1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Camping & hiking
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Lampu Lentera Terbaik Tipe LED (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Lampu Lentera Terbaik Tipe LED (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Lampu Lentera Terbaik Tipe LED (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Lampu Lentera Terbaik Tipe LED (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Lampu Lentera Terbaik Tipe LED (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Lampu Lentera Terbaik Tipe LED (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Lampu Lentera Terbaik Tipe LED (Terbaru Tahun 2023)

Mau camping, tetapi takut gelap-gelapan? Tak perlu khawatir, Anda bisa membawa lampu lentera LED untuk camping. Tidak hanya untuk camping, lentera LED ini juga sangat berguna dalam keadaan darurat, lho! Sekarang, lampu LED sudah banyak dijual oleh merek lokal seperti Eiger dan internasional contohnya Sunrei. 


Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa poin penting cara memilih lampu lentera LED yang bagus. Berbagai produk rekomendasi akan kami berikan, mulai dari produk berdesain unik sampai yang praktis untuk dibawa. Yuk, cari tahu selengkapnya tentang lentera LED!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Lentera LED untuk penerangan saat berkemah

Lentera LED untuk penerangan saat berkemah

Dibandingkan lentera yang menggunakan bensin atau gas, lentera LED bisa dibilang lebih aman dan dapat lebih awet. Lentera LED banyak digunakan sebagai penerangan untuk berkemah, memancing, digunakan sebagai lampu tidur, dan sebagainya. Selain sebagai penerangan, beberapa jenis lentera LED juga dilengkapi dengan fungsi senter sehingga lebih praktis untuk dibawa. 


Dahulu, banyak orang yang lebih memilih lentera dengan bahan bakar bensin dan gas karena pancaran warnanya lebih hangat. Kini, lentera LED juga sudah banyak yang memancarkan warna oranye sehingga memberikan kesan hangat. Karena lampu lentera LED sangat banyak manfaatnya, Anda wajib memiliki setidaknya satu produk di rumah, ya. 

Cara memilih lampu lentera tipe LED

Sekarang, kami akan memberikan beberapa poin penting yang bisa Anda pertimbangkan saat memilih lampu lentera LED. Simak pembahasan berikut dan jadikan acuan saat akan membeli lampu lentera LED. 

① Pilih kecerahan sesuai dengan tujuan penggunaan

Kecerahan lentera LED ditunjukkan dengan satuan yang disebut lumen. Makin tinggi jumlah lumennya, makin terang pula lentera LED tersebut. 

Untuk lampu utama perkemahan, pilih lampu dengan tingkat kecerahan 1000 lumen

Untuk lampu utama perkemahan, pilih lampu dengan tingkat kecerahan 1000 lumen

Saat sedang camping dengan anggota tim yang cukup banyak, mungkin Anda perlu penerangan utama yang bisa menerangi seluruh area. Lampu lentera LED dengan tingkat kecerahan 1.000 lumen bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan menggunakan LED 1.000 lumen, Anda akan mendapatkan kecerahan setara dengan 80 W.


Akan tetapi, lentera dengan bahan bakar gas biasanya memiliki kecerahan setara 100-250 W dan lebih terang dari LED. Anda yang terbiasa menggunakan lampu berbahan bakar gas mungkin akan merasa lentera LED sedikit kurang terang. Sebagai solusi, Anda bisa membawa 2-3 buah lampu lentera LED.

Bawa lampu lentera LED 150-300 lumen sebagai lampu cadangan

Bawa lampu lentera LED 150-300 lumen sebagai lampu cadangan

Lain halnya bila Anda ingin menggunakan lentera LED sebagai lampu di dalam tenda atau untuk lampu belajar. Produk dengan 150-300 lumen atau setara dengan 25 W pada bohlam adalah yang paling sesuai. 


Lentera LED ini mungkin terasa lebih gelap dari lentera utama. Akan tetapi, bila lampu di dalam tenda Anda terlalu terang, mata Anda akan susah melihat dan mudah lelah. Selain itu, lampu LED yang terlalu cerah akan mengundang serangga untuk mendekat. 

Lampu lentera LED 100 lumen, pilihan praktis untuk dibawa-bawa!

Lampu lentera LED 100 lumen, pilihan praktis untuk dibawa-bawa!


Bila Anda ingin menggunakan lentera LED sebagai penerang jalan, cukup gunakan lentera LED dengan kecerahan 100 lumen. Dengan tingkat kecerahan setara bola lampu 10–15 W, Anda dapat merasakan kecerahan yang tidak terlalu menyilaukan mata. Anda juga dapat memilih produk yang bentuknya ringkas sehingga dapat dibawa-bawa seperti senter. 


Namun, bila Anda merindukan suasana tempo dulu pedesaan saat Anda berkegiatan outdoor, Anda dapat memilih lentera LED dengan bentuk klasik. Ada pula beberapa produk yang sudah digabung penggunaannya sehingga Anda akan mendapatkan lentera dan senter sekaligus. Jadi, carilah produk dengan kecerahan yang Anda butuhkan.

② Perhatikan durasi penggunaan secara nonstop

Perhatikan durasi penggunaan secara nonstop

Dalam beberapa kasus, waktu penggunaan yang tertera pada lampu lentera LED bukanlah waktu rata-rata, tetapi waktu maksimal. Jadi, waktu penggunaannya juga berbeda tergantung kepada kondisi baterai masing-masing produk.


Anda dapat menemukan produk dengan lama penggunaan 5 jam, 10 jam, 100 jam, hingga 400 jam. Makin panjang durasinya, tentu lentera LED akan makin praktis karena Anda tak perlu terlalu sering mengisi dayanya. 

③ Periksa sumber daya lampunya

Ada beberapa cara pengisian daya pada lampu lentera LED. Carilah mana yang paling sesuai untuk Anda.

Baterai, lebih tahan lama

Lampu lentera LED yang menggunakan baterai biasanya cenderung lebih awet. Hal tersebut karena dengan menggunakan baterai, lentera LED Anda tidak akan overcharge. Jadi, ketika lampunya mati Anda hanya perlu mengganti baterainya saja. 


Namun demikian, lampu LED bertenaga baterai membutuhkan biaya yang lebih mahal. Anda perlu membeli beberapa baterai untuk digunakan plus cadangan. 

Menggunakan tenaga surya atau air laut, lebih ekonomis

Selain cara pengisian baterai yang umum, ada juga produk yang menggunakan tenaga surya atau air laut. Anda tinggal menjemur lampu lentera LED bertenaga surya di tempat yang terkena sinar matahari cukup


Sementara itu, lampu lentera LED yang menggunakan air laut hanya memerlukan air untuk menyalakan lampunya. Karena menggunakan energi alami, lampu lentera LED tipe ini tentu lebih hemat. 

USB/pengisian baterai ganda, fleksibel dan praktis

USB/pengisian baterai ganda, fleksibel dan praktis
Sumber: sunrei.id

Beberapa produk lampu lentera LED didukung fitur pengisian ganda, artinya bisa menggunakan USB charger atau tenaga surya. Jadi, Anda dapat memilih untuk mengisi dayanya dengan matahari atau dengan listrik. Karena fleksibel, menggunakan lampu lentera LED tipe ini tentu lebih praktis. 


Selain itu, biasanya lampu lentera LED dengan pengisian ganda ini dapat juga digunakan sebagai power bank. Jadi, Anda dapat sekaligus mengisi daya handphone Anda yang lowbatt. Untuk Anda yang ingin selalu terhubung dengan dunia maya bahkan saat di hutan, pilihlah produk tipe ini. 

④ Sesuaikan warna cahaya dengan aktivitas yang dilakukan

Sesuaikan warna cahaya dengan aktivitas yang dilakukan

Berdasarkan warna cahayanya, lampu lentera LED terbagi menjadi dua, yaitu putih dan kuning. Masing-masing warna cahaya memiliki karakteristik tersendiri. 


  • Putih, untuk aktivitas harian

Jika Anda ingin menggunakan lentera LED sebagai lampu utama penerangan, Anda dapat menggunakan lampu dengan cahaya yang terang seperti warna putih. Lampu LED bercahaya putih biasanya memiliki tingkat kecerahan yang lebih tinggi daripada produk bercahaya kuning. Oleh sebab itu, lentera LED bercahaya putih cocok dipakai untuk lampu belajar atau membaca buku


  • Kuning, untuk menciptakan suasana syahdu

Di sisi lain, lampu LED bercahaya kuning lebih temaram sehingga dapat menonjolkan suasana santai. Bila Anda mencari lentera lampu LED untuk kamar tidur atau dekorasi cafe, pilihlah lentera LED bercahaya kuning


Selain itu, beberapa produk dapat dihidupkan dengan mode ramah lingkungan sehingga memiliki fungsi pengaturan kecerahan. Dengan fungsi tersebut, Anda dapat mengurangi penggunaan daya pada lentera LED. Anda jadi tidak buang-buang energi dan dapat menghemat penggunaan baterai. 

⑤ Cek indikator IP bila ingin produk yang tahan air

Cek indikator IP bila ingin produk yang tahan air

Bila Anda sering menggunakan lampu lentera LED untuk kegiatan outdoor, Anda dapat mencari produk waterproof. Produk tahan air tersebut biasanya ditandai dengan kode IPX5 atau lebih. Lampu lentera LED dengan teknologi IPX7 atau 8 bahkan tidak rusak bila direndam di dalam air.


Sekalipun Anda ingin membeli lentera LED untuk di rumah, ada baiknya Anda membeli produk dengan standar minimal IPX4. Dengan teknologi IPX4, lentera LED Anda masih dapat menahan hujan dengan intensitas ringan. Namun, produk seperti ini tidak disarankan digunakan untuk kegiatan outdoor, ya!

⑥ Ketahui cara penggunaannya

Ketahui cara penggunaannya

Lampu lentera LED dapat digunakan dengan tiga cara, yaitu digantung, berdiri, dan juga digenggam. Tidak masalah apabila fungsinya terbatas, tetapi usahakan lentera LED Anda dapat digunakan dengan tiga cara tersebut. Dengan begitu, Anda akan makin nyaman menggunakannya.


Setidaknya, sebaiknya Anda lampu LED Anda dapat digantung dan diberdirikan. Hal tersebut akan membuatnya makin berguna dalam keadaan darurat atau saat berada di luar ruangan.

10 Rekomendasi lampu lentera terbaik tipe LED

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lampu lentera terbaik tipe LED yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Multifunctional Camp Tent Lamp

 Multifunctional Camp Tent Lamp 1枚目

Bisa jadi senter dan powerbank, multifungsi!

2

LED Retro Lamp

 LED Retro Lamp 1枚目

Bisa dioperasikan dengan cara ditiup, lho!

3

Eiger

Soluna Lantern Lighting Equipment

Eiger Soluna Lantern Lighting Equipment 1枚目

Compact plus dilengkapi dengan panel surya pula

4

Sunrei

V1500 Multi-fuctional Outdoor Work Light

Sunrei V1500 Multi-fuctional Outdoor Work Light 1枚目

Untuk menerangi kawasan perkemahan Anda

5

Arei

Lightfall Lamp

Arei Lightfall Lamp 1枚目

Dilengkapi mode eco agar menyala lebih lama!

6

LuminAID

PackLite Nova USB

LuminAID PackLite Nova USB 1枚目

Bisa mengambang di atas air, keren!

7

Fenix

Lentera Camping Fresh Green

Fenix Lentera Camping Fresh Green 1枚目

Tahan banting bahkan ketika terlindas mobil sekalipun

8

Sunrei

Camping Lantern with Bluetooth Speaker

Sunrei Camping Lantern with Bluetooth Speaker 1枚目

Ada speaker-nya, bisa untuk mendengarkan musik

9

Duta Nichirindo Pratama

LED Green Lantern

Duta Nichirindo Pratama LED Green Lantern 1枚目

Cukup diisi dengan air asin atau air laut!

10

Black Diamond

Moji

Black Diamond Moji 1枚目

Masuk kantong lalu siap untuk camping!

Perincian produk
Close
No.1

Multifunctional Camp Tent Lamp

Mulai dari Rp45.000,00

Bisa jadi senter dan powerbank, multifungsi!

Lampu lentera outdoor untuk camping ini dapat menyala hingga sepuluh jam. Bisa diberdirikan, digantung, atau digenggam juga merupakan keunggulan produk ini. Tidak hanya sebagai lentera, lampu lentera LED ini dapat Anda jadikan senter dan power bank, lho! Apabila Anda ingin mempunyai lampu camping LED yang multifungsi plus bisa dijadikan charger handphone, produk ini jawabannya.

No.2

Bisa dioperasikan dengan cara ditiup, lho!

Umumnya, Anda harus memutar atau menekan tombol saat mematikan atau menyalakan lampu. Namun, lain halnya dengan produk ini. Anda cukup meniup bagian atasnya untuk membuat lampunya hidup atau padam. 


Produk ini juga hadir dalam tiga pilihan warna, yaitu biru, merah, dan hijau yang dapat Anda pilih sesuai kesukaan. Produk ini cocok untuk Anda yang suka mempunyai lampu lentera LED unik berdesain vintage

No.3

EigerSoluna Lantern Lighting Equipment910003282

Mulai dari Rp214.000,00

Compact plus dilengkapi dengan panel surya pula

Anda yang senang travelling pasti jatuh hati dengan lentera lampu camping dari Eiger ini! Selain fungsinya yang ciamik sebagai alat penerangan, lampu tenda Eiger ini bisa dilipat hingga compact. Tentunya sangat menghemat ruang saat Anda packing


Keunikan lainnya, lampu LED untuk camping ini dilengkapi dengan panel surya sehingga lebih eco-friendly. Lantas, berapa harga lampu tenda Eiger ini? Dengan dana sekitar dua ratus ribu rupiah saja, produk ini sudah berpindah ke tangan Anda. Tunggu apalagi? Segera checkout sebelum kehabisan, ya!

No.4

SunreiV1500 Multi-fuctional Outdoor Work Light

Mulai dari Rp1.045.000,00

Untuk menerangi kawasan perkemahan Anda

Produk ini dapat dilipat sehingga tidak makan tempat. Anda bisa membawa dua atau tiga lampu untuk menerangi tempat camp. Dilengkapi dengan teknologi Heat Emission Aluminum, tak perlu takut lentera Anda overheating atau mudah rusak. Bila Anda memerlukan lentera LED untuk menerangi tempat camping yang luas, beralihlah ke produk ini. 

No.5

Dilengkapi mode eco agar menyala lebih lama!

Anda ingin menampilkan suasana tempat camp yang hangat dan lebih dekat? Rasanya lampu lentera LED berbentuk bulat ini sangat pas untuk Anda bawa. Apalagi, produk ini dilengkapi dengan mode eco sehingga bisa menyala lebih lama dengan sinar hangat yang temaram. Hujan tiba-tiba datang? Tidak perlu panik, produk ini sudah dilengkapi teknologi IPX6!

No.6

LuminAIDPackLite Nova USB

Mulai dari Rp120.000,00

Bisa mengambang di atas air, keren!

Lentera LED ini sangat tipis ketika dilipat sampai bisa masuk ke dalam kotak P3K Anda. Selain itu, saat Anda ingin berenang di malam hari, lentera LED ini bisa menemani Anda karena bisa mengapung di permukaan air. Praktisnya lagi, lampu lentera ini bisa diisi dayanya dengan tenaga surya atau USB. Produk ini ditujukan untuk Anda yang ingin membawa daypack praktis ketika berkemah.

No.7

FenixLentera Camping Fresh GreenCL26R

Mulai dari Rp1.007.000,00

Tahan banting bahkan ketika terlindas mobil sekalipun

Tangguh dalam berbagai situasi adalah kata yang tepat menggambarkan lampu lentera LED Fenix! Dilrancang antidebu dan memiliki body yang kuat, produk ini memang teman sejati untuk Anda yang menyukai olahraga extreme. Sebagai contoh, adventure atau off road trail ride.

 

Tidak hanya memiliki desain stylish, produk ini juga dapat tahan dalam segala cuaca seperti hujan atau bahkan salju. Hebatnya lagi, lampu camping tahan lama ini dapat menyala hingga 400 jam nonstop. Bila Anda mencari lampu kemah yang superawet untuk dibawa keliling dunia, produk ini wajib Anda miliki.

No.8

SunreiCamping Lantern with Bluetooth SpeakerCC-Music-SE

Mulai dari Rp1.100.000,00

Ada speaker-nya, bisa untuk mendengarkan musik

Ketika membeli produk Sunrei ini, Anda akan mendapatkan lampu LED yang telah dilengkapi speaker. Dengan begitu, Anda dapat sekaligus mendengarkan musik. Tidak hanya itu, lampu ini juga dapat diatur kecerahannya sesuai kebutuhan Anda. 


Kerennya lagi, lentera LED ini memiliki magnet sehingga bisa menempel pada besi juga. Anda dapat menempelkannya pada badan mobil atau kaki meja stainless steel. Bila Anda suka camping atau hiking sembari ditemani musik, lampu lentera LED ini adalah pilihan terbaik.

No.9

Duta Nichirindo PratamaLED Green Lantern

Mulai dari Rp649.999,00

Cukup diisi dengan air asin atau air laut!

Produk dalam negeri yang satu ini, pengisian dayanya menggunakan air asin atau air laut.  Produsennya sendiri menciptakan produk ini untuk para nelayan atau pemancing malam. Dengan lentera LED ini, kegiatan memancing pun jadi jauh lebih hemat. Bila Anda suka memancing, lentera LED outdoor ini bisa Anda jadikan pelengkap. 

No.10

Masuk kantong lalu siap untuk camping!

Memiliki pilihan warna-warna terang merupakan kelebihan dari produk ini. Uniknya lagi, lampu tenda camping ini hanya seukuran kantong saja! Jadi, untuk Anda yang tidak mau repot-repot membawa banyak barang bawaan, lentera LED ini bisa Anda andalkan. Cukup masukkan ke dalam kantong celana dan Anda sudah mendapatkan penerangan untuk camping!

Baca juga rekomendasi lampu senter dan lampu belajar LED lainnya di sini

Selain lampu LED berbentuk lentera, terdapat juga beberapa lampu LED dalam bentuk lainnya. Salah satunya adalah senter dan lampu belajar. Silakan simak penjelasan lebih lanjutnya di artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Pada artikel ini, kami sudah memberikan beberapa poin penting yang dapat Anda pergunakan untuk memilih lampu lentera LED terbaik. Agar tidak salah membeli, perhatikan warna cahaya, cara pengisian daya, serta ukuran lampu LED incaran Anda. 


Lalu, pertimbangkan juga produk yang dapat tahan air agar fleksibel digunakan pada area indoor atau outdoor. Akhir kata, semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan lampu lentera LED yang Anda butuhkan. 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer