seperti LP Supports, Nike, dan adidas juga akan kami rekomendasikan untuk Anda. Ada tips dari injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT, juga, lho. Simak sampai habis, ya!
    Olahraga lainnya
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori