1. TOP
  2. >
  3. Peralatan kantor & alat tulis
  4. >
  5. Amplop & surat
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Amplop Lebaran Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Amplop Lebaran Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Amplop Lebaran Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Amplop Lebaran Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Amplop Lebaran Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Amplop Lebaran Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Amplop Lebaran Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Berbagi rezeki di hari raya memang menggembirakan. Anda bisa memberikan THR (tunjangan hari raya) menggunakan amplop bertema Lebaran agar penerimanya makin senang. Amplop Lebaran umumnya terbuat dari berbagai jenis kertas dan kain. Desain amplopnya ada yang lucu, elegan, dan bergambar karakter favorit anak.

Akan tetapi, banyaknya amplop Lebaran yang beredar barangkali akan membuat Anda bingung. Kami akan memaparkan cara memilih amplop Lebaran yang bagus. Merek amplop Lebaran terbaik dan populer seperti Capricorn Design, Raja Amplop, dan Doodle Art DWskellington ada dalam rekomendasi kami. Simak sampai habis artikel ini, ya!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Tradisi membagikan amplop lebaran

Tradisi membagikan amplop lebaran

Lebaran adalah hari raya yang selalu dinantikan umat Muslim. Di Indonesia, Lebaran disambut sukacita dengan berbagai kegiatan, seperti berkunjung ke sanak saudara untuk bermaaf-maafan. Dalam Lebaran ada tradisi membagikan amplop berisi uang yang dikenal sebagai salam tempel.


Amplop tersebut dibagikan oleh orang dewasa, terutama yang sudah bekerja, kepada orang yang lebih muda. Para penerimannya biasanya anak remaja atau anak-anak, tetapi tak jarang juga orang dewasa. Anak-anak akan menyambut Lebaran dengan riang gembira karena mereka akan kebagian banyak amplop Lebaran.

Cara memilih amplop Lebaran

Amplop Lebaran yang dijual di pasaran kini sudah sangat bervariasi. Ada yang berdesain lucu dan simpel, ada pula yang berukuran kecil dan besar. Agar Anda tidak salah membeli, di bawah ini telah kami paparkan tips-tips memilih amplop Lebaran.

① Sesuaikan desain dengan usia penerima

Pertama-tama, perhatikan usia penerima amplop Lebaran yang akan diberikan. Apakah penerima tersebut anak-anak, remaja, atau orang dewasa? Desain yang Anda pilih akan sangat bergantung pada usia mereka.

Desain lucu, menarik untuk anak-anak

Desain lucu, menarik untuk anak-anak

Anak-anak paling suka melihat sesuatu yang lucu dan berwarna cerah. Karena itu, kami sarankan untuk memilih desain dengan gambar yang imut, misalnya kartun yang mereka sukai.


Begitu juga dengan pemilihan warna. Anak-anak pasti tambah senang menerima uang dengan amplop yang berwarna-warni. Karena itu, pilihlah warna amplop yang cerah dan mencolok.

Desain sederhana, cocok untuk remaja dan dewasa

Desain sederhana, cocok untuk remaja dan dewasa

Selanjutnya, jika penerima termasuk usia remaja atau dewasa, lebih baik pilihlah amplop dengan desain yang sederhana atau elegan. Amplop bergambar simpel atau amplop satu warna cocok diberikan untuk anak remaja atau orang dewasa.

Selain itu, bagi Anda yang hendak memberikan THR untuk karyawan, desain amplop bertuliskan ucapan selamat Lebaran juga pas. Dengan begitu, amplop dapat berfungsi juga sebagai kartu ucapan.


Sebagian orang mungkin akan menganggap amplop bergambar terlalu kekanak-kanakan, sebagian lagi bisa saja tidak. Karena itu, sesuaikan juga dengan selera dan karakter masing-masing orang, ya.

② Tentukan bahan berdasarkan karakteristiknya

Sekarang ini, amplop tidak melulu terbuat dari kertas tipis berwarna putih atau cokelat. Kini tersedia amplop Lebaran kekinian berbahan kertas hias dan kain warna-warni di pasaran. Selengkapnya ada di penjelasan berikut ini.

Kertas: Range nuansa luas, dari sederhana sampai meriah

Kertas: Range nuansa luas, dari sederhana sampai meriah

Amplop berbahan kertas tidak akan terkesan biasa saja bila jenis, warna, dan tekstur kertasnya bervariasi. Art paper dan art carton merupakan jenis kertas yang sering kali menjadi bahan pembuat amplop hias seperti amplop Lebaran. Hal itu karena kedua jenis kertas tersebut memiliki beragam warna dan tekstur.

Bahan kertas sebaiknya dipilih bila Anda menginginkan varian amplop Lebaran dengan nuansa tema yang luas. Di pasaran, tersedia beragam desain amplop Lebaran berbahan kertas, mulai dari yang sederhana hingga yang meriah. Finishing amplop kertas pun lebih beragam seperti glossy dan doff.

Kain: Lebih tahan lama dan bisa digunakan berkali-kali

Kain: Lebih tahan lama dan bisa digunakan berkali-kali

Amplop berbahan kertas akan mudah sobek bila lembap atau basah, tetapi tidak dengan amplop berbahan kain. Karena itu, pilihlah amplop berbahan kain bila Anda menginginkan amplop Lebaran yang bertahan lama


Selain itu, amplop berbahan kain terkesan unik dan artsy. Amplop kain pemberian Anda pasti disimpan dan tidak berakhir di tempat sampah.


Saat ini, kain flanel dan kain spunbond banyak digunakan sebagai bahan pembuat amplop Lebaran. Kain flanel memiliki beragam warna dan tekstur yang halus sehingga nyaman disentuh.


Selain itu, kain flanel juga lembut sehingga lebih mudah dibentuk. Sementara itu, kain spunbond dikenal kuat, tahan air, dan ekonomis.

③ Pastikan ukuran dan bentuk amplop sesuai kebutuhan

Pastikan ukuran dan bentuk amplop sesuai kebutuhan

Seperti desainnya, ukuran amplop Lebaran yang dijual di pasaran juga beragam. Ukuran amplop yang beredar di pasaran adalah:


  • Kecil, biasanya berukuran lebar 7 cm x 10 cm. Anda harus melipat uang kertas sebanyak satu kali agar bisa dimasukkan ke dalam amplop tipe ini. Karena itu, amplop kecil mungkin lebih cocok untuk anak-anak atau remaja.

  • Besar, ukurannya mirip seperti amplop untuk surat biasa, yaitu sekitar 7 cm x 16 cm. Anda bisa memasukkan uang kertas tanpa dilipat ke dalam amplop ini. Karena memberi uang yang terlipat-lipat terkesan kurang sopan, Anda bisa memilih ukuran ini untuk orang dewasa.

Lalu, saat mendengar kata "amplop", apakah benda kecil berbentuk persegi yang terbayang dalam pikiran Anda? Umumnya, amplop memang berbentuk persegi. Namun, sekarang Anda dapat menemukan amplop Lebaran dalam beragam bentuk.


Ada amplop berbentuk nuansa kental Lebaran seperti ketupat dan masjid, sampai bentuk makanan kecil. Pilih saja sesuai kesan yang ingin Anda munculkan, ya!

④ Lebih baik memilih amplop yang tidak tembus pandang

Lebih baik memilih amplop yang tidak tembus pandang

Sebagian besar orang akan merasa malu bila nominal uang di dalam amplop bisa terlihat dari luar amplop. Untuk menghindari hal tersebut, pilihlah amplop yang tidak tembus pandang.


Amplop dengan kertas yang tebal dan tidak menerawang bisa Anda jadikan pilihan. Hindarilah amplop yang terbuat dari kertas HVS di bawah 80 gram karena cenderung tipis.


Akan tetapi, tenang saja, kini banyak produsen amplop yang memakai glossy paper dan art paper sebagai bahan pembuatan amplop. Glossy paper dan art paper tidak hanya berkilau, tetapi juga tebal, kuat, dan lebih tahan air dibanding HVS. Lebih mantap, kan?

⑤ Pertimbangkan amplop yang desainnya bisa di-custom

Pertimbangkan amplop yang desainnya bisa di-custom

Kini, amplop Lebaran tersedia dalam desain yang bisa di-custom. Anda bisa menambahkan nama atau foto Anda untuk dicetak di amplop tersebut.


Menambahkan foto keluarga menjadikan amplop terkesan lebih eksklusif dan terasa lebih personal. Penerima amplop juga pasti akan terkesan dan ingat pemberian Anda.

Pastikan Anda menyiapkan foto yang ingin Anda tampilkan dalam amplop. Setelah order via marketplace, Anda akan diminta mengirim file foto tersebut ke seller.


Biasanya membeli amplop dengan desain custom memerlukan beberapa hari pengerjaan sehingga Anda harus sedikit sabar menunggu. Anda bisa memesannya jauh-jauh hari sebelum hari raya tiba.

10 Rekomendasi amplop Lebaran terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk amplop Lebaran terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Raja Amplop

Amplop Lebaran Idul Fitri Besar Landscape

Raja Amplop Amplop Lebaran Idul Fitri Besar Landscape 1枚目

Ukurannya besar, tinggal masukkan tanpa repot melipat-lipat uangnya

2

I Am Cili

Amplop Lebaran

I Am Cili Amplop Lebaran 1枚目

Terbuat dari glossy paper tebal yang dilengkapi double tape sebagai penutup

3

Amplop Lebaran Custom Foto

 Amplop Lebaran Custom Foto 1枚目

Terasa lebih personal dan mudah diingat dengan amplop bergambar foto keluarga

4

Studio Main Mata

Amplop Lebaran Eksklusif

Studio Main Mata Amplop Lebaran Eksklusif 1枚目

Cetakan huruf gold-nya terasa mewah dan elegan

5

Doodle Art DWskellington

Amplop Lebaran 3D Karakter Lucu

Doodle Art DWskellington Amplop Lebaran 3D Karakter Lucu 1枚目

Unik dengan amplop 3D berkarakter lucu

6

Capricorn Design

Amplop Lebaran

Capricorn Design Amplop Lebaran 1枚目

Desain kekinian yang cocok juga buat millennials

7

Dompet Amplop Lebaran Bentuk Ketupat

 Dompet Amplop Lebaran Bentuk Ketupat 1枚目

Ada ritsletingnya, uang koin tidak akan mudah jatuh

8

Alea Craft

Amplop Lebaran Karakter Ice Cream

Alea Craft Amplop Lebaran Karakter Ice Cream 1枚目

Mirip es krim dengan warna-warna cerah yang menarik untuk anak-anak

9

Wellen Print

Angpao Idul Fitri Print Custom Nama

Wellen Print Angpao Idul Fitri Print Custom Nama 1枚目

Terkesan eksklusif dengan amplop bertuliskan nama Anda

10

Amplop Lebaran Motif Snack

 Amplop Lebaran Motif Snack 1枚目

Seru dengan pelesetan nama snack-snack populer

Perincian produk
Close
No.1

Raja AmplopAmplop Lebaran Idul Fitri Besar Landscape

Mulai dari Rp17.900,00

Ukurannya besar, tinggal masukkan tanpa repot melipat-lipat uangnya

Di tengah sibuknya persiapan hari Lebaran, melipat uang dan memasukkannya ke dalam amplop satu per satu pasti merepotkan. Agar lebih praktis, gunakan saja amplop ini!


Mulut amplop berada pada sisi horizontal amplop sehingga Anda lebih mudah memasukkan uang ke dalamnya. Amplop ini juga memiliki ukuran yang besar sehingga uang kertas seratus ribu rupiah bisa masuk tanpa dilipat.

No.2

I Am CiliAmplop Lebaran

Mulai dari Rp22.500,00

Terbuat dari glossy paper tebal yang dilengkapi double tape sebagai penutup

Amplop 100% produk lokal Indonesia ini bisa muat uang kertas seratus ribu rupiah tanpa dilipat. Produk ini terbuat dari bahan glossy paper yang tebal dan eksklusif dilengkapi dengan double tape untuk menutup amplop.


Satu pak amplop ini berisi sepuluh amplop yang memiliki model yang sama. Anda bisa membagikan THR dengan amplop ini baik ke anak-anak, remaja, maupun dewasa.

No.3

Terasa lebih personal dan mudah diingat dengan amplop bergambar foto keluarga

Anda pasti bosan dengan desain amplop yang itu-itu saja. Untuk itu, Anda bisa mencoba amplop yang bisa di-custom ini. Anda bebas menambahkan nama dan foto ke amplop ini.


Untuk pemesanannya, Anda bisa mengirim foto dan nama yang Anda inginkan melalui fitur chat seller. Dengan membagikan amplop dengan gambar foto keluarga Anda, pemberian Anda akan terasa personal dan mudah diingat penerima.

No.4

Studio Main MataAmplop Lebaran EksklusifPolos

Mulai dari Rp27.000,00

Cetakan huruf gold-nya terasa mewah dan elegan

Anda kesulitan mencari amplop Lebaran untuk orang dewasa? Produk ini adalah pilihan yang tepat. Lihat saja desainnya yang simpel dan tetap elegan. Pilihan modelnya pun ada banyak. Tenang saja, semua sama elegannya.


Amplop ini dicetak menggunakan hot stamping, yaitu metode pencetakan dengan memindahkan bahan logam atau foil ke objek. Hasilnya, tulisan terlihat timbul dengan warna emas yang sangat mewah. Pilih produk ini untuk memberi kesan elegan dalam pemberian Anda.

No.5

Doodle Art DWskellingtonAmplop Lebaran 3D Karakter Lucu

Mulai dari Rp7.600,00

Unik dengan amplop 3D berkarakter lucu

Ingin tampil beda dari yang lain? Anda bisa mencoba membagikan amplop Lebaran 3D ini. Di balik karakter bergambar yang lucu ini terdapat amplop hijau yang bisa menampung uang Anda.


Amplop ini didesain oleh Doodle Art DWSkellington yang beberapa kali diliput media. Gambar karakter berupa anak cewek berkerudung dan anak cowok berpeci ini pas dibagikan ke anak-anak karena lucu. Dengan membagikan amplop unik ini, anak-anak pasti akan kegirangan menerimanya.

No.6

Capricorn DesignAmplop LebaranAMPFB 156

Mulai dari Rp11.500,00

Desain kekinian yang cocok juga buat millennials

Memilih amplop untuk usia dewasa muda memang gampang-gampang susah. Desain yang bergambar, terlalu terkesan kekanak-kanakan. Sementara desain yang simpel, bisa terkesan tua dan serius.


Jika Anda kesulitan, amplop yang satu ini bisa jadi jawabannya. Amplop ini dihiasi dengan ilustrasi berwarna anggun dan kalem. Desainnya yang kekinian ini membuat produk ini cocok untuk diberikan kepada millennials maupun orang dewasa.

No.7

Dompet Amplop Lebaran Bentuk Ketupat

Mulai dari Rp4.500,00

Ada ritsletingnya, uang koin tidak akan mudah jatuh

Jika Anda ingin membagikan uang THR berupa koin, amplop ini sangat pas untuk Anda. Amplop bentuk ketupat ini mirip dengan dompet karena ada retsletingnya. Retsleting tersebut berguna untuk mencegah koin-koin yang ada di amplop jatuh atau keluar.


Amplop ini dibuat dari bahan printing PVC sponge leather kombinasi prada diamond yang menjadikannya awet. Selesai Lebaran, amplop ini masih bisa digunakan sehingga tidak akan berakhir di tempat sampah.

No.8

Alea CraftAmplop Lebaran Karakter Ice Cream

Mulai dari Rp2.300,00

Mirip es krim dengan warna-warna cerah yang menarik untuk anak-anak

Biasanya, orang akan lebih tertarik dengan apa yang ada di dalam amplop daripada amplopnya sendiri. Namun, coba dulu berikan amplop ini kepada anak Anda. Bentuknya mirip seperti es krim dengan warna-warna yang cerah sehingga anak-anak pasti akan suka.


Amplop ini terbuat dari kain flanel dengan pilihan warna yang cenderung cerah. Dirancang dengan konsep karakter berbentuk es krim, amplop ini cocok dibagikan ke anak-anak. Namun, amplop ini tergolong kecil sehingga Anda perlu melipat-lipat uang sebelum dimasukkan.

No.9

Wellen PrintAngpao Idul Fitri Print Custom Nama

Mulai dari Rp12.500,00

Terkesan eksklusif dengan amplop bertuliskan nama Anda

Kini, tak perlu repot-repot menuliskan nama Anda di amplop sebelum diberikan ke orang-orang. Anda bisa memilih amplop yang bisa di-custom nama ini. Amplop bertuliskan nama akan membuat pemberian Anda terkesan eksklusif.


Produk ini terbuat dari bahan matte paper yang cukup tebal dan tidak menerawang. Desainnya yang sederhana, tetapi tidak murahan membuat amplop ini cocok dibagikan ke orang dewasa.

No.10

Amplop Lebaran Motif Snack

Mulai dari Rp1.500,00

Seru dengan pelesetan nama snack-snack populer

Ingin membuat momen Lebaran terasa ramai dengan guyonan anak-anak? Anda bisa membagikan amplop motif snack ini. Pasalnya, amplop ini dirancang seperti bungkus snack yang namanya dipelesetkan.


Ada banyak produk snack populer yang dipelesetkan. Hal tersebut dapat membuat anak-anak terpingkal-pingkal membacanya. Jadikan momen Lebaran makin seru dengan amplop motif snack ini.

Buat amplop Lebaran sendiri, yuk!

Buat amplop Lebaran sendiri, yuk!

Beberapa hari sebelum Lebaran memang saat-saat yang paling menyibukkan. Namun, bila Anda memiliki waktu lebih, bagaimana kalau membuat sendiri amplop Lebaran Anda?


Selain bisa lebih hemat, Anda juga bebas berkreasi dengan motif dan bentuk yang Anda suka. Anda bisa menggunakan kertas kado atau kertas origami untuk membuatnya.


Cara paling mudah dan hemat waktu adalah dengan mencetak pola amplop dengan printer. Carilah pola amplop Lebaran siap potong seperti foto di atas di internet.


Desainnya juga beragam dan sebagian bisa diunduh secara gratis, lho. Setelah menemukan yang cocok, tinggal print, gunting, lalu lem sisinya. Gampang sekali, kan?

Baca juga rekomendasi produk hadiah di sini

Selain THR, mungkin Anda ingin juga membelikan hadiah lain untuk orang tersayang. Tidak usah mencari jauh-jauh, kami punya beberapa rekomendasinya di bawah ini. Rekomendasi dari kami bisa Anda jadikan ide untuk kado yang cocok!

Kesimpulan

Setelah melihat produk-produk amplop Lebaran pilihan kami, Anda pasti sudah menemukan amplop Lebaran terbaik. Dengan amplop bertema Lebaran yang lucu dan kreatif, tentunya penerima akan makin gembira. Hal tersebut juga menunjukkan niat dan ketulusan Anda dalam berbagi.

Jangan lupa untuk menyesuaikan desain amplop dengan usia dan karakter penerima. Hal tersebut dilakukan agar pemberian Anda makin berkesan. Semoga hari Lebaran Anda dengan keluarga dan kerabat dipenuhi kehangatan dan kebahagiaan.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer