1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Peralatan makan & minum
  4. 10 Rekomendasi Centong Nasi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Centong Nasi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Centong Nasi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Centong Nasi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Centong Nasi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Centong Nasi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Centong Nasi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Centong nasi atau sendok nasi merupakan item penting untuk menyajikan nasi. Berkat benda yang bisa dikatakan sederhana ini, penyajian nasi sehari-hari Anda menjadi lebih mudah dan cepat. Bahkan, ada juga centong nasi yang memiliki fungsi tambahan.

 
Banyaknya produk sendok nasi di online shop tentu tak jarang membuat Anda bingung dalam memilih produk yang tepat. Jangan khawatir, kali ini kami akan membagikan tips memilih centong nasi yang bagus. Kami juga merekomendasikan produk dari beragam merek, seperti Pamosroom, Tupperware, dan Freemir. Silakan simak artikel ini sampai selesai dan temukan produk favorit Anda! 

Diperbaharui 04-05-2022
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih centong nasi

Agar Anda dapat menentukan centong nasi yang sesuai dengan kebutuhan, ada beberapa poin yang penting diperhatikan. Berikut kami sajikan uraian poin-poin yang dimaksud, spesial untuk Anda! 

① Periksa bahan centong nasi

Periksa bahan centong nasi

Bahan yang digunakan untuk centong nasi saat ini umumnya ada enam jenis. Pilihlah sendok nasi dengan bahan yang cocok untuk kebutuhan penyajian nasi Anda. Berikut ulasan ringkas tentang keenam bahan centong nasi yang sering dijumpai di pasaran.


  • Plastik

Sebagian besar centong nasi terbuat dari bahan plastik. Plastik yang digunakan adalah plastik food grade yang tahan panas dan aman untuk makanan. Kelebihan sendok nasi plastik adalah ringan, tahan air, dan terjangkau harganya. Sifat plastik yang mudah dibersihkan pun membuat centong nasi plastik digemari banyak orang. Yang lebih penting lagi, centong nasi plastik tidak merusak lapisan antilengket pada panci rice cooker.


  • Kayu

Di antara bahan-bahan centong nasi lainnya, kayu merupakan bahan sendok nasi yang paling ramah lingkungan. Jenis kayu yang sering dijadikan bahan sendok nasi adalah kayu mahoni dan pinus. Selain ringan dan mudah diolah karena seratnya yang halus, keduanya memiliki serat yang cantik natural. Keunggulan lain centong nasi kayu adalah dapat menyerap kelembapan berlebih pada nasi, serta tidak mengubah rasa nasi yang disajikan.

 
  • Melamin

Melamin adalah sebutan untuk senyawa organik yang terbuat dari polimer sintetis, formaldehida, dan urea. Bahan ini merupakan turunan dari plastik. Sebagai perabot rumah tangga, melamin memiliki retensi yang baik terhadap minyak, serta tidak mudah pecah


Namun, saat Anda menggunakan centong nasi melamin dan alat makan melamin, ingatlah untuk menghindarkannya dari suhu panas. Tujuannya adalah agar kandungan tidak melamin memuai dan menyebar pada makanan.

 

  • Stainless steel

Sesuai namanya, stainless steel memiliki sifat tahan karat dan tahan korosi. Bahan ini juga nyaris tahan panas sehingga sering dijadikan sebagai material centong nasi. Centong nasi stainless steel  pun memiliki tampilan yang mengilap dan bentukan yang kokoh. 


Meski begitu, centong nasi stainless steel sebaiknya tidak digunakan untuk mengaduk dan mengambil nasi di rice cooker. Alasannya, bahan ini termasuk logam yang dapat merusak lapisan antilengket pada penanak nasi.

 

  • Wheat straw (jerami gandum)

Bahan ini terbuat dari serat jerami gandum sehingga aman digunakan, serta aman bagi lingkungan. Meskipun sama seperti plastik yang ringan dan tahan lama, wheat straw sama sekali tidak dibuat dari bahan bakar fosil. Bahan ini juga sepenuhnya bisa terurai dan dilebur kembali menjadi produk baru lainnya. Berkat keunggulan bioplastik satu ini, centong nasi wheat straw kini makin diminati.

 
  • Silikon

Sebagai bahan yang terbuat dari campuran antara karet sintetis dan polimer plastik sintetis, silikon memiliki fleksibilitas yang bagus. Dibandingkan plastik, bahan silikon jauh lebih tahan suhu dan tahan lama. Silikon juga hadir dengan beragam warna yang cerah. Karena itu, centong nasi silikon diproduksi oleh makin banyak produsen sekarang. 

② Pilih berdasarkan jenisnya

Setelah mengetahui ragam bahan yang digunakan, poin cara memilih centong nasi selanjutnya adalah memilih berdasarkan jenis atau modelnya. Terdapat dua jenis centong nasi di pasaran yaitu yang biasa dan yang bisa berdiri (2-way). 

Biasa (standar), lebih simpel dan everlasting

Centong nasi biasa atau standar merupakan model pertama yang paling mudah ditemukan. Begitu Anda mendengar kata centong nasi, model inilah yang tentu akan langsung Anda bayangkan. Model ini paling simpel dan sudah memenuhi fungsi basic centong nasi, yaitu untuk mengambil dan mengaduk nasi. 


Selain populer, sendok nasi model ini juga tak lekang oleh zaman sehingga cocok digunakan kapan pun dan di mana pun. Centong nasi ini juga tersedia dalam semua bahan. Jadi, Anda tak akan kehabisan pilihan. 

Bisa berdiri (2-way), praktis dan lebih higienis

Selain menghemat ruang penyimpanan, centong nasi yang bisa berdiri akan menghemat waktu Anda dalam melakukan pekerjaan rumah tangga. Centong nasi jenis ini bisa langsung Anda letakkan di meja atau samping penanak nasi sehingga lebih praktis. Saat Anda hendak menyajikan nasi, Anda tak perlu mencari ke tempat penyimpanan lagi.


Karena lebih praktis, centong nasi jenis ini cocok untuk anak kecil yang ingin ikut membantu menyajikan makanan. Selain itu, dengan ujung cekung yang tidak menyentuh permukaan meja, centong nasi 2-way lebih higienis untuk mengambil nasi. Anda bisa memilih centong nasi dengan penopang berdiri yang stabil untuk meminimalkan produknya oleng

③ Cek keunggulan yang ditawarkan

Jika kurang mencermati keunggulan centong nasi yang Anda beli, Anda mungkin akan kecewa karena ternyata fungsinya tak sesuai kebutuhan. Oleh sebab itu, penting untuk mencari tahu keunggulan produk yang Anda kehendaki. Keunggulan tersebut antara lain adalah fitur antilengket dan ketahanan panas yang ditawarkan.

Pilih centong nasi dengan fitur antilengket

Pilih centong nasi dengan fitur antilengket

Saat menyajikan nasi, Anda tentu tak ingin ada banyak nasi menempel pada centong nasi. Selain terlihat tidak bersih, nasi yang menempel akan mubazir. Oleh karena itu, pilihlah sendok nasi yang tidak mudah lengket dengan nasi.

 
Salah satu fitur yang membuat nasi tidak mudah lengket adalah adanya tekstur timbul pada permukaan centong nasi. Bentuk dan pola tekstur timbul ini pun bisa bervariasi. Untuk mengetahui ada atau tidaknya fitur tersebut, Anda bisa memperhatikan foto produk saat membeli secara daring. Anda juga bisa menanyakannya kepada penjual kalau Anda masih ragu.


Lapisan centong nasi yang sudah terkelupas pun dapat menjadi penyebab nasi mudah menempel. Jika demikian, sudah waktunya bagi Anda untuk membeli centong nasi yang baru. Apabila Anda memakai centong nasi kayu, Anda perlu membasahinya terlebih dahulu sebelum digunakan. Dengan begitu, nasi tidak akan mudah menempel pada sendok nasi.

Periksa ketahanan panas centong nasi

Periksa ketahanan panas centong nasi

Jika Anda juga memakai centong nasi untuk memasak, ada baiknya Anda mengecek ketahanan panas produk tersebut. Centong nasi plastik yang tahan panas hingga 100°C sudah cukup untuk mengaduk sup. Centong nasi dengan ketahanan panas sampai 200°C dapat dimasukkan ke microwave. Sayangnya, tidak semua produsen mencantumkan detail batas ketahanan panas pada produk centong nasi keluarannya.

 
Produk dengan ketahanan panas yang tinggi dapat dicuci dengan temperatur yang tinggi pula. Selain itu, Anda perlu memeriksa apakah produknya dapat dicuci dengan dishwasher atau tidak. Jika iya, Anda bisa menghemat waktu untuk mencuci.

④ Utamakan yang bentuknya ergonomis

Poin yang tak kalah penting untuk Anda cermati saat membeli centong nasi adalah memastikan bentuknya cukup ergonomis. Anda dapat menilainya dari bentuk cekung dan pegangan centong nasi. 

Periksa bentuk cekungnya dan sesuaikan dengan penggunaan

Periksa bentuk cekungnya dan sesuaikan dengan penggunaan

Bentuk ujung cekung centong nasi pada umumnya adalah oval. Akan tetapi, ujung cekung berbentuk oval ini memiliki ukuran lebar permukaan yang berbeda. Kelebaran ini akan memengaruhi jumlah nasi yang diambil untuk disajikan. Pilihlah sendok nasi yang kelebarannya sesuai dengan tujuan penggunaan Anda.

Sendok dengan permukaan ujung cekung yang lebar dapat mengambil lebih banyak nasi dalam sekali waktu. Tipe ini cocok digunakan saat menghidangkan nasi untuk keluarga besar. Ada pula sendok dengan ujung cekung yang sempit sehingga Anda lebih mudah menyesuaikan jumlah nasi yang diambil. Sendok tipe ini cocok untuk menyiapkan bekal makan siang.

Anda juga perlu memperhatikan kedalaman lekukan centong nasi. Anda bisa mengambil lebih banyak nasi dengan ujung cekung yang lebih dalam. Anda bahkan bisa menggunakannya untuk mengambil tumisan dan sup. Jika Anda ingin memakainya untuk memasak, pilihlah centong yang lebih datar dengan ujung miring. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengambil masakan dari wajan atau panci.

Perhatikan bentuk pegangannya

Perhatikan bentuk pegangannya

Selain kestabilan, kemudahan untuk membawa atau memegang centong nasi juga perlu Anda perhatikan. Hindari sendok nasi dengan pegangan yang terlalu ramping, terlalu tebal, ataupun bersudut. Carilah sendok nasi berdiri yang nyaman dipegang. Cobalah untuk memegang produk tersebut jika Anda membelinya langsung di toko.


Selanjutnya, Anda pun perlu memperhatikan gagang centong nasi. Jika ada lubang pada ujung atas pegangan, hal itu akan cukup membantu. Anda dapat menggantung centong nasi saat tidak digunakan agar lebih rapi dan tidak makan tempat.

10 Rekomendasi produk centong nasi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk centong nasi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Freemir

Freemir Centong Sendok Nasi

Freemir Freemir Centong Sendok Nasi 1枚目

Hadir dengan fitur antilengket dan pegangan ergonomis yang nyaman

2

Dejavu

Sendok Nasi Tutup Otomatis Antilengket

Dejavu  Sendok Nasi Tutup Otomatis Antilengket  1枚目

Dilengkapi tutup otomatis, katakan tidak pada debu dan lalat!

3

Vintage Story

Shabby Centong Nasi

Vintage Story Shabby Centong Nasi 1枚目

Cocok dijadikan suvenir pernikahan!

4

PËRO

Centong Pinus

PËRO Centong Pinus 1枚目

Senantiasa menjaga cita rasa nasi tetap lezat

5

Tupperware

Standing Rice Spoon

Tupperware Standing Rice Spoon 1枚目

Centong nasi Tupperware yang praktis dan higienis!

6

Usaha Sukses Sentosa

USS Wheat Squirrel Rice Spoon

 Usaha Sukses Sentosa USS Wheat Squirrel Rice Spoon 1枚目

Terbuat dari bahan wheat straw yang aman digunakan

7

Multiraya Indah Abadi

Sendok Nasi Hoover Melamine

Multiraya Indah Abadi Sendok Nasi Hoover Melamine 1枚目

Centong nasi tahan banting yang recommended untuk dimiliki

8

Pamos Jaya Mandiri

Pamosroom Centong Nasi Silikon

Pamos Jaya Mandiri Pamosroom Centong Nasi Silikon 1枚目

Tahan panas dan aman dicuci dengan mesin cuci piring

9

Andara Home

Sendok Nasi Karakter Ikan

Andara Home Sendok Nasi Karakter Ikan 1枚目

Desain imut berbentuk ikan yang cocok digunakan anak-anak

10

BMW Kitchen Ware

Centong Tornado

BMW Kitchen Ware Centong Tornado 1枚目

Bisa digunakan untuk sendok es batu juga

Perincian produk
Close
No.1

FreemirFreemir Centong Sendok Nasi

Mulai dari Rp20.300,00

Hadir dengan fitur antilengket dan pegangan ergonomis yang nyaman

Selain mempunyai fitur antilengket, produk Freemir ini juga memiliki pegangan yang tebal sehingga nyaman digunakan. Produk ini pun memiliki bagian cekung cukup lebar, yaitu 7,2 cm, sehingga pas untuk mengambil nasi dalam jumlah banyak. 


Berkenaan dengan kualitas centong nasi Freemir, Anda tak perlu merisaukannya. Berdasarkan review produk Freemir di marketplace, produk ini mendapatkan banyak ulasan positif dari pelanggan. Wah, bikin makin tertarik untuk membelinya!

No.2

Dejavu Sendok Nasi Tutup Otomatis Antilengket HLS303

Mulai dari Rp22.500,00

Dilengkapi tutup otomatis, katakan tidak pada debu dan lalat!

Dengan bahan plastik PP yang tahan suhu tinggi, sendok nasi ini layak Anda pertimbangkan. Centong nasi plastik ini juga dilengkapi dengan tutup yang dapat dibuka dan ditutup secara otomatis. Nah, hal itu menjadikan produk ini lebih bebas debu dan lalat. Anda juga bisa menggantung produk ini di dinding berkat adanya lubang di bagian gagangnya. Benar-benar paket lengkap, ya! 

No.3

Vintage StoryShabby Centong Nasi

Mulai dari Rp5.000,00

Cocok dijadikan suvenir pernikahan!

Jika Anda bingung menentukan suvenir untuk acara pernikahan, centong nasi dari Vintage Story ini cocok Anda jadikan pilihan. Tidak hanya akan menjadi sekadar kenang-kenangan, suvenir berupa centong nasi juga pasti berguna, bukan? Selain warna-warnanya yang manis dan tidak norak, harga sendok nasi ini juga ramah di kantong, lho. 

No.4

Senantiasa menjaga cita rasa nasi tetap lezat

Bagi Anda yang sedang menjalani gaya hidup dengan konsep green living, centong nasi kayu adalah sebuah keharusan. Selain ramah lingkungan, produk ini juga senantiasa bisa menjaga kualitas dan cita rasa nasi yang Anda sajikan. Dengan bahan kayu pinus pilihan, produk ini memiliki bobot ringan dan menampilkan kesan klasik yang natural. 

No.5

TupperwareStanding Rice Spoon

Mulai dari Rp17.000,00

Centong nasi Tupperware yang praktis dan higienis!

Produk ini kami rekomendasikan bagi Anda yang sedang mencari centong nasi dari merek tepercaya. Diproduksi oleh Tupperware, produsen peralatan rumah tangga yang populer di dunia, kualitas centong nasi ini tak perlu diragukan lagi.


Selain terbuat dari bahan plastik berkualitas, centong nasi Tupperware ini memiliki desain yang inovatif. Di bagian belakang dekat ujung cekungnya dilengkapi dengan kaki kecil. Dengan begitu, bagian cekungnya akan tetap bersih untuk mengambil nasi walaupun produk ini diletakkan dalam posisi tidur. 

No.6

Usaha Sukses SentosaUSS Wheat Squirrel Rice Spoon

Mulai dari Rp24.500,00

Terbuat dari bahan wheat straw yang aman digunakan

Centong nasi yang unik, lucu, dan ramah lingkungan bisa Anda dapatkan dengan membeli produk ini. Karena terbuat dari wheat straw, produk ini terjamin aman. Selain itu, sendok nasi berbentuk tupai ini bisa ditegakkan secara horizontal dengan bersandar pada kaki-kakinya. Lebih higienis, bukan?


Produk ini juga pas untuk Anda yang membutuhkan centong untuk menyajikan nasi porsi kecil dalam sekali ambil. Alasannya, ukuran centong nasi ini hanya 21 cm × 7 cm × 6 cm.

No.7

Multiraya Indah AbadiSendok Nasi Hoover Melamine4102

Mulai dari Rp16.184,00

Centong nasi tahan banting yang recommended untuk dimiliki

Apabila Anda sedang mencari centong nasi yang tahan lama selain plastik, produk ini bisa Anda pilih. Selain lebih halus dan mengilap daripada plastik, centong nasi melamin ini pas untuk Anda yang memiliki anak kecil. 


Hal itu disebabkan karakteristik melamin yang tidak mudah pecah saat terjatuh ataupun dibanting. Namun, meskipun produk ini tahan panas hingga 120 °C, Anda sebaiknya tidak sering menggunakannya untuk menyajikan nasi panas.

No.8

Pamos Jaya MandiriPamosroom Centong Nasi Silikon

Mulai dari Rp86.000,00

Tahan panas dan aman dicuci dengan mesin cuci piring

Bagi Anda yang mempunyai usaha rumah makan, bahkan hotel, centong nasi silikon ini cocok untuk Anda. Selain awet, produk ini tahan panas sampai suhu 240°C sehingga aman saat dipakai untuk mengambil makanan dari microwave. Produk ini juga bisa disimpan di kulkas dan dicuci dengan dishwasher, lho. Wah, sangat efisien digunakan saat restoran sedang banyak pelanggan!

No.9

Andara HomeSendok Nasi Karakter Ikan

Mulai dari Rp22.900,00

Desain imut berbentuk ikan yang cocok digunakan anak-anak

Centong nasi yang satu ini pas untuk Anda yang sedang mengajari anak cara menyajikan nasi. Dengan desain karakter ikan yang imut dan menarik, anak tentu akan makin semangat membantu Anda menyajikan nasi. Sementara itu, modelnya yang bisa berdiri menjadikan centong nasi plastik ini cocok untuk Anda yang mengutamakan kepraktisan dan kehigienisan. 

No.10

BMW Kitchen WareCentong Tornado

Mulai dari Rp22.000,00

Bisa digunakan untuk sendok es batu juga

Anda sedang mencari centong nasi yang tebal dan bisa digunakan untuk fungsi lainnya juga? Jika begitu, centong nasi stainless steel ini dapat Anda jadikan pilihan. Anda bisa memanfaatkannya sebagai sendok es batu ataupun sendok sayur. 


Warnanya yang mengilap membuat sendok nasi stainless steel ini menampilkan kesan mewah. Karena itu, Anda bisa mengandalkan produk ini sebagai alat menyajikan nasi dan makanan lainnya pada acara pesta ataupun hajatan.

Baca juga rekomendasi sendok-sendok lainnya di sini!

Selain centong atau sendok nasi, Anda tentunya juga membutuhkan sendok-sendok lainnya, seperti sendok kopi, sendok bayi, dan sendok garpu. Anda tak perlu bingung memilih karena kami sudah mengulas cara memilih dan rekomendasi berbagai sendok tersebut untuk Anda. Simak baik-baik dan temukan produk sendok yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Kesimpulan

Setelah membaca tips memilih dan rekomendasi centong nasi di atas, apakah Anda telah memutuskan produk yang akan dibeli? Pilihan centong nasi yang tepat tentunya akan makin memudahkan Anda dalam menyajikan nasi atau makanan lainnya.


Sebagai alat yang digunakan setiap hari, pastikan centong nasi yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Selamat memilih!

5 Rekomendasi Centong Nasi terbaik

No. 1FreemirFreemir Centong Sendok Nasi

No. 2Dejavu Sendok Nasi Tutup Otomatis Antilengket HLS303

No. 3Vintage StoryShabby Centong Nasi

No. 4PËROCentong Pinus

No. 5TupperwareStanding Rice Spoon

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer