• 10 Merek Action Figure Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Merek Action Figure Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Merek Action Figure Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Merek Action Figure Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Merek Action Figure Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Merek Action Figure Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Action figure tidak hanya digemari anak-anak. Orang dewasa pun senang mengoleksinya. Sudah banyak dijual replika karakter dari anime populer, seperti Naruto, One Piece, Attack on TitanGundam, sampai Kimetsu no Yaiba. Merek yang memproduksinya pun cukup beragam, antara lain Bandai, Hasbro, dan Hot Toys. Tiap-tiap merek memiliki karakteristiknya masing-masing. Artikulasi, detail, ukuran, hingga aksesori produknya pun bisa berbeda-beda


Karena itu, kami akan memandu Anda memilih merek action figure yang bagus dan sesuai dengan selera Anda. Tak lupa, terdapat sepuluh rekomendasi merek terbaik, lengkap dengan ulasannya. Yuk, disimak bersama-sama!

  • Pembaharuan terakhir: 29 Oktober 2021
Daftar isi

Cara memilih merek action figure

Tiap merek action figure punya keunggulan masing-masing. Penting bagi Anda untuk mengetahui keunggulannya tersebut agar mendapatkan produk yang tepat. Berikut ini kami akan menjelaskan poinnya satu per satu untuk Anda. Mari kita mulai!

Pilih berdasarkan tipe replika yang Anda cari

Ada action figure yang dilengkapi titik artikulasi, ada juga yang tidak, misalnya figurine atau statue. Nah, tiap merek biasanya fokus pada tipe tertentu. Agar Anda mendapat produk terbaik dari suatu merek, kenalilah tipenya yang paling diunggulkan berikut ini.

Produk yang punya titik artikulasi membuat Anda fleksibel memvariasikan pose

Anda hobi mengubah-ubah pose action figure saat dipajang? Pilihlah yang dilengkapi titik artikulasi atau persendian. Beberapa merek terbaik yang menawarkan titik artikulasi adalah Bandai dan Kaiyodo. Salah satu cara untuk memastikan produknya punya titik artikulasi adalah mengenali lini dari tiap mereknya. Sebagai contoh, Anda bisa memilih lini S.H.Figuarts dari Bandai atau Revoltech dan Amazing Yamaguchi dari Kaiyodo.


Produk yang dilengkapi titik artikulasi biasanya menggunakan material PVC (polivinil klorida) dan ABS (akrilonitril butadiena stirena). Produknya lebih mudah dirawat, tetapi catnya rawan luntur. 


Jika Anda menginginkan yang terlihat lebih premium, pilihlah yang menggunakan material metal. Karakter yang terbuat dari baja akan terlihat lebih realistis. Comicave Studios dan Sentinel adalah contoh merek yang menggunakan bahan metal.


Perlu diketahui, titik artikulasi bisa mengorbankan detail. Pasalnya, bagian tersebut terlihat berbeda dari area lainnya. Anda ingin punya action figure yang posenya dapat diubah, tetapi detailnya tetap terjaga? Pilihlah produk dari Flame Toys atau threezero. Persendiannya bisa terlihat sangat minim atau bahkan tidak tampak sama sekali.

Figurine yang lebih detail cocok untuk kebutuhan fotografi

Tidak semua action figure dilengkapi titik artikulasi. Ada juga yang posenya sudah pasti. Tipe ini biasanya lebih dikenal dengan figurine atau statue. Meskipun tidak dilengkapi persendian, bukan berarti produknya kalah menarik dari yang bisa diubah posenya. Detail figurine menjadi lebih tinggi karena tidak menghadirkan titik artikulasi. Karena itu, Anda akan mendapatkan hasil terbaik saat produknya dijadikan objek fotografi.


Kerutan kain, efek bayangan, dan warna terlihat lebih detail pada figurine. Salah satu pembeda di antara produknya adalah bahan. Produk Kotobukiya dengan material PVC bisa dipilih jika Anda mencari yang mudah dirawat.


Sementara itu, material polystone membuat produknya terlihat mewah seperti statue. Namun, perawatannya lebih rumit dibandingkan yang berbahan PVC. Sideshow Collectibles banyak menggunakan material tersebut.

Pastikan ukuran dan jumlahnya sesuai dengan ruang yang tersedia

Sudah membeli action figure, tetapi tidak jadi dipajang karena ukurannya kurang pas? Rasanya menyebalkan, bukan? Jadi, pastikan Anda memeriksa ukurannya. Action figure umumnya berskala 1:12 atau setara dengan ukuran tinggi sekitar 15 cm. Beberapa merek yang terkenal dengan ukuran ini adalah Mattel dan Mezco Toyz.


Apabila Anda menginginkan action figure dengan ukuran yang lebih besar, pilihlah yang skalanya 1:6. Ukuran tinggi produknya bisa mencapai kurang lebih 30 cm. Square Enix dan Storm Collectibles banyak menghadirkan produknya. Mau yang ukurannya lebih besar lagi? Action figure berskala 1:4 dari NECA atau Diamond Select bisa dipilih!


Pilihlah action figure yang ukurannya lebih kecil jika Anda ingin mengoleksi, tetapi ruangan yang tersedia terbatas. Nendoroid dari Good Smile Company dan Mini Egg Attack dari Beast Kingdom hanya berukuran tinggi kurang lebih 10 cm saja. Jadi, Anda tidak memerlukan banyak ruang untuk memajang produknya secara berderetan.


Selain ukurannya, periksa juga jumlah action figure dalam satu setnya. Beberapa merek yang banyak membuat set action figure adalah Takara Tomy dan Hasbro. Lebih banyak action figure dalam satu set, tentu ruang yang akan Anda butuhkan pun lebih luas.

Periksa kelengkapan aksesorinya

Selain titik artikulasi, tampilan action figure dapat diubah dengan menggunakan aksesorinya. Aksesori bisa meliputi pelat wajah, tipe pergelangan tangan, senjata, efek, hingga pakaian. Sementara itu, aksesori yang paling standar adalah display stand untuk memajang action figure.


Perlu diketahui, tidak semua merek menyertakan banyak aksesori dalam produknya. Aksesori yang Anda dapatkan bisa saja hanya display stand. Jika Anda mencari action figure dengan banyak aksesori, pilihlah produk dari Medicom Toy atau Hot Toys.


Figurine umumnya tidak dilengkapi display stand karena sudah termasuk base untuk dapat membuatnya berdiri sendiri. Meskipun demikian, Anda masih bisa menemukan figurine dengan aksesori. Prime 1 Studio dan Iron Studios biasanya memberi pilihan ini.

Ketahui lisensi yang dimiliki tiap merek action figure

Tidak semua merek action figure memproduksi replika dari karakter yang Anda gemari. Hal tersebut tergantung pada lisensi yang dimiliki mereknya. Jika Anda menyukai anime, seperti Naruto dan One Piece, pilihlah merek yang berasal dari Jepang, misalnya Banpresto dan Megahouse. Kedua merek tersebut juga memproduksi replika karakter dari Attack on Titan, Gundam, hingga Kimetsu no Yaiba.


Sementara itu, replika karakter dari pop culture barat lebih mudah ditemui. Selain diproduksi merek asal Jepang, Anda juga bisa menemukan action figure Disney dan Marvel dari merek asal AS. Funko adalah salah satu contohnya. Bila Anda merupakan penggemar berat DC, produk dari Mcfarlane dapat dipilih.

10 Rekomendasi merek action figure terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh merek action figure terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
Lini utamaMuseum Masterline, Premium Masterline (statue)
LisensiAlien, DC, Jurassic Park, Jurassic World, Marvel, Transformers
9
Lini utamaFigZero, One-Sixth Scale Action Figure (action figure)
LisensiGame of Thrones, One-Punch Man, The Walking Dead, Transformers, Ultraman
8
Lini utamaARTFX, Bishoujo (figurine)
LisensiAttack on Titan, DC, Jujutsu Kaisen, Kimetsu no Yaiba, Marvel, Star Wars
7
Lini utamaNendoroid, Figma (action figure)
LisensiAttack on Titan, Haikyu!!, Hatsune Miku, Kimetsu no Yaiba, Marvel, My Hero Academia, Naruto, Re:Zero
6
Lini utama1/6th Scale Collectible Figure, Cosbaby (action figure, figurine)
LisensiDC, Marvel, Star Wars
5
Lini utamaIchibankuji, WCF (figurine)
LisensiDC, Disney, Dragon Ball, Gundam, Jujutsu Kaisen, Kimetsu no Yaiba, Marvel, Naruto, One Piece
4
Lini utamaMeta Collection, Monster Collection (figurine)
LisensiDisney, Minions, Pokémon, Transformers, Zoids
3
Lini utamaAction Figures, Large-Scale Figures (action figure)
LisensiAlien, Back to the Future, Godzilla, King Kong, Predator, TMNT
2
Lini utamaLegends Series, Studio Series, The Black Series (action figure)
LisensiG.I. Joe, Marvel, Power Rangers, Star Wars, Transformers
1
Lini utamaGunpla, S.H.Figuarts (model kit, action figure)
LisensiDC, Dragon Ball, Godzilla, Gundam, Kamen Rider, Marvel, Naruto, One Piece, Ultraman

Tabel perbandingan merek action figure terbaik

Gambar produk
1
Bandai 1

2
Hasbro 1

3
NECA 1

4
Takara Tomy 1

5
Banpresto 1

6
Hot Toys 1

7
Good Smile Company 1

8
Kotobukiya 1

9
threezero 1

10
Prime 1 Studio 1

Nama produk

Bandai

Hasbro

NECA

Takara Tomy

Banpresto

Hot Toys

Good Smile Company

Kotobukiya

threezero

Prime 1 Studio

Keunggulan

Produknya bervariasi dari yang low sampai high-end!

Menyediakan banyak karakter dalam satu lini, cocok untuk dikoleksi

Punya banyak replika karakter yang jarang diproduksi

Produknya lucu-lucu dan imut-imut

Lisensinya sangat beragam, ada action figure dari seri apa pun!

Action figure dengan detail seperti figurine

Merek andalan para pencinta anime

Detailnya apik untuk harganya yang bersahabat

Punya cara unik untuk menutupi titik artikulasinya!

Menawarkan patung-patung besar kelas premium

Lini utamaGunpla, S.H.Figuarts (model kit, action figure)Legends Series, Studio Series, The Black Series (action figure)Action Figures, Large-Scale Figures (action figure)Meta Collection, Monster Collection (figurine)Ichibankuji, WCF (figurine)1/6th Scale Collectible Figure, Cosbaby (action figure, figurine)Nendoroid, Figma (action figure)ARTFX, Bishoujo (figurine)FigZero, One-Sixth Scale Action Figure (action figure)Museum Masterline, Premium Masterline (statue)
LisensiDC, Dragon Ball, Godzilla, Gundam, Kamen Rider, Marvel, Naruto, One Piece, UltramanG.I. Joe, Marvel, Power Rangers, Star Wars, TransformersAlien, Back to the Future, Godzilla, King Kong, Predator, TMNTDisney, Minions, Pokémon, Transformers, ZoidsDC, Disney, Dragon Ball, Gundam, Jujutsu Kaisen, Kimetsu no Yaiba, Marvel, Naruto, One PieceDC, Marvel, Star WarsAttack on Titan, Haikyu!!, Hatsune Miku, Kimetsu no Yaiba, Marvel, My Hero Academia, Naruto, Re:ZeroAttack on Titan, DC, Jujutsu Kaisen, Kimetsu no Yaiba, Marvel, Star WarsGame of Thrones, One-Punch Man, The Walking Dead, Transformers, UltramanAlien, DC, Jurassic Park, Jurassic World, Marvel, Transformers
Tautan produk

Tips membersihkan action figure berdasarkan materialnya

Bahan action figure berbeda-beda. Alhasil, cara membersihkannya pun berbeda satu sama lain. Jika dibersihkan dengan benar, tampilan action figure Anda akan selalu maksimal dan enak dipandang. Berikut akan kami jelaskan selengkapnya untuk Anda!

Bersihkan rambut sintetis dengan sampo bayi atau pelembut pakaian

Beberapa action figure dilengkapi rambut sintetis. Rambut yang tidak terlalu kusut bisa dibersihkan dengan sampo bayi untuk meminimalkan paparan bahan kimia. Namun, bila rambutnya terlalu kusut, Anda bisa membersihkannya dengan pelembut pakaian


Penting untuk diingat, pelembut pakaian Anda membuat rambut sintetis menjadi lurus. Jika action figure berambut wavy atau keriting, Anda perlu menata ulang rambutnya agar kembali seperti semula.


Membilas rambut sintetis pun tidak bisa sembarangan. Air dingin adalah pilihan tepat untuk membilasnya. Hindari air panas karena dapat merusak rambut action figure. Ingat juga untuk mengeringkannya hingga maksimal. Namun, jika Anda hendak menyisirnya, sisirlah dalam kondisi setengah basah.

Gunakan detergen untuk membersihkan bahan kain

Aksesori berbahan kain pada action figure dapat Anda bersihkan dengan detergen. Anda bisa menggosoknya secara perlahan agar detail pada kain tersebut tidak rusak. Jika area yang perlu digosok terlalu kecil, Anda bisa menggosoknya menggunakan sikat gigi bekas. Menjemurnya hingga benar-benar kering juga disarankan. Dengan begitu, aksesori kainnya akan bebas dari jamur dan bau tak sedap.

Sabun cuci piring, opsi tepat untuk membersihkan bahan metal

Sabun cuci piring adalah pilihan terbaik untuk membersihkan komponen atau aksesori action figure yang berbahan metal. Tenang saja, kandungan bahan kimia sabun cuci piring tergolong rendah, kok! Dengan begitu, Anda tidak perlu takut lapisan cat pada metalnya terkelupas.


Bagaimana jika metalnya terlalu kotor? Anda bisa merendamnya selama maksimal 15 menit. Selanjutnya, lap bagian tersebut menggunakan tisu atau lap. Pastikan Anda mengeringkannya hingga sempurna, ya! Jika tidak, akan timbul karat pada bahan tersebut. 

Untuk bahan plastik, karet, dan sejenisnya, bersihkan dengan sabun cuci piring juga

Karet, plastik, dan sejenisnya sangat umum digunakan untuk membuat action figure. Sama seperti metal, material ini dapat Anda bersihkan dengan sabun cuci piring. Jika sabunnya bebas pelembap, Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan seluruh bagian action figure.


Gunakanlah cotton bud, sikat gigi bekas, atau kuas untuk membersihkan area yang sulit dijangkau. Pastikan Anda merendam action figure dalam air hangat bercampur sabun selama kurang lebih 20 menit. Dengan demikian, debu dan kotoran akan terlepas. Setelah itu, Anda bisa menggosoknya dengan pelan. Terakhir, lap hingga kering sempurna. Jangan keringkan dengan dijemur karena dapat merusak lapisan catnya. 

Baca juga rekomendasi mainan lainnya untuk hobi di sini

Kebanyakan action figure merupakan produk yang sudah siap dimainkan. Apakah Anda mencari tantangan? Pilihlah model kit Gundam yang perlu dirakit lebih dahulu. Di bawah ini kami sudah memiliki rekomendasi produknya untuk Anda. Silakan disimak, ya!

Kesimpulan

Sudah menemukan merek action figure yang cocok dengan selera Anda? Jangan terburu-buru dalam memilihnya. Artikulasi, detail, ukuran, dan aksesori produk dari merek lain bisa saja lebih ideal buat Anda.


Perlu diingat, merek lain belum tentu memiliki produk yang Anda cari. Lisensinya bisa berbeda-beda. Ada yang menawarkan replika dari anime seperti Bandai, ada juga yang punya banyak karakter Marvel seperti Hasbro. Mengoleksi produk dari merek action figure terbaik pastinya lebih seru!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Produk Tamiya 4WD Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Tamiya 4WD Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tamiya Mini 4WD memang tidak ada habisnya. Sejak awal dirilis pada tahun 1986, permainannya masih eksis sampai sekarang. Mainan ini memang menawarkan banyak pilihan. Produknya bisa dikoleksi atau dijadikan jagoan di track balap.Kami akan memandu Anda memilih Tamiya Mini 4WD, serta memberi rekomendasi produk terbaiknya. Produk yang kami rekomendasikan tentu merupakan Tamiya Mini 4WD original. Magnum Saber bisa Anda jadikan produk nostalgia. Untuk balap STB atau STCB, seri Mini 4WD PRO dapat diandalkan. Selain itu, perhatikan juga kombinasi chassis dan roda yang dibutuhkan. Yuk, kita mulai pembahasannya!
    Permainan
  • 10 Rekomendasi Permainan Kartu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Permainan Kartu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda sering berkumpul bersama teman atau keluarga besar? Terkadang, Anda pasti bingung saat harus menyusun acara kebersamaan, baik bersama teman maupun keluarga Anda. Sisipkan saja permainan kartu untuk mengisi kebersamaan dan membuat acara yang lebih seru.Kali ini, kami akan memberikan informasi seputar permainan kartu serta memberikan rekomendasi produknya kepada Anda. Berbagai macam dan jenis permainan kartu yang bagus, seperti UNO, Kuartet, Werewolf, dan Monopoly Deal juga akan kami ulas. Yuk, simak terus artikel ini.
    Permainan
  • 10 Rekomendasi Board Game Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Board Game Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Board game sudah terkenal di seluruh penjuru dunia, baik di kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Board game pun dapat dimainkan di kafe dan event tertentu. Saat ini, telah beredar berbagai jenis board game di Indonesia yang dapat dibeli secara online. Untuk itu, pada artikel ini kami akan memberikan tips tentang cara memilih board game. Tak lupa, kami sertakan beberapa rekomendasi board game terbaik yang bisa Anda mainkan dengan teman atau keluarga. Pilihlah board game yang tepat agar Anda dapat enjoy saat memainkannya.
    Permainan
  • 10 Rekomendasi Gasing Beyblade Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gasing Beyblade Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Beyblade sudah eksis sejak tahun 1999. Kemunculan Metal Saga dan Beyblade Burst pada 2015 membuat permainan ini kembali meledak. Beyblade adalah merek dagang milik Takara Tomy untuk mainan gasingnya. Namun, Hasbro juga mendapatkan lisensi untuk memproduksinya di Amerika Serikat.Untuk membantu Anda, kami akan memberikan tips memilih gasing Beyblade yang tepat, serta rekomendasi produk terbaiknya. Ada Beyblade Pegasus milik Gingka Hagane sampai Cho-Z Valkyrie Zenith Evolution keluaran seri Beyblade Burst Turbo. Beyblade yang original akan membantu Anda menjadi Blader terkuat. Jadi, simak artikel ini supaya Anda makin berkesempatan memenangkan duel!
    Permainan
  • 10 Rekomendasi MG Gundam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi MG Gundam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    MG Gundam keluaran Bandai adalah mainan populer dengan harga rata-rata mulai dari 400 ribu rupiah. Modelnya cukup lengkap, mulai dari Gundam versi awal sampai versi terbaru, semuanya ada. Sparepart-nya pun lebih beragam dibanding tipe HG (High Grade) Gundam. Tidak heran jika MG Gundam sangat populer bahkan sejak pertama kali dirilis.Belakangan ini, orang-orang yang menyukai Gundam terus bertambah. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun menyukai mainan ini untuk dijadikan koleksi. Karena itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi MG Gundam terbaik untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan cara memilihnya. Mari simak lebih jauh berikut ini!
    Permainan
  • 10 Rekomendasi Rubik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Rubik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mainan Rubik's Cube sebenarnya sudah lama beredar di Indonesia. Hanya saja, mainan ini baru booming mulai tahun 2008. Mainan sejenis puzzle yang dapat mengasah kemampuan otak ini banyak disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Variasi model yang beragam menambah asyiknya permainan.Rubik kini dapat dibeli hampir di seluruh toko mainan, baik yang offline maupun online. Ada beberapa produk ternama seperti Yong Jun, Rubik's, dan Mo Yu yang mungkin sering Anda dengar. Namun, untuk mengetahui lebih jelas mengenai Rubik, silakan simak artikel berikut ini. 
    Permainan
  • 10 Rekomendasi Nendoroid Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Nendoroid Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dengan desain yang lucu, Nendoroid tampil beda dari action figure lainnya. Merek dagang dari Good Smile Company ini sudah umum menjadi objek koleksi. Namun, produknya cukup sederhana untuk pemula sehingga bisa Anda gunakan sebagai hadiah untuk orang terkasih.Karakter dalam versi Nendoroid diambil dari berbagai manga dan anime seperti Haikyu!! hingga Naruto. Tidak hanya karakter dari kedua serial favorit tersebut, Anda bisa menemukan Nendoroid Rem, Tanjiro, Nezuko dan lainnya. Silakan baca artikel ini sampai tuntas agar Anda bisa mempercantik meja atau lemari pajangan dengan Nendoroid terbaik!
    Permainan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori