1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan wajah
  6. >
  7. 10 Masker Lemon Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Masker Lemon Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Masker Lemon Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Masker Lemon Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Masker Lemon Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Masker Lemon Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Masker Lemon Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)

Masker lemon adalah salah satu jenis produk perawatan kulit yang digemari karena khasiatnya. Masker lemon terkenal ampuh untuk memutihkan wajah, mengatasi jerawat, hingga menenangkan beruntusan. Terdapat beragam varian masker lemon di pasaran. Ada yang terbuat dari bahan alami tanpa campuran, ada yang dicampur bahan aktif lain, misalnya madu atau daun mint.


Kami akan membahas cara memilih masker lemon yang bagus untuk wajah. Rekomendasi produk masker lemon dari merek terbaik, seperti Freeman, Garnier, dan Ariul, juga telah kami siapkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.

Diperbaharui 08-29-2022
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini, ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara Clinic, Jakarta. Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui media sosial Instagram dan YouTube.

Profil dr. Annisa Anjani
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Manfaat ekstrak lemon untuk kecantikan wajah

Manfaat ekstrak lemon untuk kecantikan wajah

Sejak zaman dahulu, ekstrak lemon terkenal memiliki banyak manfaat kecantikan untuk wajah karena kaya akan vitamin C dan citric acid. Beberapa khasiatnya antara lain sebagai berikut:


  • Mencerahkan kulit

Selain sebagai sumber vitamin C dan citric acid, buah lemon juga kaya akan magnesium. Keberadaan mineral tersebut membuat buah lemon efektif membuat wajah lebih cerah berseri.


  • Memiliki sifat anti-inflamasi dan antifungi

Secara alami, buah lemon mempunyai sifat anti-inflamasi dan antifungi. Karena itu, buah lemon dapat mengatasi jerawat dan komedo. Wajah yang kemerahan dan iritasi akibat jerawat pun dapat ditenangkan.


  • Sebagai skin astringent

Buah lemon juga bisa digunakan sebagai skin astringent yang membantu menutup pori-pori kulit. Hasilnya, wajah akan terlihat poreless dan lebih halus. Kotoran dan debu pun akan sulit mengendap dalam pori-pori.


  • Meningkatkan produksi kolagen

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah lemon membuatnya ampuh menangkal radikal bebas yang biasanya merusak kolagen kulit. Hasilnya, kolagen alami kulit tidak akan mudah rusak, malah produknya makin bertambah.


  • Mencegah kerusakan kulit

Buah lemon juga kaya akan lutein dan zeaxanthin yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet. Selain itu, buah lemon juga dapat mencegah munculnya kanker kulit.


Dengan banyaknya manfaat, buah lemon sering dijadikan kandungan utama dalam rangkaian produk skincare, tak terkecuali masker. Namun, gunakan produk yang berstandar dan sudah melalui proses pemisahan antara partikel bermanfaat dan partikel berbahaya bagi kulit. 


Harap diingat bahwa penggunaan irisan atau air buah lemon yang langsung ditempelkan ke kulit sangat tidak dianjurkan. Hal tersebut dapat berisiko menyebabkan iritasi. Baca artikel ini hingga selesai agar Anda bisa mendapatkan rekomendasi masker wajah dari lemon yang bagus.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih masker lemon

Sebelum memberikan rekomendasi produk, kami akan menjelaskan beberapa poin yang perlu diperhatikan saat memilih masker lemon. Perhatikanlah pembahasan kami dengan saksama supaya Anda tidak salah ketika memilih masker lemon!

① Pilih tipe masker yang sesuai dengan kondisi kulit

Pilih tipe masker yang sesuai dengan kondisi kulit

Di pasaran terdapat beragam jenis masker lemon yang bisa dengan mudah Anda temukan. Setiap tipe masker mempunyai keunggulan dan ciri khasnya masing-masing. Kami akan menjelaskannya lebih lengkap di bawah ini.


  • Clay mask

Jenis masker ini paling cocok digunakan oleh pemilik kulit berminyak dan mudah berjerawat. Hal tersebut disebabkan clay mask sangat ampuh menyerap kelebihan minyak dan kotoran pada wajah. Clay mask juga dapat berperan sebagai exfoliator untuk mengangkat sel-sel kulit mati penyebab wajah kusam. CIri khas clay mask antara lain adanya kandungan bahan kaolin atau bentonite.


  • Sleeping mask

Sleeping mask biasanya digunakan saat Anda akan tidur, lalu baru dibilas keesokan harinya. Oleh sebab itu, pengaplikasian sleeping mask dapat membuat wajah terlihat lebih segar dan cerah saat pagi hari. Sleeping mask juga memiliki sifat hydrating yang mampu membuat kulit terasa lebih kenyal. Anda yang membutuhkan hidrasi ekstra atau tinggal di lingkungan kering pasti akan menyukai tipe masker ini.


  • Peel-off mask

Ciri dari peel-off mask adalah dapat dikelupas setelah mengering. Umumnya, Anda akan merasakan sedikit sensasi exfoliate saat mengelupas masker ini. Tak heran jika peel-off mask ampuh menarik kotoran dan sebum yang terperangkap di pori-pori wajah. Sebagai hasilnya, pori-pori wajah akan tampak lebih bersih dan mengecil.


  • Wash-off mask

Wash-off mask memiliki lebih banyak variasi bentuk, seperti bubuk, gel, atau krim. Sesuai namanya, jenis masker ini hanya perlu dibiarkan beberapa menit menempel di wajah, lalu bilas dengan air.


  • Sheet mask

Dengan bentuk seperti tisu basah yang dilengkapi lubang mata, hidung, dan mulut, sheet mask memang tergolong lebih praktis digunakan. Anda juga tidak perlu membasuh wajah setelah pemakaian sheet mask. Kandungan bahan aktif di dalamnya terbilang lebih tinggi sehingga dapat memberikan efek yang langsung terlihat.

② Perhatikan kandungan lain dalam masker

Meski sama-sama memiliki kandungan lemon, ternyata tidak semua masker lemon dapat memberikan efek yang sama untuk wajah. Supaya pemakaian masker lemon tidak sia-sia, penting untuk mengenali kandungan bahan lain di dalamnya.

Masker lemon dan madu: Atasi kulit iritasi, beruntusan, dan berjerawat

Masker lemon dan madu: Atasi kulit iritasi, beruntusan, dan berjerawat

Seperti diketahui, buah lemon memiliki sifat antifungi. Kandungan asam sitrat pada ekstrak lemon berfungsi membersihkan pori dari sumbatan sel kulit mati dan kotoran. Oleh karena itu, ekstrak lemon dapat menanggulangi komedo, penumpukan sel kulit mati, dan mencerahkan kulit kusam. Sementara itu, madu terkenal mengandung antibakteri dan bermanfaat menjaga kelembapan kulit.


Ketika bahan-bahan alami tersebut disatukan, masker wajah yang dihasilkan akan sangat ampuh dalam mengatasi berbagai tanda-tanda breakout pada kulit. Masalah wajah beruntusan atau jerawat bisa diatasi dengan campuran masker lemon dan madu. Tak heran jika masker ini digemari oleh para pemilik kulit yang rentan terkena iritasi.

Masker lemon dan mint: Memberi efek menyegarkan pada kulit

Masker lemon dan mint: Memberi efek menyegarkan pada kulit

Ketika Anda berada di lingkungan yang cuacanya panas atau tingkat polusinya tinggi, kulit akan terasa gerah. Untuk mengatasinya, kami sarankan Anda mengaplikasikan masker lemon yang dikombinasikan dengan daun mint. Dengan begitu, kulit wajah akan terasa lebih sejuk dan segar. Pemakaian masker lemon dan daun mint juga dapat meredakan gejala kemerahan pada wajah.

③ Kenali klaim manfaat produknya

Hal yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan saat memilih masker lemon adalah memeriksa klaim kemampuan produk pilihan Anda. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan kulit wajah.

Untuk memutihkan wajah, periksa keberadaan bahan pencerah

Untuk memutihkan wajah, periksa keberadaan bahan pencerah

Secara alami, kandungan buah lemon dalam masker lemon memang efektif untuk memutihkan atau mencerahkan kulit. Namun, apabila Anda menginginkan efek mencerahkan yang lebih maksimal, tak ada salahnya memilih masker lemon yang diperkaya bahan pencerah. Beberapa jenis bahan pencerah yang biasa dipadukan dengan produk air lemon untuk wajah adalah licorice, beras, peach, hingga apel.

Untuk melembapkan wajah, cek keberadaan bahan pelembap ekstra

Untuk melembapkan wajah, cek keberadaan bahan pelembap ekstra

Terjaganya kelembapan wajah menjadi faktor penting untuk mendapatkan tampilan kulit yang sehat sekaligus terhindar dari penuaan dini. Jika hal tersebut menjadi prioritas Anda, kami sarankan untuk memilih masker lemon dengan kandungan pelembap ekstra. Anda bisa mengecek keberadaan bahan-bahan, seperti glycerin, sodium hyaluronate, madu, shea butter, squalane, hingga yoghurt.

Untuk menghilangkan jerawat, pastikan terdapat bahan antibakteri

Untuk menghilangkan jerawat, pastikan terdapat bahan antibakteri

Keberadaan jerawat atau beruntusan memang sangat menganggu penampilan. Meski masker lemon tanpa campuran dapat mengatasinya, terkadang hasilnya kurang memuaskan karena membutuhkan waktu lama. Oleh sebab itu, masker lemon dengan kandungan bahan antibakteri, seperti daun mint, daun teh, dan niacinamide bisa sangat membantu.

10 Rekomendasi masker lemon terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk masker lemon terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Freeman

Oil Absorbing Mint + Lemon Clay Mask

Freeman Oil Absorbing Mint + Lemon Clay Mask 1枚目

Segarkan wajah berjerawat dengan lemon dan mint

2

Garnier

Bright Complete Night Yoghurt Sleeping Mask

Garnier Bright Complete Night Yoghurt Sleeping Mask 1枚目

Saat Anda tidur, produk ini memperbaiki sel-sel kulit yang rusak

3

Missha

Airy Fit Sheet Mask - Lemon

Missha Airy Fit Sheet Mask - Lemon 1枚目

Sheet mask dengan daya rekat tinggi, pas di wajah

4

Bioaqua

Lemon Vitamin C Essence Mask

Bioaqua Lemon Vitamin C Essence Mask 1枚目

Essence-nya lebih banyak, serta lebih cepat meresap

5

Ariul

7 Days Mask - Lemon

Ariul 7 Days Mask - Lemon 1枚目

Kaya manfaat, tetapi harganya tidak membikin kantong bolong

6

Sensatia Botanicals

Tea Tree & Lemon Facial Mask

Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Mask 1枚目

Lebih maksimal dalam menyerap kotoran membandel penyebab jerawat dan beruntusan

7

Kino

Ovale Facial Mask For Acne Care Lemon

Kino Ovale Facial Mask For Acne Care Lemon 1枚目

Menjaga kesehatan kulit hingga lanjut usia

8

The Face Shop

Real Nature Lemon Face Mask

The Face Shop Real Nature Lemon Face Mask 1枚目

Membantu menjadikan wajah glowing dalam sekejap

9

Mustika Ratu

Peel Off Mask - Lemon

Mustika Ratu Peel Off Mask - Lemon 1枚目

Selamat tinggal, pori-pori yang terlihat jelas!

10

Holika Holika

Pure Essence Mask Sheet - Lemon

Holika Holika Pure Essence Mask Sheet - Lemon 1枚目

Mengembalikan kekuatan kulit yang telah kelelahan

Perincian produk
Close
No.1

FreemanOil Absorbing Mint + Lemon Clay Mask

Mulai dari Rp96.800,00

Segarkan wajah berjerawat dengan lemon dan mint

Kulit berminyak yang sering mengalami breakout memang sangat mengganggu. Anda pun harus berurusan dengan iritasi dan noda bekas jerawat yang disebabkannya. Menyebalkan, bukan?


Nah, bantulah kulit wajah Anda pulih dengan masker lemon ini. Perpaduan antara lemon dan mint membuat produk ini terasa menyegarkan sehingga dapat meredakan peradangan akibat jerawat. Adanya kaolin dan bentonite berfungsi sebagai penyerap sebum dan kotoran. Kulit wajah pun akan terasa lebih bersih sehingga dapat memperbaiki sel-selnya.

No.2

GarnierBright Complete Night Yoghurt Sleeping Mask

Mulai dari Rp79.000,00

Saat Anda tidur, produk ini memperbaiki sel-sel kulit yang rusak

Sleeping mask dari Garnier ini memiliki tekstur yang ringan, serta cepat meresap seperti serum. Dengan begitu, wajah Anda tak akan merasa berat saat akan berangkat tidur. Meski ringan, formula masker ini layak diperhitungkan.


Diperkaya dengan ekstrak lemon dan yoghurt, masker wajah ini mampu menutrisi sekaligus memperbaiki sel kulit mati saat Anda tidur. Hasilnya, wajah Anda akan tampak lebih segar dan tak ada lagi muka bantal keesokan harinya. Untuk Anda yang harus selalu tampil maksimal saat pagi hari, silakan menstok masker lemon ini di rumah.

No.3

MisshaAiry Fit Sheet Mask - Lemon

Mulai dari Rp9.900,00

Sheet mask dengan daya rekat tinggi, pas di wajah

Apabila Anda belum terbiasa mengaplikasikan sheet mask, penggunaan produk Missha ini akan sangat membantu. Lembaran sheet mask lemon ini dua kali lebih tipis, serta lebih ringan dibandingkan produk sejenisnya. 


Tak hanya itu, daya rekat produk ini juga lebih erat sehingga bisa membalut seluruh area wajah lebih sempurna. Tak ada lagi, deh, drama sheet mask terjatuh karena kurang merekat.

No.4

BioaquaLemon Vitamin C Essence Mask

Mulai dari Rp5.998,00

Essence-nya lebih banyak, serta lebih cepat meresap

Bioaqua Lemon Vitamin C Essence Mask memiliki kandungan essence yang lebih banyak dalam tiap lembarannya. Produk ini juga memanfaatkan bahan lembaran khusus yang dapat mendorong kandungan di dalamnya meresap ke kulit dengan maksimal. Oleh sebab itu, efek pemakaian masker wajah lemon ini bisa langsung terasa.


Bagi Anda yang tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan perawatan wajah, gunakan saja sheet mask ini. Anda bahkan bisa mengaplikasikan sisa-sisa essence-nya ke leher ataupun area kulit yang kering lainnya.

No.5

Ariul7 Days Mask - Lemon

Mulai dari Rp7.500,00

Kaya manfaat, tetapi harganya tidak membikin kantong bolong

Sheet mask yang satu ini diperkaya dengan banyak bahan aktif yang memberi manfaat baik untuk kulit. Kandungan bahan di dalamnya ampuh menenangkan tanda-tanda iritasi pada kulit, misalnya kemerahan. Lembaran masker lemon ini pun terbuat dari ekstraksi pohon eucalyptus sehingga terasa sehalus sutra saat menyentuh wajah.


Dengan berbagai keunggulan tersebut, masker ini tetap dijual dengan harga yang relatif terjangkau. Jadi, jika Anda ingin menghemat budget tanpa mengabaikan kesehatan kulit, cobalah sheet mask dari Ariul ini.

No.6

Sensatia BotanicalsTea Tree & Lemon Facial Mask

Mulai dari Rp120.000,00

Lebih maksimal dalam menyerap kotoran membandel penyebab jerawat dan beruntusan

Untuk Anda yang harus sering berada di luar ruangan, sebaiknya tambahkan masker lemon ini dalam rangkaian perawatan kulit. Clay mask Sensatia Botanicals ini diperkaya dengan kaolin dan charcoal yang ampuh menyerap kotoran membandel pada pori-pori kulit.


Bukan hanya itu, perpaduan antara daun mint dan daun teh di dalamnya efektif untuk menjaga kebersihan kulit. Sementara itu, keberadaan lemon dan belimbing dapat menenangkan kulit. Tak heran jika masker wajah lemon ini juga bisa menolong mengatasi masalah beruntusan.

No.7

KinoOvale Facial Mask For Acne Care Lemon

Mulai dari Rp27.500,00

Menjaga kesehatan kulit hingga lanjut usia

Meski ditujukan sebagai masker lemon untuk jerawat, produk ini juga dapat menjaga kekencangan kulit wajah, lho. Itu semua berkat kandungan beragam ekstrak ganggang laut yang kaya akan pelembap di dalamnya.


Jadi, tak hanya pemilik kulit berjerawat yang bisa memakai produk masker lemon ini. Anda yang ingin menjaga kecantikan kulit wajah hingga masa tua pun dapat mempertimbangkan masker lemon merek Ovale ini.

No.8

The Face ShopReal Nature Lemon Face Mask

Mulai dari Rp25.000,00

Membantu menjadikan wajah glowing dalam sekejap

Wajah yang tampak kusam tentu menjadi mimpi buruk, apalagi bila Anda harus menghadiri acara penting. Karena itu, pastikan untuk mengaplikasikan The Face Shop Real Nature Lemon Face Mask terlebih dahulu. 


Memanfaatkan hasil ekstraksi alami dari buah lemon, kandungan nutrisi dalam produk air lemon untuk wajah ini lebih terjaga. Hasilnya, masker lemon ini membantu membuat wajah Anda lebih glowing dalam sekejap. 

No.9

Mustika RatuPeel Off Mask - Lemon

Mulai dari Rp32.400,00

Selamat tinggal, pori-pori yang terlihat jelas!

Bagi Anda yang memiliki pemasalahan pori-pori membesar, tak ada salahnya menjatuhkan pilihan pada Mustika Ratu Pell Off Mask Lemon. Keberadaan tanin membuat masker wajah lemon ini efektif berperan sebagai astringent alami. 


Kandungan tersebut membantu membuat wajah terlihat poreless. Ditambah dengan adanya lemon, pemakaian produk ini secara teratur dapat membuat tone wajah lebih merata.

No.10

Holika HolikaPure Essence Mask Sheet - Lemon

Mulai dari Rp22.000,00

Mengembalikan kekuatan kulit yang telah kelelahan

Setelah seharian beraktivitas, umumnya kulit wajah akan tampak lelah, kusam, serta terlihat tak bersemangat. Bila Anda sering merasakan hal tersebut, cobalah mengaplikasikan masker lemon merek Holika Holika ini setelah sampai di rumah.


Selain ekstrak lemon, masker ini juga diperkaya dengan beragam jenis ekstrak tanaman lain yang dapat membantu merevitalisasi kulit. Sebut saja ekstrak Centella asiatica, akar Paeonia suffruticosa, hingga ekstrak Chamomilla recutita. Setelah memakai masker lemon ini, kulit Anda akan tampak hidup kembali.

Pertanyaan umum seputar masker lemon

Pertanyaan umum seputar masker lemon

Selanjutnya, kami akan menjawab beberapa pertanyaan populer mengenai masker lemon. Mungkin Anda termasuk salah satu yang penasaran dengan jawabannya? Mari disimak!

Bolehkah mengoleskan lemon langsung pada wajah?

Tidak disarankan. Alasannya, kandungan bahan aktif seperti vitamin C dan citric acid dapat bervariasi pada setiap buah lemon. Persentase zat yang terkandung tersebut juga tidak terukur atau terstandar. 


Jadi, belum tentu kandungan dalam buah lemon tersebut sesuai dengan kondisi kulit Anda. Selain itu, mengoleskan lemon langsung pada wajah berisiko menyebabkan iritasi akibat kontaminasi partikel getah atau mikrobiota pada kulit buah.

Bolehkah memakai lemon di wajah setiap hari?

Meski buah lemon ataupun masker lemon berkhasiat untuk wajah, sebaiknya Anda tidak memakainya setiap hari. Pemakaian lemon atau masker lemon setiap hari justru akan menimbulkan gejala iritasi pada wajah, seperti kemerahan, kekeringan, hingga kulit terkelupas.

Apa efek samping lemon untuk wajah?

Pengolesan buah lemon secara langsung pada wajah secara berlebihan dapat menimbulkan beberapa gejala permasalahan kulit. Sebut saja iritasi kulit, phytophotodermatitis, leukoderma, hingga kulit mudah terbakar matahari.

Apakah lemon mengiritasi kulit?

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, penggunaan irisan atau air lemon langsung pada wajah sangat tidak disarankan. Lemon berpotensi mengiritasi kulit karena kandungan asam sitratnya. Kulit buahnya juga dapat mengandung getah yang bersifat iritatif.

Baca juga rekomendasi masker wajah lainnya di sini

Selain masker lemon, masih banyak masker dengan kandungan lain yang tidak kalah baiknya untuk kulit, lho. Setiap jenis masker memiliki kelebihannya dalam merawat dan mengatasi masalah kulit tertentu. Penasaran? Mari tengok artikel kami di tautan berikut!

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan sepuluh produk masker lemon terbaik untuk Anda. Apakah Anda sudah menemukan yang paling disukai?


Dalam memilih, pastikan selalu menyesuaikan kondisi kulit dengan tipe masker lemon. Tujuannya supaya masker lemon bisa lebih efektif mengatasi masalah kulit. Dengan begitu, kulit wajah bisa menjadi lebih sehat dengan cepat. Memiliki kulit wajah yang bersih, cerah, dan bebas noda hitam merupakan impian setiap orang, bukan? Wujudkanlah dengan masker lemon yang tepat!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer