• 10 Suplemen Vitamin B Kompleks Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Suplemen Vitamin B Kompleks Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Suplemen Vitamin B Kompleks Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Suplemen Vitamin B Kompleks Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Suplemen Vitamin B Kompleks Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Suplemen Vitamin B Kompleks Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)

Vitamin B kompleks memainkan beragam peran yang penting bagi tubuh. Namun, beberapa orang berisiko mengalami kekurangan kelompok vitamin tersebut. Konsumsi suplemen vitamin B kompleks pun bisa dipertimbangkan pada kasus seperti ini. Nah, suplemen vitamin B kompleks seperti apa yang bagus untuk Anda? 


Kali ini, kami akan mengulas cara memilih suplemen vitamin B kompleks agar Anda tak salah beli. Kami juga akan memberikan review produk dari berbagai merek, seperti IPI, Blackmores, dan Berocca. Untuk membantu Anda, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya pada artikel ini.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Mochammad Rizal
  • Pembaharuan terakhir: 29 Desember 2021
Daftar isi

Profil pakar: Nutritionist, Mochammad Rizal

Profil pakar: Nutritionist, Mochammad Rizal

Mochammad Rizal adalah ahli gizi yang memiliki minat dalam bidang gizi olahraga, kebugaran, serta pencegahan dan penanganan obesitas. Rizal aktif mengedukasi masyarakat terkait diet dan gizi melalui media sosial, seminar, buku, dan media lainnya. Dalam hal keorganisasian, Rizal merupakan pengurus Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA), yaitu organisasi profesi gizi dalam bidang olahraga dan kebugaran.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih suplemen vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks membantu memelihara tubuh tetap sehat dan bugar. Agar Anda tak salah beli, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih suplemen vitamin B kompleks. Mari simak ulasannya.

Ketahui fungsi dan manfaat tiap-tiap vitamin B

Kelompok vitamin B kompleks terdiri atas delapan jenis vitamin B. Setiap vitamin B memiliki fungsi irisan maupun spesifik yang krusial bagi tubuh. Sebelum membeli suplemen vitamin B kompleks, mari ketahui dahulu fungsi tiap-tiap vitamin B-nya.

Vitamin B1: Mendukung metabolisme karbohidrat dan memulihkan tenaga

Vitamin B1: Mendukung metabolisme karbohidrat dan memulihkan tenaga

Salah satu fungsi vitamin B1 (tiamina) adalah membantu proses metabolisme karbohidrat dalam tubuh. Karena berperan penting dalam perubahan karbohidrat menjadi energi, vitamin B1 efektif dalam mengembalikan tenaga. 


Fungsi lain vitamin B1 adalah menjaga fungsi saraf. Dilansir dari WebMD, asupan vitamin B1 yang cukup dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Vitamin B1 juga dipercaya bermanfaat untuk program diet.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Vitamin B1 atau yang sering disebut tiamina berfungsi mengatur aktivitas saraf dan otot serta membantu meningkatkan nafsu makan. Selain itu, vitamin B1 juga berperan dalam metabolisme karbohidrat dan menghasilkan energi tubuh. 


Vitamin B1 berperan sebagai bagian dari koenzim pada salah satu proses metabolisme karbohidrat yaitu dekarboksilasi oksidatif asam alfa-keto. Dampak dari kekurangan vitamin B1 adalah turunnya nafsu makan, mudah lelah, dan timbulnya penyakit beri-beri.

Vitamin B2: Mendorong pertumbuhan tubuh

Vitamin B2: Mendorong pertumbuhan tubuh

Vitamin B2 atau riboflavin turut terlibat dalam metabolisme karbohidrat. Selain itu, vitamin B2 juga membantu tubuh dalam proses pemecahan lemak dan protein. Hal ini membuat vitamin B2 turut berperan penting dalam suplai energi tubuh.


Vitamin B2 menjalankan sejumlah fungsi lain, termasuk mendukung pertumbuhan tubuh dan produksi sel darah merah. Vitamin ini bahkan juga membantu memelihara kesehatan banyak organ, seperti mata, hati, kulit, otot, dan saraf.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Tidak hanya vitamin B1, vitamin B2 juga berperan dalam metabolisme karbohidrat, asam amino, dan asam lemak. Vitamin B2 atau riboflavin ini juga membantu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang bisa merusak sel dan DNA. Kekurangan vitamin B2 dapat menyebabkan keilosis atau luka pada bibir dan dermatitis pada kulit. 

Vitamin B6: Menyokong metabolisme protein dan fungsi saraf

Vitamin B6: Menyokong metabolisme protein dan fungsi saraf

Fungsi vitamin B6 (piridoksina) juga cukup banyak bagi tubuh. Salah satu kegunaan vitamin ini adalah juga mendukung metabolisme asam amino (komponen pembentuk protein). Dengan fungsinya ini, vitamin B6 berperan penting dalam perkembangan otot.


Selain fungsi di atas, vitamin B6 memiliki peran dan manfaat berikut ini:

  • Memelihara fungsi saraf
  • Diperlukan dalam produksi antibodi untuk sistem imun tubuh
  • Terlibat dalam pembuatan neurotransmiter, yakni senyawa komunikasi antar sel
Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Vitamin B6 atau piridoksina dibutuhkan dalam proses pembentukan neurotransmiter, serotonin, dan noradrenalin. Vitamin ini juga diperlukan untuk pembentukan mielin atau selubung yang membungkus akson pada sel saraf. Tidak hanya itu, vitamin B6 juga bertugas membantu metabolisme asam amino serta perkembangan dan perbaikan otot.

Vitamin B3: Menangkal efek radikal bebas

Vitamin B3: Menangkal efek radikal bebas

Vitamin B3 atau niasin populer sebagai salah satu antioksidan. Sebagai antioksidan, vitamin B3 dapat menangkal efek radikal bebas. Radikal bebas berlebih dapat berbahaya karena memicu kerusakan sel-sel. 


Vitamin B3 juga memiliki fungsi dan manfaat lain, seperti memperbaiki DNA dan meningkatkan fungsi otak. Vitamin ini juga diyakini dapat membantu hati dalam mencerna alkohol.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Vitamin B3 dikenal atas perannya sebagai koenzim dalam metabolisme tubuh dan untuk menurunkan oksidasi radikal bebas. Tidak hanya itu, vitamin yang disebut sebagai niasin ini dapat membantu organ hati untuk mengatasi mabuk. 


Vitamin ini bekerja dengan cara memecah alkohol dan mengatur prekursor nicotinamide adenin dinucleotide (NAD) dalam metabolisme alkohol. Oleh karena itu, kurangnya asupan vitamin B3 dapat menyebabkan tingginya kadar alkohol dalam tubuh, diare, dan rusaknya organ hati.

Vitamin B5: Terlibat dalam pemecahan lemak

Vitamin B5: Terlibat dalam pemecahan lemak

Salah satu fungsi vitamin B5 (pantothenic acid) adalah terlibat dalam pembentukan senyawa yang disebut koenzim A. Koenzim ini kemudian diperlukan tubuh untuk memproses lemak yang kita konsumsi. 


Dilansir dari Harvard T.H. Chan School of Public Health, vitamin B5 juga diyakini bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Selain itu, vitamin ini juga berperan penting dalam produksi sel darah merah.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Asam pantotenat berperan dalam membentuk koenzim A yang digunakan dalam proses pemecahan asam lemak. Kondisi lemah, depresi, mual, gangguan tidur dapat terjadi ketika seseorang kekurangan asupan vitamin ini.

Vitamin B9 dan B12: Mencegah anemia serta diperlukan oleh ibu hamil

Vitamin B9 dan B12: Mencegah anemia serta diperlukan oleh ibu hamil

Vitamin B9 (folat) dan vitamin B12 (kobalamin) sama-sama esensial untuk produksi sel darah merah. Dengan fungsi tersebut, Anda memerlukan vitamin B9 dan B12 untuk terhindar dari anemia.


Dua vitamin ini juga diperlukan oleh ibu hamil. Vitamin B9 utamanya vital dipenuhi saat hamil untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Maka tak heran, vitamin B9 sering diresepkan dokter untuk ibu hamil dalam bentuk suplemen asam folat.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Asam folat berperan dalam proses pembentukan, pematangan, dan penyerapan sel darah merah. Tidak hanya itu, proses metabolisme protein serta pembentukan purina dan pirimidina juga dibantu oleh asam folat. Asam folat juga dibutuhkan pada masa kehamilan untuk mencegah cacat pada bayi seperti lempeng saraf atau neural tube defects.

Vitamin B7: Mendukung pertumbuhan rambut

Vitamin B7: Mendukung pertumbuhan rambut

Vitamin B7 atau biotin memiliki manfaat yang sama dengan vitamin B lain. Vitamin ini membantu menjaga kesehatan kuku, kulit, mata, saraf, hingga hati. Selain itu, vitamin ini juga populer sebagai nutrisi rambut karena dapat merangsang produksi keratin dan pertumbuhan folikel rambut.


Fungsi vitamin B7 lainnya yakni terlibat dalam metabolisme lemak, karbohidrat, dan protein. Ibu hamil juga membutuhkan asupan vitamin B7 yang cukup agar janin tetap sehat.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Biotin juga menjadi salah satu vitamin yang berperan dalam proses metabolisme zat gizi, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Bahkan, biotin berfungsi untuk mencegah rambut rontok, memperkuat akar rambut, dan memperkuat kuku. Kekurangan vitamin B7 akan menyebabkan kelelahan, rambut rontok, kebotakan, nyeri otot, dermatitis, depresi, dan timbulnya halusinasi.

Sesuaikan dosis suplemen dengan kebutuhan harian

Sesuaikan dosis suplemen dengan kebutuhan harian

Ketika memilih suplemen vitamin B kompleks, pastikan Ada memperhatikan kadar tiap vitamin B-nya. Hal ini penting diketahui agar manfaat tiap vitamin bisa didapatkan tubuh dengan optimal sesuai usia. 


Mengikuti pedoman Kementerian Kesehatan RI (2019), berikut ini rekomendasi asupan harian vitamin B untuk pria dan wanita 19–49 tahun:

  • Vitamin B1: 1,2 miligram (pria) dan 1,1 miligram (wanita)
  • Vitamin B2: 1,3 miligram (pria) dan 1,1 miligram (wanita)
  • Vitamin B3: 16 miligram (pria) dan 14 miligram (wanita)
  • Vitamin B5: 5 miligram (pria dan wanita)
  • Vitamin B6: 1,3 miligram (pria dan wanita)
  • Vitamin B7: 30 mikrogram (pria dan wanita)
  • Vitamin B9: 400 mikrogram (pria dan wanita) 
  • Vitamin B12: 4 mikrogram (pria dan wanita) 

Ibu hamil dan lansia membutuhkan asupan vitamin B yang lebih tinggi. Sebaliknya, anak-anak membutuhkan dosis yang lebih rendah. Konsultasikan pada dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan dosis yang sesuai untuk tiap-tiap anggota keluarga.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Konsumsi vitamin melalui suplemen bisa memberikan banyak manfaat kesehatan dan bisa mencukupi kebutuhan vitamin Anda. Namun, perhatikan juga anjuran jumlah vitamin yang dikonsumsi, baik dari suplemen maupun dari makanan alami. 


Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (2019), nilai anjuran tiap vitamin untuk anak-anak, remaja, orang dewasa, dan lansia berbeda-beda. Jumlah vitamin yang berlebihan malah akan menimbulkan efek samping dari vitamin tersebut.

Periksa keamanan penggunaan suplemen

Seperti suplemen lain, suplemen vitamin B kompleks juga harus mengantongi sertifikasi keamanan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Produk yang terdaftar di BPOM dipastikan aman dikonsumsi sesuai dengan petunjuk penggunaan.


Beberapa suplemen juga sudah mengantongi sertifikasi GMP (Good Manufacturing Practice)GMP adalah standar proses manufaktur untuk memastikan bahwa produk dibuat dengan aman. Hal ini dimulai dari penerimaan bahan baku, produksi, hingga distribusi.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Produsen harus memastikan bahwa suplemen yang diproduksi sudah melalui proses yang berkualitas dan tidak mengandung kontaminan. Suplemen juga harus diberi label sesuai dengan peraturan GMP dan BPOM. Pastikan untuk memilih suplemen yang sudah memiliki sertifikasi dari GMP dan/atau BPOM. Selain itu, pilih suplemen berdasarkan panduan dari GMP dan/atau BPOM.

Pilih bentuk suplemen yang mudah Anda minum

Pilih bentuk suplemen yang mudah Anda minum

Ada beragam bentuk suplemen yang ada di pasaran, seperti sirop, tablet, dan kapsul. Namun, Anda mungkin lebih mudah menemukan suplemen berbentuk tablet dan kapsul.


Beberapa suplemen juga tersedia dalam bentuk tabel effervescent. Tablet ini bisa dilarutkan dalam air untuk kemudian bisa Anda teguk. Pilihlah produk yang nyaman dikonsumsi dan sesuai dengan kesibukan Anda.

10 Rekomendasi suplemen vitamin B kompleks terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen vitamin B kompleks terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mochammad Rizal.

10
Kandungan vitamin BVit. B1 (15 mg), vit. B2 (15 mg), vit. B3 (50 mg), vit. B5 (23 mg), vit. B6 (10 mg), vit. B7 (150 mikrogram), vit. B9 (400 mikrogram), dan vit. B12 (10 mikrogram)
Nutrisi lainnyaVitamin C, magnesium, zinc, dan kalsium
BentukTablet effervescent
Isi10 tablet per kemasan
Rekomendasi dosis1 tablet per hari
BPOM/GMPBPOM
9
Kandungan vitamin BVit. B1 (1,8 mg), vit. B2 (0,75 mg), vit. B3 (6 mg), vit. B5 (dalam kalsium pantotenat 3 mg), vit. B6 (0,3 mg), vit. B12 (3 mikrogram)
Nutrisi lainnyaVitamin A, vitamin C, vitamin D, dan kalsium
BentukSirop
Isi120 ml
Rekomendasi dosis1 sendok takar (5 ml) untuk anak-anak dan 1–2 sendok takar untuk dewasa
BPOM/GMPBPOM
8
Kandungan vitamin BVit. B1 (1,4 mg), vit. B2 (1,6 mg), vit. B3 (9 mg), vit. B5 (dalam dexpanthenol 5 mg), vit. B6 (2 mg), dan vit. B12 (3 mikrogram)
Nutrisi lainnyaDHA dan EPA
BentukSirop
Isi100 ml
Rekomendasi dosis1 sendok teh (5 ml) per hari
BPOM/GMPBPOM
7
Kandungan vitamin B Vit. B1 2 mg, vit. B2 2 mg, vit. B3 20 mg, vit. B5 10 mg, vit. B6 2 mg
Nutrisi lainnya-
BentukTablet
Isi10 setrip per boks (1 setrip isi 10 butir)
Rekomendasi dosis1 tablet per hari
BPOM/GMPBPOM
6
Kandungan vitamin BVit. B1 (50mg), vit. B2 (50 mg), vit. B3 (50 mg), vit. B5 (50 mg), vit. B6 (50 mg), vit. B7 (50 mikrogram), vit. B9 (400 mikrogram), dan vit. B12 (50 mikrogram)
Nutrisi lainnyaInositol, PABA, dan kolin
BentukTablet
Isi30 butir
Rekomendasi dosis1 tablet
BPOM/GMPBPOM
5
Kandungan vitamin BVit. B1 (100 mg), vit. B6 (100 mg), dan vit. B12 (5.000 mikrogram)
Nutrisi lainnya-
BentukKapsul
Isi10 butir
Rekomendasi dosisKonsultasi dengan dokter
BPOM/GMPBPOM
4
Kandungan vitamin BVit. B1 (67 mg), vit. B2 (10 mg), vit. B3 (100 mg), vit. B5 (69 mg), vit. B6 (21 mg), vit. B7 (20 mikrogram), vit. B9 (150 mikrogram), dan vit. B12 (30 mikrogram)
Nutrisi lainnyaVitamin C, vitamin E, kalium, magnesium, kalsium, ekstrak oat, ekstrak passion flower, kolin, dan inositol
BentukTablet
Isi30 butir dan 60 butir
Rekomendasi dosis1 tablet per hari (dewasa)
BPOM/GMPBPOM
3
Kandungan vitamin BVit. B1 (2 mg), vit. B2 (2 mg), vit. B3 (15 mg), vit. B5 (dalam kalsium pantotenat 5 mg), dan vit. B6 (2 mg)
Nutrisi lainnya-
BentukTablet
Isi45 butir per botol
Rekomendasi dosis1 tablet
BPOM/GMPBPOM
2
Kandungan vitamin BVit. B1 (15 mg), vit. B2 (15 mg), vit. B3 (100 mg), vitamin B5 (20 mg), vit. B6 (20 mg), vit. B9 (400 mikrogram), dan vit. B12 (12 mikrogram)
Nutrisi lainnyaVitamin C, vitamin E, dan zinc
BentukKaplet
Isi10 butir per setrip
Rekomendasi dosis1 kaplet
BPOM/GMPBPOM
1
Kandungan vitamin BVit. B1 (3 mg), vit. B2 (3,4 mg), vit. B3 (20 mg), vit. B5 (dalam kalsium pantotenat 7,5 mg), vit. B6 (2 mg) vit B7 (30 mikrogram), vit. B9 (1 mg), dan vit. B12 (4 mikrogram)
Nutrisi lainnyaBeta-karotena (provitamin A), kalsium karbonat, copper gluconate, iron polymaltose complex (zat besi), ARA, dan DHA
BentukKapsul soft-gel
Isi30 butir per botol
Rekomendasi dosis1 kapsul (ibu hamil)
BPOM/GMPBPOM

Tabel perbandingan produk suplemen vitamin B kompleks terbaik

Gambar produk
1
Dexa Medica Folamil Genio 1

Dexa Medica

2
Sanbe Farma Becom-Zet 1

Sanbe Farma

3
Tempo Scan IPI Vitamin B Complex 1

Tempo Scan

4
Blackmores Multi B Performance 1

Blackmores

5
Procter and Gamble Neurobion Forte  1

Procter and Gamble

6
Wellness Mega B Complex 1

Wellness

7
Kimia Farma Vitamin B Kompleks 1

Kimia Farma

8
Vidoran Smart Vitamins 1

Vidoran

9
Ikapharmindo Kamulvit B-12 1

Ikapharmindo

10
Bayer Berocca Performance 1

Bayer

Nama produk

Folamil Genio

Becom-Zet

IPI Vitamin B Complex

Multi B Performance

Neurobion Forte

Mega B Complex

Vitamin B Kompleks

Smart Vitamins

Kamulvit B-12

Berocca Performance

Keunggulan

Perpaduan nutrisi vital untuk kesehatan bumil di masa krusial

Imun lebih kuat berkat tambahan vitamin C dan zinc

Paling ekonomis dengan komposisi yang mumpuni

Rilekskan pikiran dengan ekstrak passion flower dan oat

Dengan formula vitamin neurotropic agar saraf berfungsi baik

Pilihan suplemen vitamin B kompleks yang memiliki komposisi komplet!

Dari perusahaan legendaris yang kualitasnya sudah terjamin

Dukung kecerdasan anak berkat kandungan DHA dan EPA

Menawarkan kalsium untuk mengoptimalkan pertumbuhan si kecil

Berbentuk tablet effervescent, konsumsi vitamin B tak lagi membosankan!

Harga mulai dariRp 131.670,00Rp 24.255,00Rp 5.500,00Rp 179.000,00Rp 36.500,00Rp 250.000,00Rp 19.400,00Rp 18.375,00Rp 23.760,00Rp 65.000,00
Kandungan vitamin BVit. B1 (3 mg), vit. B2 (3,4 mg), vit. B3 (20 mg), vit. B5 (dalam kalsium pantotenat 7,5 mg), vit. B6 (2 mg) vit B7 (30 mikrogram), vit. B9 (1 mg), dan vit. B12 (4 mikrogram)Vit. B1 (15 mg), vit. B2 (15 mg), vit. B3 (100 mg), vitamin B5 (20 mg), vit. B6 (20 mg), vit. B9 (400 mikrogram), dan vit. B12 (12 mikrogram)Vit. B1 (2 mg), vit. B2 (2 mg), vit. B3 (15 mg), vit. B5 (dalam kalsium pantotenat 5 mg), dan vit. B6 (2 mg)Vit. B1 (67 mg), vit. B2 (10 mg), vit. B3 (100 mg), vit. B5 (69 mg), vit. B6 (21 mg), vit. B7 (20 mikrogram), vit. B9 (150 mikrogram), dan vit. B12 (30 mikrogram)Vit. B1 (100 mg), vit. B6 (100 mg), dan vit. B12 (5.000 mikrogram) Vit. B1 (50mg), vit. B2 (50 mg), vit. B3 (50 mg), vit. B5 (50 mg), vit. B6 (50 mg), vit. B7 (50 mikrogram), vit. B9 (400 mikrogram), dan vit. B12 (50 mikrogram) Vit. B1 2 mg, vit. B2 2 mg, vit. B3 20 mg, vit. B5 10 mg, vit. B6 2 mgVit. B1 (1,4 mg), vit. B2 (1,6 mg), vit. B3 (9 mg), vit. B5 (dalam dexpanthenol 5 mg), vit. B6 (2 mg), dan vit. B12 (3 mikrogram) Vit. B1 (1,8 mg), vit. B2 (0,75 mg), vit. B3 (6 mg), vit. B5 (dalam kalsium pantotenat 3 mg), vit. B6 (0,3 mg), vit. B12 (3 mikrogram)Vit. B1 (15 mg), vit. B2 (15 mg), vit. B3 (50 mg), vit. B5 (23 mg), vit. B6 (10 mg), vit. B7 (150 mikrogram), vit. B9 (400 mikrogram), dan vit. B12 (10 mikrogram)
Nutrisi lainnyaBeta-karotena (provitamin A), kalsium karbonat, copper gluconate, iron polymaltose complex (zat besi), ARA, dan DHAVitamin C, vitamin E, dan zinc-Vitamin C, vitamin E, kalium, magnesium, kalsium, ekstrak oat, ekstrak passion flower, kolin, dan inositol-Inositol, PABA, dan kolin-DHA dan EPA Vitamin A, vitamin C, vitamin D, dan kalsiumVitamin C, magnesium, zinc, dan kalsium
BentukKapsul soft-gelKapletTabletTabletKapsulTabletTabletSiropSiropTablet effervescent
Isi30 butir per botol10 butir per setrip45 butir per botol30 butir dan 60 butir10 butir30 butir10 setrip per boks (1 setrip isi 10 butir)100 ml120 ml10 tablet per kemasan
Rekomendasi dosis1 kapsul (ibu hamil)1 kaplet1 tablet1 tablet per hari (dewasa)Konsultasi dengan dokter1 tablet1 tablet per hari1 sendok teh (5 ml) per hari1 sendok takar (5 ml) untuk anak-anak dan 1–2 sendok takar untuk dewasa1 tablet per hari
BPOM/GMPBPOMBPOMBPOMBPOMBPOMBPOMBPOMBPOMBPOMBPOM
Tautan produk

Tips mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks

Suplemen makanan memiliki anjuran konsumsi yang perlu diperhatikan. Dengan penggunaan yang tepat dan bijak, penyerapannya pun akan berlangsung optimal. Yuk, simak tips dalam mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks!

Konsumsilah suplemen vitamin B kompleks pada pagi hari

Konsumsilah suplemen vitamin B kompleks pada pagi hari

Semua jenis vitamin B merupakan vitamin yang larut dalam air. Untuk itu, penggunaannya cukup diminum dengan air putih agar bisa langsung digunakan oleh tubuh. 


Beberapa sumber, seperti Healthline, menyebutkan bahwa suplemen vitamin B kompleks dianjurkan untuk dikonsumsi pada pagi hari. Rekomendasi ini didasarkan atas fungsi vitamin B dalam metabolisme nutrisi dan memberikan energi.


Jika tubuh kelebihan vitamin B, sisa yang tidak terpakai akan dikeluarkan melalui urine. Artinya, tubuh tidak akan menyimpan sisa vitamin B sehingga Anda harus mengonsumsi suplemennya dengan rutin.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Mengonsumsi suplemen pada waktu tertentu bisa memberikan manfaat pada tubuh. Hal ini terutama untuk suplemen yang dikonsumsi bersamaan dengan makanan untuk mempercepat penyerapan. 


Suplemen yang mengandung vitamin larut lemak, seperti vitamin A, D, E, dan K sangat disarankan untuk dikonsumsi setelah makan. Anda bisa mengonsumsinya dalam jangka waktu 30 menit sampai 2 jam setelah makan. 


Berbeda dengan itu, suplemen yang mengandung vitamin larut air seperti vitamin B kompleks direkomendasikan untuk dikonsumsi pada pagi hari. Satu hal lagi yang perlu Anda ingat adalah konsumsilah suplemen tersebut secara rutin.

Hindari konsumsi berlebihan agar tidak overdosis

Hindari konsumsi berlebihan agar tidak overdosis

Meski kelebihan vitamin B dikeluarkan melalui urine, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya sembarangan. Mengonsumsi suplemen dosis tinggi berisiko menimbulkan bumerang pada tubuh. Untuk itu, pastikan Anda meminumnya sesuai dengan anjuran pakai pada kemasan atau rekomendasi dokter

Baca juga rekomendasi suplemen vitamin lainnya di sini

Tidak hanya vitamin B kompleks, kami juga telah mengulas beberapa suplemen vitamin lainnya. Berikut ini, Anda bisa menyimak cara memilih dan rekomendasi suplemen vitamin C, D, dan E. Silakan klik salah satu artikel yang hendak Anda baca, ya.

Kesimpulan

Vitamin B kompleks mengemban fungsi dan peran yang vital untuk tubuh. Secara umum, vitamin B membantu tubuh dalam mengubah nutrisi menjadi energi. Vitamin B juga menjaga fungsi berbagai organ dan sistem agar berjalan normal sebagaimana mestinya.


Makanan sehat tetap menjadi sumber vitamin B. Namun, bila memang sulit memenuhinya dari makanan, Anda bisa mempertimbangkan suplemen vitamin B kompleks. Semoga ulasan dan tips di atas bermanfaat bagi Anda, ya.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh tinggi semampai adalah dambaan sebagian besar orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh tinggi memberi keuntungan tersendiri. Orang yang bertubuh tinggi umumnya lebih percaya diri. Selain itu, tubuh tinggi juga bisa meminimalisasi risiko penyakit jantung dan demensia.Di pasaran terdapat beberapa suplemen peninggi badan yang bisa dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun remaja. Beberapa rekomendasi merk suplemen peninggi badan tersebut adalah Zevit Grow, Blackmores, Scott's Emulsion, dan lain-lain. Untuk membantu Anda memilih dengan tepat, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya di bawah ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, manusia juga membutuhkan kolagen untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring dengan bertambahnya usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen kolagen bila ingin kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merk suplemen collagen terbaik, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood bisa menjadi pilihan. Namun, suplemen kolagen seperti apakah yang bagus untuk Anda? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk suplemen kolagen yang akan kami ulas berikut ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021)
    Otak merupakan organ tubuh paling kompleks dengan fungsi yang vital. Otak terdiri dari miliaran sel dan jaringan yang saling terhubung. Oleh karena itu, konsumsi suplemen otak sangat disarankan bagi anak ataupun orang dewasa. Saat ini, banyak dijual berbagai merek suplemen otak yang bagus, seperti Blackmores, Wellness, Konimex, dan Appeton. Supaya Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih suplemen otak terbaik. Di bawah ini, kami telah merangkum beragam rekomendasi vitamin untuk kecerdasan otak dan vitamin penambah daya ingat. Penasaran dengan ulasan kami? Simak terus artikel berikut sampai habis, ya!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Di samping itu, Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen.Di pasaran, ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang bagus, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Minuman Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Minuman Whey Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dijuluki sebagai “king of protein”, whey protein merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Jenis protein ini sangat populer dan banyak dikonsumsi sebagai pengiring workout. Whey protein dari berbagai merek, seperti Evolene, Optimum Nutrition, hingga VectorLabs, juga bisa Anda temukan dengan mudah. Manakah yang tepat untuk program Anda?Bookmark artikel ini apabila Anda menjalani proses membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain membagikan tips memilih, kami juga memperkenalkan sepuluh minuman whey protein yang bagus. Beberapa di antaranya juga telah banyak direkomendasikan oleh fitness influencers. Jangan sampai terlewat, ya!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021)
    Gaya hidup dan nutrisi yang seimbang turut andil dalam menjaga kesehatan kulit. Namun, terkadang asupan yang berasal dari makanan saja tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan Anda. Untuk itu, Anda perlu menambahkan suplemen kulit. Ada banyak produk suplemen terbaik untuk kulit yang beredar di pasaran, seperti suplemen untuk kulit berjerawat hingga antiaging. Bagaimana memilih suplemen kecantikan yang tepat? Kami akan menghadirkan tips dan rekomendasi suplemen kecantikan terbaik untuk Anda. Berbagai merek suplemen kulit yang bagus, seperti NourishSkin, Blackmores, dan YOUVIT ada di sini. Jadi, simak seluruh ulasan kami, ya!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Suplemen L-Carnitine Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen L-Carnitine Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    L-carnitine merupakan suplemen yang cukup populer di kalangan orang-orang yang sedang menurunkan berat badan. Suplemen ini terkenal dengan fungsinya untuk metabolisme lemak. Anda dapat menemukannya dari berbagai merek, seperti Puritan’s Pride, Doctor’s Best, Dymatize, Jym, dan masih bayak lagi.Bagi Anda yang sedang kebingungan memilih suplemen l-carnitine, simak terus artikel kali ini. Kami akan membahas tentang cara memilih suplemen l-carnitine serta memberikan rekomendasi dari berbagai merek ternama. Tunggu apa lagi? Yuk, dibaca artikel ini!
    Vitamin & suplemen
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori