mybest
Slow cooker

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Elektronik rumah tangga
  3. Elektronik dapur
  4. 10 Rekomendasi Slow Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Slow Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Slow Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Slow Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Slow Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Slow Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Slow Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Slow cooker adalah peranti dapur multifungsi yang digunakan untuk memasak dalam waktu yang lama serta suhu rendah. Dengan alat ini, nilai gizi dan nutrisi makanan yang Anda masak tetap terjaga dengan baik. Slow cooker bisa digunakan untuk memasak sup, bubur, nasi, hingga makanan bayi atau MPASI.


Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih slow cooker terbaik untuk Anda. Kami juga memberikan review merek slow cooker yang bagus, seperti Miyako, Takahi, Idealife, Maspion, dan Baby Safe beserta harganya. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai akhir, ya!

Diperbaharui 07/02/2024
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Mengenal slow cooker dan manfaatnya

Mengenal slow cooker dan manfaatnya

Slow cooker adalah peralatan dapur yang biasa digunakan untuk memasak pada suhu rendah dalam jangka waktu lama. Kebanyakan orang memakai slow cooker untuk membuat MPASI, seperti sup, bubur, dan nasi tim. Waktu yang dibutuhkan untuk memasak MPASI bergantung pada mode yang dipilih. Pada mode high, MPASI akan matang setelah 1–3 jam. Sementara itu, pada mode low, Anda butuh waktu 4–6 untuk mematangkannya. 


Akan tetapi, tidak banyak yang tahu bahwa alat ini juga bisa memasak aneka makanan yang sehat dan bergizi tinggi. Anda bisa memasak semur, soto ayam, serta berbagai olahan daging dan sayur lainnya menggunakan slow cooker. Daging yang diolah menggunakan slow cooker akan menjadi lebih empuk dan lembut tanpa kehilangan rasa khasnya.


Keunggulan memasak menggunakan slow cooker adalah nutrisi dan kandungan vitamin dari bahan makanan tidak akan rusak. Ini disebabkan oleh rendahnya suhu yang digunakan, rata-rata sekitar 80 °C. Dengan demikian, alat ini ideal untuk memasak makanan bayi dan anak-anak yang membutuhkan banyak vitamin bagi pertumbuhannya.

Cara memilih slow cooker

Guna mendapatkan produk terbaik, tentunya Anda tidak boleh asal dalam memilih. Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih slow cooker dan hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membelinya. Simak selengkapnya berikut ini.

1

Sesuaikan kapasitas slow cooker dengan kebutuhan Anda

Slow cooker memiliki kapasitas yang beragam. Ada yang kapasitasnya besar hingga mencapai 6 liter, ada juga yang kecil dengan kapasitas kurang dari 1 liter. Untuk memilihnya, sesuaikanlah kapasitas slow cooker dengan kebutuhan Anda.

Untuk MPASI, slow cooker dengan kapasitas sekitar 1 liter sudah mumpuni

Untuk MPASI, slow cooker dengan kapasitas sekitar 1 liter sudah mumpuni

Jika tujuan membeli slow cooker adalah memasak makanan bayi atau MPASI saja, produk berukuran mini lebih disarankan. Bayi cenderung mengonsumsi makanan dalam jumlah kecil sehingga Anda tak akan membutuhkan slow cooker besar. Adapun kapasitas slow cooker untuk MPASI yang ideal adalah sekitar 1–2 liter.


Dengan kapasitas tersebut, Anda bisa memasak MPASI dalam jumlah pas sekaligus menghemat dana yang perlu dikeluarkan. Namun, jika kebetulan Anda memasak terlalu banyak, tidak disarankan untuk menyimpan MPASI dalam slow cooker. Lebih baik Anda menyimpannya dalam kulkas dan menghangatkannya pada suhu minimal 70 °C saat akan disantap.

Untuk memasak sehari-hari, pilih yang berkapasitas lebih dari 2 liter

Untuk memasak sehari-hari, pilih yang berkapasitas lebih dari 2 liter

Di sisi lain, Anda akan membutuhkan slow cooker berkapasitas besar untuk memasak makanan bagi seluruh anggota keluarga. Jika Anda tinggal bersama keluarga kecil, slow cooker berkapasitas 2–4 liter bisa Anda gunakan. Namun, Anda yang tinggal bersama keluarga besar akan membutuhkan kapasitas yang lebih besar, yakni lebih dari 4 liter.


Sebagai acuan, slow cooker berkapasitas di atas 4,5 liter mampu menampung hingga tiga ayam utuh dalam sekali masak. Dengan kapasitas yang sama, Anda bisa menggunakannya untuk memasak sebanyak tiga kilogram daging. Apabila Anda biasa memasak dalam kuantitas yang lebih banyak, pilihlah slow cooker yang lebih besar pula. Dengan begitu, Anda dapat memasak makanan dalam sekali olah.
2

Periksa jumlah mode atau fungsi yang dimilikinya

Periksa jumlah mode atau fungsi yang dimilikinya

Selanjutnya, jumlah mode atau fungsi yang dimiliki oleh slow cooker juga patut Anda pertimbangkan. Sebagai standar, slow cooker biasanya dilengkapi tiga mode, yaitu mode low, high, dan warm. Namun, ada juga yang tiga modenya berupa low, high, dan auto. Tersedia pula produk yang dilengkapi banyak mode atau fungsi, misalnya fungsi timer, preset, menu otomatis, dan lain-lain.


Biasanya, makin banyak modenya, makin tinggi pula harga slow cooker tersebut. Namun, hal ini sebanding dengan kenyamanan dan kepraktisan yang akan Anda dapatkan. Dengan beragam pilihan mode tersebut, proses memasak akan jadi lebih mudah dan menyenangkan. Untuk itu, sesuaikanlah dengan budget dan kebutuhan Anda.

3

Ketahui karakteristik bahan inner pot-nya

Ketahui karakteristik bahan inner pot-nya

Setelah mengetahui kapasitas dan mode slow cooker, kini saatnya Anda memeriksa bahannya, terutama inner pot. Secara umum, bahan yang sering digunakan untuk membuat inner pot slow cooker adalah keramik atau tanah liat. Namun, ada juga slow cooker yang terbuat dari bahan metal, misalnya aluminium.


Inner pot keramik biasanya berbobot cukup berat. Bahan ini mampu menyalurkan panas dengan baik ke seluruh permukaannya sehingga masakan matang merata. Sayangnya, inner pot keramik lebih rentan pecah saat terjatuh atau terbentur benda keras. Bahan ini juga cenderung mudah retak saat mengalami perubahan suhu drastis. Jadi, dinginkan slow cooker selama satu atau dua jam sebelum Anda mencucinya.


Di sisi lain, inner pot metal biasanya berbobot lebih ringan daripada keramik. Inner pot ini juga lebih tahan banting dan tidak mudah rusak saat terjatuh. Kelemahannya, material metal memiliki konduktivitas dan efisiensi panas yang baik sehingga kurang ideal digunakan pada slow cooker. Meski begitu, terdapat slow cooker dengan inner pot metal berlapis sehingga suhunya dapat terkontrol dengan lebih baik.

4

Carilah penutup yang transparan atau terbuat dari kaca

Carilah penutup yang transparan atau terbuat dari kaca

Mengenai penutupnya, usahakan untuk memilih slow cooker dengan penutup transparan atau yang terbuat dari kaca. Hal ini memudahkan Anda untuk melihat sejauh mana proses memasak telah berjalan. Dengan penutup kaca, Anda tak perlu membuka penutup pot sehingga suhu di dalamnya tetap terjaga baik. Makanan pun akan matang sempurna dan bisa dinikmati dengan segera.

5

Pertimbangkan pula daya listrik yang dibutuhkan

Pertimbangkan pula daya listrik yang dibutuhkan

Slow cooker membutuhkan daya listrik yang relatif lebih kecil dibandingkan peralatan memasak elektronik lain. Meski begitu, sebaiknya Anda tetap memberi perhatian khusus pada hal ini, terlebih bila ingin berhemat. Pasalnya, slow cooker digunakan untuk memasak selama berjam-jam sehingga jumlah konsumsi listrik pun meningkat.


Apabila asal memilih, Anda mungkin akan dikejutkan dengan tagihan listrik yang membengkak di akhir bulan. Karenanya, pilihlah slow cooker yang membutuhkan daya listrik sekecil mungkin untuk menghemat pengeluaran Anda. Hal ini juga diperlukan guna mencegah terjadinya korsleting akibat konsumsi daya yang tidak sebanding dengan daya yang tersedia.

6

Agar mudah dibersihkan, pilih slow cooker dengan inner pot yang bisa dilepas

Agar mudah dibersihkan, pilih slow cooker dengan inner pot yang bisa dilepas

Salah satu cara menjaga keawetan slow cooker adalah rutin membersihkannya. Slow cooker yang bersih juga menjamin kehigienisan masakan. Oleh karena itu, pilihlah slow cooker dengan inner pot yang bisa dipisahkan dari motor atau adaptornya. Dengan begitu, Anda akan dimudahkan saat mencucinya sehingga kebersihan inner pot dapat tetap terjaga.


Selain itu, inner pot yang bisa dilepas juga akan memudahkan Anda saat menghidangkan makanan. Anda pun bisa menyajikan makanan langsung dari inner pot-nya ke meja makan sesaat setelah makanan tersebut matang. Praktis sekali, bukan?

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Slow Cooker Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Slow Cooker terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 07 Februari 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Kapasitas
Daya listrik
Bahan inner pot
Bahan penutup pot
Mode
1

Baby Safe

Slow CookerLB06D

Baby Safe Slow Cooker 1

Rp339.000

Agak Murah

Membantu menyiapkan camilan yang sehat dan aman bagi si kecil

1,5 L

Tidak diketahui

Keramik

Kaca

Auto On, 6 pilihan fungsi memasak

2

Emily

Slow Cooker + SteamerESC-36005

Emily Slow Cooker + Steamer 1

Rp449.900

Menengah

Suaranya pelan, tidak akan mengganggu tidur si kecil

0,8 L

200 W

Tanah liat

Tanah liat

6 pilihan fungsi memasak

3

Hi-Cook

Slow Cooker SC-15

Hi-Cook  Slow Cooker  1

Rp500.000

Menengah

Dilengkapi handel antipanas di bagian kiri dan kanan, produk lebih mudah dipindahkan

1,5 L

80 W

Keramik

Tempered glass

Warm, Low, High

4

Takahi

Slow Cooker 0,7L

Takahi Slow Cooker 0,7L  1

Rp539.000

Menengah

Bisa menggunakan listrik ataupun kompor

0,7 L

80 W

Tanah liat

Kaca

Tidak diketahui

5

Kris

Slow Cooker

Kris Slow Cooker 1

Rp269.900

Lebih Murah

Fitur sederhana, mudah digunakan oleh pemula

1,5 L

120 W

Keramik

Kaca

Warm, Low, High

6

SMART CHEF

Rice Cooker Low Carbo Pressure Slow Cooker

SMART CHEF Rice Cooker Low Carbo Pressure Slow Cooker 1

Rp2.000.000

Lebih Mahal

Bisa untuk presto dan olahan makanan lainnya

1,8 L

700 W

Stainless steel 304

Tidak diketahui

Multi-Function with Fuzzy Logic, Thermo Steam, Keep Warm, dan sebagainya

7

Miyako

Slow CookerSC-630

Miyako  Slow Cooker 1

Rp550.000

Menengah

Masakan dijamin matang secara merata!

5 L

260 W

Keramik

Kaca

Warm, Low, High

8

Oxone

Slow CookerOX821OV

Oxone Slow Cooker 1

Rp890.000

Agak Mahal

Cantik dan fungsional berkat bentuk ovalnya

5 L

290 W

Keramik

Kaca

Keep warm, Low, High

9

Maspion

Slow CookerMSC-1850

Maspion  Slow Cooker 1

Rp550.000

Menengah

Makanan hangat lebih lama dan nutrisinya terjaga

5 L

260 W

Keramik

Kaca

Low, High, Auto

10

Idealife

Slow Cooker IL-325

Idealife Slow Cooker  1

Rp700.000

Agak Mahal

Bodi stainless steel yang futuristik dan inner pot keramik, dijamin awet!

2,5 L

160 W

Keramik

Tempered glass

Warm, Low, High

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Baby SafeSlow CookerLB06D

Slow Cooker 1
Sumber: babysafe.co.id
Harga referensi
Rp339.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp339.000
Agak Murah

Membantu menyiapkan camilan yang sehat dan aman bagi si kecil

Mungkin Anda ingin memberikan camilan di samping MPASI bagi si kecil? Baby Safe mengeluarkan slow cooker yang akan membantu Anda menyiapkan camilan dan dessert. Dari puding roti tawar hingga apple dessert, silakan berkreasi dengan dukungan slow cooker Baby Safe ini.


Anda tak perlu mencemaskan kualitas dan keamanan alat ini. Produk Baby Safe ini sudah memiliki sertifikat European Safety Standard. Bahannya pun bebas BPA. Dengan demikian, makanan yang masuk ke mulut si kecil tidak hanya sehat, tetapi juga aman.

Kapasitas1,5 L
Daya listrikTidak diketahui
Bahan inner potKeramik
Bahan penutup potKaca
ModeAuto On, 6 pilihan fungsi memasak
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

EmilySlow Cooker + SteamerESC-36005

Harga referensi
Rp449.900
Menengah

Suaranya pelan, tidak akan mengganggu tidur si kecil

Memiliki slow cooker dengan fungsi lebih banyak tentu memberi Anda kesempatan lebih besar untuk mencoba banyak resep. Nah, Slow Cooker Emily yang berasal dari Tiongkok ini juga bisa difungsikan sebagai steamer atau pengukus. Pastinya kedua fungsi ini sama-sama mampu menjaga nutrisi dalam makanan.


Proses memasaknya pun tidak mengeluarkan suara berisik. Tentunya ini menjadi nilai plus bagi Anda yang tinggal di rumah mungil. Si kecil tidak akan mudah terbangun saat Anda sedang menggunakan slow cooker ini.

Kapasitas0,8 L
Daya listrik200 W
Bahan inner potTanah liat
Bahan penutup potTanah liat
Mode6 pilihan fungsi memasak
View all
No.3

Hi-Cook Slow Cooker SC-15

Harga referensi
Rp500.000
Menengah

Dilengkapi handel antipanas di bagian kiri dan kanan, produk lebih mudah dipindahkan

Slow Cooker Hi-Cook ini memiliki kapasitas 1,5 L dan daya 80 W saja. Dengan spesifikasi tersebut, produk ini pas untuk keperluan rumah tangga atau keluarga kecil Anda. Selain itu, bagian kanan dan kiri bodi produk dilengkapi dengan handel antipanas. Jadi, Anda dapat dengan mudah memindahkan atau menggeser slow cooker ini ke mana pun Anda mau. Penutupnya pun kukuh karena terbuat dari material tempered glass, lho.

Kapasitas1,5 L
Daya listrik80 W
Bahan inner potKeramik
Bahan penutup potTempered glass
ModeWarm, Low, High
View all
No.4

TakahiSlow Cooker 0,7L

Harga referensi
Rp539.000
Menengah

Bisa menggunakan listrik ataupun kompor

Apakah Anda tinggal di wilayah yang jaringan listriknya kurang stabil sehingga sering mengalami pemadaman? Jika iya, Anda pasti pernah dibuat kesal karena listrik padam saat masakan belum matang. Dengan memakai slow cooker Takahi, permasalahan tersebut bisa diatasi. Selain memakai listrik, inner pot-nya juga bisa Anda panaskan langsung di atas kompor.


Berkat hal tersebut, Anda tak perlu khawatir jika terjadi pemadaman listrik saat sedang memasak memakai slow cooker. Takahi Slow Cooker juga tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni oranye, biru, dan pink, yang akan mempercantik dapur Anda.

Kapasitas0,7 L
Daya listrik80 W
Bahan inner potTanah liat
Bahan penutup potKaca
ModeTidak diketahui
View all
No.5

KrisSlow Cooker

Harga referensi
Rp269.900
Lebih Murah

Fitur sederhana, mudah digunakan oleh pemula

Kris Slow Cooker patut dipertimbangkan jika Anda mencari produk penanak nasi yang sederhana dan mudah digunakan. Alasannya, slow cooker ini tidak memiliki fitur rumit, hanya terdapat tiga mode esensial, yakni Warm, Low, dan High. Dengan fitur sederhana tersebut, Anda yang pemula atau yang gaptek dengan fitur elektronik pun tak akan kesulitan menggunakannya. Meski terbilang sederhana, fungsi utama produk ini dalam menjaga makanan tak perlu diragukan! 

Kapasitas1,5 L
Daya listrik120 W
Bahan inner potKeramik
Bahan penutup potKaca
ModeWarm, Low, High
View all
No.6

SMART CHEFRice Cooker Low Carbo Pressure Slow Cooker

Harga referensi
Rp2.000.000
Lebih Mahal

Bisa untuk presto dan olahan makanan lainnya

Tidak hanya berfungsi sebagai penanak nasi, smart rice cooker ini juga bisa difungsikan sebagai presto, lho! Memasak ayam tulang lunak atau bandeng duri lunak pun menjadi lebih mudah dan praktis cukup dengan satu alat ini. 


Aneka kue, seperti brownies atau bolu kukus, juga bisa dimasak menggunakan rice cooker ini. Hal tersebut membuatnya cocok dipakai oleh Anda yang suka memasak aneka hidangan presto dan nasi yang rendah karbo.

Kapasitas1,8 L
Daya listrik700 W
Bahan inner potStainless steel 304
Bahan penutup potTidak diketahui
ModeMulti-Function with Fuzzy Logic, Thermo Steam, Keep Warm, dan sebagainya
View all
No.7

Miyako Slow CookerSC-630

Harga referensi
Rp550.000
Menengah

Masakan dijamin matang secara merata!

Miyako sudah dikenal lama oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu produsen cookware yang berkualitas tinggi. Miyako Slow Cooker SC-630 dilengkapi sistem pemanasan yang menyeluruh alias merata di segala arah.


Dengan begitu, daging yang dimasak di dalamnya akan memiliki tingkat kematangan yang merata. Hasil masakan pun akan jauh lebih enak jika dimasak dengan produk dari Miyako ini. Untuk Anda yang gemar mengolah dan menikmati daging, cobalah memakai slow cooker Miyako ini.

Kapasitas5 L
Daya listrik260 W
Bahan inner potKeramik
Bahan penutup potKaca
ModeWarm, Low, High
View all
No.8

OxoneSlow CookerOX821OV

Harga referensi
Rp890.000
Agak Mahal

Cantik dan fungsional berkat bentuk ovalnya

Oxone Slow Cooker merupakan produk terbaik jika Anda mencari slow cooker dengan desain yang dapat mempercantik dapur Anda. Produk ini secara keseluruhan berwarna putih bersih dengan aksen sayur-mayur sebagai pemanis di bagian bodi produk. 


Selain bentuknya yang cantik, desainnya juga fungsional. Slow cooker ini memiliki bentuk oval sehingga dapat menampung satu ayam utuh. Jadi, selain untuk menanak nasi, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk memasak ingkung ayam. 

Kapasitas5 L
Daya listrik290 W
Bahan inner potKeramik
Bahan penutup potKaca
ModeKeep warm, Low, High
View all
No.9

Maspion Slow CookerMSC-1850

Harga referensi
Rp550.000
Menengah

Makanan hangat lebih lama dan nutrisinya terjaga

Merek Maspion tentu suda tak asing di telinga masyarakat Indonesia. Sebagai merek kitchen appliances terbesar di Indonesia, Anda tak perlu ragu dengan kualitasnya. Slow cooker ini bisa Anda jadikan opsi jika mencari penanak nasi yang dapat menjaga kehangatan nasi dengan lebih lama serta nutrisinya terjaga. 


Hal tersebut salah satunya berkat inner pot keramik berkualitas yang memiliki sifat mempertahankan panas dengan lebih baik. Selain itu, nutrisi makanan pun lebih terjaga serta tidak gampang basi. 

Kapasitas5 L
Daya listrik260 W
Bahan inner potKeramik
Bahan penutup potKaca
ModeLow, High, Auto
View all
No.10

IdealifeSlow Cooker IL-325

Harga referensi
Rp700.000
Agak Mahal

Bodi stainless steel yang futuristik dan inner pot keramik, dijamin awet!

Slow cooker ini merupakan investasi berharga untuk dapur Anda. Alasannya, alat masak ini memiliki material yang awet dan berkualitas. Misalnya saja body stainless steel-nya yang antikarat, tutupnya berbahan tempered glass, hingga inner pot-nya terbuat dari keramik. Aksen lekuk-lekuk pada bagian luar slow cooker juga unik, menjadikan produk ini tampak makin futuristik.

Kapasitas2,5 L
Daya listrik160 W
Bahan inner potKeramik
Bahan penutup potTempered glass
ModeWarm, Low, High
View all

5 Rekomendasi Slow Cooker terbaik

No. 1: Baby SafeSlow CookerLB06D

No. 2: EmilySlow Cooker + SteamerESC-36005

No. 3: Hi-Cook Slow Cooker SC-15

No. 4: TakahiSlow Cooker 0,7L

No. 5: KrisSlow Cooker

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Elektronik rumah tangga
  3. Elektronik dapur
  4. 10 Rekomendasi Slow Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Produk populer

Emily and Bear Air Fryer 3L
Paninti Hub | EAF-17201Emily and Bear Air Fryer 3L

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.