• 10 Rekomendasi Slow Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Slow Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Slow Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Slow Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Slow Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Slow Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Slow cooker adalah peranti dapur multifungsi yang digunakan untuk memasak dalam waktu yang lama serta suhu rendah. Dengan alat ini, nilai gizi dan nutrisi makanan yang Anda masak tetap terjaga dengan baik. Slow cooker bisa digunakan untuk memasak sup, bubur, nasi, hingga makanan bayi atau MPASI.


Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih slow cooker terbaik untuk Anda. Tak lupa, kami juga akan memberikan review merk slow cooker yang bagus, seperti Miyako, Takahi, Philips, Emily, dan Baby Safe. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai akhir, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Diah Didi
  • Pembaharuan terakhir: 02 Desember 2021
Daftar isi

Mengenal slow cooker dan manfaatnya

Mengenal slow cooker dan manfaatnya

Slow cooker adalah peralatan dapur yang biasa digunakan untuk memasak pada suhu rendah dalam jangka waktu lama. Durasi yang diperlukan untuk memasak memakai alat ini sangatlah bervariasi, mulai dari tiga hingga dua belas jam. Kebanyakan orang memahami slow cooker sebagai alat dapur untuk membuat MPASI. Nyatanya, alat ini juga bisa digunakan untuk memasak aneka makanan yang sehat dan bergizi tinggi.


Keberadaan slow cooker ini sangat meringankan tugas ibu-ibu sehingga mereka bisa memasak sambil mengerjakan banyak hal lainnya. Anda pun tak perlu takut masakan menjadi gosong meski ditinggal selama beberapa jam. Beberapa hidangan yang bisa Anda masak menggunakan slow cooker, yaitu sup, bubur, dan nasi tim. Selain itu, daging yang diolah menggunakan slow cooker juga akan menjadi lebih empuk dan lembut. 


Keunggulan dari memasak menggunakan slow cooker adalah nutrisi dan kandungan vitamin tidak akan rusak. Proses pematangan dengan suhu rendah membuat kandungan nutrisi tersebut tidak hilang dan tetap terjaga kualitasnya. Karenanya, alat ini ideal digunakan untuk memasak makanan bayi dan anak-anak yang membutuhkan banyak vitamin untuk pertumbuhannya.

Cara memilih slow cooker

Guna mendapatkan produk terbaik, tentunya Anda tidak boleh asal dalam memilih. Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih slow cooker dan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum membelinya. Simak selengkapnya berikut ini.

Sesuaikan kapasitas slow cooker dengan kebutuhan Anda

Slow cooker memiliki kapasitas yang beragam. Ada yang kapasitasnya besar hingga mencapai 6 liter, ada juga yang kecil dengan kapasitas kurang dari 1 liter. Untuk memilihnya, sesuaikanlah kapasitas slow cooker dengan kebutuhan Anda.

Untuk MPASI, slow cooker dengan kapasitas sekitar 1 liter sudah mumpuni

Untuk MPASI, slow cooker dengan kapasitas sekitar 1 liter sudah mumpuni

Jika tujuan membeli slow cooker adalah untuk memasak makanan bayi atau MPASI, produk berukuran mini atau compact lebih disarankan. Bayi biasanya tidak mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak sehingga Anda tak akan membutuhkan slow cooker besar. Adapun kapasitas slow cooker untuk MPASI yang ideal yaitu sekitar satu sampai dua liter.


Dengan kapasitas tersebut, Anda bisa memasak MPASI dalam jumlah yang pas sekaligus menghemat dana yang perlu dikeluarkan. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang membeli slow cooker untuk keperluan personal di tempat kos atau dibawa traveling. Pilihlah slow cooker dengan ukuran yang tidak terlalu besar supaya mudah disimpan dan dibawa ke mana-mana.

Untuk memasak sehari-hari, pilih yang berkapasitas lebih dari 2 liter

Untuk memasak sehari-hari, pilih yang berkapasitas lebih dari 2 liter

Di sisi lain, Anda akan membutuhkan slow cooker berkapasitas besar untuk memasak makanan bagi seluruh anggota keluarga. Jika Anda tinggal bersama keluarga kecil, slow cooker berkapasitas dua sampai empat liter bisa Anda gunakan. Namun, Anda yang tinggal bersama keluarga besar akan membutuhkan kapasitas yang lebih besar, yakni lebih dari empat liter.


Sebagai acuan, slow cooker berkapasitas 4,5 liter mampu menampung hingga tiga ayam utuh dalam satu kali masak. Dengan kapasitas yang sama, Anda bisa menggunakannya untuk memasak sebanyak tiga kilogram daging. Apabila Anda biasa memasak dalam kuantitas yang lebih banyak, pilihlah slow cooker yang lebih besar pula. Dengan begitu, Anda dapat memasak makanan yang dibutuhkan dalam sekali olah.

Periksa jumlah mode atau fungsi yang dimilikinya

Periksa jumlah mode atau fungsi yang dimilikinya

Selanjutnya, jumlah mode atau fungsi yang dimiliki oleh sebuah slow cooker juga patut Anda pertimbangkan. Sebagai standar, slow cooker biasanya dilengkapi tiga mode, yaitu mode low, high, dan warm. Namun, ada juga yang tiga modenya berupa low, high, dan auto. Lalu, tersedia pula produk yang dilengkapi banyak mode atau fungsi, misalnya fungsi timer, preset, menu otomatis, dan lain-lain.


Biasanya, makin banyak modenya, makin tinggi pula harga slow cooker tersebut. Namun, hal ini sebanding dengan kenyamanan dan kepraktisan yang akan Anda dapatkan. Dengan beragam pilihan mode tersebut, proses memasak akan jadi lebih mudah dan menyenangkan. Berapa pun jumlah modenya, sesuaikanlah dengan budget dan kebutuhan Anda.

Ketahui bahan inner pot dan penutupnya

Ketahui bahan inner pot dan penutupnya

Setelah mengetahui kapasitas dan mode slow cooker, kini saatnya Anda memeriksa bahannya, terutama inner pot dan penutupnya. Secara umum, bahan yang sering digunakan untuk membuat inner pot slow cooker adalah keramik atau tanah liat. Namun, ada juga slow cooker yang terbuat dari bahan metal, misalnya aluminium.


Inner pot yang terbuat dari keramik biasanya memiliki bobot yang cukup berat. Inner pot ini mampu menyalurkan panas dengan baik ke seluruh permukaannya sehingga masakan bisa matang merata. Sayangnya, inner pot keramik lebih rentan pecah saat terjatuh atau terbentur benda keras. Bahan ini juga cenderung mudah retak apabila mengalami perubahan suhu yang drastis. Karenanya, pastikan untuk mendinginkan slow cooker selama satu atau dua jam sebelum Anda mencucinya.


Di sisi lain, inner pot metal biasanya berbobot lebih ringan daripada keramik. Inner pot ini juga lebih tahan banting dan tidak mudah rusak saat terjatuh. Kelemahannya, material metal memiliki konduktivitas dan efisiensi panas yang baik sehingga kurang ideal digunakan pada slow cooker. Meski begitu, terdapat slow cooker dengan inner pot metal berlapis sehingga suhunya dapat terkontrol dengan lebih baik.


Mengenai penutupnya, usahakan untuk memilih slow cooker dengan penutup transparan atau yang terbuat dari kaca. Hal ini guna memudahkan Anda saat ingin melihat sejauh mana proses memasak telah berjalan. Dengan penutup kaca, Anda tak perlu membuka penutup pot sehingga suhu di dalamnya tetap terjaga baik. Makanan pun akan matang sempurna dan bisa dinikmati dengan segera.

Pertimbangkan pula daya listrik yang dibutuhkannya

Pertimbangkan pula daya listrik yang dibutuhkannya

Slow cooker biasanya membutuhkan daya listrik yang lebih sedikit bila dibandingkan peralatan memasak elektronik lain. Meski begitu, sebaiknya Anda tetap memberi perhatian khusus pada hal ini, terlebih bila Anda ingin berhemat. Pasalnya, slow cooker sering digunakan untuk memasak selama berjam-jam sehingga jumlah listrik yang dikonsumsinya pun makin banyak.


Apabila Anda asal memilih, Anda mungkin akan dikejutkan dengan tagihan listrik yang membengkak di akhir bulan. Karenanya, pilihlah slow cooker yang membutuhkan daya listrik sekecil mungkin untuk menghemat pengeluaran Anda. Hal ini juga diperlukan guna mencegah terjadinya korsleting akibat konsumsi daya yang tidak sebanding dengan yang tersedia.

Agar mudah dibersihkan, pilih slow cooker dengan inner pot yang bisa dilepas

Agar mudah dibersihkan, pilih slow cooker dengan inner pot yang bisa dilepas

Jika berurusan dengan keluarga, setiap orang pasti ingin memberikan yang terbaik untuk mereka. Salah satu caranya adalah dengan memastikan alat-alat masak yang digunakan terjaga kehigienisannya. Oleh karena itu, pilihlah slow cooker dengan inner pot yang bisa dipisahkan dari motor atau adaptornya. Dengan begitu, Anda akan dimudahkan saat mencucinya sehingga kebersihan inner pot dapat tetap terjaga.


Selain itu, inner pot yang bisa dilepas juga akan memudahkan Anda saat menghidangkan makanan. Anda pun bisa menyajikan makanan langsung dari inner pot-nya ke meja makan sesaat setelah makanan tersebut matang. Praktis sekali, bukan?

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi slow cooker terbaik

Sudahkah Anda memiliki gambaran mengenai slow cooker yang ingin dibeli? Berikut ini jajaran rekomendasi produk slow cooker terbaik yang telah kami rangkum untuk Anda. Simak selengkapnya karena mungkin saja slow cooker idaman Anda ada di antaranya!

10

Takahi Slow Cooker 0.7LT Heat Resistant

TK.1188HR

Mulai dari Rp 435.000,00

Kapasitas0,7 liter
Daya listrik80 watt
Bahan inner potTanah liat
Bahan penutup potKaca
ModeTanpa mode
9

OxoneSlow Cooker 290 Watt 4 Liter

OX821RO4

Mulai dari Rp 690.000,00

Kapasitas4 liter
Daya listrik290 watt
Bahan inner potKeramik
Bahan penutup potKaca
ModeLow, high, dan keep warm
8
Kapasitas4,5 liter
Daya listrik280 watt
Bahan inner potKeramik
Bahan penutup potKaca
ModeLow, high, dan auto
7

Baby Safe Digital Slow Cooker

LB 007

Mulai dari Rp 235.000,00

Kapasitas0,8 liter
Daya listrik80 watt
Bahan inner potKeramik
Bahan penutup potKaca
ModeWarm dan timer cook
6
Kapasitas1,5 liter
Daya listrik40 – 120 watt (tergantung modenya)
Bahan inner potKeramik
Bahan penutup potKaca
ModeWarm, low, dan high
5
Kapasitas2,5 liter
Daya listrik160 watt
Bahan inner potKeramik
Bahan penutup potKaca
ModeOff, low, high, auto, cook, dan power
4

Emily Slow Cooker 0.8L

ESC-35004

Mulai dari Rp 599.000,00

Kapasitas0,8 liter
Daya listrik250 watt
Bahan inner potNatural purple clay berlapis keramik hitam
Bahan penutup potKeramik putih
ModeFunction, preset, phase, timer, congee, soup, keep warm, infant, baby, dan child
3

Russel Hobs Compact Home Slow Cooker

25570-56

Mulai dari Rp 559.000,00

Kapasitas2 liter
Daya listrik145 watt
Bahan inner potKeramik
Bahan penutup potKaca
ModeLow, high, dan warm
2
Kapasitas5 liter
Daya listrik260 watt
Bahan inner potKeramik
Bahan penutup potKaca
ModeLow, high, dan warm
1

PhilipsViva Collection All-In-One Cooker

HD2137/30

Mulai dari Rp 1.749.000,00

Kapasitas6 liter
Daya listrik1.000 watt
Bahan inner potAluminium
Bahan penutup potAluminium
ModeCooking time, preset timer, pressure cook (heating, start, maintain, dan warm), slow cook low & high temperature, saute low & high temperature, stew, yogurt, dan bake

Tabel perbandingan produk slow cooker terbaik

Gambar produk
1
Philips Viva Collection All-In-One Cooker 1

Philips

2
Miyako  Slow Cooker 1

Miyako

3
Russel Hobs  Compact Home Slow Cooker  1

Russel Hobs

4
Emily  Slow Cooker 0.8L 1

Emily

5
Maspion  Slow Cooker  1

Maspion

6
Hi-Cook  Slow Cooker  1

Hi-Cook

7
Baby Safe  Digital Slow Cooker 1

Baby Safe

8
Mito Electronic Slow Cooker 1

Mito Electronic

9
Oxone Slow Cooker 290 Watt 4 Liter 1

Oxone

10
Takahi  Slow Cooker 0.7LT Heat Resistant 1

Takahi

Nama produk

Viva Collection All-In-One Cooker

Slow Cooker

Compact Home Slow Cooker

Slow Cooker 0.8L

Slow Cooker

Slow Cooker

Digital Slow Cooker

Slow Cooker

Slow Cooker 290 Watt 4 Liter

Slow Cooker 0.7LT Heat Resistant

Keunggulan

Sangat multifungsi, pressure cooker sekaligus slow cooker dalam satu produk

Masakan dijamin matang merata!

Slow cooker berkualitas tinggi untuk memasak aneka resep

Ringkas dan mudah dibawa traveling

Untuk masak MPASI bisa, untuk keperluan sehari-hari juga mumpuni

Keamanan nomor satu, pilihan sempurna untuk orang yang baru belajar masak

Terbuat dari bahan berkualitas yang aman untuk bayi

Desain yang elegan dan user friendly

Meja makan makin cantik dengan slow cooker bergambar sayuran

Mau memakai listrik atau kompor, semua bisa

Harga mulai dariRp 1.749.000,00Rp 335.000,00Rp 559.000,00Rp 599.000,00Rp 224.000,00Rp 264.000,00Rp 235.000,00Rp 399.000,00Rp 690.000,00Rp 435.000,00
Kapasitas6 liter5 liter2 liter0,8 liter2,5 liter1,5 liter0,8 liter4,5 liter4 liter0,7 liter
Daya listrik1.000 watt260 watt145 watt250 watt160 watt40 – 120 watt (tergantung modenya)80 watt280 watt290 watt80 watt
Bahan inner potAluminiumKeramikKeramikNatural purple clay berlapis keramik hitamKeramikKeramikKeramikKeramikKeramikTanah liat
Bahan penutup potAluminiumKacaKacaKeramik putihKacaKacaKacaKacaKacaKaca
ModeCooking time, preset timer, pressure cook (heating, start, maintain, dan warm), slow cook low & high temperature, saute low & high temperature, stew, yogurt, dan bakeLow, high, dan warmLow, high, dan warmFunction, preset, phase, timer, congee, soup, keep warm, infant, baby, dan childOff, low, high, auto, cook, dan powerWarm, low, dan highWarm dan timer cookLow, high, dan autoLow, high, dan keep warmTanpa mode
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk peralatan masak elektronik lainnya di sini

Selain slow cooker, siapa tahu Anda secang mencari peralatan masak elektronik lainnya untuk melengkapi dapur Anda. Untuk itu, kami sudah menyiapkan artikel rekomendasi berbagai produk terbaik, seperti blender, rice cooker, dan slow juicer. Cek selengkapnya pada tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Kali ini, kami telah mengulas cara memilih slow cooker untuk Anda. Bagaimana pendapat Anda tentang review yang kami berikan? Slow cooker adalah peranti dapur multifungsi yang bisa Anda pakai untuk memasak berbagai jenis masakan.


Mulai dari MPASI, sup, hingga semur daging, semuanya bisa Anda buat menggunakan alat yang satu ini. Dengan membaca artikel ini, semoga Anda bisa menemukan slow cooker terbaik yang benar-benar dibutuhkan. Selamat bereksperimen dengan slow cooker!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai tempat untuk menyimpan makanan agar tahan lama, penggunaan kulkas sangatlah penting. Salah satu model kulkas yang cukup banyak diminati masyarakat adalah kulkas 2 pintu. Setiap merk kulkas, seperti Panasonic, Sharp, Samsung, Polytron, dan LG tentunya memiliki kualitas yang berbeda-beda.Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih kulkas 2 pintu terbaik untuk Anda. Berbagai pertimbangan, seperti harga, ukuran, fitur, beserta konsumsi listriknya akan kami jelaskan secara detail untuk memudahkan Anda. Yuk, simak terus artikel ini!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Low Carbo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Low Carbo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Diet low carbo atau rendah karbohidrat diperlukan oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengontrol gula darah. Di lain sisi, nasi memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Padahal, nasi adalah makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari. Nah, sekarang sudah ada teknologi baru, yaitu rice cooker low carbo.Berkat rice cooker ini, Anda bisa menanak nasi rendah karbohidrat sehingga kesehatan senantiasa terjaga. Di artikel ini, kami akan mengulas rekomendasi rice cooker low carbo yang bagus dari berbagai merek, seperti Signora, LocknLock, dan Ecohome. Bacalah hingga selesai dan dapatkan produk terbaik Anda!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Microwave oven merupakan alat yang dapat digunakan untuk membuat hamburger hingga memanggang kentang. Ada banyak model microwave oven yang dijual di pasaran mulai dari merek , Panasonic, Modena, Sharp, dan Hitachi. Masing-masing produk dilengkapi dengan fitur khusus, baik fitur yang sederhana hingga yang lengkap.Banyaknya model yang dijual mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan. Untuk mempermudah, kami akan memberikan tips memilih microwave oven yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tak hanya itu, kami juga memberikan sepuluh rekomendasi microwave oven terbaik yang dapat Anda bandingkan berdasarkan kualitas, model, dan harganya. Selamat membaca!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kulkas merupakan alat rumah tangga yang selalu dinyalakan 24 jam setiap hari. Dengan demikian, penggunaan listriknya perlu Anda perhitungkan. Tak perlu khawatir, saat ini sudah banyak produk kulkas hemat listrik bermunculan di pasaran. Dengan menggunakan kulkas yang kebutuhan listriknya kecil, Anda bisa mengurangi biaya pemakaian listrik.Jika Anda sedang beralih memilih kulkas hemat listrik, simaklah tips dari kami. Kami juga akan memberikan berbagai rekomendasi produk kulkas hemat listrik, seperti merek LG, Samsung, Sharp, Electrolux, dan lainnya. Selamat membaca! Jangan sampai ada yang terlewat, ya!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Berfungsi untuk menjaga kesegaran makanan, kulkas menjadi perlengkapan elektronik rumah tangga yang wajib dimiliki. Ada banyak merk kulkas bagus yang saat ini mendomasi pasaran, seperti Samsung, LG, Polytron, dan Sharp. Mereka memproduksi aneka kulkas dengan fitur canggih, mulai dari kulkas mini, kulkas 1 pintu, kulkas 2 pintu, hingga kulkas besar.Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan beberapa produk kulkas terbaik untuk Anda. Anda bisa memilih kulkas berdasarkan kapasitas, dimensi, merek, dan fiturnya. Mari simak artikel ini sampai akhir dan temukan kulkas yang tepat untuk kebutuhan Anda!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Siapa yang tidak tahu dispenser? Peralatan dapur yang satu ini sangat berguna menyediakan air panas dan dingin di rumah. Dengan adanya dispenser, Anda tak perlu repot-repot memasak air panas menggunakan kompor. Seiring perkembangan teknologi, dispenser tipe galon bawah yang lebih praktis pemasangan airnya pun sudah banyak dijual di pasaran.Kali ini, kami akan membahas tips memilih dispenser galon bawah beserta sepuluh rekomendasi terbaiknya. Temukanlah produk andalan dari berbagai merek terkenal, seperti SHARP, Polytron, dan Electrolux. Anda sedang mencari dispenser baru untuk di rumah? Baca artikel ini sampai habis!
    Elektronik dapur
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Food processor adalah perkakas dapur multifungsi yang membuat proses memasak menjadi lebih mudah. Tak hanya untuk memotong sayuran, alat ini juga dapat digunakan untuk menumbuk, menguleni, dan mencampur bahan makanan. Namun, karena tersedia dalam beragam karakteristik dan merk, Anda mungkin akan kebingungan saat memilihnya.Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips memilih food processor yang bagus sesuai kebutuhan Anda. Tak hanya itu, kami juga akan mengulas rekomendasi produk dari berbagai merk seperti Philips, MITOCHIBA, Oxone, dan Russell Hubbs. Mari simak sampai akhir dan temukan food processor terbaik untuk Anda!
    Elektronik dapur
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori