• 10 Rekomendasi Slow Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Slow Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Slow Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Slow Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Slow Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Slow Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Slow cooker merupakan tungku elektrik multifungsi yang biasa digunakan untuk memasak dalam waktu yang lama serta suhu rendah. Dengan memasak menggunakan slow cooker, nilai gizi dan nutrisi makanan tetap terjaga. Slow cooker bisa digunakan untuk memasak sup, bubur, atau nasi.


Bagi para ibu yang mempersiapkan makanan pendamping ASI (MPASI) bagi bayinya, slow cooker menjadi alat dapur yang wajib dimiliki. Ada berbagai merek yang memproduksi slow cooker seperti Miyako, Maspion, dan Baby Safe. Kami juga akan menginformasikan cara memiliki slow cooker serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 26 Februari 2020
  • 854 Views
Daftar isi

Mengenal slow cooker dan manfaatnya

Mengenal slow cooker dan manfaatnya

Secara umum yang dimaksud dengan slow cooker adalah cookware yang digunakanan untuk memasak dalam jangka waktu yang lama dan suhu rendah. Durasi yang diperlukan untuk memasak bisa berkisar antara 3-12 jam. Kebanyakan orang memahami slow cooker sebagai alat dapur untuk membuat MPASI, padahal produk ini bisa digunakan untuk memasak aneka makanan lho.


Keberadaan slow cooker ini sangat meringankan tugas ibu-ibu sebab mereka bisa memasak sambil mengerjakan banyak hal lainnya. Anda tak perlu takut masakan menjadi gosong meski ditinggal selama beberapa jam. Slow cooker biasa digunakan untuk memasak sup, bubur, maupun nasi tim. Daging yang diolah menggunakan slow cooker menjadi lebih empuk. 


Keunggulan dari memasak menggunakan slow cooker adalah nutrisi dan kandungan vitamin tidak akan rusak. Proses pematangan dengan suhu rendah membuat kandungan nutrisi tersebut tidak hilang dan tetap terjaga kualitasnya. Oleh karena itu, alat ini cocok digunakan untuk memasak makanan bayi yang membutuhkan banyak vitamin.

Cara memilih slow cooker

Guna mendapatkan produk terbaik, tentunya Anda tidak boleh asal dalam memilih. Untuk itu, kami akan memberikan tips cara memilih slow cooker dan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum membelinya.

Sesuaikan ukuran slow cooker dengan kebutuhan

Sesuaikan ukuran slow cooker dengan kebutuhan

Slow cooker memiliki kapasitas yang beragam. Ada yang kapasitasnya besar hingga mencapai 6 liter, ada juga yang kecil dengan kapasitas kurang dari 1 liter. Sebelum membeli, sebaiknya Anda sudah tahu tujuan memasak menggunakan slow cooker. 


Jika tujuan membeli slow cooker adalah untuk memasak MPASI, sebaiknya Anda memilih produk dengan ukuran 1,5 liter ke bawah. Konsumsi makan bayi masih sangat sedikit, jadi Anda tak perlu memasak dalam jumlah banyak layaknya orang dewasa. Pilihan yang paling tepat adalah slow cooker mini. 


Begitu juga bagi Anda yang membeli slow cooker untuk keperluan personal di tempat kos atau dibawa traveling. Belilah slow cooker dengan ukuran yang tidak terlalu besar supaya mudah dibawa ke mana-mana atau dimasukkan dalam koper.


Sementara, jika tujuan Anda membeli slow cooker adalah untuk memasak makanan bagi seluruh anggota keluarga,  belilah produk yang besar. Kapasitas pot yang besar akan mampu menampung banyak makanan. Jadi Anda tidak perlu bolak-balik memasak, cukup sekali saja. 

Cek daya listriknya, pastikan sesuai dengan listrik di rumah

Cek daya listriknya, pastikan sesuai dengan listrik di rumah

Meski daya listrik yang dibutuhkan untuk memasak menggunakan slow cooker tidak terlalu besar, sebaiknya Anda tetap memberi perhatian khusus pada hal ini. Apalagi jika di rumah Anda terdapat banyak alat elektronik lain. Jangan sampai saat digunakan bersama-sama malah terjadi korsleting akibat daya yang dipakai lebih besar dibanding kapasitas listrik di rumah.


Durasi waktu yang digunakan untuk memasak menggunakan slow cooker terbilang lama, hingga berjam-jam. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih slow cooker dengan pemakaian daya yang kecil sehingga bisa menekan biaya listrik bulanan.

Pilih produk dengan metode pemanasan menyeluruh

Pilih produk dengan metode pemanasan menyeluruh

Beberapa produk slow cooker memiliki sistem pemanas di dasar pot. Letak pemanas yang hanya terpusat pada satu titik ini akan membuat bahan makanan yang dimasak dalam slow cooker tidak matang secara serentak dan merata. Hal ini dikarenakan panas yang diterima tidak menyeluruh. Hasil masakan pun kurang sempurna.


Berangkat dari hal tersebut, sebaiknya Anda memilih slow cooker dengan sistem pemanas menyeluruh. Selain ada di bagian bawah, pemanasnya juga ada di dinding pot. Dengan panas yang merata, tingkat kematangan makanan menjadi maksimal.

Sebisa mungkin pilih slow cooker dengan desain penutup yang transparan

Sebisa mungkin pilih slow cooker dengan desain penutup yang transparan

Saat memasak biasanya biasanya Anda akan penasaran apakah masakannya sudah matang atau belum. Anda pun akan membuka tutup panci berulang kali. Jika memasak menggunakan kompor, hal tersebut sah-sah saja. Namun, saat memasak menggunakan slow cooker hal itu bisa berdampak kurang baik. 


Terlalu sering membuka tutup pot akan membuat panas yang dihasilkan tidak merata. Tingkat kematangan makanan menjadi kurang maksimal. Untuk menyiasati hal ini, sebaiknya Anda memilih slow cooker dengan tutup kaca yang transparan. Dengan begitu Anda bisa mengetahui apakah masakan sudah matang atau belum tanpa harus membuka tutupnya.

10 Rekomendasi slow cooker terbaik

Sudahkah Anda memiliki gambaran mengenai slow cooker yang ingin dibeli? Berikut ini jajaran rekomendasi produk slow cooker terbaik yang telah kami rangkum untuk Anda. Simak selengkapnya karena mungkin saja slow cooker idaman Anda ada di antaranya!

10
Kapasitas0,7 liter
Daya listrik70 W
ModeTanpa tombol (langsung dicolokkan ke stop kontak)
InnerPot keramik, tutup keramik tidak transparan
9
Kapasitas6,5 liter
Daya listrik320 W
ModeLow, high, warm
InnerPot keramik, tutup kaca
8
Kapasitas3,5 liter
Daya listrik200 W
ModeLow, high, auto
InnerPot keramik, tutup kaca
7
Kapasitas1,2 liter
Daya listrik135 W
ModeHigh, low, warm
InnerPot keramik, tutup kaca
6
Kapasitas0,7 liter
Daya listrik7,5 W
ModeTanpa kenop
InnerPot keramik, tutup transparan
5
Kapasitas1,5 liter
Daya listrik40 - 120 W (tergantung modenya)
ModeHigh, low, warm
InnerPot keramik, tutup kaca tempered
4
Kapasitas0,8 liter
Daya listrik80 W
ModeWarm, timer cook
InnerPot keramik, tutup kaca
3
Kapasitas2,5 liter
Daya listrik160 W
ModeOff, low, high, auto, cook, power
InnerPot keramik, tutup kaca
2
Kapasitas2 liter
Daya listrik145 W
ModeHigh, low, warm
InnerPot keramik, tempered glass lid
1
Kapasitas4 liter
Daya listrik160 W
ModeOff, low, high, warm
InnerPot keramik, tutup kaca

Tabel perbandingan produk slow cooker terbaik

Gambar produk
1
Miyako  Slow Cooker 1

Miyako

2
Russel Hobs  Compact Home Slow Cooker  1

Russel Hobs

3
Maspion  Slow Cooker  1

Maspion

4
Baby Safe  Digital Slow Cooker 1

Baby Safe

5
Hi Cook  Slow Cooker  1

Hi Cook

6
Takahi  Slow Cooker 0.7LT Heat Resistant 1

Takahi

7
Mito Baby Slow Cooker 1

Mito

8
Maspion  Slow Cooker  1

Maspion

9
Vicenza  Slow Cooker  1

Vicenza

10
Cyprus  Slow Cooker  1

Cyprus

Nama produk

Slow Cooker

Compact Home Slow Cooker

Slow Cooker

Digital Slow Cooker

Slow Cooker

Slow Cooker 0.7LT Heat Resistant

Baby Slow Cooker

Slow Cooker

Slow Cooker

Slow Cooker

KeunggulanMasakan dijamin matang merata!Slow cooker berkualitas tin...Untuk masak MPASI bisa, unt...Dilengkapi tombol timer coo...Keamanan nomor satu! Teman ...Mau memakai listrik atau ko...Desain ringkas, mudah dibaw...Ornamen floral menjadikanny...Kapasitas besar, bisa memas...Harga ekonomis dengan daya ...
HargaRp 239.000,00Rp 450.999,00Rp 221.000,00Rp 233.000,00Rp 174.000,00Rp 375.000,00Rp 205.000,00Rp 261.900,00Rp 445.000,00Rp 137.000,00
Kapasitas4 liter2 liter2,5 liter0,8 liter1,5 liter0,7 liter1,2 liter3,5 liter6,5 liter0,7 liter
Daya listrik160 W145 W160 W80 W40 - 120 W (tergantung modenya)7,5 W135 W200 W320 W70 W
ModeOff, low, high, warmHigh, low, warmOff, low, high, auto, cook, powerWarm, timer cookHigh, low, warmTanpa kenopHigh, low, warmLow, high, autoLow, high, warmTanpa tombol (langsung dicolokkan ke stop kontak)
InnerPot keramik, tutup kacaPot keramik, tempered glass lidPot keramik, tutup kacaPot keramik, tutup kacaPot keramik, tutup kaca temperedPot keramik, tutup transparanPot keramik, tutup kacaPot keramik, tutup kacaPot keramik, tutup kacaPot keramik, tutup keramik tidak transparan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi peralatan masak elektronik lainnya di sini!

Selain slow cooker, tentunya Anda juga membutuhkan peralatan masak elektronik lainnya untuk melengkapi dapur Anda. Kami sudah mengulas berbagai produk terbaik pilihan kami. Cek tautan artikel di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Bagi Anda yang memiliki anak bayi dan sedang memasuki masa pemberian MPASI, slow cooker menjadi salah satu alat masak yang sebaiknya dimiliki. Sesudah masa MPASI terlewati, slow cooker tetap bisa digunakan untuk membuat aneka masakan. Jadi tak perlu khawatir keberadaannya menjadi mubazir.  


Dengan membaca artikel ini, semoga Anda makin paham cara memilih slow cooker dan bisa menemukan produk terbaik yang benar-benar dibutuhkan. Selamat memasak aneka makanan nikmat untuk keluarga!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    105.834 Views
  • 10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda ingin dapat menonton program televisi favorit dengan kualitas gambar terlihat lebih detail dan nyata? Jika ya, pilihlah Smart TV dengan resolusi 4K atau biasa disebut juga ultra high definition (UHD). Saat ini sudah banyak dijual Smart TV 4K dengan harga yang bervariasi serta memiliki performa tinggi.Kami akan merekomendasikan berbagai produk terbaik Sony, Samsung, LG, dan sebagainya untuk Anda. Sebelumnya kami juga akan memberikan penjelasan cara memilihnya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui lebih jelas TV 4K yang Anda butuhkan. Mari simak terus sampai habis!
    Elektronik rumah tangga
    41.659 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Siapa sih yang tidak ingin makan nasi putih pulen yang baru matang dengan nikmat? Produk rice cooker yang ada di pasaran saat ini sudah sangat bervariasi, mulai dari rice cooker keluaran merek ternama seperti Cosmos, Miyako, Yong Ma, Kirin, rice cooker yang juga memiliki fitur penghangat nasi, sampai rice cooker yang dilengkapi dengan teknologi induction heating (IH). Tidak hanya untuk memasak nasi putih, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, menggoreng telur, membuat agar-agar, dan berbagai jenis makanan lainnya.Kali ini kami akan memperkenalkan 10 produk rice cooker yang direkomendasikan dengan membandingkan harga dan keunggulan yang dimiliki masing-masing produk, kemudian mengurutkannya dalam format ranking. Kami juga akan memperkenalkan produk rice cooker yang bisa dibeli dengan harga murah namun memiliki kualitas yang tidak kalah dengan merek terkenal yang harganya lebih mahal! Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    53.217 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik untuk Self Cut (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik untuk Self Cut (Terbaru Tahun 2020)
    Anda yang memiliki anak laki-laki pasti mengalami betapa seringnya Anda harus mengantar mereka pergi ke salon atau tukang cukur karena rambut mereka yang cepat panjang. Demikian juga dengan para pria dewasa, hitunglah seberapa sering Anda harus pergi ke salon dalam setahun. Cukup boros dan kurang efisien, bukan?Sebenarnya Anda bisa berhemat tanpa perlu ke salon untuk mencukur rambut dengan cara mencukur rambut sendiri. Kali ini, kami akan memperkenalkan alat cukur rambut untuk pencukuran sendiri, Anda dapat mencukur rambut sendiri di rumah dan kapan saja. Yuk disimak artikel berikut yang akan mengulas cara memilih alat cukur dan lihat juga rekomendasi alat cukur yang kami pilihkan untuk Anda.
    Elektronik rumah tangga
    14.338 Views
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Ada banyak merek AC atau pendingin ruangan terkenal, seperti Sharp, Samsung, Polytron, Panasonic, dan sebagainya yang dijual di pasaran. Harga dan fitur-fitur yang dimiliki setiap AC pun sangat bervariasi satu sama lain. Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan, bukan?Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk AC terbaik seharga 2-3 jutaan. Kami juga akan menjelaskan cara membersihkan AC yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan temukan AC yang sesuai untuk ruangan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    45.285 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kulkas merupakan perlengkapan rumah tangga yang sangat penting untuk menyimpan bahan makanan agar tahan selama berhari-hari. Produsen seperti Hitachi, Toshiba, dan Panasonic berlomba untuk menghadirkan kulkas dengan berbagai fitur untuk para konsumennya.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan beberapa produk kulkas terbaik untuk Anda. Tentukan ukuran dan kapasitas kulkas berdasarkan jumlah pengguna pada saat memilih produk pilihan kami. Selamat membaca!
    Elektronik rumah tangga
    33.381 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik Merek Tiger (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik Merek Tiger (Terbaru Tahun 2020)
    Pernahkah Anda mendengar merek Tiger? Merek asal Jepang ini memproduksi barang-barang rumah tangga, seperti termos, water heater, dan rice cooker. Rice cooker Tiger terkenal memiliki kualitas yang baik, serta dapat menanak nasi hingga pulen dan fresh. Namun, banyaknya model dan fitur yang ada pada rice cooker mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih rice cooker Tiger yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelahnya, Anda dapat membaca rekomendasi produk pilihan kami. Pelajari keunggulan masing-masing dan temukanlah yang paling tepat untuk Anda. Scroll terus sampai akhir, ya!
    Elektronik rumah tangga
    269 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori